Wrap Up Korean Drama With The Best Rating On 2022

Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2022 – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Beberapa waktu yang lalu, ada sahabat lendyagassi yang menyarankan untuk membuat artikel mengenai rekomendasi drama korea sepanjang tahun 2022. Karena pastinya cukup banyak drama yang tayang setiap bulannya dan tentu drama bagus dan tidak bagus ini balik lagi ke masing-masing penonton ya..

Seperti aku penikmat drama thriller, rasanya kalau nonton drama romcom jadi cupu banget. Tapi ada kalanya pingin tertawa lepas nonton drama tanpa ribet dan insekyur mikir kemana-mana. Jadi, sekali lagi.. list drama Korea terbaik 2022 ini bukan acuan untuk menonton drama, tapi bisa dipertimbangkan karena ratingnya bagus dan cukup menarik perhatian masyarakat Korea.

Baca juga:
Bagaimana Rating dalam Drama Korea ini Diperoleh?

Kuy, simak list drama Korea terbaik sepanjang tahun 2022 berikut ini berdasarkan rating di Korea.
Let’s get it~

Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2022

Little Women

Review rating Drama Little Women
Little Women

Berdasarkan Nielsen Korea, drama Little Women yang dibintangi sederet bintang ternama Korea seperti Kim Go-eun, Nam Ji-Hyun, dan Park Ji-Hu ini mendapatkan rating 11,1 persen. Rating tersebut membuat Little Women menjadi drama yang paling banyak ditonton pada slot waktu hari Sabtu & Minggu di seluruh saluran televisi kabel Korea.

Drama yang menceritakan mengenai perjuangan tiga saudari perempuan yang hidup dengan segala kekurangan juga tidak punya keluarga yang hangat karena sang Ibu memilih untuk pergi dari rumah. Namun pada suatu hari, sang kakak tertua dapet uang kaget dari salah seorang rekan kerjanya yang ditemukan meninggal. Akan digunakan untuk apa uang super banyak tersebut?

Our Blues

Review rating Drama Our Blues
Our Blues

Berdasar Nielsen Korea, episode terakhir drama omnibus ini meraih rating yang cukup tinggi, yakni 14,6 persen. Rekor ini merupakan rekor tertinggi untuk sebuah drama dengan 20 episode. Drama Our Blues sendiri menceritakan mengenai kehidupan sekelompok orang yang mencoba menemukan cinta dan kebahagiaan mereka di pesisir Pulau Jeju. Dari mulai pahit, manis hingga banyaknya lesson learn yang bisa kita ambil sembari menonton drama Our Blues ini.

Serunya, drama Our Blues dibintangi oleh sejumlah aktor ternama Korea, seperti Lee Byung Hun, Shin Min A, Han Ji Min, Kim Woo Bin, Cha Seung Won, dan Lee Jung Eun. bagi penggemar Kim Woo Bin, rasanya wajib banget nonton drama ini untuk mengobati kerinduan akan sang aktor yang sempat vacuum karena sakit kanker nasofaring pada 2017.

My Liberation Notes

Review rating Drama My Liberation Notes
My Liberation Notes

Meski drama My Liberation Notes mendapat rating dari Nielsen Korea kurang dari 10 persen, yakni 6,7 persen, namun untuk drama yang tayang di hari weekend Sabtu dan Minggu apalagi di televisi swasta, maka rating ini termasuk yang tinggi dan patut diapresiasi untuk ide ceritanya.

Ide cerita drama My Liberation Notes ini mengenai kehidupan tiga saudara yang hidup di Desa Sanpo dan harus bekerja di Seoul setipa hari. Jarak rumah dan tempat kerja yang jauh ini tentu menjadi beban dan tekanan tersendiri. Ketiga saudara yang diperankan oleh Lee El, Lee Min Ki, dan Kim Ji Won ini sangat natural saat memerankan kehidupan slice-of-life yang dengan konflik kehidupan sehari-hari.

