Extraordinary Attorney Woo, Akan Ada Apa di Season 2-nya?

Review Sinopsis Ending Drama Extraordinary Attorney Woo (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Drama yang semakin mengibarkan nama Park Eun-Bin dan mas Kang Tae-Oh ini sukses membuat penonton demam kalimat viral yang diucapkan sang karakter utama, Woo Young-Woo yakni “Woo to the Young to the Woo, Dong to the Geu to the Rami”.

Sampai member NCT Dream Jeno dan Jaemin gak pernah absen kalau menyanyikan lagu mereka yang berjudul “Dive Into You” (gore/ 고래) di panggung, membuat gimmick ala duo sahabat Young-Woo dan Geurami. Sebenernya sebagus apa drama Extraordinary Attorney Woo? Mengapa sampai akan ada Extraordinary Attorney Woo season 2?

Baca juga:
Bagaimana Rating Dalam Drama Korea?
NCT Dream 1st Album Repackage – “I Will Dive Into You “

Apakah karena rating semata?
Atau ada misteri yang belum terjawab di Drama Extraordinary Attorney Woo season 1?

Simak review sinopsis hingga ending Drama Extraordinary Attorney Woo season 1, kuy~
Let’s get it!

Drama Korea Extraordinary Attorney Woo (2022)

Review Sinopsis Ending Extraordinary Attorney Woo
Extraordinary Attorney Woo season 1

Profil Drama

Judul : Extraordinary Attorney Woo / Strange Lawyer Woo Young-Woo
(Yisanghan Byeonhosa Wooyoungwoo/ 이상한 변호사 우영우)

Sutradara : Yu In-Sik
Penulis Drama : Moon Ji-Won

Pemeran Utama Drama Extraordinary Attorney Woo :

Park Eun-Bin sebagai Woo Young-Woo
Kang Tae-Oh sebagai Lee Jun-Ho

Pemeran Pendukung Drama Extraordinary Attorney Woo :

Kang Ki-Young sebagai Jung Myeong-Seok
Baek Ji-Won sebagai CEO Han Seon-Young
Ha Yoon-Kyung sebagai Choi Su-Yeon
Joo Jong-Hyuk sebagai Kwon Min-Woo
Joo Hyun-Young sebagai Dong Geurami
Jin Kyung sebagai Tae Su-Mi

Genre : Law, Romance, Life, Drama

Network : Netflix
Episode : 16

Release Date : June 29 – August 18, 2022
Rating : 4/5

Sinopsis Drama Korea Extraordinary Attorney Woo (2022)

Sebagai orangtua memang tidak boleh meremehkan kemampuan anak. Sama seperti yang dilakukan Ayah Woo Gwang-Ho (Jeon Bae-Su) yang sedari Woo Young-Woo kecil, tidak pernah sedikitpun mengeluh apalagi merendahkan anaknya yang belum bisa berbicara.

Ia hanya melihat dan rajin mengajak ngobrol putri semata wayangnya itu, Woo Young-Woo. Namun pada suatu hari, ketika ada tetangga yang bertengkar dan Ayahnya terlibat pertengkaran, Young-Woo kecil yang kala itu berusia 6 tahun, pintar sekali merapal undang-undang terkait kekerasan. Dan itu membuat sang Ayah bengong. Kok bisa anakku di usia semuda ini menghapal undang-undang dengan fasih?

Mengenal Karakter Istimewa Woo Young-Woo

Arti nama Woo Young-Woo adalah (Woo) nama marga yang berasal dari Danyang, Provinsi Chungcheong Utara, (Young) artinya kelopak bunga sedang kan (Woo, terakhir) memiliki arti keberuntungan. Sehingga penggabungan nama Woo Young-Woo memiliki arti secara harfiah “Orang cantik yang membawa keberuntungan.”

Ending explanation Extraordinary Attorney Woo
Woo Young-Woo diperankan oleh Park Eun Bin

Seorang gadis yang sejak lahir sudah mengidap sindrom Asperger, gangguan mental dan saraf yang tergolong dalam gangguan spektrum autisme. Orang dengan kondisi ini mengalami gangguan kemampuan dalam berkomunikasi dan interaksi sosial, meski masih memiliki kecerdasan dan kemampuan berbahasa yang baik. Namun Woo Young-Woo memiliki IQ 164 sehingga memiliki daya ingat luar biasa dan gak pernah melupakan hal yang dilihatnya juga memiliki proses berpikir yang kreatif. Sejak kecil, Woo Young Woo yang telah menghafal pasal-pasal hukum bersama sang ayah tumbuh dewasa menjadi seorang pengacara.

