Nineteen Otters, Mengajarkan Orangtua Tuk Pahami Remaja

Review Sinopsis Drama Korea Nineteen Otters (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Hey, sudah berhasil apa hari ini?
Boleh doonk…istirahat sejenak buat mantengin drama Korea yang lagi on going. Rasanya memang banyak banget judul yang belum ditonton ya..?

Gak perlu terintimidasi juga hanya karena temen nonton dan nge-hype drama itu.. Sesuai sama mood dan cuuss.. bahagia dengan caramu ya, bestie..

Kali ini aku mau bahas short-drama yang hanya ada 1 eps dan ini adalah proyek tahunan dari KBS Drama. Namanya adalah KBS Drama Special yang selain ditayangkan rutin di saluran KBS setiap akhir tahun dan selalu menampilkan drama satu babak dengan beragam tema yang menarik.

Pada tahun 2022, KBS Drama sudah menayangkan 10 drama Korea dengan tujuan untuk menemani drakorian saat menghabiskan waktu akhir tahun, meski di rumah aja.

Aku mau bahas drama ke 10 yang berjudul Nineteen Otters. Kira-kira. jam tuh bisa dapetin cerita seperti apa siih?
Seru gak sih KBS Drama Special: Nineteen Otters ini?
Kuy simak, let’s get it!

Drama Korea Nineteen Otters (2022)

Review sinopsis Nineteen Otters
Nineteen Otters/ Like Otters

Judul : Nineteen Otters/ Like Otters
(Yeolahob Haedaldeul/ 열아홉 해달들)

Sutradara : Kim Soo-Jin
Penulis Drama : Go Woo-Jin

Pemeran Utama Drama Nineteen Otters :

Shin Eun-Soo sebagai Kim Jae-Young
Kim Jae-Won sebagai Seo Woo-Gyu
Lee Chan-Hyeong sebagai Choi Tae-Jung

Genre : Romance, Youth, Drama

Network : KBS2
Episode : 1

Release Date : December 7, 2022
Rating : 3/5

Sinopsis Nineteen Otters

Dua remaja bernama Kim Jae-Young (Shin Eun-Soo) dan Seo Woo-Gyu (Kim Jae-Won) bertemu di kantor polisi dengan keadaan yang aneh banget. Jae-Young menjemput iparnya yang katanya digebukin sama pemilik toko kelontong yang itu adalah Ibu dari Seo Woo-Gyu.

Mereka sebelumnya bukannya orang asing, melainkan teman satu kelas namun tidak sekalipun pernah berinteraksi. Karena Seo Woo-Gyu adalah cowok kupu-kupu, eh apasi.. itu buat mahasiswa ya..?
Yang setiap hari hanya pergi dan pulang sekolah, tanpa ikut aktivitas kesiswaan apapun di sekolah.

Seo Woo-Gyu juga selama ini nyaris gak punya sesuatu yang wah…
Jadi termasuk kalangan siswa yang biasa aja gitu sii..

Gak butuh waktu lama, justru hubungan Jae-Young dan Woo-Gyu semakin dekat karena bisnis, awalnya.
Apakah lama-lama saling suka?
((biasanya kan gitu ya..?? apalagi settingnya kehidupan sekolah begini))

Latar Belakang Keluarga Jae-Young & Woo-Gyu

Jae-Young, cewek imut ini sedari awal sekolah sudah mengisi formulir mengundurkan diri. Namun, ia menggantinya tepat di hari kelulusan. Yah.. sama aja boong kan ya..?

Namun, ia sungguh-sungguh muak dengan kondisinya saat ini. Di tengah keluarganya yang berantakan, Ayah Ibunya selalu bertengkar, sang Ayah kerap menyalahkan istrinya yang gak becus mengurus anak-anak, serta kakak perempuannya yang hamil (di usia dini) dengan cowok gak bener (soalnya masih suka main cewek, tanpa sepengetahuan orang lain selain Jae-Young). Rasanya mau meledak aja gitu yaa…

Rekomendasi drama remaja tidak ada adegan kiss, Nineteen Otters
Shin Eun-Soo sebagai Kim Jae-Young

Beda nasib dengan Seo Woo-Gyu (Kim Jae-Won). Ia anak laki satu-satunya di keluarga yang gak lengkap. Ia hanya memiliki seorang Ibu yang kerjanya mabuk setiap hari. Sang Ibu stres karena hidupnya kacau sejak punya anak.
**padahal anaknya gans banget looh!!

