Uncle (2021), Drama Hangat Hubungan Paman dan Keponakan

Drama Korea Uncle (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Gak nyangka akutu, drama Korea yang berjudul Uncle ini mencuri hatiku. Drama Korea Uncle ini masuk dalam List Drama Tayang Bulan Desember 2021 dan resmi tayang di TV Chosun pada tanggal 11 Desember 2021. Hingga kini, drama Uncle yang tayang setiap hari Sabtu & Minggu ini sudah tayang sebanyak 8 eps.

Kisahnya hangat, meski penuh intrik layaknya drama pengasuhan High Class, dimana sang tokoh utamanya mengalami bullying di lingkungan tempat tinggal mereka dan di sekolah, namun mampu bertahan dan bahkan fight back. Nonton drama Uncle tuh kadang ketawa, lalu mendadak sedih dan aku nangis.

Ya, niatnya memang sedang pingin cari drama yang banjir air mata sih.. Tapi gak nyangka dapatnya dari drama Uncle yang pemerannya Oh Jung-Se oppa, kakak autisnya Moon Kang-Tae di Drama It’s Okay to Not Be Okay atau anggota ranger gunung Jirisan.

Pada penasaran gak review sama sinopsis drama Uncle?
Penasaran aja yaa.. biar aku ulas sedikit nih.. Sinopsis Drama Uncle di blogpost berikut. Let’s get it~

Drama Korea Uncle (2021)

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Drama Uncle nonton drama dimana? Nonton drama Uncle di TV Chosun
Poster Kdrama Uncle

Profil Drama

Judul : Uncle
(Uncle/ 엉클)

Sutradara : Ji Yeong-Su (My Fair Lady, High-End Crush)
Penulis Drama : Park Ji-Sook

Pemeran Utama Drama Uncle (2021) :

Oh Jung-Se sebagai Wang Joon-Hyeok
Jeon Hye-Jin sebagai Wang Joon-Hee
Lee Kyung-Hoon sebagai Min Ji-Hu

Pemeran Pendukung Drama Uncle (2021) :

Park Sun-Young sebagai Park Hey-Ryeong
Lee Sang-Woo sebagai Joo Kyeong-Il
Lee Si-Won sebagai Song Hwa-Eum

Genre : Drama, Music, Comedy, Family

Network : TV Chosun, Viki
Episode : 16 eps

Release Date : December 11, 2021 – January 30, 2022
Tayang Setiap hari Sabtu & Minggu 21:00 KST

Sinopsis Drama Korea Uncle (2021)

Ada banyak orang yang mengambil pilihan ekstrim, karena ia merasa kehilangan harapan dan impian.

Min Ji-Hu, Quote Drama Uncle

Diceritakan awalnya adalah hubungan antara Wang Joon-Hyeok (Oh Jung Se) dan Wang Joon-Hee (Jeon Hye-Jin) tidak baik. Mereka kakak-adik yang karena masa lalu mengenai harta, lalu terpisah. Padahal Joon-Hyeok hanya punya Joon-Hee, seorang. Mereka saling bergantung karena sudah yatim-piatu sejak kecil. Ibu keduanya meninggal karena kecelakaan mobil, akibat kecanduan alkohol akut.

Sejak saat itu, hidup mereka saling membantu. Hingga pada suatu hari Joon-Hee menikah dengan keluarga kaya raya sampe sundul langit ((halaah~)) dan mengambil semua uang hadiah Joon-Hyeok yang diperolehnya dari memenangkan kontes bernyanyi ((semacam Indonesian Voice gitu..)).

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Drama Uncle nonton drama dimana? Nonton drama Uncle di TV Chosun
Oh Jung Se sebagai Wang Joon-Hyeok, adik laki-laki Wang Joon-Hee

Setelah menikah dengan keluarga super rich ini, lalu sang kakak perempuan, Wang Joon-Hee sudah putus hubungan dengan adik semata wayangnya. Dan mereka menjalani kehidupan masing-masing.

Waktu Terus Berputar

Ya, waktu terus bergulir hingga sang kakak akhirnya bercerai dan melarikan diri dari rumah mertuanya yang bagaikan istana itu. Ia pergi membawa serta anak semata wayangnya, Min Ji-Hu (Lee Kyung-Hoon) dan tinggal di apartemen sewa di lingkungan holkay juga.. ((di sini aku jadi inget apartemennya Sae Bom, drama Happiness)).

Kesulitan demi kesulitan dialami sang kakak. Ternyata kehidupannya bersama suami dan keluarga kaya raya itu tidak menyenangkan seperti yang orang lain lihat. Ibu mertuanya kerap memukuli cucunya, Min Ji Hu, hanya karena Ji Hu tidak mau belajar akademik dengan tekun dan lulus tes dengan peringkat terbaik.

