Once Upon A Small Town, Wonderful Lighthearted and Fluffy Drama

Review dan Sinopsis Drama Once Upon a Small Town (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Siapa yang Reveluv?
Gak boleh banget melewatkan drama Korea terbaru Joy ‘Red Velvet’ yang satu ini karena masuk genre fluffy drama. Nah, genre drama apa nih?

Jadi, sejak aku menderita BIM yang menyiksa, aku berusaha healing dengan baca banyak fanfiction/AU (Alternative Universe) which is ini adalah hal yang paling gak aku sukai banget dulu. Tapi ternyata, berhasil membuatku lebih tenang dan gak berapi-api lagi ketika tau my ultimate bias, Jeno terkena berita yang kurang sedap.

Oke, bahas BIM-nya karena bakalan aku bahas di satu blogpost khusus yaa…bagi yang penasaran lebih dalam apa itu BIM dan bagaimana caraku keluar dari belenggu BIM, hehehe… Mungkin yang non-Kpopers can’t relate sih.. Tapi gak apa-apa, kali ini aku mau bahas dramanya Joy eonni yang berjudul Once Upon a Small Town.

Pengertian Fluffy Drama adalah drama yang manis, lembut dengan bumbu romance yang ringan. Durasi Fluffy drama pun terbilang singkat (webdrama) dengan akhir yang sudah bisa dipastikan happy ending.

Baca juga Drama Fluffy lainnya
Review Drama Korea Check Out the Event (2021)
Review Drama Korea Korea Jinx (2021)

Jadi gimana review dan sinopsis Drama Once Upon a Small Town yang tayang di Netflix setiap Senin, Selasa dan Rabu dengan durasi 35 menit per-eps nya?
C’mon, let’s get it~

Drama Korea Once Upon a Small Town (2022)

Review SInopsis Drama Once Upon a Small Town (2022)
Once Upon a Small Town (2022)

Profil Drama

Judul : Once Upon a Small Town / Accidental Country Diary
(Eojjeoda Jeonwonilgi/ 어쩌다 전원일기)

Sutradara : Kwon Seok-Jang
Penulis Drama : Baek Eun-Kyung
Penulis Webnovel : Park Ha-Min

Pemeran Utama Drama Once Upon a Small Town (2022) :

Choo Young woo sebagai Dokter hewan Han Ji-Yul
Joy (Red Velvet) sebagai opsir Ahn Ja-Young
Baek Sung Chul sebagai Ketua Karang Taruna Lee Sang-Hyeon

Pemeran Pendukung Drama Once Upon a Small Town (2022):

Baek Ji-Won sebagai Jang Se-Ryeon
Park Ji-A sebagai Cha Yeon-Hong
Yoo Yeon Jung sebagai Mo Gyeong-Ok
Si-Yul sebagai Kim Seon-Dong

Genre : Comedy, Romance

Network : KakaoTV, Netflix
Runtime : Senin – Selasa – Rabu
Episode : 12

Release Date : Sep 5, 2022 – Sep 28, 2022

Sinopsis Drama Once Upon a Small Town

Han Ji-Yul (Choo Young woo) tergopoh-gopoh meminjam kunci mobil rekan kerjanya sesama dokter hewan yang bekerja di sebuah Klinik di Seoul. Apakah yang terjadi?

Ternyata dokter Han Ji-Yul mendapat pesan dari salah seorang warga desa tempat kakek dan neneknya tinggal untuk SEGERA pulang kampung, ke Desa Huidong.. Karena URGENT.

Pesan singkat melalui obrolan singkat itu, menyiratkan sebuah kejadian yang gak bisa ditunda-tunda lagi. Sebagai cucu yag berbakti, Dokter Han segera tanjap gas menuju desa Huidong. Namun apa yang didapati sesampainya di rumah kakek dan neneknya adalah sebuah KEJUTAN.

Kira-kira, sahabat lendyagassi ada yang bisa nebak gak kejutannya apa?

Bertemu Opsir Polisi Cantik

Di tengah guyuran hujan, Dokter Han yang panik malah tampak seperti pencuri yang mau masuk ke rumah kakek, sehingga ketika seorang opsir cantik andalah desa Huidong yang sedang patroli menemukan keadaan yang ganjil tersebut, ia segera menggerebek sang lelaki asing.

Review Ending Drama Once Upon a Small Town (2022)
Dokter Han yang dicurigai sebagai pencuri di rumah kakeknya sendiri

Pas diminta untuk menunjukkan identitas, barulah Opsir Ahn Ja-Young (Joy Red Velvet) tersadar satu hal, bahwa ia bagian dari anggota keluarga Kakek.

