The Silent Sea (2021) : Penelitian Air Lunar Demi Keselamatan Bumi

Drama Korea The Silent Sea (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Ketidakpastian ada di mana saja, baik di antariksa maupun di bumi.

Quote Drama Korea The Silent Sea

Apa yang terjadi bila sumber kehidupan perlahan meninggalkan kita?
Ilustrasi masa depan bumi yang kering, penuh dengan polusi, kriminal dimana-mana, dan pada akhirnya manusia harus merelakan hidupnya dengan terserang wabah dan meninggal ini sudah dituangkan di banyak film sci-fi Korea Selatan. Sebut saja P1H : The Beginning of New World, Space Sweepers hingga yang terbaru dari serial Netflix kali ini yang berjudul The Silent Sea.

Drama The Silent Sea ini adalah remake dari short movie “The Sea of Tranquility” (Koyoui Bada) yang diarahkan oleh director Choi Hang-Yong pada tahun 2014. Bagaimana review dan sinopsis Drama The Silent Sea yang spesial tayang di Netflix pada bulan Desember 2021 ini.

Yooit.
Let’s get it!

Drama Korea The Silent Sea (2021)

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix
Poster Drama Korea The Silent Sea (2021)

Profil Drama

Judul : The Silent Sea / The Sea of Tranquility
(Goyoui Bada/ 고요의 바다)

Sutradara : Choi Hang-Yong (The Sea of Tranquility)
Penulis Drama : Park Eun-Kyo (The Naked Kitchen, Mother, The Great Battle)

Pemeran Utama Drama The Silent Sea (2021) :

Bae Doo-Na sebagai Dr. Song Ji-An
Gong Yoo sebagai Captain Han Yun-Jae
Kim Si-A sebagai Luna
Lee Joon sebagai Ryu Tae-Suk

Pemeran Pendukung Drama The Silent Sea (2021) :

Kim Sun-Young sebagai Dr. Hong Ga-Young
Lee Moo-Saeng sebagai Chief Gong Soo-Hyuk
Lee Sung-Wook sebagai Kim Sun
Jung Soon-Won sebagai Gong Soo-Chan
Choi Young-Woo sebagai Co-Pilot Lee Gi-Su
Cha Rae-Hyoung sebagai E1
Yoo Hee-Je sebagai E2

Genre : Thriller, Mystery, Horror, Sci-Fi

Network : Netflix
Episode : 8

Release Date : December 24, 2021
Rating : 3/5

Sinopsis Drama Korea The Silent Sea (2021)

Dibuka dengan pemandangan suasana dalam pesawat ruang angkasa yang tampak sangat mengkhawatirkan. Beberapa awak tampak saling membantu dan menolong satu sama lainnya. Dan ada satu penumpang pesawat luar angkasa yang membawa mereka ke bulan itu mengalami fraktur atau patah tulang rusuk. Ketika dipaksakan, maka yang terjadi tulang rusuk patahannya menusuk bagian paru-paru dan gugurlah satu anggota sebuah misi ke bulan untuk mendapatkan air.

Air seperti apa yang diminta untuk diambil sebagai sampel ini?
Apakah air ini akan menjadi jalan keluar bagi kehidupan di bumi yang sudah mengalami kekeringan dan kerusakan dimana-mana?

Misi Membawa Sampel dari Pangkalan Balhae

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. Apa itu Air lunar? Bisakah air lunar menyelamatkan kekeringan di bumi? Nonton The Silent Sea dimana?
Kerjasama antar anggota misi ke bulan

Misi yang sangat berbahaya ini awalnya hanya bertugas untuk mengambil sampel di 3 titik pada Pangkalan Balhae, sebuah pangkalan di bulan yang dibangun oleh SAA Korea Selatan. Apa singkatan dari SAA Korea Selatan? Space and Aeronautics Administration Korea Selatan yang berdiri untuk penelitian perkembangan pengetahuan demi kepentingan hidup masyarakat Korea.

