The Sound of Magic, Ucapkan Mantra “Annara Sumanara”

Drama Korea The Sound of Magic (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Pertanyaan Ji Chang Wook di drama The Sound of Magic dalam bahasa Korea “Dangsineun masureul masimmika?”
Yang artinya “Kamu percaya sulap (magic)?”

Mengawali sebuah drama musikal terbaru dari aktor ternama Ji Chang Wook. Tapi adakah sahabat lendyagassi pernah lihat Ji Chang Wook nyanyi sebelumnya?
Hehhee, sudah doonk pastinya yaa… Di drama doi sebelumnya, seperti Healer, 7 First Kisses, Suspicious partner, dan Melting Me Soft, Abang Ji ((mulai SKSD)) mengisi OST untuk dramanya sendiri.

Baca Juga:

Drama Korea Bertaburan Cowok Ganteng
Aktor yang Juga Mengisi OST Drama

Dan kini, kembali dengan drama terbarunya di tahun 2022 dan khusus tayang di Netflix dengan judul “The Sound of Magic”. Format drama musikal yang pertama kali nonton pasti langsung mikir “Eh, ternyata Ji Chang Wook jago nyanyi yaa..”. Huhu… terharu karena selain Abang Ji, 2 lead lainnya pun nyanyi, Choi Sung-Eun dan Hwang In-Yeop.

Kalau ada yang bilang drama ini aman dari kisseu, iya banget. Ini drama mengenai magic (secara garis besar), tapi kalau mau menghayati, ada banyak hal yang bisa diambil hikmahnya. Yuk simak review dan sinopsis ending drama The Sound of Magic di tulisanku kali ini. Let’s get it~

Drama The Sound of Magic (2022)

Review sinopsis ending drama The Sound of Magic
Poster The Sound of Magic Korean Drama

Profil Drama

Judul : The Sound of Magic
(Annarasumanara/ 안나라수마나라)

Sutradara : Kim Sung-Yoon
Penulis Drama : Kim Min-Jung
Penulis Webcomic : Ha Il-Kwon

Pemeran Utama The Sound of Magic (2022) :

Ji Chang-Wook sebagai Ri-Eul
Choi Sung-Eun sebagai Yoon A-Yi
Hwang In-Yeop sebagai Na Il-Deung

Pemeran Pendukung Drama The Sound of Magic (2022) :

Ji Hye-Won sebagai Baek Ha-Na
Kim Bo-Yoon sebagai Kim So-Hee
Yoo Jae-Myung sebagai Na Ji-Man (Ayah Na Il-Deung)
Kim Hye-Eun sebagai Na Il-Deung’s mother
Hong Seo-Hui sebagai Min Ji-Soo (teen) (ep.6)
Nam Da-Reum sebagai Ryu Min-Hyuk (teen) (ep.6) – Ri-Eul

Genre : Music, Psychological, Drama, Fantasy

Network : Netflix
Episode : 6
Duration: 70 min.

Release Date : May 6, 2022
Rating : 3/5

Sinopsis Drama The Sound of Magic

Cerita diawali dengan karakter utama wanita yang teraniaya, bernama Yoon A-Yi (Choi Sung-Eun). Ia adalah anak SMA dengan beban orang dewasa yang ditanggung di pundaknya. Sang Ayah meninggalkannya begitu saja dengan hutang yang banyak ((sering ditagih rentenir, dan aku jadi teringat kisah awal drama 25 21, pas Back Yi-Jin kudu mandiri dan menghadapi semua kesulitan termasuk beban hutang Ayahnya yang bangkrut)).

Ketidakberuntungan Yoon A-Yi akan hidup tertutupi oleh semangat belajarnya yang membara. Meski ia harus bekerja paruh waktu setelah pulang sekolah, ia tetap mempertahankan prestasinya di sekolah sebagai si “Namba One”. Meski tidak di semua pelajaran, hanya Matematika.

Aku suka matematika, karena matematika selalu punya jawaban yang pasti.
…ada banyak persoalan di dunia ini yang tidak punya jawaban.

Yoon A-Yi, Quote Drama The Sound of Magic

Eps. 1 : Do You Believe in Magic?

Kalau sahabat lendyagassi ditanya “Kamu percaya sulap?”. kira-kira bakalan jawab apa?

