Teror Mengerikan dari Kingdom: Ashin of the North

Kingdom: Ashin of the NorthAnnyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Sudah cukup lama sekali menantikan side-quel drama yang satu ini. Dan aku terbilang terlambat menonton Drama Kingdom, karena dulu asa suka banyak alesan mau nonton. Yang gak tipikalku lah.. serem lah…jijik laah… ((karena zombie kan biasanya berdarah-darah gitu yaa..)) dan lain-lain. Ternyata setelah menonton drama Kingdom 1 dan gak terasa uda nyambung nonton drama Kingdom season 2.

Mantaap!
Aku suka banget tipikal drama no menye-menye dan tegas maksudnya kemana. Aah, langsung jatuh cinta sama serial yang berdasarkan webcomic berjudul “Burning Hell Shinui Nara” yang ditulis oleh Kim Eun-Hee dan ilustrator Yang Kyung-Il ini.

Jadi,
Gimana sinopsis dan review drama Kingdom: Ashin of the North (2021) kali ini?

Kingdom: Ashin of the North

Review dan sinopsis Drama Korea Kingdom: Ashin of the North (2021) Jun Ji Hyun

Profil Drama

Judul : Kingdom: Ashin of the North
(Kingdom: Ashinjeon/ 킹덤: 아신전)

Sutradara : Kim Sung-Hoon
Penulis Drama & Webcomic : Kim Eun-Hee
Ilustrator Cartoon : Yang Kyung-Il

Pemeran Utama Drama Kingdom: Ashin of the North :

Gianna Jun/ Jun Ji-Hyun as Ashin (dewasa)
Kim Shi-A as Ashin (anak-anak)
Park Byung-Eun as Min Chi-Rok (Panglima Perang Joseon daerah perbatasan Utara)

Pemeran Pendukung Kingdom: Ashin of the North :

Kim Roe-Ha as Ta-Hap (Ayah Ashin)
Koo Gyo-Hwan as Aidagan (Pemimpin Suku Pajeowi)

Genre : Drama, Action, Thriller, Historical, Horror, Zombies

Network : Netflix
Episode : 1
Runtime : 93 min.

Release Date : July 23, 2021

Rating : ⭐⭐⭐⭐ /5

Sinopsis Kingdom: Ashin of the North

Kisah Kingdom Ashin of the North ini jika menonton seri sebelumnya adalah awal dari segala rentetan yang terjadi di Kingdom 1 dan Kingdom 2, sebelum sang Raja Joseon dan Rakyat Desa Sumang terinfeksi virus zombie yang memang sengaja dilakukan untuk tujuan tertentu.

**untuk lebih jelasnya, ke review aku sebelumnya yaa… Kingdom 1 dan Kingdom 2 sudah aku tulis dan linknya ada di paragraf pertama.

Gak kalah serunya, di Kingdom kali ini menceritakan mengenai satu tokoh utama, yakni seorang anak perempuan yang bernama Ashin. Siapa Ashin? Kok bisa-bisanya dia memenuhi seluruh cerita sidequel Kingdom kali ini?

Siapa Ashin?

Kisah Ashin dalam drama Kingdom: Ashin of the North. Siapa Ashin?

Ashin adalah seorang anak kecil yang berasal dari suku Jurchen Pajeowi yang tinggal di perbatasan dataran Manchuria sebelah Utara sungai Amnok. Di daerah ini, terdapat sebuah lembah yang subur penghasil ginseng yang menjadi rebutan Pemerintah petinggi Joseon dan suku-suku yang tinggal di sekitar lembah Pyesa-gun.

Tidak hanya ginseng, di lembah ini pun tumbuh subur tanaman pembangkit yang legendaris, bisa menghidupkan orang mati. Namun sayangnya, karena ada rumor harimau yang ganas, lembah ini menjadi tidak pernah lagi di datangi oleh suku-suku di sekitarnya, Mereka lebih memilih hidup damai dan apa adanya.

**karena tipikal harimau atau hewan liar adalah ketika habitat mereka tidak diganggu, mereka akan menjauhi manusia. Mereka gak berani menyerang pedesaan.

