Deserter Pursuit (2021) : Aksi Jung Hae In Menangkap Tentara yang Melarikan Diri

Ending Drama Korea Deserter Pursuit (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Tiap pria berwarga negara Republik Korea harus mengabdi dalam wajib militer dengan loyalitasnya.

Prolog, drama D.P – Deserter Pursuit (2021)

Selama ini, aku selalu gak bisa memahami, mengapa berangkat wajib militer atau wamil di Korea itu menjadi sesuatu yang berat? Ternyata setelah menonton drama Deserter Pursuit atau yang disingkat D. P, aku baru memahami. Betapa masuk wamil itu gak hanya persiapan mental, tapi juga fisik.

Drama Korea Deserter Pursuit diangkat dari sebuah webtoon yang berjudul “D.P. : Gaeui Nal” yang ditulis oleh Kim Bo-Tong dan diangkat menjadi sebuah drama berjumlah 6 eps yang tayang di Netflix. Bagaimana review dan sinopsis drama D. P atau Deserter Pursuit ini?

Yo, let’s get it!

Drama Korea D. P – Deserter Pursuit (2021)

Drama Korea D. P bercerita tentang apa? Apa singkatan dari D. P? Deserter

Profil Drama

Judul : D.P.
(D.P Gaeui Nal/ D.P 개의 날)

Sutradara : Han Jun-Hee
Penulis Drama : Han Jun-Hee
Penulis Webtoon : Kim Bo-Tong

Pemeran Utama Drama D. P :

Jung Hae-In as An Jun-Ho (pangkat : Tamtama Angkatan Darat)
Koo Gyo-Hwan as Han Ho-Yeol (pangkat : Kopral Angkatan Darat)
Kim Sung-Kyun as Park Beom-Gu (pangkat : sersan, pimpinan tim D. P)

Cameo Drama D. P :

Ko Gyung-Pyo
Bae Yoo-Ram
Han Woo-Yul

Genre : Drama, Action, Military

Network : Netflix
Episode : 6

Release Date : August 27, 2021
Rating : 4/5

Sinopsis Drama Korea D. P.

Apa sih yang dilakukan selama wamil? Apa mereka murni gak boleh megang HP atau bersantai dan hanya berlatih militer sesuai dengan bidangnya dari pagi sampai malam?

Aku pernah menuliskan mengenai wajib militer di Korea. Tapi karena waktu itu Drama D. P ini belum release. Jadi aku hanya bersedih karena gak bisa melihat idol keshayanganku harus off dari layar kaca selama kurang lebih 2 tahun. Tapi setelah nonton D. P, aku jadi merinding sekali. Ternyata wamil itu beneran berat.

Kalau remaja Indonesia mengkhawatirkan masa ploncoan saat masuk Universitas, kalau di Korea mereka khawatir per-ploncoan dilakukan di lingkungan militer. Lebih parah kan yaa..?

Kalau kita hanya dibentak-bentak saat tas warna gak sesuai atau mencari barang yang aneh dan gak wajar, suka-suka senior, kalau masuk wamil, kamu bakalan seribu kali lipat menderita karena senioritas. Dan gak heran, tanpa masuk wamil aja, orang Korea ini sangat mengagungkan yang namanya senioritas ini.

Bisa jadi senior karena masuk wamil duluan, meski usianya lebih muda atau senioritas dari segi usia, apalagi jabatan.

Karakter Jung Hae-In sebagai tamtama An Jun-Ho

An Jun-Ho (diperankan oleh Jung Hae In) adalah seorang remaja yang masuk wamil karena benci dengan kehidupan yang dialaminya. Ia benci sama Ibunya yang kerap disiksa oleh Ayahnya, ia benci Ayahnya yang suka mukul dan benci dengan keadaannya yang bekerja sebagai part timer job. Pekerjaannya hanya mengantarkan makanan, tapi sering difitnah mencuri uang pelanggan, gak dibayar gajinya oleh atasannya, dan terakhir, Jun Ho nekat mencuri motor untuk mengantar makanan pesan-antar, yang kemudian motor tersebut dijual untuk mendapatkan uang gaji yang selama ini nunggak.