Yang unik adalah meski sindrom yang dialami Woo Young-Woo ini menyulitkan ia mendapatkan pekerjaan pada awalnya, namun akhirnya ia berhasil masuk ke firma hukum terkenal, Hanbada Law Firm. Di sini ia mulai menjalani kehidupan interaksi sosial yang sesungguhnya.

”Namaku Woo Young-woo, dibaca dari depan atau belakang, tetap Woo Young-woo. Seperti kata (dalam bahasa Korea) angsa, tomat, Swiss, India, bintang jatuh, Woo Young Woo,”

Perkenalan Woo Young-Woo

Drama Tanpa Beban

Meski genrenya drama hukum, namun drama Extraordinary Attorney Woo ini bisa dikatakan drama tanpa beban. Kasusnya terjadi per-case per-eps dan tidak saling menyambung. Sehingga termasuk drama ringan yang asik untuk dinikmati. Apalagi sering muncul CGI ikan paus sebagai hewan imajinasi Woo Young-Woo. Kenapa paus?

Karena hewan paus cocok dengan penggambaran karakter Woo Young Woo, seorang pengacara autis yang berjuang melewati dunia orang “normal” pada umumnya untuk hidup dan bekerja seperti orang lain. Paus kesepian 52Hz dan Woo Young Woo terhubung akan ketidakmampuannya untuk memahami atau dipahami oleh anggota spesies yang sama.

Jika diperhatikan baik-baik, Woo Young Woo ini memiliki empat digit terakhir nomor kontak yakni 5252. Nomor itu adalah simbol dari referensi untuk paus 52Hz, yang dianggap sebagai paus paling kesepian di dunia.

Paus normal biasanya memancarkan frekuensi antara 15 hingga 25 Hz. Namun frekuensi 52Hz yang dimiliki paus kesepian itu membuatnya tidak dapat berkomunikasi dengan paus normal lainnya.

Penjelasan Ending Extraordinary Attorney Woo
Misteri kartu nama Pengacara Woo Young Woo

Teori lain yang menjelaskan Woo Young Woo dan paus ini adalah penggambaran dari hubungannya dengan sang Ibu yang ternyata adalah seorang pengacara terkenal dari law firm ternama, saingan Hanbada Law Firm. Sang Ibu yang bernama Tae Su Mi (Jin Kyung) merupakan paus biru (yang ditulis sebagai paus raja dalam bahasa Korea).

Dalam salah satu episode “Extraordinary Attorney Woo”, Woo Young Woo sempat memberikan gambaran cara mengalahkan paus dewasa dengan mengatakan bahwa, “Cara paling terkenal untuk berburu paus adalah dengan membunuh bayi mereka terlebih dahulu.”

Bagaimanakah akhir hubungan Woo Young-woo dengan sang Ibu?

Perjalanan Woo Young-woo

Dalam perjalanannya bekerja dan berjuang mengahdapi kehidupan sosialnya, ia tak pernah sekalipun melupakan bahwa dirinya adalah seorang pengacara autis. Sehingga dimanapun ia menghadapi klien, ia selalu memperkenalkan diri dengan cara yang sama sehingga klien berhak menentukan memilihnya untuk kasus mereka atau tidak.

Akan ada apa di Extraordinary Attorney Woo season 2
pengacara Woo Young Woo

Sampai pada akhirnya, Woo Young woo harus melawan Ibunya sendiri di persidangan dan Ibunya menemukan fakta bahwa ia adalah anak yang dilahirkan dari hubungan tidak resminya saat ia kuliah dulu. Sang Ibu, Tae Su-Mi lalu mengasingkan diri ke Amerika dan melahirkan Woo Young woo lalu menyerahkan anaknya kepada ex-boyfriend yang merupakan Ayah Young woo dan akhirnya Ibunya kembali berkarir di bidang hukum dengan mendirikan Taesan Law Firm pimpinan beliau, Tae Su-Mi.

Ending Drama Extraordinary Attorney Woo

Tidak ada gelombang yang berarti selama menonton drama Extraordinary Attorney Woo sepanjang 16 eps, sehingga dengan ending yang terbilang biasa aja, penonton tentu akan dibuat khawatir mengenai Extraordinary Attorney Woo season 2 akan menceritakan apalagi?

