Drama Korea Kingdom Season 1

Bismillah,

Review dan Sinopsis Drama Korea Kingdom Season 1 – Annyeong haseyo sahabat lendagassi. Senang sekali menyapa sahabat lendyagassi di rumah baru. Eh, pada sadar gak kalau ini baru, hehhee..

Sudah lama sekali ingin menuliskan drama zombie terbaik. Eh, ini bisa dibilang zombie atau makhluk sejenis yaa? Karena di dramanya sendiri gak disebut kalau ini zombie sih…hanya makhluk yang berasal dari manusia yang sudah mati dan kemudian hidup kembali, tapi jadi haus darah dan daging manusia lain yang masih hidup.

Grrhh~
Serem yaa….

Iya,
Tapi aseli, Kingdom ini layak mendapat bintang 5. Hehee…aku suka pake banget dengan drama sageuk yang niat seperti Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo. Drai mulai setting, outfit, pemeran masing-masing karakter dan rentang waktunya, semua sempurna. SEM-PUR-NA.

Drama Kingdom Season 1

Review dan Sinopsis Drama Kingdom Season 1

Profil Drama

Judul : Kingdom
(Kingdeom/ 킹덤)

Sutradara : Kim Sung-Hoon
Penulis Drama & Webcomic : Kim Eun-Hee
Penulis Kartun : Yang Kyung-Il

Cast Drama Kingdom Season 1 :

Ju Ji-Hoon as Lee Chang — Wang Seja
Bae Doo-Na as Seo-Bi — Tabib wanita
Ryoo Seung-Ryong as Jo Hak-Joo — Ketua klan Cho (Jo)
Kim Hye-Jun as Ratu
Kim Sang-Ho as Moo-Young — Pelayan setia Wang Seja
Kim Sung-Kyu as Young-Shin — Penembak jitu

Genre : Historical, Thriller, Horror, Drama, Zombies

Network : Netflix
Episode : 6

Release Date : January 25, 2019

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5

Sinopsis Drama Kingdom Season 1

Tema besar Drama Kingdom season 1 adalah mengungkapkan kebenaran mengenai Raja (ayah Lee Chang) yang sudah meninggal atau belum. Selama ini, rumor mengenai kematian Raja sudah menyebar ke seluruh negeri dan rumor tersebut menyatakan kabar bahwa Raja telah meninggal. Kabar ini disebar oleh kalangan pelajar.

Siapa penggerak kalangan pelajar ini?

Setelah diusut, kalangan pelajar ini pernah mendapat sepucuk surat yang menyatakan bahwa Raja sudah tiada namun disembunyikan oleh penguasa (klan Cho) yang tidak lain adalah keluarga dari istri Raja, sang Ratu dan Ayah Ratu yang merupakan petinggi Kerajaan.

Ratu, Istri sah Raja

Tujuannya apa menyembunyikan fakta bahwa Raja telah tiada?

Agar klan Cho tetap bisa memegang kendali negara, minimal sampai lahir anak yang dikandung sang Ratu, yang tampaknya sedang hamil tua. Kalau sudah lahir bayi lelaki yang sehat dan bisa menjadi pengganti tahta Raja, maka Ibu Ratu akan naik tahta menjadi Ibu Suri dan Klan Cho semakin kuat posisinya di hadapan para petinggi Kerajaan.

Namun, dengan tersebarnya kabar bahwa Raja telah meninggal, maka akan membuka kedok kejahatan klan Cho secara perlahan. Untuk menghalangi hal ini, klan Cho memfitnah Wang Seja, Lee Chang (diperankan oleh Joo Ji Hoon) bahwa dialah dalang dari rumor meninggalnya Raja dengan tujuan untuk kudeta kekuasaan.

Alasan yang cukup masuk akal, mengingat Ratu yang saat ini memang bukan Ibu kandung Lee Chang. Lee Chang hanyalah anak dari selir Raja yang kemudian tumbuh kuat dan sehat di lingkungan Kerajaan.

Jadi, benarkah Lee Chang yang mengguncang Joseon?
Atau memang rumor telah meninggalnya sang Ayah ini memang benar adanya?

Masalah belum usai, muncul masalah baru.