Hak Jun Ho donk yaa.. Aku suka banget sama Jun Ho yang berani mengambil sikap begini, First impression Jun Ho begitu mengesankan. Lalu, Jun Ho gak pake pamit ke keluarganya, dan bergabunglah ke kesatuan Angkatan Darat untuk menjalani wajib militer.

Di saat pelepasan anak dan orangtua di aula, semua anak laki dan orangtua tampak sedih mellow cirambai saling tangis-tangisan. Ada yang diantear Ibu, Ibu-Bapak, bahkan pacar. Sedangkan Jun Ho, ia seorang diri. Gak ada yang nganter apalagi menangisi.

**ya udah, aku aja yang nangisi, uri Jun Ho yaa…

Hari yang berat di Camp Angkatan Darat

Nonton Drama D. P sub indo dimana? Nonton drama D. P sub indo di Netflix. Jung Hae In menjadi tentara abdi negara

Masa perploncoan pun tiba. Ada kakak senior di barak yang gak suka banget sama Jun Ho, hanya karena Jun Ho punya mental gak mau ditindas. Bahkan saat dipukuli dan di dorong ke tembok yang ada pakunya, Jun Ho menghindar, demi menyelamatkan kepalanya. Dan itu semakin menyulut kemarahan sang kakak senior ini.

Hari demi hari Jun Ho lalui dengan ditindas senior hingga akhirnya, Jun Ho mendapat kesempatan tes wawancara. Wawancara untuk apa?

Recruitment An Jun Ho masuk tentara khusus, tim D. P.

Apa itu D. P?
D. P adalah singkatan dari Deserter Pursuit. Tugasnya adalah melakukan investigasi dan menangkap para tentara yang melarikan diri saat wamil. Jadi, belum masa keluar dari wajib militer, dia uda kabur duluan.

Entah kesempatan itu diperoleh saat cuti (wamil juga diberi kesempatan cuti alias ambil hari libur selama beberapa hari) ataupun melarikan diri saat tidak ada orang yang tahu.

Maka dari itu, dibentuklah pasukan khusus yang bernama D. P (Deserter Pursuit).

Apa itu D. P? Drama Korea D. P bercerita tentang apa? Ending drama korea D. P

Karakter Koo Gyo-Hwan sebagai kopral Han Ho-Yeol

Kalau sudah nonton Kingdom : Ashin of the North, kayanya bakalan familiar sama aktor yang satu ini. Di Film Kingdom, ia memerakankan ketua Suku Purchen Pajeowi yang luar biasa tegas dan mengerikan, Aidagan. Namun di dramanya kali ini, D. P, ia memerankan karakter Han Ho-Yeol (diperankan oleh Koo Gyo-Hwan) adalah rekan satu tim Jun Ho.

Karena Han Ho-Yeol lebih dulu masuk wamil, maka ia senior Jun Ho. Meskipun senior, Han Ho-Yeol sangat baik sama Jun Ho. Ia mengajari Jun Ho banyak hal saat menginvestigasi sebuah kasus. Dan meski terkesan lemah (gak bisa berkelahi kaya Jun Ho yang jago tinju), Han Ho-Yeol memiliki daya tarik dan pesona saat berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga tim D. P perpaduan antara Han Ho-Yeol dan An Jun-Ho adalah yang terbaik!

Kasus Drama D.P dari episode 1-6

Kasus yang terjadi selama menonton drama D. P dari episode 1-6 sangatlah berwarna. Ada yang bikin penonton nangis, ada juga yang bikin penonton gemes lalu senewen pada akhirnya. Seperti judul setiap eps nya yang menarik.

Episode 1 : A Man Holding Flower.