Patroli Tentara Joseon

Namun nyatanya, tentara Joseon kerap berpatroli di lembah Pyesa-gun ini secara rutin dan menemukan fakta bahwa ada sekelompok suku Pajeowi yang meninggal secara misterius. Kenapakah?

Untuk menginvestigasi lebih lanjut, para mayat dibawa ke camp militer Joseon di daerah Chupajin. Camp militer ini dipimpin oleh Min Chi-Rok (diperankan oleh Park Byung-Eun). Fakta apa yang mereka temukan dari hasil autopsi mayat-mayat tersebut?

Park Byung-Eun sebagai Panglima Perang di Kamp Militer Chupajin Drama Kingdom Ashin (2021)

Ternyata, mayat-mayat tersebut tidaklah mati dibunuh harimau ganas yang selama ini beredar di kalangan masyarakat, namun karena dibunuh oleh salah seorang Pemerintah Joseon sendiri yang ingin menguasai ginseng terbaik dari Pyesa-gun. Siapalagi pelakunya kalau bukan dari klan Haewon Cho.

Solusi yang Diambil

Ternyata keadaan ini akan menimbulkan perpecahan antara Pemerintah Joseon dan Rakyat suku Pajeowi yang terkenal aresif, kuat dan gigih. Begitu tahu saudara mereka dibunuh Pemerintah Joseon, maka peperangan pun akan tercetus dan bisa-bisa Joseon akan runtuh. Karena di saat yang bersamaan juga, Joseon sedang bertahan dari serangan Jepang yang ganas.

Memikirkan taktik yang tepat, akhirnya sebagai Panglima, Pak Min Chi-Rok memilih mengajak bekerjasama antara rakyat Pajeowi untuk menangkap harimau ((seperti yang di rumorkan)). Kalau pun rakyat menemukan harimau tersebut, harapan Pak Min Chi Rok, suku Pajeowi gak akan mempermasalahkan kematian saudara-saudara mereka, toh memang kejadian alam.

Sinopsis dan review singkat Ending Drama Kingdom Ashin of the North

Dan memang harimau itu ada…
Namun anehnya, saat harimau itu mati dibunuh suku Pajeowi yang berpatroli bersama Pemerintah Joseon, organ si harimau sudah pada hancur. Seolah-olah harimau itu sudah mati sekian lamanya, tapi hidup.

Nah loo…

Misteri Tanaman Pembangkit

Tanaman Pembangkit yang ada di drama Kingdom 1 dan 2. Drama Kingdom Ashin of the North

Di sinilah rantai makanan terjadi. Ketika rusa memakan tanaman pembangkit yang mengandung telur virus zombie, maka si rusa menjadi zombie tak terkendali, Namun saat menyerang harimau, rusa ini kalah dan akhirnya malah harimau ini jadi zombie. Dalam rantai makanan yang terkuat, harimau memimpin namun telah menjadi zombie. Kebayang daya hancur yang ditimbulkannya kan yaa..?

Tak cukup sampai di sini, Pak Min Chi Rok meyakinkan bahwa yang membunuh saudara-saudara mereka bukan hanya harimau, tapi seseorang dari suku Pajeowi yang tinggal di perbatasan. Dan tuduhan palsu itu mengarah ke suku tempat tinggal Ashin tinggal.

Lalu, seluruh Keluarga Ashin dibantai secara tidak menausiawi, atas dasar fitnah dari Pak Min Chi Rok yang menghasut Kepala Suku Pajeowi yang ganas. Karena fitnah lebih kejam, daripada tidak memfitnah, tanpa ba-bi-bu Kepala Suku Pajeowi membantai seluruh keluarga Ashin. Sedangkan Ashin sendiri selamat karena ia sedang mencari obat untuk Ibunya yang sedang sakit di Pyesa-gun. Sedangkan Ayah Ashin sedang menjadi mata-mata atas perintah Pak Min Chi Rok.

Koo Gyo-Hwan as Aidagan (Pemimpin Suku Pajeowi) Ending Drama Kingdom Ashin of The North
Kepala Suku Pajeowi yang kalo diliat-liat, naha mirip Kang Ariel NOAH nya??

Akankah Ayah dan anak ini kelak bertemu kembali?