Dan kejutan yang menanti Dokter Han lainnya adalah mendadak kakek dan nenek ternyata bukan dalam keadaan darurat yang negatif, melainkan kakek ingin mewujudkan keinginan nenek untuk bisa keliling dunia. Sehingga kerja keras kakek dalam membangun Klinik Hewan di desa diserahkan selama beberapa bulan kepada cucunya yang juga profesinya sama seperti sang kakek, yakni Dokter Hewan.

Karakter Choo Young woo sebagai Dokter Hewan Han Ji-Yul

Han Ji-Yul, seorang dokter di Klinik Hewan Seoul.
Ia jarang pulang karena memang kedua orangtuanya sudah tiada dan hanya mempunyai kakek dan nenek yang tinggal di desa. Seperti di Indonesia, orang Korea ini masih sangat menghargai yang namanya tetua. Sehingga ketika liburan besar seperti Chuseok baru-baru ini, dipergunakan orang kota untuk pulang kampung dan menghormati orangtua.

Jadi, gak heran ketika Dokter Han dapat telp darurat mengenai keadaan sang kakek yang dijelaskan secara eksplisit membuat Dokter Han panik dan buru-buru pulang. Karena memang di Korea masih kental tradisi ini, guys..

SInopsis Drama Once Upon a Small Town (2022)
Choo Young woo sebagai Dokter Hewan Han Ji-Yul

Ternyata begitu tau keadaan yang sebenarnya, Dokter Han awalnya kecewa dan marah karena merasa gak suka dengan keadaan di desa. Yha iyalah yaa.. Biasa hidup di kota dengan jam kerja yang ajeg dan yang ditangani hewan-hewan peliharaan yang kiyut, mendadak pindah ke desa dengan jam kerja amburadul karena ia kudu siap kapan saja dibutuhkan.

Dokter Han adalah satu-satunya dokter di 2 desa yang berdekatan dan desa Huidong terkenal dengan pertanian dan peternakannya, sehingga yang dimaksud dengan siap 24 jam selama 7 hari ini adalah menangani hewan ternak. Dari mulai ayam, kambing, kebo, sapi sampai babi yang mau di vaksin, juga ditangani dengan penuh cinta oleh sang Kakek dan kini diwariskan kepada Dokter Han.

Karakter Joy (Red Velvet) sebagai Opsir Ahn Ja-Young

Ahn Ja-Young, adalah opsir yang menjadi ujung tombak keluhan masyarakat ketika merasa kesulitan apapun.
Dari mulai kambing yang tantrum ketika mau makan, anjing pemangsa ternak ayam hingga kerbau yang akan melahirkan, semua warga desa langsung menghubungi Opsir Ahn.

Banyak orang yang mencariku, aku senang akan hal itu.
Kesibukan membuatku merasa dibutuhkan.

Quote Drama Once Upon a Small Town
Sinopsis Ending Once Upon a Small Town (2022)
Joy (Red Velvet) sebagai Opsir Ahn Ja-Young

Kenapa semua warga desa mengandalkan Opsir Ahn?
Karena selain memang gercep bisa diandalkan disegala suasana, kemampuan Opsir Ahn dalam menenangkan warga desa sudah teruji. Lingkungan desa Huidong adalah tempat Opsir Ahn dilahirkan hingga dibesarkan.

Dan ia tinggal seorang diri di desa tersebut karena sang Ibu meninggalkannya dan ini masih menjadi misteri sih ya.. Kemana perginya sang Ibu wanita cantik ini?

Kisah Masa Kecil yang Menjadi Kenangan

Aku sebut fluffy drama karena ada selipan kisah masa kecil dari Dokter Han dan Opsir Ahn yang hanya diingat oleh Opsir Ahn. Sedangkan Dokter Han sendiri haven’t no clue gitu.. Rasanya poteque banget sih.. Padahal Opsir Ahn uda bolak-balik kirim sinyal, tapi namanya Dokter Han yang polos, ia gak menyadari hal tersebut.

Review SInopsis Drama Joy RedVelvet Once Upon a Small Town
Sinyal-sinyal Opsir Ahn untuk Dokter Han

Dan gak mau dibilang gak punya harga diri, di eps 3, Opsir Ahn memantapkan hati untuk gak kirim-kirim sinyal lagi. Ia menyudahi crush-nya dengan Dokter Han yang gak berbalas dan membiarkan masa kecilnya hanyalah menjadi kenangan.

Ingatan masa kecil.
Walaupun tak semuanya, aku ingat segala sesuatu yang sangat kusukai atau sangat kubenci.

