Hope or Dope, Remaja yang Dikelilingi Tanaman Ganja

Review Ending Drama Hope or Dope/ Juvenile Delinquency (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Serem ya..kalau mendengar kata ganja?
Bagaimana bisa seseorang normal membutuhkan barang haram tersebut hanya untuk membuat dirinya merasa ringan dan tak memikirkan masalah yang ada hanya untuk sejenak?

Namun dibalik keburukan daun ganja ini juga banyak manfaatnya, terutama di bidang medis, seperti meredakan rasa nyeri, meningkatkan kapasitas paru-paru, menstabilkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah, mampu menjadi obat melawan kanker, bahkan bisa mengontrol suasana hati sehingga digunakan untuk pengobatan anak-anak autisme hingga mengatasi tremor yang berhubungan dengan penyakit Parkinson. Tentunya dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Namun apa jadinya bila ganja ini ditemukan di kebun sekolahmu?
Aaih, apakah ada yang sengaja menanam agar bisa dipanen tanpa dicurigai?

Simak dulu yuk, review dan sinopsis ending drama Hope or Dope season 1. Karena kabarnya akhir bulan Mei ini akan tayang Hope or Dope season ke 2 dengan pemain yang sama. So, let’s get it~

Drama Juvenile Delinquency (2022)

Sinopsis drama Juvenile Delinquency lengkap, nonton drama Hope or Dope di Seezn
Poster Kdrama Hope or Dope/ Juvenile Delinquency

Profil Drama

Judul : Hope or Dope/ Juvenile Delinquency
(Sonyeonbihaeng/ 소년비행)

Sutradara : Jo Yong-Ik
Penulis Drama : Jung Soo-Yoon

Pemeran Utama Drama Hope or Dope (2022) :

Won Ji-An sebagai Kyung Da-Jung
Yoon Chan-Young sebagai Gong Yoon-Tak

Pemeran Pendukung Drama Hope or Dope (2022) :

Yoon Hyun-Soo sebagai Gong Yoon-Jae
Han Se-Jin sebagai Kim Kook-Hee
Yang Seo-Hyun sebagai Hong Ae-Ran
Kim Ye-Eun sebagai Choi Sung-Kyung

Genre : Romance, Youth, Drama

Network : Seezn
Episode : 10
Duration: 35 min.

Release Date : March 25, 2022
Rating : 2/5

Sinopsis Drama Juvenile Delinquency

Kalau menyimak judulnya, sudah terasa aura-aura drama restricted gitu yaa.. Karena makna dari Juvenile Delinquency adalah kenakalan remaja. Jadi ini drama emang nuansanya dark banget gitu sih.. Tapi menurutku gak lebih dark dari drama Extracurricular atau Save Me.

Drama Juvenile Delinquency atau yang berjudul Hope or Dope (Harapan atau nark*ba) memang bercerita tentang seorang remaja perempuan SMA yang bersekolah di sekolah SMA bergengsi namun menjadi bandar nark*ba. Bukan keinginannya untuk menjadi bandar yaa.. Ia melakukan hal tersebut atas perintah dan ancaman sang Ibu.

Gadis SMA ini bernama Kyung Da-Jung (Won Ji-An).

Karakter Kyung Da-Jung Sebagai Won Ji-An

Gadis yang malang ini bernama Kyung Da-Jung. Ia terlihat sempurna di mata teman-teman sekelas bahkan temen satu sekolahnya. Karena memiliki Ibu yang keren karena tongkrongannya aja mobil porsche merah. Setiap pulang, Kyung Da-Jung selalu dijemput Ibunya yang tampak hangat.

Penampilan Kyung Da-Jung?
Jangan ditanya…. Stylish luar biasa. Dompetnya dan sepatu sekolahnya GUCCI. Tasnya, baju dan semuanya branded Yurop semua. Banyak teman membully dan ia pun tak peduli. Memang Kyung Da-Jung bukan anak lemah yang mudah di bully.