Karena endingnya hubungan Woo Young-woo dengan sang kekasih, Lee Jun-Ho (Kang Tae-Oh) diceritakan tetap baik-baik saja. Lalu sang Ibu yang pada akhirnya tidak jadi mengirim Young-woo ke Boston untuk bekerja di Taesan Law Firm cabang Boston karena melihat Young-woo dikelilingi oleh orang-orang yang sayang dengannya.

Nasib Extraordinary Attorney Woo di akhir eps
Pengacara Young woo

Kenyataan bahwa Young-woo memiliki saudara tiri yang menjadi pelaku utama sebagai hacker dari RAON platform pun telah terungkap. Sang Ibu yang tadinya akan mencalonkan diri menjadi menteri pun resmi mengundurkan diri dari pencalonan karena banyaknya kasus yang telah ia lewati.

Meski begitu, Tae Su Mi bahagia karena semua masalah terselesaikan dengan baik. Sang adik yang ternyata diselamatkan oleh sang kakak yang autis menjadi pembuka mata kita sebagai penonton bahwa sebagai orangtua, tidak hanya memenuhi kebutuhan anak dengan materi, namun juga kasih sayang yang tulus, seperti kasih sayang Ayah Woo Young-woo saat membesarkan Young woo seorang diri.

Kesan Nonton Drama Extraordinary Attorney Woo (2022)

Suka banget karena baru pertama kali menonton drama bertemakan hukum yang ringan dan mudah dipahami. Walau kadang insting detektifku muncul, tapi karena gak paham hukum, rasanya setiap keputusan yang diambil pengacara Young woo ini terasa benar, aja.

Hehhe.. Tapi aku salut dengan semua penggambaran CGI ketika paus itu datang di imajinasi Young-woo dan bagaimana Park Eun Bin memerankan karakter autis yang begitu mengagumkan. Sebenarnya sudah ada banyak penggambaran anak istimewa yang diangkat dalam sebuah drama yaa.. Tapi melalui drama Extraordinary Attorney Woo, kita semua sebagai orangtua jadi bisa memiliki harapan bahwa dengan lingkungan dan pendidikan yang baik dari orangtua, maka anak-anak istimewa ini bisa berkembang sesuai dengan minat yang mereka tekuni.

  • Webtoon Review Extraordinary Attorney Woo
  • Apa judul webtoon Extraordinary Attorney Woo

Trailer Drama Extraordinary Attorney Woo (2022)

Cast Extraordinary Attorney Woo: Park Eun-Bin, Kang Tae-Oh

Nonton Drama Extraordinary Attorney Woo bikin sahabat lendyagassi merasa hangat dan jadi tau bagaimana seorang pengacara bekerja di persidangan atau dalam mengungkap sebuah kasus. Gak semua law firm maunya duit doank yah.. Masih ada kok yang membela dan bisa membedakan mana yang benar dan salah di hadapan hukum

Sungguh jadi mata air di tengah hamparan gurun pasir yang luas yaah.. ((aposee?? hahaha))

Sampai jumpa di Extraordinary Attorney Woo season 2 yang mungkin bakalan ada 3 tahun lagi karena menanti sang lead male, mas Kang Tae-Oh selesai wamil yang diperkirakan selesai tanggal Maret 2024.

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

54 pemikiran pada “Extraordinary Attorney Woo, Akan Ada Apa di Season 2-nya?”

  1. Wah jadi beneran akan ada season 2 yaa. Aku juga berharap gtu karena kemarin masih ada yang ngambang gtu. Kisah cintanya jg gtu2 haha.
    Aku ssuka drama ini krns tiap episode tu banyak pelajaran hidupnya, Gak sabar nonton kelanjutannya kalau beneran ada hehehe.

    Balas
  2. Ku masih berharap dengan kalimat terakhir sih Len… Masih ada kok Oasis di padang pasir walau yang “jujur dan benar” malah adalah orang dengan latar belakang berkebutuhan khusus. Which is terbalik maknanya

    Bahhahahhahaaa percakapan di tepi jurang ini kalau diteruskan

    Udah ah ga berani’komen lagi. Gatal gatal tanganku nanti

    Balas
    • Percakapan tepi jurang…jadi ingat somasi-nya DC deh hahaha.

