Makna Film Shark: The Beginning Agar Kita Terus Bergerak

Film Korea Shark: The Beginning (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Penasaran banget sama film yang manampilkan Wi Ha Joon sebagai leadnya. Namun ketika sudah menonton, barulah aku tahu bahwa Wi Ha Joon malah second lead yang membantu berkembangnya karakter utama di film Shark: The Beginning.

Karena drama Bad and Crazy barusan tamat, jadi mencoba kembali menonton akting aktor kelahiran 1991 yang terkenal banget setelah membintangi drama Squid Game sebagai polisi yang mencari kakaknya yang hilang. Jadi apa makna Film Shark: The Beginning?

Apakah bakalan sama dengan lagu anak-anak dengan lirik “Baby shark duduu…duduu..baby shark..duduu..dduuduu..Baby Shark”, atau enggak?

Cover webcomic Shark
Cover webcomic Shark

Film Shark: The Beginning ini berdasarkan webcomic yang berjudul sama, yakni “Shark” karya Woon dan di illustrasikan oleh Kim Woo-Seob. Webcomic ini sudah dipublikasikan di Kakao sejak 23 September 2016 sampai 8 Mei 2021. Dan kabarnya, akan dijadikan versi dramanya pada tahun 2022 ini. Simak dulu yuk, sinopsis dan ulasan film Shark: The Beginning. Okay, let’s get it~

Film Korea Shark: The Beginning (2021)

Sinopsis Film Shark: The Beginning
Poster Kmovie Shark : The Beginning

Profil Film

Judul : Shark: The Beginning
(Shark: The Beginning/ 샤크 : 더 비기닝)

Director : Chae Yeo-Jun
Penulis Webcomic : Woon & Kim Woo-Seob

Pemeran Film Shark: The Beginning (2021) :

Kim Min-Suk sebagai Cha Woo-Sol
Wi Ha-Joon sebagai Jung Do-Hyun
Jung Won-Chang sebagai Bae Seok-Chan

Genre : Action, Drama, Martial Arts
Release Date : June 17, 2021
Runtime : 108 minutes

Rating : ⭐⭐⭐/5

Sinopsis Film Shark: The Beginning (2021)

Drama yang dimulai dari dibunuhnya seluruh anggota keluarga Jung Do-Hyun (Wi Ha-Joon) pada suatu malam sepulang pertandingan MMA champion. Kesedihan Jung Do-Hyun segera terbayarkan dengan pembunuhan yang membabi buta. Jung Do-Hyun sadar bahwa pelakunya masih ada di rumahnya dan menghabisi dengan tinju mautnya.

Setelah itu, Jung Do-Hyun dinyatakan menjadi terdakwa dan dipenjara karena menghilangkan 3 nyawa sekaligus sekalipun dalam rangka membela diri.

Berbeda kasus Jung Do-Hyun, kini bercerita tentang siswa SMA yang mengalami bullying dari waktu ke waktu. Ia menahan kesakitannya ketika dipukul, ditendang dan diperlakukan secara gak adil oleh temennya yang superior ini. Lalu, saat sang pembully ini menantang bahwa bila Cha Woo-Sol (Kim Min-Suk) berani colok matanya, colok aja!

Karakter Kim Min-Suk Sebagai Cha Woo-Sol

Karakter Kim Min-Suk Sebagai Cha Woo-Sol, Film Shark: The Beginning (2021)
Cha Woo-Sol (Kim Min-Suk)

Awalnya Cha Woo-Sol adalah murid yang biasa aja. Kerjaannya belajar, belajar dan belajar karena ingin masuk universitas. Keluhannya setiap hari hanya kesusahan dalam belajar. Namun pada suatu hari, kepindahan Bae Seok-Chan (Jung Won-Chang) ke sekolah itu membuat hidup Cha Woo-Sol gak tenang, karena Bae Seok-Chan tukang bully dari sekolah yang dulu dan kini satu sekolah lagi.

Ih…aku juga serem sih..tau ketemu sama orang yang hobi bullying. Gak nanggung-nanggung, bullyingnya sampai gak kenal tempat dan waktu. Asal ada hasrat mau mukul, dia pukul orang lain aja gitu.. Super nyebelin banget!

Di saat ada kesempatan, ternyata Cha Woo-Sol berani speak-up sehingga menusukkan pensil ke mata sang pembully sehingga matanya buta sebelah (kanan). Kasus ini sampai pengadilan dan Cha Woo-Sol mendapat dakwaan sebagai percobaan pembunuhan dan masuk ke penjara remaja.