Review Drama Juvenile Delinquency lengkap END
Won Ji-An sebagai Kyung Da-Jung

Kyung Da-Jung gak punya teman satupun di sekolah. Dan kerjanya kalau di sekolah hanya tidur. Namun Gurunya pun gak pernah menegur karena Kyung Da-Jung suka banget protes kalau ia merasa gak suka. GAK SUKA loo…ya, bukan GAK ADIL. Jadi kalau dia gak mau ikut pelajaran seni karena mengharuskan ia berpesangan dengan teman sekelas lainnya, ia keukeuh gak mau. Ia lebih memilih keluar kelas dan menyendiri.

Ada apa dengan Kyung Da-Jung?

Akhirnya Kyung Da-Jung Mendapatkan Seorang Teman

Akhirnya ada seorang gadis sekelasnya yang keukeuh mendekati Kyung Da-Jung dan ingin menjadi teman Kyung Da-Jung dengan sungguh-sungguh. Sampai yang bikin Kyung Da-Jung melting adalah saat ia dihukum, si teman barunya inilah yang membuat pembelaan di depan wali kelas mereka sehingga Kyung Da-Jung gak jadi dihukum.

Perlahan, hati Kyung Da-Jung yang beku pun terbuka dan akhirnya menjalin persahabatan. Dari mulai berbagi cerita, berbagi susu (bekal makanan) dan pada akhirnya, sang sahabat yang bernama Jo Hye-Mi (Lee Soo-Jung) ini akhirnya diceritakan keadaan Kyung Da-Jung yang sebenar-benarnya.

Apa yang terjadi dan apa yang selama ini coba Kyung Da-Jung tutupi dalam kehidupan keluarganya?

Kyung Da-Jung Ternyata…

Akhirnya sejak bersahabat dengan Jo Hye-Mi, Kyung Da-Jung bercerita semua mengenai kehidupan pribadinya yang kelam. Bahwa semua barang branded yang ia miliki adalah palsu, bahwa rumor ia tinggal di rumah yang besar nan mewah dengan guru pilates pribadi adalah palsu dan bahkan mobil yang digunakan ibunya, semua adalah barang sewaan.

Demi mempertahankan harga diri, sang Ibu melakukan itu semua. Ia tidak ingin harga dirinya sebagai orangtua tunggal hancur dan semua menghina Kyung Da-Jung.

Segitu cintanya sama Kyung Da-Jung?
Owh, tentu tydack!

Kyung Da-Jung ini diperbudak oleh Ibunya sendiri. Sepulang sekolah, Kyung Da-Jung harus kerja bagai quda. Ia adalah perantara nark*ba ke pembeli. Jadi bagian kurir gitu lah.. Karena tampangnya yang gak mencurigakan, ia pun menyamarkan identitasnya untuk bisa masuk ke pun atau club yang sebenarnya terlarang dimasuki untuk anak usia diibawah 17 tahun.

Dengan pekerjaan inilah Kyung Da-Jung bisa hidup mewah.

Dan Bencana Itupun Terjadi

Hari itu, persis di drama One Ordinary Day-nya Kim Soo Hyun, gak ada angin gak ada hujan, saat Kyung Da-Jung sedang mangantarkan barang ke pembeli, ia melihat sahabatnya ada di club yang sama. Dan Kyung Da-Jung pun khawatir kan.. Karena si sahabat ini tampak tidak ramah seperti biasanya.

Ternyata ia tertekan dan diancam oleh geng ciwi-ciwi yang merasa kesaing sama penampilan keren Kyung Da-Jung di sekolah dan merebut sahabat satu-satunya Kyung Da-Jung. Geng ciwi-ciwi ini have a party gitu.. Tapi jahatnya, si sahabt polos Kyung Da-Jung dijadikan tawanan, sehingga saat ditemukan Kyung Da-Jung sudah tidak bernyawa di ruangan private pub tersebut.

Kyung Da-Jung, si anak SMA yang beneran gak tau apa-apa saat itu hanya kepikiran bahwa ini semua salahnya, yang gak mengingatkan sang sahabat, yang gak melarang sang sahabat hingga kejadian buruk menimpa dirinya.

