The Secret Romantic Guesthouse, Misi Menemukan Anak Raja yang Dimakzulkan

Review Sinopsis Drama Korea The Secret Romantic Guesthouse (2023) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Maraton nonton drama sageuk tuh memang seninya di KESABARAN.
Huhuhu.. kaya ada banyak banget intrik yang dimainkan sehingga menemukan seorang anak Raja yang sudah menghilang selama 13 tahun sampai eps ke 7 baru nampak hilal.

Di saat belum ada hilal, ternyata teori demi teori mengenai keberadaan sang anak Raja ini selalu terpatahkan.
Sampe capek banget nontonnya. Uda ada yang ditawan, diinterogasi bahkan dijebak sama tentara istana, tapi ternyata bukan. Kan berasa di PRANK ya… sebagai penonton.

Tapi seneng banget karena meskipun lama, gak satset, drama The Secret Romantic Guesthouse menyajikan makna yang mendalam mengenai kekuasaan. Gimana perebutan 3 penguasa untuk bisa duduk dan bertahan di tahta tertinggi di masa itu. Akankah pemimpin tirani? Atau pemimpin dengan garis keturunan yang sah? Atau pemimpin dari selir Raja?

Daripada bertanya-tanya, kuy simak Review Sinopsis ending Drama Korea The Secret Romantic Guesthouse (2023) berikut ini. Let’s get it~

Drama Korea The Secret Romantic Guesthouse (2023) – VIU

review ending The Secret Romantic Guesthouse
The Secret Romantic Guesthouse

Profil Drama

Judul : The Secret Romantic Guesthouse/ Flower Scholars’ Love Story
(Kkotsunbi Yeolaesa/ 꽃선비 열애사)

Sutradara : Kim Jung-Min
Penulis Drama : Kwon Eum-Mi, Kim Ja-Hyun

Pemeran Utama Drama The Secret Romantic Guesthouse (2023):

Shin Ye-Eun sebagai Yoon Dan-O
Ryeo Un sebagai Kang San/ Lee Seol
Jung Gun-Joo sebagai Jung Yoo-Ha/ Lee Gyeom
Kang Hoon sebagai Kim Shi-Yeol/ penjaga

Pemeran Pendukung Drama The Secret Romantic Guesthouse (2023):

Hyun Woo sebagai Raja Lee Chang
Lee Mi-Do sebagai Najoo-daek
In Gyo-Jin sebagai Yook Yook-Ho
Cho Hye-Joo sebagai Yoon Hong-Joo
Han Chae-Ah sebagai Gisaeng senior Hwa-Ryung
Hwang Boreumbyeol sebagai Gisaeng junior Ban-Ya

Genre : Historical, Mystery, Romance, Drama

Network : SBS, Prime, VIKI, VIU
Runtime : Senin & Selasa
Episode : 18

Release Date : March 20 – May 16, 2023

Sinopsis Drama The Secret Romantic Guesthouse

Menjelang ujian penerimaan PNS zaman Joseon, maka berbondong-bondong dari berbagai penjuru negeri para anak muda lulusan terbaik untuk mencoba mengikuti ujian tersebut. Para cendekia yang datang dari luar kota sibuk mencari penginapan yang tenang dan nyaman agar lulus ujian calon pejabat istana.

Tak terkecuali Kang San (Ryeo Un) yang berasal dari Jecheon dan Jung Yoo-Ha (Jung Gun-Joo) yang berasal dari Naju. Mereka berdua datang jauh-jauh dari daerah mereka ke Hanyang untuk ikutan ujian menjadi calon pejabat istana.

Dalam perjalanan mencari rumah singgah ini, bertemulah mereka dengan pemilik penginapan Taman Bunga (Ihwawon Inn) yang memang sebuah rumah penginapan untuk para pejuang budak korporet.