Banyak yang mendadak menjadi fans Son Seok Koo (Mr Gu) karena perannya di drama My Liberation Notes ini sangat mendulang popularitas. Karena peran Son Seok Koo pada akhirnya mulai berdamai dengan masa lalu yang selama ini membebaninya. Pun dengan karakter ketiga saudara My Liberation Notes yang menemukan makna “kebebasan” dalam hidup mereka.

Twenty-Five Twenty-One

Review rating Drama Twenty-Five, Twenty-One (2022)
2521

Rasanya masih terngiang-ngiang dengan ending drama Twenty One Twenty Five telah tamat dalam 16 eps penayangan pada tanggal 3 April 2022. Rating episode terakhir drama ini meraih 11.513 persen untuk pemirsa Nationwide dan 12.636 persen untuk pemirsa wilayah Seoul. Penonton drama Twenty Five Twenty One adalah pemirsa dengan rentang usia 20-49 tahun.

Apakah sahabat lendyagassi termasuk yang menonton drama Romance khas kehidupan remaja tahun 90an ini?

Kisahnya mengenai perjuangan, persahabatan dan percintaan semasa SMA. Kisah manis antara Na Hee Do (Kim Tae-Ri) dan Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk) ini diwarnai lika-liku ketika mereka diuji dengan jarak dan saat impian sudah di depan mata. Na Hee Do sendiri adalah gadis yang memiliki impian besar untuk menjadi atlet anggar peraih medali emas, sedangkan Baek Yi Jin ingin menjadi seorang wartawan.

Meski akhirnya sungguh menyakitkan, tetapi ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil di sepanjang drama. Terutama bagian bagimana kita bisa saling mengikhlaskan satu sama lain tanpa penyesalan. Drama Twenty Five Twenty One harus banget sahabat tonton karena membawamu ke dalam kenangan zaman tahun 90an yang penuh dengan kesederhanaan.

Reborn Rich

Review rating Drama Reborn Rich
Reborn Rich

Menakjubkan!
Drama mas Song Jong Ki yang berjudul Reborn Rich ini pada eps akhir, Minggu (2022.12.25) berhasil memperoleh rating sebesar 26,9 persen untuk Nasional Korea Selatan berdasarkan data dari Nielsen. Ini terbilang cukup fenominil mengingat tayangnya di stasiun televisi swasta, JTBC.

Ya, stasiun JTBC ini milik grup Samsung juga yang menjadi jalan kisah drama Reborn Rich yang digosipkan memiliki banyak kemiripan dengan kisah keluarga chaebol pemilik usaha Samsung Korea. Apakah menurut sahabat lendyagassi juga demikian?

Premis drama Reborn Rich sendiri mengenai kehidupan Yoon Hyeon-Woo (Song Jong Ki) yang menjadi orang kepercayaan sebuah perusahaan besar Sunyang Group walaupun hanya lulusan SMA. Yoon Hyun-woo ini dengan tekun dan mendedikasikan penuh kehidupannya untuk perusahaan tempat dia bekerja. Namun, pada suatu hari ia dijebak oleh seseorang dan dibunuh.

Bukannya meninggal, tetapi jiwanya malah masuk ke cucu pemilik perusahaan Sunyang Group. Dari sini, perjuangan Yoon Hyun-woo yang kini menjadi Jin Do-jun dimulai. Apakah ia berhasil mengungkapkan kematiannya dan menjadi penerus keluarga kaya raya tersebut?

Meskipun ending drama Reborn Rich terbilang membagongkan, tapi penonton mengaku puas karena hanya itulah ending yang masuk akal bagi drama bergenre fantasi ini.

Under The Queen’s Umbrella

Review rating Under Queen's Umbrella
Under The Queen’s Umbrella

Yeah, salah satu drama parenting yang begitu disukai pemirsa kali ini berjudul Under The Queen’s Umbrella. Drama ini tamat dengan rating memuaskan yakni sebesar 16,9 persen dari Nielsen Korea. Rating yang tinggi ini selain karena memang jalan ceritanya yang begitu dekat dengan kenyataan juga karena para pemainnya yang pas banget memerankan masing-masing karakter.

