Rain or Shine (2017): Kisah Penyintas Runtuhnya Mall Korea

Drama Korea Rain or Shine (2017) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Kesedihan dan rasa sakit akan selalu menyelimuti diri manusia.
Kau hanya perlu menerimanya.

Quote Drama Rain or Shine

Apa yang sahabat lendyagassi akan rasakan ketika pernah mengalami trauma sesuatu hal yang besar?
Seperti pernah berada di sebuah kondisi menyeramkan?

Tentu gak akan mudah melupakan begitu saja dan akan terguncang ketika hal tersebut disebut. Iya, trauma itu sulit sekali dihilangkan kalau sudah mendarah daging, apalagi sampai meninggalkan bekas luka di badan. Luka itu akan terasa sakit meski sebenarnya sudah sembuh, karena efek psikologis yang sulit untuk dihilangkan.

Drama yang berjudul Rain or Shine atau judul lainnya Just Between Lovers ini menceritakan tentang pribadi-pribadi yang saling belajar untuk menghadapi masa trauma ketika pernah berada di kejadian runtuhnya sebuah mall di Korea pada tahun 2008 dan saat ini, beberapa orang yang selamat masih meninggalkan duka yang mendalam. Entah itu kehilangan orang-orang yang dikasihi atau pernah menjadi penyintas dalam musibah ini.

Yuk, simak review dan sinopsis lengkap drama 16 eps Rain or Shine berikut ini.
Let’s get it~

Drama Korea Rain or Shine (2018)

Sinopsis Ending lengkap eps 1-16 drama Rain or Shine.
Poster Rain or Shine Korean Drama

Profil Drama

Judul : Rain or Shine / Just Between Lovers
(Geunyang Saranghaneun Sai / 그냥 사랑하는 사이)

Sutradara : Kim Jin-Won
Penulis Drama : Yoo Bo-Ra

Pemeran Utama Drama Rain or Shine (2017) :

Lee Joon-Ho sebagai Lee Gang-Doo
Won Jin-A sebagai Ha Moon-Soo
Lee Ki-Woo sebagai Seo Joo-Won
Kang Han-Na sebagai Jung Yoo-Jin

Pemeran Pendukung Drama Rain or Shine (2017) :

Kim Hye-Jun sebagai Lee Jae-Young
Yoon Se-Ah sebagai Marry
Kim Gang-Hyun sebagai Sang-Man
Na Moon-Hee sebagai nenek penjual obat
Yun Yoo-Sun sebagai Yoon-Ok
Park Gyu-Young sebagai So-Mi
Kim Min-Kyu sebagai Jin-Young
Nam Da-Reum sebagai Lee Gang-Doo (young)
Park Si-Eun sebagai Ha Moon-Soo (young)

Genre : Drama, Psychological, Romance, Melodrama

Network : Netflix
Episode : 16 eps

Release Date : December 11, 2017 – January 31, 2018
Rating : 4/5

Sinopsis Drama Rain or Shine (2017)

Tahun 2008 – Dibuka dengan kejadian sehari-hari dari sibling Ha Moon-Soo dan Ha Yeon-Soo yang sedang bersiap-siap untuk pergi sebuah mall. Keduanya tampak tidak akur karena sang kakak, Ha Mun Su (diperankan oleh Park Si-Eun, saat muda) sudah punya janji bertemu dengan teman prianya.

Ceritanya Ha Mun Su nih..anak SMP yang tengah jatuh cinta. Namanya anak ABG kan gak mau disuruh jagain adek yaa.. Apalagi, banyak sekali yang memuji kecantikan adeknya ini. Dan tujuannya ke mall adalah adeknya Ha Mun Su ini seorang artis cilik yang tengah bersinar. Membintangi beberapa iklan dan menjadi bintang tamu di mall terkenal dan terbesar di Korea, saat itu.

