Drama Korea Kingdom Season 2

Bismillah,

Setelah seru ngobrolin Drama Korea Kingdom season 1 kemarin, kali ini aku mau lanjutin ke Kindom season 2 yaa.. Apa sahabat lendyagassi belum pada baca reviewnya yang pertama? Cuuss…baca dulu yaa…

Sebenarnya kalau ditanya, apakah bisa nonton Kingdom gak dari awal?
Kalau aku pribadi sih… enggak. Saranku, nontonnya kudu dari Kingdom season 1 lanjut kedua dan nanti tanggal 23 Juli 2021, kabarnya Netflix akan menayangkan Kingdom season 3, yang menampilkan sosok baru yakni Jun Ji Hyun sebagai sosok misterius yang berusaha mencari tahu darimana wabah ini berasal pada mulanya.

Seru kan…
Sebelum ke Kingdom season 3, aku bahas dulu Kingdom season 2 yaa…

Drama Kingdom Season 2

Review dan Sinopsis Drama Korea Kingdom Season 2

Profil Drama

Judul : Kingdom
(Kingdeom/ 킹덤)

Sutradara : Kim Sung-Hoon
Penulis Drama & Webcomic : Kim Eun-Hee
Penulis Kartun : Yang Kyung-Il

Cast Drama Kingdom Season 2 :

Ju Ji-Hoon as Lee Chang — Wang Seja
Bae Doo-Na as Seo-Bi — Tabib wanita
Ryoo Seung-Ryong as Jo Hak-Joo — Ketua klan Cho (Jo)
Kim Hye-Jun as Ratu
Kim Sang-Ho as Moo-Young — Pelayan setia Wang Seja
Kim Sung-Kyu as Young-Shin — Penembak jitu

Genre : Historical, Thriller, Horror, Drama, Zombies

Network : Netflix
Episode : 6

Release Date : March 13, 2020

Rating : ⭐⭐⭐⭐/5

Sinopsis Drama Kingdom Season 2

Pada season kali ini, Kingdom menyuguhkan kenyataan pahit latar belakang bagaimana virus ini bisa menyebar. Kalau di season 1 kemarin, Wang Seja Lee Chang (diperankan oleh Joo Ji Hoon) lelah secara fisik, di season kali ini, aku rasa ia lelah dari segi psikis, karena mendapati sebuah konspirasi yang mengatasnamakan keselamatan Joseon.

Kenyataan bahwa Joseon yang selalu menjadi bulan-bulanan tentara Jepang dan seluruh benteng pertahanan telah diserang, maka panglima tertinggi saat itu yang sedang bertugas Pak Jo Hak-Joo (diperankan oleh Ryoo Seung-Ryong), yang tidak lain dan tidak bukan adalah Ayah mertua Raja mengambil sebuah keputusan.

Jo Hak Joo yang jahat dalam Drama Kingdom
Ayah mertua Raja, Jo Hak Joo (dari klan Cho)

Bukannya ia tidak tahu akan efek gunung es yang menanti setelah mengambil keputusan ini. Tapi karena ia tidak ingin Joseon jatuh ke tangan penjajah, maka ia pun tidak berpikir panjang, langsung memutuskan bahwa harus ada rakyat yang dikorbankan demi keselamatan seluruh rakyat Joseon.

Masalahnya adalah rakyat seperti apa yang menjadi tumbal?

Kisah Tragis Desa Sumang

Karena Jo Hak-Joo tidak mau mengorbankan tentaranya untuk dibunuh kemudian dihidupkan kembali menjadi zombie menggunakan Tanaman Pembangkit, maka Jo Hak-Joo mencari mangsa dari desa Sumang, dimana penduduknya dinilai tidak memberikan manfaat apapun karena terlalu lemah.

Dan terjadilah pembantaian besar-besaran di Desa Sumang oleh Jo Hak-Joo dan Panglima An Hyun. Sesaat setelah selesai pembantaian, para mayat dihidupkan menggunakan Tanaman Pembangkit. Dan akhirnya seluruh penduduk Desa Sumang menjadi senjata tak terkalahkan untuk memukul mundur tentara Jepang di berbagai titik benteng pertahanan Joseon.