Alur drama Ending drama Juvenile Delinquency, Penjelasan ending drama hope or dope
Review dan sinopsis Ending drama Juvenile Delinquency

Melarikan Diri

Karena kejadian ini, sang pelapor tentu dicari-cari polisi. Dan Kyung Da-Jung lah yang kebetulan tertangkap kamera juga ada di club tersebut. Sehingga ia dicari polisi sebagai salah satu saksi kejadian tersebut. Kyung Da-Jung yang ketakutan langsung melarikan diri ke kota lain, yakni ke Guam, Korea Selatan.

FYI,
Guam ini sebener-benernya kalau dari Seoul membutuhkan waktu 5 jam dengan perjalanan udara. Entah mengapa di drama ini digambarkan hanya menggunakan moda transportasi bis dan kaya yang cuma sebentar doank..

Akankah Kyung Da-Jung tertangkap polisi dan ia yang disalahkan atas kematian sahabatnya tersebut?

Berada di Guam, Korea Selatan

Ceritanya sebenernya dimulai ketika Kyung Da-Jung di Guam sih yaa.. Mulai seru karena bertemu dan akhirnya berteman dan akrab sama keempat teman barunya, kaka beradik Gong Yoon-Tak dan Gong Yoon-Jae, lalu temen cowok yang banyak maunya, Kim Kook-Hee dan seorang cewek yang malang nasibnya karena Ibunya adalah seorang penyanyi club malam, Hong Ae-Ran.

Review Ending Drama Hope or Dope, Sinopsis Ending drama Juvenile Delinquency,
Yoon Chan-Young sebagai Gong Yoon-Tak

Mereka semua secara gak sengaja malah saling berhubungan dan memiliki tujuan yang sama yakni memanen ganja dari kebun ganja yang mereka temukan di kebun sayur belakang sekolah. Selain itu, Kyung Da-Jung menemukan kebun ganja lagi di sebuah kamar motel California, tempat awal Kyung Da-Jung menjejak ke kota kecil itu.

Lalu berhasilkah kelima anak SMA ini mendapatkan uang dari hasil jualan tanaman ganja yang mereka temukan?

Kesan Nonton Drama Juvenile Delinquency (2022)

Kisahnya gak melulu dark sih.. Drama Hope or Dope atau Juvenile Delinquency mencoba menyisipkan sedikit romansa cinta anak SMA, persabatan, dan hubungan antara anak dan orangtua. Masalah relate atau engga sama penonton, ini bisa diambil dari berbagai karakter yang ada di drama Hope or Dope yang hanya berjumlah 10 eps.

Sinopsis Ending drama Juvenile Delinquency, Review Drama Hope or Dope
Hubungan karakter Gong Yoon-Tak dan Kyung Da-Jung

Bagaimana Gong Yoon-Tak yang dengan teguh melindungi adiknya Gong Yoon-Jae untuk gak terlibat kenakalan remaja dan dipanggil polisi lagi. Lalu bagaimana masing-masing remaja ini saling menyembuhkan luka pengasuhan yang mereka alami dan pada akhirnya bersepakat untuk mencari uang dengan mencuri dan menjual tanaman ganja yang mereka temukan.

Rasanya memang agak ganjil sih yaa.. Tapi karena aku menikmati alur kisah drama Hope or Dope ini hingga aku nafikan beberapa hal yang gak masuk akal dan hanya fokus dengan jalan cerita yang disajikan. Meskipun ending drama Hope or Dope ini sudah ketebak yakni Ibunya Kyung Da-Jung yang ternyata hanya ibu angkat dan pengedar nark*ba yang jahat banget sama Kyung Da-Jung, akhirnya ditangkap polisi.

Hingga ketahuan siapa sebenarnya yang memalsukan nark*ba yang selama ini dijual oleh Ibunya Kyung Da-Jung dan pada akhirnya anak-anak geng yang berniat mencuri dan memperjual belikan nark*ba terselamatkan karena mendadak di akhir eps 10 ketahuan bahwa sudah ada yang panen tanaman ganja yang mereka temukan.

Lega banget drama Hope or Dope ini selesai, meski masih menyisakan beberapa misteri dan kabarnya Drama Hope Or Dope season 2 akan tayang di akhir Mei 2022 ini. Nantikan kelanjutan kisah kelima sahabat dari Guam ini.

