Yeonmo Manhwa : Siapakah yang Akhirnya Menjadi Raja?

Ulasan Webtoon Yeonmo – Ending drama The King’s Affection.

Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.
Sedang galau-galaunya gak sih, karena Drama The King’s Affection sudah tinggal 1 eps lagi yang akan tayang malam ini. Jadi sebenarnya aku mencari spoiler ending drama The King’s Affection. Dan sudah membaca webtoon The King’s Affection yang berjudul Yeonmo.

Arti Yeonmo (연모)

Ulasan webcomic Yeonmo Ending dari drama The King's Affection
Cover Webcomic Yeonmo

Sepanjang menonton drama The King’s Affection, kata Yeonmo akhirnya terucap oleh Guru Jung Ji-Un saat menyatakan cintanya kepada Pangeran (di eps. 9) yang kala itu belum diketahui bahwa identitas aslinya adalah seorang wanita. Jadi, Guru Jung mempertaruhkan harga dirinya karena menyukai seorang pria dan rela dianggap “aneh” oleh Pangeran.

연모 입니다 : “Yeonmo Imnida”
Memiliki arti Aku cinta atau Aku sayang (bahasa Joseon).

Namun kala itu, karena Dam-i masih ingin menutupi identitasnya sebagai Pangeran Lee Hwi, maka ia menolak pernyataan cinta Guru Jung. Sedih?

Iya banget.

Bahkan Guru Jung kemudian diasingkan ke kota lain karena tidak mau tetap di Istana karena tersiksa akan cintanya. Ia lebih memilih menghindar dari Pangeran daripada bertatap wajah setiap berada di lingkungan Pangeran Lee Hwi.

Webcomic Yeonmo

Baca online Webcomic Yeonmo, WebComic The King's Affection. Ending The King's Affection
Webcomic Yeonmo

Judul Webcomic : Yeonmo
Penulis : Lee So-Young

Penerbit : Daewon C.I.
Tanggal terbit : 2011 – 2014
Jumlah Chapter : 44 chapter

Sinopsis Webcomic Yeonmo

Aku lebih baik mati sebagai wanita daripada menyamar menjadi lelaki

Wonson, webcomic Yeonmo

Ini adalah kisah mengenai seorang Raja yang namanya dihapus dari sejarah. Kisah tragis kehidupan seorang Raja pada zaman Joseon.

Kelahiran Kembar Pembawa Petaka

Pada umumnya, kelahiran di Kerajaan adalah momen yang sangat dinantikan. Sama halnya dengan yang terjadi di Kerajaan Joseon kala itu pada tahun 1461. Ibu Ratu melahirkan seorang calon Raja dan seorang calon Ratu. Proses kelahiran yang hanya diketahui pihak Istana dan Raja ini menimbulkan pertentangan. Karena menurut mitos, sebuah kelahiran kembar di Kerajaan akan membawa keburukan bagi Kerajaan.

Ending The King's Affection berdasarkan Webtoon Yeonmo

Namun, tak berapa lama..keadaan bayi yang berjenis kelamin laki-laki semakin kritis dan akhirnya meninggal. Sang Ibu Ratu tidak bisa membiarkan begitu saja, namun tetap nyawa sang bayi tidak tertolong meski tabib sudah datang. Sehingga sang Ibu pun dengan berbesar hati membesarkan anak perempuannya sebagai laki-laki.

Ibu Ratu merahasiakan identitas sang Putri karena pihak Kerajaan sangat menantikan lahirnya seorang penerus kursi Raja. Sehingga sang anak perempuan ini diberi nama Wonson.

**sedikit berbeda dengan drama, karena kalau di drama namanya Dam-i dan sempat dibesarkan di gunung. Menggantikan Pangeran Lee Hwi karena sang Pangeran meninggal terpanah Pengawal Jung Seok-Jo (Ayahnya Guru Jung).

Masa Kanak-Kanak Wonson

Masa kanak-kanak Wonson sebagai penerus tahta menjadikan dirinya hidup dengan penuh gelimang kasih sayang. Namun, limpahan kasih sayang dari Ibunya tak bertahan lama. Tak berapa lama kemudian sang Ibu Ratu meninggal. Sehingga Wonson hanya bersama dengan Ayahnya yang menikah lagi dan Wonson segera memiliki adik tiri.

