5 Drama Korea Makjang Sepanjang Masa, Mana yang Kamu Tonton?

Drama Korea Makjang Terbaik Sepajang Masa – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Ada yang suka drakor makjang?
Apa sih sebenarnya arti dari drakor makjang?

Arti dari drakor Makjang kurang lebih adalah jenis drama Korea sering lebai alias berlebihan. Ya dari segi alur ceritanya, ya dari segi dramatisasinya, seringkali bikin penonton mengerutkan kening karena heran dan membatin “Emang ada kejadian kaya gini di dunia nyata?”.

Karakter dalam drama korea makjang tersebut seringkali gak masuk akal dan biasanya memiliki ending kisah plot twist yang cukup membangongkan penonton. Namun dari segi rating, drakor makjang sering di atas rata-rata, karena penonton disuguhkan nilai moral kehidupan yang bisa diambil pelajaran.

Okei, simak list drama makjang sepanjang masa versi lendyagassi berikut ini yaa…
Let’s get it~

Drama Korea Makjang Terbaik

Beberapa drakor makjang berikut ini pasti sahabat lendyagassi sudah gak asing lagi. Bahkan saking makjangnya, dibikinlah sampai berseason-season dan selalu ada untuk dihina. Entah karakternya yang terlalu jahat ((sampai instagramnya diserbu komentar tajam netijen)) ataupun plot ceritanya yang mendadak berganti genre ketika di tengah-tengah jalan cerita. Sehingga memang agak membingungkan kalau gak mengikuti dari awal hingga akhir, walau ya..bisa aja sih, kalau malas, minta spoileran di medsos.

Tapi itu kan pendapatnya jadi gak murni pendapat kita sebagai drakorian kan..
Cek drama pertama sampai akhir yuk~

Sky Castle

review dan sinopsis ending drama sky castle
Pemain Sky Castle

Judul : SKY Castle
(SKY Kaeseul/ SKY 캐슬)
Pemeran Utama : Yeom Jung Ah, Lee Tae Ran, Chani SF9, Yoon Se Ah, Park Yoo Na, Kim Hye Yoon, Jung Joon Ho
Tanggal Rilis : November 23, 2018 – February 1, 2019
Genre : Mystery, Psychological, Drama, Family
Episode : 20
Network : Netflix

Sinopsis Drama Sky Castle

Drama makjang pertama yang bertahan sepanjang masa adalah Sky Castle. Kenapa Sky Castle dikatakan drama makjang? Karena sahabat lendyagassi akan diajak menyelami kehidupan keluarga di Korea yang tidaklah mudah. Ada persaingan di luar nalar yang terjadi di sebuah perumahan SKY.

SKY sendiri adalah sebuah singkatan dari 3 universitas beken di Korea, yakni Seoul National University (SNU), Korea University, dan Yonsei University. Untuk masuk ke-3 kampus ternama tersebut, para Ibu dari 4 keluarga ternama yang Ayahnya bekerja di tempat elite, seperti dokter dan jaksa.

Jadi yang bikin ia makjang adalah ambis dari para orangtua ini ditambah dengan persaingan sang Ibu dan Ayah untuk menunjukkan siapa yang terbaik tanpa memperhatikan kondisi psikis sang anak. Mereka memaksakan anak-anak mereka untuk bisa bersekolah di sekolah dan jurusan ternama dengan bantuan tutor termahal.

The Penthouse: War in Life

review dan Sinopsis ending drama Penthouse

Judul : Penthouse
(Penthouse/ 펜트하우스)
Pemeran Utama : Lee Ji-Ah, Uhm Ki-Joon, Kim Young-Dae, Han Ji-Hyun, Kim So-Yeon, Yoon Jong-Hoon, Choi Ye-Bin, Eugene Kim Hyun-So
Tanggal Rilis : October 26 – January 5, 2021
Genre : Thriller, Mystery, Drama, Family
Episode : 21
Network : Netflix

Sinopsis Drama Penthouse

Yak, penggemar drama makjang, jangan lewatkan drama yang satu ini. Puas-puasin termakjang-makjang sama kelakuan para penghuni Hera Palace yang luar biasa licik karena mereka bersaing harta, tahta dan wanita. Lengkap banget kan..

