The Roundup, Sekuel The Outlaws yang Bikin Merinding

Film Korea The Roundup (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Beuuuh!
Lagi-lagi aku mau review film sekuel nih.. Dari prekuelnya yang berjudul The Outlaws (2017), kini setelah penantian selama 5 tahun, 2022 hadir Film Korea The Roundup (2022).

Masih dengan formasi polisi yang sama dan bintang utama Ma Dong-Seok ahjussi, kali ini di Film The Roundup menghadirkan kejahatan yang luar biasa dari penjahat tunggal. Perkelahian di tempat-tempat unik pun tak dapat terelakkan dan ini yang bikin aku standing applause banget sih..

Baca juga:
5 Film Ma Dong Seok di tahun 2019

Produktivitas seorang aktor laga dengan badan berotot yang bikin jiper penjahat pun menjadi image kuat dari setiap karakter yang diperankan Ma Dong Seok. Kalau sahabat lendyagassi inget dengan film Train To Busan, karakter Ma Dong Seok di sini tampak berbeda. Garang iya, tapi sangat cinta istri hingga melindungi sekuat tenaga istrinya dari serangan zombie yang bak air bah menerjang segalanya yang tampak potensial bisa mereka hisap darahnya.

Okey, STOP ngobrolin Train to Busan, kini aku mau review dan ngobrolin sinopsis Film Korea The Roundup (2022) yaa..
Seseru apa film action crime ini? Layakkah ditonton saat akhir pekan?
Yo, let’s get it!

Film Korea The Roundup (2022)

Review Film Korea The Roundup ending
Poster Film Korea The Roundup

Profil Film

Judul : The Roundup
(BumJoedoshi 2/ 범죄도시2)

Director : Kang Yoon-Sung
Penulis : Kim Min-Sung

Pemeran Film Utama The Roundup (2022) :

Ma Dong-Seok sebagai Ma Suk-Do
Son Suk-Ku sebagai Kang Hae-Sang

Pemeran Pendukung Film The Roundup (2022) :

Choi Gwi-Hwa sebagai Jeon Il-Man (timjang-nim)
Park Ji-Hwan sebagai Chang Yi-Soo (penjahat yang tobat)
Heo Dong-Won sebagai Oh Dong-Gyoon
Ha-Joon sebagai Kang Hong-Suk
Jeong Jae-Kwang sebagai Kim Sang-Hoon
Eum Moon-Suk sebagai Jang Ki-Cheol

Genre : Action, Crime
Release Date : May 18, 2022
Runtime : 106 minutes

Rating: 3/5

Sinopsis Film The Roundup (2022)

Sebagai pembuka Film The Roundup, dijelaskan bahwa banyaknya penjahat di Korea itu melarikan diri dan pelarian diri mereka tersebar di seluruh wilayah Asia Tenggara. Sama seperti di Film sebelumnya, The Outlaws (2017) yan mengambil setting negara Vietnam.

Kejahatan dimulai dari Kang Hae-Sang (diperankan oleh Son Suk-Ku, inget kan.. pemeran Mr. Gu di drama My Liberation Notes) memilih untuk menjadikan seorang anak konglomerat sebagai tawanan. Gak pake ba-bi-bu, si anak holkay (holang kaya) ini digebukin dan dilukai dengan pisau.

Kaget setengah mati karena Kang Hae-Sang bekerjasama dengan preman Korea yang tinggal di Vietnam namun masih ecek-ecek. Jadi sama-sama tenggengen (bahasa Jawa yang artinya terdiam, speechless gak mampu berkata-kata) karena kesadisan Kang Hae-Sang.

Karakter Son Suk-Ku Sebagai Kang Hae-Sang

Kang Hae-Sang, seorang penjahat yang hanya mengincar uang. Ia bekerja apapun (pembunuh bayaran) agar mendapatkan uang. Sayangnya, gak dijelaskan dalam film ini untuk apa uang sebanyak itu. Jadi penonton gak bisa tau motif obsess-nya.

