Memahami Berbagai Macam Fans Kpop, Mana yang Aliranmu?

Memahami Jenis-Jenis Fans Kpop – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Baru hari ini aku melihat fenomena luar biasa selama membias boygroup. Duluuu…pernah ada war juga, tapi antar fandom dan itu aku anggap biasa karena masing-masing fans tentu melihat idolnya adalah yang terbaik. Dan semakin ke sini, fans kok semakin aneh, menurutku.

Masa kemarin trending di twitter seseorang yang bernama Safa karena dia haters JAEMIN dan RENJUN padahal dia NCTzen bahkan Dreamies. Kan aneh yaa..? Bisa gitu jadi haters satu orang tapi masih dalam satu boygroup/gilrgroup yang sama?

Idealnya nih yaa.. Kalau suka sama NCT, aku bener-bener total suka sama NCT, baik sub-unit NCT 127, DREAM atau WAYV. Begitupun juga membernya. Aku gak bisa bayangin suka dengan boygroup lalu jadi haters personal. Rasanya kaya menodai kesukaanku, dimana di sana mereka terbiasa berinteraksi dan berkarya bersama.

Ternyata dunia Kpop itu beragam banget perasaan masing-masing personal yaah.. Dan keselnya lagi, karena bawa-bawa NCT, ini kasus sampai ke UP segini gedenya dan digoreng banyak pihak. Orang yang tadinya gak suka Kpop, jadi semakin menyebut Kpopers ini adalah kaum nyolotan, gampang marah dan sejumlah cap buruk lainnya.

Salah?
Aku gak bilang salah atau engga, tapi aku mau menekankan, kalau semua orang punya kesukaan masing-masing. Sama seperti aku suka menulis dan menuangkan pikiran, asalkan konten yang aku adalah buah dari mengungkapkan gagasan, maka tentu akan menjadi ruang kreatifitas masing-masing personal.

Sama halnya dengan ketika menyukai Kpop. Ada banyak contoh ketika menyukai boygroup atau girlgroup, kita bisa saling mengenal sesama fans dan akhirnya terlahir gagasan baru, seperti penggalangan dana donasi untuk bantu saudara-saudari kita yang membutuhkan dana sekolah, saat terkena musibah bencana alam atau masih banyak kegiatan positif lainnya yang mengatasnamakan idol. Tapi kan hal-hal seperti ini jarang diungkap. Yang diungkap sayangnya hal-hal bernada negatif semua.

Bahkan kalau sahabat lendyagassi tau, penggalangan dana fans di China atas nama idol ini bisa sampai untuk mendirikan sekolah amal dan dana operasionalnya selain dari penggalangan dana, sang idol pun ikut membantu. Seperti sekolah Na Jaemin di China dan Ambulance Cinta Sehun.

Dalam kasus Safa di Space twitter kemarin, aku jadikan pelajaran banget. Aku gak men-judge perbuatan pihak manapun. Pastinya ketika seseorang berbuat sesuatu hal pasti memiliki latar belakang. Sedihnya, latar belakang Safa melakukan hate speech ke personal idol (Jaemin dan Renjun) adalah karena ia ingin membalas dendam pada seseorang yang kerap menyakiti idolnya di Blackpink, Rose.

Bahkan ia terang-terangan melakukan hate speech dengan masih memasang foto idolnya di bagian profil akun twitternya dan menuliskan bahwa ia fans #JENO #JAEHYUN. Kan bikin gemesh yaa.. Makanya aku juga gak bisa nyalahin perbuatan Sabrina dan sesembak yang satu lagi, yang merupakan aktivis HAM.

Jadi, ada berapa tipe fans dalam Kpop nih..?
Hehhe, monmaap ya…pembukaannya panjang. Abisnya aku serius banget menanggapi berita diluaran sana. Mau ikutan panas, tapi momentnya pas banget sama konser NCT Dream di Indonesia. Jadi cooling down dulu dan jangan lupa, tanggal 28 Mei 2022 ada konser online lagi bareng NCT 127. Jangan dihabis-habisin energinya buat balesin dan jelasin satu per satu ke orang yang belum paham Kpop karena bukan dunia mereka juga sih..

Jenis Fans Kpop yang Pernah Ada dan Sebutannya

Karena temanya sedang ngobrolin fans Kpop, jadi aku gak bakalan bahas mengenai omongan orang non-Kpopers yaa.. Pasti mereka mikirnya masih yang “Ngapain lu suka plastik?” atau “Sama-sama manusia-nya aja lu belain sampe segitunya.” Dan yang lebih parah adalah “Dasar bocil, doyannya sama plastik!”

