The Glory, Balas Dendam Song Hye Kyo yang Tak Berujung

Review Sinopsis Drama Korea The Glory (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Mata ganti mata,
Gigi ganti gigi,
Retak ganti retak.

Yang membuat luka harus mengalami hal yang sama.

Quote Drama The Glory, 2022

Sound so scary..quote di atas yah…

Ya, drama terbaru Song Hye Kyo kali ini memang bertemakan mengenai balas dendam. Aksi Thriller drama 8 eps yang tayang di Netflix ini ditulis oleh penulis drama ter-famous, Kim Eun-Sook, yang dengan bakatnya selalu menghasilkan karya maestro di dunia per-dramaan Koreaan. Bersama penulis Kim Eun-Sook juga, Hye Kyo eonni pernah berperan di Descendants of the Sun.

Selain itu, penulis Kim Eun-Sook juga pernah melambungkan beberapa drama seperti Goblin, Mr. Sunshine, The King: Eternal Monarch, The Heirs dan Gentleman’s Dignity hingga Secret Garden. Aku rasa gak ada drakorians yang gak pernah nonton drama-drama yang aku sebutin barusan ya.. Karena memang se-begitu besarnya gaung nama penulis Kim Eun-Sook dalam menulis drama Korea.

Baca juga:
Drama Descendants of the Sun (2016)
Drama Gentleman’s Dignity (2012)
Drama Secret Garden (2011)

Makanya asa gak percaya kalau biasanya menulis drama bergenre romantis lalu maha-karyanya kali ini bergenre Thriller Melodrama dan melibatkan aktris cantik Song Hye Kyo, pula. Gimana menurut sahabat lendyagassi?

Bagi yang belum nonton, aku kasih sedikit gambaran mengenai drama ini yaa..
Okey, let’s get it~

Drama Korea The Glory (2022)

Review ending Drama The Glory Netflix
The Glory

Judul : The Glory
(The Glory/ 더 글로리)

Sutradara : Ahn Gil-Ho
Penulis Drama : Kim Eun-Sook

Pemeran Utama Drama The Glory :

Song Hye-Kyo sebagai Moon Dong-Eun
Lee Do-Hyun sebagai Joo Yeo-Jeong
Lim Ji-Yeon sebagai Park Yeon-Jin
Yum Hye-Ran sebagai Kang Hyeon-Nam
Park Sung-Hoon sebagai Jeon Jae-Jun
Jung Sung-Il sebagai Ha Do-Yeong
Kim Hieora sebagai Lee Sa-Ra
Cha Joo-Young sebagai Choi Hye-Jeong
Kim Gun-Woo sebagai Son Myeong-O

Pemeran Pendukung Drama The Glory :

Jung Ji-So sebagai Moon Dong-Eun (teen)
Shin Ye-Eun sebagai Park Yeon-Jin (teen)
Song Byung-Geun sebagai Jeon Jae-Jun (teen)
Bae Gang-Hee sebagai Lee Sa-Ra (teen)
Song Ji-Woo sebagai Choi Hye-Jeong (teen)
Seo Woo-Hyeok sebagai Son Myeong-O (teen)
Oh Ji-Yul sebagai Ha Ye-Sol

Genre : Thriller Melodrama, Drama

Network : Netflix
Episode : 8

Release Date : December 30, 2022
Rating : 3/5

Sinopsis The Glory

Awal mula kemalangan kehidupan yang harus dijalani seorang Moon Dong-Eun (Jung Ji-So) saat SMA adalah temen satu kelasnya, Park Yeon-Jin (Shin Ye-Eun) memintanya untuk menggantikan hukuman yang sedang ia jalani, yakni membersihkan kamar mandi. Saat itu, dengan gagah berani Moon Dong-Eun menolak, “Kenapa harus aku?”

Sejak penolakan Moon Dong-Eun saat itu, ia dibully oleh geng Park Yeon-Jin yang terdiri dari 4 orang lainnya, yakni Jeon Jae-Jun, Lee Sa-Ra, Hye-Jeong dan Son Myeong-O. Mereka berlima ini memiliki pengaruh yang besar di SMA tersebut, sehingga meski Dong-Eun berteriak sekencang mungkin ((analoginya adalah ia melaporkan bullying ini ke sekolah bahkan sampai ke kepolisian)), tapi gak pernah ada langkah lebih lanjut.