Review Sinopsis Ending Film Korea The Roundup
Karakter Son Suk-Ku sebagai Kang Hae-Sang

Pada suatu hari, ia menculik dan menawan seorang anak dari bos besar Peer-to-peer lending (P2PL). Haha, rentenir gitu lah yaa.. Tapi udah ternama dan kaya banget sehingga perusahaannya besar dan jaringan usahanya macem-macem. Mau dealing bikin apartemen di Vietnam, eh.. malah si bocah diculik dan disiksa.

Jempolnya dipotong dan difoto bareng KTP si anak ini lalu dibilang “Ini jempol anakmu. Beri uang tebusan 200 juta won.”

Parah banget sih.. Dan si Bapak gak kasih uang apa-apa malah kirim preman buat nyelametin anaknya. Gimana nasib anak ini kemudian?

Karakter Ma Dong-Seok Sebagai Ma Suk-Do

Ma Suk-Do, adalah seorang detektif bagian kriminal. Ia selalu mengikuti aturan dalam menjalankan tugas. Dan suatu hari mendapat tugas ke Vietnam untuk menangkap gembong penjahat, ya… si Kang Hae-Sang ini karena laporannya meresahkan!

Namun yang perlu diingat agar gak dideportasi, Ma Suk-Do kudu ngaku bahwa ia sedang berlibur ke Vietnam. Yah, namanya berlibur kan yaa.. Jadi saat bertemu sebuah kasus (yang memang misi mereka sebenernya, karena kaitannya adalah penjahat Korea di negara lain), jadi Ma Suk-Do kudu menahan diri. Kesalahan sekecil apapun berakibat retaknya hubungan kedua negara.

Baca juga:
Film Korea Escape from Mogadishu (2021)

Review Film Korea Ma Deong Seok The Roundup
Karakter Ma Dong-Seok sebagai Ma Suk-Do

Ma Suk-Do yang menemukan banyak fakta seperti mayat orang Korea dan pembunuhan massal sebuah geng beranggotakan orang Korea, langsung mengambil tindakan. Ia mengejar pelaku dengan penuh semangat. Berhasilkah Ma Suk-Do menangkap Kang Hae-Sang yang gila uang?

Konflik Film The Roundup

Konfliknya sesederhana itu, tapi nangkep orang selicin Kang Hae-Sang gak semudah itu, bestie.. Dia bisa memanipulasi banyak penjahat buat kerjasama sama dia. Setelah membunuh anak dari bos P2PL, maka ia pun mengancam sang Bapak yang gak mau kasih uang malah mengirimkan preman dan mengambil semua uang simpanan Kang Hae-Sang.

Tau uangnya amblas, Kang Hae-Sang langsung naik pitam dan sesegera itu ia terbang ke Korea untuk mengambil uangnya kembali. Yah, bayangannya.. sudah terluka, ditaburi garam pula. Jadi dengan penuh amarah Kang Hae-Sang terbang ke Korea (eh, naik kapal dink.. kalo naik pesawat rada susah di bagian imigrasi, mungkin ini terkait visa yang dimiliki Kang Hae-Sang, bukan visa resmi).

Review Film Korea The Roundup
Kemarahan Kang Hae-Sang yang memuncak!

Sesampainya di Korea, Kang Hae-Sang gak basa-basi, langsung ke pemakaman sang anak Pak Bos dan menghabisi si bodyguard serta (kembali) menculik Pak Bos. Kali ini yang diancam adalah istri dari Pak Bos. Ia berkata “Kalau mau suamimu kembali selamat, maka serahkan uang sebesar 3 miliar won.”

Ini GILA sih!
Si istri Pak Bos dengan berani malah melawan dan berkata sebaliknya, “Aku sangat bersyukur bila kamu membunuhnya.” Namun itu hanya gertakan seorang wanita yang sedang sedih karena barrruu aja kehilangan sang anak, kini ia harus menghadapi penculikan suaminya.