Yah, seperti itu bisa dipahami yaa..

Tapi kalau uda Kpop, terus berlaku yang meresahkan, itu juga gak baik loo.. Mungkin ini ekspresi saking senengnya sang idol sedang ada di dekat mereka sih yaa.. Mari kita mengenal nama-nama fans yang mengerikan ini.

Sasaeng

Adalah seorang fans yang sangat mengerikan karena mengikuti kemanapun sang idol pergi dan mengabadikannya foto tanpa ijin lalu dibagikan ke fansite mereka. Yang lebih parahnya lagi, bahkan ada yang sasaeng menyelinap masuk ke dorm EXO dan mengambil celana dalam D.O EXO lalu menjualnya di sebuah jual-beli online. Saat tahu kejadian ini, D.O tentu shock berat sehingga sempat terguncang dan jadi lebih tertutup di hadapan fans.

Kelakuan sasaeng mengerikan lainnya adalah meracuni minuman Yunho TVXQ dengan lem sehingga Yunho oppa terpaksa dilarikan ke rumah sakit kala itu karena kondisinya gawat.

Yuta NCT 127 pernah mengusir sasaeng, fans fanatik.
Yuta NCT 127 – auto tremor gak kena lirikan Abang Yuta begini?

Yang ekstrem adalah saat ada sasaeng yang menguntit NCT 127, Yuta dengan berani memberikan sign jari tengah untuk sang sasaeng sebagai tanda ketidaknyamanan atas perbuatan mereka. Selain itu, NCT DREAM pun pernah mengalami hal yang sama dan kali ini Renjun, member paling mungil namun memiliki keberanian besar karena ia berani mengejar balik sang sasaeng sehingga sasaeng tersebut lari ketakutan.

Akgae

Istilah akgae ini baru aku pahami setelah kasus Safa di Space twitter kemarin. Akgae adalah seorang yang mengaku fans sebuah boygroup atau girlgroup tetapi hanya menyukai 1 atau 2 member saja. Member lain bagi sang akgae ini bisa jadi dijadikan konten hate speech mereka di sosmed.

Seperti contohnya Safa kemarin yang mengaku szeunies, tapi dia selalu mengeluarkan ujaran kebencian dengan kata-kata gak pantas kepada Renjun dan Jaemin. Ini yang tentu membuat berang szeunies terutama Dreamstan yang mengidolakan kedua member tersebut.

Jaemin Renjun yang di hate speech sama safa di space twitter
Jaemin Renjun NCT DREAM

Kalau banyak yang bilang “berlebihan”, seandainya sahabat pun bukan seorang szeunies, pasti juga merasakan sakit hati, karena kata-kata Safa membuat resah pembacanya banget. Dan perbuatan akgae sudah bisa dipastikan menimbulkan perpecahan di antara fans.

Fans Musiman

Yang perlu diwaspadai lagi sebagai fans adalah jangan jadi fans musiman. Kalau sudah nge-STAN di satu fandom yaa.. terima baik buruknya sang idol. Fans musiman ini juga meresahkan, karena mereka hanya meneriman pribadi idolnya ketika sedang baik, tetap menebar kebencian ketika sang idol berbuat cela.

Padahal sebagai yang sama-sama manusia, idol juga berhak memiliki ruang privacy dan melakukan apa yang mereka sukai. Contoh kasus seperti WinWin WayV yang tertangkap kamera sedang bertemu dengan temannya dan pergi ke sebuah club saat di Tiongkok. Seperti yang kita ketahui, Winwin memang sedang pulkam kan.. Jadi, apa salah ia bertemu teman meski wanita ((kan kita gak tahu ada berapa teman yang mereka temui ada lakinya juga kah?)) di kampung halamannya sendiri?

Dan gak sampai larut, Winwin keluar club dan mengantarkan teman wanitanya tersebut sampai dapat taxi. Setelah itu, ketahuan Winwin menyulut rokok di satu sisi gedung dan merokok secara diam-diam. Dan setelah itu, ke blow up berita mengenai Winwin yang ternyata merokok dan memiliki teman wanita.