Dari mulai Ratu yang selalu membela dan berada di sisi kelima anaknya hingga sang putra mahkota yang merupakan anak kedua dari Raja dan Ratu, Pangeran Seongnam yang gagah berani mengakui bahwa ia yang membawa obat dari tabib di luar istana untuk menyembuhkan sang kakak namun malah membuat penyakit sang kakak malah parah dan akhirnya meninggal.

Perjuangan seorang Ibu yang membuat penonton terhanyut dalam kisah Under The Queen’s Umbrella ini wajib diikuti dan dapatkan banyak hikmah serta pembelajaran setelahnya.

Weak Hero Class 1

Review rating Drama Weak Hero Class 1
Weak Hero Class 1

Drama yang diadaptasi dari webtoon yang berjudul “Yakhanyoungwoong” karya Seo Pae-Seu dan diilustrasikan oleh Kim Jin-Seok ini berhasil menarik perhatian warga Korea dan worldwide karena tema ceritanya yang gak asing lagi yakni mengenai bullying.

Bukannya diam dan menjadi korban bullying, justru karakter utamanya, Yeon Shi-Eun (Park Ji-Hoon) melawan mati-matian menggunakan kecerdasan yang dimilikinya. Ya, ia salah satu siswa yang cerdas, namun tidak memiliki banyak teman. Ketika bullying ini terjadi justru ia mendapatkan 2 sahabat yang membelanya.

Meski ending drama Weak Hero Class season 1 ini masih menggantung dan memang akan ada Weak Hero Class season 2, maka drama ini dinobatkan sebagai drama yang paling dinantikan meski penuh kekerasan dan minim romance.

Extraordinary Attorney Woo

Review rating Drama Extraordinary Attorney Woo
Extraordinary Attorney Woo

Salah satu drama yang penuh kehangatan yang berjudul Extraordinary Attorney Woo ini sukses meraih rating Nielsen Korea pada episode akhir drama Extraordinary Attorney Woo sebesar 17,53 persen. Cukup luar biasa yaah..

Kisahnya mengenai kehidupan, perjuangan dan kisah cinta seorang pengacara yang mengidap spektrum autisme bernama Woo Young Woo (Park Eun Bin). Meski sering diremehkan di law firm tempat ia bekerja dan juga oleh orang-orang di sekitarnya, drama ini juga menarik untuk disimak karena selalu membawa isu-isu sosial sebagai kasus yang harus dibela oleh sang pengacara.

Endingnya yang unik dan mengundang tanda tanya, “Akankah ada Extraordinary Attorney Woo season 2?” yang pastinya akan tayang setelah mas Kang Tae-Oh beres wamil ini.

Alchemy of Souls

Review rating Drama Alchemy of Souls
Alchemy of Souls

Drama Korea Alchemy of Souls yang kini sedang tayang season 2-nya ini pada season 1-nya berhasil meraih rating tertinggi pada episode terakhirnya sebesar 9,2 persen untuk skala nasional Korea. Rating ini terbilang cukup memuaskan untuk TV kabel Korea dengan slot jam penayangan di hari Sabtu dan Minggu.

Alchemy of Souls meskipun bergenre fantasi mengenai kisah para penyihir yang saling membantu untuk tujuan masing-masing namun akhirnya jatuh cinta juga, hehhe.. antara Mudok (Jung So-Min) dan Jang Uk (Lee Jae-Wook) ini sukses membius penonton dengan alurnya yang terbilang tak terduga. Untuk ending season 1 ini agak mengenaskan namun diobati dengan ke-uwuan pada season 2-nya.

Sedang lanjut Alchemy of Souls season 2?
Harus sih ya.. Kan pengen tau kelanjutan kisah penyihir ganteng Jang Uk yang kini bersama Jin Bu-Yeon atau Naksu. Kabarnya, rating Alchemy of Souls season 2 hingga eps 8 menurut Nielsen Korea berhasil menduduki posisi pertama untuk slot penayangan hari Sabtu dan Minggu yakni sebesar 6,7 persen.