Akankan Kyung Da-Jung berhasil berimigrasi keluar negeri?
Atau Gong Yoon-Tak yang sukses merawat dan membesarkan adik-adiknya?
Dan Gong Yoon-Jae pun bisa menyembuhkan luka sehingga menjadi anak baik.

Atau Kim Kook-Hee yang gak jadi pindah ke Seoul dan lebih memilih tinggal di Kota Kecil Guam untuk menjaga dan mengenang kedua orangtuanya yang sudah meninggal.

Dan terakhir, Hong Ae-Ran bisa menemukan kebahagiaanya dengan pindah ke Seoul bersama sang Ibu sehingga mereka tidak dilecehkan lagi sebagai wanita penghibur dari Guam?

Wah, masalah desa kecil ini memang kompleks yaa..

Lesson Learn Drama Juvenile Delinquency (2022)

Kebutuhan Anak Remaja

Ketika anak-anak kita bertumbuh menjadi remaja, maka akan ada masanya anak lebih membutuhkan waktu untuk lebih banyak waktu mengobrol dengan orangtanya dan orangtua akan lebih banyak mendengar. Terlebih bila anaknya laki-laki. Sepertinya mereka membutuhkan waktu yang pas ntuk mengobrol dengansosok Ayahnya ketimbang Ibu.

Ada di scene keluarga Gong, kedua kakak beradik ini merasa rapuh karena kehilangan sang Ibu tapi di sisi lain juga tidak bisa membebani sang Ayah karena Ayah mereka sudah lelah bekerja sebagai petugas kepolisian di kampung Guam. Sehingga sang adik cenderung mencari banyak aktivitas yang bisa jadi terkadang salah jalan juga. Beruntung masih memiliki kakak yang super perhatian.

Gong Yoon-Tak, sang lead male dari Drama All of Us Are Dead

Kebebasan yang Bertanggungjawab

Usia memang bukan ukuran seseorang dewasa, tapi seiring dengan bertambahnya usia, pasti diiringi dengan tanggungjawab. Ketika anak remaja dibebani dengan urusan orang dewasa, misalnya mencari uang tapi tidak diiringi dengan bekal keimanan, maka uang dari mana asalnya gak diperhatikan. Sungguh ironis.

Pun ketika melihat kebun ganja di depan mata. Yang anak remaja ini pikirkan adalah mendapatkan uang dari hasil menjual ganja tanpa melihat kemungkinan sebab-akibat kalau perbuatan mereka bisa merugikan orang lain bahkan bisa merugikan diri sendiri kalau ketahuan pihak yang berwajib.

Jangan lupa untuk bekali anak-anak dengan iman saat mereka bertumbuh.

Lingkungan yang Ramah Anak & Remaja

Bagaimana menciptakan lingkungan yang ramah anak dan remaja?
Salah satunya dengan mendidik anak kita sendiri agar tidak menjadi remaja yang lemah sehingga mudah terpengaruh oleh lingkungan. Sebagai orangtua yang dewasa, harusnya kita bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anak bertumbuh di lingkungan yang baik.

Sebenernya ini hanya teori sih, aku paham sekali. karena praktiknya melibatkan banyak hal dan banyak variabel sebagai tantanganya. Contohnya kemudahan informasi via teknologi, kemudahan akses untuk melakukan hal-hal buruk dan lain sebagainya.

Kembali lagi semuanya ada doa, doa dan doa sebagai sebaik-baik pelindung. Agar anak-anak kita senantiasa mendapatkan perlindungan dari pengaruh buruk dan gangguan dari hal-hal yang tidak baik. Namanya gangguan memang selalu ada saja datangnya entah darimana.

Semoga dengan menonton drama mengenai isu kenakalan remaja ini akan membuka mata kita sebaai orangtua bahwa kita harus semakin merangkul erat anak-anak kita dan sebisa mungkin memilihkan lingkungan terbaik utuk mereka bertumbuh.

TRAILER Drama Hope Or Dope/ Juvenile Delinquency

Bagaimana sahabat lendyagassi?
Tertarik dengan Drama Hope or Dope?

