Queenmaker: Semua Bisa Dimanipulasi di Dunia Politik

Review Sinopsis Drama Korea Queenmaker (2023) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Biasanya akutu gak pernah tertarik nonton drama politik yah…
Tapi pesona drama yang tayang di Netflix tuh emang selalu beda sih.. Berasa ada di etalase premium yang siap dimiliki ((kalo berupa barang, hehe)).

Jadi, pas drama Queenmaker ini tayang tanggal 14 April 2023 lalu, langsung nonton, gak pake ba-bi-bu, la-li-lu. Meski memang porsi nonton jadi berkurang, mengingat 10 hari terakhir, bestie.. Hehe~

Vibesnya mirip Drama Korea Trolley yah ((yang sampek sekarang belum aku tulis-tulis, huhuhu, sabar.. sabar)), tapi lebih penuh intrik dan langsung ending di 11 eps. Jadi gercep banget dah nontonnya. Malah, scene-scene awal, mengingatkanku akan drama Reborn Rich ((yang lagi-lagi belum berhasil aku tulis, sodara-sodara, hiiks~)).

Jadi gimana review sinopsis Drama Korea Queenmaker?
Karena karakter di drama ini perempuan yang masuk di dunia politik, bisa dibilang jadi salah satu drama Female Centered Plot dengan karakter perempuan yang kuat. Ya sebagai Ibu, ya sebagai calon wakil rakyat.

C’mon…let’s get it~

Drama Korea Queenmaker (2023) – Netflix

review ending drama Queenmaker Netflix 2023
Queenmaker

Profil Drama

Judul : Queenmaker
(Kwin Meikeo/ 퀸메이커)

Sutradara : Oh Jin-Seok
Penulis Drama : Moon Ji-Young

Pemeran Utama Drama Queenmaker (2023):

Kim Hee-Ae sebagai Hwang Do-Hee
Moon So-Ri sebagai Oh Kyung-Sook

Pemeran Pendukung Drama Queenmaker (2023):

Ryu Soo-Young sebagai Baek Jae-Min
Seo Yi-Sook sebagai Son Young-Sim
Yoon Ji-Hye sebagai Eun Seo-Jin
Kim Sae-Byuk sebagai Eun Chae-Ryoung
Ok Ja-Yeon sebagai Guk Ji-Yeon
Lee Kyoung-Young sebagai Carl Yoon
Jin Kyung sebagai Seo Min-Jung
Kim Tae-Hoon sebagai Ma Joong-Seok

Genre : Comedy, Romance, Medical, Fantasy

Network : Netflix
Runtime : Jum’at
Episode : 11

Release Date : April 14, 2023

Sinopsis Drama Queenmaker

Karir Hwang Do-Hee (Kim Hee-Ae) di perusahaan besar Korea, Eunsung Corp. sebagai Manager Umum Strategi Korporasi sudah berjalan selama 10 tahun. Do-Hee yang kasarannya bagian beresin SEMUA permasalahan yang dihadapi keluarga besar Eunsung. Dari mulai Ibuk, dua anak ceweknya sampek menantunya yang problematik ini lengkap menghantui Do-Hee selama 10 tahun ini.

Sinopsis ending drama Queenmaker Netflix 2023

Do-Hee gak bisa makan atau sekedar tidur tenang. Bahkan di hari libur pun, Do-Hee selalu ada agenda buat nyelesein kekacauan dari keluarga konglomerat Korea tersebut.

Tujuan utama dari keluarga Eunsung adalah menguasai seluruh bisnis bahkan membuat mall bebas bea cukai yang satu-satunya akan ada di pusat kota Seoul.

Untuk mewujudkan mall pertama dan terbesar itu, keluarga Eunsung makin menjadi-jadi keliarannya. Dan semua berawal dari yang namanya KESERAKAHAN.

Keserakahan pada akhirnya menggerogotimu.

Quote Drama Queenmaker, 2023

Kasus yang Selalu Diselesaikan Hwang Do-Hee

Kasus yang diselesaikan Do-Hee di awal-awal drama Queenmaker datangnya dari anak kedua keluarga Eunsung Family. Jadi, si anak keduanya ini punya masalah gak bisa kontrol emosi. Sukaknya gampang marah dan parahnya, kemarahannya destruktif.

