Snowdrop (2021) & Sejarah Kelam Korea pada Masa Demokratisasi

Drama Korea Snowdrop (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Tontonan drama kali ini yang mau aku bahas adalah drama kontroversial yang tanggal penayangannya aja mundur-mundur terus dan akhirnya berhasil tayang pada 18 Desember 2021 lalu di Disney+. Hayo..uda pada instal aplikasinya belum? Bisa ditonton gratis kok, tanpa harus langganan.

Apa yang menarik dari Drama Snowdrop yang diperankan oleh Jung Hae In dan Kim Ji-Soo (blackpink) ini?
Mengapa dramanya begitu kontroversial?

Begini ceritanya, gengs..
Simak review dan sinopsis Drama Snowdrop berikut ini yaa…let’s get it~

Drama Korea Snowdrop (2021)

Review dan Sinopsis Ending Drama Snowdrop. Mengapa drama ini kontroversial?

Profil Drama

Judul : Snowdrop
(Seolganghwa: Snowdrop/ 설강화: snowdrop)

Sutradara : Jo Hyun-Tak (SKY Castle, Daemul)
Penulis Drama : Yoo Hyun-Mi (SKY Castle)

Pemeran Utama Drama Korea Snowdrop :

Jung Hae-In sebagai Lim Soo-Ho
Kim Ji-Soo BLACKPINK sebagai Eun Yeong-Ro
Jang Seung-Jo sebagai Lee Gang-Mu

Pemeran Pendukung Drama Korea Snowdrop :

Jung Eugene sebagai Jang Han-Na
Yoon Se-Ah sebagai Pi Seung-Hee
Kim Hye-Yoon sebagai Gye Bun-Ok

Genre : Drama, Romance, Melodrama, Political

Network : JTBC/ Disney+
Episode : 16 eps

Release Date : December 18, 2021 – February 6, 2022
Tayang Setiap hari Sabtu & Minggu 22:30 KST

Sinopsis Drama Korea Snowdrop (2021)

Sama halnya seperti Indonesia saat tahun 1998, mahasiswa turun ke jalan dan berdemonstrasi mengutarakan pemikirannya agar negara berubah menjadi lebih baik. Di Korea, gerakan seperti ini terjadi pada tahun 1987 dan menjadi cacat sejarah serius yang meninggalkan banyak luka di hati rakyat Korea hingga kini.

Lalu, Drama Snowdrop menghadirkan setting di tahun 1987 dan bahkan salah satu tokoh drama yang katanya fiksi ini, menggunakan karakter sesungguhnya dalam sejarah, yakni Eun Yeong-Ro (diperankan oleh Kim Ji Soo BLACNKPINK).

Karakter tokoh wanita yang diperankan Kim Ji Soo, kabarnya hingga kini masih hidup dan masih trauma karena suaminya meninggal dalam kejadian Demokratisasi Korea 1987.

Karakter Kim Ji-Soo BLACKPINK sebagai Eun Yeong-Ro

Review dan Sinopsis Ending Drama Snowdrop. Mengapa drama ini kontroversial?
Kim Ji-Soo BLACKPINK sebagai Eun Yeong-Ro

Eun Yeong-Ro – adalah seorang mahasiswi Jurusan Literatur Bahasa Inggris. Seperti kebanyakan mahasiswa, Yeong Ro menggunakan waktunya tidak hanya untuk belajar, tetapi juga bersosialisasi dan nge-date. Zaman dulu, nge-date tuh berkelompok dan karena Yeong Ro tinggal di Asrama Mahasiswi Hosu, yang terkenal dengan ketatnya peraturan jam malam, maka Yeong Ro dan teman-teman berusaha untuk taat dengan aturan agar tidak dikeluarkan dari kampus dan asrama kampusnya.

Tinggal di asrama ini juga merupakan bagian dari beasiswa. Jadi, Yeong Ro dan temen-temen yang kala itu sedang santer Gerakan Demokratisasi yang dimotori mahasiswa diam-diam melakukan kegiatan tersebut di malam hari, sebelum jam malam Korea, pada masa itu.