Jadi cerita singkatnya di sini adalah persaingan siswa yang terbaik di sekolah seni Cheong A. Untuk mendapatkan prestasi, mereka belajar dan juga memiliki bakat, tentunya. Namun sayangnya seberapa kuat pun Bae Ro-na belajar, kemampuannya tetap kalah oleh Min Seol-A, gadis yang berasal dari kalangan kelas menengah ke bawah.

Karena sebuah kejadian, terungkaplah identitas dan asal-usul siapa Min Seol-A ini sebenarnya. Dan pada akhirnya Min Seol-A harus meninggal. Siapa pembunuhnya dan seberapa jahatnya Pak Joo Dan-Tae? Simak deh drama Penthouse yang sampai season 3.

Yang pasti ini drama ratingnya tinggi banget walau akhirnya rada-rada membagongkan karena yang uda mati bisa hidup lagi dan ada konflik pertukaran anak juga. Hahhaa… Jangan diseriusin, shay~ Nontonnya lemes aja.. Soalnya anak-anak NCT Dream juga pake drama ini sebagai candaan mereka, wkwkkw~

The World of the Married

Review dan sinopsis ending drama The World of Married

Judul : The World of the Married
(Boobooui Sekye/ 부부의 세계)
Pemeran Utama : Kim Hee-Ae, Park Hae-Joon, Han So-Hee
Tanggal Rilis : March 27 – May 16, 2020
Genre : Thriller, Romance, Family, Melodrama
Episode : 16
Network : Netflix

Sinopsis Drama The World of the Married

Banyak yang gak suka drama perselingkuhan karena takut ketulah, ya itulah kira-kira pendapat penonton atau emak-emak yang gemes sama drama makjang yang satu ini. Melihat akting pelakor Han Soo Hee yang sangat meyakinkan, membuat ia dibully di dunia maya dari netijen Indonesya Raya tentunya. Hayoo.. kamu termasuk yang gregetan dan nulis komen di IG Han Soo Hee gak?

Hhahaa..
Iya, drama The World of the Married ini bahkan menerima 2 penghargaan Baeksang pada tahun 2020 sebagai Best Director dan Best Actress (Kim Hee-Ae). Jadi yang belum nonton, coba kuatkan hati lalu nonton drama ini. Hihii~

Berkisah tentang keluarga yang tampak harmonis dari pasangan Pak Lee Tae-Oh dan Bu Ji Sun-Woo. Pasangan ini keduanya memiliki pekerjaan yang mapan, perekonomian yang baik dan anak yang ganteng. Dahlah yaa.. mungkin gak ada yang dicari lagi, jadi pak Lee Tae-Oh cari tantangan nih.. dengan cari cem-ceman. Gak tanggung-tanggung, cem-cemannya anak holkay, Yeo Da-Kyung.

Parahnya, Yeo Da-Kyung ini anak satu-satunya dan bapaknya juga mendukung dan penyokong kesuksesan Lee Tae-Oh. Oh ya, sama Yeo Da-Kyung ini mereka juga menikah dan memiliki anak loo.. Jadi bukan orang terlalu mudah menemukan keberadaan perselingkuhan ini?

Yaa..ya, begitulah..
Drama ini memang seru dan terbilang drama yang cepat plotnya. Gak pake bertele-tele, kecuali untuk menyelesaikannya di akhir-akhir eps. Tentu ada banyak pergulatan batin dari Bu Ji Sun-Woo yaa.. Jadi agak tertatih di akhir. Overall, drama yang merupakan adaptasi dari drama BBC asal Britania Raya yang berjudul “Doctor Foster”, cukup bisa membuat penonton terbawa suasana.