Sinopsis ending The Secret Romantic Guesthouse
Ryeo Un sebagai Kang San

Namun, di penginapan Taman Bunga beredar rumor bahwa ada hantu perawan yang kerap berkeliaran di paviliun penginapan tersebut, sehingga jarang ada cendekiawan yang mau nginep jadinya. Karena Kang San tasnya dibawa lari sama pemilik penginapan Taman Bunga yang bernama Yoon Dan-O (Shin Ye-Eun), maka mau gak mau Kang San jadi nginep di penginapan Taman Bunga.

Namun ada takdir dibalik Kang San yang kesasar dan akhirnya gak punya pilihan untuk nginep di Taman Bunga.
Takdir apakah itu?

Takdir 13 Tahun yang Lalu

Ternyata di balik kesasarnya Kang San karena tasnya digondol Yoon Dan-O ini sebenarnya Kang San adalah Pangeran (anak Raja) yang dimakzulkan 13 tahun yang lalu. Ia terpaksa melarikan diri karena Ayah dan Ibunya dibunuh secara brutal oleh antek-antek Raja yang sekarang bertahta.

**makzul artinya turun tahta, berhenti dari masa jabatan.

Link streaming The Secret Romantic Guesthouse 2023
Identitas asli Kang San

Raja yang sekarang menjabat, gak lain dan gak bukan adalah kakaknya Ayah Kang San.
Ya, gitu deh.. Kalo urusan istana ini memang ribet. Semua orang pen jabat dan ketika Raja uda menentukan siapa yang berhak memimpin, maka saudara ataupun anak selir (saudara tiri) bisa jadi iri dan dengki terus ngadain pemberontakan buat naik tahta.

Nah, ini juga gitu nih..
Raja Lee Chang bisa naik tahta berkat pembunuhan terhadap seluruh anggota keluarga adeknya sendiri. Cuma Kang San yang selamat dan dilindungi oleh “penjaga” yang ahli pedang hingga dewasa.

Orang yang tinggal di tanah Joseon tidak bisa tidak terpengaruh oleh masa depan Joseon.

Quote Drama The Secret Romantic Guesthouse, 2023

Apakah motif kembalinya Kang San ke Hanyang (ibukota Joseon) saat ini?
Adakah hubungannya dengan balas dendam dengan Raja yang telah menghabisi keluarganya?
Apakah Kang San ingin merebut tahta sang Raja yang merupakan pakde-nya ini?

Perjuangan Kang San Tidak Sendiri

Kang San yang memiliki nama asli Lee Seol ini sudah sejak lama dicari-cari sama Pakdenya (Raja yang sekarang menjabat). Karena si Pakde ini tentunya takut tiba-tiba ponakannya nongol dan mengancam tahtanya kek cara dia nurunin adeknya dulu.

Jadi selama 13 tahun, Lee Seol nyamar melarikan diri kesana kemari pakek identitas Kang San dan tanpa disadari selalu dilindungi oleh “penjaga” ini. Nah, identitas penjaga ini bener-bener dirahasiakan. Ia melindungi Kang San kalok pas Kang San bener-bener dalam keadaan kritis.

Pada suatu hari, ada pengkhianat yang ngaduin keberadaan Kang San dan pas digerebek, Kang San uda bingung mo lari kemana. Dan bener aja, asal ada saksi mata yang pernah melihat gimana wajah Kang San, pasti gak selamet. Uda keburu dihabisin aja sama “penjaga” ini.

Kudengar, para prajurit mengubah dunia dengan pedang mereka.
Apa yang sudah kamu ubah?

Quote Drama The Secret Romantic Guesthouse, 2023
Cast The Secret Romantic Guesthouse
Identitas penjaga yang lama-lama terungkap

Lama-lama, pas sama-sama tinggal di penginapan Taman Bunga, Kang San dan penjaga tinggal bareng. Jadi lama-lama ketauan deh.. Siapa melindungi siapa.