Misi ini sebenarnya sedari awal sudah menimbulkan banyak tanda tanya. Bahkan oleh tim yang dipimpin oleh Kapten Han Yun-Jae (Gong Yoo). Tidak adanya keterbukaan dari pihak atasan SAA Korea dan tagline misi yang digaungkan Pak Kapten Han membuat keberangkatan ini menjadi sangat menegangkan.

Dalam satu tim ini ada 12 staf ahli yang berangkat menjalankan misi mengambil sampel yang dimaksud Pemerintah dan petinggi SAA. Kedua belas ahli ini yang dibutuhkan saat berada di bulan untuk menjalankan misi misterius ini.

Pendaratan di Bulan Tidak Mulus

Kerjasama pertama kali antara pilot dan co-pilot yang mendadak berubah di detik-detik terakhir ini membuat semua orang merasa gak nyaman. Apalagi sang co-pilot ini sangat cerewet. Semua dikomentarin. Meski cerewet terhadap semua orang, ia berbaik hati dengan menenangkan penumpangnya, salah satunya adalah Dr. Song Ji-An (Bae Doo Na).

Doktor Song Jian didaulat untuk mengikuti misi ini karena kakak perempuannya dulu pernah menjadi seorang peneliti di Pangkalan Balhae 5 tahun yang lalu. Namun karena ada sebuah kebocoran radiasi, sang kakak perempuan terpaksa gugur dan kabarnya sampai ke telinga Doktor Song Jian.

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. Apa itu Air lunar? Bisakah air lunar menyelamatkan kekeringan di bumi? Nonton The Silent Sea dimana?
Awak kapal dan seluruh tim SAA Korea yang menjalankan misi ke bulan

Doktor Song tentu merasa sedih sekali dan ia terpuruk karena hanya kakak-nyalah satu-satunya keluarga yang dimiliki. Melalui misi ke bulan ini, Doktor Song berharap bisa melanjutkan penelitian kakaknya dan mencari tahu penyebab kematian sang kakak.

Terjawabkah misteri tersebut?

Terbuka Satu Per-Satu Misteri di Pangkalan Balhae

Bagaimana keadaan Pangkalan Balhae yang sudah terbengkalai selama 5 tahun? Tentunya segalanya gak mudah. Hal pertama yang dilakukan adalah menuju ruang kendali utama dan melakukan pengecekan terhadap seluruh fasilitas yang mendukung misi pengambilan sampel tersebut.

Listrik, peralatan laboratorium, hingga ketersediaan charging oksigen yang mereka butuhkan selama hidup di dalam Pangkalan Balhae. Semua OK, namun perjuangan Kapten Han diuji ketika salah satu dari ruang kendali tidak berfungsi. Kapten Han dan tim pun bahu membahu mencari tahu dan membenarkan ruangan tersebut termasuk mencari penghubung atau ruang komunikasi dari bulan ke pihak SAA di bumi.

Misteri apa yang dialami tim Kapten Han selama di Pangkalan Balhae?

Misteri 1 : Ternyata Pangkalan Balhae, Aman

Anehnya, ketika sudah sampai dan mengecek semua ruangan di Pangkalan Balhae, ternyata semuanya terindikasi aman, tidak ada radiasi yang bocor seperti yang selama ini petinggi SAA katakan. Meski saat awal-awal masuk pangkalan ditemukan beberapa mayat yang terindikasi meninggal akibat tenggelam.

Hwat?
Di bulan dan indikasi meninggalnya tenggelam, kok bisa?

Ciri-ciri orang yang meninggal dengan cara tenggelam :
Tubuh korban akan berubah menjadi biru keunguan
Kulit tampak pucat dan mengembang
Jika dilakukan autopsi, paru-paru akan tampak dipenuhi oleh air

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon
Sesampainya di Pangkalan Balhae, semua tercengang

Dan melihat fenomena yang tampak di hadapan mereka, maka kesimpulan sementara adalah korban yang meninggal ini meninggal akibat ada penyusup yang memiliki misi yang sama seperti mereka. Ada barang berharga apa di Pangkalan Balhae ini?

