Secret Royal Inspector & Joy (2021) : Mengungkap Kasus di Chungcheong

Drama Korea Secret Royal Inspector & Joy (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Akhirnya ada drama sageuk lagi di list drama bulan November 2021 selain The King’s Affection yang selalu aku nanti. Pas banget, drama Secret Royal Inspector & Joy pun tayang setiap hari Senin dan Selasa di VIU. Apakah sahabat lendyagasshi sudah menontonnya?

Drama sageuk Secret Royal Inspector & Joy ini terbilang kocak. Jadi bagi yang anti-sageuk, bisa dimulai dari melihat aksi TaecYeon 2PM yang berperan sebagai agen rahasia Kerajaan (atau amhaengeosa) dan si imut Kim Hye-Yoon sebagai perempuan muda Joseon dari kalangan kelas bawah yang sedang memperjuangkan statusnya.

Yuk, aku ceritain sedikit review dan sinopsis drama Secret Royal Inspector & Joy yaa…
Let’s get it!

Drama Korea Secret Royal Inspector & Joy (2021)

Review dan sinopsis prediksi ending drama Korea Secret Royal Inspector & Joy

Profil Drama

Judul : Secret Royal Inspector & Joy
(Eosawa Joyi / 어사와 조이)

Sutradara : Yoo Jong-Sun
Penulis Drama : Lee Jae-Yoon

Pemeran Utama Drama Secret Royal Inspector & Joy :

TaecYeon sebagai Ra Yi-Eon (amhaengeosa)
Kim Hye-Yoon sebagai Kim Jo-Yi

Pemeran Pendukung Drama Secret Royal Inspector & Joy :

Min Jin-Woong sebagai Yook-Chil
Park Kang-Sub sebagai Goo-Pal
Lee Joon-Hyuk sebagai Pangeran (Putra Mahkota)

Genre : Drama, Historical, Mystery, Comedy

Network : TvN/ VIU
Episode : 16 eps

Release Date : November 8 – December 28, 2021
Tayang Setiap hari Senin & Selasa 22:30 KST

Sinopsis Drama Secret Royal Inspector & Joy

Drama sageuk yang dibuka dengan aktivitas seorang pegawai kerajaan junior tingkat lima yang bernama Ra Yi-Eon (diperankan oleh TaecYeon 2PM). Hobinya sehari-hari adalah memasak hidangan yang lezat dan selalu membawa bekal ke tempat kerjanya di area Kerajaan.

Review dan sinopsis prediksi ending drama Korea Secret Royal Inspector & Joy. Taecyeon sebagai Inspektur Rahasia Kerajaan yang hobi masak

Pada suatu hari, turun titah Raja untuk memilih seorang Inspektur Rahasia Kerajaan yang akan ditugaskan di luar kota Hanyang, karena Inspektur Rahasia Kerajaan sebelumnya menghilang dan jasadnya belum ditemukan. Biasanya, kalau ada kasus menghilangnya Inspektur Rahasia Kerajaan, maka segera diundi dan dipilih kembali yang baru.

Terpilihnya Ra Yi-Eon Sebagai Inspektur Rahasia Kerajaan

Dasar nasib. Karena ia nubie, maka semua seniornya saat dipilih beralasan memiliki udzur yang tidak bisa ditunda. Kaya ada kakeknya meninggal ((jadi masih masa berduka. Kalau zaman Joseon, masa berduka tidak boleh pergi kemana-mana)), ada yang beralasan istrinya melahirkan dan terakhir beralasan bahwa ia sakit keras.

Jadi ketiga rekan senior Ra Yi-Eon sudah mengetahui pengundian ini dan menyiapkan alasan yang bagus. Sedangkan Ra Yi-Eon belum tahu apa-apa sehingga ialah kandidat satu-satunya untuk menjabat sebagai Inspektur Rahasia Kerajaan.

Review dan sinopsis prediksi ending drama Korea Secret Royal Inspector & Joy. Taecyeon 2 PM dan Kim Hye-Yoon beradu akting di drama sageuk

Kemanakah Ra Yi-Eon akan bertugas sebagai agen rahasia kerajaan?