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

78 pemikiran pada “Hope or Dope, Remaja yang Dikelilingi Tanaman Ganja”

  1. Kebebasan yang bertanggung jawab … itu jadi salah satu PR besar kita sebagai orang tua ya … hikmahnya bisa ditonton dalam drama Hope or Dope ini juga ternyata ya.

    Balas
  2. Tentunya jadi masukan ya agar keluarga yang sedang memiliki anak remaja untuk semakin dekat dan bersahabat, sehingga hal-hal negatif bisa diantisipasi

    Balas
  3. Jadi rada parno yaaa anak-anakku juga mulai bernajak dewasa nih Bismillah semoga tekhnologinya bermanfaat dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin krn kontrol 24 jam juga tidak bisa, percayakan sama Sang Maha Pencipta saja dan para malaikat…duh jd pengen nonton tema remaja beginian sama sikaka 🙂

    Balas
  4. Trailer-nya bikin deg-degan ya. Nuansanya gelap tapi yang mau nonton perlu nonton sih yaa karena Mbak Lendy bilang gak melulu dark. Ada romansa cinta anak SMA, persabatan, dan hubungan antara anak dan orangtua juga di dalamnya. Biasanya ada pembelajarannya juga sih yaa.

    Balas
  5. sebenernya jadi makin penasaran dengan dramanya, wajid di tonton langsung dan bisa menjadi masukan yang penting untuk orang tua ketika anaknya menginjak usia remaja agar lebih bisa memberikan perhatian lebih.

    Balas
  6. Kalau masalah kenakalan remaja dimana aja selalu ada dan menarik untuk dijadikan cerita film atau series sepeerti ini. Selalu tertarik melihat kisah anak muda dengan segala problematikanya. Siapa tau bisa belajar banyak dari cerita seperti ini kan

    Balas
  7. Pas baca judulnya, wah rada dark nih tentang kenakalan remaja
    Yang jadi pertanyaan, siapa coba yang nanem ganja di kebun sekolah?

    Urusan remaja tuh emang kompleks ya, mereka menuju dewasa tapi yaa belum dewasa-dewasa banget, makanya suka labil

    PR orang tua supaya bisa membekali anak bisa menghadapi masa remaja mereka dengan baik

    Balas
  8. Temanya menarik sekali. Remaja dan narkoba seakan menjadi hal yang menjadi masalah dan tantangan saat ini. Learn lessonnya juga dalam, bisa jadi pelajaran bagi kita semua , termasuk para orang tua

    Balas
  9. Mendengarkan, karena anak remaja membutuhkan sosok orangtua di masanya. Dan lingkungan yang mesti juga kita waspadai ya, pastinya ramah untuk anak dan remaja sehingga mereka dijauhkan dari kenakalan remaja. Pesan moralnya mengena sekali ini Hope or Dope bagi orangtua seperti saya

    Balas
  10. Ngeri juga ya kalau berada di lingkungan dengan gengsi yg sangat tinggi, itu anaknya saja sampai cerita semua barang branded adalah palsu, wow lega pastinya ia… sedih sepertinya dijadiin kurir narkoba, sama ibu sendiri segitunya …

    Balas
  11. Udah lama banget penasaran sama drama ini tapi belum sempat nonton. Karakter Yoon Chan-Young dalam drama Hope or Dope kupikir bakalan keren karena udah sempat nonton drama Chan Young sebelumnya. Anw, thanks kak review-nya.

    Balas
  12. Wahh tega banget ibunya nih, tapi kalau udah berhadapan dengan gengsi susah juga ya
    Kalau di reali life misalnya ada sekolah yang punya kebun terus ternyata ada tanaman ganja, bisa bisa dijadiin lokasi party mungkin ya. Itupun kalu kebunnya nggak ketemu sama polisi.