Kalok posisi si Eun Chae-Ryoung ini adalah orang biasa, mungkin bakalan merugikan dirinya sendiri ya.. Masalahnya, ia adalah CEO dari mall Eunsung yang terkenal di Korea. Sekalinya marah dan terekam kamera, maka jadilah besar dan bikin heboh sejagat Korea.

drama Queenmaker Netflix 2023 season 1
Eun Chae-Ryoung & rahasia kelahirannya

Kemarahan Eun Chae-Ryoung ini jadi bulan-bulanan di media bahwa benar adanya bahwa keluarga Eunsung ini problematic. Makanya bisnisnya pun sama.

Ketakutan dengan rumor yang terjadi dan beberapa korban yang merasa dilecehkan serta mengalami kekerasan dalam bekerja, melaporkan perbuatan Eun Chae-Ryoung ke kejaksaan sehingga Eun Chae-Ryoung sempat dipanggil sebagai terlapor. Saat dipanggil di kejaksaan, yang dikhawatirkan sang Ibu Eun Chae-Ryoung bukan keselamatan sang anak, tetapi gimana kalau masyarakat makin menentang pembangunan proyek mega besar mall Bebas Bea Cukai yang sedang dalam proses realisasi?

Jadi diutuslah Hwang Do-Hee untuk membereskan kekacauan tersebut. Dan pinternya, Do-Hee mampu mengubah sentimen negatif masyarakat menjadi komentar positif.

Gimana caranya?

Kecerdasan & Kelihaian Hwang Do-Hee

Kecerdasan dan kesetiaan Do-Hee udah gak perlu diragukan lagi. Ia menemukan cara yang tepat untuk membereskan masalah Eun Chae-Ryoung hanya dengan satu scene, yakni foto Ibu menyusui. Kebetulan, Eun Chae-Ryoung memang baru menjadi Ibu dan ini yang dijadikan Do-Hee alasan bahwa Eun Chae-Ryoung mengalami Post Partum Major Depression (depresi yang dialami ibu pasca melahirkan dengan kondisi perubahan suasana hati yang lebih buruk dibandingkan dengan baby blues).

Dari foto di ruang interogasi yang sedang memerah ASI dan disebarkan di berbagai media (yang bekerjasama dengan Eunsung), maka dari yang semua Knetz menghina keluarga Ensung, jadi berbalik bersimpati. Bersimpati bahwa seorang Eun Chae-Ryoung adalah seorang wanita dan Ibu. Ia butuh ketenangan jiwa dan gak pada tempatnya di interogasi sedemikian lama di Kejaksaan.

Eaa~
CASE CLOSED.

Gak berselang lama, si menantu keluarga Eunsung alias suaminya Eun Chae-Ryoung kembali ke Korea. Dan dalam perjalanan pulangnya tampak mencurigakan dengan setelan jasnya. Dari sini, ternyata masalah baru dimulai.

Link streaming Queenmaker Netflix 2023
Menantu keluarga Eunsung, Pak Baek Jae-Min

Baek Jae-Min ini terkenal santun (di depan kamera ya, gaiiss) sehingga digadang-gadang akan maju ke pencalonan Walikota Seoul oleh sang Ibu mertua. Pencalonan ini tentu gak gampang donk ya.. Dan Baek Jae-Min dapat dukungan penuh dari konglomerat serta pemerintah kota Seoul.

Saat rencana Pak Baek Jae-Min sudah di depan mata untuk jadi walikota, kasus bunuh diri salah satu bawahan Hwang Do-Hee terjadi. Dan ternyata, ini menyangkut Pak Baek yang menyalahgunakan jabatannya untuk memperdaya sang bawahan wanita. Emm, gimana bilangnya ya..?

Pokoknya Pak Baek minta dilayani lebih gitulah..
Gak hanya sekedar bos-sekretaris.

Sehingga si bawahan yang bernama Han I-Seul ini ditemukan meninggal dengan cara lompat dari gedung Eunsung dan terjadinya tepat di depan mata Hwang Do-Hee.

**pas adegan ini mirip scene drama Why Her, gaiiss…
Mak bedhundhuk BYARRR!! Ada orang jatuh dari gedung tinggi dan yang jadi saksi mata pertama adalah Hwang Do-Hee.

Sejak kejadian itu, mata hati Do-Hee terbuka. Dan ia berusaha mengingatkan keluarga Eunsung kalau si menantu ini kelewat jahat. Udahlah merendahkan perempuan, tus si perempuan itu meninggoy dia juga gak merasa bersalah.