Tugas Pertama Sebagai Inspektur Rahasia Kerajaan Ditugaskan ke Provinsi Chungcheong Selatan

Tugas pertama yang titahnya turun langsung dari Raja adalah penempatan Ra Yi-Eon sebagai Inspektur Rahasia Kerajaan yakni ke Provinsi Chungcheon Selatan, yang sangat jauh dari Hanyang, Ibukota Joseon saat itu.

Ra Yi-Eon kesal sekali dan berniat untuk tidak akan ikut campur dengan permasalahan apapun nantinya di Chungcheong. Ia hanya ingin makan makanan yang lezat dan berjalan-jalan ke tempat yang bagus. Pokoknya jauh dari masalah dan pulang bertugas dengan selamat.

Namun, harapan tersebut pupus karena setibanya di Chungcheong, Ra Yi-Eon malah langsung dapat kasus di depan matanya sendiri. Ia ingin sekali mengabaikan, tetapi di sisi lain, ia juga kasihan dengan seorang gadis (eh, sudah menikah dink) yang menangis karena kehilangan seorang sahabatnya yang sedang hamil.

Kabarnya, si sahabatnya ini hamil dengan pejabat (seorang Hakim yang terhormat) di Chungseong dan akan dijadikan selir segera. Namun ditemukan meninggal di sungai dengan kondisi mengapung seperti tergeliincir dari tebing.

Benarkah sang sahabat ini kecelakaan?
Atau ada skenario pembunuhan yang mengerikan di balik kejadian ini?

Kerjasama Untuk Membuktikan Sebuah Kasus

Review dan sinopsis prediksi ending drama Korea Secret Royal Inspector & Joy. Taecyeon 2 PM dan Kim Hye-Yoon. Drama Secret Royal Inspector & Joy tayang dimana? Tayang di VIU

Untuk mengurai semua kasus yang terjadi di Chungcheong, maka Ra Yi-Eon mulai menyelidiki satu per-satu dari mana kejadian ini bermula. Dan ternyata, semua kasusnya saling berhubungan. Dimulai dari kasus perceraian Kim Jo-Yi (diperankan oleh Kim Hye-Yoon), yang berlangsung sangat alot sampai ditemukannya mantan Inspektur Rahasia Kerajaan yang meninggal dan mayatnya ditemukan di jaring nelayan.

Sang Inspektur Rahasia Kerajaan yang meninggal ini sengaja dibunuh karena ia mulai mengetahui betapa korupnya pejabat di Chungcheong. Namun apakah benar pelakunya hanya sang hakim?

Dan siapakah Park Tae-Seo, yang digambarkan sangat jahat karena ingin menguasai kekayaan di Chungcheong?

Kesan Menonton Drama Secret Royal Inspector & Joy (2021)

Lucu…
Aku suka sageuk dan dibalut dengan serial detektif. Rasanya seru, bisa ikutan menebak-nebak, siapa pelaku kajahatan dan ada kasus apa yang terjadi di Chungcheong?

Paduan Drama Inspector Koo dan The King’s Affection. Perfect!
Ditambah pesona dari Taecyeon 2PM yang sebelumnya jadi villain di drama Vincenzo bareng Song Joong Ki oppa dan Jeon Yeo-Bin. Kalau melihat press conference nya, baik TaecYeon maupun Kim Hye-Yoon, sama-sama gak sabar memerankan karakter masing-masing. Karena bagi mereka, drama Secret Royal Inspector & Joy adalah drama sageuk pertama.

Iih…ikutan seneng deh.. Dan nantinya bakalan bersaing dengan drama Red Sleeve yang tayang di VIU, karena pemeran utama pria drama tersebut adalah rekan satu boygroup di 2PM yakni Lee Joon-Ho.