Misteri 2 : Sampel yang Mereka Cari Ternyata Adalah Sebuah Air

Awalnya, petinggi SAA Korea keukeuh gak mau kasih tahu tuh, sampel yang akan dibawa ke bumi apa. Hanya ditunjukkan 3 lokasi pengambilan sampel dan SOP membawa sampel adalah dengan meletakkannya di suhu yang sangat rendah.

  • Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon
  • Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon

Ternyata, setelah Doktor Song kepo file desktop milik kakak perempuannya, memang tidak bisa dibuka, namun ada pesan bahwa “Find The Luna”.

Dan kata kunci ini yang berusaha Doktor Song cari tahu, apa maksudnya LUNA ini.

Misteri 3 : Ada Makhluk Selain Para Peneliti SAA dari Bumi

Mendadak di eps ke 3 diceritakan ada seorang awak ada yang meninggal akibat serangan seorang makhluk asing. Ia menyerang tanpa menggunakan senjata namun cukup gesit dan mematikan. Bahkan saat bertemu pertama kali, para awak sibuk menembaki dengan membabi buta.

Ketika sang makhluk menderita luka tembakan, barulah terlihat bahwa sebenarnya ia adalah seorang anak kecil yang entah bagaimana ia bisa sangat gesit bagaikan cahaya dan menyerang dengan sangat mematikan.

Dengan kelembutan hati Doktor Song, akhirnya makhluk tersebut perlahan melembut dan di eps. akhir Drama The Silent Sea malah ditunjukkan hubungan baik gadis yang bernama LUNA dan Doktor Song, Kapten Han juga Dr. Hong Ga-Young, karena hanya ketiga orang ini yang berhasil selamat dari musibah air bah pertumbuhan air lunar yang sangat cepat.

  • Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon. Identitas LUNA
  • Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon. Identitas LUNA
  • Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon. Identitas LUNA

Misteri 4 : Masa Lalu Pangkalan Balhae

5 tahun yang lalu, Pangkalan Balhae dibangun sebagai pusat penelitian air lunar, air yang bermutasi sehingga diharapkan bisa memenuhi hajat hidup manusia di bumi. Namun, mutasi yang terjadi dari air penelitian ini belum bisa dikendalikan, sehingga ketika diuji cobakan ke makhluk hidup, air ini malah membunuh karena memenuhi seluruh organ makhluk tersebut.

Awalnya diuji cobakan pada ikan, berhasil. Namun ketika diuji cobakan pada manusia kloning (bahkan pangkalan Balhae memiliki penelitian manusia kloning, agar saat gagal diuji cobakan, mereka punya kloningan lain, jadi gak mengurangi populasi manusia di bumi).

Ya, kloningan ini diberi nama LUNA 01, LUNA 02, LUNA 03, dan seterusnya.

Percobaan air lunar terhadap manusia kloning LUNA ini tidak berhasil dan hanya satu LUNA yang berhasil bertahan, yakni LUNA 073, yang kini menghuni Pangkalan Balhae dan menjadi penjaga air lunar.

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon
Penelitian di Pangkalan Balhae ini termasuk penelitian ilegal

Karena penelitian menggunakan manusia kloning sekalipun, penelitian di Pangkalan Balhae ini tergolong ilegal, sehingga ketika para tim Kapten Han menemukan fakta ini, mereka semua tidak mampu dan tidak bisa mengungkapkannya ke publik. Karena salah satunya adalah kakak Doktor Song, pelakunya.

Misteri 5 : Pengkhianat Ada Di Dalam Tim Mereka

Pada akhirnya, semua tahu bahwa tim mereka dikirimkan oleh SAA adalah orang-orang terpilih. Bukan hanya dari segi keilmuan yang mereka miliki, tapi juga SAA mengetahui semua kelemahan yang dimiliki anggota tim. Hingga salah dua dari 12 orang yang berangkat sebagai tim tersebut melakukan pengkhiatan.

Bukan mengambil sampel dan menyerahkan pada SAA Korea, tapi mereka melakukan tugas untuk sekelompok lain orang di bumi yang menyuruh mereka. Dengan asumsi, kalau air lunar jatuh ke tangan instansi lain atau negara lain, maka nilai ekonomisnya akan meningkat.
**ya kan…gak ikut biayain penelitian, hanya tinggal terima jadi dan air di bumi sudah langka lo.. Jadi bisa berharga banget kalau dijual.