Review dan Sinopsis Ending Drama Snowdrop. Mengapa drama ini kontroversial?
Setting Drama Snowdrop, semua serba vintage

NOTE :
Bagi yang menonton Film Taxi Driver, The Attorney, Youth of May dan Reply 1988, mungkin sedikit banyak akan mengerti suasana yang digambarkan dan bagaimana keadaan politik pada zaman tersebut.

Karakter Jung Hae-In sebagai Lim Soo-Ho

Review dan Sinopsis Ending Drama Snowdrop. Siapa Soo Ho Jung Hae In dalam drama Snowdrop?
Jung Hae-In sebagai Lim Soo-Ho

Lim Soo-Ho – adalah mahasiwa magister dari Universitas Berlin. Ia kembali ke Korea karena akan menyelesaikan thesisnya atas bimbingan Profesor Han. Namun siapa sangka bahwa Lim Soo-Ho sudah diincar oleh Gerakan Anti Komunis (Angibu, 안기부) karena dicurigai Soo Ho ini adalah penggerak mahasiswa yang beraliran komunis.

Benarkah Soo Ho memiliki misi seperti ini?

Pada ending eps. 1 digambarkan Soo Ho memang bergerak secara diam-diam untuk mengadakan pemberontakan. Rencana yang dilakukan belumlah terlaksana, Soo Ho mengalami kecelakaan mobil dan dikejar-kejar oleh Lee Gang-Mu (Jang Seung-Jo). Lalu kehidupan Soo Ho mendadak tidaklah semudah mahasiswa pada umumnya yaa..

Ia memiliki banyak rahasia dan misi.
Lalu bagaimana kelanjutan hubungannya dengan Yeong Ro?

Cinta Pada Pandangan Pertama

Klisenya sih gini ya…
Yeong Ro dan Soo Ho dipertemukan dalam sebuah blind date yang diadakan berkelompok. Seharusnya, pasangan mereka masing-masing berbeda. Soo Ho dengan Gye Bun-Ok (Kim Hye Yoon) dan Yeong Ro dengan temannya Soo Ho. Namun mereka sama-sama menghindar dan berpisah sehingga blind date gagal.

Lalu, baik Yeong Ro maupun Soo Ho melarikan diri ke toko kaset. Mereka secara gak sengaja bertemu di sini nih.. Lucunya, Yeong Ro gak punya uang buat pura-pura beli kaset, sehingga kasetnya dibelikan Soo Ho dan tampaknya mereka sudah sama-sama saling menyimpan benih cinta nih.. dari sejak pertemuan pertama di Cafe saat blind date.

Lalu,
Karena seperti yang sudah aku jelaskan di atas Soo Ho ini sudah menjadi incaran Tentara Keamanan yang dipimpin oleh Lee Gang-Mu, maka saat Soo Ho sedang kemanapun, selalu ada yang mengikutinya secara diam-diam. Pun ketika pertama kali bertemu dengan Yeong Ro.

Yeong Ro yang gak tau apa-apa, malah mengajak Soo Ho untuk bertemu lagi, besok di jam 15.00 sore di cafe yang sama. Berhasilkah Yeong Ro dan Soo Ho menjalin kasih yang indah?

Gagal Bertemu Kembali

Setelah gagal bertemu kembali di keesokan harinya, waktu bergulir cepat. Tak terasa sudah 6 bulan mereka tidak bertemu dan menjalani aktivitas masing-masing. Apa yang akan sahabat lendyagassi lakukan?

Ya, move on lah yaa..

Yeong Ro pun begitu. Ia move on dan menyibukkan dirinya dengan banyak hal. Namun pada suatu malam, asrama Mahasiswa Putri Hosu digeledah oleh Lee Gang-Mu dan anak buahnya. Ia melihat Soo Ho yang penuh luka bersembunyi di asrama Hosu.

Apakah benar?

Soo Ho Diselamatkan oleh Yeong Ro dan Teman-Teman Kamar 207

Ya, kala itu adalah saat-saat dimana Soo Ho dan Profesor Han sedang menghindar dari kejaran Lee Gang-Mu sehingga terjadilah kecelakaan. Semua anggota yang diduga kaki tangan mata-mata dari Korea Utara ini mengalami kecelakaan dan hanya 2 orang yang selamat. Soo Ho dan rekannya. Mereka berpencar agar tidak saling tertangkap.