Yang lebih para adalah justru korban yang dikucilkan dan malah semakin dibully karena cepu parah!

Bullying, Dari Trauma Fisik Hingga Psikis

The Glory Kdrama review ending
Luka fisik Moon Dong-Eun

Kelima anak remaja yang menyiksa Moon Dong-Eun ini parah banget siih..
Dong-Eun sering dianiaya dengan catokan rambut sampe tangannya meninggalkan bekas luka bakar dimana-mana. DIMANA-MANA yaa.. bukan hanya satu spot.

Gak habis nyiksa badan Dong-Eun, kini giliran kaki yang dikasih setrika panas sampai melepuh di sana-sini.

Moon Dong-Eun juga remaja biasa. Ia ingin sekali mencoba bunuh diri beberapa kali karena di saat yang bersamaan, sang Ibu bukannya menolong, malah pergi meninggalkan Moon Dong-Eun karena telah menerima uang tutup mulut.

Bagaimana nasib Moon Dong-Eun?

Cita-cita Hanyalah Angan Belaka

Tadinya Moon Dong-Eun bercita-cita ingin menjadi seorang arsitek. Namun karena parahnya perilaku perundungan yang diterimanya, akhirnya Moon Dong-Eun mengundurkan diri dari sekolah. Setali tiga uang dengan murid-murid bengal yang merundung Dong-Eun, sang wali kelas pun dengan angkuhnya berkata “Apakah tulangmu patah? Kalau temanmu menamparmu, itu berarti ada yang salah denganmu!”

**apa gitu kata-kata seorang guru terhadap murid yang tampangnya aja uda gak jelas gini?

Cast The Glory season 1
Moon Dong-Eun (30 tahun) & (17 tahun)

Nelangsa nasib Moon Dong-Eun sehingga ia bekerja serabutan siang-malam, pagi-sore dan menetapkan tujuan hidupnya. Ia ingin BALAS DENDAM to the bone.

Gak peduli hujan badai, dunia kiamat bahkan Dong-Eun pernah berkata “Tahukah kamu enaknya gak punya agama? Karena kita tahu akhir hidup ini akan kemana, NERAKA.”

Dan cerdasnya, Moon Dong-Eun ini anak yang penuh perencanaan. Karena ia yakin banget siapa musuhnya, sehingga ia gak mau gegabah dan akhirnya merusak semua rencana balas dendamnya. Dengan dendam membara, Moon Dong-Eun belajar mati-matian agar menjadi seorang guru.

Ia kuliah di jurusan pendidikan dan berusaha untuk masuk kualifikasi sebagai guru SD Negeri. Setelah berhasil, ia terus merangkak dan masuk SD Swasta yang diinginkan. Yah, meski dengan cara kotor yakni mengancam pimpinan Depdiknas Korea, toh akhirnya Moon Dong-Eun berhasil juga masuk SD Swasta bergengsi di Semyong.

Ada apa di SD Semyong?

Aksi Balas Dendam Dimulai

Waktu terus bergulir dan kini Moon Dong-Eun sudah menjadi wali kelas 1 SD Semyong dimana disana jugalah anak dari musuh bebuyutannya, Park Yeon-Jin bersekolah. Anak mungil yang gak tau apa-apa ini digunakan sebagai alat untuk membuat Park Yeon-Jin kelabakan kek cacing kepanasan.

Warna sepatu tak begitu penting.
Yang penting adalah ini tampak mahal dan sangat langka.

Dan yang lebih penting lagi, berapapun jumlahnya, kau bisa dapatkan semuanya.
Semua yang ada di dunia ini ditulis dalam angka, bukan warna.”

Dialog Ibu dan anak, Drama The Glory, 2022
Park Yeon-Jin & putri kecilnya, Ha Ye-Sol

Dari mulai mengungkapkan siapa Ayah asli sang anak, Ha Ye-Sol yang tujuannya adalah mengadu domba Park Yeon-Jin dengan suaminya yang seorang pengusaha kaya raya sampai mengungkapkan kejahatan di masa lalu Park Yeon-Jin yang sungguh kelam.

Sebelum menyiksa Moon Dong-Eun, Park Yeon-Jin & the gank udah lebih dulu nyiksa anak lain yang menyebabkan kematian. Dan parahnya, kematian itu tidak diakui kedua orangtuanya karena merasa anak mereka gak mati bunuh diri. Namun, di saat-saat terakhir, sang anak yang mati ini membawa barang bukti (name tag bertuliskan “Park Yeon-Jin”) di genggamannya.