    Dulu aku pernah bikin karya tulis soal kenakalan remaja dan memang banyak juga macam dan cara penyelesainnya

    Balas
  13. Menarik banget!! mau nonton kalau yang ini, apalagi cerita soal ganja. Gimana ya, remaja-remaja itu akan mabok ganja tiap hari? wkwkwk

    Balas
  14. Kenapa cowoknya ganteng banget ya Allaah wkwkw, kebetulan banget aku lagi nyari drama2 lagi setelah lelah nungguin episode barunya Our Blues sama Liberation hahaha, otw ntn jg aaahh

    Balas
  15. Seru nih tentang isu kenakalan remaja, ternyata hidup memang keras ya sampai ternyata ada yang harus ngalamin pahitnya hidup kaya remaja-remaja itu sejak usia belia

    Balas
    • Dari situ bisa sambil belajar tanggung jawab juga ya Teh. Karena momen remaja memang lagi masa²nya juga transisi ke dewasa

      Balas
  16. Bukan ganja yang bikin saya salfok, tapi visual para pemainnya yang aduhai ganteng dan cantik. Aktor dan aktris muda Korea Selatan selain berbakat juga punya visual yg kuat yaa
    Penasaran juga sama ceritanya

    Balas
  17. Aku belum jadi nonton drama ini sampai sekarang
    Tapi kok jadi makin penasaran, setelah baca review ini
    Woww hidup ditengah-tengah kebun ganja, bisa mabok ganja tiap hari dong
    Hehe

    Balas
  18. Sepertinya banyak benang merah yang bisa dihubungkan dengan remaja disekitar kita, kenakalan remaja memang jadi urgensi saat ditemuakan. Harus diingatkn

    Balas
  19. Sedih ya baca yang kayak gini. Seolah itu terjadi hanya di dalam drakor padahal ini sumber aslinya dari dunia nyata malahan …

    Berdoa tak putus untuk anak anak kita ya Lendy

    Balas
  20. Duh ada pohon ganja di sekolah? Masya Allah kok bisa ya. Baca review ini jadi deg-degan secara anak kita juga usia sekolah. Jangan sampai terlibat sama urusan barang haram ini. Pastinya melanggar huk dan jadi incaran polisi…

    Balas
  21. drakornya oke nih Kak, sebagai orang tua kita memang harus banyak referensi juga sih ya agar bisa mendidik anak dengan lebih baik, sepertinya drama ini bisa juga dijadikan pelajaran ya dalam mendidik anak remaja.
    hmm, ini udah selesai kan ya? Bukan on going, jadi tertarik mau nonton deh biar gak penasaran juga 😀

    Balas
  22. Kirain kepikiran mau dipanen karena butuh lalapan buat makan, ehh

    Series drakor ide nya ada mulu, dan bisa-bisanya kepikiran ganja ya, kenapa ga singkong, digoreng ajib singkongnya, daunnya dibikin sayur juga mantep, ehh

    Balas
  23. Ada 2 tipe Drakor yg biasanya aku avoid utk nonton mba, tema selingkuh dan bully atau yg melibatkan kenakalan anak2 . Ga kuat aku kalo ngeliat anak2 di bawah umur ini nakalnya kok udh kriminal, trus kadang terbentur Ama hukum Krn masih dibawah umur, jadi hukumannya juga ya begitu lah. Padahal kejahatannya kadang udah bikin korban meninggal.

    Makanya dr awal Juvenile Del ini muncul, aku memang udah niat mau baca spoiler aja, ga tertarik nonton 😅. Dan jadi tau deh dr mba lendy jalan cerita drama ini 😁👍

    Balas
  24. Masih di waiting list, pengen nonton cuma belum ketonton. Memang harus tetap bikin prioritas tontonan lagi nih. Cuma baca dari kak Lencin, udah bisalah terbayang ceritanya bagaimana, jadi enggak terlalu penasaran lagi, hehehe

    Balas
  25. Umumnya yg jadi penyebab orang melakukan apa saja itu karena gengsi. Mau terlihat keren dengan tampilan yg wah, padahal dompet krisis.
    Ceritanya menarik dan mungkin kita sama Teh, tidak peduli dengan hal2 yg nampak tak masuk, asal ceritanya bagus, bolehlah dimaafkan dan nonton sampai habis.

    Balas
  26. Lengkqp banget cerita drakornya langsung masuk daftar wl drakor yang bakal aku tonton ceritanya bgus bngt bisa buat pembelajaran kita supaya bisa lebih baik dalam menjaga anak2

    Balas
  27. ksah anak sekolahan yang diangkat jadi drakor, duhhh pasti tambah imut imut banget ya pemainnya. Kenakalan remaja ada dimana mana dan makin hari makin heboh ya. ngga kebayang ada remaja dikelilingi ganja. Sungguh luar biasa!