Tapi karena si Ibuk pemilik Eunsung ini gila harta dan ingin mewujudkan impiannya, maka ia tetap ingin mencalonkan si mantunya ini buat maju ke pencalonan WALIKOTA SEOUL.

Yang lebih menakutkan dari kekerasan adalah terbiasa dengan kekerasan.

Quote Drama Queenmaker, 2023

Gimana nasib rakyat Korea dengan pemimpian modelan Pak Baek Jae-min ini?
Berhasilkah Grup Eunsung mewujudkan cita-citanya untuk membangun Seoul di bawah kekuasaannya?

Kesan Nonton Queenmaker

Bagus weh~
Gak nyangka meskipun njelimet dengan pasal dan bahasa hukum juga strategi “perang” yang dilancarkan Hwang Do-Hee saat bekerjasama dengan pengacara Oh Kyung-Sook untuk menghadang pencalonan Pak Baek Jae-min, tapi rasanya ikutan seneng dan bisa merasakan feel dari masing-masing karakter pemeran di drama Queenmaker.

Rekomendasi drama Hukum lainnya:
Sinopsis Ending Drama Extraordinary Attorney Woo (2022)
Sinopsis Ending Drama One Dollar Lawyer (2022)

Dari mulai gimana jahatnya sang Ibu pemilik Eunsung, persaingan antar saudara (sibling rivalry) sampai perebutan kekuasaan, aroma perselingkuhan dan berakhir dengan strategi memasuki dunia politik, Drama Korea Queenmaker bikin mata penonton terbuka untuk lebih bijak dalam menanggapi sebuah berita. Terlebih yang diberitakan oleh media besar.

Keadilan tanpa kekuasaan, tak berguna.
Dan kekuasaan tanpa keadilan, hanyalah kekerasan.

Quote Drama Queenmaker, 2023
drama Queenmaker ending happy or sad ending
Akhirnya Hwang Do-Hee bekerjasama dengan pengacara Oh Kyung-Sook

Jadi insekyur kan..
Gak perlu lah.. Karena biasanya kita dibukakan oleh mata hati untuk mantap memilih siapa calon kita di pemilu nanti kok. Lihat baik-baik, mana calon yang hanya pencitraan, mana yang bener-bener bekerja dari hati.

Yah, meskipun dunia politik itu gak lebih hanya panggung sandiwara ya, guiss…

Selalu berdoa dan berharap bahwa negeri ini suatu hari kelak dipimpin oleh pemimpin yang jujur, adil, bijaksana dan amanah, bisa menampung dan memberikan solusi terbaik untuk negeri ini.

Sepertinya memang mulia sekali ending dari drama Queenmaker ya, bestie..

Trailer Drama Korea Queenmaker (2023) – Netflix

Cast Queenmaker: Kim Hee-Ae, Moon So-Ri

Melihat akting aktris senior Kim Hee-Ae di drama Queenmaker, jadi semakin yakin kalo ini GILAK sih..
Dia tuh beneran bisa kayak poker face gitu lo.. Ketawa tapi sebenernya sedih. Jadi ironi…

Feel yang ingin disampaikan melalui karakternya sebagai wanita yang terpaksa melakukan balas dendam demi waktu yang terbuang di Eunsung, demi bawahannya yang meninggal karena ketidakadilan dan demi Ayahnya yang juga meninggal karena ulah Eunsung grup, ini aku bilang JINJJA MEOTJIDA!

Gak salah kalau Kim Hee-Ae dapet penghargaan Baeksang Award dari tahun ke tahun.

Best Actress (“The World of the Married”) – 2020 (56th) BaekSang Arts Awards – June 5, 2020
Fashionista – 2014 (50th) BaekSang Arts Awards – May 27, 2014
Best Actress (“How Long I’ve Kissed”) – 2013 (49th) BaekSang Arts Awards – May 9, 2013

Apakah akan drama Queenmaker season 2, kapan tayang Queenmaker season 2
Kim Hee-Ae, aktris senior yang berprestasi

Jika hidupmu hanya melakukan hal yang terlihat keren, maka kau akan menjadi cangkang kosong.

