The Merciless (2017) : Im Siwan, Lawan atau Kawan?

Film The Merciless (2017) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Memang gak salah kalau aku menobatkan Netflix sebagai tempat menonton streaming yang paling nyaman. Jadwal film dan dramanya pun bisa di set remind me, agar bisa menjadi penonton pertama. Hehhee.. Dan kali ini, aku mau bahas film lama tapi baru nongol di Netflix, judulnya The Merciless (2017).

Kenapa sih akhir-akhir ini suka nonton film sadis-sadis?
Hahaha…ya, karena mungkin drama yang ku tonton sedang pada manis-manisnya, kaya Hometown Cha Cha Cha, Yumi’s Cells atau Darli and Cocky Prince. Rasanya kudu diimbangi sama yang berdarah-darah.

Mianhae, ini semacam pembelaan biar gak jenuh sama konten Korea. Akutu suka banget melihat karya seni dari berbagai sudut pandang dan diwujudkan melalui sinematografi yang bagus. Suka ada insight yang bisa ku ambil, gitu..

Gak pake panjang-lebar gini donk yaa…prolog tulisannya.
Yuk, aku ceritain review dan sinopsis Film The Merciless (2017).
Let’s get it~

Film The Merciless (2017)

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, "The Merciless" had its world premiere in the "Midnight Screenings" section at the 70th Cannes Film Festival.

Profil Film

Judul : The Merciless/ Robber: Bad Men’s World
(Geugeotmani Nae Sesang/ 불한당: 나쁜 놈들의 세상)

Director : Byun Sung-Hyun
Penulis : Byun Sung-Hyun, Kim Min-Soo

Pemeran Utama Film The Merciless (2017) :

Sol Kyung-Gu as Han Jae-Ho
Im Si-Wan as Jo Hyun-Soo

Pemeran Pendukung FilmThe Merciless (2017):

Jeon Hye-Jin as Chun In-Sook
Kim Hee-Won as Ko Byung-Gab

Genre : Action / Crime / Noir
Release Date : May 18, 2017
Runtime : 120 minutes
On Netflix
Rating : ⭐⭐⭐/5

Sinopsis Film The Merciless

Aku tak mau hidup seperti ini.
Aku hidup untuk bertahan hidup
.

Han Jae-Ho, Quote Film The Merciless (2017)

Untuk apa sih kita hidup?
Ada gak yang mempertanyakan hal seperti ini?

Jawabannya selalu gak pernah simple, karena tujuan hidup masaing-masing manusia ini harus dilihat kembali dari kemampuan diri manusia. Mereka mengemban “peran” apa?

Pelajaran ini aku dapatkan dari hubungan Bromance antara Han Jae-Ho (diperankan oleh Sol Kyung-Gu) dan Jo Hyun-Soo (diperankan oleh Im Siwan). Mereka berdua bagaikan kutub magnet yang bertolak belakang dari sisi profesi, namun dipertemukan di balik jeruji sel penjara.

Beratnya Hidup di Penjara

Yadonk, semua yang dipenjara itu terlihat wajah-wajah kriminal, terlepas dari mereka terbukti melakukan kesalahan atau tidak. Dan saat sedang adu kekuatan (biasanya dilakukan untuk menentukan siapa “pemimpin” dalam lingkungan penjara), tanpa ragu, Jo Hyun-Soo mengajukan diri menjadi lawan tukang pukul segede gaban.

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, Sol Kyung-Gu, Nonton Film The Merciless (2017) sub indo dimana?
Nonton di Netflix

Permainan ini cukup sederhana. Mereka suit batu-gunting-kertas, dan pemenangnya bakal menampar sekeras-kerasnya pipi lawan. Tampar lo yaa..bukan mukul yang mengepalkan jari.

Siapakah yang menang?
Di menit-menit pertama, Hyun Soo sukses menjadi bulan-bulanan sang tukang pukul. Ia bangkit dan bangkit lagi setelah dipukul habis-habisan.