      Btw..aku belum nonton full serial ini. Tempo hari kebetulan dengerin rangkuman alurnya di YT, jd bisa ngerti baca ini. Ah kayaknya asik ya lihat filmnya lgsg. Karena kalau di alur YT, ga muncul animasi pausnya hehehe.

      Oh ya…baru kemarin aku jg nonton podcast anak pengacara alvin lie. Baru berusia 15 thn tp pengetahuan hukumnya kereen. Aku ternganga deh

      Balas
  3. nonton film ini tuh lucu lucu gemes gitu lhoo. lucunya pas ngeliat relationship Woo Young Woo sama Jun Ho nyaa.
    akhir yang cukup memuaskan sih menurut aku, soalnya ternyata Tae Su Mi bisa membuktikan dia tetap bisa jadi ibu yang baik untuk anaknya

    Balas
  4. Pernah juga ada serial yang anak autis menjadi dokter. Sekarang anak autis juga menjadi pengacara. Memang jadi membuka pemahaman baru. Bahwa anak istimewa pun bisa suksesdalam bidang yang mungkin selama ini masyarakat awam pikir gak mungkin Kembali ke pendidikan orang tua juga, ya

    Balas
  5. Wah, keren ya IQ nya 164. Meskipun bukan anak yang sempurna namun daya ingatnya tinggi sekali. Sampai hapal undang-undang kekerasan beserta pasal-pasalnya. Kayaknya bisa juga menjadi detektif nih hehehe 😀 Aku belum pernah nonton bagian pertamanya sih. By the way, anak istimewa seperti ini biasanya bisa mandiri kelak dan tetap punya keberuntungan dalam hidupnya 🙂

    Balas
  6. Aku baru nonton beberapa episode awal drakor ini dan memutuskan untuk stop nonton. Soalnya aku takut ketagihan dan lupa sama kerjaan. Hahaha. Bagus soalnya jalan ceritanya. Sebagai orang yang jarang nonton drakor, aku akui Extraordinary Attorney Woo ini keren! Tapi mungkin karena sekarang udah selesai season 1, aku bisa maraton nontonnya biar sekalian kelar.

    Balas
    • Ternyata ada yang sama denganku takut ketagihan nonton drakor, haha. Saya juga gitu mbak kalau ada drama bagus gini biasanya nunggu sampai tamat dulu. Tapi ini kak Lendi ceritanya udah lengkap sampai ending saya jadinya gak penasaran lagi, hahaha

      Balas
  7. Salah satu drama kesukaan, iyaps meski bertema hukum tapi ringan dan ga terlalu menegakan.
    Tapi dibalik itu juga banyak makna serta pesan tersirat. Positif vibes lha..
    Sebenarnya udh cukup puas dgn ending di season 1
    Karna khawatir saking kelamaan (2 thn) nunggu kang tae oh wamil feel malah jd kurang berasa utk season 2

    Balas
  8. Aku belum nonton Extraordinary Attorney Woo, tapi baca spoiler waktu drama ini tayang. Bagus emang dan kabarnya bakal lanjut season 2. Tapi ya memang nunggu Tae Oh pulang wamil dulu ya

    Balas
  9. Aku belom nonton tapi udah sering kena spoiler, karena banyak yg nonton jadi banyak pendapat, ada yg bilang bagus, ada yg kurang suka karena pertengahan episode nggak ada perkembangan tokoh dan kasusnya ada yg menggantung dan ada yg kurang greget

    Balas
  10. Aku gak selesai nonton drakor ini mbak Lendy, aslinya menarik dan saya juga suka dengan temanya. Sayang banget kesibukan membuatku lupa dan akhirnya beralih ke drama cina, hahaha. Bukan drakor sejati akutu. Tapi makasih ini rangkumannya lengkap dan ada endingnya jadi tahu deh gimana akhir drama ini, trus malah gak pengen nonton karena udah gak penasaran, wkkwkw

    Balas
  11. Kadang terasa berat mikir kalau nonton drakor dengan tema hukum itu hihihi, tapi kalau di Extraordinary Attorney Woo disajikan dengan ringan ya…
    Salut dengan pengasuhan ayahnya Young Woo sampai bisa mendidik anaknya sukses di bidang yang dia sukai

    Balas
  12. Wah aku takjub deh mbak Ada drama tentang hukum yang ringan. Awalnya mau kibarin bendera putih males nontonnya. Tapi kalau sebagus ini ceritanya sih nggak bakal aku skip. Naksir sama karakter woo young wo