Yang bercerita tentang tentara desertir yang melarikan diri karena sering di bully oleh para seniornya di camp Angkatan Darat. Parahnya, tentara ini melarikan diri dan mempunyai rencana bunuh diri. Berhasilkah ia bunuh diri? Ataukah Jun Ho dan rekan pertamanya, Park Sung-Woo (diperankan oleh Ko Gyung-Pyo, uri Sun Woo di drama Reply 1988) berhasil menangkapnya terlebih dahulu?

Episode 2 : Daydream

Karena kesalahan sebelumnya Jun Ho masih dihukum di penjara saat wamil. Penjara ini lebih untuk merenung, apakah sudah benar apa yang ia lakukan? Dan karena kebaikan dari sang atasan, Jun Ho dibebaskan dan mendapat tugas baru menangkap tentara desertir kedua. Kali ini, Jun Ho dipasangkan dengan Han Ho-Yeol.

Tentara yang melarikan diri kali ini memiliki masalah bullying oleh senior dan rekannya, hanya karena ia memiliki kebiasaan tidur mendengkur. Dan begitu melarikan diri, kabarnya ia sering terlihat mencoba bunuh diri di lintasan jalur kereta api. Hwad?

Jadi Jun Ho dan Han Ho Yeol menyusuri stasiun satu demi satu untuk menemukan sang desertir kali ini.

Episode 3 : That Woman

Kasus ketiga kali ini, Jun Ho dan Han Ho Yeol sebenernya sedang cuti. Tapi malah dapat tambahan untuk membantu tim D. P divisi lain untuk menangkap tentara desertir mereka.

Ada dua tipe tentara desertir.

Pertama, mereka yang menakutkan karena entah apa yang akan mereka lakukan. Kedua, mereka yang sungguh-sungguh menakutkan.

Han Ho-Yeol , Drama D. P (2021)

Jadi, kasus ketiga yang mana nih kira-kira?

Episode 4 : The Monty Hall Problem

Kasus yang ke empat kali ini bikin aku termewek-mewek. Aku lemah banget kalo uda kena urusan keluarga. Jadi, desertir yang melarikan diri kali ini tidak melewati masa-masa sulit selama wamil. Ia malah mengumpulkan uang dari pelatihan demi pelatihan yang diadakan saat wamil. Untuk apa uang-uang yang tak seberapa itu?

Tentara desertir ini bahkan melarikan diri dengan cara melompati pagar berduri dan melakukan perjalanan 10 jam untuk sampai ke desa terdekat. Misteri apa yang dibawanya? Mampukah Jun Ho dan Han Ho Yeol menangkap tentara desertir di eps ini?

Episode 5 : Military Dog

Ini satu kasus terakhir yang diletakkan sebagai puncak dari segala kasus yang terjadi selama di drama D. P. Ada seorang tentara baik yang gak bisa menyakiti orang lain. Tentara ini sebelum masuk wamil adalah seorang guru menggambar yang memiliki sebutan “Bonggandhi” (namanya Cho Suk-Bong, karena saking baiknya, ia diibaratkan bagai Mahatma Gandhi).

Lalu karena sering diperlakukan paling bawah ((disiksa, diminta melakukan hal-hal yang tidak senonoh oleh rekan tentara lainnya)), akhirnya pada suatu malam, ia meledak juga. Senior yang senantiasa memintanya melakukan hal-hal tidak baik tersebut dipukuli menggunakan helm tentara ((as you know, helm tentara itu tebel, guys…)) sampai bonyok gak karuan, antara hidup dan mati.

Lalu, Cho Suk-Bong setelah melakukan hal tersebut melarikan diri. Karena perbuatan dari tentara baik inilah, Jun Ho dan Han Ho Yeol hampir-hampir gak percaya.