Duduuu~
Bagaimana nasib si Pak Bos?
Bisakah Pak Bos selamat dan Kang Hae-Sang mendapatkan apa yang ia inginkan?

Kesan Nonton Film The Roundup (2022)

Wagelaseh sih..
Yang anti sama film berdarah-darah, senjata tajam dan adegan sadis serta adegan aksi yang bikin bulu kuduk berdiri, jangan nonton Film The Roundup. Ini SERIOUSLY, banyak banget adegan sadisnya. Sangat gak rekomended untuk ditonton bersama anak-anak. Persis kaya Film Im Siwan, The Merciles (2017).

Adegan gebug, tabok, tendang, tusuk, dari mulai pake pisau kecil, pisau dapur, sampai senjata andalan Kang Hae-Sang yakni pisau daging yang segede gaban! Mbookkk! Merinding akutuuuu…

Sinopsis Ending Film Korea terbaru The Roundup
Senjata andalan Kang Hae-Sang

Ending Film The Roundup

Scene tak terlupakan ya…scene ending Film The Roundup. Perkelahian antara Ma Suk-Do dan Kang Hae-Sang di dalam bis. GILA banget ini idenya. Setelah melihat berantem di sebuah rumah, basement parkiran, film The Roundup diakhiri di sebuah terowongan dan berantem di dalam bis umum.

Semua penumpang tentu sudah diminta dengan sopan untuk keluar dulu oleh Ma Suk-Do. Ia kan detektif teladan.. Lalu aksinya dengan tangan kosong (hanya menggunakan sabuk yang dililit di tangan kanannya) melawan Kang Hae-Sang dengan sajamnya.

Duh, beneran SERU sih ini.

Plot twist film The Roundup

Karena genre film The Roundup ini crime thriller, tapi ada selipan-selipan komedi yang mengundang penonton untuk rileks sejenak dari ketegangan demi ketegangan yang ditimbulkan ketika menonton. Kaya ternyata plot twist bahwa iang yang dibawa istrinya Pak Bos akan dilarikan oleh supir bayaran yang disewa kepolisian Korea.

Review Ending Film Korea terbaru The Roundup
Kepolisian tim Ma Suk-Do

Huhuu..ini kasian banget sih..
Udahlah penjahat kelas teri, jadi dia gak punya keberanian buat melancarkan rencananya buat mencuri uang yang jelas-jelas ada ditangannya. Ia takut kena gibenk sama Ma Suk-Do. Hahhaa…kiyowoo!

Trailer Film The Roundup (2022)

Film The Roundup sendiri disutradarai oleh sutradara yang sama dengan Film prekuelnya, yakni Kang Yoon-Sung yang mendapatkan penghargaan BaekSang Arts Awards kategori Best New Director untuk Film The Outlaws (2017).

Apakah Film The Roundup juga akan mempertahankan penghargaan yang diperoleh di kancah perfilman Korea?
Let’s wait and see yaa, sahabat lendyagassi.

Review Sinopsis Ending Film Korea terbaru The Roundup
Review The Roundup

Aku sejujurnya terpukau banget sih.. Semua aktornya totalitas parah!
Hanya beberapa plot hole yang mungkin harus aku cari sumber aslinya seperti mengapa film tahun 2022 tapi masih pakai HP seri flip (buka-tutup)? Berasa nonton film lawas. Dan itu tadi, alasan kenapa Kang Hae-Sang sangat terobsesi sama uang, sehingga rela melakukan kesadisan membunuh banyak orang?

Tapi yang namanya orang jahat mah yaa.. sekali dilakukan masih takut. Makin sering dilakukan, ya..makin biasa dan kebal.
Setuju gak, sabahat lendyagassi?