Dan ternyata ada rahasia lain, bahwa Kang San bukan satu-satunya pewaris tahta kerajaan. Raja punya anak laki-laki lain yang berasal dari selir. Dan selirnya selama ini gak tinggal di istana.

Siapakah saudara tiri Kang San?
Bisakah mereka saling mengenal dan akhirnya bekerjasama?

Saudara Tiri Kang San adalah Ketua Mokinhae

Dalam perjalanan cerita, Kang San mengetahui bahwa identitasnya sebagai putra Raja yang dimakzulkan jadi cerita sana-sini. Yang awalnya ada yang ngaku-ngaku sebagai Lee Seol, lama-lama diketahui bahwa ia juga anak Raja dari gisaeng terbaik di Hanyang.

**Gisaeng: wanita penghibur
Beda konteks sama wanita penghibur zaman sekarang ya.. Gisaeng zaman ini gak nemenin boba, tapi hanya sebatas nuangin arak dan jadi pendengar yang baik bagi pejabat-pejabat tinggi istana.

Eh, ga boba tapi kok bisa lahir anak yaa..?
Another case.. Karena gak ada yang berani nolak Raja sih menurutku. Kalo si gisaeng ini disukain Raja dan jadi selir, hanya gak tinggal di lingkungan istana juga boleh boleh aja.

Related Post:
Kisah Selir Raja yang Dicinta, Drama Korea The Red Sleeve (2021)

The Secret Romantic Guesthouse happy ending or sad ending
Jung Gun-Joo sebagai Jung Yoo-Ha

Karena Jung Yoo-Ha ini uda diketahui identitasnya, sehingga pergerakannya di Mokinhoe (ini semacam LSM gitu kalo zaman sekarang ya.. non-profit, tapi menggerakkan hati para cendikiawan dan orang miskin untuk bareng-bareng bersatu melawan Raja yang lalim)

Mereka uda capek banget sama pemerintahan yang gak pernah ngebolehin orang miskin untuk pintar dan mendapatkan hak yang sama atas pendidikan.

Bahkan, orang miskin punya impian.
Hanya karena miskin bukan berarti kami tidak bermimpi.

Quote Drama The Secret Romantic Guesthouse, 2023

Jadi pergerakan Mokinhae ini menjadi trigger bahwa rakyat biasa pun boleh pintar, bisa baca dan memiliki mimpi. Jadilah mereka mencetak banyak buku mengenai pergerakan mokinhae. Buku yang disinyalir sebagai langkah awal pemberontakan terhadap Raja.

Apakah gerakan ini akan berhasil?

Kesan Nonton The Secret Romantic Guesthouse

Masih kurang 2 eps akhir sih ya..
Tapi uda kebaca gimana endingnya karena The Secret Romantic Guesthouse ini gak jahat-jahat banget kaya Moon Lovers (2016), jadi uda bisa dipastikan Raja Lee Chang lengser.

Meski sebel karena tadinya uda dipanah, tapi masih bisa hidup lagi, aku jadi gak paham, ini Rajanya yang digdaya atau Kang San yang manahnya sengaja gak beneran tepat jantungnyam jadi memang sengaja gak mau ngebunuh pakdenya gitu.. Abisnya, uda dipanah, pingsan, dirawat tabib, cuma jeda beberapa hari, uda bisa marah-marah lagi.

Kan gemeeccc rasanya!

The Secret Romantic Guesthouse tentang apa
Si dia yang terlalu bae

Endingnya, aku tebak nih.. Kang San mendapatkan kembali identitas aslinya sebagai anak Raja sekaligus tahta warisan dari sang Ayah, sedangkan saudara tirinya yang baik hati, adek Jung Yoo-Ha bisa mendirikan sekolah. Karena ia bercita-cita ingin mengajar anak-anak miskin yang berkeinginan untuk sekolah.

Mokinahe adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan dunia dimana tempat orang miskin dan rendahan juga bisa bercita-cita dan mencapai tujuan mereka.