Rupanya,
Memori sama tak selalu diingat sama oleh orang yang berbeda.


Quote Drama Once Upon a Small Town

Bagaimana ending drama Once Upon a Small Town?
Saksikan 12 epsnya di Netflix yaa, sahabat lendyagassi.. setiap hari Senin, Selasa dan Rabu.

Kesan Nonton Drama Once Upon a Small Town (2022)

Kayanya aku terakhir nonton dramanya Joy agak depresi deh.. di drama The One and Only (2021) yang mengisahkan tentang kehidupannya yang sudah divonis “waktunya” dan tanpa sengaja malah terlibat kasus pembunuhan, walau gak disengaja dan bermaksud baik, ingin melindungi seorang anak yang sering disiksa.

Lalu liat drama Joy terbaru di Netflix dengan suasana pedesaan yang menyegarkan, jadi inget drama Hometown Cha Cha Cha gasih?

Ending Drama Once Upon a Small Town (2022)
Warga desa yang tengah menyelesaikan masalah di kantor polisi

Dan yang unik lagi, di drama Once Upon a Small Town ini karakter ceria Joy i see no different sama karakter Joy di kehidupan aslinya. Dari mulai saat Joy senang berinteraksi dengan seekor anjing yang menjad pasien Dokter Han, di kehidupan aslinya, Joy memang memiliki anjing yang bernama Haetnim (Baby Soymilk). Bahkan Joy sengaja mengikuti aktivitas sukarela bersama sesama idol cewek lain dari Yerin GFriend dan Hayoung APink untuk merawat rumah penampungan anjing dengan aktivitas seperti membersihkan kandang, memberi makan dan bermain bersama anjing-anjing homeless ini.

Betapa manis yaa.. Joy di kehidupan aslinya.
Dan kini, Joy juga sedang berkencan dengan salah seorang rapper terkenal Korea yang bernama Crush, ya juga karena sama-sama memiliki hewan peliharaan anjing. Lucu yaa..

Kisah Cinta Segitiga

Alert yaa..
Ini drama juga mengandung kisah cinta segitiga antara Dokter Han, Opsir Ahn dan ketua Karang Taruna ((hahah apa sih sebutannya?)) – Lee Sang-Hyeon.

Nonton dimana drama Once Upon a Small Town (2022) sub indo

Mereka bertiga adalah teman SD dan sama-sama menyukai Opsir Ahn nantinya. Jadi Opsir Ahn kudu milih nih, hatinya mantap sama siapa yaa..?

Lesson Learn Drama Once Upon a Small Town

Hukum Memasang Perangkap Bagi Hewan Pemangsa (Anjing)

Aku baru tahu melalui drama Once Upon a Small Town bahwa hukum memasang perangkap bagi hewan yang menganggu terutama anjing ini DILARANG, guys.. Karena anjing dinilai bisa hewan yang dilindungi dan bisa membantu manusia. Jadi waktu ada kasus seorang peternak membiarkan anjing berada diperangkap hingga kaki anjing tersebut terluka, ia membiarkannya.

Dan ini menjadi peringatan bahwa anjing gak boleh dibiarkan terluka terlalu lama, karena kakinya bisa pincang dan cacat nantinya. Meski ia memburu Ayam sebagai makanannya, tetap tetap anjing adalah hewan yang dilindungi undang-undang di Korea.

Memasang perangkap saat menangkap binatang buas melanggar Undang-undang Perlindungan Hewan dan itu ilegal.

Quote Drama Korea Once Upon a Small Town, 2022
Alur ending Once Upon a Small Town (2022)
Dokter Han & aksi penyelamatannya

Dan ya, meskipun hewan pemangsa ini sedang sakit, mereka berhak untuk dirawat dan tidak dibiarkan atau malah dibunuh.

Pelaku kriminal yang sakit pun dirawat selama menjalani masa tahanan

Quote Drama Korea Once Upon a Small Town, 2022

Tentu ini hanya kiasan ya ges ya..
Karena maksud Dokter Han baik, bahwa semua hewan berhak untuk hidup dan menjalani kehidupan berdampingan dengan manusia.

TRAILER DRAMA Once Upon a Small Town (2022)

Drama Once Upon a Small Town ini menyenangkan sekali untuk ditonton dengan suasana pedesaan dan kesederhanaannya yang membuat kita tersadar bahwa ada banyak hal yang kita lewatkan ketika hidup penuh dengan ketergesa-gesaan di kota besar.