Endingnya,
Para pengkhiatan ini meninggoy sih… Pak PD-nimnya masih sangat baik hati sekali dengan memberikan karma yang setimpal atas niat buruk yang mereka miliki.

Kesan Nonton Drama The Silent Sea (2021)

Mungkin yang suka drama dengan alur cepat, seperti kebanyakan Netflix the series lainnya, seperti Sweet Home, Squid Game, My Name atau Deserter Pursuit, drama The Silent Sea ini tergolong lamban. Persis seperti Hellbound, yang ceritanya agak kemana-mana dan pada akhirnya, drama The Silent Sea tidak menjawab semua pertanyaan yang ada.

Ending drama Silent Sea ini terkesan menggantung, mungkin ini salah satu tipikal drama Netflix juga sih..

Makna The Silent Sea

Pasti pada bertanya-tanya ya.. Apa hubungannya The Silent Sea dengan air. Ternyata diceritakan pada drama ini bahwa The Silent Sea adalah sebutan dari seorang ilmuwan Galileo yang melihat gambaran bulan dari bumi. Tampak bayangan hitam dan putih. Galileo saat tu berpikir bahwa bayangan gelap itu adalah gambaran laut, layaknya di bumi.

Namun ketika manusia pertama mendarat di bulan dan melihat sendiri bagaimana bulan, ia berkata bahwa teori Galileo itu tidak benar. Pada kenyataannya, di bulan tidak ada laut sama sekali. Dan pola hitam itulah yang disebut dengan “The Silent Sea”.

Rahasia Air Lunar

Meski untuk sampai saat ini si air lunar ini belum bisa dikendalikan untuk perkembangbiakannya, bagai sebuah virus yang akan terus berkembang biak selamainangnya masih hidup, namun dengan penelitian lebih lanjut, bisa jadi air lunar ini satu-satunya harapan manusia di bumi.

Semoga inilah yang menjadi jawaban di The Silent Sea season ke 2.
((NGAREP))

Lesson Learn Drama The Silent Sea (2021)

Kerjasama dalam Tim

Ada pepatah yang mengatakan :

Bila engkau ingin berlari cepat, berlarilah sendiri. Tetapi bila engkau ingin berlari jauh, berlarilah bersama.

Quote NN

Dan ini benar sekali. Bahwa ketika bekerja tim, maka yang dibutuhkan adalah kerjasama. Tidak maunya sendiri. Awalnya Doktor Song juga gak mau nurut sama perintah Kapten Han. Dengan alasan, Kapten Han tidak memberikannya transpransi informasi.

Namun seiring dengan banyaknya kejadian yang harus mereka lewati bersama, pada akhirnya, komunikasi antar awak tim Kapten Han berjalan lancar.

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon
Ki-Ka : Lee Joon, Lee Sung-Wook, Gong Yoo, Cha Rae-Hyoung

Sayangi Bumi

Ini yang menjadi tanggungjawab kita semua. Ketika bumi sudah terlanjur rusak dan membutuhkan waktu untuk diperbaiki dan kemungkinan tidak bisa kembali seperti sedia kala, maka hal yang harus kita sadari sebagai manusia adalah mulailah hidup dengan sustainable life.

Hal-hal kecil dan sederhana bisa mulai diterapkan seperti hemat air, tidak membuang sampah sembarangan, memisahkan sampah, membawa kantong sendiri saat berbelanja dan masih banyak lagi. Termasuk menanam pohon di depan rumah. Hihi…meski kesannya simple, hal-hal kecil yang kontinyu kita lakukan dan menjadi habits bagi anak-anak kita, berarti kita sudah menurunkan kebiasaan dekat dengan alam.

Review dan sinopsis ending drama korea The Silent Sea Netflix. The Silent Sea drama tentang apa? Gong Yoo Bae Doo Na, Lee Joon
Kekeringan yang terjadi akibat ulah manusia

Saat menonton drama The Silent Sea ini, aku jadi tersadar satu hal bahwa sepintar apapun manusia, tidak akan bisa menggantikan dengan ciptaan Allah yang diberikan secara gratis yakni kekayaan alam.

