The Red Sleeve (2021): Sejarah Raja Jeong Jo, Raja ke 22 Dinasti Joseon

Drama Korea The Red Sleeve (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Drama korea terbaru di bulan November 2021 kali ini diperankan oleh idol dari 2PM lagi. Ya, selain Taecyeon di drama Secret Royal Inspector & Joy, kini giliran Lee Joon-Ho di drama The Red Sleeve. Dan bagi Lee Joon-Ho, ini adalah peran perdananya sejak release wamil 20 Maret 2021 dan peran pertamanya juga di drama sageuk.

Wah, jadi drama battle sama Teacyeon gak nih, kira-kira?
Para HOTTEST (sebutan untuk fanbase 2PM) pasti menantikan drama Lee Joon Ho, apalagi ia memerankan seorang tokoh sejarah yakni Raja Jeong Jo. Ada yang pengen tahu sejarah Raja ke 22 dinasti Joseon ini gak?

Yuk, sama-sama kita simak drama Korea The Red Sleeve yang tayang di VIU setiap hari Jum’at dan Sabtu jam 22.00 KST. Tapi sebelumnya, aku kasih sedikit review dan sinopsis drama Korea The Red Sleeve ya… Let’s get it~

Drama Korea The Red Sleeve (2021)

Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo

Profil Drama

Judul : The Red Sleeve/ The Red Sleeve Cuff
(Otsomae Beulgeun Kkeuddong/ 옷소매 붉은 끝동)

Sutradara : Jung Ji-In
Penulis Drama : Jung Hae-Ri
Penulis Novel : Kang Mi-Kang

Pemeran Utama Drama Korea The Red Sleeve :

Lee Joon-Ho sebagai Yi San (Raja Jeong Jo)
Lee Se-Young sebagai Sung Deok-Im (Dayang Istana)
Kang Hoon sebagai Hong Deok-Ro

Pemeran Pendukung Drama Korea The Red Sleeve :

Lee Deok-Hwa sebagai King Youngjo
Jang Hee-Jin sebagai Queen Jungsoon
Park Ji-Young sebagai Head Court Lady Jo
Jang Hye-Jin sebagai Court Lady Seo

Genre : Drama, Historical, Romance, Melodrama

Network : VIKI/ VIU
Episode : 16 eps

Release Date : November 12, 2021 – January 7, 2022
Tayang Setiap hari Jum’at & Sabtu 22:00 KST

Sinopsis Drama Korea The Red Sleeve (2021)

Kalau dari drama Korea Secret Royal Inspector & Joy, kita mendapat insight mengenai proses perceraian di zaman Joseon, kini di drama The Red Sleeve, kita akan diberi insight mengenai beratnya kehidupan seorang dayang istana.

Kisah dimulai dari masa kecil dayang Sung Deok-Im (diperankan oleh Lee Se-Young) yang besar dan memang dilatih untuk melayani Raja. Ia terkenal dayang yang cerdas dan sangat berpengaruh di antara dayang-dayang yang lainnya. Ia bisa menceritakan kisah di sebuah buku dengan dramatis dan akhirnya ia dibayar untuk keterampilan membacanya tersebut ((adegan ini mirip di drama Rookie Historian Goo Hae-Ryung)).

Pertemuan Pertama Raja Jeong Jo dan Dayang Sung Deok-Im

  • Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo, Drama The Red Sleeve berdasarkan novel Otsomae Beulgeun Kkeuddong penulis Kang Mi-Kang.

Masa kecil Raja Jeong Jo memiliki nama Yi San. Yi San kecil tengah bersedih karena di tengah pembelajarannya, ia mendengar berita bahwa neneknya meninggal dunia. Tapi karena nenek Yi San adalah seorang selir dari Dayang Istana, maka tidak Yi San tidak diijinkan untuk melakukan penghormatan terakhir. Raja berkata bahwa Yi San tetap harus di kamarnya dan tekun membaca buku.

Apakah Yi San menurut karena ia adalah seorang Putra Mahkota?

Tidak, rupanya sodara-sodara. Yi San membuat replika dirinya yang kalau terkena bayangan lilin akan sangat mirip dengan dirinya. Sedangkan Yi San sendiri menyelinap ke luar Istana untuk mengunjungi rumah mendiang neneknya. Dan dalam perjalanannya, ia bertemu dengan dayang Sung Deok-Im yang sedang tersesat.

