Idol : The Coup (2021) Kisah Sedih Grup Idol Cotton Candy yang Gagal

Drama Korea Idol : The Coup (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Apa yang sahabat lendyagassi bayangkan ketika mendengar kata idol?
Mungkin di Indonesia, menjadi penyanyi dalam sebuah grup itu terasa asing. Tapi di Korea, yang aku pernah denger dari siaran youtube channelnya Han Yoo Ra, bahkan dalam setiap harinya, ada puluhan grup idol yang debut. SETIAP HARI lho yaa.. Bayangin dalam sebulan ada berapa grup idol yang debut dan tereliminasi dengan sendirinya.

Yah,
Salah satu yang diangkat dari drama Idol : The Coup ini adalah kisah grup idol yang gagal. Jangan dibayangkan grup idol gagal itu hanya berasal dari agensi kecil yang belum punya uang sehingga minim promote, sungguh bukan. Bahkan dari agensi besar pun, ada juga agensi yang lebih memilih membubarkan “anak”nya daripada mengasuh dan menumbuhkan anak-anak mereka.

Alasannya bisa macam-macam. Bagaimana alasan kalau di Drama Korea Idol : The Coup?
Apakah karena mereka tidak rajin latihan dan banyak berita miring alias skandal ketimbang prestasi? Atau karena leadernya yang kurang kompeten?

Yuk, simak review dan sinopsis ending Drama Korea Idol : The Coup.
Ya, drama ini sudah hampir mencapai ending di eps 12 yang tayang setiap Senin & Selasa di IQIYI tanggal 14 Desember 2021.

Drama Korea Idol : The Coup (2021)

review dan sinopsis ending drama idol the coup tayang d iqiyi setiap senin dan selasa

Profil Drama

Judul : Idol: The Coup
(Idol: The Coup/ 아이돌 : 더 쿠데타)

Sutradara : No Jong-Chan (Clean With Passion For Now, Personal Taste, Who Are You?)
Penulis Drama : Jung Yoon-Jung (The Bride of Habaek, Misaeng, Arang and the Magistrate)

Pemeran Utama Drama Korea Idol The Coup :

Ahn Hee-Yeon EXID sebagai Kim Je-Na (Leader grup Cotton Candy)
Kwak Si-Yang sebagai Cha Jae-Hyuk (CEO Agensi StarPeace)
Kim Min-Kyu sebagai Seo Ji-Han (Leader grup MARS)

Pemeran Pendukung Drama Korea Idol: The Coup :

GirlGrup Cotton Candy :
EXY WJSN sebagai Elle
Ahn Sol-Bin Laboum sebagai Hyun-Ji
Han So-Eun sebagai Stella
Green Redsquare sebagai Chae-A

Boygrup MARS :
Jo Joon-Young sebagai Ray
Baek Seo-Hoo sebagai Tae-Young
Hong Eun-Ki RAINZ sebagai Yool
Lee Eun-Sang X1 sebagai Dan

Genre : Music, Youth, Drama

Network : IQIYI
Episode : 12 eps

Release Date : November 8 – December 14, 2021

Sinopsis Drama Idol : The Coup (2021)

Lika-liku perjalanan bangkitnya sebuah girlgrup di Korea yang bernama Cotton Candy. Sang leader, Kim Je-Na (diperankan oleh Ahn Hee-Yeon EXID) adalah ketua dari grup Cotton Candy yang namanya kini meredup. Banyak orang di Korea suka menganggap sinis dengan grup idol yang “mati enggan hidup tak mau” ini.

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
Leader Cotton Candy, Kim Je-Na (diperankan oleh Ahn Hee-Yeon EXID

Komentar buruk terus dituai ketika Kim Je-Na ingin bangkit dari keterpurukannya. Ternyata, komentar buruk itu tidak hanya datang dari luar, bahkan dari member grupnya sendiri pun sudah mengalami di titik terendah dimana mereka tidak mau bangkit lagi untuk bersama Cotton Candy. Toh kontraknya dengan agensi akan berakhir 3 bulan lagi. Dan Cotton Candy akan segera bubar.