Ji Hu memang anak yang cerdas, tapi ia memiliki kecerdasan lain yang luar biasa di bidang musik. Ia bisa bermain keyboard dan bahkan menciptakan lagu. Namun, bakatnya ini dihalangi oleh sang nenek yang beranggapan menjadi artis akan membawa sial seperti suaminya dulu.

Pertemuan Pertama dengan Sang Paman

Bisa dibilang bukan pertemuan yang indah. Joon-Hyeok awalnya gak mau banget banget ketemu sama kakak perempuannya yang pernah meninggalkannya sebatang kara plus mengambil uang hasil kemenangannya. Namun karena sang kakak berkata butuh bantuan mengenai keponakannya, maka ada hati yang rindu dengan Ji Hu.

Saat itu juga, Joon-Hyeok melarikan mobilnya dan menjemput Ji Hu di sekolah. Ternyata, Ibu Ji Hu pernah berkata bahwa tidak boleh ada siapapun yang menjemput Ji Hu kecuali dirinya ini menjadi masalah. Saat Joon-Hyeok jemput ke sekolah dengan pakaian rombengnya (Joon-Hyeok memiliki pekerjaan sebagai nelayan yang gak bisa nangkep ikan, kasian banget deh..) dan semua guru melindungi Ji Hu agar tidak dibawa lari oleh orang tak dikenal ini.

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Pertemuan pertama Ji Hu dengan pamannya, Joon-Hyeok

Scene ini lucu banget..karena Joon-Hyeok digebukin kaya pencuri dan ternyata sang wali kelas Ji Hu mengenali siapakah gerangan pria misterius ini.

Karakter Oh Jung Se sebagai Wang Joon-Hyeok (J.King)

Ya, Joon Hyeok dulu pernah tenar sebelum menjadi gembel seperti sekarang. Ia adalah pemenang kontes ajang penyanyi bergengsi di Korea dan hampir memiliki album sendiri. Namun sayangnya, dalam perjalanan membuat album solo, ia malah ditipu oleh seorang produser gadungan.

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, akhirnya bukannya terkenal, Joon-Hyeok malah meninggalkan hutang kepada seorang pemilik bar. Pemilik bar ini adalah Ayah dari pacarnya, saat itu. Dan ketika mengalami kegagalan, sang pacar lebih memilih meninggalkan Joon-Hyeok.

Masih ketemu-ketemu lagi sih.. Karena Joon-Hyeok kerja d bar itu juga sebagai penyanyi. Selain itu, Joon-Hyeok bekerja sebagai nelayan. Tapi sayangnya, asal kapalnya berangkat, ia sudah muntah-muntah (mabuk laut) dan gak bisa nangkep ikan. Namun kehadirannya tetap dicintai pak kepala nelayan, karena Joon-Hyeok pinter masak.

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Paman Joon-Hyeok menunjukkan keahlian memasaknya

Karakter Lee Kyung-Hoon sebagai Min Ji-Hu

Sang keponakan yang ganteng ini memiliki bakat musik luar biasa. Ia disekolahkan ibunya di sekolah yang mengembangkan bakat anak-anaknya, namun sayang, para geng ibu-ibu sosialitanya rada rese. Para geng Ibu ini menyebut diri mereka Royal Mom-vely (yang disingkat Ro-mom Gold) ini menginginkan sekolah hanya fokus pada pelajaran aja, gak perlu ekskul-ekskul lainnya yang gak bermanfaat.

Sekilas di sini, jadi inget drama Melancholia yaa.. yang memiliki goal menjadi sekolah nomer satu di bidang Matematika dan Sains. Nah, sekolah Ji Hu pun begini. Kekecewaan kembali ditelan Ibu Ji Hu yang gak punya suara karena ia hanya tinggal di apartemen sewaan.

Apa hubungannya?
Ternyata yang sekolah di sekolah SD ternama itu ya,,,para warga di lingkungan apartemen tempat mereka tinggal. Apartemen itu akan naik dan turun harga per-unitnya ditentukan dari siapa yang tinggal di sana, bagaimana reputasinya dan semacam itu. Jadi untuk menjaga harga apartemen tersebut, para warga kompak untuk membatasi akses bagi warga sewaan dan warga apartemen mewah.
((RIBET amat))

Dan Ji Hu selalu di bully sama temen-temennya perkara anak yang tinggal di apartemen sewa, sehingga selalu ada saja kejadian menyebalkan. Dari mulai sepatu ilang, disandung sampai dituduh mengompol saat sedang hadir di perayaan ulang tahun Min Gi, temannya.