Episode 6 : Onlookers

Cho Suk-Bong terus melancarkan aksi protesnya terhadap senior yang pernah menyiksanya. Setelah menganiaya senior sebelumnya sampai babak belur, saat melarikan diri, ia mencari seorang senior di tentara Angkatan Darat saat wamil yang kerap menyiksanya juga. Cho Suk-Bong bener-bener sudah gelap mata.

Orang sebaik dan berhati malaikat dengan segala prestasi yang dimiliki seperti pintar menggambar manhwa dan mantan atlet judo, Cho Suk-Bong bahkan kalau sudah marah bisa sangat mengerikan sekali.

Bagaimana Ending Drama D. P?

Drama D. P masih open ending loo.. Apakah mungkin akan ada D. P season ke 2?

Aku berharap iya.
Karena drama D. P ini keren pake banget. Aku suka drama dark dengan dialog dan kasus yang kompleks gak gampang ketebak. Ada efek-efek menyeramkannya juga.

Juara!

Kesan Menonton Drama D. P.

Karena aku gak baca webcomicnya yang terbit di lezhin pada tahun 2015 karya Kim Bo-Tong yang berjudul “D.P.: Gaeui Nal” ini, maka aku gak bisa bedain bagaimana jalan cerita antara webcomic sama dramanya. Tapi sejauh ini, aku suka sekali Jung Hae In memerankan karakter yang tangguh dan kuat begini. Jauh dari kesan drama plus segala emosi, tereksplor dengan baik.

Bagaimana Hae In merasa sedih, marah, kecewa, ketakutan hingga depresi karena berulang kali melihat tentara desertir yang meninggal di hadapannya.

Good job, uri Hae Inaaa!

Untuk lawan mainnya, Koo Gyo-Hwan dan Kim Sung-Kyun ((yang jadi Bapaknya Jung Pal di Reply 88 looh..)), aktingnya gak perlu diragukan lagi. Badaasss abis!

Lesson Learn Drama D. P.

Jangan pernah meremehkan, merendahkan apalagi berbuat buruk dengan orang lain

Perilaku yang merisak atau bullying ini meresahkan banget sih yaa.. Dan akan lebih parah bilaitu terjadi di lingkungan militer. Berbahaya karena mainnya fisik terus dibekelin senjata, pula.. Kudu hati-hati banget dan belajar mengelola emosi dengan baik.

Jika ingin merubah sesuatu, lakukanlah

Kalau dalam konteks drama D. P. ini, jadinya terkesan buruk sih.. Karena kasus Cho Suk-Bong, ia hanya ingin dihargai dan tidak diperlakukan semena-mena. Maka ua berubah dan berusaha membuat para seniornya takut padanya. Jadi ujungnya balas dendam.

Tapi aku jadi penasaran, apakah militer atau wamil di Korea beneran berubah kalau ada beberapa kejadian tentara desertir yang melarikan diri dan malah menyebabkan keresahan rakyat? Padahal tujuan wamil sendiri adalah untuk membekali anak muda Korea agar tangguh dan siap angkat senjata bila Korea dalam keadaan genting.

Bagaikan pisau bermata dua yaah…

Bekali anak dengan kemampuan mengenali emosi cara mengelolanya

Serem banget kalau anak muda yang dipengaruhi oleh hormon yang sedang bergejolak, lalu mendapatkan tekanan dari lingkungan. Bisa-bisa yang terjadi di drama D. P, ini akan beneran terjadi di keadaan yang sebenarnya. Jadi, sebagai orangtua, penting sekali mengenalkan anak-anak akan jenis-jenis emosi.

Bahwa wajar mengalami perasaan marah, sedih dan kecewa. Asalkan mengalirkannya ke aliran yang tepat, bukan dengan cara merusak atau mengganggu diri sendiri, terlebih ke lingkungan atau orang lain.

Duh, rupa-rupa drama Korea bulan Agustus 2021 ini yaa..
Menyenangkan sekali untuk ditonton selama PPKM yang terus diperpanjang. Jangan lupa, nontonnya legal di Netflix yaa..

