Kampus dengan Bangunan Kuno di Korea Selatan

Rekomendasi Kampus degan Bangunan Kuno di Korea Selatan — Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Mendadak pengen sekolah lagi?
Hihi, gak mendadak siih.. Tapi memang masa-masa kuliah tuh bisa dibilang seru, deg-degan dan selalu penuh kejutan. Meski aku belum pernah ngerasain kuliah di luar negeri, tapi jadi sangat tertarik sekali setelah melihat venue konser Super Junior 18th Anniversary Special event [It’s 8lue] in Seoul🇰🇷 .

Ya, bukan pertama kalinya Kyunghee University dipilih jadi tempat konser.
Beberapa kali NCT dan WayV juga pernah konser showcase di aula kampus ini. Indah banget memang. Dan aku pernah menuliskannya kalau orangtua Jisung adalah lulusan kampus ternama ini di artikel Pekerjaan Orangtua Para Member NCT Dream. Dan siapa aja idol yang merupakan lulusan dari beberapa kampus dengan bangunan indah di Korea Selatan?

Let’s check the fact go check that

Kampus dengan Bangunan Vintage yang Sering Digunakan Syuting Drama Korea

Gak dipungkiri, Korea Selatan sangat menarik sekali untuk dikunjungi sebagai wisatawan atau sebagai tujuan kuliah. Bagi calon mahasiswa yang ingin merasakan vibes belajar di bangunan kuno tapi masih berada di Seoul, Korea Selatan, sahabat bisa cek beberapa kampus berikut ini.

Seoul National University College of Medicine

Universitas terbaik di Korea Selatan yang pertama adalah Universitas Nasional Seoul (Seoul National University) atau SNU. SNU ini mendapatkan peringkat ke-11 tingkat Asia, ke-44 tingkat reputasi dunia dan peringkat ke-6 tingkat universitas dunia.

SNU pertama kali berdiri di kota Seoul pada tanggal 22 Agustus 1946. Kampus ini sangat populer karena mencetak lulusan terbaik yang menjadi orang sukses di Korea bahkan dunia, sehingga dinobatkan sebagai Universitas paling bergengsi di Korea Selatan. SNU memiliki beberapa letak kampus dengan lokasi kampus utama di Distrik Gwanak dan lainnya di Daehangno dan Pyeongchang.

Gwanak-gu, Seoul (Gwanak Campus)
Jongno-gu, Seoul (Yeongeon Campus)
Pyeongchang-gun, Gangwon-do (Pyeongchang Campus)
Siheung-si, Gyeonggi-do (Siheung Campus)

Kampus yang estetik dan sering dijadikan tempat syuting drama Korea, salah satunya adalah drama Korea Stars Lover (2008) dan variety show 2 Day 1 Night, SNU juga jadi kampus tempat si jenius Woo Young-Woo bersekolah dalam drama Extraordinary Attorney Woo.

Buat yang pingin tahu, siapa aktor lulusan SNU, salah satunya adalah aktor ganteng Lee Sang Yoon, yang main drama One The Woman bareng Honey Lee. Ia lulusan SNU jurusan fisika. Saat ujian masuk SNU, Lee Sang Yoon mendapatkan total nilai hampir sempurna, yakni 370 dari nilai ambang batas teratas yakni 400.

Cakep kaan..
Selain mas Lee Sang Yoon, yang juga lulusan SNU yakni aktris Honey Lee (jurusan musik tradisional Korea) dan istrinya mas Rain, mama Kim Tae Hee (jurusan desain busana).

Korea University

Buat yang nonton drakor SKY Castle, paham doonk.. kenapa judulnya begitu.
Karena SKY sendiri adalah singkatan dari 3 kampus ternama di Korea, Seoul National University (SNU), Korea University, dan Yonsei University.

TOP 3 kampus ini selain memang unggul di bidang akademik, juga terkenal dengan bangunan kampusnya yang indah seperti kampus Korea University yang berdiri pada tahun 1905 dengan nama Bosung College pada masa terakhir Dinasti Joseon ketika Korea saat itu sedang dalam awal Penjajahan Jepang.