Soo Ho terkena luka tembakan, sedangkan temannya tertangkap dan disiksa oleh Tentara Keamanan. Tak kuat menahan siksaan, sang tertawan ini menelan sebuah pil bunuh diri dan akhirnya meninggal tanpa sempat membuka informasi yang dibutuhkan oleh Tentara Keamanan.

Bagaimana nasib Soo Ho?
Ini gak bisa dibilang lebih beruntung juga sih.. Soo Ho dalam pelariannya ditembak dan terluka di bagian punggungnya. Di saat kritis, ia justru bersembunyi di asrama Mahasiswa Putri Hosu, kamar 207.

Kamar 207 Asrama Putri Hosu

Penghuni asrama kamar 207 memang salah satunya ada seorang demontran aktif, Yeo Jeong-Min. Si mahasiswa ini sangat vokal dalam perubahan yang harus terjadi di Pemerintahan. Sehingga ketika melihat Soo Ho dikejar-kejar sampai terluka, ia dengan jiwa patriotisme menolong Soo Ho.

Kalau penghuni kamar 207 yang lain gimana?
Manalah ada sang Ko Hye-Ryeong yang dikenal sebagai mahasiswa pintar, cantik dan ingin sukses di kehidupannya di kampus? Ia gak ingin tersandung masalah apapun. Karena kalau satu mahasiswa salah, maka satu kamar akan dikeluarkan dari asrama.

Alhamdulillahnya,
Semua kooperatif dan bekerjasama untuk meyelamatkan Soo Ho. Sampai lucunya, Soo Ho diumpetin di kamar mandi cewek karena gak ada tempat persembunyian yang paling aman selain di sana kan..?

Bagaimana perjalanan perjuangan para mahasiswa ini dalam menegakkan demokrasi dan arah sebuah negara ini sukses?
A
pakah Soo Ho benar mata-mata dari Korea Utara?

Kesan Pertama Nonton Snowdrop (2021)

Complicated!
Aku suka dengan drama-drama yang mengandung sejarah. Dan biasanya adanya di drama sageuk. Makanya penasaran banget dengan drama Snowdrop yang kontroversial ini. Kenapa?

Saat dibahas di channel youtubenya Jang Hansol, dijelaskan bahwa Drama Snowdrop telah mendistorsi sejarah. Drama ini memunculkan efek kesalahpahaman anak muda zaman sekarang terhadap Pergerakan Demokratisasi pada tahun 1987 yang dikenal adalah gerakan mahasiswa untuk membawa Korea Selatan ke arah yang lebih baik.

Distorsi Sejarah Drama Snowdrop

  1. Dalam drama Snowdrop dijelaskan bahwa Jung Hae In adalah tokoh mata-mata dari Korea Utara yang pengaruhnya buruk bagi Korea Selatan karena berbeda ideologi. Saat itu, pemimpin Korea Selatan sedang diktator-diktatornya. Sehingga mereka sangat anti-komunis.

    Maka dibangunlah Badan Keamanan (angibu) itu tadi.
    Salah satunya adalah untuk menyelamatkan Pemerintah kala itu dari mahasiswa dan penyusup ideologi.

    Salahnya dimana?
    Yang salah adalah drama ini seolah-olah memojokkan para mahasiswa dan mengatakan bahwa Pergerakan Demokratisasi Mahasiswa itu dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dengan ideologi komunis. Sehingga mereka terlihat “jahat” dan Pemerintahan-lah yang benar.
Review dan Sinopsis Ending Drama Snowdrop. Cast Drama Snowdrop Jung Hae in dan Kim Ji Soo, Kim Hye Yoon, Jang Seung Jo
Cast Snowdrop

2. Image Angibu (Badan Keamanan Korea)
Lagi-lagi drama Snowdrop mengatakan bahwa sinopsisnya jauh dari kata sejarah. Namun kenyataannya, ada tokoh Lee Gang-Mu yang berperan penting di drama ini. Ia menjadi kepala Keamanan yang berusaha membersihkan Pergerakan Demokratisasi dari pengaruh mata-mata Korea Utara.