Terus aja fans menggulirkan berita panas yang sebenarnya kita juga gak pernah tahu kebenarannya. Tapi pliiss lah, mereka juga manusia. Masa iya, mau di dalam kamar terus-menerus? Bukankan fans harusnya bahagia bahwa idol kesayangan kita tetap memiliki kehidupan yang normal?

Fans Mulfand

Mulfand artinya adalah multifandom atau menyukai lebih dari satu boygroup atau girlgroup. Contohnya, ia menyukai NCT tapi juga menyukai Blackpink. Ini berarti ia fans mulfand. Tapi aku juga suka NCT, EXO dan Super Junior, apakah ini termasuk mulfand padahal masih berada dalam satu agensi yang sama?

Biasanya fans dalam satu agensi yang sama juga bisa dikatakan mulfand sih yaa.. kami juga menyebutnya dengan SM Stan atau fans idol-idol dari SM. Apakah ada yang sama sepertiku?

Fans mulfand ini memang sultan banget sih yaa.. mengingat harga barang-barang merchandise setiap boygroup atau girlgroup aja udah merogoh kocek dalam-dalam, hehehe~ Gimana kalau suka musiknya doank, gak sampai collect merchandise-nya?

Apa itu fans mulfand
Fans Mulfand – indahnya kebersamaan
Source : Pinterest

Bebas sih..
Namanya juga nge-fans. Mau sedalam apa yang tahu hanya dirimu sendiri, bebh.. Sah-sah aja kok kalau hanya mengagumi lagu-lagu mereka dan menjadikan sahabat juga penyemangat hari-harimu. Tapi biasanya… kalau sudah suka banget, bahkan rela belanja merchandise Kpop, seperti lightstick, album dengan berbagai versi, photocard, photobook, stiker, season greeting dan masih banyak lagi.

Sampai-sampai apa yang idolnya pakai, biasanya fans sejati juga ingin berpenampilan yang sama dengan idol mereka. Kece gak tuh..

Fans Toxic

Fans Toxic ini adalah fans yang gemar mengumbar kebencian, mengumbar privacy sampai yang paling parah mengumbar foto-foto bagian tertentu dari sang idol dan berkomentar dengan unsur body shaming dan slut shaming. Dan baru-baru ini ada fans toxic yang menuduh seseorang dengan kata-kata kasar karena sang OP (Original Poster, orang pertama pemilik berita) memberitahu dimana NCT DREAM tinggal.

Kebetulan kamarnya di lantai yang sama dengan member NCT DREAM. Dan seasonies auto berang sampai DM sang OP dengan menyebutnya berbagai macam kata-kata kasar.

Dan ternyata, sang OP bukan sasaeng bahkan bukan NCTzen, ia hanyalah orang biasa yang kebetulan punya urusan dan tinggal di hotel yang sama sebelum DREAMIES datang. Parahnya, sesembak OP ini kabarnya adalah seorang aeri atau EXO-L.

Jadilah perpecahan antar fandom lagi, geng..
Dan Kpop kembali menjadi sorotan dengan hastagnya yang trending yakni #NCTZENApologizeToEXOL.

Huff huuff~

Bagaimana seharusnya?
Menurut Ria yang hari ini memberikan informasi sebagai fans Kpop aliran zamzan purba, doi mengatakan sebaiknya gak share loc bahkan spill nama hotel temapt DREAMIES tinggal atau sedang apa dan dimana DREAMIES berada. Karena akan memicu kerusuhan dan kecurigaan. Boleh spill setelah mereka resmi bertolak kembali ke Korea.

Fans Meme

Ini kayanya yang paling kocak. Karena fans meme ini sering bebikinan tulisan lucu dari ekspresi sang idol. Bisa jadi bahan candaan dan melepas stres karena war Kpop di sana-sini atau hinaan dan tuduhan bagi kaum Kpopers. Tapi jangan salah, bukan fans meme kalau hanya menuliskan kata-kata lucu. Mereka juga gak jarang menistakan idol mereka sendiri. Hihii~

Kumpulan meme NCT
Kumpulan meme NCT

Mon maap yaak~
Kalo isinya NCT NCT dan NCT. Soalnya aku gak berani nyenggol idol lain karena gak tau jalan ceritanya. Kalau NCT kan memang AKU BANGET gituloo..

Baca juga : Ragam MV NCT DREAM, Mana yang Kamu Suka?