Kehidupan di Penjara Remaja

Kehidupan di penjara, seperti di drama One Ordinary Day atau Film The Merciless, tidaklah mudah. Berkumpul dengan sesama terdakwa sebuah kejahatan yang beraneka ragam, tentu berat. Namun, Cha Woo-Sol bertemu dengan Jung Do-Hyun (Wi Ha Joon) yang kesasar dititip sementara di penjara remaja.

Di sinilah pertama kali Cha Woo-Sol memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi lebih kuat. Eh gimana? Hihii…intinya mah, Cha Woo-Sol ingin belajar tinju agar bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah ditindas.

Nonton Film Shark: The Beginning (2021) sub indo dimana?
Atas : Cha Woo-Sol, Bawah : Masa training oleh Jung Do-Hyun

Uniknya, karena keinginan kuat Cha Woo-Sol, ia malah bisa mengubah keadaan penjara remaja yang mayoritas berpikir bahwa “Yang kuat, yang berkuasa” malah menjadi lebih damai dan semuanya tenang, tidak ada persaingan adu otot lagi.

Berhentilah berkelahi.
Apa yang kita dapatkan dari perkelahian?

Hanya hukuman dan luka.
Bahkan yang lainnya harus dihina dan dirampok uangnya.

Meski semua orang memanggil kita sampah, namun kita jangan menjadi sampah selamanya.

Quote Film Shark: The Beginning

Pada akhirnya, setelah Cha Woo-Sol menjalani masa hukumannya dan saat ia bebas dari penjara, maka dendamBae Seok-Chan yang matanya dicolok pensil tadi tetap ada dan ia ingin membalaskan dendamnya dengan menyambut Cha Woo-Sol tepat di pintu keluar penjara.

Berhasilkah duel ini dimenangkan oleh Cha Woo-Sol?
Atau kejadian apa yang harus dialami Cha Woo-Sol?

Kesan Nonton Film Film Shark: The Beginning (2021)

Film Shark: The Beginning ini memang idenya sederhana dan diselesaikan dengan sederhana juga. Hanya pesan yang ingin disampaikan kepada para kawula muda bahwa perkelahian itu tidak menyelesaikan masalah. Emosi dan keinginan menghancurkan orang lain hanya emosi yang destruktif.

Ending Film Shark: The Beginning (2021)

Kesederhanaan ide Film Shark: The Beginning ini kabarnya akan dijadikan drama Korea yang idenya pastinya akan lebih dikembangkan lagi. Apakah ada yang menunggu drama korea genre Martial Arts action begini?

Lesson Learn Film Shark: The Beginning (2021)

Makna Film Shark : Jangan Pernah Berhenti dan Menyerah

Mengapa judulnya mengambil nama hewan laut yang mengerikan, Shark (hiu)?
Ternyata sang sutradara dan penulis ingin menyampaikan sebuah pesan bahwa

Ikan hiu hidup tidak mempunyai gelembung renang, maka agar bisa hidup, ia terus berenang.
Hiu akan tenggelam jika mereka berhenti berenang.

Maka, janganlah pernah berhenti berlatih.
Jangan menyerah.

Jung Do-Hyun, Quote Film Shark: The Beginning
Makna Film Shark: The Beginning, Jangan Pernah Berhenti dan Menyerah

Pada satu titik, kamu pasti merasakan lelah dan beristirahat.
Itulah momen kuncinya.

Quote Film Shark: The Beginning

Jadilah Kuat dengan Berlatih

Ingin menjadi ahli, maka yang harus dilakukan adalah berlatih hal yang sama terus menerus tanpa mengenal lelah. Dan dari film Shark: The Beginning, aku jadi tahu bahwa yang namanya target itu gak perlu muluk-muluk. Cukup dengan mengalahkan pencapaian diri sendiri setiap harinya.

Misal,
Hari ini berhasil push up 1 kali, keesokan harinya, jadi 2, hari berikutnya 3 dan seterusnya.

Ini bisa jadi inspirasi ketika kita menulis yaa.. Kalau mau ahli, cukup kalahkan diri sendiri, bukan membandingkan diri sendiri dengan prestasi orang lain.

Trailer Film Shark: The Beginning (2021)

Lega banget lihat endingnya bahwa Cha Woo-Sol berhasil mengalahkan dirinya sendiri dan berubah menjadi kuat. Terbukti ketika bertarung dengan Bae Seok-Chan, ia berhasil memenangkan dengan terus bangkit memukul dan melawan balik.