A Business Proposal

Review rating Business Proposal
A Business Proposal

Drama yang hype banget karena ke-uwuan Pak Bos Kang Taemoo dengan karyawannya, Shin Hari di kantor ini berhasil meraih rating tertinggi di eps terakhir penayangannya yakni sebesar 11.4 persen. Akankah ada season ke 2 dari drama A Business Proposal?

Kayanya engga yah..
Karena di penayangan A Business Proposal sebanyak 16 eps sudah menyelesaikan semua ke-uwuan mereka sih.. Karena based on webtoon-nya juga uda hampir mirip-mirip. Dunia kantor dan kisah percintaan antara bos tertinggi dengan karyawan biasa ini selalu berhasil mencuri hati pemirsa ya…

Big Mouth

Review rating Drama Big Mouth
Big Mouth

Drama yang bikin MLYT dah.. karena melihat akting mas Jongsuk sama istrinya, Yoona.
Dalam drama Big Mouth sebanyak 16 eps ini berhasil meraih rating Nielsen Korea pada episode akhir dramanya yakni sebesar 13,9 persen.

Meski bergenre drama hukum dan thriller, nyatanya Big Mouth mampu mengajak penonton terhanyut dengan kisah perjuangan Park Chang-Ho (Lee Jong Suk) yang difitnah habis-habisan karena terlibat dalam kasus pembunuhan. Dia dikenal dijuluki “Big Mouth” karena banyak bicara.

Secara kebetulan juga, Park Chang-Ho dianggap sebagai penipu jenius bernama Big Mouse. Situasi rumit ini terus membuat nyawanya dan keluarganya terancam. Dengan segala upaya, Chang-ho berusaha membersihkan namanya dibantu oleh sang istri, Go Mi-ho yang memiliki profesi seorang perawat.

Berkat drama Big Mouth, Mas Jong Suk berhasil menyabet aktor Daesang dan Yoona juga berhasil membawa pulang penghargaan Top Excellent Award (miniseries). Dan tak lupa, drama Big Mouth pun menjadi Drama of The Year versi MBC Drama Award 2022. Penghargaan yang tak kalah serunya adalah Lee Jong Suk dan Yoona dinobatkan sebagai Best Couple MBC Award 2022.

Senang ya..
Tahun 2022 dipenuhi dengan banyak drama yang mencuri perhatian penonton dengan ceritanya yang unik dan menghibur. Kini, di tahun 2023, mari kita buka dengan drama Korea seru lainnya. Buat yang belum tau mau nonton drama apa di bulan Januari 2023, bisa dibaca di link berikut yaa..

Baca juga:
Rekomendasi Drama Korea di Bulan Januari 2023
Rekomendasi Film Korea di Bulan Januari 2023

새해 복 많이 받으세요~
Saehae bog manhi badeuseyo!

Selamat Tahun Baru dan harapan terbaik untukmu di tahun baru.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

55 pemikiran pada “Wrap Up Korean Drama With The Best Rating On 2022”

  1. Penasaran dengan Little Women …gimana ending-nya? Apakah mereka jadi sejahtera dengan uang kaget yang diperoleh?

    Informasi dalam tulisan ini penting bagi yang mencari tontonan menarik tapi tahun kemarin terlewat.

    Balas
  2. Little Women ga ada obat! Parah keren. Weak Hero sangat mantul dan ga sabar nunggu season 2. The best menurut saya jatuh ke tangan Reborn Rich yang emang plot twist banget. Thanks rekom-nya.

    Balas
  3. Dari semua yang diulas di atas, saya kok penasaran dengan Little Women ya, Mbak. karena endingnya ini bisa bercabang. Bisa saja mereka hidup sejahtera, tapi bisa juga jadi rebutan di antara mereka bertiga. Akhirnya tidak akur. Apalagi kan, itu sebenarnya bukan milik mereka. Kalau ada uang kaget begitu, biasanya dikasih ke badan pemerintah yang berwenang. Tapi bisa juga endingnya, uang itu mereka gunakan untuk kebaikan. Jadi penasaran saya hahaha.