Dari sekian banyak jenis fans, masih banyak jenis-jenis fans Kpop yang meresahkan atau yang hanya sekedar lucu-lucuan dan menjadikan sebuah hiburan dengan mengidolakan para boygroup atau girlgroup. Inget ya, mereka juga manusia dan ingin berkarya di bidang seni dan musik. Jadi jangan berlebihan nge-HATE mereka. Kalau gak suka dengan member lain, cukup tinggalkan dan cari boygroup yang tampak sempurna semua membernya di matamu. Gak usah lemparin hate speech yang tujuannya memecah belah fans.

Dan buat yang belum suka Kpop dan gak tau apa-apa soal Kpop, mungkin bisa sedikit menahan perkataannya. Tuduhan kalian mengenai Kpopers itu gak logis menurutku. Kalau kamu punya hobi baca buku, ya udah..baca buku aja. Kenapa mesti mengkritisi orang yang suka Kpop?

Karena logikanya Kpopers itu sama dengan hobi-hobi lain gengs. Tapi kalau kebetulan ada war seperti kemarin, mohon dimaklumi aja. Pasti ada kurang lebihnya dalam menyukai seseorang. Kan semua punya latar belakang masing-masing. Kaya aku suka NCT DREAM juga gak hanya ujug-ujug suka sama visual dan suara mereka doank.. Aku jatuh cinta karena attitude mereka, kerja keras mereka dan keberanian mereka mengambil dan mempertaruhkan segala resiko kehilangan masa muda demi untuk debut menjadi idol.

Baca juga:

Kebiasaan Baik NCT yang Bisa Ditiru
Keseruan Menonton Kpop FLEX 2022 di Jerman

Pada akhirnya, semoga kita semua bisa menikmati karya-karya dari para idol kita dengan baik dan bijaksana menyikapinya. No war-war club dan jangan tebar kebencian. Karena indahnya kebersamaan, ya kan…??


즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

54 pemikiran pada “Memahami Berbagai Macam Fans Kpop, Mana yang Aliranmu?”

  1. Ada-ada saja ya kelakuan fans itu … yang sasaeng itu jadi gil* akibat apa ya? Masih gak habis pikir saya .. bisa2nya ada yang mencuri celana dalam lalu menjualnya 😀

    Balas
  2. Wah, dilihat dari sisi lain ternyata ada beberapa jenis dan macam fans k-pop yahh.. Lucu juga nih ada fans meme juga..wkwkk..
    Kalau fans stiker WA atau telegram ada gak nih ya? Atau masuk kategori fans meme nih 😀

    Balas
  3. Selama ini yang aku tau cuma sasaeng aja wkwk. Baca ini jadi menambah khazanah ku dalam dunia per-KPOP-an. Aku sebutannya fans apa yaa, karena nggak pernah sampai sebegitunya, kecuali sama Oppa di drakor sih hehe.

    Balas
  4. Ngeri juga punya fans senekat Sasaeng itu ya. Bisa bisa mencelakakan dan menghilangkan nyawa tuh sama idolanya…
    Itu saking ngefansnya sama idola, mau melakukan hal nekat apapun ya

    Balas
  5. Ternyata beragam banget ya jenis2 fans KPOP ini. Wkwkwk.

    Kalo multifan sama fans meme masih okelah ya. Apalagi meme tuh suka kocak2. Aku sering bgt terhibur tuh kadang kalo sesekali lewat di home twitterku. Bener2 dah kreativitasnya bikin hiburan bgt buat org lain.

    Cuma kalo udah masuk ke sesaeng dan toxic sebel juga ya. Pengin tak hiiiih banget rasanya.

    Seumur kita udah jrg sih fan war. Aku kalo ada fan war udah diem di pojokan sambil memantau aja wkwkwk. Kayak udah gada energi buat war.🤣

    Balas
  6. Istilah buat para fans nya unik, tentunya biar mudah diingat yak.
    Pastinya dimana ada idola ya pasti ada penggemarnya. Idola akan memberikan inspirasi positif buat penggemarnya yang bermanfaat.

    Balas
  7. aku mungkin bisa dibilang fans musiman yaa, atau sukanya pas lagunya lagi hits aja. Tapi btw aku seorang Shawol. Meski jarang beli albumnya, aku sering support nonton MV nya biar viewnya terus naik, apalagi kalau vote mereka di ajang penghargaan musik.