Ashin yang Penuh Luka

Anak sekecil Ashin menemukan sang Ibu, adik dan saudara-saudara lainnya meninggal dengan cara mengenaskan, akhirnya mengadukan kejadian itu kepada Pak Min Chi Rok. Ia bercerita sambil menangis dan meminta tolong kepada Pak Min Chi Rok sebagai salah satu aparatur pemerintahan Joseon yang dihormati, untuk bisa membalaskan dendamnya.

Ashin akan melakukan apa saja, pekerjaan yang paling hina sekalipun ((jadi inget Hae So yang turun pangkat jadi tukang cuci kerajaan dalam drama Moon Lovers)). And you know what? Ashin bener-bener gigih bekerja keras membantu Pak Min Chi Rok. Dengan diam-diam memata-matai camp suku Pajeowi tempat si Pak Kepala Suku ini tinggal. Terus mencuci baju para tentara Joseon, hingga tak terasa waktu pun berlalu….

Selain pekerjaan yang tampak, Ashin diam-diam sering main ke hutan Pyesa-gun sendiri untuk berlatih memanah. Setiap malam, Ashin mengasah mata panahnya agar lebih kuat dan tajam. Bagi Ashin, tidak ada kata lelah untuk berjuang, meski ia seorang perempuan.

Hebat banget!

Hingga pada suatu hari, Ashin nekat memasuki camp Pak Kepala Suku Pajeowi daaaan….
Ada kejutan yang menanti disana.

Kejutan apakah itu?

Coba cari tahu sendiri yaa, sahabat lendyagassi.
Awal-awal nontonnya emang perjuangan banget sih..karena memaparkan banyak prolog panjang yang bikin ngantuk. Namun setelah sampai Ashin dewasa, semakin seru tuh…ceritanya. Aku salut sama penulis drama Kingdom. Asik banget.

Kingdom bagiku gak pernah kehilangan pesonanya.

Kesan Pertama Nonton Drama Kingdom : Ashin of The North

Seperti yang aku bilang, awal-awalnya ngentuk bet… Aku gak tau mau dibawa kemana ceritanya kok mbuletisasi dan emosyenel sekali. Mana jarang adegan zombienya lagi, hahaha…aku kan menanti ada orang teriak-teriak “Aaarggh….arrggh…” terus gigit sana, gigit sini.

Tapi ternyata, setelah pertengahan cerita, terutama saat Jun Ji Hyun aka. Ashin dewasa sudah mulai melihat dunia, ia semakin peka terhadap keadaan sekitar. Anaknya cerdas dan cepat tanggap. Walau aku gak setuju juga dengan keputusan yang dia ambil. Tapi, ini wujud emosi nyata dari seorang anak yang memiliki banyak luka semasa kecilnya.

Bagaimana ending Kingdom Ashin of The north? Ending plot twist Jun Ji Hyun sebagai Ashin.

Ashin bukan anak yang cengeng dan berjiwa lemah, ia anak yang kuat dan kekuatannya itu dibentuk oleh keadaan. Sehingga, aku salut sama ending yang diberikan Kingdom : Ashin of The North. Gak nyangka banget banget….

Lesson Learn Drama Kingdom : Ashin of The North

Hidup penuh perjuangan

Ya, gak ada yang namanya hidup gak ada masalah dan gak strugglingnya. Selama masih diberi nyawa, pasti ada hal-hal yang challenging, harus dipecahkan dan penuh strategi.

Aku suka banget dengan plot storyline Kingdom Ashin kali ini. Ashin digambarkan adalah gadis polos dan lugu. Namun sekali membaca, melihat dan berlatih secara mandiri terus-menerus, ia bisa hebat melakukannya. Ashin adalah sosok perempuan yang sayang keluarga dan sukunya.

Sehingga keputusan inilah yang diambil dan berita gembiranya, bakalan ada seri Kingdom terbaru, Kingdom: Crown Prince. Yeayy! Gak sabar liat akting Ju Ji-Hoon setelah gagal naik tahta jadi Raja Joseon dan melihat perkembangan sang adik tiri yang sebenarnya adalah bukan garis asli keturunan keluarga Kerajaan.

Kita nantikan sama-sama yuuk, sahabat lendyagassi.