    Balas
  28. Sebentar lagi anak saya beranjak remaja. Membaca artikel ini jadi banyak pelajaran, bagaimana orangtua itu seharusnya bersikap dan berbuat. Semoga anak kita bisa terhindar dari pergaulan tidak baik

    Balas
  29. Masa remaja memang transisi penuh dengan rasa coba2. Ngeri banget sih kalau kenakalannya ini tentang narkoba 🙂 Drama ini bisa memberikan cerita menarik dari sisi kepribadian remaja itu sendiri dan dapat pelajaran bagi penontonnya.

    Balas
  30. Kasian banget ya Kyung Da-Jung terpaksa jadi kurir narokoba karena sang ibu dan ternyata ibunya itu ibu angkat pula jadi ikut kesal. Jadi penasaran dengan akhir ceritanya 🙂

    Balas
  31. Hihi… namanya drama Kak, 5 jam dengan perjalanan udara. juga bisa dibikin sekian detik dan naik transportasi darat aja.

    Ngeri ya ini kisahnya, anak SMA aja udah pakai “topeng” gitu, dan dia melakukan itu karena paksaan ibunya pula. Berat emang ya jadi single parent ngadepin tekanan dan omongan masyarakat

    Balas
  32. Aku belum nonton drama Korea ini, Mbak. Baca postingan ini jadi teringat drama Korea All of Us Are Dead karena tokoh utamanya orang yang sama. Kalau saat ini aku lagi asik nonton drama Korea Shooting Stars.

    Balas
  33. Saya punya adik yang jarak usianya 12 tahun. Suami (ketika belum menikah ma saya) mau deket ma adik Saya. Makanya, saya jatuh cinta dan mau dinikahin. Karena saya pengen punya suami yang bisa dekat ma anak-anak. Jangan hanya sama ibunya. Alhamdulillah dia sampai sekarang kayak gitu. Kedekatan anak sama orangtuanya memang penting.

    Balas
  34. Haaapppaaa? Ada tanaman ganja di kebun belakang sekolah? Kok bisa gitu ya? Haha. Aku suka nih drama yang durasinya pendek dan episodenya sedikit. Jadi bisa cepat tuntas nontonnya. Nggak nyangka mobil mewahnya ternyata cuma mobil sewaan. Sampai segitunya, ya.

    Balas
  35. Menciptakan lingkungan yang ramah anak dan remaja memang jadi tantangan tersendiri sih yaa kalau saya bilang. Soalnya kita harus bisa menerapkannya dulu pada anak lalu di situ menanamkan “imunnya” supaya anak tidak mudah terbujuk hal2 negatif di luar sana.

    Balas
  36. Saya setuju teh Lendy bahwa dimasa remaja itu anak lebih banyak didengarkan dan kita orangtua siap menjadi pendengar yang baik. Hal itu juga saya alami ketika 2 anak gadis saya dengan 2 sifat yang berbeda. Si kakak suka curhat dan dia pengennya didengar terus, tapi si adek cuek jarang mo ngobrol. Dan ini memang tugas kita sebagai orangtua menciptakan lingkungan yang aman untuk anak dan remaja agar mereka nyaman bercerita pada orangtuanya

    Balas
  37. Kalau digunakan untuk yang sebagaimana mestinya si gak apa-apa ya apalagi untuk dunia media, tapi yag bahaya itu kalau sembarangan pakainya.
    Serem aman ada ladang tanaman kaya gitu di sekolahan ya

    Balas
  38. Wah, seru-seru gimana ya dramanya Huhu aku kangeeeen banget bisa ngedrama. Tapi masih belom sempat aja. Belom berani mulai karena takut akunya gak bisa manajemen waktu. Huhuhu 🙁

    Balas
  39. Jarang nonton drama Korea dengan genre seperti ini tapi sepertinya menarik juga ya. Btw ibunya jahat banget memperalat anaknya sendiri untuk jual nark*ba nah ternyata belakangan baru terkuak ya kalau itu ibu angkat