Trailer Drama The Silent Sea Netflix

Bagaimana dengan sahabat lendyagassi?
Bersiap jalan-jalan ke bulan dan bergandengan tangan dengan Gong Yoo oppa dan Bae Doo Na eonni?
Atau mau sama Abang Lee Joon (mantannya Jung So-Min, hihii) yang baru release wamil dan film The Silent Sea adalah project pertamanya setelah release pada bulan Desember 2019 lalu?

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

44 pemikiran pada “The Silent Sea (2021) : Penelitian Air Lunar Demi Keselamatan Bumi”

  1. huwa sudah dikasi spoiler di sini tapi gapapalah aku juga tadinya ga pengen nonton tapi kayaknya boleh juga jalan ceritanya. Gong Yoo juga kelihatan agak mudaan, hihihihi

    Balas
  2. Serial Silent Sea ini baguus. Jarang liat serial Korea yg temanya luar angkasa gini. Bae Donna ama Gong yoo keren mainnya. Yg jadi Luna juga bagus. Cuman mas mas penghianatnya ngeselin abis

    Balas
  3. Dengan begini tahu endingnya, hehe. Lumayan happy ending ya, jadi nanti pas nonton enggak kesel sendiri di akhir cerita. Mas Gong Yoo juga enggak mengecewakan, selalu ganteng. Fix, masuk list buat di tonton bulan depan.

    Balas
  4. wihhhh mantap, kayanya aku baru lihat yang punya tema angkasa luar begini. sepertinya jalan ceritanya juga kece dengan lokasi syuting yang mendukung dan dibuat serius. jadi beneran makin terasa feelnya ya kak. apalagi pasti aktingnya kece kece semua

    Balas
  5. Daebakk…. Ini reviewnya keren banget tehhhh ^^
    Terjawab sudah makna dari the silent sea ya. Aku belum nonton, fix abis ini mau nonton.. Setimpal ya, akhirnya penghianat meninggal. Oke, bikin penasaran ahahaha

    Balas
  6. Kayaknya bakal ada lanjutannya sih kak. Tapi emg ceritanya agak ruwet sih meski ingin mengesankan science fictionnya. Tapi drakor tak lengkap tanpa konflik2 ringan yang menyelimutinya. Agak penasaran dgn alur lambat ini spt apa jadinya. Apa emg penceritaannya kurang bgs/gmn. Jd pgn nonton nih. Kebetulan aku suka bgt ama science fiction movie.

    Balas
  7. Aduh ada Gongyoo jadi keder juga mau skip. Nonton ngga ya nonton ngga yaaa hahaha.
    Baca review ini jadi seger setelah banyak yg bilang jelek dan lain sebagainya. Tp aku suka sih scienfiction giniii, nambah pengetahuan jg pastinya. Nonton deh ntr tahun baru hihi

    Balas
  8. Saya agak merinding membayangkan bumi kita ini di masa mendatang, Mbak. Pastinya bumi yang semakin tua, akan ada dampaknya bagi kehidupan juga. Makanya harus terus disayangi bumi.
    Jadi penasaran ingin nonton nih, hehehe.

    Balas
  9. Sangat menarik tema yang diangkat, luar angkasa dan kelangkaan air. Jarang drakor dgn tema ini.
    Saya belum nonton, padahal kangen ngelihat akting Gong Yoo, haha.

    Balas
  10. Sepertinya drama ini mewakili pemikiran orang-orang tentang kelestarian bumi. Kalau pengrusakan alam gak dicari solusinya bukan gak mungkin bumi akan rusak, dan orang mulai berpikir untuk pindah ke bulan. Padahal gak semudah itu kalau mau hidup di bulan ya, hihihi

    Balas
  11. Baca silent sea ini bikin aku tertarik buat nonton. Mau langganan netflix ah. Secara ya, akutu suka banget drama yang bergenre luar angkasa begini. Fix. Akuh mau langganan netflix buat nonton ini…

    Balas
  12. Haduuuh ini bagus bangettt! Aku nonton the silent sea ini dalam sekali duduk. nggak bisa lepas rasanya, untung cuma 8 episode. Hehehe.. Ceritanya unpredictable dan bagus banget deh pokoknya, out of the box! Apalagi ada babang Gong Yoo, omg! xD

    Balas
  13. Biasanya Korea kalau buat film pasti ada ilmu baru yang bisa diambil. Dari dulu selalu penasaran tentang space yg sebenernta gimana. Kudu nonton nih fipm sci-fi buatan Korea. Dari spoilernya sudah kebayang.