Quote Drama The Secret Romantic Guesthouse, 2023

Gimana si Ayang, pemilik penginapan Taman Bunga?
Ya bisa jadi ikutan masuk istana dan meninggalkan penginapan ya.. Jadi ratu gitu?

Heheh, kaya di Drama Bloody Heart (2022) juga bisa kan anak bangsawan masuk istana asalkan kehendak Raja. Apalagi didukung banget nih Kang San ama Ibu Suri, aliasn sang nenek yang memang sedari awal sayang banget sama Kang San namun gak melupakan cucunya yang lain, Jung Yoo-Ha.

Sedangkan ending buat penjaga Kang San yang selama ini punya luka karena membunuh tunangan sang pacar, perlahan bisa menerima keadaan. Gimana pun, tugas penjaga adalah melindungi calon Raja dan berhak membunuh siapa saja yang mengancam keselamatan Raja.

Yeaaay~

Trailer The Secret Romantic Guesthouse (2023)

Cast The Secret Romantic Guesthouse : Shin Ye-Eun, Ryeo Un, Jung Gun-Joo, Kang Hoon

Kenapa judulnya kudu The Secret Romantic Guesthouse sih?
Padahal ceritanya tentang anak raja yang makzul dan mendapatkan kembali posisinya.

Ya, karena semua berawal dan kumpul di penginapan Taman Bunga ini.

Dari mulai tempat melarikan diri Kang San pas anak-anak, yang pertama kali menyelamatkan adalah Yoon Dan-O kecil. HIngga Kang San dewasa, Yoon Dan-O juga yang menutupi identitas Kang San. Jadi penginapan Taman Bunga punya arti yang mendalam sampek jadi judul drama nih..

Dan uniknya karakter kakak adek Yoon Dan-O dan Yoon Hong-Joo, mereka pernah jadi temen sekelas dan musuhan tuh pas di drama He is Psychometric (2019). Takdir mempertemukan mereka lagi dan kudu jadi kaka-ade. Wkkw~

Tertarik nonton drama sageuk yang lumayan menyegarkan?
Cobain Drama The Secret Romantic Guesthouse sebanyak 18 eps di VIU atau Prime Video ya gaiiss..

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

49 pemikiran pada “The Secret Romantic Guesthouse, Misi Menemukan Anak Raja yang Dimakzulkan”

  1. Mbak, aku penasaran deh gimana caranya kamu bisa bagi waktu antara nonton film, drama, nulis review dan berkegiatan lainnya? Karena kalau aku pasti ambyar sih sekali nonton drama nggak mau lepas sampe selesai! hahaha… Anw, nice review, jadi pengen langgganan viu kan jadinya wkwk

    Balas
  2. Cerita diulur itu bisa. Apalagi ini masiha da unsur misteri juga ya, jadi lika-liku perlu. Tapi kalau terlalu diulur sampai episode 7 baru ada hilal, riskan juga. Jangan sampai penonton bosan dan tidak lanjut nonton. karena kesabaran itu… perlu perjuangan juga hehehe.

    Balas
  3. Yaaah dibocorin deh alur ceritanya plus bocoran endingnya wkwj. Jd ga seru deh. Wkwk. Tp emang episode 7 tuh biasanya selalu ada kejutan. Yg sering tuh biasanya ada adegan kissing. Wkwk. Ntr paling seru lg ada plot twist di episode 13.

    tp penasaran jg sih mau lihat sndiri film ini.