Sehingga Park Yeon-Jin kudunya gak bisa ngelak, tapi karena dia kebal hukum, maka dicarilah cara lain untuk mengungkap semua kekejian Park Yeon-Jin & the gank.

Rumitnya Berteman

Pertemanan si geng sadis ini gak mudah, bebh.
Mereka gak se-loyal itu dalam berteman. Tahta paling tinggi tetap ada di Park Yeon-Jin dan kemudian Jeon Jae-Jun, Lee Sa-Ra, Choi Hye-Jeong dan baru Myeong-O.

  • The Glory ending
  • Sinopsis ending the glory
  • The Glory sub indo
  • The Glory Netflix
  • Cast The Glory

Dengan adanya tingkatan ini, mereka bisa saling suruh, saling menindas dalam geng sendiri. Dan anehnya, pertemanan gak sehat ini kebawa terus sampe mereka dewasa. Ada yang jadi bandar, ada pengedar, dan bahkan Sa-Ra adalah seorang seniman yang jadi langganan pengguna nark*ba. Ia juga seniman gadungan, dengan mengumpulkan seniman untuk membuat karya, tapi endingnya dikasih nama Sa-Ra lalu dipamerkan di galeri seni.

Hadjuuh~
Dunia ini yhaaa…

Baca juga:
Film Korea mengenai Ghost Painter, The Name (2020)
Drama My Little Women (2022)

Pada akhirnya, aksi balas dendam Song Hye Kyo yang memerankan Dong-Eun ini unstopable dan malah dibantu oleh Joo Yeo-Jeong (Lee Do-Hyun), seorang Dokter yang naksir abis-abisan sama Dong-Eun. Dan sampai di titik Dong-Eun sudah menunjukkan masa lalunya yang kelam tersebut, Pak Dokter Joo Yeo-Jeong gak gentar dan malah ingin membantu aksi balas dendam Moon Dong-Eun.

Bagaimana akhir dari aksi balas dendam Song Hye Kyo yang tak berujung ini?

Kesan Nonton Drama The Glory (2022)

Seperti biasa, sajian visual dan daya tarik dari sisi plot, dialog hingga alurnya luar biasa!
Gak ada yang ngalahin deh.. Apalagi lisensi khusus Netflix. Hanya seperti biasa.. Selalu ada adegan dewasa yang mewarnai. Kayak yang sayang bangeett!!

Dan aku suka dengan semua karakter di drama The Glory ini. Yang masa mudanya Park Yeon-Jin ini diperankan oleh cewek yang main di Revenge of Others (2022), sejauh ini.. Uda dapet banget jahatnya. Pen ngruweess aja rasanya.. Belum lagi Park Yeon-Jin dewasa. Dan gak lupa temen-temen gengnya yang setali tiga uang nyebelinnya. Bener-bener sukses bikin penonton gregettaaann!

Buat mas dua ini, jangan GR dulu ya..
Drama The Glory ini bukan menceritakan kehidupan romansa Moon Dong-Eun, tapi memanfaatkan orang-orang yang mencintai dan bersedia berkorban untuknya.

Hukuman pidana jika Tuhan memihakmu.
Hukuman nasib jika Tuhan memihakku.

Quote Drama The Glory, 2022

Dan kabarnya, Drama The Glory ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Cheongju pada tahun 2006 silam, terdapat sekelompok siswa yang merundung siswa, teman sekelasnya hanya karena si teman ini tidak menepati janji.

Sayangnya, Drama The Glory ini harus berakhir di eps 8 dimana aksi balas dendam Moon Dong-Eun belum terlaksana sepenuhnya. Jadi masih nggantung banget ending The Glory season 1 ini. Dan kabarnya, pada bulan Maret 2023 akan tayang The Glory season 2.

Yang sedih adalah drama The Glory ini trending di twitter dan semua orang membandingkan antara drama mas mantan, Reborn Rich. Gosip ini dan itu mulai terdengar, dari mulai Hye Kyo eonni gak mau tampil di layar kaca buat pers conference karena cemburu mas mantan uda punya pasangan dan lain-lain.