Nonton Nineteen Otters sub indo
Kim Jae-Won sebagai Seo Woo-Gyu

Keluarga Woo-Gyu tinggal di sebuah rumah kecil yang ada warungnya. Biasaaa.. warung begini jualannya lengkap, meski stoknya gak banyak. Ada rokok, miras, k*ndom, p*lumas, dan hal-hal dewasa lainnya selain makanan kecil kayak chiki-chikian.

Hidup di tengah kebencian sang Ibu ini beneran gak mudah.
Ibu Woo-Gyu selalu ngomong kasar dan memaki anaknya sendiri. Ia terus merasa menyesal karena kehadiran sang anak yang gak diharapkan ini.

Kemana Ayah Woo-Gyu?
Ayahnya pergi ninggalin sang Ibu yang hamil gitu aja (gak dijelasin lebih lanjut, guys.. cuma sampek situ.. yeogi kkaji, CUT!)

Kerjasama Untuk Melakukan Hal Ilegal

Jadi kedua remaja ini punya alasan kuat buat mengumpulkan uang. Untuk apa?
Untuk pindah dari rumah dan tinggal mandiri, jauh dari orangtua yang menurut mereka MENYEBALKAN!

**aku juga sumpek sih.. kalo kondisi keluarga yang sangat sangat gak ideal gini.
Pen lariiii… SUMVAH pen nangis jugaaa…

Sinopsis Ending Nineteen Otters
Kerjasama ilegal antara Jae-Young & Woo-Gyu

Okay, mereka berdua sama-sama membuat kontrak bisnis buat saling menguntungkan satu sama lain. Jae-Young bagian nerima pesanan dari siswa di bawah umur untuk belanja hal-hal yang belum bisa dibeli (ya, seperti miras, dkk yang aku sebutkan di aras tadi ygy..) dan nanti dimasukin ke loker yang ada di stasiun kereta, terus uangnya masukin ke situ juga kalau sang klien uda dapetin barangnya.

Bisnis jual-beli barang ilegal ini ternyata sangat marak dan Jae-Young pun gak pernah sepi dari pesanan. Selalu adaaa aja orang yang beli rokok. Itu masih normal ya.. Ada juga siswa yang beli k*ndom. Dan Jae-Young orangnya gak pernah mempermasalahkan kliennya mau rekues barang APAPUN. Karena tugasnya dia cuma beliin barang, taruh diloker dan dia dibayar. THAT’S IT!

Rahasia klien bener-bener aman.

Awalnya, Jae-Young beli di swalayan semacam Indoapril gitu.. Kalau beli kudu pake KTP palsu (malsuin tahun lahir, supaya terbukti uda dewasa dan berhak beli barang-barang dewasa). Tapi karena ketauan sama SPG-nya, Jae-Young pun ngajakin kerjasama Woo-Gyu.

Cowok baik-baik ini awalnya tentu nolak doonk..
Gak mau berbuat gak baik, karena hidupnya selama ini aja uda susah, masak mau ditambahin dengan berbuat sesuatu ilegal? Gimana kalok ketauan? Gimana kalok bla…blaaa..blaa…

**Banyak banget pertimbangannya kan..

Tapi karena ia gak punya cara lain untuk keluar dari rumah yang ia benci, akhirnya Woo-Gyu pun setuju. Dan uda bisa ketebak ya.. Interaksi mereka semakin sering dan Jae-Young yang tadinya uda punya cowok pun merasa lebih nyaman sama Woo-Gyu daripada cowoknya.
**soalnya cowoknya Jae-Young nih gak pernah simpati sama sekali sama keadaan Jae-Young. Kek yang.. yaudahlah.. lo kan uda jadi milik gue..

Jadi, gimana ending drama remaja Nineteen Otters ini?