    Balas
  4. Kasaknya visual yang main di drama ini bikin adem mata, walau keberadaan si putra raja lama benar kelihatan hilalnya.
    Kudu masuk list tontonan ini, hahaha

    Balas
  5. Pengen juga iih nonton drama sageuk. Seneng sama fashion, tata rambut, sama interior istananya sih aku. Haha…
    Pas banget ada Prime Video nih. Cari aaah…
    Satu-satunya jadul yg berkesan ya Jewel in the Palace, sampai bela-belain pulang cepet dari kantor. Trus beli bajakannya dong…

    Balas
  6. wah nambah lagi niy teh Lendy drama Korea yang mau saya tonton, kalau udah Teh Lendy yang rekomendasi pasti filmnya bagus bagus yang sudah sudah sih, dan sering banget lihat cuplikannya di toktok makin penasaran lah

    Balas
  7. eh ini yang perempuan yang main di The Glory kan ya? actingnya keren banget sih sampe sebel haha. banyak nih yang rekomenin drama ini katanya bagus. tp aku kurang sreg sih sama drama yang sejarah2 gtu hehe tp bolehlah kalo lagi bosen ntn drama yang itu2 aja

    Balas
  8. aku dong baru nonton 2 episode nya drakor ini, hahaha. asli banyak banget yang bagus kan bulan april-mei jadinya yang satu belum beres udah muncul yang baru. tapi jalan ceritanya si drakor ini di awal episode udah bagus sih, cuman pas mau masuk eps 3 agak melambat gitu, jadi aku skip. apa aku mau nerusin? maybe sambil setrikaan, hehehe

    Balas
  9. Kelebihan drama Sageuk Korea itu setting-nya dibuat sealami mungkin, jadi kita yang nonton kaya kebawa banget vibe oldistnya. I guess Kan San happy ending-lah ya, kasian 13 tahun nyari jati diri siapa dirinya.. wkwk

    Balas
  10. Daku melihat cuplikannya ini di Viu, gegara masih bolak balik nonton kang Taxi, hehe.
    Ternyata masih belum kelar ya drakornya ini, terakhir lusa ya

    Balas
  11. Hahahaha kacau memang ini drama, episode 7 baru keliatan hilal siapa anak raja yang hilang selama 13 tahun. Tapi memang overall seru dan wajib dicoba untuk ditonton sih.

    Balas
  12. Baca reviewnya mba Lendy, kerasa bahwa cerita drama ini ribet ya. Tapi asiknya nonton drakor jaman kerajaan jd bisa tahu kehidupan jaman kerajaan di Korea seperti apa..

    Balas
  13. Kalo nonton drama sageuk tuh saya paling suka mengamati dandanan dan model bajunya, lucu dan cantik-cantik gitu. Bener banget nih, kalo drama sageuk memang pace-nya lambat dan konfliknya berlapis-lapis. Hehe…

    Balas
  14. Kisah dalam kenyataan pun begini, anak penguasa yang ortunya dibunuh, dicari caranya supaya lari/dilarikan oleh pengikut setia ortunya. Btw drakor ini juga tentang perebutan 3 penguasa ya, dua saja seru, apalagi 3 ….

    Balas
  15. Lagi-lagi tentang kehidupan istana ya, Mbak Len. Setuju sama pernyataan mbak Lendy kalau urusan istana ini memang ribet. kehidupan yang ada permaisuri dan selir yang penuh intrik menginginkan kekuasaan :3
    Cukup menarik, Mbakkkk

    Balas
  16. kak lendy gercep banget ih. aku nonton on going satu aja masih belum beres, ini udah banyak yang baru lagi. btw aku rada kurang suka drama sageuk karena suka inget kejam-kejam T_T

    Balas
    • Untuk nonton drama sageuk nih aku termasuk yang pemilih, musti sreg di hati. Tapi baca sinopsis sageuk ini jadi pengen nonton mbak. Downlod apliaksi prime video dulu dong hehe

      Balas
  17. Saya suka kalau setingan waktunya jaman kerajaan gini. Lebih seru dan sneng liat kostum dan lokasi shootingnya. Menjelajah waktu dengan nonton yang seperti ini jadinya seru gitu

    Balas
  18. Sepertinya drama saeguk di drakor The Secret Romantic Guesthouse ini tidak begitu berat berat banget ya mbak?
    *menakar-nakar untuk nontonnya juga, hihi
    Tapi kalau baca jalan cerita menemukan anak raja ini sepertinya seru
    Terus lagi, tidak fokus ke bagian percintaan ya mbak? hanya sebagai bumbu-bumbu gitu kan ya?
    *semoga dugaanku benar, heheee

    Balas
  19. Pokoknya kalau memberataskan kemiskinan dengan mengupayakan pendidikan jadi ingat Kartini karena jaman sama jaman kerajaan ningrat .