Salahnya dimana?
Pada kenyataannya, Tentara Keamanan yang dibentuk Pemerintah kala itu tugasnya membasmi semua pendemonstran mahasiswa tanpa pandang bulu. Ada yang ditangkap lalu disiksa sampai meninggal, ada pula yang ditangkap dan entah bagaimana nasibnya (eh, sama aja yaa?!)

Jadi,
Drama Snowdrop lagi-lagi memojokkan kaum mahasiswa dan membuat seolah-olah image Pemerintah dan Tentara Keamanan Angibu ini benar.

Kelebihan Drama Snowdrop

Dimainkan oleh aktor Korea ternama. Siapa yang gak kenal dengan pemain-pemainnya?
Bahkan kalau melihat tokoh politikus yang hadir membintangi drama kontroversial Snowdrop ini. Ada Yoo In-Na, Kim Jung-Nan, Jung Hye-Young, Baek Ji-Won, Heo Jun-Ho, Park Sung-Woong, dan Kim Min-Kyu. Sangat disayangkan apabila drama ini ditarik dari pasaran.

Dan juga setiap per-adegan yang ditampilkan di drama ini tuh vintage nya dappeett banget. Cantik deh.. melihat drama setting lawas begini.

Namun,
Aku juga sedih melihat penulis drama dan produser Drama Snowdrop yang terkenal dengan project suksesnya pada drama SKY Castle ini menuliskan sesuatu yang jauh dari sejarah.

Kekurangan Drama Snowdrop

Selain mendistorsi sejarah, sayang seribu sayang, melihat wawancara Jung Hae In ketika diminta pendapatnya mengenai karakter Soo Ho yang dimainkan, agaknya ia sedikit keceplosan salah merangkai kalimat, sehingga membuat warga Korea mencibir sang aktor.

Ia berkata bahwa “Semua dalam drama Snowdrop ini sempurna. Setting, bahkan detil propertinya. Untuk sejarahnya sendiri, karena aku lahir setahun setelah kejadian ini, maka aku tidak tahu menahu. Aku pikir semua jawabannya ada di skrip drama Snowdrop.”

Tentu saja jawaban Hae In seperti ini yang gak diinginkan Knetz, mengingat korban dari peristiwa ini yang nama karakternya kabarnya dimainkan oleh Kim Ji Soo masih ada dan masih sangat terluka karena kejadian Demokratisasi 1987 Korea Selatan karena kehilangan suaminya.

Akibatnya, petisi drama Snowdrop kabarnya sudah mencapai 200 ribu. Namun, pihak JTBC masih terus menayangkan drma Snowdrop ini meski beberapa sponsor sudah mengundurkan diri.

Haaah~
Berat banget sih..ujian drama yang mengambil setting sejarah seperti Snowdrop ini. Bagaimanapun, aku gak setuju juga kalau anak muda zaman sekarang menjadi kabur terhadap nilai-nilai sejarah negara mereka sendiri.

Sehingga apapun keputusan akhir dari drama Snowdrop ini, aku manut aja. Emm, mau gak manut juga gak bisa kan yaak..hahaha~

Lesson Learn Drama Snowdrop (2021)

Penting Memiliki Teman

Meski diceritakan pergerakan mahasiswa, aku rasa ini masa-masa pemikiran yang mendalam dari mahasiswa mengenai visi dan misi mereka. Memang terkadang juga rawan disusupi oleh pemikiran filsafat yang menyesatkan. Tapi aku setuju banget kalau sebuah negara tida akan besar bila hanya mempertahankan politik dari sebuah kubu. Dalam sebuah negara demokrasi, multi partai ini penting dalam mengambil keputusan untuk menentukan arah negara.

**kok jadi berat bahasannya?
Memang Drama Snowdrop ini gak seringan hanya kisah cinta 2 muda-mudi di tahun 1987 sih..

Solidaritas

Setelah memiliki teman akrab, pentingnya saling membantu dan solider terhadap teman. Meski berbeda keyakinan, tetapi jika ada teman yang kesulitan, pastikan kita ada di sisinya. Klise gak sih?