Kesan Nonton Drama KBS Special 2022: Nineteen Otters

Sukaaa..
Neomu johaaaaaaaa

Ya seneng sama pemerannya yang sukses bikin hatiku melted, suka sama jalan ceritanya yang kayanya kok berasa ditujukan padaku ya.. ((sebagai orangtua dengan anak usia pra-remaja)) dan suka dengan ending kisahnya. Meski terbilang menggantung, ((PLISS, NEED MORE EPISODES, KBS DRAMA……)) – tapi setiap karakter mendapatkan penyelesaian atas masalahnya masing-masing.

Tidak punya impian, bukan berarti aku hanya ingin berada di tempat yang sama.

Quote Drama Nineteen Otters, 2022
Review Ending Nineteen Otters
realistic ending for Nineteen Otters korean drama

Satu lagi yang aku suka banget sama drama remaja Nineteen Otters ini juga.. minim skinship.
Gak ada adegan kisseu-nya sama sekali. Very recomennded buat ditonton anak remaja.

Jika kau mendengarkan kata-kata yang tidak sopan tentang dirimu, kamu berhak meminta permintaan maaf dari darinya.

Quote Drama Nineteen Otters, 2022

Trailer Drama Special KBS: Nineteen Otters

Cast drama Nineteen Otters: Shin Eun-Soo, Kim Jae-Won, Lee Chan-Hyeong

Dari drama remaja ini, aku merenung, betapa krisisnya masa-masa ini..
Mereka selalu berpikir dengan dunia mereka dan persepsi mereka. Sehingga ketika orangtua menasehati “Ini demi kebaikanmu”.. remaja gakkan peduli dan mungkin malah semakin melanggar aturan.

Baca juga:
Remaja yang tumbuh di lingkungan ganja, Drama Hope or Dope (2022)
Remaja & Cinta Pertama, Drama Seasons of Blossom (2022)

Deep talk ke diri masing-masing, yuk..
Jangan pernah menunjukkan hal yang gak baik di depan anak-anak seperti pertengkaran. Juga jangan sering-sering meminta anak untuk mengalah tanpa alasan yang jelas. Memaksa kehendak orangtua dan membuat mereka merasa gak bisa jadi diri mereka sendiri meskipun di dalam rumah.

Yuk, bikin suasana rumah yang nyaman untuk tumbuh kembang remaja kita.
Semoga mereka terhindar dari hal-hal buruk yang mengancam di dunia luar.

Mengapa berang-berang laut tidak merasa takut ketika berada di laut?
Karena sejak dulu mereka selalu bersama, berpegangan tangan

Quote Drama Nineteen Otters, 2022

Fakta mengenai berang-berang (otters) adalah berang-berang laut selalu tidur dalam kondisi mengapung dan berpegangan tangan dengan berang-berang yang lain dalam kondisi terbungkus rumput laut sambil berpelukan, agar tidak tersapu ombak di laut yang kasar dan berbahaya. Mereka saling mendukung satu sama lain…

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

52 pemikiran pada “Nineteen Otters, Mengajarkan Orangtua Tuk Pahami Remaja”

  1. Kyknya jalan ceritanya bikin puyeng juga ya mbak. Tp ya gmn wong anak2 itu juga gak diperhatiin ortunya. Tdnya aku pikir ortunya baik2, anak2nya yg rebel lho haha. Ternyata problematik semuanya. Sebenarnya bagus niatan ingin keluar dr rumah yg toxic tp caranya keliru yaaa. Penaaran ntar endingnya gmn supaya bisa happy ending 😀

    Balas
      • Jadi pembelajaran juga ya mbak, bahwa sesama anggota keluarga perlu saling memantau, melihat dan membimbing. Agar tidak merasa hidup kesepian

        Balas
  2. Terima kasih review-nya Teh .. seperti biasa, tdk hanya suka dg cara mereview nya kujuga selalu suka dg kutipan2 yg dibuat.. Oya satu lagi.. terimakasih juga utk fakta ttg berang2 yg baru kutahu itu ..

