Siapakah The Ghost Dalam Drama GRID (2022)?

Drama Korea Grid (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Korea bukan baru pertama kali menyajikan tontonan bertemakan fiksi ilmiah. Sebut saja Film Space Sweepers, The Silent Sea atau Film P1H yang bener-bener diluar nalar karena menceritakan kehidupan di masa depan. Namun kali ini, drama Korea GRID istimewa. Selain dalam bentuk drama 10 eps yang tayang di Disney Hotstar, GRID juga menampilkan banyak special effect yang memanjakan penonton.

Dari mulai keadaan bumi dalam bahaya, efek-efek ala Film Barat Interstellar atau The Day After Tomorrow terasa sekali di sini. Bagaimana Korea membuatnya? Penasaran donk..

Simak review dan sinopsis Drama Korea GRID berikut ini.
Let’s get it~

Drama Korea GRID (2022)

Review dan sinopsis ending drama GRID
Poster Drama Korea GRID

Profil Drama

Judul : Grid
(Grid/ 그리드)

Sutradara : Khan Lee (The Divine Move 2: The Wrathful)
Penulis Drama : Lee Soo-Yeon (Stranger, Life)

Pemeran Utama Drama Grid (2022) :

Seo Kang-Joon sebagai Kim Sae-Ha
Kim A-Joong sebagai Jung Sae-Byeok

Pemeran Pendukung Drama Grid (2022) :

Kim Sung-Kyun sebagai Kim Ma-Nok
Lee Si-Young sebagai The Ghost
Kim Moo-Yul sebagai Song Eo-Jin
Jang So-Yeon sebagai Deputy Director Choi Sun-Wool
Song Sang-Eun sebagai Chae Jong-Yi

Genre : Action, Thriller, Mystery, Sci-Fi

Network : Disney Hotstar
Episode : 10
Duration: 60 min.

Release Date : February 16 – April 20, 2022
Rating : 3/5

Sinopsis Drama Korea GRID (2022)

Dimulai dari keadaan bumi pada tahun 2005 yang menegangkan karena bumi digambarkan hampir kiamat akibat adanya angin matahari yang sangat panas sehingga merusak lapisan ionosfer. Kalau dibiarkan terus menerus, dikhawatirkan manusia akan punah dan habis terbakar.

Maka untuk menghindari hal tersebut, dibuatlah sebuah sistem perlindungan untuk bumi yang dinamakan GRID. GRID resmi diaktifkan pada tahun 2004. Namun ada efek tak terduga dari pemasangan GRID ini. Yakni sebuah makhluk yang tak memiliki DNA dan ia bisa melalui perjalanan waktu. Semua tim peneliti GRID menyebutnya “The Ghost”.

Siapakah sebenarnya sosok The Ghost ini?

Sosok The Ghost Sebenarnya

Terjadi sebuah kasus pembunuhan pada Juni, 2022 di sebuah toserba. Korbannya adalah penjaga toserba dan pelakunya adalah salah satu pembeli yang bernama Kim Ma-Nok (Kim Sung-Kyun). Mengapa ia sampai tega membunuh penjaga toserba?

Dalam pelariannya, Kim Ma-Nok hampir saja tertangkap Polisi, namun karena dibantu oleh seseorang (makhluk) yang tak kasat mata, maka Kim Ma-Nok pun bisa melarikan diri. Bahkan ia pun bersembunyi di tempat yang aman tanpa ketahuan. Siapakah yang menolong sang pembunuh Kim Ma-Nok?

Sinopsis ending drama GRID
The Ghost, yang menyelamatkan Kim Ma-Nok, sang pembunuh

Sosok The Ghost (diperankan oleh Lee Si-Young) yang menolong sang pembunuh Kim Ma Nok. Dan karena fokus dalam menangkap pelaku Kim Ma-Nok, semua jadi tahu bahwa ada makhluk yang menjadi kaki tangan Kim Ma-Nok. Makhluk yang dalam sekejap bisa menghilang dan melakukan teleportasi.

