The Pirates (2014): Awal Joseon Era, Perompak, dan Ikan Paus

Film Korea The Pirates (2014) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Sejak nonton trailer The Pirates 2 yang tayang di beberapa platform media sosial, termasuk di IG SM Entertainment (agensi tempat my ultimate idol bernaung, Super Junior, EXO dan NCT), aku jadi penasaran nonton Film Korea The Pirates season 1 yang diperankan oleh Kim Nam Gil ((yang kemarin baru aja aku tulis review dan sinopsis drama terbarunya yang berjudul Through the Darkness)) dan Son Ye Jin ((iya, si Yoon Se Ri eonni, Crash Landing on You)).

Film The Pirates ini tergolong film sageuk comedy, dijamin bagi yang anti-sageuk karena selalu berakhir tragis ((seperti ending drama The Red Sleeve Cuff atau Moon Lovers, again!)), bakalan suka sama film yang satu ini.

Gimana keseruan petualangan Kim Nam Gil sebagai bandit dan chemistrynya bersama Son Ye Jin sebagai ketua geng perompak? Apa hayo…bedanya bandit dan perompak? Simak di review dan sinopsis Film The Pirates berikut ini. Let’s get it~

Film Korea The Pirates (2014)

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Poster KMovie The Pirates

Profil Film

Judul : The Pirates
(Haejuk: Badaro Gan Sanjuk/ 해적: 바다로 간 산적)

Director : Lee Suk-Hoon (Confidential Assignment 2: International)
Penulis Film : Chun Sung-Il, Lee Suk-Hoon, Choi Lee-Young (L.U.C.A.: The Beginning, The Pirates 2)

Pemeran Film The Pirates (2014) :

Kim Nam-Gil sebagai Jang Sa-Jung
Son Ye-Jin sebagai Yeo-Wol
Yu Hae-Jin sebagai Chul-Bong
Lee Kyoung-Young sebagai So-Ma
Kim Tae-Woo sebagai Mo Hong-Gab

Genre : Drama, Action, Adventure, Historical, Comedy, Fantasy
Release Date : August 6, 2014
Runtime : 130 minutes

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5

Sinopsis Film The Pirates (2014)

Film The Pirates bersetting akhir era Goryeo, dimana masa itu, Goryeo masih sangat bergantung sekali dengan China dan menjadi wilayah bagian kekuasaan Dinasti Ming. Karena akan memiliki sebuah negara baru, maka oleh Pemerintah Dinasti Ming, diberilah stempel Kerajaan dan diberi nama Joseon.

Utusan dari Goryeo ini dengan senang hati menerima hadiah nama Kerajaan baru beserta banyak barang mewah yang diberikan oleh Pemerintah Dinasti Ming lalu bersegera kembali ke Ibukota Goryeo saat itu untuk menyampaikan kabar gembira ini.

Stempel Kerajaan Dimakan Ikan Paus

Karena saat itu sedang waktunya paus bermigrasi, maka cuaca di lautan pun bergelombang hebat. Kapal Kerajaan yang kokoh pun tak kuat menahan ombak yang kencang, angin dan migrasi paus. Saat Kapal Kerajaan mengarungi laut, kok ndilalah pausnya berenang ke arah Kapal Kerajaan sehingga membuat kapal tersebut hilang keseimbangan dan patah menjadi dua.

Pergulatan hebat antara Kapal Kerajaan dan paus ini mengakibatkan sang paus panik, manusia juga. Lalu semua barang termasuk stempel kerajaan yang mengapung di lautan malah masuk ke perut paus dewasa. Huuhuu… panik banget sang utusan kerajaan ini, sehingga ia melemparkan tombak bendera Kerajaan dan menancap di badan ikan paus dewasa tersebut.

Karakter Kim Nam Gil sebagai Jang Sa-Jung (bandit)

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Kim Nam Gil sebagai Jang Sa-Jung

Di lain tempat, adalah seorang pria yang merupakan tentara Goryeo yang sedang berjaga di perbatasan. Dan atas perintah atasannya, daerah ini akan mengadakan kudeta agar memperoleh posisi yang mapan di Kerajaan ((FYI, gak enak banget disuruh jaga di daerah perbatasan ini, karena nyawa-lah taruhannya)).

Namun, Jang Sa-Jung (Kim Nam Gil) menolak dengan tegas dan berkata,

Daripada menjadi seorang pengkhianat Raja, aku lebih baik menjadi bandit.