Aku sampe mikir “WOW, Im Siwan keren banget di Film ini karena sosoknya yang setipis kertas bisa bertahan”. Memang pada akhirnya tentu terjadi keributan besar karena Hyun Soo licik, ia memukul dengan mengepalkan tangan. Yah, sedikit taktik agar ia bisa bertahan dalam penjara sih yaa..

Berkenalan dengan Sol Kyung-Gu sebagai Han Jae-Ho

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, Sol Kyung-Gu, Nonton Film The Merciless (2017) sub indo dimana?
Nonton di Netflix

Sejak kemenangannya dalam lomba tampar-tamparan tadi, Hyun-Soo semakin disegani di penjara. Walau yah, belum punya temen juga sih..ia anak baru kan yaa..

Tapi, pada malam hari, Hyun Soo kedatangan tamu istimewa. Ternyata ia adalah Han Jae-Ho. Siapa Han Jae-Ho ini? Orang pentingkah?

Ya, Han Jae-Ho adalah “pemimpin” yang sesungguhnya. Ia memonopoli usaha mendapatkan rokok dari luar penjara agar bisa didistribusikan di dalam penjara oleh semua narapidana. Tugas ini berat karena kudu kongkalikong ((kerjasama artinya, bebh..hihii)) sama sipir penjara yang ganas-ganas kan..

Sipir penjara ini tugasnya menertibkan penjara sekaligus “bisnis” juga. Jadi jangan heran kalau narapidana bisa ada yang mendapat perlakukan khusus dengan kamar penjara yang lebih luas. ((tapi senyaman-nyamannya di penjara, teteup kan yaa.. BLEH banget!))

Kata pertama yang diperdengarkan oleh Han Jae-Ho untuk Hyun Soo adalah

Jangan perpanjang masa hukumanmu.

Pesan Han Jae Ho, Film The Merciless (2017)

Kerjasama Han Jae Ho dan Jo Hyun-Soo

Kemudian mendadak ada pria asing yang lebih kuat masuk penjara. Tanpa berbuat apapun untuk membuktikan, ia sudah terkenal legendnya orang jahat. Siapakah dia?

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, Sol Kyung-Gu, Nonton Film The Merciless (2017) sub indo dimana?
Nonton di Netflix

Ternyata ia adalah Bapaknya Nam Da Reum saat di drama Come and Hug Me (2018). Jahatnya orang jahat yang sangat disegani di penjara. Dan saat Jae-Ho memberi hormat ((kalau di Korea, senior itu harus sangat-sangat dihargai)). Dan Jae-Ho malah mendapat kejutan.

Salah satu anak buahnya dipukulin sama sipir penjara. Ini atas instruksi dari “Bos Baru” yang bernama Kim Sung-Han (diperankan oleh Heo Jun-Ho). Setelah kejadian itu, Jae Ho mendapat ujian lainnya. Ia nyaris dibunuh oleh mantan pengikut-pengikutnya. Atas perintah siapakah?

Kenyataan Pahit

Setelah mengetahui siapa dalang dibalik percobaan pembunuhan tersebut, anehnya Jo Hyun-Soo memihak Jae-Ho. Ia membela mati-matian hingga rela babak belur.

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, Sol Kyung-Gu, Nonton Film The Merciless (2017) sub indo dimana?
Nonton di Netflix

Dan kenyataan bahwa pengkhiatan datangnya dari orang-orang yang dekat dengannya, yakni anggota geng yang bosnya mengasuhnya sejak kecil, sejak Jae-Ho keluar dari panti asuhan.

Penyamaran Im Siwan

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, Sol Kyung-Gu, Nonton Film The Merciless (2017) sub indo dimana?
Nonton di Netflix

Ada udang di balik batu pastinya laah…karena mendadak orang baru, lalu memihak yang paling kuat. Misteri terungkap! Bahwa sebenarnya Hyun-Soo adalah seorang polisi ang menyamar. Ia mendekatkan diri kepada “pemimpin” yang paling berpengaruh untuk membongkar kedok kejahatan narkoba terbesar yang diselundupkan melalui Pelabuhan Incheon.