Sekian pembahasan mengenai Film Shark: The Beginning.
Sampai ketemu di review dan sinopsis film dan drama Korea berikutnya yaa..

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

54 pemikiran pada “Makna Film Shark: The Beginning Agar Kita Terus Bergerak”

  1. Film tema martial arts gini kayanya masih jarang ya di Korea, Mbak? Apalagi lokasinya di penjara remaja. Tapi baca review ini jadi buka mata kalau nggak semua anak yang masuk penjara remaja itu kriminal, ya.

    Balas
    • Sebenarnya aku tuh nggak terlalu suka fim genre gini hihihi, tapi penasaran dengan kelanjutan Bae Seok-Chan yang nunggu Cha Woo-Sol di pintu keluar penjara untuk balas dendam. Coba tolong bisikin, Mbak. Atau bikinin podcastnya gitu hehehe.

      Balas
  2. Penjara remaja ya kali ini settingnya teh Lendy… aku selalu tertarik melihat perjuangan mereka yang penuh drama dan ‘berdarah – darah’ literally. Semog abanyak pesan baik yang didapat

    Balas
  3. Pesan yang disampaikan bagus juga ya, jangan menyerah.
    Jangan menyerah, terus berlatih, terus berusaha mencapai apa2 yang kita inginkan.
    Tapi sereem sih kalo ada adegan pukul2an sampai berdarah-darah hiks, bisa-bisa lebih banyak tutup mata nih sepanjang film berlangsung haha.

    Balas
  4. Auto nyanya di awal…baby shark dududu baby shar kwkw
    Meski aku kurang sreg nonton film berdarah-darah begini, tapi karena lesson learned-nya keren boleh juga nih, Shark The Beginning. Yes, kita terus bergerak! Kalahkan diri sendiri, bukan membandingkan diri dengan prestasi orang lain. Semangat!

    Balas
  5. huaaaaaaaaaaaaaa ada wi ha jooon, auto mau nonton ah kayanya seru sih nih, karena memang ya realitanya kehidupan ini keras yaaa, bagus sih spiritnya jadi bikin kita semangat untuk stay strong

    Balas
  6. Jadi kuat dengan berlatih, apapun itu. Bisa karena terbiasa ya. Kalau serba instan emang hasilnya kurang maksimal. Bisa aja memiliki kekuatan tapi dari hasil adu domba atau trik licik lainnya. Tapi itu bukan jalan keluarnya ya

    Balas
  7. Sukaa dengan quotes kalau mau kuat giatlah berlatih 👌.

    Penasaran pengen nonton film Shark ini, pesan moralnya bagus, memang sebel banget dg tukang bully karena saya pernah di bully jaman SD ma SMP.

    Jadi sebeel banget sama yang suka bully.

    Pengenn bisa menghasilkan dr blog kudu berlatih nulis teruss ya maak.

    Balas
  8. Ya Allah, kumaha aku baru tau tentang ikan hiu yang nggak punya gelembung renang sehingga harus terus berenang agar tetap hidup :”). Tapi memang yaa, seperti yang pernah kubaca juga, bahwa hanya ikan yang mati yang ikut arus. Kitapun, agar tetap ‘hidup’ ya harus terus bergerak ya Len. Bergeraklah, melawan arus.

    Balas
  9. Ya ampun, aku takut teh film dengan darah berceceran di kulit begitu, aku penggemar film yang gada darah wkwkwk. Pokoknya yang ga luka banyak, takut lihatnya. Tapi ini kayaknya seru ya, bagus buat ditonton orang yang pernah dibully

    Balas
  10. Berhentilah berkelahi.
    Apa yang kita dapatkan dari perkelahian?
    Hanya hukuman dan luka.
    Bagus banget nih film quotenya memberikan kesadaran untuk remaja untuk berhenti berkelahi. Saya setuju perkelahian itu tidak menyelesaikan masalah malah justru memperkeruh masalah ya

    Balas
  11. Suka gemes klo ada anak remaja yg hobinya suka bully gitu entah apa maunya ya, udah kayak kebiasaan anak cowo kali ya klo gak adu kekuatan ga keren, film ini cocok buat mereka ya klo ada yg lebih penting selain ngebully