    Balas
  13. Dari film ini saya mengenal penyakit Asperger, awalnya kayak aneh nontonnya, Lama-lama ko seru ya filmnya karena ngerasa banyak banget insightnya yang bisa didapatkan, akhirnya suka nontonin drakor ini meski ga setiap episode full ditonton habis

    Balas
  14. Duhh jadi kangen kan sama pesonanyaa cowonya, gara2 itu aku jadi nontonin drama lain yang diperankan wkwkwk..meskipun ngga jadi pemeran utama, di Run On itu loh kak >.<

    Balas
  15. Walau belum sempat nonton, tapi rekomendasi dan review film ini sudah beredar di mana-mana memang saking bagusnya. Kesan yang kudapat, ceritanya hangat dan mendalam yaMbak. Salut dengan woo young woo yang spesial sehingga sukses jadi pengacara. Ilustrasi tentang paus biru pun menurutku keren dan out of the box.

    Balas
  16. Ide drama korea ini selalu unik dan menarik. Sepertinya akan seru nih kalau ada sesion 2 nya. Pasti banyak yang nungguin ya. Ceritanya memberi inspirasi banget, bahwa meskipun punya keterbatasan, seseorang masih bisa terus berkarya dan berprestasi.

    Balas
  17. Cerdas dari lahir ya teh dia. Udah ada minat bakat menghafal UU keren beud. Aku blm nongton iniih. Ternyata kisah hukum tapi ringan gitu ya kayak krupuk. Ringan tapi enaaak. 😂. Nggak nyangka klo ada tentang case hukum2nya

    Balas
  18. Aku kira setelah drakor ni luqr biasa ngehits abang Tae Oh bakalan urung buat wamil ternyata tetep berangkat ya. Hebat aja tekadnya. Padahal kebayamg tawaran syuting bakalan makin banyak kan. Ya wes sabar aja nunggu 3tahun

    Balas
  19. Terus terang aku sampai lupa lho kalau drakor ini tuh 16 episode, kok rasanya cuma bentar yaa hehe trus tiba2 habis gtu aja. Konflik yg serius sekali hampir gak ada. tp pelajaran hdupnya banyak. Trus aku seneng pengacara yg jahat temennya tu berubah jd baik di akhir cerita. Gak sabar nonton kalau beneran ada lanjutannya nih.

    Balas
  20. backsound nya nyandu bangettt, sampe pengen makan gimbappp mulu tiap hari karena ngikutin drakor si woo ini. Mood banget tuh pas dia ngenalin dirinya sendiri dan butuh 4-5 detik dia baru masuk ke sebuah ruangan gitu. Ah jadi ngga sabar kalo ada season 2 hehe

    Balas
  21. I see Jaemin and Jeno, and i read it till the end! Halo cizeunie teman sesama rumput hahahahahhaa. Iya gara2 drakor ini, si jeno sama jaemin juga heboh.

    Aku akuin ini drama bagus banget, heartwarming. Aku pikir bakal yg serius banget bawa intril politik, rebutan harta, pembunuhan, atau apa lah (maklum kebanyakan nonton drakor suspense).

    Eh taunya bikin aku sadar ‘oh mungkin aku jg pernah rasis kali ya’ tanpa disadari’. Aku paling tersentuh sama episode yg nyulik anak taunya diajak main itu loh. Tamparan banget buat orang dewasa yg selalu pengen anaknya juara kelas.

    Wah mau ada season 2?! Wajib sih! Soalnya akhirnya gantung banget, itu gimana coba kelanjutan hubungannya huhu

    Balas
    • Hello, our beloved alien, hahah…. ((kaya mas Doyoung, kita kaya alien yang di Toystory, warna ijo))

      Ini drama emang sebenernya separuh sindiran sih..untuk kehidupan sosial di negara mereka. Kalo boleh jujur, Korea ini sering menyuarakan jangan rasis, tapi rasisnya parah banget. Aku gak bilang masalah keyakinan, karena aku yakin rasis yang mereka lakukan juga dari keturunan. Inget-inget aja Ten pernah ngomong apa terkait WayV yang sulit berkembang.

      Apalagi orang seperti Woo Young-woo, yang punya kekurangan.
      Pasti ada dialog yang paling aku inget “Hanya karena seseorang memiliki autisme tidak berarti mereka semua harus mendapatkan perawatan, dan saya percaya ungkapan pasien autis tidak pantas.”

      Balas

Tinggalkan komentar