Gak percaya, coba deh nonton!

Love (ft. Marriage and Divorce)

review dan sinopsis ending drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Judul : Love ft. Marriage & Divorce
(Gyeolhonjaksa Yihonjakkog / 결혼작사 이혼작곡 시즌3)
Pemeran Utama : Sung Hoon Lee Ga-Ryeong Jeon No-Min Jeon Soo-Kyeong Lee Tae-Kon Park Joo-Mi
Tanggal Rilis : January 23 – March 14, 2021
Genre : Romance, Life, Drama, Family
Episode : 16
Network : Netflix

Sinopsis Love ft. Marriage & Divorce

Drama ini tuh awalnya cukup menjanjikan lo.. tapi sampai akhir dan sampai season 3, rasanya aku jadi ikut memahami mengapa para pria ini berselingkuh dari istri-istri mereka yang sempurna. Entah yang alasannya karena sudah terlalu lama hidup bersama atau karena alasan istrinya gak mau hamil padahal sang laki-lakinya mendamba kehadiran buah hati dan pasangan terakhir berselingkuh karena ketemu di pesawat dan si pelakorsnya ini menggigit apel tanpa suara.

Satu hal yang aku bisa tarik kesimpulan dari drama ini, memang kadang seseorang tiba-tiba bisa merasa nyaman dengan orang lain terlebih jika pasangan gak kasih servis yang baik. Tapi ya, balik lagi yaa.. Drama makjang mah memang tipenya gak perlu pakai alasan, pokonya makdeg! ada kejadian menggelegar dan bikin penonton mengerutkan kening. Gak logis nih… Hahaha~ tapi tetep ditonton. Itu aku, gengs…

Akhir drama Love ft. Marriage & Divorce ini sampai season 3 dan memang mengalami naik-turunnya hubungan sampai ganti pemain segala, mungkin saking bosennya memerankan karakter makjang begini yaa.. entahlah.. Tapi yang pasti, aku nonton drama ini dengan segala suka-dukanya bahkan aku pun mewek ketika mengetahui pasangan Pak Dosen dan Bu Jagga-nim memutuskan berpisah. Rasanya anak-anak ini tumbuh sehat bukankah sebuah nikmat tak terkira? Kok masih mau memulai dari nol lagi dengan orang baru?

Laaah…dibahas, hehhee, jadi panjang yaa..
Pokoknya yang pengen gregetan, silakan mengikuti drama Love ft. Marriage & Divorce ini.

Eve

Sinopsis review drama Korea EVE

Judul : Eve
(Eve/ 이브)
Pemeran Utama : Seo Yea-Ji, Park Byung-Eun, Yoo-Sun, Lee Sang-Yeob
Tanggal Rilis : Jun 1, 2022 – Jul 21, 2022
Tayang Setiap : Rabu & Kamis
Genre : Romance, Drama, Melodrama
Episode : 16
Network : VIU

Sinopsis Drama Eve

Drama ini terpaksa banget aku masukin list drama makjang meski baru tayang 6 eps. Sebentar yaa.. nantikan review lengkapnya di blog lendyagassi. Gregetannya karena penuh dengan intrik dalam kehidupan Lee La-El (Seo Yea-ji). Kasian banget memang jadi Lee La-El. Seakan hidupnya untuk balas dendam dan balas dendam.

Huhu.. Kalau kamu jadi Lee La-El, bakalan ambil keputusan yang sama jugakah, ketika tau bahwa Ayahmu dibunuh oleh seseorang yang sangat dihormati di negara ini? Ya, Ayah Lee La-El dibunuh seorang perdana menteri yang sangat dihormati. Sehingga hidupnya kacau balau setelahnya.