Kalau aku uda pasti geleng-geleng kepala sih.. Dan ini juga yang terjadi sama Yoon A-Yi. Karena dia anak sains matematika, jadi waktu ketemu pertama kali sama ((TUKANG)) Sulap, Ri-Eul (Ji Chang Wook) lalu ditanyain “Kamu percaya sulap?”, dan jawaban Yoon A-Yi, ENGGAA…

Choi Sung-Eun, Ending Drama Korea The Sound of Magic
Choi Sung-Eun sebagai Yoon A-Yi

Pesulap yang bernama Ri-Eul ini sudah terkenal dari mulut ke mulut bahwa orangnya ganteng, tapi kemampuan sulapnya mengerikan, bahkan bisa melenyapkan orang dan gak bisa balikin lagi. Hwaduuh~

Dan kecerdasan Yoon A-Yi di kelas 2 SMA ini menjadi goyah karena kehadiran seorang siswa baru bernama Na Il-Deung (Hwang In-Yeop) — Btw, ini unik sih.. Il-Deung sendiri artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Si Nomer Satu”. Dan doi bisa memiliki nilai bagus di semua pelajaran karena les intensif. Kalau Yoon A-Yi punya uang darimana kan yaa?? Buat makan aja suliittt..

Jadi untuk menghibur dirinya, Yoon A-Yi terus menulis pesan ke nomer sang Ibu yang sebenarnya isi pesan tersebut gak pernah terkirim apalagi terbaca oleh sang Ibu. Sedihnyaaa.. karena Yoon A-Yi sudah ditinggal Ibunya sejak kecil.

Eps. 2 : Jangan Buat Aku Bermimpi Lagi

Pertemuan pertama Yoon A-Yi dengan Ri-Eul di eps 1 membuat Yoon A-Yi memiliki banyak impian dan harapan baru. Ia bukan ingin terbebas dari kesulitan keuangan dan berharap bisa hidup nyaman, hanya Yoon A-Yi bisa merasa bahagia sejak mengenal sulap Ri-Eul yang ajaib.

Ri-Eul mengajak Yoon A-Yi ke suasana yang menyenangkan. Bahkan melihat dan merasakan banyak keajaiban dan sejenak Yoon A-Yi bisa melupakan masalah-masalahnya. Dari mulai kesulitan hidup, merawat adiknya dan di bully di sekolah karena Yoon A-Yi gak bisa bergaul. Dan terakhir, ketambahan Na Il-Deung yang mulai mendekatinya karena cinta.

Drama The Sound of Magic sub indo nonton live streaming dimana?
Hwang In-Yeop sebagai Na Il-Deung

Eh, eh..apa gak terlalu cepet nih, kok tiba-tiba ada cinta-cintaan?
Awalnya Na Il-Deung kagum dengan semangat Yoon A-Yi doank.. dan sampai akhir eps pun, kekaguman ini tetap ada sebagai teman sebangku. Karena latar belakang keluarga dan tujuan mereka sudah berbeda sejak awal.

Na Il-Deung dengan tuntutan dari orangtuanya untuk menjadi sukses sebagai jaksa atau pengacara, sedangkan Yoon A-Yi, hanya berkumpul dengan Ayahnya saja dan hidup layaknya keluarga yang utuh saja, ia sudah sangat bahagia.

Di eps. 2 mulai diceritakan kish sedih Yoon A-Yi yang kehilangan Ibunya sejak usia Sekolah dasar.

Terkadang, ada perpisahan yang lebih menyakitkan daripada kematian.

Yoon A-Yi, Quote Drama The Sound of Magic

Eps. 3 : Komidi Putar

Berkembangnya hubungan karakter Yoon A-Yi dan Na Il-Deung ke arah toxic relationship, dimana Na Il-Deung membuat kesepakatan dengan Yoon A-Yi demi nilai akademiknya. Na Il-Deung membayar 200.000 won untuk setiap tugas sekolah yang dikerjakan Yoon A-Yi dan 300.000 won untuk nilai Yoon A-Yi yang gak sempurna, sehingga Na Il-Deung di posisi nomer 1.

Serem yah.. Anak SMA sudah manipulatif begini.. dan parahnya, karena ia tahu kelemahan Yoon A-Yi di keuangan, ia pun menerima kerjasama yang merugikan ini.

Arti dari Annarasumanara apa?
Nonton Annarasumanara  dimana?

Di saat Yoon A-Yi juga kehilangan akal sehatnya, ia menerima perjanjian itu tanpa memikirkan resikonya.

Eps. 4 : Menjadi Dewasa

Di eps 4 ini, mulai ada kisah misteri thriller-nya nih.. Karena selama ini yang diceritakan berpusat pada hubungan Yoon A-Yi dan Na Il-Deung, tapi juga ada salah satu anak SMA yang menghilang, bernama Seo Ha Yoon. Dan Seo Ha Yoon ini dicurigai menghilang karena sulap “vanishing” yang dilakukan oleh Ri-Eul.