    Balas
  8. Oalah ini ya hanh kemarin rame di Twitter
    Aku cuma lihat sekilas saja
    Bisa ya, fans boyband tapi haters personal nya
    Wah aku juga baru tahu macam macam istilah fans K-Pop

    Balas
  9. saya mah mulfand kak, karena suka semua yang enak di dengar dan visual menarik. blackpink, BTS, red velvet, Itzy, NMIXX tuh yang baru juga suka. tapi cuman lagu 0.0 doang! wkwkwkwk. beberpaa lagu twice juga suka. btw Sasaeng ngeri juga ya, nge fans ampe segitu parahnya.

    Balas
  10. Rupanya gitu ya, sempet mikir, kasus apa gitu kok sampai ramai. Memang sebagian dari mereka cukup meresahkan, mengidolakan tapi satu grup gak disukai semua. Atau malah yang toxic itu, ngeri banget.

    Balas
  11. Bergidik aku bayangin “sakit jiwa” fans yang menghujat personil yang ia ikutin!
    Gak masuk akal tapi ya gimana yaaa namanya juga sakit jiwa

    IDK with you but I think I just give my daughter space to be a fans but not too much

    ALhamdulillah dia sih nurut, sekarang jadi penyuka seventeen juga dan kemaren nonton konser bareng ala ala di CGV aman lah ya

    Balas
  12. Aku ngga ngerti sih teh soal fans kpop atau idola ini itu. Soalnya aku lebih suka drakornya daripada kpopnya hihihi 😂. Teh ngomong ngomong itu cowok cowok korea kyak idola kpop gtu kayak yang di foto teten, bibirnya pada merah karena pakai lipstikkah? Aku soalnya merahan bibir mereka daripada aku 😂. Ngerasa kesaingi ini 😂

    Balas
    • Akgae kalo nistain member yang lain.
      Kalo cuma suka satu member dan adem ayem aja, namanya bias.

      Aku di Suju suka Leeteuk sama Donghae.
      Etapi semua suka juga diink…hihii~ ((anaknya MARUK))

      Balas
  13. hadudu.. sampai ada war ini nih bikin fangirling kurang sehat. Suka boleh, sewajarnya aja.

    Salam dari fan-nya BSB dan The Moffatts. *yak ketahuan umur dah.

    Balas
  14. Ya Ampyunnn ternyata dunia pecinta kpop seru seru sedep sampai di bagi menjadi beberapa type penggemar.

    Mangga maak.lanjutkan yg pecinta kpop, sementara saya mengamati aja 😀

    Balas
  15. Nah, aku lebih suka KPop dari mana drakor, soalnya seneng bisa jingkrak2. Kek kemaren ada NCT nonton. Tapi ga tauu aku fans apa, fans suka2 aja, sebatas suka musiknya dan penikmat cogan.
    Tapi, next moga bisa nonton konser bareng lendy nonton NCT biar bisa jejeritan.

    Balas
  16. Aku ini termasuk fans musiman. Nggak terlalu suka kpop, tapi sering denger lagu-lagu mereka untuk memperlancar bahasa koreaku. Beberapa teman les bahasa koreaku fansnya NCT. Ssaem (guru) ku juga fansnya NCT.

    Gak tau kenapa aku kok masih seneng sama SUJU ya (maklum angkatan tua) 😀

    Balas
  17. Aku bukan fans KPop tapi seru banget baca tulisan ini. Ooow, jadi fans itu ada klasifikasinya, ya. Ada yang ngerti banget itu Kak perbuatannya sampai menguntit. Gimana idol gak takut, yaa? Yang paling kusuka adalah fans Meme siiih hahaha kocak-kocak banget.

    Balas
  18. Kira-kira aku masuk yang mana ya? cap….cip…cup… kembang kuncup. wkwkwkw

    Aku sebenarnya termasuk fans musiman, kayak musim mangga setahun sekali gitu. hahahha
    Btw yang aku suka yang sudah berumur alias kalau sudah diatas 35++ heu heu

    Balas
  19. Wow gile bener kelakuan para fans2 kalo udah fanatik garis keras, kayanya bukan pengemar kpop aja penggemar artis fanatik di luar negeri..tingkahnya mengerikan kalau nyangkuy idolanya

    Balas
  20. Aku sempat lihat kasus si Safa, tapi gak mudeng, gak mau nelusuri juga. Malesan anaknya, hahaha

    Kalau dari sini, aku kayanya kategori multifandom. Suka mana aja yang kebetulan lagunya kudengar dan enak. Dasar aku