Hubungan Kim Ma-Nok & The Ghost

Semakin rumit karena ternyata Kim Ma-Nok sendiri gak kenal siapa yang menolongnya. Perempuan yang dipanggil “The Ghost” ini ternyata datangnya dari masa depan. Ia memiliki kekuatan teleportasi karena terpapar radiasi saat pemasangan GRID.

Dan itu berarti sebenarnya makhluk seperti The Ghost gak hanya satu.. dan efek dari pemasangan GRID ini selain kemampuan teleportasi, The Ghost pun mampu menghentikan dan memundurkan waktu sehingga masa depan bisa sama sekali berbeda dengan kejadian yang sudah terjadi.

Review Drama GRID
Kim Ma-Nok, pelaku kejahatan yang belum tertangkap

Tim Peneliti GRID

Merasa kasus pembunuhan, maka yang turun tangan gak hanya polisi namun kasus ini diambil alih oleh tim Peneliti GRID. Ada banyak sekali rahasia yang mencurigakan di tim ini. Dari mulai perintah dari atasan, pekerja yang bekerja bagaikan robot (pulang dan pergi kerja tepat waktu) juga ada banyak hasil tes DNA ketika kasus ini dilakukan mendadak berkasnya diberikan ke atasan dan lenyap begitu saja, tanpa ada penanganan khusus.

Ketidakpuasan kinerja Tim Peneliti GRID ini membawa Kim Sae-Ha (diperankan oleh Seo Kang Joon) menyelidiki kasus ini secara mandiri, Ia mencurigai atasannya dan berusaha mengambil semua data kasus yang tertulis di direktori tim Peneliti.

Dari semua bukti kejadian, terungkap bahwa The Ghost ini muncul tidak hanya di tahun 2022, tapi di tahun 2017 dan di beberapa negara sekaligus dalam jeda waktu 20 detik.

Seo Kang Joon, ending drama Grid Disney+
Kim Sae-Ha, anggota tim peneliti

Dari semua bukti dan rekaman kejadian yang dianggap gak ada oleh atasan Tim Peneliti, maka penyelidikan Kim Sae Ha dibantu oleh Polisi Jung Sae-Byeok (Kim A-Joong) dengan segala upaya. Namun kenyataannya memang sulit sekali mengungkap identitas The Ghost ini. Sehingga diadakan sayembara, “Barangsiapa yang bisa menangkap The Ghost akan diberi uang tunai senilai 700 juta won.”

Semua orang tertarik donk yaa…
Jadi kacau suasana di Korea karena banyak orang mengaku-aku pernah melihat The Ghost. Lalu bagaimana The Ghost ini bisa ditangkap dan apa hubungannya dengan GRID?

Ending Drama GRID yang Menyedihkan

Ternyata kaitan Kim Ma-Nok dan Kim Sae Ha adalah saudara tiri. Ayah Kim Sae Ha mengangkat anak Kim Ma-Nok dan di tahun 1997 The Ghost membunuh Ayah Sae Ha agar menghentikan masa depan yang berantakan ini. Sebenarnya lebih ke melindungi masa kini.

Logikanya, kalau mereka tidak ada di masa depan, maka mereka tidak akan mengalami kesulitan. Logika yang cukup bikin aku tercengang. Jadi The Ghost hadir untuk menyelamatkan bukan membantu sang pembunuh, Kim Ma-Nok.

Akhirnya memang agak aneh, terlebih Kim Sae Ha yang tadinya meninggal namun dengan kemampuan The Ghost, ia bisa diselamatkan dan sekaligus menyelamatkan Jung Sae-Byeok yang menikah dengan Song Eo-Jin dan memiliki anak. Jadi masa depan yang buruk tak terjadi pada geng GRID ini.