    Balas
  40. Bestie terbaik kita ya orang tua ya, Len. Ga ada drama blokir²an, ga ada yg comel kalau curhat. Suka seneng lihat temen yang sama anak atau ortunya harmonis. Happy parent raise happy children

    Balas
  41. Ahh, jadi aku ingat pernah nemu pohon ganja juga ohh ternyata gitu thoo, dan lucunya memang ganja ini sebagian bisa dijadikan sebagai obat kalo memang digunakan dengan baik,
    Duh cerita masa2 remaja ini memang diperlukan ortu untuk mendampingi, sebisa mungkin memposisikan diri sebagai sahabat, biar kalo ada apa2 bisa cerita dengan leluasa.

    Balas
  42. Pesan-pesannya menohok sekali. Terlebih buat Emak2 kayak aku yang anaknya segera remaja. Emang masa-masa ini tuh penting banget buat anak. Ortu harus tarik ulur agar anak tidak merasa dikekang tapi sekaligus merasa ada tempat untuk pulang. Peran saudara juga penting terlebih Kakak karena diharapkan bisa memberikan teladan seperti ortu. Bagus nih, layak tonton.

    Balas
  43. Kehidupan remaja tak selamanya indah ya ternyata termasuk kehidupan tokoh utama ini, dia dirundung karena cantik dan kaya ternyata kenyataannya berbeda banget, menderita dan sendirian. Sekalinya punya sahabat malah tewas, huhu sedih, nggak berani nonton…

    Balas
  44. Wow… gak kebayang di belakanh sekolah ada kebun ganja. Asli menarik banget ini dramanya. Apalagi yang jadi pemeran masih anak sekolah. Pastinya banyak pesan penting yang bisa diambil.

    Balas
  45. Tontonan yang wajib ditonton para orangtua yang memiliki anak remaja ya. Anakku saja sudah diatas remaja 20 tahun tetapi kita masih over protective dalam pergaulannya loh teh. Semoga anak cucu kita semua dalam perlindungNya dan dijauhkan dari pergaulan bebas ya

    Balas
  46. Saat anak usia remaja, orang tua ikutan deg deg an ya teh
    Sebab menjaga agar tidak terlibat pergaulan yang salah
    Seperti cerita dalam drama ini misalnya

    Balas
  47. Perkembangan anak remaja sekarang sama dulu benar” berbeda.. Dan disini kita diingatkan lagi kalau kita sebagai orang tua harus bisa nih mengetahui keadaan anak kita sendiri.. Apalagi kalau sudah remaja yaa.. Sepertinya aku harus liat drama ini juga nih..

    Balas
  48. Selalu menarik dan penuh dengan apa ya.. Ehmm.. pokoknya mah karena genre tontonan kita banyak bedanya, jadi srasa dapat pengetahuan baru. Tapi kayaknya, aku gak akan nonton drama ini, karena nanti sirahku tambah mumet, wkwkkk

    Balas
  49. Dari ceritanya, jadi ikut nyesek banget ya anak remaja tapi punya hidup yang complicated 🙁 padahal mental mereka sendiri mungkin masih labil juga,, setuju banget sama lesson learned mba Lendy, kalau sebagai orangtua kita perlu membangun komunikasi yang baik dengan anak, jadi ajak jg nyaman ngobrol sama ortu, btw, nice review mbaa 🙂

    Balas
  50. Baca sinopsis cerita ini jadi ingat, dulu pernah wawancara dengan salah seorang kurir narkoba di lapas perempuan.
    Hmm… endingnya sebagai kurir, mendapat hukuman sangat berat.

    Jadi penasaran mau nonton film nya. hihi

    Balas
  51. Jadi ingat beberapa belas tahun lalu pernah wawancara seorang perempuan muda yang jadi kurir narkoba. Di jebak gitu. Endingnya dia harus mendapat hukuman berat.

    Jadi penasaran kalau di cerita ini bagaimana. Pingin nonton.

    Balas
  52. Wah, ibu tiri ya. Pantesan tega. Seru sih sepertinya ceritanya. Dan nggak lama juga cuma 10 episode. Jadi pengen nonton juga..

    Balas

Tinggalkan komentar