Karena tujuannya sama, mau ke rumah duka nenek Yi San, dayang senior di Kerajaan, maka mereka berdua pun jalan bersama.

Saling Menghibur, Saling Menolong

Karena Yi San kelewat sedih, maka Sung Deok-Im, seorang dayang yang cerdas langsung menghibur Yi San agar tidak bersedih dengan kalimat yang menyenangkan.

Orang mati tahu segalanya. Bahkan perasaan yang kamu sembunyikan tanpa mengatakannya. Ada buktinya juga. Kamu mau dengar?

Kamu melihat lampu dalam perjalanan ke sini tadi? Anginnya kencang, tapi lampu itu tidak padam.
Ibu Suri menyambutmu.
“Selamat datang. Aku merindukanmu. Hari sudah gelap. Lihat cahaya dan perhatikan langkahmu.”

Sung Deok-Im, quote drama korea The Red Sleeve
  • Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo, Drama The Red Sleeve berdasarkan novel Otsomae Beulgeun Kkeuddong penulis Kang Mi-Kang. Masa kecil Raja Jeong Jo

Kecerdasan Sung Deok-Im tidak hanya meluluhkan hati Yi San bahkan kakek Yi San yang kala itu memerintah Joseon yakni Raja Young Jo. Pertemuan tidak sengaja ini bukan hanya berkesan bagi Yi San, tapi juga Raja Young Jo yang memberikan hadiah sebuah buku tulisan tangan mendiang selir senior nenek Yi San yang berjudul “Pendidikan Moral untuk Wanita”.

Sejak saat itu, impian Sung Deok-Im ingin menjadi dayang senior yang memiliki tulisan tangan yang indah.

Ketidaksengajaan berikutnya..

Ada rumor bahwa Yi San, sang putra mahkota membaca sebuah buku yang dilarang Raja Young Jo. Dan buku ini berjudul “Catatan Sejarawan Agung” karena di dalam buku tersebut ada tulisan yang menyinggung perasaan Raja Young Jo, yakni “Ibumu seorang pelayan“. Raja membenci buku itu. Jangan pernah membaca atau menyimpan buku tersebut.

Namun nyatanya, Yi San malah membaca dan menyimpan buku itu, karena ia sebenarnya membenci kakeknya yang membunuh Ayah Yi San (Raja Sado) karena sebuah tuduhan pengkhianatan. Dari sini, Yi San selalu ingin memberontak dengan caranya sendiri. Hingga saat rumor itu terdengar sampai telinga Raja, Raja langsung menindak tegas.

Hukuman bagi yang menentang Raja adalah diusir dari Istana, meski itu adalah cucunya sendiri, Putra Mahkota yang kelak akan menggantikan posisi Raja. Apakah terbukti Yi San menyimpan buku “Catatan Sejarawan Agung”?

Saat perpustakaan Putra Mahkota digeledah, buku tersebut sudah diumpetin sama dayang Sung Deok-Im. Dan saking kepepetnya takut ketahuan pengawal istana, halaman yang mengandung kalimat “Ibumu seorang pelayan” dirobek oleh Sung Deok-Im.

Keputusan yang tepat, sebab ketika Raja menemukan buku tersebut dan mengetahui bagian tulisan yang dibencinya hilang, Raja menyebut cucunya adalah cucu yang berbakti dan layak menjadi pengganti dirinya.

((berkat bantuan dayang Sung Deok-Im lagi kan…))

Pertemuan di Masa Remaja

Sejak kejadian itu, betapa Yi San ingin berterima kasih dengan dayang Sung Deok-Im yang mendukungnya. Saat ia hanya ingin mengatakan terima kasih, ia mendengar kabar bahwa dayang yang bahkan ia tidak tahu namanya tersebut telah meninggalkan istana. Betapa terpoteque hati Yi San yaah…

((padahal mah..dayang Sung Deok-Im masih ada di istana kok, hanya salah paham))

  • Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo, Drama sejarah dengan karakter dayang Sung Deok-Im dan Raja Jeong Jo

Setelah sama-sama beranjak dewasa, mereka tetap gak saling ketemu dan sama-sama gak tahu kalau dulunya pernah saling berhubungan. Saat bertemu pun sama-sama saling gak mengenali bahwa satunya Putra Mahkota, satunya lagi dayang Istana. Lucu deh…pas scene ini.