Saat tiba di depan mall, sang Ibu berkata “Jangan kemana-mana yaa..tetap berada di sebelah Yeon Soo”, begitu perintah sang Ibu kepada anak pertamanya. Dan tanpa bisa protes, Mun Su dan Yeon Soo melihat kepergian sang Ibu dengan mobilnya, Ibunya sudah ada agenda untuk menemani Ayah di kantor.

Tragedi Runtuhnya Mall di Korea

Setelah Mun Su dan Yeon Soo masuk mall besar itu, Yeon Soo sudah berada di tim make-up, dan Mun Su pamit sama adiknya untuk pergi sebentar. Saat ditanya sang adik, Mun Su cuma bilang “Udah, kamu jangan ikut. Tetap di sini dan nanti setelah acara selesai, aku jemput”.

Adiknya pun nurut. Dan di saat Mun Su ke lokasi tempat ia janjian dengan teman cowoknya, tiba-tiba getaran kecil terasa. Lalu disusul getaran semakin besar dan belum sempat berpikir apa yang sedang terjadi, bangunan mall megah itupun runtuh dari mulai atap hingga menimpa bagian bawahnya satu per-satu atapnya roboh.

Sinopsis Ending lengkap eps 1-16 drama Just Between Lovers.

Bagaimana nasib Ha Mun Su dan Ha Yeon So?

48 Orang Korban Runtuhnya Mall S

48 orang korban runtuhnya Mall S pada tahun 2008 itu dan bagi yang selamat, membutuhkan waktu seminggu lebih untuk mengevakuasi tempat kejadian. Pihak kontraktor dan arsitek dari Mall S sudah meminta maaf melalui media dengan memberikan kompensasi uang bagi keluarga korban.

Namun, gak cukup sampai di situ, arsitek Mall S yang kala itu terdesak oleh keluarga korban, terpaksa bunuh diri untuk membuktikan bahwa ia bertanggungjawab atas runtuhnya mall yang ia bangun.

Dan Pak Arsitek itu meninggalkan seorang anak ((ganteng, hhiihi)) yang 10 tahun kemudian melanjutkan profesi Ayahnya dan memiliki project yakni membangun ulang lokasi yang sama dengan Mall S bersama pengembang dan kontraktor yang sama pula.

Review Ending lengkap eps 1-16 drama Just Between Lovers. Ulasan drama Rain Or Shine.
Lee Ki-Woo sebagai Seo Joo-Won

Penyintas Runtuhnya Mall S

Tahun 2018 – 10 tahun setelah kejadian mengerikan itu, para penyintas (orang yang selamat dari tragedi) runtuhnya Mall S kembali bertemu secara tidak sengaja di pembangunan ulang Mall S. Dan inilah yang menjadi kisah drama Rain or Shine sepanjang 16 eps.

Ha Mun Su (saat dewasa diperankan oleh Won Jin-A) yang kini memiliki profesi sebagai arsitek maket, yang tugasnya adalah membuat maket bangunan. Tujuannya dibuat maket bangunan adalah agar terlihat sebuah desain itu akan aman atau tidak dari segi struktur dan melihat visual bangunan secara lebih detil.

Ada sisi trauma saat memilih profesi ini. Ha Mun Su tidak ingin sebuah bangunan roboh karena kurang teliti dari tim konstruksi dan arsitek. Tanggungjawab yang besar di sini demi keselamatan nyawa orang lain.

Bertemu dengan Lee Gang-Doo (diperankan oleh Lee Joon-Ho 2PM) di sebuah kerja tim proyek pembangunan ulang kawasan Bioliving. Kawasan apartemen dan mall yang megah, nantinya.

Pembangunan Monumen Mengenang Para Korban yang Meninggal

Dalam pembangunan ulang, banyak sekali yang dikaji, salah satunya adalah membangun monumen untuk menghormati 48 korban meninggalnya akibat runtuhnya Mall S. Dan project ini yang mengintimkan hubungan Ha Mun Su dan Lee Gang-Doo, dimana keduanya sama-sama penyintas tragedi tersebut.