Lulusan SKY memang gak pernah mengecewakan. Sebut aja Pak Lee Myung-bak yang pernah menjadi Presiden Korea Selatan serta jajaran lulusan SKY lainnya yang kini menjadi deretan CEO dan bahkan ada yang menjadi atlet Nasional Korea.
**jadi inget Film-nya Mas Siwan Road to Boston kaaan..

Untuk idol dan aktor lulusan Korea University ada mas Ok Taecyeon 2PM dari drama Heartbeat (pasca-sarjana jurusan pembangunan internasional), Lee Je Hoon drama Taxi Driver (jurusan bioteknologi), Aktris Park Hye Soo drama Dear M (jurusan sastra dan bahasa Korea), dan idol Jung Ryeo Won (jurusan bisnis internasional).

Memang sepenting itu memilih pendidikan terbaik di Korea tuh..
((sama siih, di Indonesia juga kok ^^ ))

Yonsei University

Kampus dengan bangunan vintage berikutnya adalah Yonsei University.
Kampus yang terletak di 50 Yonsei-ro, Sinchon-dong, Seodaemun-gu, Seoul, South Korea Universitas ini didirikan pada Januari 1957 melalui penyatuan Yonhi College (연희전문학교; 延禧專門學校) dan Severance Union Medical College (세브란스 의과대학; 세브란스 醫科大學).

Keduanya merupakan kerja sama bilateral yang langgeng antara kedua perguruan tinggi yang dimulai pada tahun 1920-an. Institusi seperti ini adalah yang pertama di Korea. Berakar dari pusat medis modern pertama di Korea, Gwanghyewon (광혜원 廣惠院, House of Extended Grace), yang didirikan pada bulan April 1885. Sebagai penghormatan, nama “Yonsei” diambil dari suku kata pertama dari nama kedua institusi induknya, “Yon; 연; 延” dari Yonhi College dan “Sei; 세; 世” dari Severance Union Medical College.

Hayoo.. inget drakor apa aja yang pernah syuting di kampus tua ini?
Ada Reply 1994, Romance Is A Bonus Book, When My Love Blooms, Abyss, True Beauty, Extraordinary You, dan The Sound of Magic. Kalo sahabat lendyagassi mo nambahin, bole banget…

Sedangkan idol dan aktor yang lulusan Yonsei University adalah Park Jin Young (pendiri JYP Ent.,  jurusan geologi), Park Gyu Young drama A Good Day to Be a Dog (jurusan pakaian dan tekstil), Shin Hyun Joon, cameo drama From Now On Showtime (jurusan atletik).

Kampus pertama Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University atau biasa disebut SKKU beralamat di 25-2 Seonggyungwan-ro, Jongno-gu, Seoul, South Korea merupakan universitas tertua di Korea Selatan. Pertama kali berdiri pada tahun 1398 pada masa kerajaan Joseon. SKKU dulunya didirikan sebagai pendidikan dengan tingkat paling tinggi yang berfokus pada studi cina klasik, konfusianisme, sastra pada jamannya.

Sebagai universitas yang memiliki sejarah lebih dari 6 abad lamanya, Sungkyunkwan telah banyak mencetak lulusan yang membentuk sejarah dan budaya Korea. Dengan prinsip SKKU yakni mengajarkan mahasiswanya untuk terus memperbaiki diri dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat. Maka, gak salah banget kalau diterima di SKKU, model penerimaannya masih mempertahankan tradisi zaman dulu yakni menggunakan hanbok pelajar Korea.

Masih inget doonk sama drama Sungkyunkwan Scandal yang dibintangi oleh mas Song Joongki?
Baliau terpilih salah satunya karena memang salah satu alumni SKKU yang sukses di dunia entertainment.

Alumni terkenal dari SKKU lainnya adalah Moon Ga-young, Cha Eunwoo ASTRO, Uee, Joo Won dan masih banyak lagi.

