Bagaimana Rating dalam Drama Korea Diperoleh?

Bagaimana Rating Drama Korea Diperoleh? – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Penasaran gak bagaimana rating drama Korea bisa diperoleh?
Angka-angkanya ajaib dan kadang tentu sebagai drakorian sejati, kita gak percaya dengan rating begitu aja donk.. Tapi gak ada salahnya banget kalau kita mengikuti rating drama korea sehingga bisa menjadi rujukan kala sedang bingung mau ngikutin drakor apa.

Nah, kaya sekarang nih.. list drama bulan Januari 2022 kan sudah bejibun aja tuh… Bingung menentukan akan menonton drakor yang mana dulu? Bisa jadi, angka-angka dalam rating drakor yang disajikan oleh lembaga survey di Korea ini menjadi panutan. Suka atau enggak sama dramanya, itu keputusan setelah menonton, yang penting..ikutan hype-nya dulu. Jadi bagaimana rating dalam drama Korea ini bisa diperoleh?

Teknis Pengambilan Sampling Rating Drama Korea

Rating Drama Korea Bulan Januari 2022

Jadi bagaimana menentukan teknis pengambilan angka-angka ini agar tercipta rating yang bisa dijadikan rujukan saat menonton dan memilih drakor yang ingin ditonton?

Apa Itu Rating?

Rating adalah persentase perkiraan berapa banyak rumah tangga (household) di Korea yang memilih akses TV untuk menonton sebuah program TV pada waktu tertentu. Lalu yang menjadi tolak ukur adalah kuantitas keluar-masuk penonton dengan unit waktu tertentu, bukan kualitas program.

Jadi,
Persentase rating ini tergantung dari jam berapa mereka tayang dan hari apa. Jadi salah banget kalau kita membandingkan satu drakor dengan drakor lainnya yang waktu penayangannya berbeda.

Drama Senin, kudu diadu dengan drama Senin di slot jam penayangan yang sama. Karena hitungannya menggunakan metode sampling. Di Korea, ada dua perusahaan penyedia informasi rating TV. Salah satunya adalah Nielsen. Nielsen akan memilih sekitar 2000 rumah tangga yang dijadikan sampel untuk perhitungan rating.

Rating Drama Korea Slot hari Jum’at Sabtu

Perhitungan sederhananya kaya begini, sahabat lendyagassi. Misal blok perumahan di Gangnam ada 10 rumah yang masing-masing bisa menangkap 4 stasiun televisi : KBS, MBC, TvN, dan SBS . Di jam 10 malam, rumah 1, 2, 3 dan 4 memutar drama di stasiun KBS, lalu rumah 5, 6, dan 7 memilih menonton siaran di stasiun MBC. Rumah 8 dan 9 menonton TvN dan terakhir rumah 10 nonton SBS. Maka hitungan rating untuk KBS 4 dari 10 rumah : 40%, MBC 3 dari 10 rumah jadi 30% dan TvN 2 dari 10 rumah jadi 20%. Dan terakhir SBS hanya 1 dari 10 rumah sehingga rating untuk acara slot jam 10 hari Jum’at sebesar 10%.

Perbandingan Rating Tidak Pernah Apple to Apple

Ya, betul sekali.
Karena belum tentu di slot jam dan hari yang sama, sama-sama menyiarkan drakor. Ada juga yang acara ragam. Tapi kembali lagi kalau dihitung berdasarkan pengelompokkan acara.

Awalnya,
Aku hanya tau rating untuk film atau variety show Korea, karena kerap dijadikan tema dalam drama Korea. Sebut saja drama Korea The Producers, Pinnochio, Misty, Nine: 9 Times Time Travel, Healer, Melting Me Softly sampai Jealously Incarnate. Mereka menyelipkan kisah jungkir baliknya orang media saat acara yang mereka arrange siaran di Televisi dengan slot jam ramai.

Atau pernah juga nih.. Super Junior menawarkan ragam acara yang dibintangi oleh mereka sendiri, namun dari mulai konsep sampai pesertanya adalah para member Super Junior. Seru banget melihat mereka diskusi memilih hari sampai slot jam yang memungkinkan acara mereka bisa ditonton oleh semua kalangan.