Benarkah kemampuan Ri-Eul menghilangkan orang ini terbukti?
Matikah orang yang dihilangkan tersebut?

Bener-bener rentetan tanda tanya besar selama eps 4-6 sih yaa…
Dan pada akhirnya, baik Yoon A-Yi ataupun Na Il-Deung, harus sama-sama saling jujur atas perbuatannya yang tidak baik. Namun sayangnya, pengakuan jujur Yoon A-Yi malah ditanggapi dengan sikap yang berbeda oleh orang-orang dewasa di sekitarnya.

Guru di sekolah Yoon A-Yi malah memberikan penghargaan terhormat untuk Na Il-Deung karena membantu dari segi finansial kepada temannya yang membutuhkan (Yoon A-Yi, yang dimaksud). Jadi, kesepakatan busuk untuk membantu dalam hal ketidakbaikan dalam memperoleh nilai, gak pernah diungkap ke publik.

Kemiskinan Yoon A-Yi semakin diekspos, sedangkan keburukan dan kesalahan Na Il-Deung, gak pernah terungkap.

Hwang In-Yeop Ending Drama The Sound of Magic.

Kemiskinan tidak bisa membeli kejujuran.

Yoon A-Yi, Quote Drama The Sound of Magic

Yoon A-Yi terus berjuang dan bertahan untuk menghadapi krisisnya kali ini. Sehingga sama Ri-Eul, Yoon A-Yi diajak bertemu masa kecilnya dan memberikan kekuatan terhadap Yoon A-Yi kecil.

**ini semacam metode healing oleh dirinya sendiri yang berdamai dengan inner child.
Pada kenyataannya, kita butuh banget ngobrol dan memaafkan diri sendiri di masa lalu, agar bisa melangkah ke masa depan dengan pribadi dewasa yang tidak menyesali masa lalu dan menyalahkan orang lain.

Eps. 5 : Curse of Aspalt

Bisa dibilang, eps 5 ini adalah eps kunci. Semua jawaban mengenai siapa sebenernya sosok pesulap Ri-Eul mulai terbuka perlahan-lahan. Mengapa ia bisa menjadi pesulap, bagaimana masa lalunya dan apa yang harus dihadapi atas kasus kriminalitas yang semua bukti mengarah padanya.

Drama terbaru Netflix The Sound of Magic
Ji Chang Wook sebagai Ri-Eul

Ketika di saat seperti ini, hal yang dibutuhkan adalah orang-orang yang tetap mempercayainya bahwa sebenarnya Ri-Eul bukanlah orang jahat. Dan ia benar-benar pesulap.

Dan karena masalah ini, Na Il-Deung menjadi benar-benar percaya bahwa Ri-Eul adalah pesulap. Di sinilah Na Il-Deung menyadari pentingnya menemukan kebahagiaan dan tujuan hidupnya selama ini. Bukan jalan mulus yang telah diciptakan orangtuanya, namun ia tidak suka. Tapi meski jalannya sulit dan berliku, Na Il-Deung akan mencobanya dengan sekuat tenaga.

Tidak ada orang gila di dunia ini.
Kau akan menjadi gila, jika kau tidak bisa menyesuaikan diri dengan standart yang ada.

Na Il-Deung, Quote Drama The Sound of Magic

Eps. 6 : Pertujukan Terakhir

Butuh kekuatan ekstra bagi Na Il-deung untuk bisa keluar dari zona nyaman plus memperjuangkan apa yang ia inginkan. Dan di eps terakhir drama The Sound of Magic ini, meski masih ada beberapa misteri, tapi semua bisa bernapas lega.

Pelaku kejahatan atas hilangnya siswa SMA, sudah ditemukan pelakunya. Pemilik toserba yang hilang pun sudah kembali dan menceritakan kronologis kejadian sebenarnya. Dan yang terakhir, terungkap misteri mengapa Ri-Eul menjadi pesulap padahal saat SMA (diperannkan oleh Nam Da Reum loo), Ri-Eul termasuk siswa yang cerdas luar biasa.

Namun karena tuntutan harus menjadi yang terbaik, ia jadi mencoba untuk membebaskan dirinya dari kesengsaraan dengan mencoba bunuh diri. Dan bukannya meninggal, malah dirawat di Rumah Sakit dam lama kelamaan, orangtuanya menempatkan Ri-Eul di Rumah Sakit Jiwa, karena Ri-Eul masih aja halu dengan hal-hal ambisius dari kedua orangtuanya.