Cara Menghidupkan Menggunakan Tanaman Pembangkit

Syarat awal yang bisa dihidupkan oleh Tanaman Pembangkit adalah manusia yang baru meninggal. Kemudian dilakukan oleh tabib dengan cara menusuk titik yintang pada mayat dan meneteskan ekstrak Tanaman Pembangkit yang sudah dicampurkan oleh air liur ke mulut mayat tersebut. Maka setelah beberapa saat, mayat tersebut akan bangkit kembali dan menjadi monster yang haus darah dan daging manusia hidup lainnya.

Apa karakteristik zombie dalam drama Kingdom

Kelemahan Zombie Kindom

Kalau biasanya kita lihat di drama zombie, mereka memiliki ciri khas masing-masing. Seperti di Film Rampant, zombie separuh manusia. Sedangkan di Film Alive, zombienya bisa lari kenceng dan bisa bertahan di siang hari, bagaimana tipikal zombie di Kingdom?

Zombie di Kingdom yang pada awalnya mereka takut dengan matahari, namun seiring dengan virus yang bermutasi ((semacam Covid 19 yaak??)), zombienya jadi bisa tetap bertahan walau ada matahari. Ternyata, mereka suka dengan udara yang dingin. Sehingga meski ada matahari namun bila masuk musim dingin, mereka tetap akan hidup dan mencari mangsa di siang hari.

Zombie Kingdom juga berlari dengan ganas, namun untuk powernya, tergantung dari kekuatan saat jadi manusia. Ketika saat jadi manusia ia adalah seorang tentara, tentu saat menjadi zombie pun ia sangat powerful. Namun bila ketika jadi manusia ia adalah seorang Ibu, maka powernya juga kecil, meski tetap uncontrol saking ganasnya.

Selain itu, uniknya zombie Kingdom adalah ia gak berani kena air dingin.
Haa??

Iya, saat salah satu bagian dari badannya kena dingin, maka ia akan menjauhi. Maka salah satu pengobatan terbaik ketika digigit zombie Kingdom adalah dengan menceburkan diri ke dalam air dingin, lalu parasit yang masuk ke tubuh dan menginfeksi akan segera pergi dan mati.
**aga jijik pas mau bilang bentuk parasitnya mirip cacing tipis kaya benang dan panjang.

Kelemahan lainnya zombie Kingdom ya…seperti zombie pada umumnya. Ia bisa mati ketika badan dan kepalanya terpisah (alias dipenggal), dibakar dan ditusuk bagian jantungnya.

Puncak Konflik Keluarga Kerajaan

Puncaknya adalah di season 2 ini. Lee Chang berhasil memenggal Ayahnya sendiri, namun di sisi lain, ia sudah bisa dipastikan mendapat predikat penkhianat negara, sehingga tidak pantas naik tahta dan bahkan dengan hukum yang berlaku, karena menghinakan Raja, meski ia adalah anaknya sendiri, Lee Chang bisa dikenakan hukuman mati. Berikut para keluarga petinggi kerajaan lainnya yang mendukung aksi Lee Chang.

Tapi mau bagaimana lagi?
Raja sudah menjadi zombie mengerikan. Bagaikan senjata pembunuh karena semua rakyat tidak mungkin mampu memenggal kepala Raja kecuali anaknya. Dan akibat aksinya ini, Lee Chang harus membuktikan pada rakyat bahwa klan Cho bisa digulingkan agar tidak semena-mena.

Bagaimana caranya?
Ini yang seru banget. Pak Jo Hak-joo akhirnya diserang zombie sendiri dan yang gigit adalah temen seperjuangannya saat harus membantai Desa Sumang tadi. Dengan tergigitnya ((gigitnya di pipi doonk…eww banget!)) Pak Jo Hak-Joo dan semakin gentingnya suasana kerajaan ditambah lagi masalah bahwa Ratu ternyata yang digadang-gadang akan melahirkan malah ternyata………..

TIDAK HAMIL.

Ia membohongi seluruh petinggi kerajaan bahkan rakyat Joseon dengan kehamilan palsunya. Kasus nambah rudet daah!

Bagaimana mengakhiri sebuah kisah yang rudet bahagaikan benang kusut ini?

Ending Kingdom 2

Dari drama Kingdom season 1 hingga season 2, rasanya di setiap ending selalu diberi spoiler untuk season berikutnya. Jadi, ending drama Kingdom season 2 ini Lee Chang gak jadi naik tahta doonk… Ia bersikukuh bahwa perbuatannya ((meski dengan dalih demi kebaikan)) tapi sudah dinilai unrespectful kepada Raja. Dari mulai fitnah menggunakan surat kaleng kepada pelajar sampai memenggal kepala sang Ayahanda yang merupakan harga diri sebuah bangsa.

