The Law Cafe, Tempat Nyaman Minum Kopi Sambil Konsultasi Masalah Hukum

Review dan Sinopsis Drama The Law Cafe (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Cicip drama terbaru Lee Seung Gi bareng Lee Se-Young yang terbaru, kuy~
Dan aku jatuh cinta lagi.

Setelah kemarin jatuh cinta sama Drama Little Women yang diadaptasi dari sebuah novel “Little Women” karya Louisa May Alcott pada tahun 1868, kini jatuh cinta dengan drama The Law Cafe yang diadaptasi dari webcomic “Beobdaero Saranghara” karya penulis No Seung-A dan diilustrasikan oleh Il-Ri dan dipublikasikan di Naver pada 27 September 2019 sampai 4 September 2020.

Webtoon Drama The Law Cafe Sinopsis
webcomic “Beobdaero Saranghara”

Melihat webcomicnya yang romantis, rasanya tergerak menonton drama The Law Cafe yang tayang di VIU setiap hari Senin dan Selasa. Bagaimana review, sinopsis dan kesan pertama nonton drama The Law Cafe?

Simak artikel berikut ini, let’s get it~

Drama Korea The Law Cafe (2022)

Review Sinopsis Drama The Law Cafe
The Law Cafe

Profil Drama

Judul : The Law Cafe / Love by Law
(Beobdaero Saranghara/ 법대로 사랑하라)

Sutradara : Lee Eun-Jin
Penulis Drama : Im Ji Eun, Im Eui Jung
Penulis Webcomic : No Seung-A, Il-Ri

Pemeran Utama Drama The Law Cafe (2022) :

Lee Seung Gi sebagai pengangguran Kim Jung-Ho
Lee Se Young sebagai pengacara Kim Yoo-Ri

Pemeran Pendukung Drama The Law Cafe (2022):

Kim Nam-Hee sebagai Dokter Park Woo-Jin
Ahn Dong-Goo sebagai barista The Law Cafe Seo Eun-Kang
Kim Do-Hoon sebagai penasehat hukum magang Bae Joon
Kim Seul-Gi sebagai Han Se-Yeon
Oh Dong-Min sebagai Do Jin-Ki

Genre : Comedy, Law, Romance

Network : KBS, VIU
Runtime : Senin & Selasa
Episode : 16

Release Date : September 5 – October 25, 2022

Sinopsis Drama The Law Cafe

Suasana persidangan yang menegangkan mewarnai hari pengacara Kim Yoo-Ri. Namun, bukan pengacara Kim Yoo-Ri namanya kalau menyerah meskipun ia tahu peluang untuk menang dalam persidangan kali ini kecil kemungkinannya, karena ia tengah membela para pekerja yang meninggal saat bekerja dan pihak perusahaan tidak mau tanggungjawab atas biaya apapun.

Review Drama The Law Cafe
Sosok gigih pengacara Kim Yoo-Ri

Karakter Lee Se Young sebagai Pengacara Kim Yoo-Ri

Kim Yoo-Ri, seorang pengacara dari law firm ternama. Namun, ia hanya membela para serikat pekerja, sehingga ruangannya di law firm yang ia tempati terletak tersebunyi jauh di belakang kantor yang megah tersebut.

Dan seringnya membela kaum buruh ini, maka sudah bisa dipastikan ia gak bisa memperoleh pendapat untuk law firm yang menaunginya. Meski begitu, semangat dan rasa percaya diri dari Kim Yoo-Ri selalu membara. Kok bisa Kim Yoo-Ri gak mau ambil kasus-kasus holkay yang lebih menguntungkan dirinya?

Sinopsis Drama The Law Cafe
Lee Se Young sebagai Pengacara Kim Yoo-Ri

Ternyata yang melatarbelakangi ia menjadi pengacara membela para serikat pekerja adalah karena Ayah Kim Yoo-Ri dulu pernah mengalami ketidakadilan dalam masalah kecelakaan kerja. Di mata hukum, Ayah Kim Yoo-Ri divonis bersalah dan lalai sehingga menghilangkan nyawa 10 pekerja lainnya termasuk Ayah Kim Yoo-Ri.