Quote Drama Queenmaker, 2023

Buat yang suka drama hukum, politik dan mengangkat karakter women empowerment, bisa nonton drama Queenmaker ini di Netflix. Dan sedikit bocoran ending, kayanya bakalan ada Queenmaker season 2 gaiiss.. mengingat akhir dari Queenmaker season 1 kali ini ada spoil karakter baru yang mau minta tolong sama Hwang Do-Hee. Untuk apa kira-kira?

Tunggu aja kabar lebih lanjut ya..

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

78 pemikiran pada “Queenmaker: Semua Bisa Dimanipulasi di Dunia Politik”

  1. mantap ngerinya berasa hadapin keluarga psikopat yang playing victim jadi korban. paling aku noted karena biasanya kita dibukakan oleh mata hati untuk mantap memilih siapa calon kita di pemilu nanti kok. Lihat baik-baik, mana calon yang hanya pencitraan, mana yang bener-bener bekerja dari hati apalagi menjelang pemilu

    Balas
  2. Kalo cuma 11 episode pendek sih Yaa.
    Kayaknya bagus deh Drakor ini jadi pengen nonton.

    Tapi kok ngeneees ya ada orang yg lebih baik milih bisnisnya daripada nyelameetin keluarganya.

    Balas
  3. Kalau sudah dipajang di etalase Netflix, pastinya jadi jagoannya ya, Mbak. Makanya walau bertema politik, pastinya bagus dan wajib untuk ditonton. Tapi sudah jadi rahasia umum sih, kalau di dunia politik, kadang menghalalkan berbagai cara. Apalagi kalau kebetulan lawan politik ada kasus, itulah yang dijadikan senjata untuk menjatuhkannya.

    Balas
    • iyes setuju kalo udah masuk netflix pasti recomended banget, kukira dunia politik kita aja yang banyak dramanya ternyata di luar juga gitu yaa, politik memang banyak tipu dayanya

      Balas
    • Ngeri-ngeri gimana gitu (nggak pake sedap) kalo udah soal politik mah. Nonton film bertema politik pun kadang lebih “horor” daripada hantu-hantuan karena terasa relate banget dengan kenyataan.

      Balas
  4. Suka sama quote drama ini. Keadalian tanpa kekuasan, tak berguna. Kekuasaan tanpa keadilan, hanyalau kekerasan.

    Dipikir-pikir bener sih. Ketika yg berkuasa tapi tidak bertindak secara adil, dan hukum meruncing ke bawah, yang ada rakyat yang kian tertindas.

    Balas
  5. Kalo ngomong dunia politik agak serem sih. Kita lihat gimana pemilu kemarin, yang ‘perang’ bukan cuma calonnya tapi pendukungnya. Yang suami istri aja bisa cekcok gara-gara beda pilihan presiden. Olala…

    Balas
  6. Eunsung Group ini ternyata meresahkan dan bisa termasuk kategori kriminal juga ya. Drama politik seperti ini lebih banyak seriusnya sih daripada santainya. Karena mesti ditonton tanpa jeda supaya paham 😀 Dari posternya aja kelihatan dua perempuan berumur ibarat ratu yang yang tangguh. Jadi ibu sekaligus politisi. Ck..ck…ck.

    Balas
  7. Meski filmnya mengusung tema politik, tapi Drakor mengemasnya dengan sangat menarik loh. Jadi nggak ngebosenin.

    Kira-kira sama nggak sih sama perpolitikan di Wakanda? Wkwkwkwk

    Balas
  8. Apa aku aja…kalau sepintas nonton drakor, kok aku malah salfok sama outfitnya yah. Keren-keren gitu, dari mulai dress, pullover, mantel, smp asesorisnya…wkwkwk
    Emang yah kalo udah nyangkut politik mah bakalan njlimet, tapi seru. Kayak kita nih, bentar lagi tahun pemilu…

    Balas
  9. Keren nih, suka banget dengan sosok wanita kuat dan cerdas si Do-Hee di drama Queenmaker ini.

    Tapi terus jadi mikir, mudah banget ya seseorang itu kalau punya media untuk menggiring opini massa. Semoga yang kayak gini nggak ada ya di negara kita

    Balas
  10. aku pas nonton potongan-potongan scene nya di TikTok aja merinding, “anjayy keren banget ni cewe” kalo di dunia komunikasi jadi strategist nih pasti 🤣, apalagi ini bau2 politik ya kan

    Balas
  11. Ternyata drama politik di Korea nggak beda jauh ama negeri konoha ya eonny. Keren banget nih film bertema politik tapi dibikin lebih ngepop alias lebih santai dgn embel2 manusiawi. Emang manusia itu bakal bersimpati kok kalo disentuh humanismenya. Ini bs jd bahan politik caleg2 di negeri konoha sebelum bertarung tahun depan.