Melihat betapa damainya hidup di desa, pasti sahabat lendyagassi jadi terpukau dan mungkin memiliki impian untuk one day, tinggal di daerah pinggiran aja kali yaa.. **seperti cita-cita Na Jaemin NCT, hehehe~ Jadi orang tengah-tengah, antara di kota besar dan di pedesaan.

Bagi yang senang dengan drama alur sat set, kayanya nonton drama ini bakalan bosan. Karena drama Once Upon a Small Town alurnya lamban dan menikmati keindahan ambiance serta hubungan sosial pedesaan banget. Baru naik vibesnya di eps 3 ke atas. Jadi jangan merasa tersiksa dulu yaa..

Okaii~
Sekian rekomendasi drama terbaru Netflix di bulan September 2022 kali ini.

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

66 pemikiran pada “Once Upon A Small Town, Wonderful Lighthearted and Fluffy Drama”

  1. Wah, saya senang dengan drama di desa seperti ini. small town lah ya. Hehehe. Mereka biasanya punya cerita yang unik dan memperkaya cerita utama. BIasanya masalah satu orang jadi masalah sekota. Tapi di situ juga uniknya

    Balas
    • Wah..hahhaa, iya kak Susi.
      Masalah satu orang jadi masalah semua orang. Bener-bener gak ada rahasia diantara kita.

      Ini yang bikin Pak Dokter Han gak suka banget sama desa Huidong.
      Karena penduduk bebas keluar masuk rumahnya padahal pagernya uda di slot.

      HIhi~
      Gemeesshh yaak~

      Balas
  2. aku kemaren baca status temenku ttg cerita ini, kayanya unik aja latar ceritanya karena mungkin belum pernah ada di dunia nyata, setidaknya aku belum pernah tau. Penasaran tuh apakah akan banya melibatkan hewan2 dalam adegannya

    Balas
  3. Sakit dengan sisi baik pribadi Joy yang di dunia nyata ikut aktivitas sukarela merawat rumah penampungan anjing, membersihkan kandang, memberi makan dan bermain bersama anjing-anjing homeless. Semoga ke binatang lain juga ya ..

    Balas
    • Daku pun baru tahu sama istilahnya hehe.
      Yang penting sih jalan ceritanya asik buat disimak ya kak, jadinya gak ketinggalan tiap episodenya

      Balas
  4. Bias aku di Red Velvet sebenernya Irene, tapi karena Joy ngedrama akhirnya pindah ke Joy aja *anaknya lemah*

    Kangen banget nonton drama yang ringan dan fluffy gak usah pake banyak mikir kayak gini deh
    Sekarang Kdrama vibes-nya jadi banyak di pedesaaan gitu yaaah, seruuuu!

    Balas
    • Pas lihat foto-fotonya, aku berasa masuk ke game township. Sawah dengan segala hewan ternak kumpul bersama hehe.

      Aku belum nonton drama ini. Setelah penat mikir selama nonton big mouth dan adamas, perlu banget nonton yang ringan dan bikin full senyum. Makasih review-nya Mbak

      Balas
  5. Aku jug alagi nonton drama ini teh Len, selain memang ringan juga menurutku ya dan yang main menyegarkan matalah. Apalagi ini kisah dari masa kecil yang mempertemukan mereka kembali saat besar di kampung halamannya. Tapi aku gemes banget sih lihat warung kopi yang kecil dan manis itu.

    Balas
  6. Jujurly aku juga lebih memilih tinggal di pedesaan yang tenang, damai, sejuk, ngga ada grusa grusu kek di kota. Nonton pastilah jadi inget Hometown Cha Cha Cha, aku suka banget deh slice of life gini. Nonton ahhh. Bener banget sih, Memori sama tak selalu diingat sama oleh orang yang berbeda.

    Balas
  7. Dokter Han, Opsir Ahn namanya sama 2 huruf yang sama, beda susunannya aja ya.
    Dokter Han ini tipe anak yang berbakti ya, dapat telpon dari Kakeknya langsung meluncur balik ke desa. Tapi ternyata kondisi kakek neneknya baik-baik saja, malah lagi siap-siap mau keliling dunia

    Balas
  8. So sweet ya ceritanya. Suasana pedesaan nan asri, cinta segitiga, trus adegan-adegan konyol yang bikin ketawa n menghibur bener-bener bikin suasana rileks ya. Ah, jadi pengin nonton kan..Bener-bener nih review drakornya mba Lendy selalu berhasil meracuniku untuk nonton hehe..