Kalau nonton drama Snowdrop di Disney hotstar, pasti kerasa banget pentingnya solidaritas antar teman ini. Gak ember kaya Gye Bun-Ok ((hihii…dia emang spesialis karakter ember, Kim Hye Yoon, drama Secret Royal Inspector & Joy) dan ia juga bukan mahasiswa sih yaa..

Makna Fashion

Seperti yang kita ketahui melalui drama Now, We Are Breaking Up-nya Song Hye Kyo, fashion ini memiliki makna tersendiri. Dari desain, warna sampai ke pemilihan bahan. Dan lagi-lagi, fashion di mata seorang istri pejabat politik memiliki makna bahwa fashion bisa membawa pesan bagi rakyat.

Oh…ini lo kenapa kita gak boleh salah kostum pada sebuah acara yaa..
karena membawa “pesan:, meen…

Review dan Sinopsis Ending Drama Snowdrop. Penjelasan Distorsi Sejarah Drama Snowdrop

untuk lebih serunya, saksikan drama Snowdrop yang tayang seminggu dua kali di Disney hotstar secara gratis setiap hari Sabtu dan Minggu. Namun khusus eps 3 minggu ini, 25 Desember 2021, Snowdrop tayang seminggu 3 kali. Yeay!

Bersiap menantikan kelanjutan kisah cinta Soo Ho dan Yeong-Ro nih..
Semoga ending drama Snowdrop bisa menghangatkan hati penonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

63 pemikiran pada “Snowdrop (2021) & Sejarah Kelam Korea pada Masa Demokratisasi”

  1. Cerita sejarah emang berat ya kak. Kayak film Soe Hok Gie dulu. Duh yang nonton itu dikit banget krn emg segmented. Dulu ngajak Nicholas Saputra biar menarik minat anak muda nonton. Eh sepi juga.

    Nah belum tahu nih apakah Snowdrop ini bs bernasib sama ama Soe Hok Gie dgn mengajak Ji Soo Blackpink, selain dari kontroversi distorsi sejarahnya.

    Jadi penasaran nonton nih. Untung pas langganan Disney+. Jd malam tahun baruan bs streaming sepuasnya deh😁

    Balas
  2. Ternyata di Korea juga ada ya demonstrasi besar gitu di tahun 1987??! Kayaknya asyik juga nih nonton drakor yang berlatar belakang sejarah. Apalagi pemerannya ada dari personel Blackpink. Coba kepoin aah di Disney+

    Balas
  3. Suka sekali sama drama jenis ini. Berasa menjalani hidup masa lalu. Apalagi pemainnya juga keren-keren (plus mbak jisoo). Sayangnya ada dilema dari netizen Korea tentang alur ceritanya. Jadi sebagai penonton juga bingung mau lanjut nonton atau endak.

    Balas
  4. Aku udah nungguin lama nih, meskipun sempat terhenti karena ada banyak petisi untuk menghentikan tayangan, bahkan sampai sekarang. Sebagai fans inter, diam aja deh, nggak berani komen sejarah mereka, tapi menikmati tayangan episode ini

    Balas
  5. ini dia nih drakor yang lagi jadi buah bibir dimana-mana, saking kontroversialnya jadi bikin banyak orang penasaran and pengen nonton sendiri drakor satu ini

    Balas
  6. Penasaran pengen nonton kebetulan ada aplikasi Disney+ nih, btw jawaban sang aktor ini bener2 disorot yah walaupun mungkin bisa jadi dia mau cari jawaban yg aman saat ditanya itu, tpi mudah2an petisinya gak mempengaruhi tayangnya Snowdrop ini

    Balas
  7. Ternyata tidak ada cerita sejarahnya ya..
    Namun bila para penggemar suka dengan akting para pemainnya tentunya jadi nilai tersendiri sih di luar itu. Jadi balik ke selera masing²

    Balas
  8. Aku belum nonton dramanya, tapi nonton cuplikan2 trailernya di TikTok ahahhahah, gemes banget pas Jung Hae In dan Kim Ji-Soo berdrama di depan aparat keamanan gitu, ala ala pasangan yg lagi berantem terus akhirnya pelukaann, ahahhahha. Oke lah karena ga perlu langganan disney plus coba ah install dulu hihi

    Balas
  9. Yang saya perhatikan nih ya untuk drama Korea, bukan hanya snowdrop ini. Terkait karakter pertemanannya sering banget menjadi nilai plus. Selalu saja nilai persahabatan diselipkan di setiap adegan.