Titik Balik Bangkitnya Cotton Candy

Pukulan demi pukulan menghantam Cotton Candy. Dari mulai agensi yang tidak peduli lagi dengan segala bentuk album, promosi apalagi menciptakan lagu baru hingga meninggalnya sang manajer, satu-satunya orang yang mau peduli dengan Cotton Candy.

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
Cotton Candy, nasib grup idol yang gagal

Di hari yang sama, CEO agensi Cotton Candy pun mendadak terkena serangan jantung dan meninggal. Padahal CEO Ma daepyo ini sudah terbuka hatinya untuk kembali merangkul Cotton Candy, karena Cotton Candy adalah grup idol pertama StarPeace, agensi yang kini tengah berkembang.

Selain Cotton Candy, StarPeace memiliki idol grup lain yang bernama MARS. Dan dengan fandomnya yang bernama Calla, MARS sedang sangat digemari di kancah musik Korea saat ini. Judul lagunya yang berjudul Cloud-9 berhasil mencuri hati penikmat musik Korea, terutama anak muda dan membuat agensi StarPeace menaruh harapan besar pada MARS sehingga dalam waktu dekat akan meluncurkan single debut sub-unit MARS, duet Seo Ji-Han dan Ray.

Bagaimana nasib Cotton Candy, grup pertama StarPeace?

Meski dengan tertatih, namun Cotton Candy mampu menarik perhatian CEO StarPiece yang baru dan Cotton Candy diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di panggung studio mereka dengan disaksikan seluruh tim menejemen dan staf StarPiece. Dari penampilan tersebut, maka akan ditentukan, Cotton Candy layak melanjutkan kontrak kerjasama atau tidak.

Cotton Candy on Bargaining Position

Masa-masa kritis Cotton Candy belum terlewati. Mereka mempersiapkan panggung, koreo dan riasan hingga lagu yang akan dibawakan untuk menampilkan yang terbaik di hadapan agensi. Hasilnya?

Luar biasa.
Semua orang suka dengan penampilan terbaru Cotton Candy yang menyanyikan lagu “Honest”. Namun ketika Pak Direktur Cha Jae-Hyuk (diperankan oleh Kwak Si-Yang) – “Apakah ada yang bisa memberi jaminan bahwa Cotton Candy bisa menghasilkan uang dari penampilannya yang saat ini?”

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
Direktur Cha Jae-Hyuk (diperankan oleh Kwak Si-Yang)

Tidak ada satupun staf dari agensi StarPiece yang mampu mengangkat tangan untuk ambil suara. Dan satu-satunya yang berani adalah Seo Ji-Han (diperankan oleh Kim Min-Kyu) yang merupakan leader dari MARS, hoobae Cotton Candy.

Apakah suaranya berpengaruh?
Tentu tydack….karena Seo Ji-Han bukan staf. Ia juga idol grup dari StarPiece kan… Lalu terjadilah bargaining position alias adu pendapat antara Kim Jenna dan Pak Direktur.

Jenna bersikukuh bahwa grup mereka pantas dipertahankan, sedangkan Pak Direktur merasa Cotton Candy sudah HABIS. Dan keputusannya adalah Cotton Candy akan dipertahankan jika berhasil menarik perhatian wartawan untuk menuliskan berita mengenai Cotton Candy.
**Pak Direktur gak bilang, beritanya positif atau negatif, pokoknya gimana caranya agar nama Cotton Candy kembali diingat orang.

Fake Scandal Kim Jenna, Leader Cotton Candy

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
Fake Scandal antara Seo Ji-han dan Kim Jenna

Bagaimana cara paling cepat agar wartawan sekelas Dispatch (pura-puranya) mau memberitakan idol grup gagal Cotton Candy?

Kim Jenna memikirkan cara yang paling efisien dan meminta kerjasama hoobaenya dari MARS, leader Seo Ji Han yang berulang kali menjadi penyelamat bagi Jenna ((kebetulan banget)) untuk menjadi pacar pura-puranya Kim Jenna.

Bagaimana bisa idol yang sedang naik daun mau pacaran sama idol gagal?
Nah, ini bakalan jadi trending kan yaah..