Yang parah sih…Ratu yang fake bunting. Sebel banget liat dia bawa-bawa bayi yang bukan miliknya. Dan pada akhirnya Joseon dipimpin oleh seorang anak yang bukan dari garis keturunan keluarga kerajaan. Parahnya, anaknya ini pernah digigit zombie pas bayik.

Kalau aku tak dapat memilikinya, siapapun tak boleh memilikinya.

Ratu, Drama Kingdom eps. 5
Kim Kang Hoo memerankan karakter Raja semasa muda.
Ki : Ratu yang menggendong bayi yang bukan dari rahimnya
Ka : 7 tahun kemudian, sang bayi sudah tumbuh menjadi Putra Mahkota.
((ada yang masih inget siapa anak yang jadi Putra Mahkota muda ini?))

Lalu, apakah masih aman?
Ini masih jadi tanda tanya banget. Karena di ending Kingdom season 2, tampak di wajah sang anak ada denyutan dari si virus parasit Tanaman Pembangkit.
**hiiih!

Daya Tarik Kingdom 2

Bagi yang menonton Kingdom 1, pasti aku yakin banget gakkan melewatkan Kingdom 2. Jadi daya tariknya adalah di jalan cerita yang menggantung di setiap ending. Selain itu, kini aku pun gak sabar menantikan Kingdom 3 yang tayang di Netflix pada tanggal 23 Juli 2021 nanti.

Bagaimana kelanjutan kisah Putra Mahkota?
Bagaimana asal usul wabah ini bisa menular?
Bagaimana tanaman Pembangkit diperjual belikan oleh pedagang di sebuah desa?

Tanaman Pembangkit dalam Drama Korea Kingdom
Rupa Tanaman Pembangkit yang bisa mengubah mayat menjadi monster mematikan.

Bagaimana sahabat lendyagassi?
Apakah kita sama-sama menantikan Kingdom season 3?

Lesson Learn Drama Kingdom 2

Kekuasaan itu melenakan.
Ya, kalau melihat bagaimana teganya Ratu membiarkan suaminya hidup sebagai monster yang bertujuan untuk menyingkirkan Lee Chang sebagai penerus tahta, ini menyakitkan banget siih…

Aku gak tega liat si Raja gentayangan dan lebih-lebih yang dijadikan tumbal adalah dayang istana atau pembantu istana yang melayani Raja. Begitu tahu rupa Raja yang seperti monster, otomatis jadi hidangan appetizer.

Heuheuu~
Poor dayang istana.

Kita bisa merubah keadaan dengan usaha keras.
Ini yang aku salut dari Lee Chang dan kawan-kawan. Dengan taktik yang cerdas, mereka bisa keluar dari situasi yang mengerikan ini. Meski katanya harta dan tahta, tapi dengan ketulusan hati, rakyat bisa berpihak dan saling bekerjasama untuk menyelamatkan dunia.

Yeeay~
Apakabar duniaaa?? ((jadi inget Han Yoora ssi yaa…))

Kepercayaan seseorang harus dipegang teguh.
Aku cukup kaget ketika mengetahui bahwa pengawal Lee Chang yang begitu tulus ternyata adalah duri dalam daging alias pengkhianat. Aku maunya KZL sama si Bapak pengawal ini. Tapi melihat endingnya dia menyesali apa yang sudah diperbuatnya, dan meninggal dengan cara yang mengenaskan, aku jadi sesenggukan nangis dan tahu banget bahwa Lee Chang pasti bisa memahami betapa terpojoknya si Bapak Pengawal yang tidak punya kekuasaan apapun untuk melawan keadaan.

Yakali….kesetiaan bisa dibeli.
Tapi kalau ancamannya nyawa?
Apakah masih bisa berdiri di atas kesetiaan ((kaya lagunya Audi “Janji di atas ingkar?”))

No…no…no!

Pada akhirnya, kita akan meninggalkan dunia ini. Maka, jadilah seseorang yang paling tidak, tidak menyakiti orang lain dengan ketulusanmu, meski keputusanmu juga gak bisa membuat bahagia banyak pihak.