    Balas
  14. Gong Yoo aktingnya memang gak diragukan sih.
    Walau daku pernah denger tayangan di sini gak gereget, tapi ada Gong Yoo jadinya tetep aja sesuatu hehe

    Balas
  15. Aku bukan pecinta film-film korea tp selalu suka kalau baca-baca reviewnya gini, selalu apik ya ceritanya hihi jd penasarna pgn nyoba nonton film-film korea deh hehe

    Balas
  16. Menurut saya tema begini gak sekadar imajinasi. Punya pesan moral yang sangat bagus. Mengingatkan manusia untuk menjaga bumi. Karena kerusakan yang terjadi saat ini gak terjadi begitu aja. Semua karena ulah manusia.

    Harapannya semakin banyak yang sadar untuk menjaga bumi setelah menonton tema begini. Tetapi, ngerinya kalau banyak yang menganggap sekadar tontonan. Kerusakan bumi semakin parah. Heuuu … serem kalau sampai kejadian kayak di cerita ini. Makanya perasaan saya tuh suka campur aduk kalau nonton tema yang begini hihihi

    Balas
  17. Teh aku bacanya skip skip haha soalnya ini udah masuk watch list aku rencana mau nonton hari ini gegara penasaran banyk diomongin ini film.. makin ga sabar ihh 😍

    Balas
  18. Keren pastinya drama silent sea ini ya mbak, aku pastinya akan nonton. Penasaran dengan makhluk kloningan itu. Hikmahnya dalam sekali yaa, banyak yang diperbuat manusia untuk merusak alam. semoga dengan drama ini kembali kesadaran kita untuk merawat bumi

    Balas
  19. Omooooo, ada ahjussi kesayangan di drakor ini, dari kemarin pengen nonton sih cuma masih maju mundur cantik, setelah baca reviewnya mba lendy cuss ah yuk mariiiii

    Balas
  20. Dari sinopsisnya aja menarik nih drama ini. Sekilas ceritanya kaya fiksi gitu, ya, Mbak. Aku nggak kebayang sih jauh-jauh ke bulan buat ambil sampel air haha. Semoga kalau banyak yang nonton jadi makin banyak yang peduli sama sutainable life. Soalnya bumi kita udah mulai rusak karena ulah kita juga.

    Balas
  21. Misteri kedua bahwa teryata selama ini yang mereka cari adalah air ya. Sesuatu yang mungkin tanpa disadari atau bahkan dipikirkan oleh yang lain ya mba. Kisah petualangan ini menarik untuk ditonton

    Balas
  22. makasih mbaaa atas reviewnya. kereeen! aku udah 8x re-watch, mungkin karena mas gong yoo di sini kuereeeeennn banget! dengan slick back hair, tatto, and baju astronotnya! hahahaha! ending dia left me clueless dengan apa yang terjadi. tapi baca ini, rasanya bisa narik nafas lega sedikit. btw, mas yoyo itu pengsan aja kan ya? sempet galau liat dia terbaring di akhir akhir itu. huaaaaaaa

    Balas
  23. Wah baca postingan ini jadi teringat sudah lama gak nonton Drama korea. Bakalan aku masukin buat jadi daftar tontonan drama korea sih yang ini. Meskipun udah baca, ya tetap penasaran sih.

    Balas
  24. menarik juga ya ceritanya tentang misi ke luar angkasa gitu bikin aku ingat sama film Interstellar. trus itu anak yang jadi luna juga cantik banget yaa kayaknya ntar bakalan jadi salah satu aktris idola

    Balas

Tinggalkan komentar