Seo Ji Han juga mau-mau aja, gak keberatan. Karena ia sedang mengalami krisis dalam karirnya. Memang grup MARS terkenal, tapi ia merasa hidupnya tidak bahagia ((huuuff~)) dan kehadiran Pak Direktur Cha Jae-Hyuk yang ternyata adalah kakak tirinya juga mengusik kenyamana hidup Ji Han.

Sehingga ia ingin membuat masalah sedikit, agar hidupnya menjadi lebih hidup dan bermakna bagi orang lain.
Hehehe..sungguh cara yang aneh dan beresiko sih, menurutku.

Berhasilkah Cotton Candy kembali diingat dan disukai di kancah musik Korea?
Bubarkah Cotton Candy pada akhirnya?

Kesan Nonton Drama Korea Idol: The Coup (2021)

SUKA.
Siapin tisu banyak-banyak pas nonton. Karena drama Idol: The Coup ini membuatku teringat beberapa idol grup di dunia nyata yang bubar. Sebut saja Wanna One, yang kemarin reuni tampil di MAMA 2021. Apa salahnya Wanna One coba? Padahal prestasi dan lagunya juga disukai banyak orang. Tapi tetap keputusannya bubar pada 31 Desember 2018 dilakukan.

Betapa emosionalnya para fans (sedih, maksudnya) dan member Wanna One kala itu. Gak hanya Wanna One, ada banyak grup dari agensi besar yang tidak berhasil mempertahankan eksistensinya di dunia musik Korea yang berkembang pesat. Seperti f(x), 2NE1, SISTAR, Wonder Girls, I.O.I dan masih banyak lagi.

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
Cotton Candy, mulai debut 14 Maret 2016

Dari drama Korea Idol: The Coup, aku belajar banyak hal dari sisi fans. Sebagai penikmat musik, aku hanya mau tahu idolku terus menciptakan lagu dan bernyanyi. Padahal untuk melemparkan sebuah single aja gak mudah. Ada banyak hal yang harus dilalui, dari mulai menulis lirik, aransemen lagu, memilih produser yang tepat, kerjasama antar member dan komunikasi dengan agensi, membicarakan konsep.

Sungguh detil dan banyak hal yang meliputinya. Belum lagi kekompakan saat nge-dance, karena memang idol grup dilatih untuk menjadi sebuah paket lengkap. Plus attitude yang baik dan sopan, gak boleh punya skandal dan yang lebih miris lagi, kehidupan pribadi mereka yang harus terlihat sempurna di mata masyarakat.

Siapa yang gak lelah dengan keseharian yang seperti itu?

Jadi, kalau idol sahabat lendyagassi ada yang memutuskan untuk menikah dan membina rumah tangga secara normal layaknya manusia biasa pada umumnya, yuk…dukung. Dan ketika mereka terjatuh (cerai) misalnya… Jangan cari-cari alasan kenapa.

Ya, namanya juga manusia, bebebh..
Ada up and down nya.

Jadi tetap dukung karya-karya idol dan aktor favorit sahabat lendyagassi tanpa judgement kehidupan pribadinya yaa..
Hwaiting!

Lesson Learn Drama Korea Idol: The Coup (2021)

Mengapa Anak Muda Korea Ingin Menjadi Idol?

Cita-cita ingin menjadi idol di kalangan anak muda Korea tidak asing lagi. Karena kehidupan idol di Korea memang penuh dengan suka cita dan kerja keras. Aku sebagai SM Stan, merasakan bagaimana sekelumit cerita perjuangan idolku di SM dari mulai Super Junior oppadeul sampai kini NCT.

Mereka berjuang dan berusaha meraih mimpi untuk bernyanyi dan menari. Pun ketika membaca kisah IU, idol yang termasuk berani dalam menuliskan lirik-lirik lagi kritikan, meski terlihat manis. IU hanya satu dari deretan idol anak muda yang ingin memenuhi impiannya untuk didengar oleh dunia.

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?

Zaman sekarang, seseorang hanya mengingat pemenang.
Tidak ingat seberapa besar usaha yang dilakukan.