Mungkin bukan anak ini orangnya.
Bahkan saat ia dewasa dan setelah sekian lama, mungkin tak akan terjadi apa-apa.
Tapi aku sudah membuat keputusan untuk menyelesaikan apa yang bahkan belum dimulai.
Sama seperti jejak yang telah dihapus, kita tak melihat jalan di depan kita.

Ending Drama Korea GRID
Review ending drama GRID Seo Kang Joon

Kesan Nonton Drama Korea GRID (2022)

Drama ini sungguh mbuletisasi yang membutuhkan konsentrasi saat menontonnya. Sampai eps 5, aku belum paham arahnya kemana. Rasanya mengejar The Ghost terasa sulit, itu wajar karena ia memiliki kekuatan teleportasi, tapi kalau ngejar Kim Ma-Nok yang sama-sama manusia biasanya kaya yang lain itu susah, kan gak wajar yaa..

Jadi eps 1-5 terasa sangat melelahkan bagi penonton yang KZL karena gagal maning, gagal maning

Lalu dialog dengan Tim Peneliti yang terasa sangat banyak porsinya bikin penonton gak sabaran kaya aku jadi gemesh sendiri. Ini drama kudunya bisa disingkat jadi 4 eps aja gak sihh??

Yang buatku bertahan nonton, karena tentunya drama ini hanya 10 eps dan keluarnya seminggu sekali, setiap hari Rabu. Itu versi formalnya. Kalau versi butjinnya, aku suka akting Seo Kang Joon, hihii….sejak melihat drama Are You Human? dan Film A Year-End Medley , aku jadi menantikan karya Seo Kang Joon oppa lagi dan lagi..

Akhirnya, seo Kang Joon memamerkan kualitas aktingnya di drama fiksi ilmiah, GRID ini.. Pantang untuk dilewatkan banget kan yaa.. No kisseu loo… Bener-bener drama action, thriller yang ku harapkan.

Trailer Drama GRID (2022)

Di akhir cerita, kita akan disuguhkan berbagai penyesalan manusia masa depan yang tidak menjaga kelestarian bumi sehingga terjadi berbagai bencana alam, seperti angin matahari yang merusak lapisan ionosfer bumi.

Air yang bisa diminum, udara yang bisa dihirup, hutan lebat, dan banyak makhluk hidup di dalamnya, mungkin tidak akan bisa kita nikmati di masa depan. Bahkan tanpa ada angin solar pun, kita sudah terlalu banyak mengambil hak anak-anak untuk bertumbuh di masa depan.

Jika aku bisa mengembalikan satu hal saja, aku akan melindungi mereka.

Quote Ending Drama Grid

Jadi, masihkah sahabat lendyagassi tidak peduli dengan lingkungan dan menantikan semuanya tidak bisa dinikmati anak-cucu-cicit kita kelak?

Lakukan sekarang, jangan menyesal kemudian.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

79 pemikiran pada “Siapakah The Ghost Dalam Drama GRID (2022)?”

  1. Mbuletisasi wkwk. Sesuatu yang datang dan pergi dari masa depan emang suka memusingkan. Tapi kok sedih ujung-ujungnya nyenggol tentang sustainable living T.T dulu aku nggak percaya air itu SDA yang nggak bisa diperbaharui loh. Pakekeuh-kekeuhan sama guru SD. Haha..

    Balas
  2. Setelah baca review dan paham pesan apa yang ingin disampaikan… Rasanya sudah cukup tanpa perlu menghabiskan 10 episode di depan layar. Terima kasih kak

    Balas
  3. Wah, drakornya agak mbuletisasi ya mbak, hihihi. Tapi memang drakor saya suka yang mentok 16 episode. Nah ini malah 10 episode aja ya mbak. Bisa jadi rekomendasi nih walau kata mba agak mbulet, tapi gpp biasanya saya suka drakor yang pendek episodenya

    Balas
  4. quotes terakhirnya berasa nampar banget nih. bener2 ya drama ini mengajarkan kita untuk peduli dengan lingkungan. apalagi pas banget di hari Bumi ini seenggaknya kita bisa merenung untuk sedikit peduli dengan lingkungan sekitar

    Balas
    • Nah makanya, apalagi kalau lihat perubahan iklim saat ini. Kebayang ngga gimana anak cucu kita nanti kalau kita ngga bisa menekan laju perubahan iklim. Jadi pengen kembali ke masa lalu buat nyelametin masa depa eeaa.