    Balas
  9. wkwkwkwkw, lucu nih, pas banget buat ditonton untuk naikin mood, mana temanya pedesaan ya, jarang saya nonton drakor pedesaan 😀
    Sayang banget ber episode.
    Btw rekomen film komedi Korea dong, saya suka nonton yang bikin ngakak
    Kayak Mission Possible 😀

    Balas
  10. Justru sekarang ini saya nyari drama ringan aja Teh. Berarti Pluffy drama cocok buat saya. Suka nih genrenya ada komedi dan romantisnya juga. Pemainnya juga cakep dan cantik deh, pengan ah nonton drama ini.

    Balas
  11. Aku juga suka dengan drama genre seperti ini… Ringan, sederhana, tapi benar2 banyak pembelajaran yang bisa kita ambil. Daripada fantasi, lebih suka yg begini. Dan, pastinya lebih senang kalau happy ending, hehe

    Balas
  12. drama Korea emang gak pernah kehabisa ide ya?

    padahal semula saya males nonton drama in i lho, karena pemainnya relatif baru

    kaya Choo Yeong-Woo yang jadi second lead di Police University

    tapi baca reviewnya teh Lendy, jadi penasaran deh saya ^^

    Balas
  13. Lirikan mbak opsir sesuatu banget yak kepada babang dokter.
    Dengan temanya yang gak berat, jadi hiburan di waktu senggang nih, dari pada berat mikirin BBM yang naik, eh

    Balas
  14. Baca ini jadi ingat tiktok, ada bidan buat bantu melahirkan manusia jadi buat bantu melahirkan hewan ternak. Kalau di desa meski harus serba bisa ya walaupun bukan tugas utama sebagi opsir

    Balas
  15. Wah baru tahu ada dramanya Joy terus kayaknya ceritanya seru gitu ya di pedesaan,kudu nonton ah..Joy cantik banget..penasaran aktingnya apik tak..aku kena BIM itu ke WinWin sempat ikutin beritanya terus wkwkw…ampun deh..

    Balas
  16. Wah seru kayaknya dramanya ya. Terkadang capek juga nonton drakor yang sat set sat set. Sesekali nonton yang alurnya santai untuk hiburan seru juga. Terima kasih untuk review-nya. Jadi tertarik untuk nonton juga.

    Balas
  17. Menarik, bukan cuman setting di small town tapi juga pemilihan karakter opsir yang perempuan dan dokternya yang laki-laki menurut saya unik dan jarang (ygy?) hehe. Konteks pedesaaan juga kayanya adem di mata ya. Masukin watch list bareng istri buat weekend nanti 🙂

    Balas
  18. Sweet banget ceritanya mbak, apalagi ringan untuk diikuti. Senang rasanya kalau bisa kembali ke desa/kampung untuk bekerja. Tak disangka bertemu dengan opsir cantik yang jadi teman masa kecil. Btw penasaran nih opsir lebih memilih siapa ya?

    Balas
  19. Jujur aku baru tahu lho kak Lendy kalau ada genre Fluffy. Apakah ini hanya untuk drakor aja atau genre ini ada juga di film/seri drama dari negara lain? Soalnya aku kan ngajar bahasa Inggris dan salah satu topik pelajaran yang selalu ada di tiap level itu adalah TV and Film, jadi ini pengetahuan baru untuk aku dan bisa aku share ke murid juga.

    Karena kak Lendy bilang drama ini alurnya sedikit lamban, kayanya drama ini gak bakalan cocok untuk aku yang orangnya gak sabaran.

    Balas
  20. Kalo liat settingnya iya ya jadi keingetan Hometown Cha Cha Cha.. Kayaknya aku lagi butuh nonton drakor yang ringan-ringan gini, durasinya juga sebentar ya… Persiapan sebelum nonton drakor yg berat-berat lagi hihi..

    Balas
  21. Memori masa kecil memang terkadang beda-beda diingatnya oleh masing-masing orang. Ada loh temanku tuh segala kejadian pas SD bisa ingat banget, sedangkan aku ga ingat sama sekali, seakan-akan kayak aku tak pernah berada di masa itu. 😁

    Balas
  22. Ih kok kezel ya pada Dokter Han yang gak membalas sinyal dan membiarkan masa kecilnya hanyalah menjadi kenangan Padahal Opsir Ahn masih aman mengenangnya…Duh , jadi pilih siapa Opsir Ahn ya, sang dokter hewan atau ketua karang taruna yaaa…?

    Balas
  23. Kebayang settingnya di pedesaan yang asri dan tenang.. Ceritanya pun sebenarnya sederhana ya Mbak, ada unsur-unsur cinta segitiga, drama nostalgia dan kasih sayang keluarga (antara dokter han dan kakeknya). Tipe-tipe film yang ringan tetapi sangat menghibur ya.

    Balas

Tinggalkan komentar