Dan ini pastinya berpengaruh ke sponsor yang nantinya akan memasang iklan di slot jam ramai tersebut. Semakin banyak iklan yang ngantri minta slot jam tayang, semakin laris program acara TV tersebut dan semakin dipercaya jika ada acara ragam serupa yang mereka bawakan.

Pengelompokkan Sampling Rating

Perlu diketahui juga bahwa dalam melakukan teknik sampling ini ada hal-hal yang berpengaruh, seperti faktor persebaran wilayah tempat tinggal, tingkat pendapatan, jumlah anggota keluarga, dan usia anggota keluarga di rumah tersebut. Karena metode sampling ini dilakukan dengan metode statistik ilmiah, sampel-sampel yang diambil dan dihitung, bisa dianggap mewakili keseluruhan populasi rumah tangga di Korea yang memiliki TV.

Rumah yang dipilih untuk menjadi sampel Nielsen akan dipasang sebuah alat yang bisa memonitor acara TV apas aja yang ditonton oleh orang-orang yang berada di rumah tersebut pada waktu tertentu. Nama alat untuk memperoleh hasil rating adalah People Meter.

Alat mengukur Rating sebuah acara TV : People Meter

Alat People Meter ini kemudian merekam data-data yang diperoleh dari sample dan mengirimnya secara otomatis ke pusat data Nielsen setiap hari untuk dianalisis. Nielsen akan merilis sesegera mungkin angka-angka rating acara TV yang tayang di hari sebelumnya.

Perbedaan Rating Drama TV Publik dan Drama TV Kabel

Biasanya, drakor dengan eps panjang sampai ratusan eps itu tayang di TV publik dan tak jarang memiliki rating yang amazing, tinggi banget. Dan drama dengan eps pendek dengan jumlah eps rata-rata 16 eps, biasanya rating di bawah 10% dan itu sudah terbilang bagus. Mengapa?

TV Publik/ TV Teresterial

Alasan pertama, karena stasiun TV publik atau istilah lainnya adalah TV teresterial adalah stasiun TV yang memegang siaran dengan program yang dilakukan menggunakan gelombang radio dan bisa diakses oleh semua rumah yang memiliki TV. Lalu, Stasiun TV teresterial di Korea yang menayangkan drama terdiri dari KBS, MBC, dan SBS. Pemakaian istilah TV publik sebenarnya agak keliru, karena definisi TV publik adalah stasiun TV yang dimiliki oleh pemerintah, dan cuma terdiri dari KBS dan MBC.

Sementara SBS adalah stasiun TV yang dimiliki penuh oleh perusahaan swasta, tapi tetap menggunakan istilah TV publik. Nah, kan… tapi ya udah lah yaa karena sudah dikenal lebih luas juga dan familiar sama kita-kita. Saat ini ada sekitar 21 juta rumah tangga di Korea yang punya akses TV publik.

TV Kabel

Bagaimana dengan TV Kabel?
TV kabel adalah stasiun TV yang menayangkan program-programnya dengan menggunakan jaringan kabel optik dan masyarakat harus berlangganan untuk bisa mengakses siaran TV kabel tersebut.

Contoh stasiun TV kabel yang menayangkan drama di Korea adalah JTBC, OCN, TvN, TV Chosun, Channel A, dan MBN. Saat ini diperkirakan ada 18 juta rumah tangga di Korea yang punya akses TV kabel.

Jadi, sudah keliatan yaa..mengapa rating drama korea di TV Publik lebih tinggi daripada drama Korea yang tayang di TV Kabel. Alasannya tentu karena jumlah sampling yang tidak sama dan jumlah penonton yang lebih terbatas.

Rating Drama-drama TVN
Bad and Crazy, salah satu drama TV Kabel TvN

Kesimpulan

Kalau sahabat lendyagassi pengabdi rating, boleh boleh banget menonton drama Korea yang sedang happening. Tapi jangan sedih kalau ada drama Korea yang bagus, tapi ratingnya jeblok. Jangan maki-maki stasiun TVnya juga.. Karena gak guna…

Yang perlu diingat adalah rating itu adalah sebuah alat ukur atau parameter dalam mengukur kuantitas dan bukan kualitas. Kuantitas ini artinya banyaknya orang yang menonton drama itu dengan parameter-parameter yang aku sebutin di atas tadi.