Kim Je-Na, Quote Drama Idol: The Coup

Pasti Ada Alasan Mengapa Orang Gagal

Ketika melihat orang lain gagal, mungkin kita akan lebih mudah mencibir. Ketika tidak mampu untuk membantu, alangkah baiknya untuk menahan diri dari jari jemari yang menuliskan komentar jahat, wahai netijen.

Karena yang menjalani hidup adalah mereka, jadi merekalah yang paling tahu apa yang harus dihadapi.

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
leader Cotton Candy, Kim Jenna

Bila ada kapten yang meninggalkan kapalnya untuk menyelamatkan dirinya, pastikan itu bukan aku.
Aku akan selamat bersama (mereka)
.

Kim Je-Na, Quote Drama Idol: The Coup

Tujuan Setiap Trainee Adalah Debut

Ya, ketika usia remaja sudah memiliki impian untuk menjadi seorang idol, maka impian berikutnya adalah debut, atau mengeluarkan single/ album dan tampil di layar kaca. Ketika sudah sampai ke titik itu, bukan berarti selesai, namun itulah wal dari segala perjuangan.

MARS, Ending Drama Idol : The Coup
MARS : Seo Ji Han, Ray, Tae-Young, Yool, Dan

Tujuan setiap trainee adalah debut.
Namun setelah debut, itu adalah permulaan dari segalanya
.

Quote Drama Idol: The Coup

Isu Plagiasi

Aku suka drama Idol The Coup karena membahas masalah isu plagiasi. Orang sering berkata mereka bukan sedang plagiasi, tapi “terinspirasi”. Eaaa~

Dan di drama ini bikin gemes adalah saat lagu yang ditulis Kim Jenna bener-bener diplagiasi oleh Bbiyong (eksekutif produser StarPiece) untuk debut single MARS. Ia keukeuuh tidak mengambil lagu dari Jenna, malah balik menyerang bahwa Jenna-lah yang memplagiasi lagunya, karena ia produser nomer 1 di Korea. Mana mungkin produser lagu terbaik mengambil lagu dari seorang idol gagal?

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?
Bbiyong, produser #1 Korea yang melakukan plagiasi

Bagaimana Kim Jenna memperjuangkan haknya?
Ini yang menjadi ending menarik dari Drama Idol: The Coup.

Ada kalanya kegelapan itu menyenangkan.
Karena semuanya terselubung dan sunyi.

Elle, Quote Drama Idol : The Coup

Belajar Menerima Kekalahan

Ending Drama Idol: The Coup ini aku suka banget sih.. Bagaimana kita semua belajar berjuang. Bagaimanapun tidak adilnya dunia pada orang-orang gagal, kita tetap harus berjalan di jalan yang benar. Tidak sikut sana-sini demi keberhasilan sendiri.

Dan kalau berbicara masalah boygrup atau girlgrup, aku paling semangat. Karena di sana ada yang namanya kerjasama. Dimana untuk kemajuan bersama, mereka tidak akan meningalkan satu member pun demi dirinya sendiri.

Review dan sinopsis Ending Drama Idol: The Coup. Bubarkah Cotton Candy di akhir drama?

Ranting patah bisa membantumu menyeberangi sungai.

Direktur Cha Jae-Hyuk, Quote Drama Idol: The Coup

Bagus banget drama idol yang satu ini. Selain pemerannya yang memang idol, OST Drama Idol: The Coup juga easy listening, bisa menemani harimu yang sendu sambil menikmati kopi hangat dan rintik hujan. Sendu.

Bagi yang suka drama bertemakan anak muda, menggapai impian, penuh semangat dan perjuangan terutama di bidang Kpop, kudu banget nonton drama Idol: The Coup, selain Drama Let Me Be Your Knight, tentunya.

Skuy, sahabat lendyagassi.
Nontonnya di IQIYI yaa.. gratis karena sudah tamat 12 eps.