Review dan Sinopsis Drama Korea The Sound of Magic
Pertunjukan Terakhir, ending Drama The Sound of Magic

Sulap memang tidak bisa menghilangkan kesengsaraanku, tapi aku tahu kekuatan sulap akan membuat seseorang kembali memiliki harapan dalam hidup.

Yoon A-Yi, Quote Drama The Sound of Magic

Jadi, bisakah kita sebagai orangtua tidak menuntut hal yang tidak mereka sukai?

Kesan Menonton Drama The Sound of Magic (2022)

Drama The Sound of Magic berdasarkan kisah di webcomic yang berjudul “Annarasumanara” karya Ha Il-Kwon. Webtoon ini dipublikasikan pada 28 Juni 2010 sampai 7 Januari 2011 melalui Naver. Adakah sahabat lendyagassi yang sudah membacanya?

Sinopsis Webcomic The Sound of Magic
Cover Webcomic “Annarasumanara”

Kisahnya yang pada awalnya dramatically melalui musikal, di akhir eps justru menjadi drama thriller yang mengungkap kasus kriminalitas. Yang unik adalah semua bukti dan CCTV dari postur badan dan tampak samping, memang mirip Ri-Eul. Tapi pada akhirnya, sang pelaku tampak secara jelas di sebuah CCTV yang telah lama mati, namun mendadak nyala karena sebuah keajaiban.

Ini unik banget sih..
Rasanya kaya dibohongin sama PD-nim. Huhuu

Trailer Ending Drama The Sound of Magic (2022)

Lesson Learn Drama The Sound of Magic (2022)

Bangun Komunikasi dengan Anak

Kayanya kalau pesan moral ini disampaikan dari sudut pandang anak dan melalui drama, kita sebagai orangtua merasa mudah menerima yaa.. Tapi prakteknya, sebagai orangtua kudu banyak-banyak berbesar hati, apalagi ketika anak tumbuh dewasa dan bisa memikirkan apa yang terbaik bagi masa depan mereka.

Tugas kita sebagai orangtua memang menghantarkan anak sampai ke gerbang kedewasaan. That’s it!
Tapi untuk keputusan mereka ingin melakukan apa, nah.. itu butuh hati orangtua yang seluas samudra, agar siap dengan segala jawaban sang anak.

Sinopsis Drama Korea The Sound of Magic

Bunga tidak tumbuh di jalan yang beraspal, tetapi tumbuh di tanah yang tidak rata.

Na Il-Deung, Quote Drama The Sound of Magic

Sembuhkan Inner Child

Untuk menjadi orang dewasa yang bijak, memang harus banget memaafkan masa lalu. Memaafkan semua orang-orang yang pernah melukai dan berani menghadapi masa depan dengan pikiran positif.

Kualifikasi menjadi orang dewasa yang dihormati hanyalah menjadi diri sendiri.

Na Il-Deung, Quote Drama The Sound of Magic
Ulasan Ending webcomic "Annarasumanara” by Ha Il-Kwon di Naver

Temukan Bahagiamu Sendiri

Aku pikir memang gak mudah menemukan kebahagiaan sendiri. Selain butuh perjuangan dan keberanian menghadapi perbedaan. Di saat orang lain menginginkan menjadi sukses dengan uang dan kehormatan, bisa jadi apa yang kita sukai tidak membuahkan hal tersebut. Justru cibiran dan pandangan miring.

Sejak kapan mimpi memiliki standart?

Na Il-Deung, Quote Drama The Sound of Magic

Jangan Menciptakan Penjara Bagi Anak

Dengan meletakkan mimpi kita yang belum terwujud kepada anak-anak kita, maka sebenarnya, kita telah memenjarakan kebebasan sang anak untuk memilih. Sedih yaa..

Dari drama The Sound of Magic, terutama di epsiode akhir, kita bisa mengambil pelajaran sebagai orangtua yang bijak. Yang membuat mimpi anak-anak terbang tinggi daripada mereka beada di rumah yang indah yang kita buatkan untuk memenjarakan kebebasan pilihan mereka.

Mungkin sahabat lendyagassi agak mengernyitkan dahi yaa.. saat membaca review drama The Sound of Magic kali ini, karena maknanya sangat dalam terutama bagi orangtua. Coba nonton sendiri aja yaak.. hehehe, dijamin maknyeess!