Dengan disalahkan begini (apalagi orangnya sudah ikutan meninggal juga), maka perusahaan bisa lepas tangan tidak memberikan kompensasi dalam bentuk apapun kepada keluarga korban. Dan karena kejadian inilah, sosok Kim Yoo-Ri yang waktu itu masih SMA, berjuang keras untuk bisa masuk law school ternama dan menjadi pengacara, agar kasus Ayahnya bisa kembali diselidiki. Meski sebenarnya, ia sudah tau siapa dalang dibalik kejadian naas tersebut.

Ya, perusahaan besar bernama Dohan Construction.

Lalu hubungan ini diwarnai dengan kisah cinta masa putih abu-abu (eh, gak sama dink..seragamnya sama seragam SMA di Indonesya) dengan sosok pria bernama Kim Jung-Ho (Lee Seung Gi). Bagaimana perjalanan persahabatan mereka dari temen jadi demen ini?

Karakter Lee Seung Gi sebagai Pengangguran Kim Jung-Ho

Kim Jung-Ho, pengangguran!
Rasanya sebel gasih, liat cowok hobinya males-malesan. Tiap hari cuma mainan air di kolam plastik sama anjingnya lalu berjemur dan makan dikasih sama tetangganya karena doi gak pernah masak, lalu main kartu sampek malem.

Huff~
Rasanya meng-risih sih yaa..

Tapi edodoee… Jangan salah ngana nuduh Kim Jung-Ho pengangguran yaa… Doi pemilik 2 gedung yang ada di daerah tempat tinggalnya. Dan gedung tersebut disewa-sewain buat usaha. Kaya di lantai 2 tempatnya tinggal, ada praktek dokter psikolog, kaya Ju Young-Do di drama You’re My Spring. Meski penyewanya adalah sepupunya sendiri, hihi~

Prediksi Ending Drama The Law Cafe
Lee Seung Gi sebagai Pengangguran Kim Jung-Ho

Tampilan nyetrik yang selalu pake setelah training sudah menjadi ciri khas Kim Jung-Ho. Hingga suatu hari, datangnya Kim Yoo-Ri untuk menyewa gedung di lantai 1 yang kebetulan memang vacant. Karena sebelumnya digunakan untuk cafe tarot, alias cafe untuk meramal nasib orang gitu.. Di Korea, hal ini masih dipercaya dan populer loo..

Tapi mendadak, sang peramal melarikan diri karena dinilai ruangan di lantai 1 tuh ada hantunya. Soalnya sering muncul suara berdebum langkah kaki yang gak jelas, terus suara decitan kayu, rasanya bikin penghuni lantai 1 ini terganggu dan stres sehingga memutuskan untuk pindah aja deh..

Kalau di cek bunyi itu berasal darimana, ternyata ruangan di lantai 2 gedung tersebut, KOSONG. Jadi….suara apakah itu?

Kisah Cinta Lama Bersemi Kembali

Awalnya, mati-matian tuh..si Kim Jung-Ho melarang Kim Yoo-Ri buat mendirikan usaha Law Cafe-nya itu di gedung tempat mereka dulu semasa SMA tinggal. Namun kegigihan Kim Yoo-Ri akhirnya membuat Kim Jung-Ho nyerah juga. Akhirnya Law Cafe pun resmi dibuka di lantai satu gedung milik Kim Jung-Ho dengan sejuta syarat.