Jang Sa Jung, Quote Film The Pirates

Jang Sa Jung dengan berani menyatakan dirinya keluar dari pasukan Kerajaan dan menjadi bandit. Usahanya tentu saja tidak mulus, ia dihalangi oleh seorang prajurit tangan kanan Raja yang setia. Ia bersiap membunuh Jang Sa Jung dan tidak berhasil. Alhasil, Mo Hong-Gab (Kim Tae-Woo) sendiri yang terluka akibat duel satu lawan satu dengan Jang Sa Jung.

Petualangan Jang Sa Jung

Setelah kejadian itu, Jang Sa Jung hidup sebagai bandit. Pengertian bandit di sini adalah seorang perampok di daratan. Ia bisa merampok pedagang, saudagar atau orang-orang kaya yang sedang melewati hutan kekuasaan mereka. Namun karena mungkin gak bakat jadi orang jahat, usahanya seringkali gagal.

Hhahaa…di sini scenenya konyol banget sik… Jang Sa Jung gak pernah sama sekali mendapatkan barang curian, namun pengikut setianya tetap dengan taktik pencurian lawas. Kaya kasih-kasih kode dengan biksu yang mukulin kentongan, lalu Jang Sa Jung muncul bergelantungan di pohon dan nanti pengikutnya mendadak mengepung target pencurian mereka.

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Tadinya seorang perompak, lalu karena sering mabuk laut, akhirnya bergabung dengan tim Jang Sa Jung menjadi bandit

Pada akhirnya, harapan kembali muncul saat mendengar desas-desus bahwa Raja tengah kelimpungan mencari stempel kerajaan yang tertelan oleh Ikan paus. Maka diutuslah tentara kerajaan untuk mengambil stempel Kerajaan tersebut.

Kembali menggunakan taktik geje, Jang Sa Jung merencanakan mengambil stempel kerajaan terlebih dahulu, sehingga nanti begitu diserahkan ke kerajaan, maka ia mendapat imbalan yang besar.

Harapannya sih begitu yaa…
Apakah Jang Sa Jung berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan?

Karakter Son Ye Jin sebagai Yeo-Wol

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Son Ye Jin sebagai Yeo-Wol

Yeo Wol (Son Ye Jin) adalah seorang pemimpin geng perompak di laut. Kalau bandit memiliki wilayah kekuasaan di darat, sedangkan perompak memiliki wilayah kekuasaan di laut. Kalau zaman sekarang, sebutan perompak ini lebih dikenal dengan bajak laut yaa..

Dan kerjaannya sama dengan bandit. Sama-sama mengambil kekayaan orang-orang kaya yang sedang berlayar. Dengan menjual emas hasil curian, mereka, para perompak ini bisa hidup foya-foya.

Hanya ada 2 akhir dari kehidupan sang perompak. Menjad makanan ikan atau mati di laut yang dingin.

So Ma, Quote Film The Pirates

Ya, geng perompak Yeo-Wol ini terpecah dari geng inti yang didirikan Pak So Ma. Karena perpecahan inilah, Pak So Ma menyimpan dendam dengan Yeo-Wol, yang istilahnya adalah anak didiknya sendiri. Meski wanita, Yeo-Wol berhasil menaklukkan perang sengit antar geng perompak yang lain.

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Pemimpin perompak, Yeo-Wol yang gagah berani

Bekerjasama, Perompak & Bandit

Ternyata, informasi mengenai stempel kerajaan yang diketahui juga oleh para perompak. Bahkan, perompak ini didaulat langsung oleh tentara Kerajaan yang menghilangkan stempel kerajaan. Yampuun… makin ruwet yaa..

Intinya, awalnya si Jang Sa Jung gak paham sama sekali tentang laut. Bahkan ia gak tau tuh, segede apa yang namanya ikan paus. Ia pikir segede jari yang bisa ditangkep terus dibuang gitu aja. Namun, setelah melihat sendiri, ia jadi pengsan, shock banget saking gedenya.

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Kiyuut begini pausnya..?!?

Berhasilkah Jang Sa Jung bekerjasama dengan Yeo-Wol melindungi ikan paus yang mereka anggap sebagai utusan dewa laut, namun tetap mendapatkan stempel kerajaan?