Sekian review dan sinopsis film Korea terbaru The Roundup.
Semoga terhibur.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

59 pemikiran pada “The Roundup, Sekuel The Outlaws yang Bikin Merinding”

  1. Asik ada rekomendasi film korea baru, dari kemarin aku nyari. Soalnya bosen drakor melulu, lagi gak mood nonton yang bersambung-sambung. Pemain utamanya emang sering jadi tokoh kalau gak penjahat jadi polisi hehe

    Balas
  2. Malam teh Lendy,
    Nah aku agak takut juga nih nonton Film The Roundup. Adegan berdarah sih oke. Tapi cara menimbulkan darahnya loh yang gak kuat mata. Apalagi jari tangan dipotong, tusuk menusuk, bergidik aku.
    So reviewnya keren abis. Suka aku. Cuman udah dibilangin adegan berikutnya jadi ada rasa takut nih

    Balas
    • Oh iya Ma Dong Seok pernah main di Train to Busan juga. Salut ama karekternya di sana, di film Roundup dia jadi detektif ya. Wah, menarik banget kayanya. Duh, semakin banyak film ama drakor yang mau ditonton tapi belum sempet aja. Trims rekomendasi film kerennya Teh

      Balas
  3. lho P2PL itu rentenir, baru tahu hehehe

    eniwei karakter yang dibawain Ma Dong-Seok selalu kuat banget ya?

    jadi nyesel nunda nunda nonton Train To Busan , eh lupa deng

    sekarang nyesel, gak bisa ngikutin obrolan teh Lendy

    tapi The Roundup mah harus nonton ah,

    karena ada Son Suk-Ku, hahaha….saya nonton banyak dramanya, seperti suits, 60 days dan My Liberation Notes

    Balas
  4. Mbak Lendy jeli juga kalau menonton, ya. Sampai hp di film ini pun keperhatiin. Kalau saya mungkin udah banyak menutup mata pakai tangan kalau banyak adegan sadisnya hehehe

    Balas
    • Hahahaha gara gara komen Chi aku baca ulang ulasannya tentang hape!

      Tapi kan sekarang ada flip phone yang harganya selangit itu loh, yang mereka keluarkan juga. So … more than modern, right?

      Back to the movie.

      Aku penggemar CSI tapi adegan sadis seperti ini biasanya aku skip. Aku lebih memperhatikan motif, modus dan plot hole yang tak sengaja terbuka oleh -biasanya- kebodohan mereka sendiri.

      Beklah… Aku skip dulu film ini yak!

      Balas
      • Toss dulu, Mbak. Saya suka nih serial CSI. Sayang ya sekarang belum ada lanjutan lagi.

        Oiya, sampai sekarang saya tuh masih suka penasaran antara artis drakor dan movie. Berasa kayak beda gitu tipikalnya. Apa memang di sana kayak gitu, ya? Kalau main drakor berarti gak ke film? Kepo aja nih saya. 😀

        Balas
        • Nah kan, jadi kita yang kepoan.. gimana kalo kita tanya pakarnya?
          Leeen menurut dikau gimana, kenapa artis drakor beda sama movie? Apa karena kayak di Indo ya artis yang di sinetron beda sama yang di layar lebar?

          Balas
  5. Sampai ada sekuel nya berarti yang pertama keren banget dong ya. Film kriminal dan mengejar penjahat plot twist nya harus oke nih biar anteng nonton. Kayanya film ini gitu juga ya

    Balas
  6. Kalau menurutku meski film ini keluaran tahun 2022 dan pakai HP flip boleh juga, karena masih juga dirilis kok HP flip yang canggih tiap tahunnya dari merk-merk ternama pula. Mungkin HP flip tetap ada untuk mengakomodir orang yang hobi pakai HP model lipat begini…Lha malah ngomongin HP hehehe
    Btw, kalau baca review-nya beneran seru nih The Roundup, apalagi meski crime thriller masuh ada selipan komedinya