Masalah baru yang lebih mengguncang rakyat Joseon kala itu bukan hanya kemiskinan yang berkepanjangan juga wabah penyakit aneh yang menyebar dengan cepat. Mendadak banyak orang meninggal, namun mereka bisa hidup kembali di malam hari dan mencari bahkan menggigit orang yang masih hidup. Lalu orang yang digigit tadi juga bukannya mati, malah menjadi mayat hidup yang menggigit manusia lainnya, begitu seterusnya…

**ini yang kita sebut zombie, tapi di drama Kingdom gak disebutin istilah ini. Hanya dikatakan bahwa mereka bisa hidup karena sebuah tanaman yang bernama Tanaman Pembangkit. Tanaman ini memang sangat berbahaya karena efeknya bagaikan domino, wabah tanpa akhir akan menghantui Joseon.

Kemiskinan dan rakyat yang sakit-sakitan karena kurangnya bahan makanan.

Wang Seja yang bijaksana.

Bukan hanya sematan “Anak Raja” semata. Wang Seja Lee Chang ingin membuka kebenaran yang ada dengan cara mencari tahu apa penyakit sang Ayah sebenarnya. Langkah awal dimulai dengan mengambil catatan kesehatan sang Raja. Lalu setelah mengetahui siapa tabib yang mengobati kala itu, Lee Chang bermaksud mencari tahu sendiri hingga menempuh perjalanan jauh dari Hanyang ke kampung halaman sang tabib di Dongnae.

Dengan menempuh perjalanan ke Barat sejauh 350 km, Lee Chang dan pengawal pribadinya memulai perjalanan panjang itu. Yang Lee Chang tahu, Ayahnya bukan hanya sakit cacar seperti yang diberitahukan sang Ibunda Ratu padanya, tapi penyakit yang lebih parah.

Bahkan, Lee Chang sempat mencium bau darah yang amis dan suara geraman seperti suara hewan buas. Belum sempat Lee Chang bertemu dengan sosok itu, si creature tersebut sudah menghilang. Sehingga Lee Chang meyakini instingnya bahwa sedang ada yang tidak beres di lingkungan Istana.

…dan ia akan mengungkapkannya.
Dimulai dari menemui tabib kerajaan yang bernama Lee Seung-Hui.

Masalah yang ditemui Wang Seja sesampainya di Dongnae?

Bukannya bertemu tabib Lee Seung-Hui, Lee Chang dan pengawalnya malah mendapati klinik pengobatan milik tabib dalam keadaan yang luar biasa mencekam. Sepi dengan barikade bambu runcing dimana-mana. Dan setelah diperiksa lebih jauh lagi, di bawah bangunan klinik bergelimpangan mayat-mayat.

Habis ada peristiwa besar apa ini?

Pertanyaan demi pertanyaan belum terjawab hingga ada saksi mata yang melihat salah satu murid tabib dan pasien ada yang selamat dari insiden ini. Insiden dimana semua orang menjadi mayat hidup dan menggigit manusia lain yang masih sehat.

Bersama sang saksi mata, seorang murid tabib Lee Seung-Hui dan pasien yang bernama Young-Shin dari Desa Sangju.

Akankah Lee Chang bisa melindungi keluarga kerajaan atau menyelamatkan rakyatnya dari wabah ganas ini?

Apa yang Menarik Dari Drama Kingdom?

Tentu saja Joo Ji Hoon!

Ya, tidak bisa terelakkan lagi pesona Joo Ji Hoon saat memerankan karakter sebagai Putra Mahkota atau Wang Seja. Dan Drama Kindom adalah drama comeback nya setelah 4 tahun hiatus dari layar kaca akibat sebuah kasus.

Joo Ji Hoon sebagai Putra Mahkota (Wang Seja)

 **awalnya yang dilamar untuk memerankan karakter Wang Seja ini adalah Song Joong Ki, tapi doi menolak.

Drama Kingdom diangkat dari sebuah Webcomic

Ini juga yang membuatnya menjadi menarik, karena Kingdom berdasarkan webcomic yang berjudul “Burning Hell Shinui Nara” yang ditulis oleh Kim Eun-Hee dan digambarkal oleh ilustrator yang bernama Yang Kyung-Il.