Setelah adik tirinya mulai tumbuh besar, Wonson menjadi buah bibir Kerajaan karena gosipnya, Raja akan menjadikan anak dari istri keduanya inilah yang akan diangkat menjadi Raja.

Ending The King's Affection berdasarkan Webtoon Yeonmo

Hidden Story

Sebenarnya dari webcomic Yeonmo ini ada perbedaan yang sangat besar dari drama The King’s Affection. Yakni adanya seorang tokoh yang tak bernama (geust lady) yang juga menyamar. Jadi kalau Wonson sebenarnya perempuan menyamar menjadi laki-laki, sedangkan tokoh tak bernama ini ((yang kalau di drama adalah karakter Guru Jung)) adalah seorang lelaki menyamar menjadi perempuan.

Karakter si wanita misterius ini sebenarnya adalah keluarga yang sedang diasingkan oleh Raja dan menunggu waktu untuk diampuni serta dikembalikan gelar kebangsawanannya. Sehingga ruang geraknya terbatas dan ia menyamar menjadi perempuan agar bisa tetap belajar banyak hal.

Tak disangka malah bertemu dengan Pangeran Wonson (yang seorang perempuan). Jadilah mereka saling jatuh cinta dengan penyamaran mereka masing-masing.

**oh iya, Wonson ini menyangka dirinya benar-benar lelaki. Bahkan saat kecil pun Pangeran Wonson diajari berbagai kebiasaan lelaki seperti ((maaf)) pps sambil berdiri, tidak takut dengan segala bentuk ancaman dan sikap tegas lainnya. Ibu Ratu selalu mengatakan bahwa anak lelaki harus tegas dan kuat.

Hingga bertemu dengan wanita misterius ini…

Ending The King's Affection berdasarkan Webtoon Yeonmo
…dan mereka pun saling memberi kenangan satu sama lain. Sang wanita misterius memberikan nama Yeon Seon untuk Pangeran.

Diangkat Menjadi Putra Mahkota

Sejak pertemuan terakhirnya dengan sang wanita misterius, Wonson kemudian diangkat menjadi Putra Mahkota, yang artinya setelah Ayahnya mangkat, maka Wonson lah yang naik takhta menjadi Raja. Masa-masa mempersiapkan Wonson menjadi Raja ini salah satunya adalah membuat Wonson menikah.

Sang Ibu Suri (nenek dari Wonson) sudah mempersiapkan pasangan yang tepat untuk Wonson. Menurut Ibu Suri, di usianya yang sekarang inilah masa-masa yang pas untuk menikah bagi Wonson. Sehingga kelak Wonson bisa memiliki keturunan yang bisa diwariskan takhta kerajaan ((keturunan deui, keturunan deui yaa..?!?))

Namun Ayahnya menolak. Sang Ayah berpendapat bahwa Wonson belum pantas menikah, karena masih banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan sebagai calon Raja.

Sang Ayah Meninggal

Belum lama diangkat menjadi Putra mahkota, sang Ayah pun akhirnya meninggal. Kesedihan demi kesedihan harus dikecap Wonson. Dan kini, ia naik tahta dan menjadi Raja menggantikan sang Ayah.

Semakin besar lagi tanggung jawab yang dipikulnya. Belum lagi desakan dari sang Kakek yang sangat berambisi menguasai segala jenis perdagangan dan sang nenek yang ingin Wonson segera menikah. Singkat cerita, akhirnya Wonson menikah dengan perempuan pilihan sang Nenek.

Pernikahan pertama perempuan dengan perempuan, kala itu. Dan tidak ada yang mengetahuinya kecuali dayang Wonson dan pengawal pribadinya.

Pernikahan yang Buruk

Sama seperti di dramanya, Wonson kembali bertemu dengan cinta sejatinya. Yang kini menjadi pengawal istana bernama Jung Mi So ((kalau di drama Jung Ji Un yaa..)). Pernikahan Raja yang buruk menimbulkan banyak rumor dan dalam webcomicnya diceritakan rumor-rumor tersebut sangat ekstrem.