Jadi bagaimana kelanjutan hubungan Raja Jeong Jo muda (Yi San) dan dayang Sung Deok-Im?
Akankah dayang Sung Deok-Im menjadi selir Raja Jeong Jo ketika sudah masuk usia pernikahan?

Sejarah Raja Jeong Jo

Ya, drama Korea The Red Sleeve ini berdasarkan sejarah asli dari kehidupan Raja Young Jo, Raja Sudo dan Raja Jeong Jo. Hanya Raja Sudo sepanjang 2 eps penayangan perdana drama The Red Sleeve, belum diceritakan lebih detil. Hanya kakek (Raja Young Jo) dan Putra Mahkota (Raja Jeong Jo).

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dari silsilah berikut ini yaa.. Raja Jeongjo, Raja Joseon ke 22.

Silsilah Raja Joseon, Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo.
source : twitter

Latar Belakang Raja Jeong Jo

Ia adalah Raja yang berasal dari kakek yang lahir dari keturunan seorang selir. Biasanya, Raja berasal dari Ibu Suri agar keturunannya terjaga. Namun, karena kakek Raja Jeong Jo ini keturunan selir, ia tidak suka dengan hal-hal yang bermakna “Ibuku adalah pelayan”. Karena Raja Young Jo merasa sangat direndahkan.

Sedangkan Raja Jeong Jo sendiri sejak kecil sudah ditanamkan bahwa ia Putra Mahkota yang harus menjaga adab dan sikap, well-educated dan semua takdir yang harus dijalaninya sebagai Putra Mahkota.

**memang menjadi Raja dan calon Raja ini bukan hanya kemauan, silsilah keturunan, tapi juga karena kehendak langit.

Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo, dayang Sung Deok Im, Kesan pertama drama The Red Sleeve

Bagaimana aku bisa mengeluh jika aku sudah ditakdirkan (menjadi Putra Mahkota)?

Aku lahir sebagai Putra Mahkota dan membaca buku bagus sebanyak yang kumau. Aku juga bisa memerintah banyak orang berbakat. Fakta bahwa aku bisa menggunakan bakatku hanya untuk negara ini bernilai lebih dari apa pun.

Yi San, quote drama The Red Sleeve

Motivasi Menjadi Raja

Motivasi Raja Jeong Jo menjadi Raja setelah Kakeknya, tentu ingin membersihkan nama sang Ayah dari tuduhan palsu kedua orangtuanya sendiri, Raja Yeong Jo karena pengaruh politik dari jajaran Keluarga Kerajaan. Fitnah yang dituduhkan kepada Raja Sado adalah seorang Raja yang memiliki penyakit mental, sering bersenang-senang di gibang (tempat para wanita penghibur, gisaeng), menghabiskan uang rakyat dan pelaku pemerkosaan berantai.

Raja Yeong Jo yang terpengaruh hasutan lawan-lawan politiknya sepakat untuk membunuh sang anak dengan mengurungnya di peti yang tebal dan kuat di hari terpanas pada bulan Juli (sumber : wikipedia).

Untuk membuktikan bahwa Ayahnya tidak bersalah, Yi San menguatkan diri untuk naik tahta menjadi Raja Jeong Jo.

Berhasilkah Yi San membersihkan nama sang Ayahanda?

Kesan Menonton Drama The Red Sleeve (2021)

Suka. Aku suka drama sageuk. Apalagi ini drama menggunakan nama karakter tokoh sejarah yang sesungguhnya. Lagi-lagi, aku akan mengenangnya sebagai drama Moon Lovers yang berdasarkan sejarah Raja Taejo. Dan drama The Red Sleeve ini berdasarkan novel berjudul “Otsomae Beulgeun Kkeuddong” dengan penulis Kang Mi-Kang, novel yang dipublikasikan pada tahun 2017 oleh Chungeoram.

Kisah Raja dan dayangnya serta segala serba-serbinya dibuat semirip mungkin dengan sejarah, maka drama seperti ini disebut drama fusion sageuk. Karena menyatukan antara sejarah dengan kenyataan dalam novel Kang Mi Kang. Dan apakah dayang Sung Duk Im itu nyata?

Ya, dayang Sung Deok Im adalah dayang Ui-bin Seong yang memang tertulis dalam sejarang kehidupan Raja Jeong Jo.