Untuk balas dendam Lee La-El menghancurkan dari mulai menggoda menantu si Bapak PM ini. Dan merusak segalanya dengan berbagai cara licik. Kasian banget memang.. Kasian penonton juga, kasian Seo Yea Ji juga, huhu.. karakternya di sini sangat berbahaya sekali dan tontonan untuk 21+ dikarenakan banyak adegan dewasa. Meskipun implisit.

Jadi uda gregetan belum dengan ke 5 drama makjang di atas?
Jangan lupa untuk tetap mengerjakan urusan rumah tangga yaa.. heheh, ini gak perlu diingetin sih yaa.. Tapi karena aku biasanya nonton tuh di sela-sela aktivitas yang melelahkan, jadi kalau nonton drama makjang juga keluar semua tuh jenis-jenis emosi. Sebel, sedih, marah, kecewa dan yang pasti, aku mengambil banyak hikmah dalam hidup.

Kalau sudah termehek-mehek gitu… salah satunya yang menenangkan adalah dengan mencium wangi-wanginya yang bikin mood gak berlarut-larut. Seriusan nih, karena menurut ahli kepala peneliti laboratorium wewangian di Procter & Gamble (pembuat parfum Hugo Boss, Dolce & Gabbana, Gucci, dan sebagainya), Mr. Will Andrews,

Aroma memicu emosi dan rasa yang kuat.
Sebab, area olfaktori, di pangkal hidung, saat mencium aroma tertentu akan terhubung dengan sistem llimbik, area pada otak yang terasosiasi dengan emosi, sikap, dan motivasi.

Sehingga, PT. Unilever mengembangkan wangi yang kini sedang disukai para drakorian dan para ibu untuk membuat rumahnya penuh dengan wangi menyegarkan.

PT. Unilever Memperkenalkan Wangi Korean Strawberry

Setidaknya sahabat lendyagassi pecinta drama Korea dan musik Kpop, kudu banget mencoba varian terbaru dari produk PT. Unilever yang satu ini. Ya, wangi Korean Strawberry. Meski analisis penyuka wangi buah ini orang yang moody, tapi sungguh wangi dari ke-4 produk terbaru yang dihadirkan melalui pewangi dan pelembut pakaian, pembersih lantai, sabun cuci piring dan sabun pencuci pakaian ini membuat hari-harimu jadi penuh kesegaran.

Molto Korean Strawberry

Review Molto Korean Strawberry
Molto Korean Strawberry

Dimulai dari produk pewangi pakaian Korea yang satu ini. Kesegarannya dengan menggunakan teknologi terbaru, mampu menolak 7 bau tak sedap yang kerap menempel pada serat kain dan wanginya tahan lebih lama. Tak hanya itu, Molto Korean Strawberry merupakan pewangi pakaian terbaik yang membuat pakaian-pakaian sahabat lendyagassi lebih awet dan tahan lama, kerena merawat serat demi serat kain sehingga seperti membuat pakaian tampak cerah selalu.

Pelembut pakaian terbaik Molto selain membuat pakaian wangi tahan lama juga menjaga benang dan serat-serat kain agar tidak kusut sekaligus mempermudah proses penyetrikaan, terutama karena mengurangi efek statis yang sering ditimbulkan oleh gesekan antar kain. Ini juga nih, alasanku mulai menggunakan produk Molto Korean Strawberry. Sehingga bantu meminimalisir limbah tekstil di lingkungan.

Yuk, mulai gunakan Molto Korean Strawberry menjadi rekomendasi pewangi pakaian yang bisa digunakan ketika membilas pakaian saat mencuci. Karena mapuh tangkal bau keringat, bau apek, bau polusi, bau bawang, bau amis, bau asap dan bau badan.

Harga Molto Korean Strawberry 680 ml : Rp 16.650,-
Beli di e-commerce (Tokopedia & JD.ID) dan Supermarket terdekat.