Ending The King's Affection berdasarkan Webtoon Yeonmo. Baca Webtoon online Yeonmo dimana

Rumor yang mengatakan bahwa sang Raja lebih suka dengan pria daripada wanita. Bahkan untuk membuktikan hal tersebut, sepupu Wonson mengirimkan wanita untuk menggoda Raja.

Tidak berhasil dengan segala cara pada akhirnya di ending webcomic Yeonmo dikatakan bahwa Wonson jujur terhadap istrinya bahwa ia adalah seorang wanita. Ia ingin sekali hubungan mereka dekat sebagai sahabat walau tidak ada cinta di antara mereka.

**karena ternyata sang Ratu jatuh cinta beneran sama Wonson. Ia bahkan resah ketika belum “disentuh” oleh Raja. Karena tugas utama seorang Ratu adalah melahirkan keturunan Kerajaan yang sehat dan bisa menjadi penerus takhta kelak.

Ending Yeonmo : Siapakah yang Menjadi Raja?

Ya, pada akhirnya perjalanan panjang ini merujuk pada pertanyaan “Siapakah yang menjadi Raja?”. Karena rasanya gak mungkin rahasia Wonson bisa terus dipegang mengingat saingan politiknya adalah kakek dan neneknya sendiri. Jadi kalau ada kesalahan setitik aja, pasti lawan politiknya siap mengambil alih kekuasaan.

Kalau berdasarkan webcomic Yeonmo, endingnya diceritakan bahwa sang kakek melepaskan Wonson sebagai tanda sayang seorang kakek terhadap cucunya. Namun kudeta tetap terjadi dan pada akhirnya sang kakek meninggal karena serangan dari pasukan kudeta dan menggantikan posisi Raja adalah Ye Jong (Mi Soo Jung), sepupu yang sering menolong Wonson.

Ending The King's Affection berdasarkan Webtoon Yeonmo. Baca Webtoon online Yeonmo dimana

Karena kebijakan Raja pulalah, Wonson diperbolehkah keluar istana dan menjalani kehidupan barunya bersama pengawal Jung Mi So. Namun di tengah perjalanan, kakak Mi Soo Jung murka dan menghadang pasukan Wonson, sehingga Wonson terluka dan digambarkan secara eksplisit meninggal di pelukan orang terkasihnya.

Perbedaan Antara Drama The King’s Affection dan Webcomic Yeonmo

Perbedaan yang paling nyata adalah dari segi :

Penyajian Masalah

Kalau di drama, karakternya gak dibuat berputar-putar, sehingga mudah dipahami jalan ceritanya yang memang kisah fiksi. Namun di webcomicnya, kedua karakter utamanya dibuat berpindah jenis kelamin dalam rangka penyamaran. Jadi terasa lebih ribet. Apalagi gambarnya disajikan dengan hitam-putih. Makin terasa susah membedakan karakter satu dengan yang lainnya.

Karakter Antara di Drama dan Webcomic

Namanya antara webcomic dan drama berbeda, geng.. Dari mulai Raja Lee Hwi, Dam-i, Guru Jung sampai Kakek Han Ki-Jae yang jahat dan dalang dari semua kekacauan di drama maupun di webcomic. Jadi pas baca webcomicnya kudu mikir lagi, “Oh..ini si Kakek, oh..ini pengawalnya.”

Dramatisasi

Baru kali ini aku baca webcomic dan galau setengah mati. Meski hitam-putih, aku menikmati sekali setiap masalah yang hadir. Kurang lebih sama seperti di drama, namun cara penyampaiannya lebih dramatis di drama namun lebih kompleks di webcomic. Meski gak ada OST yang dinyanyikan LYn atau Super Junior K. R. Y, aku tetap menangis tersedu-sedu saat membacanya.

Kebayang kalau ada di posisi Wonson. Bagaimana ia tidak bisa menjalani hidup selayaknya kodrat seorang wanita dan mendapatkan hak anak perempuan yang penuh limpahan kasih sayang dari Ayah dan Ibunya.