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

45 pemikiran pada “Deserter Pursuit (2021) : Aksi Jung Hae In Menangkap Tentara yang Melarikan Diri”

  1. Yang selalu unik dari drama atau perfilman Korea Selatan, mereka bisa membuat ide2 cerita dari pengalaman atau sudut pandang “kejadian” yang terjadi disana. Bahkan, wajib militer pun jadi pembahasan apik

    Balas
  2. AKu ga ngerti awalnya wamil itu apa hihihi kirain perang ternyata bukan. Banyak laki-laki Korea yang menunda untuk wamil ya eh itu sih di film-film deh aku lihatnya. Lendy udah review aja nih aku baru lihat trailernya di Netflix

    Balas
  3. Kayaknyaa seru nih nonton drakor Deserter Pursuit, akuu bacaa dari tulisan mbaa ajaa sudahh terbayang serunya film ini, bagaimana ikut wamil dikorea, dan senioritas disanaa, mungkin film ini menggambarkan bagaimana pendidikan wamil dikorea.. Pengen nonton langsung, wajib masuk waiting list ni film

    Balas
  4. Drama Korea memang banyak yang menarik dan apalagi mengisahkan romantis, pasti aku banget. Tapi sepertinya ini asyik juga krn disisi militer pastiya mengadegangkan pelatihan wajib militer baik secara mental maupun fisik

    Balas
  5. Oh ini ternyata yang lagi rame di medsos ceritanya tentang wamil, pendek juga ya cuma 6 episode. Kebetulan banget. Hmm ada unsur cerita mengenai keluarga juga ya, menarik. Kebetulan saya menyukai juga tema yang militer, perjuangan soalnya wkwkk boleh boleh nonton nanti aah 😀

    Balas
  6. cuman 6 episode ya ternyata, hmm.. coba ya kayaknya bisa nih aku nonton, penasaran juga karena baca review dari kamu teh.. kalo sekarang aku lagi ngikutin Hometown Cha Cha Cha, bela2in jam stgh 10 malem standby nungguin hahahah

    Balas
  7. Ya ampun…. Keren banget drakor ini Mbak. Cara ngulasnya bikin penasaran aja ha ha. Aku digantung. Btw, gak ada asmaranya kah? Rekomendasi drakor agustusnya juga bikin aku dapat referensi mager nih.

    Balas
  8. Ini review komplit banget,
    Tapi malah bikin penasaran, jadi pengen nonton deh.
    Netflix emang rekomendasi buat nonton seru di rumah.

    Balas
  9. Berasa keren yaa kalo wamil, secara wamil untuk membekali anak muda Korea agar tangguh dan siap angkat senjata bila Korea dalam keadaan genting. Mantaab pisan ituuuu, berasa gagaah dan tambah kece maksimal..

    Balas
  10. Kelihatan gak ada romantisnya sama sekali, ya. Beraaaat ikut wamil. Jadi inget kalau dulu anak saya pengen jadi tentara. Saya setuju aja. Tetapi, dipikir lagi kalau di Indonesia ada wamil saya bakal berat juga ngelepasnya hihihi

    Balas
  11. Lesson learn tentang membekali anak dengan kemampuan mengendalikan emosi itu juara sih. Bisa banget diaplikasikan dalam kehidupan nyata yang kita jalani. Whah, tema drakornya agak berat ya apalagi dengan tetek bengek wamil ala Korea.