Superpell, Sunlight, dan Rinso Korean Strawberry Powder

Review Superpell, Sunlight, dan Rinso Korean Str
Produk Korean Strawberry lainnya

Selain Molto Korean Strawberry, produk yang bisa digunakan untuk membuat wangi Korean Strawberry lainnya adalah Superpell, Sunlight dan Rinso Korean Strawberry Powder. Ketiga produk Korean Strawberry ini memiliki keunggulan produk ramah lingkungan karena surfaktannya mudah terurai kembali di lingkungan.

Sehingga bagi yang sedang menjalani pola hidup go-green, maka cocok banget memilih produk-produk dari PT. Unilever Indonesia.

Jadi, masih sedih dan kesal karena menonton drama makjang?
Yuk naikin moodbooster dengan wangi Korean Strawberry yang manis dan segar plus harganya jauh lebih terjangkau. Produk Korean strawberry mudah diperoleh di e-commerce (Tokopedia & JD.ID) dan supermarket terdekat.

Selamat menonton dan annyeonghi gaseyo~
안녕히 가세요~

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

70 pemikiran pada “5 Drama Korea Makjang Sepanjang Masa, Mana yang Kamu Tonton?”

  1. Daku belum ada nonton drama Makjang di atas. Paling dengar atau baca ulasannya aja dari teman-teman.
    Tapi kalau Molto, daku tahu, karena udah nyoba…wangiiiiiinya bikin bahagia dong Teh 🥰

    Balas
  2. Aku gak begitu suka drama bergenre Makjang ini. Jadi agak menghindari nontonnya, takut ikut emosi jiwa haha

    Eh tapi sekarang lagi nonton Eve sih, karena suka aja lihat Nyai. Tapi ya gitu, geregetan jadinya. Untung saat nonton rumah udah wangi aroma Korean strawberry, dari baju, piring, sampai lantai. Jadi emosi agak terkontrol

    Balas
  3. Aku udah nonton yang TWOTM, emang gregetan terus kok ak baru ngeh kalo si pelakornya ternyata Han So Hee wkwkkwkw, eh eh ada yang baru ya Molto Korean Strawberry yang wanginya bikin jatuh cinta, mau cobain ah

    Balas
  4. Aku juga nonton itu TWOM wkwkwk, seru uga sampe IG nya mba han so hee diserbu netijul. Aihh parah!
    btw, Molto Korean Strawberry, pasti seger banget. Kalau seragam anak-anak pasti pake Molto. Tahan lama wanginya trus bikin warna ngga cepet pudar, bebas apek apalagi pas musim hujan gini. Trus lembut banget ditangan.

    Balas
  5. Aku belum nonton drama Korea makjang di atas mba,
    tapi aku pastinya sudah menggunakan Molto Korean Strawberry yang wanginya sukses bikin jatuh cinta sekaligus menghilangkan bau amis dan bau membandel lainnya. Sukak.

    Balas
  6. makjang itu kirain kependekan dari alamakjaaang, yang terheran heran gitu wkwk.

    aku yg belum nonton nih yang nomor 4 dan 5 aja. tapi yang kalau drakor makjang gini aku suka nggak sabaran sih dan kesel sendiri emang nontonnya ya

    Balas
  7. saya tahu semua dramanya tapi memang belum menonton fullnya, hanya beberapa episode saja, tapi memang seru sih dna secara garis besar paham alur ceritanya, bagus banyak yang bisa kita pelajari dari drama ini

    Balas
  8. Makjang itu bahasa Korea? Aku kira ‘alamakjaaang!’ yang membagongkan, hahaha
    Kalau drakor makjang begini, aku prefer diceritain temen atau baca reviewnya aja, takut kebawa esmosih jiwa, hihihi

    Balas
  9. duh drakor nya emang keren-keren banget kak, bakal betah maraton sambil ngerjain kerjaan rumah kayak lipet-lipet baju gitu. apalagi kalo bajunya pakai Molto Korean Strawberry duh berasa lagi ada di korea bareng idol kpop yang cakep-cakep itu