Kampus swasta Kyunghee University in Dongdaemun-gu

Kampus swasta ini ada di 3 lokasi, yakni Seoul, Suwon, dan Namyangju. Kyunghee University ini yang tadi aku sebut-sebut di kalimat pembuka sering banget dijadiin tempat mini-concert. Karena memang hall-nya secantik itu.. Bangunan bergaya Eropa klasik yang langit-langitnya tinggi banget, menambah keindahan dan kekaguman ketika main ke kampus peringkat 9 universitas terbaik di Korea Selatan dan 270 di dunia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings. 

KHU ini menyediakan pendidikan dari mulai TK hingga jenjang pasca-sarjana dan memiliki program internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dalam kelas saat pembelajaran juga menyediakan program non-degree yang berfokus pada kompetensi seperti professional research dan special research. 

Ada banyak banget aktor dan idol alumni kampus cantik ini, diantaranya mas Kyuhyun Super Junior (jurusan Post Modern Music untuk gelar S1 dan S2), Gong Yoo (Bachelor of Art di jurusan Teater dan Film), Rain (jurusan Post Modern Music), Han Ga In (jurusan Manajemen Perhotelan), Kim Tae Ri (jurusan Jurnalisme dan Komunikasi), G-Dragon (jurusan Post Music Modern), Lee Hong Ki F.T. Island (jurusan Teater dan Film), Cho Yi Hyun (jurusan Teater dan Film), Kim Ji Seok (gelar master jurusan Perencanaan Konten Budaya), dan Yoon Kye Sang (jurusan Post Modern Music).

Kagum kan sama deretan aktor dan idol Korea Selatan yang tetap mementingkan dunia pendidikan untuk mendukung karir mereka.

Coba sahabat lendyagassi kalau boleh milih nih..
Pingin kuliah di kampus yang mana dari kampus-kampus beken yang masih memiliki bangunan kuno di Korea Selatan?
((terlepas dari pertimbangan jurusan yang linier dengan sebelumnya yaa.. Iseng-iseng aja nih..))

Cuss, semoga jadi doa yang terbaik yaa..

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

52 pemikiran pada “Kampus dengan Bangunan Kuno di Korea Selatan”

  1. Ya Allah, itu kenapa kampusnya cakep-cakep banget dah ahhh… Jadi pengen kuliah lagi di semua kampus-kampus itu. Hehehe.. Tapi klo diliat-liat saya sih suka Yonsei University sih. Suka banget liat bentuk tamannya yang artistik berpadu ciamik dengan dinding bata merah jadul itu.

    Balas
  2. Molly pingin banget kuliah di sana. Apalagi yonsei itu loh. Mirip kek hogwarts vibesnya. Kalo lagi dipake syuting kira2 mahasiswanya terganggu gak ya? Terus mereka pindah ke mana coba belajarnya?

    Balas
  3. Wow kampusnya bagus2 yaa, besar dan bersih. Ada kelas internasional juga, jadi kalau gak terlalu mahir bahasa korea ya aman karena pakai bahasa inggris.

    Semoga kelak bisa jalan2 langsung ke sana.

    Balas
  4. Wah, banyak juga kampus kampus estetik di Korea
    Kampus kampus ini juga sering jadi lokasi syuting drama Korea ya teh
    Kampus estetik dengan oppa oppa yang sangat menarik
    Hahah

    Balas
    • Setuju Pak Bams, mutu pendidikan ini jadi nilai utamanya.
      Apalagi kalau udah nonton drakor maupun filmnya, jadi dapat gambarannya juga sekalian

      Balas
  5. Bangunannya megah banget kampus di Korea… dinding batu bata klasik gitu juga bagus yaa. Foto wisuda di depan gedung rasanya WOW gitu!
    Kalau di Jakarta yang ku tahu depannya klasik itu FKUI dengan pilar-pilar megah.
    Mbak Len tahu kampus mana lagi di Indonesia yang punya bangunan kuno gini?