Think before you speak and act

Ya, harusnya kita semua tahu sih… semua keputusan selalu mengundang konsekuensi sesudahnya. Termasuk ketika Pak Min Chi Rok mengambil keputusan untuk memprovokator dan memfitnah sukunya Ashin. Ia hanya tidak ingin Joseon hancur. Namun apa yang terjadi?

Ketika keputusan menyakiti suatu suku terjadi (berlaku tidak adil), maka akan ada konsekuensinya. Dan ternyata ini yang harus ditanggung saat Pemerintahan Joseon sedang genting oleh peperangan. Jatuh karena virus zombie yang merebak semakin luas.

Dendam itu tidak baik

Apakah ada kepuasan setelah membalaskan dendam? Mungkin kepuasan dalam waktu yang singkat. Namun dimana-mana, dendam akan menimbulkan keresahan dan perasaan tidak nyaman bagi dirinya sendiri, terutama.

Scene Ashin yang paling meng-sedih

Tapi sejujurnya, kalau aku di posisi Ashin, aku gak akan bisa setegar dia sih… Jadi aku pikir drama Kingdom: Ashin of the North (2021) ini ingin menunjukkan juga dari sisi hukum dan kedudukan manusia. Bahwa manusia memiliki hak untuk hidup damai di atas tanah Kerajaan Joseon dan mendapatkan perlindungan yang sama dengan rakyatnya yang lain.

Begitu yaa…
Pesan moral dan ending dari Drama sidequel Kingdom yang berjudul Kingdom: Ashin of the North (2021). Suka banget karena ini yang dinanti-natikan sejak lama. Apalagi Jun Ji Hyun mengaku kalau penggemar serial Kingdom juga. Jadi ia sangat bahagia memerankan karakter Ashin di drama ini.

Sahabat lendyagassi sudah nonton 1 episode special Kingdom: Ashin of the North (2021)?
Cuss nonton di Netflix.

안녕히 가세요~
Good bye.

With love,

Spread the love

81 pemikiran pada “Teror Mengerikan dari Kingdom: Ashin of the North”

  1. Baca ceritanya, jadi inget The Tale of Nokdu. Dong Joo, anak perempuan yang juga menyimpan dendam karena keluarganya dibantai. Bedanya, kalo ngga salah ingat yaa, Dong Joo masih ada hubungan kekerabatan dg kerajaan.

    Pada akhirnya sih dia menyesal kenapa harus menyimpan dendam tak berkesudahan. Kalo ngga nyimpan dendam, mungkin dia udah hidup aman, damai, tentram dengan laki-laki kesayangannya.

    Apakah cerita ini endingnya juga sama? Ah, jadi penasaran deh..

    Omong-omong Kak Lendy rajin banget, yaa.. Baru release udah ditonton dan ditulis review-nya. Kereeennn…

    Balas
  2. Drakor sageuk yang keren ini, Kak. Seneng banget kalau tokoh supernya wanita, apalagi ada perrebutan lahan ginseng yang memang berharga ya. Penasaran dengan kejutan lainnya. Cocok nih buat ditonton selama PPKM 🙂

    Balas
  3. Udaaah doooiing :D. Aku tuh blm nonton drakor kingdom 1&2 sbnrnya. Tapi Krn di IG filmnya ini banyak bgt seliweran, trus pak suami yg ga suka drakor kok ya tumben mau nonton yg versi film, aku lgs tertarik. Apalagi setelah tahu filmnya ini justru awal mula kejadian kan. Makanya aku nonton filmnya dulu. Ntr abis ini aku mau marathon drakornya.

    Seruuuuu. Aku ga nyangka Jun ji hyun bisa jadi cewe kuat giniiii. Terbiasa nonton dia jadi cewek cantik yg lembut, anggun dan lucu hahahahah. Makiiin suka Ama diaaa :D.