    Balas
  12. Sebenernya menarik yah filosofinya SHARK. Harus selalu berenang, kalau engga, malah tenggelam…
    Tapi engga berani nonton euy kalau bunuh-bunuhan…
    Mau tahu akhirnya aja boleh ga…

    Balas
  13. dalam dan related gitu ya Kak pesannya.
    kita memang harus mengalahkan rasa malas di dalam diri kita untuk mencapai tujuan, lakukan yang terbaik dan jangan mudah menyerah.
    yuuukk, kita nulis lagi janganlah banding-bandingin kemampuan kita dengan orang lain ya karena semua orang spesial dengan kelebihannya 🙂

    Balas
  14. Sebagai pencinta air asin, aku baru tahu hiu fisiknya gitu jadi dia harus terus bergerak. Eh dalam film ini jadi pelajaran untuk kita supaya terus berlatih, makin kuat. Serem juga nih film action, banyak adegan berantemnya. *Iyelah kan MMA. Mana ada bullying pula.

    Balas
  15. Sempat terkecoh sama judulnya kirain ada hiu gitu ternyata bukannya dan poin yang diambil dari ikan hiu boleh juga tuh ya. Aku kalau film action gini semangat nonton apalagi tentang balas dendam sama tukang bully gitu beuhhhh wajib nonton.

    Balas
  16. Wahhh.. seru nih filmnya. Kak Lendy selalu seru kalau bikin review. Saya serasa nonton padahal hanya baca. Pelajaran dari film ini mantap 👍

    Balas
  17. Wah ada mas Hajooonn
    Yg kusukai dari drakor tu bahkan yang aktor udah terkenal bisa jd second lead atau bahkan cuma cameo2 gtu yaa 😀
    Aku kebetulan lagi nonton drama Cha Wo Sol yang lawas, liat dia imut gtu dan wajahnya polos, jd penasaran jg aktingnya di Shark ini kyk gimana.
    Jd abis ini juga mau dibikin drama serinya yaa. Moga nanti bisa nonton jg 😀
    TFS reviewnya

    Balas
  18. Wah baru tahu aku mba tentang ikan hiu yang teryata harus selalu berenang karena jika tidak maka dia akan tenggelam. Nah apa yang dilakukan ikan hiu ini yang menjadi pemicu untuk kita selalu aktif bergerak

    Balas
  19. Di IQIYI banyak film Korea yang bagus ya teh
    Salah satunya ya film Shark The Beginning ini
    Hmm agaknya KLO g ada drama yg bisa ditonton , nonton film Korea juga seruQ

    Balas
  20. Pas baca judulnya, kirain bakal ketemu setting di lautan dan kisah tentang ikan hiu. ternyata nggak ada sama sekali.

    Rupanya filosofi kehidupan hiu aja yang dijadikan tema ya, jangan berhenti bergerak

    Balas
  21. Wow filmnya berdarah-darah yaa.. tapi bagus juga kalau penonton bisa mengambil lesson learned-nya. Dan kak Lendy selalu menyisipkan itu tiap kali review. Kayaknya bakal banyak yang pengen nonton juga, nih 🙂

    Balas
  22. Duh, Mbak, ngomongin bullying tuh memang kental banget dengan anak muda zaman now. Nggak usah yang ABG deh, muridku SD saja, duh, setiap hari pasti ada saja kasus bullying. Insyaallah kalau film ini ditonton banyak anak muda, pesannya akan sampai ke mereka.

    Balas
  23. Di foto posternya sama sekali nggak nyangka itu Kim Min-Suk. Beda banget deh, apa karena mukanya yang agak babak belur, ya? Aku sering lihat dia biasanya main drama jadi temannya si first lead, Alhamdulillah sekarang jadi lead, yaaa. Wow, menarik. Aku mau nonton. Ngambil filosofinya ikan hiu juga menarik banget, nih.

    Balas
  24. Kalau dipikir2 pas lagi tenang, berkelahi memang enggak menghasilkan apa2 kecuali sakit. Tapi kalau lagi emosi, emang apa saja bisa dilakukan ya, Mbak.

    Btw, aku ya malah serem kalau ktemu orang yang hobi bully. Menakutkaannn

    Balas
  25. Setuju banget kalau perkelahian tidak akan menyelesaikan masalah. Cuma memang untuk bisa berpikir jernih di saat terpancing emosi itu susaaah, harus banyak latihan. Menarik nih genre martial arts gini untuk film Korea, biasanya mah drama gitu ya.

    Balas

Tinggalkan komentar