      Balas
  5. aku udah nonton sampai episode dua dan emang bener mbuletisasi, apalag daya aku emak drakor yang nonton sambil curi curi waktu antara malam, udah nonton sambil ngantuk masih harus mikir wkwkkwkwk, reviewnya manteb banget ini, ditunggu ulasan selanjutnya

    Balas
  6. Drama Grid ini keren banget. Sesuai ekspektasi. Memuaskan karena gak ketebak sama sekali. Cuma kecewa sama terjemahan bahasa Indonesianya di drama. Mungkin karena istilah-istilah ilmiah dan lingkungan ya, ada beberapa yang tidak tepat penterjemahannya.

    Balas
  7. mbuletisasi yg lagi aku skip kalo nonton tema beginih. kek nonton alice, yg kebanyakan bolak-balik tapi ditonton juga hahaha. nyimak tema begini kalo lg ga riweuh aja. skr pan lg riweuh masak2 wkwkkw

    Balas
  8. Waduh kalo bau mbuletisasi jadi harus mikir dulu. Jadi kangen yg ringan2 kek Shin Ha Ri wkwkwk.
    Tapi bener kalo kita lagi minjem masa depan dari anak cucu. Makanya tugas kita menjaga bumi agar bisa dinikmati anak cucu nanti.

    Balas
  9. Kalau ditelaah secara nalar, kisahnya di luar kemampuan manusia yang sebenarnya ya. Yah kan namanya juga film, cuma tontonan yang direkayasa, hehehe…
    Kalau saja sekarang di dunia kita ini ada the ghost, wah tak terbayangkan deh

    Balas
  10. Saya baca sinopsisnya pun jadi berkali-kali saking kompleks ceritanya. Cerita tentang time travel ini memang selalu imajinatif sekali. Sedihnya baca quote: “… kita sudah terlalu banyak mengambil hak untuk anak-anak di masa depan..”

    Balas
  11. Ini yg sering sy pikirkan dia mba. Mungkinkah anak cucu saya nantinya bisa menikmati udara dg bebas, matahari, dll. Sekarang aja menikmati udara kadang2 masih bisa dirampas karena harus pakai masker

    Balas
  12. Drama ini kok ya cocok dengan kondisi sekarang dimana bumi mengalami climate change, banyak sekali kejadian buruk yang menimpa kita karena manusia tidak bisa menjaga kondisi lingkungan.
    Oya, baru saja tadi nonton Knowing, pemainnya Nicolas Cage, tentang orang2 yg bisa melihat masa depan. Mereka melihat bahwa akan ada efek dari matahari yang menghancurkan bumi. Mirip2 ya dengan The Ghost “GRID” ini. Hanya saja tidak ada yang menyelamatkan dari masa depan.

    Balas
  13. Hihi… kalau bisa diperpanjang dari 10 episode, kenapa mesti dipersingkat jadi 4 aja mbak. hihihi… tumben nih ada protes-protesnya bikin review drama, biasanya nerima aja gimana jalan ceritanya.