Yoooit,
즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

54 pemikiran pada “Idol : The Coup (2021) Kisah Sedih Grup Idol Cotton Candy yang Gagal”

  1. Wuih penuh pelajaran hidup nih artikelnya. Memang ya jadi idol itu tidak mudah. Kita melihatnya senang dan mereka bahagia banyak fans padahal untuk sampai di sana mereka penuh perjuangan sampai kebebasan kehidupan mereka pun dibatasi. Harus tampak begitu harus bisa begini…
    Senang rasanya saat saya bisa tenang jadi diri sendiri saja

    Balas
  2. Aku jadi pengen nonton The Coup, banyak pelajaran yang bisa diambil ya mba, Perjuangan dan rintangan banyak diceritakan di The Coup ya, wajib ditonton buat yang mau menjadi seorang Idol ..

    Balas
  3. Banyak orang pengen menjadi artis atau public figur tapi jalan menuju kesana tidaklah mudah, kpop korea ketika iseng baca kisah perjalanannya wow banget yaa, makasih sharing ceritanya kak

    Balas
    • Keras banget ya, perjuangan yang harus dihadapi. Selama ini kita lihatnya yang enak-enak saja. Ternyata meraihnya nggak mudah. Bagus sih pelajaran hidup yang bisa diambil dari filmya..

      Balas
  4. Aku masih ketinggalan nonton happiness padahal udh final. the coup juga udah final yaa. Sayang2 juga ni udh bayar iqiyi wkwkkwkw.

    yazzz, soal urusan pribadi masing2 orang yaa udah lah ga usah diungkit, kenapa sih orang suka kepo ya apalagi tentang cerita rumah tangga huhu

    Balas
  5. Manis2 amat nih ciwi2 Korea, idola masa kini hihihi, berasa lihat permen serba pink 😀 Makin bervariasi ya drakornya dan ceritanya menarik 🙂 Kudu ditonton nih The Coup, ringan dan cocok buat me time di rumah. Perjuangan mereka bidang seni terutama menyanyi dan menari patut diacungi jempol.

    Balas
  6. menjadi idol itu gak mudah ya, ternyata yang berat gak hanya rindu^_^ kita tahunya keren cantik di panggung, untuk sampai di titik itu uwow ya perjuangannya, jadi kepo ingin nonton the coup

    Balas
  7. dikalangan grup band idol juga ada ya isu plagiasi. Beneran kudu tahan mental dan tentu saja kudu bener-bener kratif ya sebagai konten creator di dunia musik. dari sinopsisnya dan sisi baik drakor ini bagus juga ya. Bisa membuka mata kita sebagai penonton aja hehe btapa beratnya dunia para artis sebelum jadi terkenal

    Balas
  8. Tampak menarik Mak Lend…
    Walau di pertanyaan pertama tadi, kalau dengar kata idol aku auto koneknya ke indonesian idol wkkwkw
    Dunia keartisan memang kompleks ya…
    Mereka yang harus menghibur, padaahal juga butuh dihibur, butuh privacy, butuh kehidupan “sebagai orang biasa”.
    Makanya aku suka dengerin podcast artist yang mengupas saat2 sulit dalam hidupnya. Itu membuatku bisa related atau memandang mereka “juga orang biasa”.

    Balas
  9. Ya ampun setiap hari ada group yang debut. Kebayang betapa sengitnya perjuangan mereka. Dari trainee sampai debut aja butuh waktu tahunan. Bukan setahun duatahun. Aku Baru kali ini tahu ada drama Korea tentang girl band yang gagal. Nyesek pastinya ya. Perjuangan yang sudah dirilis panjang. Gimana nyeseknya Je-na lagunya di plagiat buat grup yang lebih terkenal. Ah penasaran pengen lihat.