Karakter Lee Joon-Ho sebagai Yi San (Raja Jeong Jo)

Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo, Karakter Lee Joon-Ho sebagai Yi San (Raja Jeong Jo). Nonton The Red Sleeve dimana? Nonton The Red Sleeve di VIU

Yi San – Putra mahkota anak dari Raja Sudo. Ia terlahir di tengah pemerintahan kakeknya, Raja Young Jo. Lahir dan besar dengan predikat Putra Mahkota tentu tidak mudah. Ia harus belajar banyak hal dan membaca banyak buku. Namun, tak sedikit pun Yi San mengeluh.

Yi San tubuh menjadi calon Raja yang bijak dan tanggungjawab dalam melindungi rakyatnya. Salah satunya saat ada rakyatnya yang meninggal akibat serangan harimau, maka Yi San turun tangan sendiri membereskan masalah tersebut. Resikonya adalah nyawa karena yang dhadapi adalah binatang buas yang bisa jadi lebih cekatan dari kemampuan dirinya saat memanah dan bertarung.

Karakter Lee Se-Young sebagai Dayang Sung Deok-Im

Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo, Karakter Lee Se Young sebagai Dayang Sung Deok Im. Nonton The Red Sleeve dimana? Nonton The Red Sleeve di VIU

Dayang Sung Deok-Im – atau Dayang Ui-bin Seong adalah seorang selir Raja yang nantinya akan menikah dengan Raja Jeong Jo. Dijelaskan di awal cerita bahwa jika ingin menjadi selir yang meninggalnya dihormati maka harus menjadi selir yang dicintai Raja.

**persis dalam Islam gak sih..?
Kaya yang istri yang diridloi suami, nantinya akan masuk surga??

Ya, kira-kira begitu waktu nenek Yi San meninggal. Seharusnya selir adalah seseorang yang hanya bisa melayani Raja dan memberikan keturunan. Tapi ketika kematian datang, maka Raja bahkan tidak boleh melihat dan datang ke kediaman sang selir. Namun berbeda cerita ketika selir tersebut disayang sama Raja.

Bahkan semua aturan Raja bisa diterabas, karena ini titah Raja. Tidak ada hukum yang lebih kuat daripada titah perkataan Raja.

Ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan seorang raja.

Jika kamu tahu, kamu akan tercengang.
Es ini mungkin dingin, tapi tidak sedingin hatiku.
Aku sungguh kehilangan dia.
Kini aku mungkin tidak akan datang ke sini lagi.

Raja Youngjo, drama The Red Sleeve

Lesson Learn Drama The Red Sleeve (2021)

Menjalankan Tugas

Sebagai manusia, semua sudah memiliki porsi dan tugasnya masing-masing dalam hidup. Ketika sudah ditakdirkan untuk menjadi sesuatu, maka, lakukanlah tugas tersebut dengan sepenuh hati. Apakah Raja dan Dayang ini bagian dari pekerjaan?

Bisa jadi sih yaa.. Karena Raja kan dibayar oleh rakyat untuk melindungi dan memenuhi kebutuhan rakyatnya. Sama, Raja zaman Joseon juga mendapat uang dari hasil jerih payah rakyatnya dalam bidang pertanian, perdagangan, dan semua sektor yang ada di Joseon.

Uang negara berasal dari rakyatnya.
Jika itu disia-siakan dan tidak bisa digunakan untuk hal yang dibutuhkan,rakyat akan menderita dari akibatnya.

Yi San, drama The Red Sleeve

Makna Red Sleeve

Iyaya, ini jadi lesson lesson learn sekaligus pertanyaan ketika membaca judul dramanya Red Sleeve. Apa sih makna dari Red Sleeve?

Warna merah di pergelangan tangan baju dayang adalah pertanda bahwa mereka milik Raja. Sehingga apapun yang diinginkan Raja, semua harus dilakukan.

Nah, ini nanti yang akan menjadi konflik di drama The Red Sleeve. Antara kehidupan dayang Sung Deok Im yang menginginkan kebebasan, namun ia mencintai Yi San yang kelak akan naik tahta menjadi Raja Jeong Jo. Begitu pun juga dengan Raja Jeong Jo. Ia cinta dengan Sung Deok Im, tapi tidak mungkin menjadikan kekasihnya sebagai Ratu Istana. Karena seorang Ratu haruslah dari keturunan bangsawan.