Kesan Menonton Film The Pirates (2014)

Aselik, filmnya panjang banget durasinya.
130 menit dan ini bikin aku gak kuat juga… Jadi pas nonton aku jeda-jeda. Seru sih… Tapi 2 jam lebih nonton di saat di rumah sedang ada mertua tuh… sungkan, bebh!

Review dan sinopsis ending Film The Pirates (2014). Pemeran: Kim Nam-Gil, Son Ye-Jin, Lee Yi-Kyung, Sulli. Cannes Film Festival 2014. Joseon Dynasty, Whale
Aksi Yeo-Wol dalam bertarung di Film The Pirates

Film The Pirates ini lucu. BANGET.
Melihat akting Kim Nam Gil di drama terbarunya, Through the Darkness dan di Film The Pirates ini, rasanya sangat bertolak belakang. Yang paling lucu pas Jang Sa-Jung dan Yeo-Wol do borgol bareng. Namanya cowok kan uda mesum aja pikirannya yaa.. Dan ceweknya masih menunjukkan sisi perompak yang galak dan tangguh. Jadi merasa gak tergoda.

Ending Film The Pirates (2014)

Endingnya mereka saling suka kok.
Ihiiy~
Karakter Son Ye Jin di sini masih sepolos di Film Spellbound.

Dan di Film The Pirates ini ada aktor ternama lainnya, seperti alm. Sulli dan Lee Yi-Kyung. Jadi kebayang gimana The Pirates 2 yang sudah tayang di Korea pada 26 Januari 2022.

Lesson Learn Film Korea The Pirates (2014)

Makna Sebuah Negara, Joseon

Joseon, bukan hanya nama yang indah, tapi juga berasal dari sejarah.

Quote Film The Pirates

Menghargai tanah air dan pemimpin negeri, siapapun yang memimpin, itulah tugas rakyat. Salut banget sama pendirian Jang Sa-Jung saat berani memilih untuk keluar sebagai tentara kerajaan dan menjadi bandit.

Cara Berenang di Laut

Dari Film The Pirates ini, aku jadi dapet ilmu berenang di laut, yakni

Berenang di laut tidak sama dengan berenang di danau.
Ikuti arus seperti ular di atas batu.

Jika melawan arus, maka kau akan mat
i.

Quote Film The Pirates

Belajar dari para perompak yang tangguh di laut, saat mengdang laut yang luas dan dalam, maka berenang yang dilakukan adalah dengan mengikuti arus, bukan dengan melawan arus.

Menghormati Alam di Manapun Kita Berada

Belajar banget dari Film The Pirates yang sangat menghormati alam. Para bandit yang tugasnya menjaga daratan dan para perompak yang menjaga lautan.

Apa kita harus melindungi negara?
Raja dan bangsawan yang pertama kali kabur paling depan ketika ada musuh yang menyerang.
..dan mereka menawarkan anak kecil untuk menjadi budak dan kasim.
Mereka menagih rakyat dengan pajak yang tinggi
.

Ketimbang membela negara yang seperti itu, aku lebih memilih melindungi orang yang kucintai.

Yeo-Wol, Quote Film The Pirates

Meski gak percaya dengan Pemerintah, tapi para perompak tidak demo gila-gilaan yang makan korban. Mereka cenderung memilih jalan yang berbeda, yakni dengan menjadi perompak dan melindungi laut.

Melindungi dan Menyelamatkan Orang yang Dicintai

Review dan sinopsis Film The Pirates (2014) yang diperankan oleh Kim Nam Gil dan Son Ye Jin.
Perompak VS Bandit

Meskipun aku tidak bisa menyelamatkan dunia, paling tidak pria haruslah melindungi orang yang dicintai.

Jang Sa-Jung, Quote Film The Pirates

Memang yah..
Jadi laki tuh kudu jelas arahnya. Meski mencintai wanita yang kuat, tetaplah laki itu seorang pemimpin di keluarga yang menentukan arah dan tujuan sebuah keluarga.

Ahhaaaii~
Ngomongnya jauh amat yaak..

Recommended movie, bagi yang suka film kocak dengan setting lawas. Dan kalau aku lihat, efek Computer Generated Imagery (CGI) nya juga uda oke banget. Jadi gak salah kalau Film The Pirates diputar di Cannes Film Festival pada tahun 2014.