    Balas
  10. Beberapa tahun tahu K-Pop, para calon Idol kan ada training dulu ya. Pas udah debut tapi gak bertahan, pasti sakit banget sih. Beberapa drama ada yang angkat kisah ini, tapi dari individunya, bukan grup. Tetap nyesek

    Balas
  11. Dibalik gemerlapnya dunia hiburan korea, ada sisi kerja keras yang nggak main main dari para idol ini ya teh
    perjuangannya berat banget buat bisa mencapai tangga kesuksesan

    Balas
    • yap dunia entertain di korea beda banget dg di sini. di sana kerja kerasnya total. bahkan sampai ada yg trainee bertahun2 tapi gagal debut. di sini bikin masalah malah populer, di sana langsung surut karirnya

      Balas
  12. Kok apik, Teh Lendy. jadi mau masukin list nih. Ini menarik ini karena berasa mengupas dunia para Idol. Emang ya, untuk sampai di puncak seperti KPOP idol itu gak mudah banget, butuh totalitas dan pengorbanan. Makanya aku appreaciate banget sama mereka.

    Balas
  13. Alurnya bagus ya kok underrated sih. Aku baru tau ada the coup dari resensi ini. Wah kudu nonton nih. Memang kehidupan idol keras. Mulai dari trainee belum menjamin bisa debut, udah debut pun belum menjamin bisa terkenal. Heol

    Balas
  14. aku memang bukan penggemar girls band atau boy band korea, tapi baca kisah tentang perjalanan karier mereka ternyata sangat sangat sulit yah, gak segampang yang dibayangkan. Pantesan sekalinya sukses seperti BTS dll, kariernya langsung mendunia. Jadi penasaran juga nih pengen nonton langsung filmnya, thank you infonya ya kak.

    Balas
  15. List drakorku nambah terus kalau abis baca reviewnya teh lendy soalnya bagus2 smuaa nih yang dibahas ..aku now breaking up aja blm smpet nontonnya udah kepengen nonton the coup

    Balas
  16. jadi Idol itu berat sih ya emang, PRnya banyak apalagi kan jadi rujukan-rujukan para fans, jadi titik pusatnya ya. Apalagi di Korea, sangat menjaga attitude gitu ya 🙂
    kalau di Indonesia, jadi ingat girl band Cherrybel gak sih yang satu per satu keluar karena nikah, syukurnya masih pada dekat dan akrab ya, kehidupan mereka juga baik-baik aja ya 🙂

    Balas
  17. Keren-keren ya ternyata quotesnya mbak. Saya tuh kalau nonton drama suka ngoleksi quotesnya. Suka banget dengan yg cerdas-cerdas gitu. Tapi saya belum tertarik nonton idol coup ini. Entah nanti setelah selesai uncle. Hehehe

    Balas
  18. Teringat kalau grup idol di Korea Selatan itu jauh lebih sulit. Karena di samping mereka harus benar-benar tahu vokal, mereka juga pintar dance. Btw setuju banget nih mbak bahwa dunia idol itu juga tidak semudah dan senyaman yang dipikirkan sebagai penikmat saja.

    Balas
  19. Aku belum nonton drama ini, tapi setelah baca reviewnya sepertinya bakal ikutan nangis juga deh.. Aku tau tentang 2NE1 yang memutuskan untuk bubar juga.. Sedih juga dan bersamaan ada girlband lain seperti menggantikan mereka.. Jadi penasaran dengan dramaini, penuh perjuangan nih kayaknya..

    Balas
  20. Mbak, Wanna One memang kontrak 2 tahun aja sebagai hasil dri pemenang Produce 101. Bukan krn mrk gak terkenal atau ada salah tapi memang mrk itu grup sementara dari awal. Saya jadi lucu pas baca mbak bilang salah apa coba wanna one…wkwkwk karena ya memang kontraknya cuman 2 tahun dan mrk bukan grup permanen. Beda dengan grup kpop lagi. Begitu juga IOI. Mrk hasil dri survival produce 101.

    Balas
  21. Mbak, Wanna One memang kontrak 2 tahun aja sebagai hasil dri pemenang Produce 101. Bukan krn mrk gak terkenal atau ada salah tapi memang mrk itu grup sementara dari awal. Saya jadi lucu pas baca mbak bilang salah apa coba wanna one…wkwkwk karena ya memang kontraknya cuman 2 tahun dan mrk bukan grup permanen. Beda dengan grup kpop lagi. Begitu juga girlgroup IOI. Mrk hasil dri survival produce 101.

    Balas

Tinggalkan komentar