Karakter Kim Hye-Yoon sebagai Kim Jo-Yi

Review dan sinopsis prediksi ending drama Korea Secret Royal Inspector & Joy. Taecyeon 2 PM dan Kim Hye-Yoon. Drama Secret Royal Inspector & Joy tayang dimana? Tayang di VIU

Kim Jo-Yi – gadis yang telah menikah namun tidak berdasarkan cinta. Ia menikah karena terpaksa dan kehidupannya menjadi berubah seratus delapan puluh derajat karena sejak menikah, ia harus full mengurus suami dan mertuanya. Ia tidak bisa lagi menikmati hal-hal yang ia senangi.

Belum lagi perlakuan buruk dari suaminya yang tukang judi dan tidak bekerja. Ia hanya berlindung di balik Ibunya yang cerewet. Jo Yi juga kerap dihina dan dipanggil menggunakan panggilan yang buruk. Sedih banget deh..

Karena itu, Kim Jo Yo bersikukuh meminta bercerai. Namun, bercerai di zaman Joseon sangatlah tidak mudah. Kalaupun sudah disetujui, janda tersebut tetap harus menjalani hukuman dicambuk sebanyak 80 kali. Dan Jo Yi siap menerimanya saking gak kuat lagi berstatus menikah.

Apakah perceraian Jo Yi bisa terwujud?

Karakter TaecYeon sebagai Ra Yi-Eon

Review dan sinopsis prediksi ending drama Korea Secret Royal Inspector & Joy. Taecyeon 2 PM dan Kim Hye-Yoon. Drama Secret Royal Inspector & Joy tayang kapan? setiap Senin Selasa di VIU

Ra Yi-Eon – Tipikal anak bangsawan yang cerdas dan bernasib baik. Ia berhasil lulus ujian pegawai kerajaan dengan nilai terbaik. Hobinya baca buku novel dan memasak. Semua yang memakan masakan Ra Yi-Eon pasti suka. Bahan yang digunakan semuanya berkualitas dan dimasak dengan teknik memasak ala master chef. Platingnya pun keren.

Terpaksa bekerja untuk Kerajaan karena neneknya yang memintanya untuk mengabdi pada Raja. Tak disangka, tugasnya yang tadinya hanya main-main mendadak menjadi serius sejak bertemu dengan janda kembang, Kim Jo-Yi.

Sejauh ini karena baru tayang 2 eps perdana, belum diperlihatkan love line mereka berdua sih.. Yang ada malah, Jo Yi menganggap rendah Ra Yi-Eon karena memakai baju kasta rendah, dikiranya budak. Hihii~

Lesson Learn Drama Secret Royal Inspector & Joy (2021)

Hiduplah Bahagia

Aku salut banget sama Kim Jo-Yi. Sesuai banget sama namanya yang seperti bilang JOY, yang berarti kebahagiaan. Ia berani menyuarakan hatinya yang tidak bahagia dan mengambil keputusan untuk berpisah dengan suaminya. Karena pada zaman Joseon, selain yang aku bilang di atas, perceraian itu proses yang panjang dan melelahkan, juga seberat apapun wanita Joseon, kudu mempertahankan rumah tangganya.

Gak ada tuh…alasan karena KDRT, makanya pengen cere. Gak boleh!
Kudu ada alasan yang kuat plus diusir sama suaminya sendiri. Sepanjang suaminya belum ridlo, maka perceraian tidak akan disetujui oleh hakim yang berwenang. Duuh berat juga yaa..

Aku ingin seperti kupu-kupu.
Yang bebas terbang mencari kebahagiaannya.

Kim Jo Yi, quote drama Secret Royal Inspector & Joy

Orang Dihormati Dari Status Sosial

Karena ini drama sageuk, maka ukuran status sosial seseorang dilihat dari pakaiannya. Kalau pakaian mereka dari bahan seperti jerami (kasar) dan berwarna cokelat, maka sudah bisa dipastikan, orang akan berlaku banmal (seperti teman atau direndahkan oleh yang kastanya lebih tinggi).

Namun, bila berpakaian rapih dan biasanya warna warni plus dilengkapi asesoris topi, sabuk, dan sepatu bagus, maka dipastikan memiliki status sosial yang tinggi. Seorang bangsawan atau dari Keluarga Kerajaan.