    Balas
  4. Aku menantikan season 2 Extraordinary Attorney Woo, gemes banget sama ceritanya. Drama Alchemy of Souls juga aku suka, tapi belum ada minat nonton season 2 karena mudok asli yang main perannya. Jadi, nonton kalau udah ending aja

    Balas
  5. duh beberapa belum saya selesaikan , termasuk My Liberation Notes dan Reborn Rich

    tapi kalo harus milih cuma satu, saya akan pilih Extraordinary Attorney Woo

    ini drama tentang autism paling sukses diantara drama Korea tentang autism lainnya

    Balas
  6. Banyak juga film drama Korea yang wajib ditonton yah…
    Aku mah sering diajak suami untuk nonton drakor sih. Jujur aku belum terlalu bisa membedakan wajah artisnya satu sama lain loh…

    Balas
  7. Under The Queen’s Umbrella dn big mouth udh nonton kak. Seru banget.. Yg umbrella menegangkan punya anak yg beda karakter dn big mouth mafia yg tadinya penuh kekajaman, jdi lebih baik berkat pemimpin yg baru.

    Balas
  8. Gegara Big Mouth banyak yang ngarep kalo Lee Jong-Suk beneran sama Yoona di dunia nyata. Eh taunya Lee Jong-Suk oppa lebih memilih IU dan sukses bikin penggemar macam aku auto gempar dan berbunga-bunga. Big Mouth emang bagus banget sih, Teh.

    Balas
  9. Hampir tiap tahun bantak drama kirea bermunculan dgn ide dan konsep unik dan tak biasa. Menariknya itu dikemas secara apik hingga juga menyisipkan pesan kehidupan
    Sepanjang thn 2022 genre drakor pun sangat variatif dan hampir sebagian besarnya menarik utk disaksikan

    Balas
    • Bener juga Mbak, sehingga bisa dikatakan kreatif ya. Tinggal pilih deh tayangan mana aja yg asik. Apalagi juga tayangannya ada yang memberikan pesan moral.

      Balas
  10. Alchemy of Souls aku belum tertarik nonton nih hehe walaupun org2 bilang apik. Yaa mungkin ntar2.
    Kalau yang paling menghibur menurutku yang prngacara autis itu. Menghibur dalam artian dramanya hangat gtu dan menyegarkan.
    Tp yang paling menantang dramanya mas Jong-ki gk tau knp aku gk pernah bisa nonton 1 episode full selalu aku cicil seperempat separuh sepertiga haha, mungkin krn obrolannya berat tp memotivasi utk investasi wkwk

    Balas
  11. Dari kesemuanya, yang belum saya tonton cuma Twenty Five Twenty One dan Weak Hero Class 1. Yang paling berkesan adalah Under The Queen’s Umbrella. Tapi semua pilihan di atas semua adalah karya sinema yang patut diacungi jempol. Apalagi ini semua mendapatkan rating tinggi dari publik.

    Saya juga lagi pengen nih Len bikin listing seperti ini. Tapi lebih ke film serta aktor dan aktrisnya. Di tahun ini saya dapat beberapa favorit baru yang sangat berkesan. Beberapa diantaranya main di drakor yang ada di list yang Lendy buatkan.

    Balas
  12. Baru nonton reborn rich dan Big Mouth doang. Keren ternyata. Apalagi yang Reborn Rich katanya ada kesamaan cerita dengan pemilik merek Samsung.

    Balas
  13. tahun 2022 banyak banget drakor yang bagus bagus kalo dibandingkan tahun 2021. cerita makin bervariasi dan akting aktornya makin cihuy. sampai sulit menentukan rating yang bagus secara pribadi , hehe. meski demikian gak semua list drakor di atas aku tonton semua, sebagian karena gak nyantol di eps 1-2 terus gak dilanjutin

    Balas
  14. Wiih menarik nih yang satu ini, recommended buat ditonton sambil ngemil, healing sebentar dari pekerjaan. Otw catet dan di masukin ke wish list! Btw di blog ini banyaak banget rekomendasi drakor yang bagus-bagus

    Balas
  15. Dari sekian banyak drakor yang tayang tahun 2022, aku cuma nonton 2 judul doang. Extraordinary Attorney Woo sama Bussiness Proposal doang. Keduanya aku suka. Pake banget, Kak.. Nonton lagi juga nggak keberatan. Hehehe

    Balas
  16. Ternyata banyak sekali Korean Drama di tahun 2022 yang asyik ditonton, mulai dari drama percintaan, keluarga sampai tentang penyihir. Pastinya drakor2 ini memberikan pelajaran berharga bagi penontonnya…jadi penasaran drakor seru di tahun 2023. Meski saya tidak maniak drakor tapi suka banget baca reviewnya.