Dengan penyamaran dan pendekatan layaknya saudara yang rela berbuat apa saja, Hyun-Soo berakting sangat baik. Hingga pada suatu hari, ikatan mereka semakin kuat dengan melewati banyak hal. Salah satunya adalah saat Ibu Hyun-Soo mendadak meninggal ditabrak truk, padahal di hari yang sama, ia akan melakukan transplantasi ginjal.

Tahukah Hyun-Soo siapa dalang di balik kejahatan tertabraknya sang Ibu yang amat ia cintai?
Saat Hyun-Soo tahu, apa yang ia lakukan?

Menariknya Film The Merciless (2017)

Menarik donk.. Ada Im Siwan gitu.. yang karakternya keluar dari biasanya, Kalau di drama, Im Siwan kerap menjadi cowok pemalu yang gugup dan lemah, tapi di The Merciless, ia menjelma menjadi karakter polisi yang menyamar masuk ke geng penyelundupan narkoba.

Uwaaah!
Terpukau sangat sangat. Badannya lebih kurus dan berotot juga wajahnya jadi tirus, vibesnya persis seperti Kim So Hyun dalam Film REAL. Hanya di sini, Im Siwan gak melakukan adegan ngadi-ngadi yang bikin penonton kapok. Justru karakternya saat memerankan Hyun So aku kasih standing applause saking badasnya.

Review dan sinopsis ending Film The Merciless (2017), Im Siwan, Sol Kyung-Gu, Nonton Film The Merciless (2017) sub indo dimana?
Nonton di Netflix
Make up Im Siwan sebagai Hyun So di Film The Merciless

Di Film ini, Im Siwan berantem, marah, nangis dan sadis dalam satu waktu. Gils banget siih.. Kudunya Im Siwan dapet karakter yang begini niih.. Selain didukung oleh aktor senior Sol Kyung-Gu, yang gak pernah main drama. Semua karyanya adalah aktor film dan beberapa kali mendapat penghargaan BEST ACTOR di penghargaan ternama seperti Daejong Film Awards, Blue Dragon Film Awards, dan BaekSang Arts Awards.

Lesson Learn Film The Merciless (2017)

Anak yang Tidak Pernah Merasa Aman

Digambarkan karakter Han Jae-Ho ini adalah orang yang selalu dikhianati dala hidup. Ia bercerita bahwa pengkhianat pertama dalam hidupnya adalah IBU. Ibunya mencoba membunuh si kecil Jae Ho dengan menghidangkan makanan yang sudah diberi racun. Namun Jae Ho kala itu sadar bahwa ada yang aneh dengan “rasa” makanan tersebut.

Sehingga Jae Ho kecil memuntahkan makanan tersebut. Sedangkan sang Ibu dan Ayahnya, meninggal setelah makanan tersebut tercerna. Maka dari itu, Jae Ho menjadi anak yatim di panti asuhan dan kemudian diadopsi oleh orang kaya yang bisnis utamanya adalah jual-beli narkoba. Namun bisnis yang tampak di TV dan masyarakat adalah bisnis baju dalam dan masih banyak lagi.

Aku tak mau hidup seperti ini.
Aku hidup untuk bertahan hidup
.

Han Jae Ho, Quote Film The Merciless

Berbuat Baik yang Benar

Berbuat baik saja gak cukup. Kita kudu tahu benaapa yang dilakukan tersebut sesuai dengan norma agama dan norma bermasyarakat (sosial) atau tidak. Karena maksud baik seseorang bisa saja menjadi salah arti ketika tidak dinilai baik olehkedua norma tersebut.

Ibuku selalu berkata “Tidak boleh mengabaikan orang yang membutuhkan bantuan”.