    Balas
  10. Aku benernya nggak tertarik sama drakor Makjang sih. Kebanyakan nonton juga karena FOMO doang. Penthouse itu bagus di season 1-2 aja sik, TWOM waktu itu karena emang banyak dibicarain yak, kalau EVE ini penge coba nonton, tapi eps awal aja udah horoor

    Balas
    • Nonton drakor Makjang beneran bikin termehek-mehek deh kalau baca sinopsisnya…pasti jadi baper, yang ada emosi campur aduk dengan sesenggukan. Tapi kalau ditemani aroma molto strawberry yang wanginya khas, mood boster pun kembali membaik…emosi bisa tertahan hahaha…..

      Balas
  11. Wah dari semua drama makjang di atas belum satupun yang aku tonton sampai selesai. Pernah nonton penthouse tapi kok kayaknya rumit dan panjang amat ceritanya jadi skip dulu.

    Balas
  12. ya ampun aku baru sadar arti kata makjang, berarti orang2 sering bilang ala makjang tuh sangat berlebihan yaa hahaha… dan dari semua drakor itu aku cuma tau eve, mungkin karena emang mostly ttg perpelakoran yaa, aku ga ngikutin hahhaha, uwwwww Molto Korean Strawberry bakal cocok banget yaa buat pecinta drakor nihhh, biar dapet vibes kekoreaan nyaa

    Balas
  13. Dari semua drama korea itu aku kok nggak ada nonton ya. Duh kesibukanku dengan bayi membuat tak sempat nonton drakor. Kalopun sempat terkadang justru ditengah jalan malah nggak terselesaikan nontonnya.

    Balas
  14. Pecinta drakor udah pasti harus banget pakai produk2 yang berbau korea ya hehe. Saya baru nonton World of Married aja dan ga sampai abis juga. Kurang suka drakor ga tau kenapa. Tapi kalau wangi2 stroberi kaya Molto udah pasti suka hehe.

    Balas
  15. Aku sempet ikutin Love ft Marriage & Divorce ini di Tiktok, teh.
    Tapi trus karena kepanjangan, mana pemainnya ganti, jadi males ngikutin, haha.
    Biasanya drakor kan sat set cepet habis ini kok adaa aja konfliknya, hihi.
    Eniwe, aku penasaran banget sama Molto korean strawberry iniiiih.
    Pasti manis dan harum gitu deh.
    Pengen cobain beli ah nanti pas belanja bulanan.

    Balas
  16. Baru nonton the world of married aja dan ga tamat hehe.
    Kalau penggemar korea, produknya ikut2an yg berbau korea, ya.
    Pengen coba semua brand di atas yg pake korean stoberi ini. Auto serumah wangi stroberi.

    Balas
  17. Ya ampuuun istilahnya drama Makjang, apakah drama Indosiar termasuk dalam kategori makjang? 😂😂
    Dari sekian drama semua favoritku, kecuali Marriage&Divorce yang belum nonton sama Eve baru 1 episode. Ternyata aku penonton kategori drama lebay ya, haha

    Balas
  18. Oh, saya kira drama makjang itu drama lebay yang episodenya ratusan seperti sinetron Indonesia. Ternyata nggak juga, tho. Saya dulu sempat nonton Sky Castle tapi menurut saya itu belum lebay sih 😅

    Balas
  19. Hahahaa..kebayang tuh drakor dengan ceritanya yang lebay, tapi tetep disukai kan Leen. Familiar semuaa drakorya dan paling suka sebenernya sama drama Love ft. Marriage & Divorce, kbayakan yang nonton itu pada curigaan deh sama bapak suaminya. Termehek-mehek bakalan lenyap kalo nyium wangi varian baru molto ini yaa, aku jadi tambah kepo sama wangi strawberrynyaaa..