Saling menguatkan dan saling memberi dukungan satu sama lain tidak menggoyahkan Ha Mun Su kepada Pak Seo Joo-Won, arsitek utama pembangunan ulang yang super rich!
Ha Mun Su tetap suka sama Gang Doo yang pekerjaannya hanya seorang pekerja lepas di proyek.

Kepribadian seperti apa hingga Ha Mun Su tetap keukeuh mencintai Lee Gang Doo?

Kesan Menonton Drama Rain or Shine (2017)

Gak bisa berkata-kata lagi sih.. Gabungan antara drama, mellow dan romance-nya kental banget. Bikin hati terpoteque parah! Udah lama gak nemu drama yang bisa bikin mata mata bengep karena sesenggukan.

Drama Rain or Shine (2017) ini juga dipenuhi dengan aktor ternama yang mungkin pada tahun 2017 belum begitu terkenal yaa.. Kaya aktris Park Gyu Young (drama Dali and Cocky Prince) juga Kim Min Gyu (drama Snowdrop). Dan faktanya, runtuhnya Mall S ini adalah kisah nyata. Namun, tahunnya jauh berbeda. Kala di drama ini di plot tahun 2008, kejadian aslinya ada di tahun 1995.

Fakta Runtuhnya Mall S

Nama asli Mall S ini adalah Sampoong Mall atau 삼풍백화점 (Sampoong Bekhwajom) yang ada dan berdiri sejak tahun 1989. Mall ini runtuh di tahun 5.5-nya sejak berdiri, yakni tepat di tanggal 29 Juni 1995. Kejadiannya di sore hari jam 17.52 KST hari Kamis. Pas banget di waktu-waktu orang sedang berbelanja yaa..

Berikut ini foto before and after Sampoong Mall di tahun 1995, mall termewah di kawasan Gangnam, Korea.

Sampoong Mall ini terdiri dari 2 gedung, yakni gedung A dan gedung B. Dan diantaranya ada jembatan penghubung. Masing-masing gedung memiliki spesifikasinya sendiri. Kalau gedung A isinya tempat belanja barang mewah, sedangkan gedung B adalah tempat gedung sewa dan kantor dengan segala fasilitas seperti gym, golf dan olahraga keren lainnya.

Yang unik lagi dari Sampoong Mall adalah tidak hanya berdiri ke atas dengan megahnya sebanyak 5 lantai, tapi juga dibangun ke bawah sebanyak 4 lantai alias punya ruang basement. Bukan hanya untuk parkir, tapi juga ada tempat belanja makanan mewah.

Target market Sampoong Mall ini memang kalangan jetset yang rata-rata penduduk Gangnam.

Scene Menyedihkan Drama Rain or Shine

Dan nyatanya, luka runtuhnya Sampoong Mall ini menimbulkan trauma yang mendalam bagi keluarga korban. Hingga lewat saja di tempat tersebut, rasanya lemes, gak mampu berdiri tegak. Seperti Ibu Ha Mun Su yang kehilangan anak artisnya, ia seolah tak pernah bisa berhenti menyesali perbuatannya saat itu. Hingga 10 tahun tinggal terpisah dengan suaminya. Tidak bercerai, tapi pisah rumah.

Sedangkan Ayah Ha Mun Su, membuka sebuah usaha restoran mie di dekat lokasi kejadian. Hanya untuk bisa mengenang anaknya, Ha Yeon Soo, di sana.

Bahkan seluruh dunia pun tak cukup bagi orangtua yang kehilangan anaknya

Quote drama Rain or Shine
Quote Drama Just Between Lovers. Lee Joon Ho 2 PM dan Won Jin A
Ha Mun Su dan Ibu yang menjadi pecandu alkohol sejak kehilangan Ha Yeon Soo

Dari sisi Lee Gang-Doo, ia adalah penyintas sekaligus Ayahnya yang pernah menjadi mandor di project pembangunan mall S tersebut. Sehingga selain trauma fisik yang dialami saat tragedi, ia juga dihujat karena Ayahnya dituduh menggelapkan besi project Mall S.