Salah satunya adalah antara pihak penyewa dan landlord tidak boleh saling menganggu kehidupan masing-masing. Namun, belum aja ada semenit, Kim Jung-Ho kayak cacing kepanasan liat pegawai barunya Kim Yoo-Ri yang diwawancara. Dari mulai barista cafe yang mantan narapidana, namun jago banget menyeduh kopi hingga membuat Kim Jung-Ho terpukau sampai pengacara junior yang direkrutnya karena dari almamater yang sama dengannya, Sekolah Hukum Hankuk University.

The Law Cafe Review Lee Seung Gi
Barista ganteng mantan narapidana

Lalu, kasus pertama Kim Yoo-Ri datang. Seseorang pasien dari Pak Dokter tetangga meminta nasehat hukum karena selama ini ia merasa terganggu dengan keributan di apartemennya. Suara-suara yang sering terdengar dari mulai kehebohan tetangga, suara anak kecil menangis hingga suara “kehidupan” orang lain yang gak perlu ia dengar, selalu terdengar dari kamar apartemennya.

Merasa terganggu, Kim Yoo-Ri berniat membantu kliennya untuk menuntut ganti rugi atas keributan yang ditimbulkan para tetangganya. Namun nyatanya, sumber suara itu gak pernah ditemukan dari mana asalnya.

Waw!
Apakah ini akan menjadi drama horor?

Hahaha, tentu tydack, gengs.
Jadi, masalah suara ini ternyata masalah konstruksi dari si apartemen itu sendiri. Sehingga yang harus disalahkan adalah pihak kontraktornya. Dan ternyata terhubung dengn Dohan Construction.

Bagaimana akhirnya permasalahan ini bisa dihadapi Kim Yoo-Ri yang memiliki dendam sekaligus trauma yang mendalam dengan Dohan Construction. Akankah ia bisa mencari tau penyebab kematian Ayahnya dan kembali menuntut keadilan?

Bakalan seru sih ini, gengs~

Kesan Nonton Drama The Law Cafe (2022)

Suka donk..
Dari baca sinopsisnya pas bikin list drama Korea September 2022, aku langsung ngecengin VIU buat nonton on-going drama ini. Sebagai penikmat genre thriller, rasanya kangen juga Lee Seung Gi akting bucin kaya zaman debut dulu, di drama Brilliant Legacy atau My Girlfriend is Gumiho.

Baca juga:
Mengapa Lee Seung Gi Disebut Kang Geprek? – Review Drama Mouse

Rekomendasi drakor CLBK
The Law Cafe, masa SMA

Dan bener kata Jiah, drama The Law Cafe ada sisi-sisi dimana sang karakter utamanya mengutarakan isi hatinya seperti sedang shooting dokumenter dalam drama Our Beloved Summer dan kisahnya pun sama-sama pernah menjalin hubungan sebelumnya lalu putus.

Alasan putusnya?
Kalau di drama The Law Cafe ini, karena Kim Jung-Ho sadar kalau gak boleh memiliki hubungan khusus dengan Kim Yoo-Ri karena Ayahnya seorang jaksa yang memvonis perkara dan hukuman dalam kasus Ayah Kim Yoo-Ri. Merasa sangat malu dengan perbuatan sang Ayah, akhirnya Kim Jung-Ho yang tadinya juga seorang jaksa, memilih untuk mengundurkan diri dan menjadi pengangguran.

Lee Seung Gi Lee Se Young The Law Cafe

Baik Kim Jung-Ho dan Kim Yoo-Ri pernah berteman selama 17 tahun, dari SMA hingga kuliah dan menempuh ujian bareng. Terus Kim Jung-Ho minta putus pas Kim Yoo-Ri lagi sayang-sayangnya. Alasannya sih, karena saking sayangnya sama Kim Yoo-Ri, Kim Jung-Ho memilih untuk menjauh dari kehidupan Kim Yoo-Ri dan menjadi landlord aja deh.. Sembari hidup sederhana alias apa adanya.