Trailer Film Korea The Pirates (2014)

Sudah nonton The Pirates 1, bersiap nonton The Pirates 2 yuk..
Pemainnya kece-kece parah sih.. Kaya Kang Ha-Neul, Han Hyo-Joo, Lee Kwang-Soo, Kwon Sang-Woo, Chae Soo-Bin, Oh Sehun, Kim Sung-Oh, Park Ji-Hwan, Jo Sung-Joon, dan Ha Young-Jin.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

68 pemikiran pada “The Pirates (2014): Awal Joseon Era, Perompak, dan Ikan Paus”

  1. Pas banget kak, aq lagi nyari referensi tontonan Minggu ini. Btw sebenernya udah beberapa minggu aq gak nonton drakor, kayaknya terakhir nonton di bulan Desember deh. Hihi

    Balas
  2. Kupikir ini film tentang sejarah, eh malah jadi kayak film komedi karena banyak adegan lucunya. Film2 ringan seperti ini emang cocok banget buat hiburan. Apalagi selepas penat kerjaan. Durasinya juga mayan, cuma 2 jam drpd menghabiskan beberapa episode yang harus ditonton lebih dari satu/dua harian.

    Penasaran banget dengan akhir ceritanya ya kak. Apakah stempelnya ditemukan?

    Balas
  3. Babang Nam Gil kalau udah pakai pakaian tradisi gitu mah kesemsem lihatnya. Apalagi rambutnya, kece. Jadi Bidam aja daku gak bisa move on buat melupakannya haha

    Balas
  4. Kepoo dan penasaran ketemukah stempel kerajaan?

    So sweet banget “Meskipun tidak bisa menyelamatkan dunia tapi seorang pria harus menyelamatkan orang yang di cintai uhuuiiii banget” tapi memang bener laki-laki harus punya arah tujuan dan ketegasan.

    Balas
  5. beda banget mba ini se re eonni disini sama yang di crash landing on you. penasaran sama aktingnya. ini film vibesnya agak kaya pirate carribean gak sih teh ?
    btw teh gak mau kasih tau kah ini stempel di temukan tidak yah ?

    Balas
  6. Ikhhhh teteh aku jadi ga sabar pengen nonton soalnya penasaran ama actingnya so ye jin main film genre begini. Soalnya baru kali ini kayaknya dia maen genre ini ya? Aku jadi tahu bedanya perompak ama bandit. Aku sangka sama aja hihihi 😂

    Balas
  7. Baca sinopsisnya saja sudah suka ya apalagi nonton langsung. Film yang lucu banget. Membayangkan hampir 2 jam nonton film ini, tawa sendiri tanpa gangguan, asyik banget. Persiapannya cemilan, kopi dan HP di sillent supaya tidak diganggu,hiks

    Balas
  8. Baca tulisan Lendy aja udah kebayang lucunya.
    Penjahat yang gak berbakat untuk bertindak jahat….hahaha, ngenes atau malah bagus sih?
    Gak ngerti ikan paus segede apa….dulu belum ada tayangan national geography atau flora fauna sih yaaa.. 😀

    Balas
  9. Lhoo ada oppa Nam Gil di siniiiiii kyaaa, aku auto liat instagramnya wkwkwk lama ga lihat doii di drama huhu.. Kak Lendy kenapa ulasannya bikin racunn teruss ihhh

    Balas
  10. Drama saeguk komedi yang bisa bikin anti-saeguk juga keketawaan ya ini. Kebayang sih lucunya pas Jung Sa Jung (CMIIW kalo aku salah nulis nama karakter saking nama Korea suka bikin khilaf) ini akhirnya ketemu Paus yang gede. Ahahaha.

    Balas
  11. Aaaaaaa. selalu suka kalau Mba Lendy review film-film sama drakor. Seru bacanya! Segala ngebayangin pura-pura pegang sapu sambil ngintip-ngintip nonton karena ada mertua. Wkwkw. Tapi cerita sampe yang ketelen paus ituu, baca reviewnya aja udah seru sendiri. Cocok, Mba Lendy dinobatin ratu racun film sama drakor sih ini! Hahah

    Balas
  12. hehehe… ya ampun, Jang Sa Jung ini nekad jadi bandit tapi gagal terus merampok orang, lihat ikan paus langsung pengsan. Emang beneran nggak bakat jadi orang jahat ya. Eh, untuk melakukan kejahatan emang perlu bakat?