    Balas
  4. Teh Lendy, sebelum komen postingannya aku mauu bilang kalau uwaaaah ternyata migrasi ini ya Teh. Baru tahu karena baru berkunjung lagi 😀 kukira awalnya ganti template, lihat linknya lagi udah beda. Sukaaak teeeh, lebih fresh dan tjakep 😀 makin makin kereeen dehhh

    BTW mengenai drama ini, sering banget seliweran dan cukup membuatku penasaran tapi nggak nyari tahu ((kebiasaan)). Kukira ini film gitu tapi ternyata drama ya, visualnya menarik sih tonenya dingin-dingin sendu gmn gitu. Yg menarik lainnya bagiku ini krn tokoh perempuan yang memanah. Ternyata dari cerita ini kompleks ada zombi2nya juga ya hahaha tadi sempet “wah alurnya mayan kompleks juga nih”. Mumpung lg on going sptinya aku mau coba nonton uy

    Balas
      • Oalaaaah sliwer lagi akuuu, baiklah mumpumg film ini mah wajib kutonton. Kebetulaan lagi butuh tontonan, dan tentu saja yg bikin kutertarik ya tokoh prempuan dengan panahannya. Kayanya emosi yg dibangun intense jg ya karena didasari dendam itu hihi

        Balas
      • Wah.. makin mupeng ternyata ini film.. soalnya kalau drakor masih belum sempat waktunya huhuhu.. maklum.. tipe orang nonton drakor sampe final dalam sekali waktu tuh nggak seru aja kalau kepotong potong. Btw makasih review nya, Mbak.. Cus cari film Kingdom dari yang pertama sampai yang ini nih..

        Balas
  5. Ashin, huhu … kebayang gimana dia menemukan keluarganya dibantai habis-habisan waktu ia kecil. Ah pedih banget trus ia harus berjuang dan percaya pada orang yang malah memfitnah keluarganya.

    ku tebak waktu masuk tenda, Ashin menemukan ayahnya? bener ga? atau menemukan kenyataan pahit bahwa si bapak Rok itu pelakunya?

    Balas
  6. aku pengen bilang keren filmnya. tapi kayaknya buat aku mah berat banget.
    kondisi sekarang yang aku butuhkan kayanya cuma film ringan yang bikin ketawa ngakak dan termehek-mehek liat pasangan saling tebar pesona

    Balas
  7. Aduh, apa yang terjadi kalau Ashin akhirnya tau bahwa Pak Min Chi Rok yang memfitnah dan menghasut Kepala Suku Pajeowi sehingga keluarga Ashin dibantai? Gak bisa bayangin deh gimana reaksinya. Tapi pada akhirnya akan terungkap juga kan. Terus endingnya bagaimana? 😀

    Balas
  8. Tiap mampir ke sini pasti makin nambah list film-film yang harus ku tonton setelah referensi kemarin tentang drakor yang ada di bulan Juli tayang, aku mau download ini aja dulu mumpung gak harus nunggu per episode yangbkin tambah penasaran sama endingnya.

    Balas
  9. Benar ya kalau fitnah memang lebih kejam dari pembunuhan. Gara-gara fitnah, sampai terjadi pembantaian. Kayaknya tante saya lagi nonton ini. Suka lihat dari WA storynya hehehe

    Balas
  10. Aku belum nonton Ashin, Kingdom 1, Kingdom 2. Kata temenku memang bagus sih itu semua. Aku nonton cuplikannya aja sih, Mbak. Belum berani nonton full episode. Masih serem sama si zombie sih aku soalnya. Film Korea tentang zombie yang bikin aku terkesan itu film Korea Train to Busan.

    Balas
  11. seru ya ceritanya, bikin penasaran, terutama Ashin ini. Baca review dari teh Lendy jadi ikut sedih dan merasakan apa yang dialami Ashin. Seneng banget ada sudut pandang yang menyatakan bahwa balas dendam itu tidak baik, jadi sebagai pertimbangan buat penonton juga yaa. Mantap teh reviewnya 🙂

    Balas
  12. Zaman dulu kejadian seperti Ashin ini memang pernah terjadi. DI zaman dimana yang kuat mengalahkan yang lemah. Kasihan ya ibu, bapak dan keluarganya meninggal semua. Pasti luka banget batinnya.

    Balas
  13. rame nih mbaa bannyak yang ngomongin. aku sih belum nonton, kayaknya nunggu jadwal bener2 longgar deh biar langsung bisa marathon heheh

    Balas
  14. ngebayangin jadi ashin kok sedih banget masih kecil udah ditinggal orang2 tersayang. tapi justru keadaan yg begitu membuat dia jadi kuat dan mandiri ya mbaaa..