Gang Doo saat bertahan hidup, lututnya tertusuk besi bangunan yang besar, sehingga gak bisa kemana-mana. Pertemuan pertamanya dengan Mun Su yang saat itu juga di tempat yang sama karena mau ketemu sama gebetannya yang ganteng. Sedangkan gebetannya ini, meninggal saat sedang menunggu pertolongan dari tim penyelamat.

Penyintas terakhir yang masih hidup adalah Lee Gang-Doo, yang diselamatkan pada hari ke 7 pasca tragedi.

Dan masih banyak lagi berbagai macam latar belakangkeluarga korban yang bahkan sampai 10 tahun kejadian, ada seorang Ibu yang tetap menantikan anaknya akan kembali suatu hari nanti.

Hidup adalah proses membiasakan diri dengan perpisahan

Quote Drama Rain or Shine

Kumpulan Quote Drama Rain or Shine (2017)

Kali ini aku lagi suka banget sama kata-kata dari dialog antar tokoh di drama Just Between Lovers atau Rain or Shine yang bikin aku nangis banget. Semoga sahabat lendyagassi bisa mengambil hikmahnya yaa..

Ketidaktahuan juga merupakan kebahagiaan.

Nenek penjual obat, Quote drama Rain or Shine
Quote Drama Rain or Shine, Quote Drama Just Between Lovers
Nenek penjual obat yang bijaksana

Tidak ingat bukan berarti lebih bahagia

Nenek penjual obat, Quote drama Rain or Shine

Orang yang menangis paling keras bukan berarti yang paling sedih.

Nenek penjual obat, Quote drama Rain or Shine

Berkaitan dengan Keluarga

Walaupun kita keluarga, bukan berarti merasakan hal yang sama.

Ha Moon-Soo, Quote Drama Rain or Shine
Ulasan Ending lengkap eps 1-16 drama Just Between Lovers.

Korbannya bukan hanya mereka yang meninggal di lokasi, namun bagaimana memberi kompensasi pada yang masih hidup.

Lee Gang Doo, Quote Drama Rain or Shine

Tentang Self Love & Self Care

Jika kita tidak bisa membuat sesuatu terjadi maka tinggalkanlah.
Jangan berusaha terlalu keras.

Nenek penjual obat, Quote Rain or Shine
Ulasan Ending lengkap eps 1-16 drama Rain or Shine.

Kau hanya perlu mengingat kenangan yang baik.

Quote Drama Just Between Lovers

Melupakan kenangan yang buruk itu bagus.
Bagaikan tupai yang lupa telah menyimpan biji dan tumbuh menjadi pohon.

Kita tidak akan pernah tahu akan menjadi seperti apa nantinya.

Nenek penjual obat, Quote Drama Just Between Lovers
Ulasan Ending lengkap eps 1-16 drama Just Between Lovers. Nonton drama Rain or Shine dimana?

Anakku yang malang,
Kesedihan adalah kekuatanmu.

Nenek penjual obat, Quote Drama Just Between Lovers

Jangan berpikir apa yang kamu berikan, namun pikirkan apa yang kamu dapatkan.

Sang-Man, Quote Drama Just Between Lovers

Trailer Drama Korea Rain or Shine (2017)

Kabarnya, drama Rain or Shine ini bisa ditonton gratis di aplikasi iFlix yaa..
Tapi aku nontonnya di Netflix kemarin. Dan banyak banget pelajaran yang bisa diambil. Salah satunya adalah orang baik itu jangan memilih, jadilah baik dan semesta akan membalas dengan kebaikan pula.

Scene ini terbukti saat Gang Doo sakit dan membutuhkan tranplantasi hati.
Tidak seperti pasien lain yang harus masuk ke daftar tunggu, Gang Doo bisa mendapatkan keajaiban dari donor hati dari keajaiban tak terduga.