    Balas
  17. Lengkap genre korean drama with the best rating on 2022-nya. Dan pantas memang jika Little Women menduduki puncak rating-nya. Jadi punya list yang belum sempat ditonton dan ada di list

    Balas
  18. Dari semua aku paling suka Under The Queens Umbrella
    hanya lihat covernya saja sudah terbayang masa keemasan kerajaan Korea jaman baheula

    dan satu yang Reborn Rich sama Little Women kok berasa kayak pernah ada di webtoon series ya? Tell me if I’m wrong ya Len

    Balas
  19. Semua bagussssss. Our Blues sama 25 21 emang slice of life dan deket banget sama keseharian kita banget. Jadi kerasa pas mengaduk2 emosi banget. Juga drama sang Ratu yang banyak bikin kita belajar tentang pengasuhan. Lil Women juga bikin penisirin terus tiap eps nya.

    Balas
  20. Meski ini adalah wrap up, tapi tetap layak jadi rekomendasi tontonan untuk 2023, khususnya bagi emak-emak kayak saya yang memang waktunya terbatas banget buat nonton serial drakor. Hehehe. Thank you Mba Len.

    Balas
  21. Aku paling suka diantara yang hitzz😉yg main ((Duren)) Song Jong Ki judul Reborn Rich suka saja sama alur awal bikin pusing karena lompat2 gitu tapi enak bngt sih ditonton karena aku nilai gk terlalu monoton alurnya

    Balas
  22. 2022 aku gak punya banyak kesempatan untuk nonton Drakor. Melihat artikel mba Lendy ini jadi pengen punya waktu nonton drakor-drakor ini di tahun 2023, lumayan untuk relax time habis pulang kantor

    Balas
  23. Di antara semua, cuma Liberation Notes aja yang tidak kupahami sampai sekarang. Nonton 1-3 episode sudah kutinggalkan karena bingung sendiri sama jalan ceritanya.
    Coba ah saya tonton ulang saja.
    Kalau Big Mouth dan Reborn Rich memang daebak…

    Balas
  24. Yak, udah nonton semua dan emang layak banget dapet rating teratas. Jagoanku emang Reborn Rich sih, sekalipun eps akhirnya keburu2 banget, tapi itu ceritanya oke. Semoga di 2023 makin banyak yang keceee

    Balas
  25. Drakor My Liberation Notes enggak selesai aku nonton, menurutku kurang asyik, konflik-nya kurang greget walau ya banyak sih kisah di sekitar kayak gini, tapi ekspektasi dengan aktingnya kurang pas.

    Balas
  26. Little Women, Our Blues, My Liberation Notes, Twenty-Five Twenty-One, Reborn Rich (ini aku suka banget dan jadi belajar banyak tentang investasi lho), Extraordinary Attorney Woo (Attorney ini juga suka soalnya inspiratif banget. Keterbatasan bukan halangan), A Business Proposal, dan Big Mouth… semuanya udah kutonton. Dua lagi masih setengah jalan secara aku kurang suka yang bertema masa lalu.

    Balas
  27. wah keren banget sih mb Len bisa up-to-date gini drakor yang sekarang lagi ngehits. Yang paling aku suka Our Blues karena kayaknya ceritanya biasa tapi related ke kehidupan sehari hari, juga karena ada Shi Min Ah. YTapi mayoritas aku belum nonton. Sekaranng lagi pingin nonton The Glory karena hype bange t dan digadang gadang bagusss banget. Mbak uda nonton?

    Balas

Tinggalkan komentar