Lieeuurr nya…
Intinya mah…mari berlaku yang baik kepada orang-orang di sekitar kita dan pahami konsekuensinya ketika menerima amanah.

Yap,
Segini dulu review dan sinopsis Kingdom season 2 nya yaa.. Hayuk, bareng aku nungguin aksi Lee Chang Wang Seja in the next level!

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

Spread the love

30 pemikiran pada “Drama Korea Kingdom Season 2”

  1. Banyak pelajaran hidup dalam bersosial yg dapat diambil dr drama ini ya. Jadi pengen nonton, tentunya harus dr season 1 agar paham alur drajornya. Mari kita ngedrakor.

    Balas
  2. Wkakkakakaa kbayang tuh Lendy misuh2 ..
    Pas ngomong gini, ” .. yang parah sih, Ratu yang fake bunting. Sebel banget liat dia bawa-bawa bayi yang bukan miliknya:
    Duuh namanya juga dramaa atulah di bikin spoiler terusm biar nontoon teroos.

    Balas
  3. tidak menyakiti orang lain dengan kelutusanmu…
    aduh typonya lutu deh teh hehehe
    banyak banget lesson learn yang bisa diambil yaaa

    Balas
  4. Aku lihat di twitter banyak yg ngasih ulasan positif ama drama ini mba. Kalau aku pribadi, aku juga lebih suka genre drakor yg ada setting sejarahnya gini.. karena jadi seru aja soal masa lampau. Kadang ada adegan yang memperlihatkan semacam budaya2 yg menarik 😀

    Balas
  5. aku kira cerita tentang kekuasaan to konfliknya teh ternyata zombie yah mana zombienya aneh lagi yah cuma ga bis akena air dingin wkwkwk..aku belum terlalu suka drakor yang setting kerajaan teh masih suka cem drama kekinian lah

    Balas
  6. Baca awal-awal saya pikir ini film kerajaan nih. soalnya saya lebih suka cerita kerajaan yang ada intrik-intrik politiknya. BTW, kebayang ngerinya kalau satu desa penduduknya dimusnahkan lalu ujung-ujungnya dihidupkan lagi untuk dijadikan zombie. Sepertinya saya tidak berani nonton deh di bagian yg ada bunuh-bunuhannya.

    Balas
  7. Aku belum nonton drama Korea Kingdom ini, Mbak. Kayaknya seru nih karena membahas tentang zombie. Jadi teringat dengan film Korea Train to Busan yang juga membahas tentang Zombie.

    Balas
  8. Aku baru pernah denger drama kerajaan yang ada zombie nya gini, Mbak. Pengin nonton, tapi menjijikan nggak, yaa? Nggak kuat aku liatnya kalau banyak darah apalagi cacing wkwk.

    Tapi beberapa drakor emang gitu yaa anaknya bunuh Bapak biar naik tahta. Hmmm.

    Balas
  9. Raja jadi Zombie, mbayangin yg jadi tumbal buat appetizer dayang2nya. Hmm nuikmat tuuh.
    Jiyaah udah ada lagi seri 3 my , spoiler trus yaak .
    Btw Ku tuh suka film2 Zombie gini, menegangkaaaan.

    Balas
  10. Jenis drama yang gak akan pernah ku tonton walau penasaran level maks. Sebagai gantinya aku membaca aja dengan khusyuk hahaha. Karena aku tipe penakut yang lihat adegan menegangkan auto lari ke kamar #lol

    Balas
  11. Drakornya seru banget ini. Cuma baru nonton Kingdom 1 sih dan kayak udah lama banget jadi agak lupa hehe. Ini jyga belum sempat lanjutin yang ke 2 eh ini yang sesi 3nya udah mau tayang lagi. Cuss ah mau lanjutin nonton drakor kerajaan yang bertema Zombie ini

    Balas
  12. Aku udh liat hahaha trailernya di netflix, seraaaaaam, aku ya kadang mkir loh ini covid kok kek zombie yaaa ganas dan menyerang byk manusia

    Balas
  13. Season 1 udah kelar, ini mau lanjut season 2 nungguin Pewe. Lumayan suka drama begini cuma mesti ditemani, hahaha. Biar kalau ada adegan yang menegangkan bisa ada yang dijadikan pengalihan (nawarin minum, minta ambilin kue, dan lain-lain… hahaha)

    Balas

Tinggalkan komentar