    Balas
  20. Saya pernah nonton Sky Castle deh kalau ga salah, sama The Word of marriage.
    Bagus sih, cuman kalau nontonnya on going agak gimana ya, gemes nunggunya hahaha, saking penasaran.
    Btw, Molto tuh pewangi pakaian favorit saya, mau coba deh yang strawberry Korea ini, kayaknya wangi banget 🙂

    Balas
  21. Aku nonton semua kecuali Penthouse.
    Yang lova marriage divorce itu lucuk juga dah kyk sinetron2 lokal, gak jelas jg jalan ceritanya, mana pemainnya pakai diganti.
    Yg bikin lebay ada setan2annya pdhl kalau gak pakai itu dah lumayan lha buat tontonan emak2 gabut kek aku wkwk
    Meski tau itu drakor gak jelas tetep aja kunanti ses 3-nya 😂

    Balas
  22. Yg paling suka sky castle. Tapi semuanya seru dan bikin gregetan. Aku setuju deh sama dikau mbak, utk mengalihkan rasa greget abis nonton yg makjang makjang yaaa dengan nyium aroma molto strawberry. Mantab benerrrr

    Balas
  23. Baru tahu arti Makjang dari tulisan Teteh, hehe. Dari kelima drakor itu baru dua yang saya tonton, yaitu Sky Castle ama World of The Married. Yang lain tampak rame dan banyak dibicarain tapi belum saya tontonin Teh. Boleh juga nih masuk daftar list tontonan selanjutnya

    Balas
  24. dari kelima drakor ini, baru nonton The World of the Married yang happening pada masanya itu ya, hmm dan gemess banget deh, huhuh.
    kelihatan banget ya Bu Dokter ini orangnya rapi, bersih, pasti wangi deh ya.
    saya masih penasaran lho dengan wangi Molto Strawberry ini, belum nemu disini sih, huhuh

    Balas
  25. Awal-awal aku nonton The World of Married..Tapi kayaknya hanya bertahan sampai 5 episode. Gak tahan. Kayak ada yang menekan saya karena semua orang selingkuh hahaha..Suami yang kelihatannya sempurnah di rumah akhirnya juga selingkuh..Ada2 aja penyebabnya. Di dunia nyata aku yakin banyak kejadian seperti itu. Tapi aku gak tahan aja sama jalan ceritanya hahaha…

    Balas
  26. Tertarik nonton skycastle sama penthouse kalau yg the world of marriage sudah nonton dan memang menguras emosi jiwa dan raga. Kebawa suasana banget ngett sampai timeline fb tiap jam tayang heboh.

    Molto korean strawberry??
    Wajib di coba karena memang wangi seger manis tahan lama pula.

    Balas
  27. Haiyaaah kukira tadi Makjang bahasa gaul yang sering dipake buat mengungkapkan keheranan, ternyata dalam artian lebai buat drakor wkwkw.

    Aku tuh belum nonton semua yang Lendy sebutkan, cuma dua aja yang udah: TWOTM dan Love (ft. Marriage and Divorce). Yang kedua itu memang lebai banget. Tiap seasonnya berakhir dengan membagongkan haha

    Aroma Korean Strawberry nya emang wangi dan nyegerin bangeeet. Aku udah pake juga soalnya. Bikin jadi makin rajin nyuci cuma buat cium2in aromanya haha

    Balas
  28. Sungguh semuanya malah saya mah belum lihat. Tapi mendengarkan eh membaca bagaimana jalan cerita semuanya seru dan banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil ya

    Balas
  29. Wah wah, dari yang ada di atas, aku cuma baru nonton Sky Castle aja. Yg 3 setelahnya gak nonton. Huhu gak suka dengan tema selingkuh. Baperan aku orangnya. Nah yang Eve, aku kok penasaran ya. Nanti nonton aaah 😁