Memang nasib seseorang tidak bisa diukur dari kemalangan apa yang sudah dialaminya. Tapi Allah Maha Kuasa. Tidak akan membiarkan hambaNya berada di bawah terus menerus. Dan baiknya Gang Doo ini, meski mendadak menjadi kaya raya karena hibah dari nenek, namun tetap mencari uang dengan kemampuannya sendiri dan tidak digunakan untuk foya-foya.

Cakeepp banget dah…drama Rain or Shine ini.
Cocok banget ditonton bagi yang merindukan Raja Yi San, drama Red Sleeve yang masih terJoon Hoo, Joon Hoo. Akting yang apik didukung semua aktor ternama.

Dan ini adalah drama perdana Won Jin A (drama She Would Never Know) loo..
Meski perdana, aktingnya baguusss banget!

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

55 pemikiran pada “Rain or Shine (2017): Kisah Penyintas Runtuhnya Mall Korea”

  1. Segitu merasa bersalahnya sampai memilih bunuh diri. Memang tragedi banget kalau sampai runtuh kayak gitu.

    Kayaknya saya bakal siapin tissue dulu, nih. Apalagi kalau berdasarkan kisah nyata. Suka lebih berasa. Kayak nonton film tentang 911, sedihnya tuh berasa banget.

    Balas
    • Rasa bersalah itu justru yg menyiksa ya mba. Ga kebayang sih memang kalau orang udah trauma karena suatu kejadian. Makanya bener nih, membangun itu bukan cuma soal transaksi tapi juga membuat aman.

      Balas
  2. Gara-gara nonton drakor move to heaven, aku juga searching tentang runtuhnya mall yg menggemoparkan, karena masih terhitung baru, udah runtuh memakan korban. Ini juga ambil kejadian tersebut, daan baca reviewnya sepertinya mengandung bawang, mewek :'(

    Balas
  3. Pasti gak mudah buat menghilangkan rasa trauma.
    Sama seperti halnya di mall kita, waktu peristiwa mall Yogya, sekarang namanya Klender di tahun 98

    Balas
  4. Menghidupkan sebuah film yang diangkat berdasarkan sebuah kisah nyata seperti Rain or Shine, pastinya butuh effort banget, dan Korea Selatan mah sudah pasti bisa banget membuat chemistry to make it real

    Balas
  5. Menghilangkan trauma selain perlu waktu lama, juga mema’afkan dan mengikhlaskan yang sudah terjadi. Semua mudah diucapkan, tapi sulit saat dipraktikkan.
    Perlu nyiapin tissu dan kompres mata kalau mau nonton drama Rain or Shine ini sepertinya.

    Balas
  6. Aku melow baca quote awal artikelnya, hehehe. Tapi memang kita ini hanya bisa menerima dan menjalaninya. BTW soal kakak yang sudah ABG tidak mau momong adeknya itu bener banget, Teh. Pengen jitak kan, anakku begitu yang cewek

    Balas
  7. Kenapa setelah baca review Teteh kali ini soal drama Rain or Shine, aku malah penasaran banget sama si Nenek Penjual Obat ya? Quote dari doi banyak banget soalnya.

    Ternyata kejadian mall runtuhnya pun beneran ada.

    Balas
  8. Membaca ulsannya dan intip trailer-nya, sangat menarik ya, Mbak. Dan 16 episode ini asyik ditonton, karena ceritanya bakalan padat, alias tidak bertele-tele.
    Dan memang mengobati trauma itu sangat susah dan lama. Perlu kemauan sendiri, dengan bantuan orang-orang sekitar dan tercinta.

    Balas
  9. ya ampun sedih banget yaa mba Lendy, ini based on true story yaa ternyata, pengen nonton ah, duh tapi pasti banyak mengandung bawang deh nih yaa siapin tisyu laaah

    Balas
  10. pasti meninggalkan trauma mendalam bagi korban atas musibah tsb ya. Herannya kok bs ampe runtuh. Lagian ngga tinggi2 banget tuh mal. Emg konstruksinya aja kayaknya yg kurang bgs. Dibangunnya bs terburu2 krn mengejar waktu. Akhirnya malah bikin malu dan bikin musibah. Menarik nih drakornya buat diikuti.