Dan ketika Kim Yoo-Ri hadir kembali ke kehidupan Kim Jung-Ho, panik doonk..
Jadi dia suka ngadi-ngadi cari alesan biar bisa ketemu dan melindungi Kim Yoo-Ri lagi. Uhuuii~

Lesson Learn Drama The Law Cafe (2022)

Kompetensi Seorang Pengacara

Kompetensi seorang pengacara dinilai dari kemampuannya dalam menyelesaikan masalah klien.

Pengacara yang kompeten menyelesaikan masalah sebelum ke pengadilan.

Quote Drama The Law Cafe
Sinopsis Alur The Law Cafe

Alasan Mendirikan Law Cafe Ketimbang Firma Hukum

Kalau dipikir-pikir, emang lucu juga sih.. Bianya orang mendirikan kantor badan hukum dan di dalamnya ada mesin kopi mewah yang bisa menyeduh kopi instan yang enak. Lalu kenapa konsepnya jadi dibalik dan susah-susah buka bisnis cafe?

Ternyata alasan Kim Yoo-Ri membuka cafe adalah karena di saat keadaan tidak berjalan lancar atau ada orang yang kesulitan secara emosional, mereka biasanya akan menemui peramal atau psikolog dan membicarakan kekahawatiran mereka. Namun alangkah baiknya jika ada seorang pengacara di tengah-tengah mereka.

Karena, yang aku tahu berdasarkan pengalaman hidup, hidup bisa hancur dalam sesaat.

Quote Drama The Law Cafe

Pentingnya Belajar Hukum

Karena kejadian sang Ayah semasa Kim Yoo-Ri SMA dulu dan ia sama sekali gak mampu berbuat apa-apa, maka dari itu ia memutuskan untuk belajar hukum. Setelah itu, Kim Yoo-Ri mengabdikan dirinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan penyelesaian hukum.

Aku tahu aku tidak bisa mengubah apapun pada hari itu, tapi aku menyadari sesuatu setelah belajar hukum.
Aku sadar, banyak melewatkan kesempatan bahkan sebelum sidah dimulai.

Quote Drama The Law Cafe
The Law Cafe review
Kim Jung-Ho dan Kim Yoo-Ri, masa sekolah di Law School

Apa yang terasa sulit dalam hidup selain hidup itu sendiri?
Yang membuatnya bertahan adalah harapan dan keyakinan.

Quote Drama The Law Cafe

Persidangan bukan soal menarik kesimpulan yang tepat, tapi mengikuti prosedur yang tepat.

Quote Drama The Law Cafe

Kemarahan yang Menjadi Energi Positif

Kagum banget sama karakter Kim Yoo-Ri. Meskipun suka satset yang terkadang sering dinilai ceroboh oleh Kim Jung-Ho, tapi sebenarnya ia perempuan yang sangat rasional. Sampai bisa memberikan energi positif untuk balas dendam kematian Ayahnya dengan terus belajar hukum dan menyelidikinya dari awal.

Kamu akan marah pada dunia saat mengalami kemalangan, tapi penting mengingat apa yang membuatmu marah.
Saat mengalami kemalangan, kamu harus tetap fokus agar tidak salah dalam melampiaskan kemarahan. Dan jangan melampiaskan kemarahan kepada hal yang salah seperti seorang pengecut!

Quote Drama The Law Cafe

Trailer Drama The Law Cafe

Gimana…gimana..
Cukup menarik kan.. drama The Law Cafe untuk ditonton setiap hari Senin dan Selasa di VIU?

Sejujurnya, sedari awal aku uda suka banget sama Lee Se Young sejak di drama A Korean Odyssey yang dia jadi Jombi. Rasanya, doi pinter banget delivered feeling ke penonton gitu.. Seperti di drama sebelumnya, The Red Sleeve pun sukses membuat penonton nge-shipperin hubungan Raja dan selir ini.

Dan kali ini di drama The Law Cafe, tentu aku sangat berharap dengan chemistry Lee Se Young dengan Lee Seung Gi yang sebelumnya uda pernah ketemu di drama A Korean Odyssey. Hihii~ Yang nonton drama ini setuju donk.. kalo hubungan mereka dulu tuh kocak banget!