    Balas
  15. udah nonton mbak, serem sih filmnya. ternyata begitu toh asalnya kenapa banyak zombie di masa joeson. gara gara manusia juga sih ya gak amanah dan gak menghargai manusia. jadi lahir manusia lain yang lebih kejam lagi untuk balas dendam. sedih pilu, haru, tapi juga ngeri

    Balas
  16. Kalau aku, emang gak ada niat buat nonton Kingdom karena aku gak suka zombie. Nanti malah misuh karena lihat yang jelek-jelek, hahaha. Tapi setuju sih. Tipe drama kaya gini tuh to the poin, gak akan mbleber ke mana-mana

    Balas
  17. Saya tuh seneng banget loh baca blognya lendy. Soalnya saya jadi orang paling update di grup wa drama korea… hahahaha… walaupun saya lebih banyak yang ga nonton drama-drama yang ditulis lendy, karena genrenya bukan saya banget.. hahaha…tapi suka bacanya.

    Balas
  18. Aku seneng banget kalau nonton drakor berlatar Sageuk begini. Busana dan budaya sangat kental ditampilkan. Jadi belaar banyak, terutama bahasa masa itu. Apalagi kalau ada protagonis wanita yang super. Walau belum nonton, jadi bisa bayangin gimana serunya perburuan ginseng berharga dan harimau zombie yang misterius. Pelajaran pentingnya: jangan suka provokasi ya, ini kontekstual dg zaman sekarang pas org suka nyebar hoaks.

    Balas
  19. Maaaaaf… numpang ngakak dulu waktu baca caption : Kepala Suku Pajeowi yang kalo diliat-liat, naha mirip Kang Ariel NOAH nya wkwkwk … eh tapi memang mirip sii…

    BTW saya kalau disuruh memilih genre seperti Kingdom Ashin ini dengan genre yang ((menye-menye)), saya lebih suka yang ada romansa-romansaan hihihi

    Balas
  20. Belum nonton akutuuu huhuhu. Jadi tenang mbak, kamu tidak ketinggalan kok. Aku lebih ketinggalan hahaha. Sebenarnya ini juga bukan genre favoritku sih. Masih maju mundur nontonnya. Tapi ini termasuk season yang ditunggu ya. Semacam aku menunggu Penthouse hihi.

    Balas
  21. Akhirnya saya menyaksikan sendiri betapa seriusnya penonton pencinta drakor, hahaha.
    Itu tuh putri bungsuku bela-belain begadang hanya untuk menonton film ataupun drama Korea.
    Saya mau rekomendasikan film Kingdom ini deh, apakah ia tertarik juga?
    Kebayang perasaan Ashin meneumakan keluarganya yang mati karena dibantai, betapa traumanya. Tetapi salut karena penulis menjadikan Ashin sebagai pribadi yang kuat sekalipun memiliki dendam terselubung. Ntw, penasaran sama plot twistnya. Kira-kira apa yang bikin Ashin terperanjat?

    Balas
  22. Review filmnya detail banget …. aku jadi penasaran mau nonton .. film ini ada kaitannya sama kingdom yg tahum lalu ndak si ?

    Balas
  23. Kalau dari webcomic biasanya memang keren ya… Apalagi besutan Netflix, ga kalau sama film hollywood. Kapan-kapan nonton ah…

    Balas
  24. Masih maju mundur mau nonton ini. Talut zombie nya banyak. Tapi juga pengen nonton karena ada mbak jihun. Ceritanya pasti oke nih.

    Balas
  25. Saya belum nonton Kingdon Ashin of Ther North 1 Mbak. Membaca ulasannya, ceritanya terlihat kalau bukan jenis drama yang “menye-menye” .

    Latar kisahnya tempo doeloe, sepernah saya nonton film…hampir selalu menyuguhkan kisah dan visualisasi yang menarik, gak bosen meski diulang-ulang nontonnya.

    BTw, awalnya saya kira tokoh Ashin ini cowok, ternyata perempuan. Sosok perempuan yang masa kecilnya mengalami peristiwa traumatik akut (orang tua dan saudaranya yg dibunuh dgn sadis) tapi Ashin menjadikannya motivasi untuk menempa diri menjadi pribadi yang tangguh.