    Balas
  30. Dan di postingan inilah saya baru tahu, Makjang itu artinya apa wkwkwk. BTW, The World of The Married itu drama korea pertama yang saya tonton. Terus dulu belum ngeh gimana eh di mana nontonnya, karena nemu di fb..ya nontonlah di situ. Belum tahu Viu, Netflix dll kan.. Kemudian dengan pedenya ku buat multiple postnya di IG cerita tentang pengalaman nonton itu.. Wkwkwkw.. sekarang baru ngeh dudulsnya akuhhh.. nonton di media ilegal kok ya pede banget. Fufufufu.. Kan..kan .. namanya gak tahu. Sekarang udah nonton di Netflix kok~

    Balas
  31. Aku baru tahu istilah drakor makjang, wkwkwk. Dari 5 di atas, cuma The World of the Married People yang pernah ditonton. Itupun karena emak-emak se-Indonesia pada heboh jadi aku ikut nonton ongoing filmnya. Haha

    Balas
  32. Oalaahh… baru tau loh ada drakor kategori makjang ini. Iya ya, bikin kesel juga kalau ceritanya terlihat lebay dan adaaa aja permasalahannya. Dah lah, daripada mood makin parah, mendingan sambil ciumin wanginya Korean Strawberry di baju kita yaaa…

    Balas
  33. Seperti biasa sya suja bgt ulasan dari blog ini, sangat detail & rapi .

    Terus terang sya gk begitu banyak menonton drama korea selatan, tp klo liat sinopsis ceritanya, keren2 dehhh..

    Terimakasih telah berbagi informasinya yaa

    Balas
  34. Ngacung mba, udah nonton semua drakor diatas, tinggal Eve kayaknya mash on going ampe sekarang ya Mba. Baru tau istilah drama korea makjang itu emang sengaja lebay, gak salah selam ini pemikiran saya berarti ya. setiap nonton selalu aja tercetus, emang ada yg begini, dalam fikiran saya. pantes saja Unilever buat molto korean strawberry ya Mba, jadi biar ibu2 merasa happy saat mencuci

    Balas
  35. Aku tuh pernah nonton dari 5 drakor itu yang judulnya The World of the Married People, Teh, tapi emang aku keracunan dari review dirimu khikhi. MAu ah kapan-kapan nonton yang lainnya

    Balas
  36. Aku gak terlalu suka drama makjang karena konfliknya yang berat dan kompleks banget sampe pusing ngikutin konflik aslinya apaan. Satu-satunya yang aku tonton itu cuma Sky Castle karena konfliknya tentang pendidikan dan aku cukup tau betapa kerasnya pendidikan Korea makanya aku tonton dan ini yang paling minim cinta-cintaan hahaha pusing kalo drama makjang tentang cinta-cintaan tuh. Tapi, meskipun aku ga ngikutin dramanya tapi aku tau semua karena rame banget diomongin dimana-mana jadi tanpa nonton aja tau alur ceritanya.

    Balas
  37. Aku menghindari drama korea macam di atas. Karena bkin pikiran jdi insecure biasanya 😑😑😑
    By the way…molto korean strawberry nya bikin penasaran nyoba. Jiwa emak”ku meronta ngelihat ini 😁😁

    Balas
  38. Banyak banget PR drakor terbaru ya, aku masih suka Why Me karena tema hukum ya, seru aja teka-teki siapa sih pembunuhnya. Kalau drama Makjang aku ada yang nonton ada yang sebel duluan hehehe

    Balas
  39. Dari daftar drama di atas belum ada yang aku tonton. Alasannya takut emosi jiwa dan raga 😂. Soalnya sering liat cuplikannya kok bikin ikut emosi jadilah aku mundur dulu. Btw, berarti sinetron Indonesia kebanyakan masuk kategori Makjang yang mba. Soalnya lebainya naujubillah. Bukan cuma bikin emosi tapi kaya bikin nambah2 penyakit hehe

    Balas

Tinggalkan komentar