    Dari sinilah romantic guesthome belajar bahwa pendidikan itu penting .perlu diperjuangkan

    Balas
  20. Aku kalo drama Saeguk juga mesti dpt mood dulu, dan udh harus tamat biar yakin endingnya happy mba 😄. Trus banyak yg rekomenin. Soalnya memang butuh niat kuat dan sabar kalo nonton begini 😂. Belum lagi kalo sadisnya ampun2an hahahaha.

    Menarik sih kayaknya drama ini. Aku mau tunggu sampe tamat dulu yaa, baru mutusin masuk ke waiting list Drakor ku atau cukup baca spoiler 😅.

    Balas
  21. Aku belum nonton Drama The Secret Romantic Guesthouse ini. Belum mood aja dan kalau cerita tentang anak raja, gak jauh-jauh dari masalah tahta. Cuma kok ya agak ribet karena ada saudara tiri. Untung baik ya, hehehe

    Balas
  22. Kenapa banyak drama yang bagus huhuhu. Masuk list dulu ya. Sekarang lagi nonton dokter Cha, dibarengin Kim Bum. Belum lagi nunggu dramanya mbak Yoona. Bingung banyak drama yang keren.

    Balas
  23. Aku nontong loncat2 nih teh… Gak urut… Disini Ryeo Un jadi Kang San ganteng pisaannnn, klo kerajaan hampir sama sih ya cerita2 drakor lainnya rebutan tahta ,, walau alur rada beda sedikit…

    Endingny pasti happy ending dah ketahuan🥰

    Balas
  24. Rasanya perlu perjuangan banget ya, Mbak. Kalau nonton drama bertema kerajaan. Pasti panjang. Intrik dan perang politiknya gak pandang bulu.

    Mau adiknya sendiri pun bisa dilibas demi berkuasa.

    Drama yang bagus nih..

    Balas
  25. Gak bisa…gak bisaa…. Kalo liat Ryeo un malah jadi keinget bapaknya di 18 again, Lee do hyun 🤣🤣
    Aku udah lama gak nonton drama saeguk, otw nonton ini ah. Thank you reviewnya mbak

    Balas
  26. Nonton drama sageuk macam The Secret Romantic Guesthouse ini kalo aku sukanya liat kostum-kostumnya. Hihi. Berasa cakep semua yang pake kostum-kostum kayak gitu 🙂
    Btw meski kesel di awal tapi akhirnya menemukan hal-hal menarik ya setelah nonton drama ini 🙂

    Balas
  27. Udah lama ngga nonton drakor Sageuk setelah The Red Sleeve.
    Seru nonton drakor Sageuk, ceritanya ngga ketebak, konfliknya seru, pasti ada tragisnya.
    Ngga sabar lihat Kang San naik tahta jadi raja menggulingkan pakdenya.

    Balas
  28. Baca artikel ini setelah selesai nonton dramanya. Penasaran pingin lihat reviewnya. Ternyata tebakan Mbak Lendy salah ya… 😅. O iya, secara keseluruhan aku menikmati nonton drama ini. Cuma yg agak mengganggu pemeran rajanya, yg pakdenya Lee Seol terlalu muda buat jadi Pakdenya. Mungkin kalau di-make-up tua gak keliatan ya, na ini cuma dikasih jambang aja, jadi masih kelihatan mudanya.

    Balas

Tinggalkan komentar