Sepintar dan secerdas apapun sosok Sung Deok Im ini.

Review dan sinopsis ending drama The Red Sleeve Raja Jeongjo diperankan oleh Lee Joon Ho 2PM, Karakter Lee Se Young sebagai Dayang Sung Deok Im. Nonton The Red Sleeve dimana? Nonton The Red Sleeve di VIU
Romansa indah Raja Jeong Jo dan Dayang Sung Deok Im

Tragis yaah… Tapi beginilah serunya nonton drama sageuk.
Selalu ada kejutan yang bikin gemes dan fakta sejarah yang bikin hati penonton memahami apapun hasil akhirnya.

Kalau ingin mengikuti drama The Red Sleeve, tonton setiap hari Juma’at dan Sabtu di VIU yaa..

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

92 pemikiran pada “The Red Sleeve (2021): Sejarah Raja Jeong Jo, Raja ke 22 Dinasti Joseon”

  1. wahh November ini banyak drama Korea baru dengan genre Saeguk ya teh, salah satunya ya drama the red sleeve ini
    banyak yg ngomongin drama ini lho, teman teman Drakor Class misalnya 🤭🤭
    tak coba nonton ah

    Balas
  2. Banyak ya pelajaran berharga dari film ini!

    Dan aku dapat dari Korean Times, kalo ini foto foto dari the real King Gojong, nah berarti si Raja Sudo ini kakek kakek buyutnya King Gojong yaaa

    menarik ya Len, berasa belajar history.. dan sedih aja karena si Raja saking menolak sejarah akhirnya buku yang bercerita tentang kebenaran malah dibakar!

    jadi inget kalo HISTORY adalah sejarah yang diciptakan oleh mereka yang berkuasa di saat itu, itu sebabnya disebut HIS – STORY

    Balas
  3. Aku suka drama yang berlatar sejarah dan dipadupadankan dengan cerita di novel. Huhuu suka sama outfitnya jugaak.

    Beneran deh lesson yg didapatkan dari drakor ini jleb banget, tinggal bagaimana kita menjalaninya saja ya Len.
    Btw aku juga punya tuh Red Sleeve buat naik motor, eeaa..

    Balas
  4. Bener nih, jadi calon raja atau raja bukan hanya karena kemauan atau keturunan tapi kehendak langit…demikian juga presiden ya eh..
    Aku kepo ini ada list drama bulan Nov yang dulu direkomendasikan di postingan akhir Okt, kan? The Red Sleeve..aku demen genre begini. Duh jadi kepo apakah akhirnya raja dan dayang bersatu

    Balas
  5. Kalau membaca ringkasan dari Mbak Lendy, drama Red Sleeve ini remakes dari drama klasik juga: Song Yi ya. Tentang dayang istana yang sangat cerdas, memikat hati raja, nanti dia melahirkan Raja Joseon Mbak yang berikutnya. Tapi saya niatin bakal nonton juga nih. Bagus banget kayaknya

    Balas
  6. Yang paling saya sukai tuh nonton film atau drama, ya yang berlatar sejarah, pakai baju kerajaan gini, rasanya menarik aja, dan jadi mengerti sejarah, meski nggak semua menceritakan sejarah asli.

    Baju yang cewek-cewek tuh keceh, mirip baju adat di Buton, hehehehe

    Balas
    • Aku juga suka tema seperti ini kak. Walau jalan ceritanya nggak jauh-jauh juga sih ya. Tapi selalu menarik sih. ini udah masuk wishlist aku juga setelah menuntaskan hometown chachacha. wkwkwkkw.. telat banget ya. Daripada nggak nonton sama sekali lah ya

      Balas
    • Iyah ya Kak, saya juga suka drama Korea yang cerita kerajaan gini, baju-bajunya lebih tertutup dan terlihat lebih anggun.
      iya juga ya, baju perempuan kerajaan mirip bajunya orang di Buton/Bau-Bau ya 🙂

      Balas
  7. Urusan cinta jadi berasa ribet kalau udah disangkutpautin dengan keturunan atau apalah gitu, ya. Dan biasanya cerita kerajaan di manapun banyak yang begini. Tetapi, buat kita yang menonton memang jadi seru melihatnya 🙂