    Balas
  3. Makasih loh review-nya kak, seandainya nggak baca tulisan kakak saya nggak tau cerita ini. menarik banget sinopsisnya kak, bagus babget untuk diperhatikan untuk ibu yang punya remaja

    Balas
  4. Ini drama nya on going Teh, atau bagaimana?
    Cuma bingungnya kok episodenya cuma 1.
    Daku pikir film tadinya.
    Sambil cek lagi di atas, iya kok ini drama

    Balas
  5. Buat orangtua, drama ini bisa jadi pelajaran juga ya terutama buat yang punya anak remaja. Kalau suasana rumah yang menyenangkan dan orangtua yang rukun itu memberikan rasa aman nyaman buat anak.

    Balas
  6. Biasanya saya kalau nonton drakor sendirian aja ni, Mbak Lend. Nontonnya kalau pas anak-anak dah tidur. Soalnya memang ada adegan yang gak boleh eh belum boleh ditonton anak-anak kan ya.

    Hmmmm, kayaknya drakor ini bisa ni ditonton sama anak gadisku jadi tahu gambaran remaja gimana, xixixi

    Balas
  7. Sedih deh baca latar belakang keluarga si Woo-Gyu, ibunya malah tidak pernah menyayangi, justru mengutuk kelahirannya. Anak kan tidak minta dilahirkan ya, kok bisa gitu lhoooo… sedih deh.
    Gimana tuh endingnya antara 2 anak remaja ini ya? Happy ending kah?

    Balas
  8. Suka banget sama drama yang minim skinship. Menurut saya, drama yang minim skinship itu lebih romantis daripada drama yang banyak adegan skinshipnya. Ahh jadi pengen nonton dramanya juga

    Balas
  9. kayaknya drama ini gak hanya disukai oleh anak remaja aja ya, tapi orang tua terlebih lagi pasangan muda juga harus nonton ini ya, biar bisa belajar banyak dari sini, gak buat keadaan rumah jadi runyam terlebih di depan anak-anak ya. Noted nih dramanya, mau ajakin PakSu juga buat nonton bareng ini deh.

    Balas
  10. Sekali-kali nonton drama remaja, ah. Etapi meski ini cerita remaja, tapi alur ceritanya nggak melulu soal cinta cintaan, ya. Lebih ke kehidupan. Dari sinopsisnya, sih, bagus. Saatnya nanti nonton filmnya, ah.

    Balas
  11. kok imut imut bangetttt uhuk, jadi kepo sama dramanya wkwk apalagi ini besutan KBS yang biasanya penulis skenarionya jagoan. OTW masukin keranjang wishlist yg harus ditonton

    Balas
  12. Remaja banget ya dramanya. Tapi jadinkepo karena alur ceritanya. Wuih imut imut sekali pemainnya… Duh makin penasaran. Drama tentang remaja dan realita keluarga tuh membawa wawasan baru buat ortu seperti saya

    Balas
  13. hmm jadi kebayang sudut pandang remaja, jadi mikir lagi apa dulu aku saat remaja seperti itu ya. Namun, jaman berubah tentu saja banyak hal juga yang berubah di kehidupan remaja saat ini. Dramanya bisa jadi bekal untuk pendekatan ke anak yang mau remaja nih

    Balas
  14. Kok menggemaskan ceritanya ya. Penasaran, apakah akhirnya heartwarming Mbak? Ikutan kesel dengan Ibunya Woo-Gyu yang terus-terusan jahat sama anaknya. Padahal ibu dan anak laki-laki itu biasanya dekat ya. Auto meluncur untuk cek bisa nonton di mana, berhubung cuma 1 episode hehehe, bisa diselipin rasanya nonton ini.

    Balas
  15. Drakor ini memang relate ama kehidupan sehari-hari temanya ya Teh Lendy. Nineteen Otters setidaknya mengajak orang tua agar bisa memahami anaknya yang beranjak remaja. Menarik nih drakornya.