    Balas
  7. Ya ampun Mr. Gu abis jadi debt collector club malam bukannya insap malah jadi pembunuh bayaran sih! Ehehehe

    Wah, film ini happening banget sih aku sempet nonton press con nya aja, tapi belon nonton filmnya. Kayaknya seru yaaah

    Balas
  8. Aku nonton film ini rasanya berdebar-debar dari awal sampai akhir. Edan. Yang namanya nusuk dan motong leher pakai pisau tuh seperti pekerjaan biasa, kek motong ayam. Padahal aku penggemar film-film thriller. Tapi buat The Roundup sequel ke-2 ini kok intensif banget perkelahian dan bunuh membunuhnya.

    Aku salah seorang fans dari Dong-seok dan Suk-ku. Dong-seok berbadan gempal tapi mantab banget berantemnya. Sekali pukul langsung penjahat kapok. Ekspresinya juga datar dan cool bener. Cocok dia jadi detektif jalanan. Suk-ku di film ini juga sangat menjiwai perannya ya. Tampil dengan tatto banyak di sekujur tubuh, bikin penokohan dia sebagai gangster tuh terlihat sekali.

    1/3 akhir film memang seru. Menunjukkan kualitas film yang disutradarai dengan professional

    Balas
  9. Kalau tokoh utama dijadikan antagonis rasanya gimanaaaa gitu. Tapi itulah yang bikin film ini beda ya mbak, Kalau yang suka tema crime pasti bakalan menikmati sekali film seperti ini. Aku pribadi kadang nonton jg pas lagi gabut dan gk ada tayangan menarik lagi hehe. TFS reviewnya.

    Balas
  10. Aduuh gak bakalan mau nonton aku kalau ada adegan2 sadisnya, berdarah-darah, ngebayangin jari dipotong aja udah sereeem. Lihat trailernya aja aku gak berani hahaha.

    Balas
  11. Aku pernah teh liat film pertamanya. Tapi cuma liat judulnya aja di Qiyi. Ternyata sekarang ada yang ke duanya ya. Berarti film ini ga cocok ama aku ya yang suka ga kuat nonton yang sadis sadis banget dan berdarah darah gitu hihihi 😂

    Balas
  12. Terimakasih reviewnya kak Len, seru juga nih kayanya, kebayang gregetnya pas nonton, walau yaa harus tahan liat bak bik buk dan pisau dapur yaa, huhu.. tapi bolehlah bisa jadi wishlist nonton di tengah malam

    Balas
  13. Aduh ngeri banget, jempolnya dipotong terus difoto dan dikirimkan ke Bapaknya.

    Ya namanya juga penjahat Kak, apalagi terobsesi sama uang. pastinya akan melakukan apapun demi dapat uang banyak. Hihihi….

    Balas
    • Heeh maak aq juga mupengg iih, btw hp model baru sekarang ada yg model.flip buka tutup lho..

      Kemarin pas kumpul temen lihat punya teman, keren kecil model.flip warna ungu muda.

      Balas
  14. Sadiss ya Mba filmnya.. Kebayang gemesnya Ma Suk-Do mau ikut berburu penjahat seperti Kang Hae-Sang tapi malah harus hati-hati dan menahan diri. Ternyata penjahat-penjahat kelas kakap yang kejam-kejam begini ada di mana-mana ya.. Main potong jari, membunuh, dkk.. sereem

    Balas
  15. Aduuuuh, ga kuat ah kalau nonton film berdarah2 gitu hihihi bikin bulu kuduk merinding aja dan biasanya menutup mata trus ngintip lagi wkwkwkwkwk 😀 Film The Roundup ini cocok ditonton orang dewasa memang ya. Anak2 kalau kepengen sebaiknya jangan dulu, khawatir kelakuan akting di film diikuti ngeriiii 😀 Pemain2 filmnya keren nih pasti seleksinya super wow ya.