    Balas
  10. aku nonton drama ini teh
    suka dengan ceritanya
    tapi ya emang banyak kontroversinya ya
    harapanku sih drama ini bisa tetap lanjut, nggak dihentikan
    aku uda terlanjur ter Hae In Hae In
    haha

    Balas
  11. wohooo, settingnya tahun 1987 ya? Seumuran saya dong ini *eh, hihih
    dramanya kontroversial ya tapi tetap tayang juga, moga sih dengan kehadiran drama ini dapat membuka tabir keadaan sebenarnya ya, apalagi ada karakter yang masih ada hingga sekarang ya.

    nunggu episodenya banyakan lagi deh baru nonton, biar gak terlalu lama penasarannya 😀

    Balas
  12. Pas liat trailer, aku kira yg aktris cewe itu si Moon Ga Young yg main di Waikiki 2 mba 🤣. Miriiip. Maklumlah aku ga ngikutin KPop idol, jadi ga tau wajah2 personilnya. Udah aku masukin list sih Drakor ini, tapi kayak biasa blm mau nonton. Apalagi dengan kontroversi dan ancaman bakal ditarik. Drpd udah seru2nya, trus ga bisa lanjut kan yeee 😂. Baper parah ntr. Aku pastiin dulu dramanya tamat 😄

    Balas
  13. wow gara gara salah ucap dampaknya besar juga ya… berat jadi aktor terkenal ya, aku jadi bloger aja wkwkwkwk
    Btw, suamiku biasanya juga suka nonton BlackPink siapa tau mau kalau diajak nonton drama ini berdua-ngarep hahaha… biar ga nonton sendirian…

    Balas
  14. Aku tuh engga seberapa suka yang latar belakang sejarah karena terlalu berat wkwkwk
    Tapi liat review ini jadi penasaran hahaha
    Kok aku familiar ya wajah si cowo sama ceweknya kayak pernah liat di drakor mana gitu

    Balas
  15. Wah jadi inget jaman reformasi nih Mak ah seru bgt pelemnya tapi aku lbh suka baca sinopsismu aja deh sama kaya nonton bola wes tau endingnya aja bahagia akumah wkwkw *mamak macam apa

    Balas
  16. Kalau tokoh Yeong Ro masih hidup dan nonton drama ini, dia sedih banget kali ya. Benaran jodoh mereka ditentukan Allah banget. Sama-sama menghindar dari blind date eh ketemu di toko casset. Saya yang generasi jadul mestinya bakalan jatuh cinta sama Snowdrop. Bisa lihat benda-benda jaman baeula, sekalipun Korea dan Indonesia pasti beda 🙂

    Balas
  17. Nah, yang pengen lihat suasana vintage Korea tahun 1987 sepertinya bakal terwakili di drakor ini, misalnya pengen ngintip teknologi, pakaian dan juga kendaraan di era itu.

    Btw,
    Aku langsung tergoda baca review drakor ini di artikel lain.
    Disebutkan bahwa penonton akan terus merasakan sensasi yang berbeda plus gemas dengan tingkah Yeong Ro, terhibur dengan chemistry perteman Yeong Ro namun juga harus fokus pada masalah Soo Ho yang menegangkan.

    Balas
  18. Snowdrop ini belakangan rame banget ya mba. Ada yang menyambut antusias, tapi ternyata banyak juga yang protes ke stasiun TVnya. Hmmm… sering banget ya warga korea seperti itu, mungkin karena mereka peka dengan sejarah negara ya?