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Lee Kyung-Hoon sebagai Min Ji-Hu

Pamanku, Pahlawanku

Sejak bertemu dengan pamannya, Ji Hu yang tadinya memang anak yang kuat, diajari oleh sang paman bahwa kalau di zolimi, jangan diem aja. Lawan balik!

Sejak saat itu, Ji Hu yang tadinya gak suka sama sang Paman, perlahan mulai mencintai kehadiran pamannya yang banyak membantu di kehidupannya dan Ibunya. Suasana hati Ji Hu pun kembali ceria dan ia siap menghadapi apapun di sekolah.

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Min Ji Hu di sekolah

Sekarang, meski masih di bully, tapi Ji Hu berani speak up. Karena kebaikannya dengan semua teman, dukungan perlahan datang dari sahabat teman sekelasnya, No-Eul. No-Eul ini satu-satunya perempuan yang berani menolong Ji Hu ketika dibully dengan tetap berkata jujur.

Bagaimana perjalanan hidup Min Ji Hu dan sang paman?

Yang pasti, Paman Joon-Hyeok selalu bisa menemukan jalan keluar setiap ada masalah yang menghadang, Kadang dibantu juga oleh Ayah No Eul yang ternyata naksir Ibunya Ji Hu. Ihiii~

Bagaimana ending drama Uncle?
Kita simak sisa eps yang ada yaa.. masih separuh perjalanan dan aku excited sekali.

Kesan Nonton Drama Korea Uncle (2021)

Sukaa…
Alur ceritanya lamban sih, khas drama keluarga. Tapi point-pointnya dapet banget. Selalu diawali dengan prolog drama yang insightful dan diakhiri dengan hikmah. Dan berasa nonton drama musikal, meski gak dikit-dikit nyanyi macam film India sih..

Jadi kayanya bukan Oh Jung Se sendiri yang nyanyi, hanya lipsync.

Paman Joon-Hyeok yang sayang banget sama keponakannya, Ji Hu

Lesson Learn Drama Korea Uncle (2021)

Rahasia, Tidak Ada yang Selamanya

Ya, tidak ada yang bisa menjamin ada rahasia yang terjaga selamanya. Cepat atau lambat, rahasia akan terbuka apalagi yang diceritakan ke orang lain, meskipun diceritakan ke teman terdekat sekalipun.

Setiap orang memiliki rahasia.
Rahasia yang tidak ingin orang lain tahu.
Rahasia yang kau harap tidak ada orang yang tahu.
Serta rahasia yang takkan pernah bisa diungkapkan.
Namun, tidak ada rahasia yang bisa kau simpan selamanya.

Min Ji-Hu, Quote Drama Korea Uncle
Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Kehangatan hubungan Paman dan Keponakan

Jangan percaya dengan semua yang kau dengar, dan jangan katakan semua yang ingin kau katakan.

Paman Joon-Hyeok, Quote Drama Korea Uncle

Jadilah Orang Tua yang Bijak

Kita semua setelah menjadi orangtua, baru sadar yaa..bahwa tugas kita cukup besar dalam mempersiapkan anak-anak ini dalam menghadapi dunia yang sesungguhnya. Di Drama Uncle ini ada kejadian anak yang membully karena melihat kedua orangtuanya kerap memandang sinis orang berdasarkan status sosial.

Jadi waktu tahu Ji Hu ini anak apartemen sewaan otomatis anak-anak orang kaya ini melakukan hal yang diluar batas, seperti menaruh makanan yang bikin Ji Hu alergi.

Kamu menaruh kacang, di saat orang tersebut alergi kacang, itu sama saja dengan melakukan percobaan pembunuhan.

Joo No-Eul, Quote Drama Korea Uncle
Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Anak baik hati yang mengidap TS (Tourette Syndrome) : Gangguan syaraf yang membuat seseorang cegukan dan berbicara gagap saat terserang panik

Jika anak-anak melakukan kesalahan, ajari mereka meminta maaf.
Bukan melemparkan uang
.

Paman Wang Joon-Hyeok, Quote Drama Korea Uncle

Kejadian yang mengerikan ketika Ji Hu dituduh mengompol di atas karpet mahal keluarga Min Gi, saat Min Gi ulang tahun. Yang ternyata kejadian sebenarnya adalah Ji Hu ditumpahin air oleh Park Se-Chan. Dan ketika ketahuan, Ibu Se Chan sangat gak terima dan bukannya minta maaf, malah melemparkan sejumlah uang agar Ji Hu dan pamannya segera pergi dari rumah tersebut.
((dianggap gak selevel))

Untunglah ada No-Eul yang membela dan berkata jujur, sehingga semua orang tahu bahwa Ji Hu tidak melakukan hal tersebut dan kerap di bully oleh Se Chan. Dan fakta mengerikan lainnya adalah Se Chan ini hanya kaki tangan dari Min Gi. Pelaku bullying sebenarnya adalah Min Gi yang mengancam Se Chan dan Se Chan nurut.