    Balas
  6. kalo bangunan kono itu kenapa megah dan luas ya hehe kan jadi mau kuliahin anak disana juga.. menurutku kuliah disana bakalan betah sih, apalagi kalo sesuai dengan jurusan yang diminati, semoga bisa lulus kuliah tepat waktu dengan hasil maksimal

    Balas
  7. Jurusan jurusannya sangat supportif dengan kesenian bangeett. Jadi aktor & aktrisnya bener2 bisa berkembang dan milih jurusan yang terbaik. Aku kenal beberapanya dari drakor niih, hahaha. Paling kenal sih true beauty, soalnya termasuk yang baru aku tonton 😁

    Balas
  8. Waahh kampusnya lucu2, aeathethic semua yaaaa.
    Hmm, kalo aku tertarik kuliah lagiiii (( ke Korea)) mau di Yonseii University, vintage banget tuuh.
    Jadi, Lendy mau kuliah di kampus mana nih, bisikiiin donk, biar barengan aku bisa niron kalon ada tugas2 , eehhh…

    Balas
  9. kampunnya keren keren, semua desainnya klasik dan masih terkesan jadul tapi super megah yah. Apalagi ini tamannya super luas, menyenangkan sekali bisa menjadi mahasiswa disana, apalagi jurusan kuliahnya kece kece semua sih ini

    Balas
  10. Rata2 bentuk kampusnya malah lbh modern ya kak. Ga bergaya korea lagi.

    Aku malah ngelihat malah bergaya Eropa modern meski ada kampus yg ngasih aksen kerajaan Korea di depannya.

    Emg kalo buat syuting drakor/konser, bikin latar belakang acara smkn mewah. Dan yg penting, beda bgt dgn konser kebanyakan di panggung.

    Balas
  11. Entah kenapa kalau dengan kampus vintage di sana yang langsung terlintas oleh daku adalah saat Gu Jun Pyo sekolah.. huakakak,
    Mungkin karena itu drakor yang pertama daku tonton kali ya, hihi

    Balas
  12. Bangunan Korea University beneran seperti di negeri dongeng kalau menurut saya.
    Bangunan di luar negeri gak diisengin masyarakat ya. Dilindungi. Jadi tetap terjaga
    Di negara kita, jangankan bangunan besar, rumah kontrakan atau sekolah saja udah banyak vandalisme nya

    Balas
  13. Korea University itu udah tua banget ya.. bangunannya cakep. Udah dari dulu ini kampus sejak masa pendudukan Jepang, dan akhir masa dinasti Joseon. Menarik nih.. siapa yang kuliah di sini pasti seneng banget. Jad pengen kuliah di Korea Selatan nih, tapi umur sudah engap untuk belajar lagi hiihih.

    Balas
  14. Bagus-bagus ya mba bangunan kampus di Korea Selatan. Memiliki ciri khas masing-masing dan keindahannya sendiri. Tidak hanya cocok sebagai tempat menimba ilmu tapi juga sebagai tempat nongkrong bareng teman-teman, nih. Pasti bikin betah!

    Balas
  15. Iya banget, sering penasaran deh aku sama kampus-kampus cakep di drakor-drakor. Itu toh ya. Aku baru tahu nama-namanya. Bangunannya keren-keren. Vintage tapi modern, tapi masih terawat dengan baik. Kepengen deh bisa jadi mahasiswa di sana. Hehehehe.

    Balas
  16. Ingin mampir ke Yonsei University trus foto di halaman depan. Cakep banget ada tamannya seperti kerajaan. Eh jadi mau lihat bagian dalamnya bagaimana yah. Klasik atau lebih modern.