    Balas
  8. Ya, ampuun Lendy, bunda terpesona dan asyik baca synopsis The Red Sleeve (yg super panjang ini) wlp bunďa cuma ikutin jln ceritanya tanpa peduli inget nama2nya yg menguras ingatan bunda hehe…yg penting ceritanya bikin pengen balik n baca lg. Lendy ini super duper penggemar Drakor yg canggih pake super juga. Saluuut

    Balas
  9. Kayaknya aku harus install VIU deh tak perhatikan akhir-akhir ini banyak drama baru yang bagus-bagus. Aku penasaran sama mbak Song di drama terbarunya yang mbak Lendy ulas kemarin tuh. Yang ini juga bagus kayaknya

    Balas
  10. Duh saya berharap mereka jadian saja. Hehehe
    Bukan hanya sebagai ucapan terimakasih karena telah menyelamatkan kehidupannya dari kerajaan atas buku yang berhasil diselamatkannya, tapi juga mereka memang memiliki rasa yang sebenarnya. Ah penasaran deh sama endingnya

    Balas
  11. Seneng ya jadi warga Korea Selatan, mereka bisa belajar sejarah dengam cara yang fun karena banyak drama saeguk yang dibuat. Walau kadang ngga 100% sama, tapi minimal mereka bisa tahu ttg silsilahnya.

    Balas
  12. Lucu banget ya tinggal satu istana tapi enggak kenal lagi. Mungkin karena istananya enggak selebar daun kelor he he he.
    Btw, ini kayaknya bagus deh. Banyak insight baru karena kehidupan mereka juga di zaman dan tempat yang beda sama kita, ya

    Balas
  13. sedih banget, neneknya meninggal tapi tetep harus belajar di dalam kamar.. huhu.. untungnya dia bisa buat replika dirinya ya. keren banget ide ceritanya.. kalau kena bayangan lilin bisa mirip dengan dirinya. kereen.. jadi gak ketauan kalau dia keluar ya 😀

    Balas
  14. Film latar belakang kerajaan memang selalu menarik dan seru untuk ditonton. Namun jam tayangnya malam juga ya, padahal pukul 21.30 aja udah tepar ketiduran, wkwkwkwk…. Kayaknya film yang satu ini seru juga nih. Istri saya harus tau nih, biar ada rekomendasi drakor keren…

    Balas
    • Jadi dayang belum tentu selir.
      Dayang tugasnya melayani kebutuhan Raja. Misalnya jadi tukang cucinya, tukang masaknya, dan lain-lain.
      Nah, kalo dayang tingkat 5, bisa jadi selir. Selir ini tugasnya bisa pegang-pegang “tubuh” Raja. Maksudnya nyisiri rambutnya, dandanin, makein baju dan begitulah…tugas istri seharusnya yang gak pernah dilakukan seorang Ratu.

      Balas
  15. Wah cerita soal dayang dan selir tuh emang nggak pernah habis buat dibahas. Saya salut sih sama senias korea. Dari tema selir, dayang, atau kerajaan aja bisa diambil dari berbagai angle beragam dan menarik untuk ditonton ya.

    Balas
  16. Wah.. kak lendy ceritanya bikin aku jadi mellow…
    Gegara mereka saling mencintai tapi gak bisa menjadikan pasangan sebagai milik satu-satunya. Yi san gak bisa menjadikan dayang Deok IM sebagai ratu, begitupun dayang, harus merelakan diri puas hanya menjadi selir.

    Balas
  17. Yeah ada drakor yang mengangkat kisah kerajaan lagi nih. Demen juga buat memasukkan ke dalam list, karena bisa sambil untuk mempelajari kebudayaan dan tentunya sejarah juga

    Balas
  18. November banyak banget drama baguss aku mpe bingung mau nonton yang mana. Mak lendy ini hlo, ada waktu banget ngikutin semuanya. Aku kalau ngikutin beberapa drama, pasti deh ada yang enggak khatam dan malah pusing sendiri.

    Balas
  19. Makin keren Lee joon ho setelah wamil.. belum nonton ini Aku masih on going yakkk… Biasanya nonton di rapel pas Sabtu or minnggu
    Seneng klo drakor ttg kerajaan gini walaupun hampir sama rata2 ceritanya , raja yg mncintai dayang.