    Balas
  26. Aku awalnya fokes ke bagian tanaman pembangkit yang bisa menghidupkan orang mati. Wow. Asik!
    TRus jadi takut sendiri ngebayangin harimau jadi zombi. Aduh mak, macan aja udah ngerihhh. Lha ini macan zombi. Tutup mata deh aku kalo nongtong pilem ini. #anaknyaCemen

    Balas
  27. daebak, aku udah nonton film ini mbak. dan aku suka banget. Apalagi aktingnya Jun Ji-Hyun emang gak pernah mengecewakan. Sama seperti review-review mbak lendy yang selalu lengkap dan tidak mengecewakan heheh

    Balas
  28. Ini klo ditongton sama anak aku yg cewek pasti dia suka deh teh Leeen. Masuk kan, ini amaaaan. Ashin, nggak kebayang jadi dia klo liat sekilas ceritanya. Penuh perjuangaaaan, keras banget. Aku klo nonton ini pasti gemes takol 😆😆 eh memanah yaak Ashin

    Balas
  29. Udah nonton sedikiiit, keburu mata mejem malam itu. Mau lanjut lagi malam ini, eh keingetan besok jadwal vaksin kedua, duh, haha.
    Beneran penasaran karena genrenya termasuk yang aku suka, setelah baca ini makin penasaraaaaan.

    Balas
  30. Eh sudah ganti ya, bukan lagi fitnah lebih kejam dari pembunuhan, tapi fitnah lebih kejam daripada tidak memfitnah.

    Kok saya jadi ikut emosi ya baca soal fitnah ini. Kasihan Ashin dan keluarganya jadi korban fitnahan keji

    Balas
  31. Kok aku serem ya, liat cuplikannya aja kayaknya aku ga berani liat deh, tapi banyak banget yang bilang ini bagus tapi kudu liat dari sesion pertama dulu ya mba

    Balas
  32. wah, baguus..bikin penasaran kejutan yang didapat sama Ashin. Btw aku ngakak pas dibilang kepala sukunya seperti Ariel…wkwkw..ada miripnya sih, tapi dikiit…
    Cerita drakor endingnya memang sering tak terduga ya…

    Balas
  33. wah, baguus..bikin penasaran kejutan yang didapat sama Ashin. Btw aku ngakak pas dibilang kepala sukunya seperti Ariel…wkwkw..ada miripnya sih, tapi dikiit…
    Cerita drakor endingnya memang sering tak terduga

    Balas
  34. Akkk, Mak Lendy bikin pesanaran.Apik banget review-nya dan racun banget tentunya. Pengin tahu apa yang ditemukan Ashin di camp Pak Kepala suku, juga keputusan apa yang membuat Mak Lendy kurang setuju. Netplik oh Netplik, ada aja godaannya.

    Balas
  35. Aku baca reviewnya malah jadi penasaran sama manfaat gingseng yang bisa mengthidupkan orang yang mati. Btw sama gak ya gingseng yang mereka tanam dengan gingseng yang ada di indonesia, yang daunya hijau kecil-kecil, enak dibuat indomie?

    Balas
  36. Kemarin sebelum kena Covid udah baca review-nya tapi belum sempat nyari udah keburu masuk rumah isolasi, nggak jadi nonton deh sebab saat itu butuh film yang bisa bikin ketawa. Berhubung sekarang udah sembuh, bolehlah nonton karena aku penggemar film atau serial bertema zombie.

    Balas
  37. Wah keren..

    Pertama sya mau review tulisan artikelnya yg lengkap, rapi & selalu keren.. kreatif bgt pokoknya..

    Trus kedua, film ini kayanya menarik bgt, rating bintang 5 lho, kolosal, epik & full action.. sya suka bgt petualangan macem gini, dan kadang bosan jga klo dg cerita drama dg alur maju mundur gitu.. keren dahh..

    Trimakasih telah berbagi informasinya, smoga blog nya semakin berkembang yaa

    Balas
  38. film korea yang pernah saya tonton baru-baru ini hanya parasite, hiks. Entah kenapa, kurang begitu tertarik dengan sinema korea meski teman-teman pada ngracuni, hehehe…sekali lg mungkin ini tergantung selera…

    Balas

Tinggalkan komentar