Semoga ending drama The Law Cafe seperti harapan kita semua yaa ges yaa..

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

56 pemikiran pada “The Law Cafe, Tempat Nyaman Minum Kopi Sambil Konsultasi Masalah Hukum”

  1. Baru kemaren nyari2 drama Lee Seung Gi, ternyata ada The Law cafe yg teranyar. Semoga mata betah ngikutin episodenya. Makasih referensinya mba Lendy.

    Balas
  2. Waduh Lee Seung-Gi, sejak jatuh cinta pada aktingnya di My Girlfriend is Gumiho, saya nonton hampir semua dramanya
    Mungkin karena selektif, peringkat dramanya selalu bagus

    termasuk sekarang, apalagi tandem bareng Lee Se-Young, ratingnya sekitar 6-7 persen dong

    Balas
  3. Kim Yoo-Ri, langsung salut ama pengacara muda, yang mau menerima dan memberikan pembelaan pada kasus-kasus “yang nggak ada uangnya”.

    Konsep law of cafenya unik juga ya, bagus nih kalau ada di dunia nyata

    Balas
    • Cerita dramanya sepertinya romance yang bakal penonton mengikuti ekspresi yang disuguhkan pemerannya ya mba. Atau sukses ikutan ngelamunin tempat ngopi di cafe kenangan sembari nonton.

      Balas
  4. Unik juga tipikal ceritanya. Apalagi melibatkan cerita lama ke masa kini yang tak sengaja menghubungkan 2 orang kembali. Belakangan topik hukum bertaburan di drakor ya Len dengan karakter-karakter dan penokohan yang juga unik.

    Terus terang Lee Seung-gi gak masuk dalam deretan aktor favoritku. Jadi aku hampir ga pernah nonton film atau dramanya. Sekalinya nonton, hanya 2 episode, dia main sama Bae Suzy. Lupa nama dramanya.

    Balas
  5. Oalah pengangguran tadinya jaksa ternyata, mana punya 2 gedung yang disewakan pula. Itu mah berpassive income ahahaha. Tapi salut juga alasannya mundur jadi jaksa. Terus salut sama Kim Yoo-Ri yang berpihak ke masyarakat kalangan buruh si. Aku penasaran mau nonton. Tapi masih on going ya teh, aku gak suka nungguin lanjutannya tiap minggu soalnya. Pengen yang maraton gitu nontonnya. Nunggu tamat dulu ah hehe

    Balas
    • Idem kak,
      Kalau marathon lebih cepat untuk diselesaikan dan balik lagi buat ditonton ulang, apalagi pas momen yang disuka, diulang terus sampe tetep gak bosen
      #dakubangetsihitu 😁

      Balas
  6. Ini drama masih asing buat saya. Meski mungkin dinanti sama yg lain, saya masih celingak-celinguk. Selalu review dari blog ini yg bikin saya mulai mengerti semua jalan cerita. Meski ujungnya banyak juga yg dibuat penasaran hehehe

    Balas
  7. Drama yang nyerempet-nyerempet hukum selalu bikin penasaran yah. Tapi ada juga sih yg alurnya lambat dan bosen. Kayaknya The Law Cafe mah engga yah…Ada bau-bau thriller yah

    Balas
    • Uniknya ini ada soal cafe nya juga ya kak.
      Mungkin kalau ada masalah bisa sejenak relaksasi di cafe lalu sambil Konsul ke pengacara, biar ngobrolnya lebih santai karena kalau bahas hukum kan berat ya

      Balas
  8. Ngomongin Lee Seung Gi, rasanya belum bisa move on dari akting apiknya di Vagabond, tapi karena ditunggu-tunggu Vagabond 2 ga muncul-muncul, sepertinya nonton dulu aja The Law Cafe untuk melihat Lee Seung Gi dari sisi lain selain aksi kerennya yang berdarah-darah seperti di Vagabond

    Balas
  9. O iya baru ingat ini mereka drama reunian ya jadinya. Jadi apakah kim yoo Ri ini bikin sambilan buka Cafe gitu ya selain jadi pengacara di firma hukum? Padahal dia jarang menang ya kok firma hukumnya tetap mempertahankan?