Webcomic Burning Hell Shinui Nara terbit pada 23 Juli 2015 oleh RHK.

Semua karakter di drama Kingdom saling melengkapi

Pada awalnya serem nonton drama Kingdom karena memang genrenya Horror, thriller, dan zombie. Tapi jangan salah, ada juga unsur komedi yang ditampilkan dan itu membuat penonton semakin menikmati sisi lain drama ini.

Salah satu drama sageuk yang asik ditonton berulang kali. Setting, baju, plot story line, semua tergambarkan dengan baik. Salut untuk semua tim produksi yang membuat drama ter-epic!

Warning!

Aku saranin pas nonton drama Kingdom jangan sambil makan. Karena bakalan merasa mual melihat rupa-rupa make-up zombie yang darahnya sudah mengering namun saat ia menggigit korbannya, kamera langsung zoom in. Hoeeekk~

Memorable ending Kingdom season 1

Bagaimana ending Kingdom season 1?
Yang jelas, aku salut banget sama penulis drama dan sutradara drama Kingdom. Adegan penuh misteri selalu menjadi ending and that’s the point!
Ending yang menggoda penonton untuk tidak sabar menonton Kingdom season 2, 3, 4, 5, …
**eh, emang ada?

Hahhaa….

Pokoknya drama Kingdom wajib ditonton banget buat sahabat lendyagassi yang lagi males jadi anak alay terus-terusan. Hehhee

Quote Drama Kingdom Season 1
Quote Drama Kingdom

Lesson Learn Drama Kingdom

Drama Kingdom tidak hanya mengahdirkan kengerian saat menonton, tapi juga keharuan yang luar biasa. Aku bisa bolak-balik sesenggukan terutama saat adegan bagaimana Wang Seja melindungi rakyatnya yang sudah tua renta, para wanita dan anak-anak.

Maka, aku simpulkan bahwa semakin tinggi jabatan seseorang, semakin besar pula tanggung jawab yang harus diembannya.

Apakah kamu mengumpulkan kekuatan hanya untuk mendapatkan uang?

Lee Chang, Drama Kingdom

Pentingnya memahami kedudukan dan peran kita di tengah masyarakat.

Saat nonton drama sageuk tuh….selalu begini vibesnya. Aku merasa bahwa setiap orang harus berlaku sesuai dengan posisinya. Meski terkesan tidak adil, tapi sistem hierarki begitulah yang masih berlaku di zaman Joseon.

Rakyat memuliakan makanan.
Dan Raja memuliakan rakyat.

Lee Chang, Drama Kingdom

Sekian dulu review dan sinopsis drama Kingdom season 1. Setelah ini jangan bosan yaa… Aku bakalan lanjut menuliskan Kingdom season 2.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With Love,

 

Spread the love

44 pemikiran pada “Drama Korea Kingdom Season 1”

  1. rumahnya baruuuu…….udah selamatan belum ? 😀 😀

    saya juga udah nonton nih Kingdom 1 dan 2, dan penasaran dengan Kingdom 3, rilis 23 Juli ya?

    karena pemainnya saya suka banget, Ju Ji-Hoon dan Bae Doo-Na

    Balas
  2. Drama di Netflix bagus-bagus ya. Dan lagi-lagi kali ini diambil daei Webtoon ya? Seandainya saja film dan sinetron di Indonesia juga banyak ngambil dari webtoon, pasti tontonan kita juga bisa lebih berkualitas dan beragam deperti drama korea.

    Balas
  3. Hellow akak Agassi… Belum pernah nyobain Nontonin drakor yang serem² siy, tapi dipikir² nggak berani takut lebih serem dari film² susana eheheheh aku kan cemen kalau sama film horor

    Balas
  4. Tadinya kebayang seremnya Lend waktu disebutkan ini tentang Zombie..haha tapi liat gambar2nya kok gak ada serem2nya ya..hehehe Tapi dapet bintang 5 berarti emang bagus donk ya.. wajib dicari nih buat ditonton ..

    Balas
  5. Untuk drama korea kingdom gini biasanya urusan suami nih yang suka nonton dan aku nanti diceritakan. Meski ikut nonton tapi ya gitu giliran serw2aku nya ngumpet yang fokus ngikutin jalan ceritanya pasti pak suami, hihi. Ntar aku suruh nonton deh..