    Balas
  12. mak, wkatu nonton doski di DOTS meski gak kelar, hehehe. Saya tuh suka banget ama dia, ketimbang yang satunya. suka warna kulitnya yang gak putih banget kayak artis korea lainnya dan wajahnya juga. Awalnya saya pikir dia artis lahir atau WNA apalah namanya, kayak cowok ganteng Indonesia non bule

    Balas
  13. Menarik drama D. P. ini karena bukan kisah cinta-cintaan antara perempuan dan laki-laki. Beberapa kali dengar cerita tentang wamil tuh emang berat. Terus ada bagian-bagian tersendiri antara angkatan darat, laut dan udara

    Balas
  14. Okeyyyy.. Masuk list ini dramanya. Aku kmrn sempat nunggu drama yang asyik, tp ngga tau drama apa yang mau kutonton. Kalau soal wamil begini, ya perlu ditonton, biar tahu oppa-oppaku ngapain dan gimana saat di camp

    Balas
  15. 6 episode tapi sungguh berarti ini Drama. Ngeri juga ya Wamil di Korea. Bullyannya gitu banget. Bikin yang dibully emosi meledak, ya niat bunuh diri atau malah melaw an yang membully. Beneran drama yang bagus nih D.P pantas ratingnga 4/5. Mantap.

    Balas
  16. Actually aku jadi “merasakan” apa yang mereka rasa hiks hiks….

    Aku juga bingung kok wamil yang sejatinya seharusnya dicintai rakyat yang wamil lah kok malah mengerikan seperti ini…

    Dan mungkin mereka juga ga bisa berbuat banyak karena si Korea Utara kan ngincar buat menjajah juga!!!

    Balas
  17. Aku baru tahu kalau wamil ada desertir. Kalau tentara resmi iya dari dulu ada yang kabur karena enggak kuat, tertarik gabung ke pasukan pemberontak dan alasan lain.
    Tapi baca review Deserter Pursuit jadi ngeuh giman perwamilan di Korsel…
    Hm masih open ending berarti bisa ada lanjutannya ya

    Balas
  18. Iya nih selama nonton drakor dam film korsel, mereka sangat menghargai yang namanya senioritas bahkan sangat hormat dengan orangtua, ngak heran kalau banyak anak muda korea kadang masih tinggal dengan orangtua meskipun sudah menikah. Aku juga baru tahu nih sisi-sisi kehidupan saat menjalani wamil, ngak heran kalau artis-artis Korea masuk wamil di usia yang cukup matang, karena butuh kesiapan ngak hanya fisik tapi juga mental. Harus nonton nih.

    Balas
  19. Huwaaa, tergoda nih dengan drama pendek gini karena aku suka lebih cepat selesai.
    Bener sih deserter yang melarikan diri dengan melompati pagar dan berlari selama 10 jam itu bikin kepo. Ada apa dengan dia ya, Lendy sukses bikin aku pengen nonton.

    Balas
  20. jadi deserter itu kesannya menakutkan dan sungguh-sungguh menakutkan ya, duh kok nggak ada bagusnya sih.

    Ternyata di wamil pun ada kekuasaan senior terhadap juniornya, kirain ya sekedar latihan dasar-dasar kemiliteran gitu, baris, latihan memperkuat fisik, penggunaan senjata.

    Balas
  21. I see, karena Jun Ho ini termasuk berani melawan malah dia masuk D.P?
    Gimana ya kalau Indonesia menerapkan wamil. Ga suka dengan perploncoan itu. Jadi ga manusiawi, main bentak-bentak. *Eh kayaknya Aku emang enggak tegaan.

    Balas
  22. Teh Lendy, saya mau kasi tahu rahasia nih, tapi jangan bilang-bilang ke orang lain ya. Kecuali yang baca komentar ini, halal dah ah, hahaha.
    Rahasianya adalah, sekarang saya sering nonton drakor, jihaaa… suatu lompatan yang luar biasa buat diriku ini.
    Nah, karena saya tertarik baca rivew ini maka sebentar saya masu cari drama ini. Mau nonton gaess.

    Balas
  23. Aku sudah nonton dan suka banget dengan ceritanya. Walau agak ngeri ya kalau kehidupan militer seperti itu. Mungkin kalau disuruh lari, tampar masih bisa nahan. Ini di dorong ke arah paku, ngeri banget.

    Balas

Tinggalkan komentar