    Balas
  17. Bangunan Korea University dan Yonsei University ini cakep banget ya. Pengen suatu hari bisa ke sana dan lihat secara langsung. Semoga nanti ada jalannya. Yuk, bareng ke KOrea yuk, Kak Lendy… hahaha

    Balas
  18. entah kenapa kampus-kampus luar negri itu, estetikanya dijaga banget, bahkan bangunan tuanya bener-bener diperhatikan dan dipelihara sampai sekarang, agak berbeda dengan yg lokal kebanyakan bangunannya baru semua

    Balas
  19. Mas Lee Sang Yoon yang jurusan Fisika, saya yang pusing ha ha. Keren banget ya dia, sudah masuk Universitas paling top di Korsel, jurusannya Fisika plus nilainya tinggi pula. Bangunan kuno kalau terawat dan masih dipergunakan memang jadinya keren dan estetik. Kalau di Indonesia, jadi ingat bangunan FKUI, kalau nggak salah masih ada bangunan lama yang dibangun tahun awal tahun 1900. Lain lagi kalau bangunan kuno & nggak terawat apalagi di Indonesia, wah pasti langsung banyak cerita mistisnya hehe.

    Balas
  20. Beberapa teman saya ada yang kuliah di kampus-kampus itu, mereka sering cerita nyamna dan estetik banget kampusnya meski pun dengan bangunan kuno justru kayak vintagenya dapat banget, ternyata banyak selebriti yang memang kuliah di kampus-kampus keren itu ya

    Balas
  21. Kampus-kampusnya cakep amat yaa, gede pula. Mahasiswanya berapa ribu itu?

    Gak heran kampus2 itu jadi tempat syuting drakor karena emang estetik dan cocok.

    Kalo daku jadi mahasiswanya juga bisa hunting foto plus selfie tiap hari di sana wkwkkwk.

    Balas
  22. Beruntung banget aku berarti pernah berkunjung dan belajar di SNU biarpun cuma 10 hari. Hehe. Dulu sih nggak ngerti kalau SNU itu salah satu kampus terbaik di dunia. Ngertinya hanya sebatas, ini lho kampus terkenal di KorSel setara kayak UGM, ITB, UI kalau di Indonesia. Ternyata reputasinya sangat luar biyasah. Hahaha..

    Aku lupa-lupa ingat gimana bangunan kampusnya, yang aku ingat dari satu gedung ke gedung lain kudu jalan kaki dan itu capee bangeett asleehh. Pertama datang, dari gerbang ke SNU pun jalan kaki sampai asrama, geret-geret koper, mau nangis. Wkwk.. Setelah satu dua hari di sana barulah sadar kalau aku terlalu dimanjakan, ke mana-mana naik motor, padahal mahasiswa di sana demen banget jalan kaki. Duh, maaf Mbak Len malah curhat ke sini. Wkwk..

    Balas
  23. Emang keren-keren sih bangunan kampusnya. Beberapa emang familiar kayak yang sering ada di drama-drama Korea yang sudah kutonton. Jadi, pingin merasakan situasi dan kondisi di kampus-kampus itu.

    Balas
  24. Sebuah tulisan dengan sudut pandang yang menarik. Memadukan industri pop culture Korea Selatan dengan institusi pendidikan. Kalau diminta milih, saya memilih kampus yang alumninya pernah jadi presiden saja, hehe.

    Balas
  25. Wah, setelah menyimak tulisan ini, saya jadi terinspirasi untuk membuat daftar kampus di Lombok, khususnya Lombok Timur.
    Apalagi kalau di kabupaten ini, jalan-jalan ke Pantai Pink Lombok atau Desa Sembalunnya, relatif dekat.
    Walau tentu jauh beda standar kualitasnya dibandingkan 3 kampus terkeren di atas, yang menjadi akronim SKY.

    Balas
  26. Ternyata di Korea Selatan banyak sekali kampus dengan bangunan tua yang sangat cocok untuk dijadikan setting atau lokasi dari film maupun miniseri. jadi tidak perlu keluar negeri karena di dalam negerinya sendiri sudah ada. selain menghemat biaya juga tetap bisa sesuai dengan jalan ceritanya.

    Balas

Tinggalkan komentar