Bagaimana bisa ia licik sekali?
Menunduk pada bangsawan dan merendahkan para rendahan?

Ra Yi-Eon, quote drama Secret Royal Inspector & Joy

Kebijaksanaan Datang Dari Membaca

Ya, tampak sekali dari kehidupan Ra Yi-Eon yang meski ogah-ogahan, tapi ia tetap rajin membaca, Membaca buku dan membaca situasi. Ia pintar sekali meneliti sebuah masalah. Sehingga pantes banget kalau ditunjuk sebagai Inspektur Rahasia Kerajaan.

Gwaneohaejananwisu
Mereka yang telah melihat lautan tidak mempertimbangkan air sungai.
Mereka yang menangani masalah penting.
Tidak akan terpengaruh oleh masalah kecil.

(Bagian Satu Buku “The Whole Heart” karya Mencius, Penulis Mogeun), disitir oleh Ra Yi-Eon, quote drama Secret Royal Inspector & Joy

Bagaimana sahabat lendyagassi?
Seru yah…sambil nonton sambil ikutan Ra Yi-Eon mengungkapkan sebuah kasus. Dan dari drama Secret Royal Inspector & Joy, drakorian jadi tahu yaa..bagaimana proses perceraian yang rumit pada zaman Joseon.

Jangan lupa stay tuned setiap hari Senin dan Selasa di VIU.
Selamat menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

51 pemikiran pada “Secret Royal Inspector & Joy (2021) : Mengungkap Kasus di Chungcheong”

  1. Duh habis baca ini nanti buru-buru install VIU. Pengen lihat wajah imut Taecyeon yang jadi penjahat di Vincenzo jadi agen rahasia kerajaan. Dan karakter disini pun dia membawakan sebagai orang cerdas ya. Good for him. Mungkin begitu juga kehidupan rilnya sehari-hari, anak bujang pintar 😂

    Balas
    • Betul, betul, kak Evi.
      Aku pun pas melihat TaecYeon ini kemampuan aktingnya jadi meningkat sekali sejak di Vincenzo. Pas di Save Me bareng Seo Yea Ji, WO Do Hwan, dkk…masih B aja gitu yaa..

      Balas
  2. Drama sageuk begini memang jadi dapat banyak inspirasi dan wawasan budaya buat kita yang nonton. Apalagi hanya 16 episode yang ditontonnya makin bikin penasaran buat diikuti

    Balas
  3. Wah mbak nonton ini ya? Saya belum nonton karena masih sedikit tapi sering lihat spoilernya, ini drama kocak banget dah jadi keinget Mr. Queen yang latarnya kerajaan komedi juga😂 mana dua tokoh utama suka ngegas.

    Balas
  4. Lesson learnnya kok jleb banget ya dan relate sama kehidupan sosial kita di masa sekarang. Rasanya semua diukur dari apa yang hanya terlihat dari luar. Nonton drakor bisa jadi lebih insightfull ya kalau ditulis reviewnya kayak gini.

    Balas
  5. Wah jarang2 nih peran utama gadis Joseon udah nikah duluan dan baru tau ternyata zaman dulu susah cerai ya, masa belum ada emansipasi perempuan hehe
    Suka dikasi iklannya ma Viu tapi blm nonton ini mungkin nnati kalau dah khataman yg lain
    Itu si ceweknya biasanya dapat karakter peran antagonis anak SMP/ SMA apa ya hehe, skrng udah makin dewasa 😀

    Balas
  6. Wah, Kim Hye-Yoon ini yg main di Sky Castle dan Extraordinary You yaa… sekarang main lg di Secret Royal Inspector Joy, Ra Yi-Eon ini yang main di Vicenzo jadi antagonisnya. Selalu mantengin deh review2nya Cinggu Lendy ini. Kl mau nonton drakor apa ke sini dulu baca2 hehe