    Balas
  21. Iya lah, ga usah thinking negatif sama orang lain yang suka artis A atau B. Dinikmati saja karyanya, misal tidak suka ya udahlah diemin aja. Mending nge-up sesuatu yang menyenangkan diri sendiri maupun orang lain yeee kaan..
    *salam dari fans grup band angkatan tahun jebot :))

    Balas
  22. Suka Jaemin gara-gara sering baca AU (Alternative Universe) yang pakai dia sebagai tokohnya, wakakaka. Jujur aku belum pernah dengar lagunya NCT, tapi tahu karena tokoh-tokohnya dijadikan AU. Btw, aku juga ngikutin kasusnya Safa dan ngakak dong, itu mbak-mbak usia 29 tahun yang dosennya kader golkar, apaan coba

    Balas
  23. Kasus Mbak Berflower si paling DPR, SI Paling Kapolda, Sipaling mamaknya artis Kpop, si paling aktivis itu benerran membangkitkan kemarahan netizen kemarin ya. Orang yang nggak ngeh sampai akhirnya tahu sisi gelap fans K-Pop yang sehalu itu. Jadinya malu-maluin yang lain, padahal dia sendiri yang problematic

    Balas
  24. Kok ngeri banget ya fans di sana. Kalo fanatik bisa sampai gengges kehidupan pribadi idol. Soalnya idol di Korea nggak kayak di Indo juga sih, yang semuaaa kehidupan pribadinya dijadiin vlog. Jadi di sini udah kagak kepo-kepo banget, kalo di Korea kan idol menjaga privacy banget (kelihatannya)

    Balas
  25. wah ilmu baru per-kpop-an banget ini wkwkwk. aku gak ngikutin kpop teh, tapi sejak SD dari tahun 2000 banget udah ngikutin k-drama, sampai sekarang. dan sekeluarga hobi nonton drakor mau cewek atau cowok. jaman dulu DVD player udah ganti berapa kali karena rusak dipakai gantian nontonin drakor mulu hahaha

    Balas
  26. Hahaha fans meme kocak ya. Pas banget aku habis nonton cerita tentang fans K-pop. Kalau ngefans abis gini, gimana komen pasangan ya (untuk yang punya pasangan)

    Balas
  27. Ya ampun sampai ada sebutan tersendiri ya …wah wah aku kalo naca tulisan mbak lendy mesti geleng2 hahahaha tapi sneng jadi berasa ikut yg kekinian minimal aku g cupulah ya hwkakaa.

    Tapi ngeri ya aku baca sejak poin 1 dan poin 5 . Parah uey. Idolnya bisa jadi kena mental tuh ..toxic dimana2 emang bikin g nyaman

    Balas
  28. fans multifan dan fans meme adalah akuuuu! huahuahua..
    ya gimana drpd hate ke personal member, mari kita nistakan saja para member kocak2 ini >,< wkwkwkw

    kalau aku liat fans absurd (yaelah ini aku nyebutnya gini amat) banyakan dr kaum anak2 remaja ke ke bawah sih. yg yaaahh mereka suka2an hate2an. sayangnya mereka udah main sosmed jd sok ikutan war.

    sebagai ortu yg punya remaja ya tahu juga lah gmn kalau mereka ngobrol sama temennya in live. tp asli kalau gini nih benernya pendampingan ortu penting banget.

    kayak cerita how to ke anak. gimana cara jd fans yg baik, gmn cara bermedsos yg baik, gimana cara nanggepin orang yg ga diajarin adab. gitu2 penting bangeeett biar anak2 ga terjerumus di jalan yg salah

    Balas
  29. Wahh.. lucu ya ulasan artikelnya.. sya baru tau istilah2 ini di dalam sebuah kelompok pecinta K-Pop.. sya kira tadi berdasarkan genre musik.. contoh kaya Rock, Jazz ato Pop gitu.. heheee..

    Tp overall, sya suka tulisan artikelnya yg sangat rapi & detail..

    Smoga blog nya semakin maju & berkembang yaa.. trims

    Balas
  30. Aku aku aku… Aku SM Stan nih, ngacung tinggi! Wkwkwk. Aku paling demen EXO, makanya pas baca yang fans toxic itu aku langsung mak deg, duh malu banget sebagai EXOL. Maapkeun ya chinguu…🙏🏻🙏🏻

    Balas

Tinggalkan komentar