Kok berasa sedih ya.. sama-sama dari kalangan aktor elite, lalu gagal menjalin rumah tangga dan sampai sekarang masih diseret-seret. Semoga keduanya sama-sama bisa menemukan kebahagiaan masing-masing ygy…

Best Scene The Glory Trailer (2022)

Cast The Glory : Song Hye-Kyo, Lee Do-Hyun, Lim Ji-Yeon, Park Sung-Hoon, Jung Sung-Il, Kim Hieora ,Cha Joo-Young, Kim Gun-Woo

Kadang, kebencian mirip dengan kerinduan.
Sulit untuk dibuang.

Quote Drama The Glory, 2022

Jangan pernah menoleh.
Tak ada solusi dari masa lalu. Itu akan selalu ada di depanmu.
Karena seperti itulah hidup.

Quote Drama The Glory, 2022

Pertanyaan bagus yang dilontarkan Pak Dokter Joo Yeo-Jeong kepada Moon Dong-Eun adalah “Apa yang kamu dapatkan setelah balas dendam ini berakhir? Maka duniamu akan hancur…”

Ya, konsekuensi ini yang harus diambil oleh Moon Dong-Eun karena trauma fisik dan psikis yang ia dapatkan seumur hidup karena mengalami perundungan. Untuk tahu gimana ending The Glory, kudu nunggu sampe bulan Maret 2023 euuii.. Gasabar pengen liat akhir dari balas dendam Song Hye Kyo sebagai Moon Dong-Eun yang tak berujung.

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

82 pemikiran pada “The Glory, Balas Dendam Song Hye Kyo yang Tak Berujung”

  1. Bully di kalangan remaja emang efeknya mengerikan ya Teh. Aku belum sanggup nonton film ini karena takut ketrigger sebagai korban bully. Tapi kayaknya seru banget filmya SHK, siapin diri dulu deh biar nggak ketrigger.

    Balas
  2. Ah kamu,selalu berhasil mereview film Korea teh,kangen ih. Kamu sempet nonton ampe abis teh? Mau nonton ragu2 euy,ternyata bagus yak. Aku lagi nonton kaleidoskop euy. Sehat selalu ya teh lendy.

    Balas
  3. Saya udah nonton dong, 8 episode! dalam 1 jam wakakakkaka
    Banyak yang saya skip, saking serem sih berdarah-darah dan adegannya di luar nalar, meskipun mungkin beneran ada yang bully an kek gitu.

    Akting si kyo cakep ya, saking aktingnya gitu, kebawa dong mimiknya pas mereka konferensi pers, alhasil dia keliatan agak tuwah, lalu dinyinyirin netizen Koreah 😀

    eh tumben saiah update hal beginian wakakakak

    Balas
  4. Wah, sama kita Len. Saya juga suka (pake banget) dengan Shin Ye-eun di drama ini. Actingnya total termasuk gestur wajah yang mencerimkan psikopat akut. Cocok banget memerankan seorang perempuan alpha, pemimpin, dan bisa mengontrol teman-temannya.

    Hye-kyo, the Korean Princess, sepertinya ingin sekali-sekali merasakan main drama dengan genre yang berbeda. Setelah selama ini dia selalu menjadi perempuan manis, kaya dan menjadi idaman banyak pria. Actingnya di sini sih menurutku belum maksimal karena memang gesture dan tatapan matanya tak terlihat sisi kekejamannya. Tapi, seperti yang Lendy tulis, plot/alur ceritanya rapi banget. Banyak catatan penting yang bisa kita pelajari, terutama tentang mentalitas dan luka jiwa yang terus tersimpan menjadi dendam. Jadi sesungguhnya, baik yang melakukan perundungan, apalagi yang dirundung, sesungguhnya memiliki masalah emosional dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

    Ah, gak sabar deh nunggu Maret 2023 untuk nonton season 2 nya.

    Balas
  5. Duh, saya langsung geram dengan soal pembully-an ini. Sangat tidak adil . Apalagi kan , awalnya dia tidak mau menggantikan hukuman, karena memang tidak harus dijalankan.
    Sempat meringis saat baca dibully pake catokan sampai disetrika. hadowwww…
    Tapi begitulah kehidupan. Yang berkuasa yang semakin menindas. Apalagi menghalalkan segala cara dengan uang.
    Padahal dendam ini tak harus ada, bila para pembully segera ditindak.

    Balas
  6. menonton bullying yang dilakukan teman-temannya yang menurut saya gak masuk akal jahatnya, saya masih kurang puas dengan balas dendam yang dilakukan Dong Eun. Harusnya balas dendamnya lebih sadis. Semoga di part 2 nanti balas dendamnya lebih sadis dari perbuatan teman-temannya saat sekolah dulu (duh kok saya jadi jahat yaa?)