    Balas
  7. Asyik, akhirnya ada ulasannya Secret Royal Inspector Joy ini. Dari status-statusnya teman2 sesama pecinta Kdrama, banyak yang bilang ini salah satu kdrama seru dan wajib nonton, cuma karena aku blm baca review lengkapnya, jadi masih menunda-nunda, dan memilih nonton Park Dan Dan… Masuk list nih untuk ditonton segera setelah baca review Kak Lendy

    Balas
  8. Serunya drakor sageuk salah satunya ada pelajaran khusus yang bisa diambil. Eh, drakor genre lain juga banyak nilai pentingnya dink.
    Oh ya, bekaitan dengan status sosial, sebenarnya tidak hanya terjadi pada masa adanya kasta-kasta. Sekarang aja, orang yang punya kedudukan, punya skill, udah dianggap suhu, dll, pasti lebih dihormati. Beda kalau nggak punya titel, nggak kelihatan berkedudukan atau banyak uang, pasti sebaliknya dipandang sebelah mata hingga direndahkan. hihi…

    Balas
  9. Yang pertama aku lakukan sambil terus tetap membaca review drakor ini mencari tahu arti “sageuk”.
    Hihihi.
    I have no clue, at all!

    But, again, thanks to Miss Lendy, jadi termotivasi mencari tahu seperti istilah oppa, ahjussi, sageuk dan lain-lain.

    Btw,
    Jadi ini debut Taecyeon di sageuk ya.
    Bakal seru ini sepertinya.
    Ada sejarah, komedi dan misteri di sini.

    Balas
  10. Awalnya aku pikir ini season 2 dari Drakor royal secret agent yang sebelumnya mbaa. Tp kok pemerannya beda. Ternyata Drakor beda tapi temanya sama yaaa :).

    Berhubung aku udh nonton yg royal secret agent, dan sukaaaa banget, jadi rasanya aku bakal nonton yg ini juga. Apalagi pas baca tokohnya suka masak, dan platingnya menggugah banget. Selalu sukaaaa Ama Drakor yg ada scene masak2nya ATO memang bertema masak 😂. Ikutan lapeeer dibuat hahahaha

    Balas
  11. Masya Allah mba Lendy kalau udah bhaas drakor dalam ya, kebayang betapa sukanya dirimu dengan drakor. Pun nggak pernah nonton drakor cuma selalu sarat makna ya dalam dialog – dialog seperti bagaimana bijak kita dapat dari membaca. Nice kak 👍

    Balas
  12. Drama sageuk, jenis kesukaan saya banget nih. Ntar saya tengok VIU ah, semoga aja VIP-nya masih. Waktu itu beli 3 bulan dan jarang ditengok. Hihihi.
    Ternyata di zaman itu bercerai sangat sulit ya. Padahal mah nikah juga tanpa kehendaknya sendiri.

    Balas
  13. Drama sageuk ini lumayan ditunggu-tunggu penggemarnya ya. Mbak Lendy gercep banget ya kalo soal review drakor…
    Aku jarang nonton drama korea tapi suka banget kalau ada drama sageuk, soalnya seneng liat setting drama dan kostum-kostumnya yang menurutku wah dan classic banget…

    Balas
  14. Ini serial kan ya?
    Sebagai penonton yang tidak sabaran, maunya sekali duduk dan nonton harus sampai tamat. Maka saya mau tunggui saja serial ini hingga selesai baru deh duduk manis sambil nonton, biar bisa skip-skip hahaha.

    Balas
  15. Akhirnya bisa lihat TaecYeon sebagai protagonis
    Episodenya masih sedikit..aku bukan penonton on going tapi baca review ka Lendy kan jadi tambah penasaran. Ceritanya juga unik, bertema saeguk tapi ada ala-ala detektif dan harus mengungkap kasus

    Balas
  16. Mbaa sageuk apaan sih? Hehe aku kurang ngikutin drakor tapi seneng tiap baca artikelnya mba Lendy pasti deh jadi tau lagi istilah drakor yang baru buatku. Jadi berkurang kudet ku aahaha. Btw ceritanya Secret Royal Inspector ini seru juga yaa, jadi penasaran pengin nonton juga , 😍

    Balas

Tinggalkan komentar