    Balas
  12. Kalau dari ulasannya sepertinya ini drama yang gereget buat disimak, apalagi tokoh utamanya perempuan.
    Wuah boleh dah nih disimak insyaa Allah

    Balas
  13. Kok ya pas menuju 2024 ya mbak. Wah aku suka jika ngangkat tokoh itama perempuan cerdas gini. Seakan ingin kutunjukkan pada dunia bahwa perempuan bukan kaum no 2. Jika punya kompetensi why not

    Balas
  14. quote yang terakhir cocok juga buat kondisi saat ini di medsos, ya. Banyak yang ingin terlihat keren, tapi ya sekadar ikutan aja. Gak bener-bener keren.

    Balas
  15. Baca sinopsisnya aja udah pengen nonton malahan, haha. Tumben nih aku tertarik sama film Korea.
    Alurnya kayaknya keren. Gimana Do-Hee harus berjuang menghadapi keluarga yang super problematik sampai akhirnya terpaksa terjun ke kancah politik.
    Karakternya kuat banget ya perempuan-perempuan di sini.
    Kelihatan juga dari pemilihan wardrobe-nya.
    Di Netflix ada ya, teh?
    Coba ah nonton nanti.

    Balas
  16. Ini kok doanya samaaa yaaaa dengan doa di negeri rep 026 – negaranya si pak Robis heheheee

    “Selalu berdoa dan berharap bahwa negeri ini suatu hari kelak dipimpin oleh pemimpin yang jujur, adil, bijaksana dan amanah, bisa menampung dan memberikan solusi terbaik untuk negeri ini.”

    capek aku, liat drama di sebuah daerah di Sumatera sana – yang politiknya kotor pake banget, listriknya minim bahkan di bberapa daerah ga ada, jalanan hancur, infrastruktur seadanya kayak masuk jaman Jurassic Park .. mau makan uang haram lantas rakyat terlantar – kan udah ada contohnya dua orang ya, mosok ga takut juga sih yaaa

    Balas
  17. Entah kenapa habis baca ini aku keinget politikus Indonesia yang suka matiin mic itu, loh…:(
    Smoga dia segera pensiun digantikan sama generasi perempuan yang jauh lebih jujur, bersahaja, cerdas, adil dan bijaksana. Aamiin

    Kalo aku nonton ini gemes ngga ya?
    Atau nontonnya selsai puasa aja kali yaaa

    Balas
  18. Maakk.. Kok jadi penasaran mau nontoonn, tapi takut pusing sama istilah2 hukum atau politik nya, ahaha.

    Tapi emang deh ya, semakin banyak nonton film/serial perpolitikan, kita juga makin gak terlalu percaya sama berita yang beredar, apalagi dari media besar

    Balas
  19. Wah, aku belom pernah tuh nonton film atau drama Korea tentang politik-politik gitu. Iya sih, udah ngejelimet aja ngebayanginnya. Tapi penasaran juga nih sama Queen Maker ini. Gegara lihat trailernya. Mungkin nanti kayaknya bakalan nonton deh.

    Balas
  20. Itu si menantu prianya aslinya jahat banget ya. Sampai-sampai bawahannya bunuh diri gitu. Tapi, bagi ibu mertuanya, keuasaan, harta, dan kedudukan adalah nomor satu. Ya, tentu saja harus maju nyalon walikota.

    Balas
  21. Yang lebih mengerikan dari kekerasan adalah menajdi terbiasa dnegan kekerasan.
    Ini kok rasanya bener yaaa…
    Dari yang pertamanya syok dan takut, kalau terpapar terus menerus akhire jadi biasa dan mati rasa.
    Btw, certanya njelimet dan menarik ni maklend. POV seorang bawahan tentu berbeda dengan “sejarah”/cerita yang berlaku umum.

    Balas
  22. Wah ini mah udah masuk list aku tapi belum sempet nonton dan rencananya libur lebaran nanti soalnya ngak mudik, dari trailer-nya udah keren dan harus aku akui Netflix keren sih untuk urusan garap drama, genre-nya unik dan ngak biasa kadang bikin kontroversi. BTW kalau urusan keluarga chaebol korea selalu menarik dan ada plot twist-nya.