    Balas
  6. aku tu gak begitu hafal nama pemain drakor cowok, tapi ini mirip ya sama pemain pria yg main di princess hours berapa tahun lampau, wkwkwk, yg jadi putra mahkota juga. apakah dia atau bukan? btw, aku suka deh kisah2 heroik pemimpin kaya gini, agak mirip sama dots ya melindungi lansia dan anak2

    Balas
  7. Wajar teh kalau bagus gila, wong per episode aja budgetnya miliaran ya. Biasanya aku nggak doyan film zombie. Train to busan aja nontonnya pake skip skip, hahaha. Tapi Kingdom beneran mantengin dari awal mpe akhir dong. Intrik politiknya keren soalnya.

    Balas
  8. Pas nontonnya jgn lagi makan ya teh. Cocok buat lg rebahan nyantai inii. Nggak nyangka ada zombieannya ya. Ternyata pilem horror. Ada komedinya jg. Cuma klo terhoror mah indonesa juara ya teh 😄
    Barakallah rumah baruuu^^

    Balas
  9. Bukan genre drakor aku banget, tapi aku udah nonton kok hehehe, terpaksa sih judulnya karena suami nonton di kamar. Tapi bagus juga sih, asal gak sendirian aku nontonnya. Season keduanya gimana?

    Balas
  10. Haduuuh klo ada adegan gigit-gigitan gitu ngeri deehh.. Mendingan aku lihat adegan pukul-pukulan sampe berdarah-darah. Beda seremnyaaa.. kalau kayak zombie atau vampire gitu nggilani sih menurutku hehehee…
    Ditunggu review season selanjutnya yaa… penasaran gimana kelanjutan cerita tentang terkuak kematian sang raja.

    Balas
  11. Terima kasih ya ulasannya mak, saya nonton tema zombie itu filmnya Hyun Bin, lupa judulnya apa
    Nonton juga karena ada si HB pemainnya, hehehe. Agak kurang suka yang horor, saya penakut, hehehehe

    Balas
  12. Kalao baca review blognya tentang drakor bikin tambah list buat ditonyon next aku nonton kingdom klo 2 drakor yg sekarang kutonton udah selesai

    Inu editannya efek filmnya luar biasa klo kerajaan Aku Suka bnget

    Balas
  13. Duh kangen banget nonton Kingdom bareng anak-anak kantor pas jam kosong. Jujur teh kalau temanya jadul jaman Jeoson gini aku tuh kurang tertarik karena mereka pasti pakai baju yang mirip-mirip, susah ngafalin nama-namanya gitu. Tapi untunglah ceritanya tentang zombie jadi aku masih bisa ngikutin karena penasaran. Pas yang season 2 aku langsung marathon dong seharian wkwk.

    Balas
    • Bukan, kak Echa.
      Yang diberhentiin kemarin Joseon Exorcist. BUkan karena sadisnya..tapi karena ada dinilai ada budaya negara tetangga yang diaggap di klaim sama Korea, jadi……kontroversi gitu.
      Huhuu..

      Balas
  14. Menarik sekali nih. Drama kolosal tapi bertema zombie. Dan penggarapannya serius banget ya. Zombie ala Korsel mantap banget pembuatannya dan banyak juga dramanya. Yah, ga banyak-banyak amat lah, tapi saya sudah menonton beberapa.
    Dan memang ya, jabatan tinggi membawa konsekuensi tinggi, salah satunya tanggung jawab menyelamatkan semua rakyatnya yang belum jadi zombie.

    Balas
  15. Drama Korea Klasik seperti ini malah yang bikin aku susah move on. Suka banget dengan outfit dan suasananya. Konflik yang diangkat juga menarik ya, bikin pecinta dramanya selalu penasaran dengan episode episode berikutnya

    Balas
  16. kalau drama korea tema zombie yang cocok nonton suamiku nih mbak, tak suruh langganan netflik ah biar akupun bisa nonton drakor krena selama ini mau nonton tapi bingung dimana hahaha

    Balas

Tinggalkan komentar