Serem yaa…anak kecil sudah bisa manipulatif begitu…

Review dan Sinopsis ending drama Uncle Oh Jung Se. Quote Drama uncle, Oh Jung Se dan Lee Kyung-Hoon
Hikmah Drama Korea Uncle, Oh Jung Se & Lee Kyung-Hoon

Memang Drama Uncle tidak hanya menceritakan kedua hubungan Paman dan Keponakan ini aja, tapi juga kisah cinta Pamannya, mimpi Paman Joon-Hyeok sebagai J.King, hubungannya dengan kakak perempuannya dan perjuangan Ji Hu akan kehidupan sehari-harinya.

Slice of lyfe banget dan dijamin menitikkan air mata. Drama Uncle meski ratingnya gak begitu bagus, tapi aku suka… Hangat dan penuh keharuan. Ternyata, meski kita menjadi orangtua, ada banyak hal mengenai hidup yang bisa kita pelajari dari ketulusan hati anak kecil. Jadi meski anak-anak, belajarlah untuk selalu bertumbuh bersama.

Biarkan anak tumbuh sesuai dengan fitrah kebaikannya dan belajar tanggungjawab akan hidup dan pilihannya selama pilihan tersebut tidak melewati batas syar’i (kalau di kehidupan, batas baik dari norma sosial, mungkin yaa..).

Yaa..
Rasanya pingin lebih lama lagi ghibahin drama Uncle yang kusuka ini. Tapi uda panjang aja blogpost aku. Hihii.. Sekian dulu yaa, sahabat lendyagassi. Kita bertemu di next review.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi

Spread the love

47 pemikiran pada “Uncle (2021), Drama Hangat Hubungan Paman dan Keponakan”

  1. Seperti di dunia nyata ya maak kadang harta atau menikah dengan orang kaya tidak menjamin hidupnya bahagia. Kyk artis yg viral dg pengusaha kaya di negeri ini tapi kesandung narkoba padahal cantik kyk barbie hidup bak ratu kok ya lari ke narkoba 😭

    Balas
  2. Biarkan anak tumbuh sesuai fitrah kebaikannya dan bertanggungjawab dengan hidup dan pilihannya…ya ampun pesan moralnya jleb banget. Memang banyak PR jadi orangtua ya, dan lewat drama Uncle seperti ini kita diingatkan kembali akan tugas berat kita

    Balas
  3. wah menarik ya drama uncle ini, jadi pengen nonton juga deh. saya tuh paling suka nonton drama yang udah jelas alurnya kemana, apalagi drama keluarga, suka karena bisa memetik hikmah dari drama itu sendiri

    Balas
  4. Selalu ada aja ya topik menarik drama korea..Ini keponakan ama uncle nya..dan ceritanya unik..meski mungkin di kehidupan nyata ada yang mirip-mirip .. meski rating gak bagus2 amat tetep rekomended ya Lend buat ditonton

    Balas
  5. Unclenya yg main di Its okay not to be okay ya? Keknya ini bagus deh, dalem banget pesannya. Mau kutonton juga nih, drama keluarga adalah salah satu pilihanku

    Balas
  6. Aku suka banget aktingnya Oh Jung Se ini jadinya semangat nih baca artikelmu, kayaknya bakal mau nonton ini deh hihihi masuk list duluu..apalagi temanya musik juga, makin penasaran…

    Balas
  7. Saya udah di level menjauh dari orang yang punya karakter manipulatif. Capek menghadapi orang kaya gitu hehehe. Selalu miris deh kalau masih kecil udah nge-bully dan bersikap manipulatif. Ya, meskipun ini hanya drakor, tapi dalam dunia nyata juga saya yakin ada.

    Balas
  8. Duh Ji Hu masih panjang nih perjalanan, masih kecil udah banyak pengalaman pahit bahkan di sekolah juga di bully ya. Mudah-mudahan sang paman terus hadir buar Ji Hu semakin berani dan kuat. Penasaran pengen nonton, bagus ceritanya.