Jo Hyun-Soo, Quote Film The Merciless

Aku tak ingat seperti apa Ayahku.
Bagiku, Ibuku adalah segalanya.
Dan kini aku merasa benar-benar ditinggalkan
.

Jo Hyun-Soo, Quote Film The Merciless

Jangan Pernah Merasa Bersalah

Jangan pernah merasa bersalah.
Atau kau akan menghancurkan dirimu sendiri
.

Han Jae Ho, Quote Film The Merciless

Wah, ini kaitannya dengan kehidupan adalah jangan merasa mudah menyalahkan diri sendiri bila terjadi hal yang buruk. Segera bangkit dan melompat lebih tinggi agar bisa membuktikan kepada dunia bahwa apa yang kita lakukan tidak salah pilih.

Membaca Keadaan

Seperti dalam Islam juga, semua dari kita diharuskan Iqra‘. Karena ayat inilah yang pertama kali diturunkan oleh Allah. Bahwa manusia itu harus banyak membaca. Dalam Film The Merciless, Han Jae Ho pun beberapa kali memberi clue kepada Hyun So bahwa ia harus membuka mata dan hati. Rasakan ketulusan seseorang dan ia akan bisa menemukan jawaban atas misteri yang selama ini belum terungkap.

Hal-hal yang mengubah hidupmu, selalu tak terduga.
Mereka tak pernah memberikan petunjuk.
Jadi, hiduplah selalu penuh waspada
.

Han Jae Ho, Quote Film The Merciless

Jangan Mengulang Kesalahan yang Sama

Jangan mengulang kesalahan yang sama.

Han Jae Ho, Quote Film The Merciless

Ya, jangan pernah jatuh ke lubang yang sama. Pernah salah, boleh boleh aja, seperti kata Ji Ho dalam drama Because This Is My First Life bahwa “Hanya karena kau sudah melalui hari ini, bukan berarti kau tahu apa yang akan terjadi besok.”

Tapi hari ini bisa menjadi pelajaran untuk hari esok.

Ending Film The Merciless sungguh gak nyangka sih yaa.. bahwa terungkap seua pelakunya dan yang terakhir, satu-satunya yang bertahan hanyalan Hyun Soo.

Kalau sudah begini, operasi penyamaran Hyun Soo berhasil atau gagal nih?

Aah…apapun ending film The Merciless, aku suka dengan akting pemain-pemainnya dan adegan kejutannya di sepanjang film. Konsistensi ketegangan dan dramanya terus dipegang hingga mengakhiri filmnya. Ada beberapa plot hole seperti Hyun Soo kok selamat terus, gak ketembak meski ada baku tembak di tempat ia duduk, yah..masih bisa dimaklumi lah yaa.. Dramatisasi film.

Bagaimana dengan sahabat lendyagassi?
Tertarik menonton akting Im Siwan dalam film The Merciless?

Skuy nonton Film The Merciless sub indo di Netflix. Karena film ini mendapatkan penghargaan The Seoul Awards 2017 (1st) untuk kategori Best Popular Actor (Im Si-Wan) dan Daejong Film Awards 2017 (54th) untuk Best Actor (Sol Kyung-Gu).

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

37 pemikiran pada “The Merciless (2017) : Im Siwan, Lawan atau Kawan?”

  1. Duh, as always bertabur quote dan pelajaran keren ya dra kor ini..

    But, aku kok kurang menikmati review tulisanmu kali ini ya, Len. Padahal ini runut kan dari awal sampe akhir? entah kenapa kayak ada sesuatu yang hilang .. hiks…
    Paling suka tulisan Lendy di The Witch Diner, di situ Lendy kayak cerita face to face sama kita loh… kayak bisik bisik gimana gitu!

    (maafkan komen randomku)

    Balas
  2. Menurutku, Netflix itu emang kece banget. Selain filnya beragam, streaming Netflix bagus banget di rumah saya. Bisa sambil tiduran dengan ponsel, pakai tablet atau komputer..