    Balas
  14. Aduh aku lupa mau nonton film ini gara-gara sibuk sama pekerjaan lain. Terakhir nonton tuh A Bussiness Proposal sama 2521 abis baca artikel ini jadi keinget deh. wkwkwk Makasih ya teh lendyy berkat tulisanmu saya langsung inget langsung cuss nonton ah

    Balas
  15. Paling enggak kita tetap bisa menerima pesan baik dari tontonan ini. Bahwasanya kita harus lebih peduli dengan alam, lingkungan dan kita sendiri.
    Pesan lengkapnya kita sambil nonton aja kali ya… Hehehe

    Balas
  16. Kalau soal lompat antar ruang dan waktu gini memang mbulet, Mbak Len. Hahaha
    Untunglah ku baca review ini jadi skip dulu deh. Bagi referensi film di Disney+ yang lucu-lucu aja dong buat hiburan

    Balas
  17. Awalnya aku mencoba nonton ini karena Seo Kang Joon. Episode 1-3 aku nonton sama suami. Di episode 4 suami sudah nggak mau nonton karena dia nggak ngerti arahnya ke mana. Lalu setelah episode 4 aku pun menyerah. Hahaha. Sungguh kutak mengertiiii, akhirnya kurelakan Seo Kang Joon begitu saja.

    Balas
  18. Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April kemarin, kayaknya perlu nih nonton drama Korea yang satu ini. Topiknya lingkungan gitu ye kan. Ya ampun, perkara ngedrakor aja disesuaikan momen wkwkwk

    Balas
  19. Pesan moralnya bagus ya. Mengajak kita peduli lingkungan. Karena memang untuk mengatasi masalah lingkungan itu perlu kesadaran kolektif.

    Balas
  20. Ceritanya mbuletisasi bikin aku ngakak mbak. Tapi kalau pada akhirnya cerita ini mengisahkan tentang bumi, mungkin inilah pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya ya. Bahwa bumi ini tempatnya manusia berpijak dan beraktivitas, sudah seharusnya kita lah yang merawatnya dengan baik, bahkan menjaganya dari ancaman kerusakan.

    Balas
  21. Quotesnya jleb banget ya mbak. Aku suka deh drama yang pesan moralnya oke kayak gini. Ayo kita jaga bumi untuk generasi penerus nanti.

    Balas
  22. Duh kuat nggak ya kalau nonton banyak percakapannya, jangan2 terlalu teori, hihihi… tapi sepertinya banyak bikin mood campur aduk ya, karena ada sedihnya juga

    Balas
  23. Waduh, ini drama ini tidak diperuntukkan bagi penonton yang tidak sabaran. Karena episode 1-5 masih membulat kayak donat hahaha. Padahal banyak penonton yang suka, kalau sejak opening langsung bikin penasaran ya, Mbak.
    Untunglah, tayangnya seminggu sekali, jadi bakalan bikin penonton terus penasaran.

    Balas
  24. Pemeran wanita udh gak asing deh Lee Si-Young klo gak salah main juga di series netflix sweet home, cmn yg series Grid ini aku blm pernah nton.

    Balas
  25. Aku suka nih dan tertarik alias kepo berat pengen nonton GRID, karena baca reviewnya seru banget kayanya dan aku suka banget sama science fiction gini nih, seru aja ikutin alurnya yg kadang gak ketebak dan bikin bingung

    Balas
  26. Aku keplok takjub Mbak sama kemampuanmu nulis sinopsis ini. Padahal filmnya nggak mudah diterangin ke orang lain yang blas nggak nonton kayak aku gini ini. Meski di bagian alasan kenapa GHOST nyelametin Kim Ma Nak, yang tentang ayah tiri-anak angkat itu bikin aku baca berulang-ulang.