    Balas
  16. Aku baca review-nya tapi berasa lagi nonton film-nya dong, seru yaaa, banyak berantemnya, haha.
    Baiklah, kujadikan referensi film untuk nanti ditonton (Sendiri), sambil makan popcorn dan soda (cheating day ceritanya) LOL

    Balas
  17. Konflik sederhana tapi bisa dikembangkan ke sebuah film yang menegangkan. Sulitnya menangkap Kang Hae-San yang licin bagai ular pasti jadi tantangan buat Ma Suk-Do apalagi didasari tanpa mengganggu hubungan kedua negara Korsel dan Vietnam.

    Balas
  18. Khas film dan drakor kayanya tu selalu ada selipan komedi ya apapun genre nyq. Tapi itu yg bikin ngangenin sih menurutku. Seri pertamq aku blm liqt mbak jd harus nonton season 1 dlu kali ya

    Balas
  19. Ma Dong Seok…wajah kriminal berhati lembut Aku suka akting dia pas drakor apa tuh yg kasih payung sama anak sekolah pas hujan, terus anak Sekolahnya meninggal ama penjahat…

    Keren tuh… Jadi mau Juga deh nonton drakor yang ini..

    Balas
  20. Baca review ini jadi penasaran ama film sebelumnya yaitu The Outlaw. Baru ngeh pemeran utamanya pernah main di Train to Busan. Penasaran deh jadi pengen nonton The Outlaw dan The Roundup

    Balas
  21. Nonton The Roundup di mana, Len? Bisa nonton bareng suamiku yang suka dengan genre film seperti ini. Apalagi adaa Dong-Seok, aktingnya selalu pas gitu menjiwai karakter nya. Wajahnya sangar kalo aku bilang, tapi hatinya lembut, hahahaa

    Hape model flip ada juga produksi terbaru. Aku jga mengira gak bakal ada edisi baru, ternyata harganya malah mahal

    Balas
  22. Baca sinopsisnya napa keknya sadis banget ya ni film, Len. Vietnam nih selalu jadi tempat film-film bergenre perang, action dan kekejaman gitu deh… Hmm.. genre kek gini lewat dah dari list… xixixi

    Balas
    • Suka penasaran sama film film crime-action, atau juga crime-mystery. Terlepas dari siapapun yang main ya, karena genre itu biasanya punya alur yang kuat.

      Balas
  23. Haduh, dijamin skip kalau adegannya begini. Atut akutuh, pasti kebawa pas tidur. Film action Korea termasuk “keras” juga ya, tapu wajar sih kalau model gangster atau penjahat kambuhan begini. Cast-nya kayak udah terkenal nih, cuma aku aja yg gak terlaku kenal.

    Balas
  24. Wah langsung bahagia aku baca review film kali ini. Film ini genre kesukaanku banget. Sudah lama ingin lihat roundup tapi selalu ke skip sama seri drama atau film lain. Kayaknya harus segera nonton nih. Sayang banget film sebagus ini dilewatkan. Apalagi kalau banyak adegan laga 1 lawan 1 yang seru. Aku paling suka scene perkelahian yang jarak dekat kayak gini. Terima kasih review-nya Mbak.

    Balas
  25. Nah, ini, nih! Harusnya yang bilang aktor Korea cantik dan klewer-klewer harus nontpn film Korea seperti ini, nih. Film Korea tuh bikin kagum soalnya berani mengeksplor berbagai tema. Yang main pun tidak selalu tampan/cantik.

    Balas
  26. Suka banget sama alurnya film ini. Menurutku nggak begitu kompleks tapi benang merahnya tetep ngena hihi. actionnya juga keren banget yak, ditambah actingnya dong-seok sama seok-koo keren banget! oh iya nggak ketinggalan ji-hwan yg selalu dapet peran kriminal kalau nggak orang yg suka ngomel2 ahaha><

    Balas

Tinggalkan komentar