    Balas
  10. Waaah ada Lee Seung Gi, pasti seru deh. Kayak drama petualangan aja nih. Jadi pengen nonton tiap episode. Apalagi banyak permasalah bermunculan, mulai dari pendirian cafe, lalu mengangkat bariesta yang mantan napi, hingga kasus-kasus hukum yang penyelesaiannya di cafe tersebut hingga drama percintaan yang bikin emosi, pasti makin penasaran dengan endingnya ya

    Balas
  11. Pengacara spt Kim yoo Ri dibutuhkan di negeri ini seperti pengacara alm brig J yaitu pak simanjuntak.

    Banyak ketidak adilan di negeri ini, hukum yg tajam ke bawah tumpul keatas. Gemess dg p3mbebqsan bersyarat para koruptor jugaa….

    Balas
  12. Hebat sih buat siapapun yang mengubah rasa marah menjadi sesuatu yang positif. Jadi semacam motivasi kuat untuk melakukan perubahan ke arah baik, ya

    Balas
  13. wah seperti biasa, enak banget baca review drakor di blog ini. bikin pengen nonton drakor ongoing kan xD apalagi aku belakangan ini lagi nontonin drakor2 pengacara, pengadilan, kejaksaan ya tetep ada kisah cinta dan moral story jg sih ^^

    Balas
  14. Ooohhh Lee Seung Gi, kangen bet dah. Iya masih inget jaman Brilliant Legacy sama Gumiho soo kiyowo. Ohhh di viu nontonnya cus ahhh. Penasaran liat yang nganggur bae eh punya dua gedung ekekek

    Balas
  15. Pengen banget kayak orang-orang update terus soal perdrakoran haha tapi apalah daya susah banget konsisten sama series yang tayangnya jadwalan gitu. 🙁

    Balas
  16. Trims review nya mbak. Aku butuh yang baru untuk move on dari My Beloved Summer yang sampai sekarang OST nya masih diputar tiap hari 😊

    Kangen sama Lee Se Young (jatuh hati saat di Doctor John) dan senang karena dia terus dapat drama dengan cerita yang menarik.

    Balas
  17. Sudah masuk list tontonan dong tentunyaahh. Lee Seung Gi nggak boleh kelewatan! Aku lihat spoiler tipis-tipis dari medsos aja udah gemes dan baper. Hihi, tapi biyasaa nunggu banyakan dikit lah episodenya. Penasaran juga sama akting Lee Se Young di sini, sebelumnya nonton dr.John dan Red Sleeve dia kan melow-melow gitu perannya.

    Balas
  18. Teh Lendy.. udah lama banget saya gak ngedrakor.. begitu pula nonton film. Huhuhu. Lagi sibut dengan berbagai urusan di dunia nyata. Eh tapi mengapa itu foto pembukanya uwuwuwu sekali? Kan..kan..jadi penasaran deh pengen nonton~

    Balas
  19. Tema hukum mulai rame ya di drakor belakangan ini, apalagi drakor terbaru yang dibahas mb Lendy, kalo beneran ada cafe hukum gini pasti betah ngobrolin hukum dan berasa gak rumit, halaah wkwkw

    Balas
  20. Sosok Kim Jung-Ho ini keren ya. Sangat berprinsip. Tapi ya namanya jodoh di dunia fiksi akan selalu mudah untuk kembali pada cinta lama. Dan engga tahu kenapa yang begini sering ditungguin penonton.

    Balas

Tinggalkan komentar