    Balas
  19. Seketika aku jadi pengen nonton dramanya dah, drakor kan apapun itu dramanya, asik dan suka ditunggu selalu kehadirannya. Udah lama juga ga nonton drakor, terakhir nonton yg Stranger in the House klo ga salah, tp bukan drama kek yg di ulas ini si

    Balas
  20. Oh jadi gitu kenapa drama ini udah dapet petisi ya. Emang sensitif dan kudu hati hati ya teh kalau bkin tema sejarah gini. Kayaknya ga bebas bikin teman begini. Soalnya bisa dipetisi kayak drakor sejarah juga yang waktu itu terpaksa berhenti.

    Aku belum nton yang snowdrop ini. Tapi kayaknya ceritanya berat ya dan rumit. Buat yang suka nonton yang berat ini cocok ya dan bikin mikir juga ya.

    Balas
  21. omg jiso my honey…
    cerita cinta pada pandangan [ertama itu visualisasinya selalu menggemaskan, uwuwu.
    oh, ada beebrapa distorsi sejarah dalam cerita ini, ya. yah, semoga penayangan drama ini lancar-lancar aja ya…

    Balas
  22. Nah, aku masih galau antara pengin nonton Snowdrop atau The Silent Sea dulu nih. Sama-sama menarik, cuma yang sebelah kan menarik karena ada Kang Gong Yoo-nya. Kalau di sini temanya sejarah, aku suka, meskipun katanya agak gak nyerempet sama sejarah aslinya.

    Balas
  23. Aku ikut deg-degan kalau ada kejar-kejaran gini. Mana dia terluka sampai bersembunyi di Kamar asrama Putri. Eh gimana deh bisa masuk ke situ tanpa ketahuan?
    Jadi ini ga hanya love story namun Ada unsur sejarahnya ya.

    Balas
  24. Seru ceritanya ya, apalagi nyangkut2 sejarah/ Hanya yaaa… emang butuh teliti jika mengangkan unsur ini. Hati-hati banget juga mengkomunikasikan jika itu termasuk sensitif. Meski bukan penggemar drakor, apresiasi deh untuk film yang tidak terlalu “biasa” ini

    Balas
  25. Aku belum nonton nih Snowdrop padahal sudah ada di Disney, ada rasa khawatir takut dramanya mendadak dihentikan penayangannya sebelum tamat kan miris ya…sayang ya penulisnya berani mendistorsikan sejarah dan nggak peduli walau dihujat juga

    Balas
  26. Serba salah ya bikin drama yg mengandung sejarah gitu, salah2 jadi distorsi dan bisa bikin generasi2 remaja salah paham jalan sejarah yg sebenarnya. Tapi namanya drama kan imajinasinya suka agak liar *cmiiw

    Balas
  27. Drama sejarah itu memang butuh efforts ya apalagi kalo mau nambahin fiksi kudu hati-hati. Belum lagi kalau dianggap ga netral dan sebagainya. Seharusnya dilihat sebagai bagian dari hiburan aja ya

    Balas
  28. Aku nonton drama ini teh
    Menarik ceritanya, bahas tentang sejarah ya
    Tapi mungkin emang banyak kontroversi nya
    Harapannya drama ini bisa tetap ditayangkan sampai akhir

    Balas
  29. Drama yang ada kaitannya dengan sejarah memang harus dilihat titik kritisnya yaa. kalau tidak sesuai dengan sejarah, akan berdampak buruk pada sejarah itu sendiri. bisa menjadi celah bagi orang atau kelompok yang memanfaatkan situasi. Apalagi jika dia jadi “penjahatnya” di tragedi penyiksaan mahasiswa kala itu. bisa jadi bahan berkelit

    Balas
  30. Selalu suka sama caramu me review mba, aku tuh udah nunggu banget drama ini tapi sayangnya dia tayang di apps yang gak biasa aku pakai hiks, aku tuh nunggu jisoo debut as actrees gitu,,, makasi udah bikin review ini, aku sedikit tau ceritanya seperti ini, kalo di cuplikasn sosmed kurang jelas,,,

    Balas
  31. Akting Jisoo disini bagus. Tadinya aku agak deg2an aja kalau aktingnya nggak sesuai standar , pasti antisnya bkal dapat makanan empuk. apalagi cerita drama ini penuh kontroversi mpe ada petisinya itu kan. Semoga endingnya bahagia, walau kayaknya sih ngga ya.

    Balas

Tinggalkan komentar