    Balas
  20. another personil 2pm main drama yaa ini. aku habis kaget ada Hwang Chang Sung di i married an antifan, eehh skrg ada Lee Joon Ho. Taecyon sih aku pasti nontoon walau emg benernya ga gt sduka yg “raja2” gini otakku capeekk >.< hahaha

    ini kebantu sama silsilah keluarga kerajaannya. tapi nanti mau coba cek trailernya dulu deeh

    Balas
  21. Wah emang banyak drakor baru yah bulan November ini. Jadi banyak banget WL yang numpuk hihi. Bener banget, Sebagai manusia, semua sudah memiliki porsi dan tugasnya masing-masing dalam hidup. Sebenernya kita semua punya misi unik dalam hidup ini. Bagaimana kita bisa menunaikan sesuai peran masing-masing aja.

    Balas
  22. Mak Len, kemarin ada yang ngehubungin drama ini sama dong yi yang jaman dulu. emang mirip mirip gitu nggak sih mak? Tentang raja yang jatuh cinta sama dayangnya kaaaan.. Jadi penasaran nih mau nonton red sleeve jugaaa

    Balas
  23. Kadang ga habis pikir ya, mengapa status asal muasal seorang ibu gini jadi masalah kalau dalam cerita kerajaan. Raja selalu punya selir soalnya yaa… istrinya ga cuma satu. Hal ini jadi masalah di kemudian hari karena raja tidak suka disebut punya ibu seorang pelayan.

    Balas
    • Selir itu gunanya untuk memperkuat dukungan dan kedudukan Raja juga, kak Uniek.
      Jadi istri banyak, selain memperuwet keadaan, tujuan mulia lainnya adalah memperbanyak keturunan dan dukungan untuk mempertahankan wilayah Raja.

      Balas
  24. Nggak banyak drama sageuk yang kutonton sampai habis. Karena, aku selalu underestimate sama drama seaguk. Entahlah. Aku nggak begitu menyukai genre drama ini.

    Tapi agaknya the red sleeve ini pengecualian dah. Aku tertarik setelah membaca sinopsisnya. Dalam bayanganku sudah ada kisah romantis putra mahkota dengan dayangnya. Hehehehe

    Balas
  25. duuuhh udah dari kecil saling menjaga hati tapi tetap gak bisa selalu bersama gitu ya, nyesek pasti ya.
    selalu suka kalau cerita kerajaan gini yang kayaknya sih ya ceritanya mirip-mirip ya? cinta tak harus memiliki *upsss

    Balas
  26. aku tuh termasuk yg gak suka kisah2 kerajaan, suka kisah yg modern karena keliatan yg ganteng dan cantik disana, wkwkwk. tapi kadang penasaran juga sama sejarah korea itu gimana. apalagi kalo ada kisah masa kecilnya

    Balas
  27. Quote nya cakep banget mba dari si dayang, aku jadi penasaran nonton. Kita juga kalau lagi sedih enaknya denger kata2 yg membangun ya mba, itu mah udah lebih dari sekedar membangun, meleleh dibuatnya 😍

    Balas
  28. nonton drama Korea genre Saeguk ini nggak hanya menghibur ya teh
    Tapi juga bisa sekalian belajar sejarah Korea
    aku kemarin sudah icip nonton episode pertama drama The Red Sleeve ini

    Balas
  29. Wah bagus keknya nih. Palingkalau drama sae guk saya banyak skip kalau yang udah urusan politik pertahtaan. Saya lebih memilih kisah cintanya aja.. kayaknya red sleeve bagus nih buat dicoba.

    Balas
  30. Aku auto gimanaa gitu baca judulnya yang ada sleevenya kak. Untuk drama sejarah kek gini eh apa sebutnya tadi ya, seuguk ya? Ini tergolong susah kucerna karena istilah dan silsilahnya, kadang suka bingung gitu (maklum tak pandai menghafal) wkwkwkwk. Beberapa drama sejarah ada jg sih yang aku suka bangett yg ada lucu2nya gitu. ehehe. tp bolehlah yaa nyoba ntn red sleeve kalo senggang

    Balas
  31. Aku tuh salut sama drakor dengan tema kerajaan gini, produksi-nya totalitas banget! Kostumnya aja udah wow gitu lho, belum lagi setting lokasinya kan. Andaikan Indonesia bisa bikin drama sekeren ini dan bukan yang abal2 pake segala naga terbang. Eh maaf malah oot… hehehe.