    Balas
  11. Ini mall runtuh jadi peristiwa besar ya kak Len. Di film apa ya waktu itu dibahas juga soal mall yang runtuh yaa. duh lupa >.<
    Jadi penasaran sama kisah penyintasnya

    Balas
  12. Aku kok nggak terlalu suka sih sama drama ini hehehe. Yang membekas soal tragedi Sampoong malah di Move to Heaven itu sih. Aku waktu itu nontonnya gegara si Junho hahaha, boleh lah, cuma ya emang kudu siap sama tragisnya

    Balas
  13. kayanya scene runtuhnya mall korea ada di beberapa drakor ya, kaya merasa de javu nih. Btw, pas play trailernya, langsung de javu juga ada lagu barat yang familiar deh, but don’t get it judulnya apaan, hahha, emang kekacuan memori ini parah banget wkwkwk

    Balas
  14. Memendam trauma sepanjang hidup itu berat. Mengingat saja sudah menyesakkan, apalagi jika harus berhadapan langsung dengan penyebabnya. Bisa banjir air mata saya kalau nonton drama yang menguras emosi seperti ini. Baper huhu

    Balas
  15. kalo sy membayangkan berada di posisi si arsitek, akan terasa banget sih pasti betapa kaget, penyesalan, dan kesedihan karna merasa bertanggung jawab. tapi knp sampe terpaksa mati jg? too much dead, and it couldnt solve sadness. nice review kak

    Balas
  16. Ada Kim Min-kyu, aku suka sejak dia main di Backstreet Rookie, terus main di Snowdrop juga. Pengen nonton apalagi kayaknya juga bagus nih dramanya.
    Enggak kebayang gimana rasanya jadi Ha Mun Su dan ibunya.

    Balas
  17. Mba Lendy, ada berapa puluh drakor yang sudah ditonton? Hehe… ketuker2 gak sih antara judul, jalan cerita, nama pemain drakor yang satu dengan yang lain? Soalnya kalau saya, susah banget nginget nama korea itu wkwkwk… Sementara setiap ulasan mba Lendy tuh.. mudah dipahami 😁

    Balas
  18. Ya Allah … merinding Mbak Len. INi beneran terjadi yah mall megah tahu-tahu runtuh. Jadi pembelajaran, yang mewah nan megah di dunia hanya sementara.
    Ku pikir cuma film loh eh kok beneran ada fotonya. Mall tahun 95 udah se-wow itu!

    Balas
  19. Ampuuun, baca ceritanya disini aja udah bikin miris, apalagi kalo sambil nonton yaa. Kbayang runtuhnya mall itu, apalagi sampe ambruk gitu leeen. Dan kbayang trauma dan luka batinnya juga butuh proses untuk menghilangkannya.

    Balas
  20. Awalnya kirain ini kiasan tentang runtuhnya mall ternyata literally mallnya runtuh rata ke tanah ya 😭 unik sih drakornya krn inspirasinya dr kisah nyata ya

    Balas
  21. Ngeri banget yaaa mall runtuh gitu dan memakan banyak korban. Arsiteknya sampai bunuh diri gitu saking ga kuatnya menahan beban.
    Trus itu jadinya Mun So sama Gang Doo kah? Sama-sama penyintas dari kejadian runtuhnya mall S itu ya.

    Balas
  22. Wah aku bakalan mewek nih kalau nonton drama seperti ini. Apalagi berdasarkan kisah nyata. Aku baru tahu mba kalau ada cerita fakta seperti ini. Kejadian tahun 1995 yang membuat pilu

    Balas
  23. Sebentar, seingatku, aku pernah deh nonton Rain or Shine ini. Quote-quote-nya itu lho kena banget di hati. Tapi kok jalan ceritanya jadi lupa. Pas baca artikel Kak Lendy, malah jadi pengen nonton ulang. Cari ah nanti buat bahan tontonan akhir pekan

    Balas

Tinggalkan komentar