    Ngomong-ngomong The Merciless, sepertinya, bukan genre kesukaan saya. Gak kuat harus nonton penjahat beraksi atau segala macam drama di penjara. Maunya sih drama cinta yang menye-menye aja 🙂

    Balas
  3. Aku sebetulnya penggemar segala genre, tapi sering nggak kuat kalau nonton yang berdarah-darah. Herannya, aku selalu penasaran dan kapan-kapan beraniin diri nonton haha. Kayak The Veil itu kan kurang sadis apa coba, ya tetep aku tonton, malah penasaran nunggu episodenya wkwk.

    The Merciless ini keliatannya apik, berhubung ini film, ga perlu lelah berlama-lama dengan darah kayak serial, jadi aku maulah nonton.

    Oh iya, latar belakang kisahnya karena dihianati berkali-kali ya, terutama oleh ibunya. Memang lah ya, orang jahat itu berawal dari orang baik yang dihianati :))
    Ga semua gini sih, tapi sering terjadi.

    Balas
  4. Teh bagi tips bisa nonton cept dan review rajin hahha aku ya keteteran mana pernah diomelin suami karena nonton bae wwkwk…suka sih ini ulasan review dan lesson emang setuju orang dekat yang biasanya suka lebih jahat ya teh 🙁 sedih

    Balas
  5. Im Siwan ganteng tapi meranin karakter yang wow sampe babak belur gitu ya mbak. Sedih banget baca hidup untuk bertahan hidup. Aku ga bisa membayangkan misal ada orang yang hidup di penjara dan ga pny duit, ga pny kekuasaan apalagi badan ga kelar, bakal kayak apa tuh serem nya

    Balas
  6. Aku hidup untuk bertahan hidup
    Singkat, tapi kalau dicermati, maknanya sangat dalam ya.

    Aku beberapa hari ini ditantang sama si bungsu, diajak suit dan yang kalah di tampol pipinya. Nggak tampol beneran sih, ditepuk-tepuk aja. Eh ternyata ada juga permainan gitu di film ini ya.

    Balas
  7. “Jangan mengulang kesalahan yang sama” sederhana quotenya tapi nancep ini, Mbak Lend.

    Anyway biasanya kan drakor itu yang romantis² gitu ya, ini film bisa masuk list ni kalau mau drakor action.

    Balas
  8. Tertarik banget mba lendy nonton mercilese. Duh, sayang di Netflix. Waktu itu aku mau daftar lewat aplikasi gak bisa. Huhu… cari cara lain nih biar bisa nonton filmnya.

    Balas
  9. Film action berarti ya Teh Lendy The Merciless ini. Kadang nonton drakor itu ditentuin siapa yang mainnya baru Aku mau nonton. Menarik juga filmya kalau dibingangi Im Siwan. Baca sinopsis begini jadi penasaran pengen lihat ending filmya kaya gimana.

    Balas
  10. Im Siwan-nya kenapa bonyok begitu, Mbaa? Hiks hiks.. Nggak nyangka oppa bisa akting marah, sedih, berantem, nangis dll dalam satu scene. Terakhir nonton ya di Run On itu kan jadi cowok innocent plus sweet bangeeeddd. Haha..

    Balas
  11. Ini film kan mba ya bukan drakor. Saya kalau nonton film sukanya karena cuma 2 jam sementara drakor harus meluangkan waktu beberapa hari nih karena episodenya yg lumayan. Dr sinopsis yg mba ledy tulis sepertinya sya wajib nonton. Karena saya pun lg senneng nonton film yg mengandung unsur kekerasan hehehe

    Balas
  12. Aduh, ngeri filmmya kayaknya ya. Tapi ada saatnya aku suka film kayak gini. Seperti film Night in Paradise. Sadis gitu ya. Tapi untuk sekarang, lagi seneng film yang ringan dan yang lucu. Hehehehe

    Balas

Tinggalkan komentar