    Balas
  32. Ulasannya lengkap banget, mana ada quote-nya yang bikin penasaran kenapa sampai muncul quote itu… sepertinya aku akan nonton The Red Sleeve ini deh setelah ini. Sekarang lagi mantengin Happiness yang gak bikin happy, malah menyedot kebahagiaan banget … hiks

    Balas
  33. Aku baru nonton eps satu nih mak, mayan banget nikin penasaran mau lanjut ke eps 2 niiihhh.. hihihii. semoga endingnya happy ending yaaaa.. Aku rada males sama ending zonk kaya moon lovers. hahahahaa

    Balas
  34. Wih baca review ini menarik bangettt.. jujur aku lebih seneng baca review drakor dengan genre historical gini, Kak Lendy.. jadi inget dulu suka nonton Dong Yi. Hihi.. gemes pengen nonton The Red Sleeve ini juga jadinya..

    Balas
  35. aku pecinta drakor sejak tahun 2022, tapi agak jarang mau nonton drama yang kerajaan-kerajaan. karena ingetnya kejam-kejam 😂

    cuma banyak juga nih yang rekomenin The Red Sleeve. jadinya penasaran

    Balas
  36. Liat kedua tokoh utamanya, tampak pasangan yang manis… Jadi penasaran deh pengen nonton… Drakor kaya gini saya baru nonton mr.queen aja dan terpesona sama dayangnya yang geulis pisan…

    Balas
  37. Hmm, Cinggu Lendy sih pakarnya drama Korea ya, keren banget. Btw, The Red Sleeve ini muncul juga di linimasa aplikasi nonton berbayar. Adegan pencerita di zaman Joseon juga muncul di Hwarang yaa

    Balas
  38. Kenapa ya saeguk gitu di Korea bisa indah banget. Dibikin versi macem-macem pun nggak masalah gitu. Coba di Indonesia, ada drama settingnya kerajaan dibikin berbagai versi sudah banyak yang ngehujat kalau ga sesuai pakem

    Balas
  39. Duh racun drakor nih wkwkw. Aku seneng kalau nonton drama kisah raja jadul gitu Mba… Emm 16 episode aja kan ya.. Lagi menimang-nimang sebaiknya nontonnya mulai kapan euy karena kalo ngedrakor biasanya aku tak ingin berhenti sampai kelar cerita.

    Balas
  40. Ya ampuuuun itu silsilah kerajaannya lengkap banget
    Mbak Lendy dapat darimana?
    Aku sampai konsen banget bacanya euy
    Selalu suka sama drama-drama berlatar sejarah dan kerajaan seperti ini
    Seperti melintasi lorong waktu rasanya saat nonton

    Balas
  41. Aku suka banget kehidupan kerajaan-kerajaan, apalagi bahas dayang dan selir. Berasa kepo banget sama tradisi kerajaannya, dan di sini jadi pengen nonton. Penasaran sama penyamaran dengan replika lilin itu, bayangin ketemu neneknya

    Balas
  42. Suka bgt sih karena banyak ya pelajaran berharga dari film ini!
    Jadi berasa belajar history dan agak sedih karena si Raja saking menolak sejarah akhirnya buku yang bercerita tentang kebenaran malah dibakar.

    Balas
  43. Langsung save deh drama ini. Saya suka drama dengan latar belakang cerita kerajaan . Suka saja dengan cerita-cerita misteri, tetapi bukan misteri hantu-hantu gitu. Satu lagi yang menarik adalah kisah anak raja yang selalu ditolong oleh dayang kerajaan. Walaupun jenis ini sudah sering diangkat dalam drama maupun layar lebar, tetapi ada perbedaan latarnya.

    Balas
  44. baru rilis ternyata mba Len, pantesan belum lihat di tiktok teasernya, karena masih baru ya ternyata. saya suka kalau nonton film yang ada sejarah-sejarahnya gitu bagus jadi pembelajaran

    Balas
  45. Sekilas baca sinopsisnya jadi tertarik nonton, soalnya menceritakan dari masa kecilnya Raja Jeong dan dayang Sung yang diambil dari kisah nyata, sekalian belajar sejarah.
    Kisah cinta masa kerjaan selalu rumit perihal status sosial.
    Zaman sekarang masih gini ngga sih?
    Beberapa waktu lalu sempet baca berita putri raja menikah sama orang biasa dan keluar dari istana.

    Balas

Tinggalkan komentar