    Balas
  16. agak bingung lihat episodenya cuman 1 saya kira on going teh Lendy, ternyata memang cuman satu episode ya. dan hanya satu jam juga ya, penasaran pengen nonton, saya suka nontonin cerita pendek gini, ga penasaran endingnya bisa langsung tahu hehehe. btw kayaknya seru juga ya ceritanya, pasti padet dan syarat banget dengan pesan moral untuk orang tua

    Balas
  17. Mungkin karena temanya anak sekolahan kali ya. Jadi minim skinship gitu. Tapi keren sih quote nya.

    Hanya karena nggak punya mimpi bukan berarti kita mau berada di tempat yang sama.

    Mantep.

    Balas
  18. Udah, mereka kerja sama buat satu rumah aja. Biar bisa lari dari keluarga toxic masing-masing. Kan kalau di film-film biasa tu, serumah tanpa ikatam perkawinan. Aku juga nggak mau sih kalau tinggal di keluarga yang malah bikin stres kayak gitu.

    Balas
  19. Setelah baca lagi artikel ini setelah membayangkan menonton tayangan nya, selanjutnya adalah PR membuat keluarga dan rumah yang suasana nya nyaman, bikin anak betah tumbuh dan berkembang

    Balas
  20. Nonton drama ini kita bisa sekalian belajar parenting ya mbak, btw anak2 memang seharusnya tumbuh dengan dampingan orang tua, jadi bisa lebih terarah

    Balas
  21. Hidup dg seorang ibu yang gak inginkan anaknya itu rasanya bikin stress. Melakukan apapun salah. Hal baik pun akan dianggap salah.

    Setuju dg quotesnya. Meskipun gak punya mimpi apa-apa, bukan berarti gak pengen pergi mencari sesuatu.

    Balas
  22. Teh Lenn.. rekomendasi drama yang manis manis gitu dong, selain like Otters, aku habis nonton Kiss Sixth Sense itu lohh wkwkwk jadinya kayak terpesona dengan hubungan lucu usia 30an

    Balas
  23. Ini Kdrama yang ngegemesin, easy watching, tapi sarat banget sama makna dan pelajaran berharga. Paling utama, bisa mengenal kembali kehidupan remaja zaman sekarang. Yah, walo anakku sudah masuk dewasa muda, tetapi tetap saja karakternya masih masuk.

    Balas
  24. lama ga update drakor nih dannn ternyata ada baru lagi
    ceritanya bener bener soal remaja kekinian ya, dan memang bener juga menurutku, kalau remaja sekarang banyak “diceramahi ini itu”, malah kayak membangkang gitu jadinya. Dan ujung-ujungnya pengen kabur dari rumah
    tapi ini malah diluar dugaanku, mereka jualan barang-barang ilegal, kalau real di Indo ada kayak gini udah pasti dibawa ke kantor polisi dan dikeluarin dari sekolah pastinya ya

    Balas
  25. Aktornya gemesin banget haha
    Bener nih perlu jadi bahan belajar orang tua
    Saya pun nonton drama Korea ga asal nonton
    Nyari pelajarannya…

    Balas
  26. Ih seru banget nampaknya lika liku kehidupan 2 remaja di nineteen otters ini. Walau kisah kedua tokoh utamanya punya keluarga yang nyebelin. Tapi kisah mereka bisnis pesenan barang-barang yang gitu demi bisa punya kehidupan yang lebih baik kerasa seru banget. Jadi pengen nonton sendiri

    Balas
  27. ihhiy, kisah cinta jaman sekolah, sudah terasa manis sebelum kutonton, haha apasih xD tapi ternyata bukan ke sana ya arahnya, lebih mengajarkan kerja keras untuk hidup mandiri dari orang tua. hm, baiklah, masuk list untuk next tontonan ^^

    Balas
  28. Nah kalau drakor yang cerita remaja gini berani nonton. Soalnya gak ada adegan kekerasan, darah dan yg ekstrem . Recommended ya kayaknya agar kita sebagai ortu bisa lebih menyelami dunia remaja dan ngerti dunia mereka dan apa yg mereka pikirkan dan inginkan

    Balas
  29. Cukup menantang ceritanya sebagai seorang jastip ya. Kayaknya kalau real life indonesia ada yang gini kelakuannya pas di sekolah deh mbak hehe

    Balas

Tinggalkan komentar