    Balas
  27. Mau ngelurusin dikit tentang alur dramanya nih kak, soalnya dari yg aku baca dari review kakak, sebetulnya dramanya ini tuh more deeper than that 😁😁

    1. Ghost tidak tercipta karena adanya radiasi Grid. dan dia sebetulnya adalah manusia biasa yang tetap memiliki DNA seperti manusia lainnya. Hanya saja dia hidup di masa depan dengan teknologi yang canggih, sehingga dia bisa melalukan teleportasi ruang & waktu dengan bantuan 2 alat canggih di tangannya yang mengeluarkan radiasi.
    2. Grid pelindung bumi tidak mengeluarkan radiasi. Solar flare matahari & alat teleportasi-lah yg mengeluarkan radiasi.
    3. Tahun munculnya Ghost pertama kali adalah tahun 1997
    4. Kim Manok dan Kim Saeha bukanlah saudara tiri, mereka tidak memiliki hubungan saudara sama sekali. Anak kecil di CCTV tahun 1997 adalah Kim Manok. Kim Saeha kecil pada tahun 1997 berada di rumah. Jadi korban Ghost pada tahun 1997 itu ada dua, ayah Kim Manok (staf kebersihan) & ayah Kim Saeha (peneliti).
    5. Ghost membunuh ayah Kim Saeha karena dia membutuhkan ID control room-nya saja, karena kebetulan ayahnya disitu, maka Ghost langsung saja menyetrumnya. Tapi karena bantuan datang terlambat, maka ayah Saeha meninggal.
    6. Ghost membunuh ayah Kim Manok yang terlihat di CCTV karena jika ayahnya keluar dari gedung, maka Ghost akan menghilang alias dia tidak terlahir di masa depan. Itulah mengapa Ghost melindungi Kim Manok karena dia ada hubungan darah dengannya.

    sekian, semoga penjelasan dari saya membantu 😁. Buat temen-temen lain, drama misteri berat kayak gini itu emang butuh ditonton 2-3 kali lagi karena butuh nyambungin maksud dari setiap episode. Itu yang bikin seru 🤣🤣

    Saya juga penggemar si aktor Seo Kang Joon sejak nonton Are You Human Too. Dia juga main action thriller di Watcher, seru banget drama-dramanya Kang Joon ini. Sukses terus yaa kak sama review-review drama selanjutnya 😁

    Balas
    • Huwaaa~
      Senang sekali… Terimakasih penjelasannya.
      Agak bias pas di eps melihat bagian masa lalu ini. Aku bingung hubungan Kim Manok sama Saeha. Di akhirnya malah terselamatkan semua.
      Ini kan jadi tanda tanya besar banget. Apakah akan ada Grid season 2?

      Balas
  28. Suka banget quote drama ini, iya mestinya kita sebagai orang tua tak hanya mewariskan akhlak, harta dan lainnya untuk anak-anak tapi juga lingkungan hidup yang bersih dan sehat ya..

    Balas
  29. Yang saya suka dari setiap ulasan drama korea yang dibuat mb Lendy adalah ada pesan moral yang disampsikan. Jadi nggak melulu tontonan semata, namun ada pelajaran yang bisa diambil. Kereen..

    Balas
  30. Bulan April ini saya baru mulai langganan Disney Hotstar dan pas banget penasaran sama aktingnya Kim Sung-Kyun. Biasanya liat dia cuma lewat tiktok yang isinya parodi dan komedi. Pas liat dia di Grid, waduuuhhhh beda banget auranya. Keren sih dia profesional parahhh.

    Balas
  31. Dari penuturan yg disampaikan sangat tampak sekali menonton drama ini juga mengajak berfikir
    Tema fiksi ilmiah yg cukup menarik karena pesan tersiratnya. Adalah lingkungan dan keadaan bumi “yg sebenarnya tak terlalu sehat”

    Balas
  32. Menariqueeee
    Sudah lama gak marathon drakor karena kesibukan. Aku kalau baca2 artikel dari Kak Lendy pasti selalu nunggu yang bertema thriller, misteri dan ini SFi. Lumayan, bisa nambah deret list tontonan di waktu libur hehehe

    Balas
  33. Apapun judul filmnya. Kalau udah drama Korea pasti bagus banget. Noted buat judulnya. Ntar mau lihat filmnya karena penasaran sama reviewnya. Hehe

    Balas

Tinggalkan komentar