    Balas
  23. Say rasa dalam drama ini semua kisah dan genre ngumpul lengkapnya. Kisah keluarga, persaingan bisnis, perselingkuhan, sampai kekuasaan dan harta serta dunia politik. Beneran kisah yang multikultural hehehe

    Balas
  24. Pilihan tema drama kali ini agak serius kayanya ya. Aduh kalau dunia politik pasti intrik intriknya luarbiasa seru. tapi seperti biasa, kalau udah jadi drama korea selalu menyenangkan untuk disimak. Asli penasaran sama ceritanya. otw masukin wishlist buat tontonan

    Balas
  25. maju mundur mau nonton drama ini, karena gak begitu suka Kim Hee-Ae

    kalo kata Rafahlevi yang suka drakor: aktrisnya udah tua hehehhe

    karena itu beruntung diulas Teh lendy, gak usah nonton udah tau ceritanya 😀

    Balas
  26. Temannya politik, rada berat juga nih buat saya, tapi seru juga sih supaya makin melek tentang dunia politik, masukin list aja dulu nih, semoga nanti bisa ditonton pas senggang.

    Balas
  27. Hai Teh Lendy,
    Apa kabar? mudik gak ke Surabaya?
    Btw jelimet juga ya ceritanya walaupun alurnya drama politik. Pasti gajinya si Hwang Do-Hee besar ya di perusahaan Eunsung. Bukan saja sebagai Manager Umum Strategi Korporasi tetapi ngurusin (termasuk pencari solusi) masalah ibu, anak dan mantu. Cek…cek…cek…berat banget ya. Susah memang kalau kerja sama pemilik perusahaan yang serakah pengen banyak gratisnya, dapat untung besar tapi gak mau keluar uang. Cape deh

    Balas
  28. Aku lagi on-going nih nontonnya Len. Baru sampai episode ke-4, saat Oh Seung-sook memutuskan untuk bergabung dengan Hwang Dong-hee untuk melawan Baek Jae-min. Sebuah keputusan yang tidak mudah, baik bagi Seung-sook maupun Dong-hee karena yang dilawan adalah seorang lelaki dengan pendukung hebat di belakangnya.

    Aku suka semua aktris dan karakter perempuan-perempuan tanggung yang ditampilkan di Queenmaker ini. Setiap peran punya slot yang kuat. Terlepas dari dia antagonis maupun protagonis. Epik pokoknya.

    Balas
  29. Quote terakhirnya sungguh nabok banget terdemiiiii Teh.

    Dan pembaca review macam aku auto cengo. Lho ternyata ayahnya Hwang Do Hee ternyata juga pernah jadi korban dari keserakahan dan kebiadaban (eh, mereka segitunya banget nggak sih) dari Eunsung Corp dooonggg. Duh serakah ditambah nyemplung di dunia politik itu sesungguhnya ngeri ya.

    Balas
  30. Fix.. Langung otw masuk buket list yang bakal segera ditonton. soalnya kualitas acting Kim Hee-Ae udah gak usah diraguin lagi. wkwkwk.. mbak lendy ini emang racun banget dah.

    Balas
  31. Ulala menarik banget nih tentang 2 wanita yang berkarir. Jadi doyan nonton drakor yang seputar pekerjaan begini daripada yang love story. Entah kenapa lebih inspiring bagiku hihi.

    Balas
  32. I am often to running a blog and i really admire your content. The article has really peaks my interest. I’m going to bookmark your web site and maintain checking for brand spanking new information.

    Balas
  33. This is very interesting, You are a very skilled blogger. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

    Balas
  34. My brother suggested I might like this blog. He was totally right. This post actually made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

    Balas
  35. Spot on with this write-up, I really suppose this web site needs rather more consideration. I’ll probably be once more to read rather more, thanks for that info.

    Balas
  36. After I initially commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now every time a remark is added I get 4 emails with the identical comment. Is there any method you can remove me from that service? Thanks!

    Balas
  37. Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it is truly informative. I?m going to watch out for brussels. I?ll be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

    Balas
  38. This site is mostly a stroll-by means of for all of the information you wished about this and didn’t know who to ask. Glimpse right here, and also you’ll positively uncover it.

    Balas

Tinggalkan komentar