    Balas
  9. Semoga happy ending mba. Aku klo nonton drama..klo sad ending jadi sering kepikiran. Makanya klo nonton yang ga langsung tamat gini..biasanya nyari yang uadah ada episode terakhir. Nontonnya eps 1 terus terakhir. Klo bagus…baru diurutin😀

    Balas
  10. Semoga happy ending mba. Aku klo nonton drama..klo sad ending jadi sering kepikiran. Makanya klo nonton yang ga langsung tamat gini..biasanya nyari yang uadah ada episode terakhir. Nontonnya eps 1 terus terakhir. Klo bagus…baru diurutin..

    Balas
  11. Oke, siap nontonin Uncle setelah baca review ini. Btw, aku bukan tipe Penonton pemuja rating. Jadi meski menurut orang biasa aja, sepertinya banyak pesan di drama ini. Udah lama juga gak lihat akting Oh Jung Se

    Balas
  12. Oke, siap nontonin Uncle setelah baca review ini. Btw, aku bukan tipe Penonton pemuja rating. Jadi meski menurut orang biasa aja, sepertinya banyak pesan di drama ini. Udah lama juga gak lihat akting Oh Jung Se ini

    Balas
  13. nonton uncle ini aku bisa ketawa, aku bisa nangis dan aku bisa marah ngeliat kelakuan mombies hahaha
    tapi setuju dramanya hangat banget :”)
    anakku pasti seneng kalau punya paman kayak gitu

    Balas
  14. Setiap anak laki-laki memang butuh kehadiran sosok bapaknya. Untungnya kebutuhan ini bisa diperoleh dari sosok sang paman. Pada akhirnya keluarga memang harta yang sangat berharga ya..

    Balas
  15. Aku suka nih drama keluarga gini, biasanya happy ending yang menghangatkan hati gituuu.. hihii. Nanti mau nonton drama Uncle ini juga ah! <3

    Balas
  16. Ceritanya ga jauh beda bahkan ada kemiripan dgn kondisi masyarakat Indonesia yak. Makanya drakor bisa sukses besar krn mengangkat cerita2 rumah tangga atau kisah percintaan khas anak remaja atau hal2 yang tak jauh dr kehidupan kita.

    Drama keluarga kayak gini emang selalu menyentuh. Apalagi ada konflik antara keluarga kaya dan si miskin. Actingnya Oh Jung-se juga patut diapresiasi loh. Bahkan perannya saat di Its Okay Not to be Okay keren sekali. Di sini, meski menjadi orang normal, perannya sebagai paman juga patut diacungin jempol.

    Balas
  17. Kadang nggak selamanya harta bisa membawa kebahagiaan. Meski menikah dengan keluarga rich, tapi ternyata nggak sesuai dengan harapan. Kasian juga ya. Alur cerita drakor memang keren-keren dan out of the box. Satu lagi nih koleksi drakor yang wajib diberitakan ke istri, hehehehehe….

    Balas
  18. underrated drakor ya? aku belum liat seliwerannya di apps apps nihhh, e tapi Oh Jung Se emang aktingnya selalu bagus ya di drakor2 yang aku tonton, totalitas walaupun biasanya bukan main lead actor loh

    Balas
  19. Kenapa klo drakor yang diulas mbalend itu aku jadi pengen nonton? Whyyyyyy?

    Seriusan, aku jadi pengen nonton Uncle ini, kayak drakor apa yang tadi, yang heart-warming bawaannya

    Dah lah, aku paling ga bisa menahan godaan drakor family-genre, harus siapin tisu nih kayaknya :’)

    Balas
  20. Menikah dengan keluarga kaya raya memang bukan jaminan hidup bahagia. Beruntungnya Ji Hu punya paman yang baik hati, jadi dia gak jadi sasaran terus sama neneknya yang orang kaya itu.

    Diajari pula buat melawan yang membully. Keren nih. Punya paman begitu, sudah pasti kita jadi semangat.

    Balas
  21. Hi,

    I hope you’re well. I am excited to tell you about our Full Body Resistance Band Kit that can help you get an amazing workout without having to go to the gym.
    This is the best and cheapest athletic gear on the market. You can do a full body workout from the comfort of your home.

    I believe that this product can help you reach your fitness goals.

    Best Wishes,

    Toney

    Balas
  22. Hello, did you know that there are 241,120 internet directories in the world.

    These websites are what drive traffic to YOUR business.

    Want more traffic? Want more Sales? We can help – today.

    Your website lendyagassi.com is listed in only 8 of these directories.

    Get more traffic for your Global audience.

    Our automated system adds your website to all of the directories.

    You can find it here: getlisted.directory/lendyagassi.com

    Act today, and we will expedite your listings and waive the processing charge!

    Balas

Tinggalkan komentar