Semoga kita tidak pernah menyesali dengan apa yang kita lakukan, terutama terkait dalam membimbing anak-anak dalam menemukan kemuliaan hidup mereka masing-masing.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

19 pemikiran pada “The Sound of Magic, Ucapkan Mantra “Annara Sumanara””

  1. Kalo ditanya tentang percaya sulap? Dulu waktu kecil terpesona, bahagia tapi setelah dewasa semata buat hiburan aja, ohh udah tau cuma trik hahahaa.
    Ahh menemukan kebahagiaan dengan perbedaan2 tuh seru Len, membuat kita tambah belajar menghargai perbedaan itu sendiri

    Balas
  2. Wah ada si Oppa cakep, hehehe yang sedang belajar bahasa Sunda. Beberapa kali liat VT dia pake bahasa Sunda nih. Reviewnya menarik nih, apalagi kalo di tujukan buat orang tua. Jadi pengen nonton juga, hehehe. Terima kasih ya

    Balas
  3. Wah teteh, lengkap banget ulasannya
    Ada per episode
    Aku baru nonton episode satu, mager ngelanjutin
    Hehe
    Tapi meski pendek, drama ini punya pesan moral yang dalam ya teh

    Balas
  4. Saya belum sempet nonton nih tapi udah di spill gini jadi udah ketebak deh akhirnya gimana. Tapi bener banget nih sebagai orang tua kita hanya perlu mengarahkan dan memberi saran dan nasehat. Dan untuk mengambil keputusan itu kita kembalikan kepada anak sebagai bentuk tanggung jawabnya yaa. Pesan moral dari film ini bagus banget

    Balas
  5. Aku belum nonton sama sekali hihi. Salut banget sama si teteh bis lengkap gini reviewnya. Semua review drakor teh lendy aku udah save buat referensi tontonan drakor kalau lagi nyantai.

    Balas
  6. Aku sudah tamat nontonnya. Terhibur banget lihat ketampanan Ji Chang Wook di sini wkwkwkwk..Visualnya memesona banget…

    Cuma di akhir cerita emang sedih ya. Banyak kesedihan yang diungkap sebanyak sedih, kenapa atuh dia menghilang begitu saja…Pengen deh protes sama penulisnya, bikin kek mereka ketemu setelah si gadis dewasa

    Balas
  7. Berarti paling bikin penasaran dan bisa menjawab semua misteri itu di episode lima ya.
    Ikut penasaran itu yang hilang murid sekolah itu kemana aja hehehe

    Balas
  8. Annara Sumanara, akulangsung kena magicnya nih hehehe nonton di awal udah suka jadi lanjut terus deh. Bagus sih jalan ceritanya juga The Sound of Magic

    Balas
  9. Dramanya unik banget ya musikal jadi kita bisa liat JCW menyanyi, multitalenta banget sih Abang Ji, terus ada Hwang in Yeop yang lagi naik daun makin penasaran pengen nonton..

    Balas
  10. Aku lagi ada di posisi ini, anak punya mimpi sendiri tapi di satu sisi aku dan suami punya opini yang berbeda…biasa soal ambil jurusan kuliah huhuhu
    Maknanya dalam nih buat pembelajaran orangtua membebaskan mimpi anak terbang tinggi daripada memenjarakan harapan mereka

    Balas
  11. malah tertarik dengan kuote
    “Kau akan menjadi gila, jika kau tidak bisa menyesuaikan diri dengan standart yang ada.”
    bahwa kita untuk bahagia bukan dari standar orang lain, tetapi senyaman kita menjalaninya

    Balas
  12. Wiihhh dibikin per-episode nih mbak nulisya hehe, aku belum nonton dgn serius sih, cuma sesekali liat pas suamiku nonton.
    Suka akhirnya Ji Chang Wok punya drama baru. Aku pikir ceritanya tdnya sederhana, ternyata kyknya komplek yaa, ada kejahatan2 jg.
    Moga mingdep bisa nonton full-nya.

    Balas
  13. Ah iyaa… orangtua kadang terlalu memberikan tuntutan yang berat untuk ditanggung si anak, kayak yg terjadi pada Il-Deung. Ya kalau jadi A-Yi pun ketika ditawarkan uang agar ga jadi juara 1, normal aja dia mau, kan dia punya kesulitan keuangan yang lumayan berat. Penting di sini jadi orangtua yang memahami passion si anak dan tidak asal menuntutnya menjadi seperti yang diinginkan ortunya ya.

    Balas
  14. eh kayaknya ini belum selesai ya. Soalnya anak gadisku lagi nonton ini. aku dari kemarin ga sempat ngikutin drama ini. Tv sedang dikuasai anak-anak yang pada pulang dari asrama hahaha

    Balas

Tinggalkan komentar