    Balas
  13. Perompak bajak laut yaa tehleend. Aku membaca ada yg suka2an neeeh hihiy.
    Jaga di perbatasan bener2 mencekam deh aku ngebayanginnya, nyawa taruhannya banget. Apalagi klo yg kayak lautan gitu, huaa. Baru ngeh ternyata ini film, brb cekcek ah, hanupiiiis teh 🙂

    Balas
    • Keceh banget ya itu quotesnya Sa-Jung, melindungi orang yg dicintai. Ah cakeeeep..
      oh ada pirates 2 nya di tahun ini yaa, udah keluar ya januariii.. klo langsung nongton yg langsung kedua, krik krrrrik nggak sih teh? hihi

      Balas
  14. aksi ayang bebnya si oppa hayun Bin di sini keren, aku suka. aku juga suks melihat setiap ekspresi wajahnya son ye jin sin. aktris satu ini emnag bisa banyak akting dan genre film/drama ya mba. aku juga suka itu, sama si partnernya hyun bin di film apa yah duh lupa yang dia berperan sebagai agen mata2 eh tentara dari Korea Utara, hehehe

    Balas
  15. Kalau diputar di Cannes Film Festival 2014 pasti keren nih teknik CGI-nya The Pirates! Kebayang juga gimana ceritanya yang penuh makna. jadi mesti 130 menit bakal betah dah nontonnya…Meski kayaknya di pause juga – bukan karena ada mertua – tapi ngemil dulu atau ngeteh gitu 🙂

    Balas
    • Nonton film ni dimana platform apa mbak? Jqdi penasaran soalnya ada abang Kim Nam Gil aku teringat drakor terakhir yg aku tonton tih yg dia main jqdi ahli akupuntur di jaman Josoen tu lo, lupa deh judulnya. Jasi pengej nostaligia kangen2qn ama abang ganteng heheh

      Balas
  16. Aku suka dengan akting Kim Nam Gil, lucu meskipun ceritanya kadang serius tapi selalu sukses menyelipkan akting lucu hahaha, btw ceritanya keren juga ya jadi pingin nonton tapi baca durasinya yang lumayan panjang jadi agak ragu soalnya harus menyediakan waktu luang spesial buat nontonnya. Tapi kalau ada unsur saeguk, aku suka banget karena genre ini favorit aku meskipun kadang ceritanya sad ending dan kebanyakan second male-nya meninggal…duh.

    Balas
  17. Huhu aku jadi kepikiran sama si ikan paus nya, dia panik manusia juga panik. Karena aku belum nonton CLOY, jd penasaran sama mba nya nih. Kayaknya ini seru deh, aku jd mau coba nonton juga

    Balas
  18. Gak kebayang gimana rasanya seorang utusan yang dipercaya kalau kehilangan stempel kerajaan dimakan ikan paus, pasti bakalan berjuang sekuat tenaga untuk ambil kembali ya. Menarik banget kayanya ini, cocok buat tontonan akhir pekan

    Balas
  19. Eh, aku suka banget loh yang versi Johnny Deep, dan baru tahu kalau ada versi Koreanya. Kan jadi penasaran tuh, memang ada yang bisa gantiin posisi Johnny Deep wkwkwk, sangking Johnny dah khas banget jadi Jack Sparawwwww

    Balas
  20. cerita gini aku maju mundur, serem liat darah2 kalau misale bertarung. yang barat versinya kan berkelahi ada juga.
    kim nam gil di sini terlhat kuat yaaaa, aku nonton pas di personal taste nyebelin bangetttt wkwkk

    Balas
  21. Wah seru banget nih pasti Filmnya. Kebetulan lagi cari film bagus sambil nunggu drama baru pada tayang.
    Makasih Mba reviewnya, aku jadi pensaran sama The Pirates.

    Balas
  22. boleh dicoba nih nonton film The Pirates ini, penasaran lihat aksi macho pemeran ceweknya, keren banget kelihatannya.
    penasaran juga doong gimana nasib ikan paus VS stempel kerajaan itu 😀

    Balas
  23. Wah, iya mbak… Lucu bin konyol ya.. Nggak jadi tegang jadinya… Penasaran dengan kelanjutan ceritanya juga nih.. Semoga sih happy ending ya… Tim hepi ending aku tu..

    Balas

Tinggalkan komentar