Kalau masalah kualitas, tentu sahabat lendyagassi sudah bisa menentukan sendiri, drama apa yang aseli bagus atau hanya karena dibintangi oleh aktor ternama. Hihii..aku gak bermaksud nyindir loo.. Hanya menyadarkan kita semua untuk memahami hal ini dengan baik, agar gak mudah judgement “Eh, dia kok bisa sih, suka drama itu..padahal kan ratingnya jelek banget.”

No..No yaa..

Silakan menonton drama Korea berdasarkan mood yang sedang dirasakan di website streaming drama korea yang legal. Selamat menonton, sahabat lendyagassi.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

44 pemikiran pada “Bagaimana Rating dalam Drama Korea Diperoleh?”

  1. Tv publik rata-rata ratingnya gede, hihihi.. kalau rating biasanya suka baca laporan dari nielsen juga, mari nonton di platform legal ya, biar memeriahkan drama on going

    Balas
  2. sipp, aku paham sekarangg. Dulu juga pernah ngomong, eh kok kamu nonton ini sih? kan ratingnya kecil. eh emang ternyata begini cara ambil samplenyaa.
    Aku bukan pengabdi rating juga sih, kalau temanya bagus aku pasti nonton jg sampai akhir hihi

    Balas
  3. Ternyata cukup kompleks juga soal rating ini, di Indonesia sendiri sayangnya kurang familiar yaa dengan sistem rating ini padahal bagus nih buat bikin industri sinema tanah air bisa lebih upgrade kualitas dan kreativitas

    Balas
  4. Sistem rating kadang daku ndak menghiraukan, jadi memang sesuai mood dan jalan cerita yang disuka, walau ada juga kalanya melihat rating

    Balas
  5. lahhh iyaa kok bad and crazy ratingnya cuma 3,4% yaaa, padahal bagus ternyataa emang based on quantity yaa bukan quality, pantesan suka ada underrated drakor yg muncul dan happening nya malah di TikTOk hahahhah

    Balas
  6. setuju sih kadang ada drakor yang bagus ratingnya jelek dan sebaliknya. aku sih lebih milih siapa yang maen, jalan cerita dan jumlah episode, hehehe. film drakor yang dibintangi JOY RED VELVET ratingnya jeblok, jalan ceritanya emang biasa aja dan ngebosenin tapi akting joy maximal. aku suka, tapi drakornya banyak di skip, hahahaha

    Balas
  7. Mana nih tim pengabdi nonton drakor tanpa latah ikutan rating? Hehehe..Aku suka drakor malah dari review di blog. Atau dari rekomen temen sih, terutama dari kak Lendy ini.

    Kalo alur ceritanya ok dan aku sedang seneng dgn tema itu, biasanya langsung nonton. Atau biasanya ada cuplikan yang tayang di sosmed. Lalu ketemu judul dan barulah nonton film sejak awal.

    Tapi yang FOMO, ya wajib ikutan lihat drakor yang lagi happening biar ngga dianggap kudet. Hahaha..

    Balas
  8. Nggak apple to apple yaa teh. Klo kayak gtu nggak berdasar keseruannya eh apasih keseruannya 🤣
    Aku blm drakor lg nih teh, mau ngelirik yg lama2 yg seru euy. Terakhir mba kyo, nwbup haha disingkat ala akuu.

    Balas
  9. Ooo jadi ada alat yang dipasang di rumah ya, terhubung dengan televisi. Saat tv dinyalakan bisa ketahuan channel/tayangan apa yang lagi di tonton pemilik rumah. Canggih juga ya.

    Nggak pake kuisioner lagi, datanya pasti akurat

    Balas
  10. Sedikit paham tentang rating TV ini. Makanya gak bisa nyamain drama A atau B sementara mereka tayang di hari dan jam yang berbeda. Btw, aku bukan termasuk pemuja rating. Kalau suka ya tonton meski rating jeblok

    Balas
  11. Waaah makasih loh teh udah dijelasin, aku sempat penasaran juga gimana menentukan rating drakor ini.
    Ternyata gitu ya.. soalnya banyak juga kok drakor bagus tapi ratingnya B aja. Untungnya aku nggak kepengaruh itu karena kadang emang penasaran aja sama yang nggak terlalu hype.