    Balas
  7. Itu dokter sebegitunya mendukung, tapi sekaligus ngasih wejangan manis ya, karena memang balas dendam gak akan ada habisnya. Mau sampai kapan…

    Balas
  8. Aku penasaran banget gimana dramanya mbak He Kyo yang ini. Cuma aku mau nontonnya setelah tuntas ada the glory season 2 saja. Karena jujur aku nggak bisa penasaran. Jadi aku nontonnya nanti pas bulan Maret saja.

    Iya. Sayang banget lho kalau harus disangkut-pautin. Meski harus kuakui setelah DOTS , aku nggak nonton dramanya Mas Jong Ki lagi. Nggak perduli yang katanya sebagus apa.

    Aku sih berharap mereka berdua bisa berbahagia dengan cara dan pilihan hidupnya masing-masing.

    Balas
    • Nah itu, sepertinya ini berbeda ya dengan karakter yg dia perankan sebelumnya yang kalem dan lembut. Bakal seperti apa ya kisahnya yang ini buat disimak? Hehe

      Balas
    • Isu perundungan memang ada di mana-mana ya kak, dan ini kudu ada tindakan tegas sih ya. Biar gak mendarah daging berkelanjutan terus

      Balas
  9. hihi kemarin aku 1 malam langsung menghabiskan drama ini

    seru banget

    SHK juga keren banget actingnya. beda banget sama genre drama dia biasanya

    ini pantas viral sih, nggak sabar nunggu part 2 nya di maret nanti.

    Balas
  10. miris, bullying itu selalu ada dan meninggalkan luka yang membekas seumur hidup.
    benar-benar ngeri ya efek bullying ini.
    tapi jadi penasaran dong ini gimana kisah Moon Dong-Eun ini balas dendam ke musuhnya, tunggu season 2 aja kali ya sekalian biar lengkap nontonnya 😀

    Balas
  11. AAAAAAKKKK AKHIRNYA BISA BALIK KE BLOG EONNI LENDY LAGI BUAT LIAT2 REVIEW DRAKOR, SUKAAAAAKKK!! WKWKWK. JUJUR BLM NONTON THE GLORY TAPI UDAH KENA SPOILER BANYAK. NAAAAH LAGI DILEMA MAU NONTON APA SEKALIAN AJA NANTI DI MARET WKWK

    Balas
  12. Akuu takut mau nonton ini, plis kuatin akuuuu karena penasaran sebenernya. Takutnya lebih ke gak tega lihat bullying gitu lhoo kak aku sempet pernah ga bisa tidur gara2 bullying di film DP, padahal kayaknya lebih parah di sini kann. duh gimanaaa tolonggg aku penasaraann

    Balas
  13. Kisahnya menarik. Apalagi pemainnya Song Hye Kyo. Pasti makin apik lagi. Tapi kalau baca alurnya kok mirip kayak drakor berjudul EVE ya. Hanya saja kalau yang glory motif balas dendamnya karena bully, tapi kalau di EVE motifnya karena membunuh keluarganya untuk perebutan kekuasaan di perusahaan kalau nggak salah

    Balas
  14. asli aku gak saabar loh nungguin maret nih, penasaran abis sm intrik2 balas dendam ala song hye kyo, asli ini sih ak pribadi salut bgt plot ceritanya bagus banget, balas dendam terstruktur dan elegan ini namanya sih

    Balas
  15. aku lagi penasaran banget ih sama drama korea satu inii, di tiktok lewat dan seliweran terus hihihi, apalagi pemainnya juga salah satu aktris favorit aku nih hihihi

    Balas
  16. Gak kebanyang acting Song Hye Kyo yang bengis dan ingin balas dendam di drama ini, karena sebelum-sebelumnya Hye Kyo selalu dapat peran yang lemah lembut, hihi.

    Jadi penasaran dan pengen nonton secara langsung gimana visualnya

    Balas
  17. Beberapa hari yang lalu aku baru kelarin episode 8. Nunggu Maret season 2nya. Keren sin klo kata aku ini bales dendam buat bikin pelajaran ke pelaku. Huhu yang serem bayangin ini dari kisah nyata ya, Mba.