    Balas
  12. aku tim nonton ga liat rating wkwkwk. abisnya kalau liat rating kasian takutnya yang bagus dann aku suka ga ditonton xixixi. tapi skrg lagi nonton young and lady dan bener2 bagussss sesuai ratingnya

    Balas
  13. Aku kenal istilah rating di drama atau acara Tv di Korea itu lewat dramanya Hyun Bin sih, dari sana aku tau kenapa mereka kalo bikin film/drama itu yang sekalian bagus deh.

    Nah, kalo aku sendiri. Buat nonton jarang liat rating. Biasanya aku rally aja. Misal nonton Hyun Bin, suka nanti aku nyari drama/film dia. Gitu2 sih, hehehe. Nonton jang hyuk, udah aku rally nonton dia, hahaha

    Balas
  14. Baru tahu nih tentang cara perhitungan rating, jadi hari dan jam tayang itu pengaruh banget ya, Mak? Kalau ada drakor rating tinggi, ya kita bandingkan sama drakor yang tayang dengan hari dan jam yang sama yak? Bukan dengan drakor lain yang tayang di hari dan jam berbeda.

    Balas
    • Aku tuh sebenarnya suka cuek sama rating sih Mak, nonton drakor ya karena suka aja. Tapi, di grup efbe yang aku ikutin, sering aih ngebahas tentang rating. Dan lucunya tuh ada yang membandingkan antara drakor satu dg yang lain, padahal loh hari dan jam tayangnya aja beda.

      Balas
  15. Wah pencerahan tentang rating drakor nih. Kukira rating itu ya tergantung seberapa banyak orang yang menonton & suka sama dramanya. Ternyata nggak begitu ya karena rating ini hanya menunjukkan kuantitas penonton, bukan kualitasnya. (Manggut-manggut sendiri baca artikel ini). Thanks mba

    Balas
  16. Saya tidak pernah perhatikan rating sih Teh. Kebanyakan nonton film itu random saja milihnya. Kalau drakor biasanya tertarik nonton kalau sudah ada yang mereview. Salah satunya review dari blog ini, hihihi. Dan, ternyata proses penentuan rating drama Korea cukup ribet ya.

    Balas
  17. wah aku baru tau nih cara dapetin rating drama korea. selama ini cuma liat ratingnya aja ga tau prosesnya xD tapi kadang aku ga liat rating per episode sih, cuma liat rating per film nya ^^

    Balas
  18. Wah baru paham deh cara perhitungannya ..lumayan ribet juga harus dibandingkan dgn jam tayang yg sama. Kupikir semua dinilai kemudian diurutkan jd lebih subjektif kalau gitu mah ya..hehe

    Balas
  19. Mba makasih informasinya. Kadang memang cara paling mudah untuk tahu memang dari rating. Dengan adanya rating ini memang jadi bisa minimal ada gambaran. Tapi aku juga sadari tak selamanya rating ini juga pas ama selera kita

    Balas
  20. baru tau, penentuan rating ternyata agak rempong juga yaaa.. hihi.. dan ternyata harus sesuai hari gitu yaaa..

    dan berarti, kuantitas tinggi gak bs dijadiin patokan filmnya bagus yaa 😁

    Balas
  21. Ooh..jadi cara untuk mengetahui rating acara televisi seperti itu ya, Teh. Selama ini saya juga penasaran bagaimana pihak tv tau banyaknya pemirsa yang menonton acaranya. Ternyata ada teknik sampling dan juga pemasangan alatnya ya…
    Cara tersebut juga berlaku di Indonesia gak, ya?

    Balas
  22. Yes setuju banget sama kalimat akhir. Bukan brati drama yg rating-nya rendah itu jelek ya. Aku sering banget nonton drakor yang ga terkenal, ratingnya kurang, tapi menurutku bagus banget.

    Balas

Tinggalkan komentar