    Balas
  18. Aku blom nonton, TEh. Selain karena pengen nyiapin hati buat liat scene bluuyingnya, aku nggak siap juga kalau digantungin. Nunggu season 2 nya alchemys aja kesel setengah mati. Nunggu maret aja dah nontonnya.

    Balas
  19. Aduuuh, kasihan banget si Moon. Bullying kayak gini mah parah banget. Ga hanya kata2 tapi udah main fisik. Bahkan sampai kematian yang terjadi pada teman lainnya. Memang patut balas dendam Moon kepada Park. Kesadisan Park CS ini membekas di hati Moon sampai dewasa dan bisa jadi hingga tua nanti. Di kehidupan nyata kita umumnya, entah kenapa masih banyak sekolah yang menutupi perbuatan keji begini ya demi nama baik sekolah hiks ngeri 🙁

    Balas
  20. waduh..baru baca review nya saja aku sudah deg2an yaa..gmn klo nonton langsung? hehe.. BTW, aku selalu suka dg kutipan2 yg disertakan di setiap tulisan review film/dramanya. Terima kasiih..

    Balas
  21. Baru kali ini lagi aku nonton drakor marathon seharian nggak aku skip. Kim Eun Sook memang nggak pernah gagal. Bagus banget alur cerita The Glory ini. Sampai aku nggak sabar buat bulan Maret nunggu lanjutannya. Penasaran sama semua yang menggantung di eps 8.

    Dan aku juga baru kali ini lihat mbak Hye Kyo dapat peran penuh dendam gini. Yuk bisa yuk Dong Eun jadi pelakor, rebut lakiknya Hye Jin cepaaat! Wkwkwk.

    Balas
  22. Sedih sebenarnya karena akarnya adalah perundungan yang tak terselesaikan tetapi kok pengen juga dendam kepada para pelaku bully terbalaskan karena keterlaluan banget. Ibunya lagi, kok pake ninggalin anak sendiri … hiks. Kedjam gak sih ….

    Balas
  23. Ini aku baca komen teman teman pada tahu semua ya drakor ini ha ha ha hanya aku aja nih yg blank. Anyway termanjakan nih yg suka drakor dengan review kamu kak, terupdate deh…
    Cerita seru khas bullying.

    Balas
  24. Aku banyak skip ep 1 mba. Terlalu kejam sih. Sampai mikir, ini anak2 remaja hati nuraninya di mana, kok bisa sih sekejam itu. Overall oke, meski dari sisi akting belum ada yang beda dr SHK. Cuma beda genre dr drakor romantis jd bertema revenge.

    Balas
    • Honestly penasaran juga pen nonton the Glory ni karwna begitu banyak dibicarakan dmn2. Apalagi yg main mbak He Kyo yg biasa main komesi romantis ya tp klo membayangkan adegan bully membully ku tak tega. Dan jd stres dewe hahahah

      Balas
  25. Akhirnya Song Hye Kyo berani keluar dari zona nyaman ya. Tapi ya mba, aku lihat dia sendiri masih belum all out sejak bercerai dengan SJK kemarin ini. Jadi, mungkin ini lebih kepada “perlawanan’ SHK dengan dirinya. Terbukti, dia melakukannya dengan hati dan drama the Glory ini sukses.

    Balas
  26. Kayaknya ini best series-nya SHK ya kak Len? Aku ngerasa aktingnya nggak ngebosenin dibandingin We’re Breaking Up yang males banget ngelarin itu hahaha. Aku paling suka scene yang ngelihatin lukanya di bawah sinar bulan itu, bikin ikutan marah, sedih dan perih juga. Nggak sabar nunggu season 2!

    Balas
  27. Semacam naik rollercoaster, ada seru dan was-wasnya juga. Ini drakornya remaja banget ya mbak. E tapi bisa dibuat nonton untuk anak usia berapa ya mbak, baiknya. Tetiba terinspirasi pengen nonton sendiri. Bisa jadi bahan ajar dg mengambil hikmahnya

    Balas
  28. Tujuan adalah sesuatu yang bisa membuat orang bertahan dan bersemangat menjalani hidupnya, tak akan berhenti sebelum tujuannya tercapai. Termasuk tujuan balas dendam ini. Eh tapi walau dia bilang enak nggak beragama, tapi kok tetap kenal neraka ya.

    Hihi… namanya juga drama Kak, pasti ada aja yang nggak sesuai dengan “idealnya” di dunia nyata, termasuk guru yang nggak membela siswanya yang menjadi korban bullying

    Balas
  29. Baca reviewnya tapi kalau filmnya thriller dan banyak adegan berdarah-darahnya kayaknya aku skip deh . Huhuhu nggak berani nonton film yg ada adegqn kekerasan dan darahnya

    Balas
  30. baru di drama ini deh aku ngeliat Song Hye Kyo acting kejam begini, keren juga ternyataa, huhu. potongan dramanya selalu muncul juga donk di fyp, dan memang jadi pengen nonton tapi belum sempet2 huhuhu

    mana kayanya dia juga menurunkan berat badannya ya demi terlihat lebih tua.

    anw, kalau liat drama bertema balas dendam to the bone gini jadi inget drama My Name yang juga tentang balas dendam ya, di situ bad ass banget si Han so Hee.

    Balas
  31. Jadi mbak Kyo memerankan usia 30 tahun di sini ya teh Leen, masih cocok aja dia mah yaaa. Sejak iklannya wara wiri 2022 lalu, udah niat mau nongton tapi ada aja kendala. :)) Katanya sadis gitu ya, kudu menyiapkan mental. Entah kenapa aku suka film2 yg berbau revenge… apakah aku merasa puas saat ada adegan revenge di film ya, #whew. Astaghfirullahaladzim

    Balas
  32. Duuh penasaran sih pingin nonton tapi baca review n sinopsisnya aja aku kok merinding gemeteran yaa huhuhu…
    ngeri-ngeri syuedap. sedih sih ngebayangin “kejam”nya hidup bagi korban bullying sebegitu dalem efeknya.

    Balas
  33. Aku suka akting yang jd Yeon jin wkwk, wajahnya sukses ngeselin. Kalau mbak Hye Kyo hmm mungkin msh kebawa drama lawas tapiii aku salut dia beani mengambil peran ini. Berharap next project dia akan ambil peran jd cewek kuat atau petarung yg lebih banyak makai fisik jg hehe.
    Gak sabar nunguin kelanjutan drama yang satu ini Maret ntra.

    Balas
  34. haduuuh ini bully tingkat tinggi, satu sekolah bahkan keluarga pun enggak ada yang bantu.
    memangnya segimana tajir melintirnya geng perundung ini?
    btw, Korea banyak juga angkat tema bullying ya. Gimana keadaan di negara itu? apa di sekolah banyak kasus bullying?

    Balas
  35. Ahaa saya tungguh saja Part 2 nya Teh baru mulai nonton Par1 biar tidak terlalu lama menyimpan rasa penasaran. Mau tahu saja apakah dendam terbalaskan dengan tuntas? Geregetan deh jadinya.

    Balas
  36. Drama The Glory ini ramai banget dibicarkan. Bahkan sempet trending di Twitter pas itu.

    Aktingnya Song Hye-Kyo emang gak ada obat sih. Semoga saja season 2 nya bisa menjawab rasa penasaran kita gimana aksi balas dendamnya. Terwujudkah, atau malah gagal karena musuhnya juga licik-licik.

    Balas
  37. Eh tumben ya si hati lembut Song Hye Kyo tampil dengan hati pendendam. Aku nontonnya nungu session 2 tayang deh, jadi nggak penasaran nanti endingnya gimana. Karena session 1 endingnya nanggung kan ya. Padahal kemarin udah nonton episode 1 tapi belum full, hahahaa. Begitu tahu endingnya nggantung kan jadi males ngelanjutinnya

    Balas
  38. Film atau drama bertema balas dendam tuh selalu menarik dan bikin penasaran ya , penonton dibuat puas dengan aksi pembalasan korban ngga heran drama ini sampai trending dan ditunggu banget season dua ya

    Balas
  39. Aku pertama liat Song Hye Gyo disini membatin.. kok suram banget mukanya. Pas nonton.. langsung kagum..wah,menjiwai banget aktingnya sampe mimik mukanya demikian. Aku banyak skip2 nonton filmnya. Gak suka liat adegan bully nya. Agak sensitif buat aku yg jg sdg berjuang memaafkan bully waktu sekolah dulu. Tp ttp penasaran sm ending filmnya.

    Balas
  40. Aku dari kapan pingin nonton the glory ini kak len, tapi ga sempat terus karena masih ada baby yg baru 2 bulan. Baca sinopsis dari kk len jadi terobati dikit rasa penasaranku

    Balas

Tinggalkan komentar