Ending

Ending Drama The King's Affection berdasarkan Webtoon Yeonmo. Baca Webtoon online Yeonmo dimana
Bahagia bersama, pasangan Guru Jung dan Dam-i

Kalau di drama endingnya adalah hukuman bagi Raja yang menyamar dan membohongi rakyat dengan vonis paenghyeong. Yang artinya penghapusan identitas saat ini dan memulai hidup baru dengan identitas baru. Seperti pengasingan juga sih..

Namun karena semasa menjabat menjadi Raja, banyak hal yang sudah dilakukan, maka hukuman ini terasa jauh lebih bijaksana daripada hukuman mati. ((Ya, karena yang naik tahta juga sepupu terbaik Raja sih yaa..pernah suka juga…huhuu))

Kalau ending webtoon Yeonmo, sahabat lendyaagassi bakalan lebih baper lagi. Karena diceritakan Wonson meninggal. Dan pengawal Jung Mi Soo hanya bisa mengenang kisah cintanya dengan Wonson yang tetap hidup di hatinya.

Huhuu..
Gimana sahabat lendyagassi? 20 eps drama The King’s Affection cukup memberikan keceriaan di hari Senin Selasa yaa.. Kini waktunya berpisah dan menyambut drama baru. Semoga segera move-on.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

61 pemikiran pada “Yeonmo Manhwa : Siapakah yang Akhirnya Menjadi Raja?”

  1. Ceritanya unik juga ya. Mirip cerita Nabi Musa kali ya. Yg setiap ada anak laki2 pasti dibunuh. Untungnya ini msh dibikin hidup dan konfliknya emang di situ.

    Duh endingnya bikin sedih ya kak kalo Wonson akhirnya meninggal. Tp biasanya juga akan dibikin ending beda antara webtoon dan film biar lbh ada greget.

    Film School 2015 yang diadaptasi oleh Thailand juga akhirnya dibikin ending yg sdkt beda dgn versi Koreanya. Tp tetap asyik utk diikuti.

    Balas
  2. Komiknya hitam pytih ya. Huhu aku galau kalau diajakin baca komik hitam putoh do webtoon.

    Ternyata njelimet ya. Kebayang gimana bongungnya sang raja Wanson walau perlahan-lahan mengubah kebiasaan sebagai anak lelaki yang sudah diajarkan ke dia dari masih kecil banget.

    Balas
  3. Mbaaak dirimu kayaknya memang juara pecinta drakor sejati. Drakor yang diadaptasi dari weebtoon biasanya memang suka agak berubah sedikit jalan ceritanya ya. Suka dimodif sedikit supaya para penonton gak terlalu baper kalau endingnya suka sedih dan kurang makjleb gitu.

    Balas
  4. sekarang banyak drama Korea dari komik dlu ya, dan suka ada perbedaan dengan filmnya. Lebih ngenes yang di buku ya. Ikut sedih ngebayangin endingnya versi buku. Huhu. Menurut Mbak ini drama korea terbaik tahun ini gak?

    Balas
  5. Kehidupan dalam ruang lingkup kerajaan di Korea pada jamannya kolot juga ya. Harta, tahta wanita dan keturunan. Itu yang mereka selalu agung-agungkan. Tapi jaman modern mereka bisa melepaskan semua itu dan terbukti jadi negara yang maju.

    Balas
    • wah bener juga yaa kok saya baru kepikir gini, udah gitu zaman Saeguk kisahnya tragis-tragis sedih hiks. Drama korea yang berlatar modern udah banyak banget genrenya bisa jadi pilihan, mau yang genre romcom, thriller, fantasy, dan lain-lainnya.

      Balas
  6. Dulu sering banget baca komik kalo sedang ada waktu luang, kalo sekarang udah nggak sempat mbak. Btw ending jadi berbeda dengan versi asli ya, wah pasti yang udah baca komiknya langsung bingung tuh

    Balas
  7. kok seru nih ceritanya 🙂 sayang aku bukan penggemar komik hihi.. tapi baca komik tuh unik ya, hehe

    Duh endingnya bikin sedih kalo akhirnya ada yang meninggal. Tp biasanya kalau dijadiin film, dibikin ending beda antara webtoonnya biar lbh ada greget. hehe

    Balas
  8. Oke dah tau inti ceritanya, kayaknya aku gak mau nonton deh wkwkwkw.. aku suka drama yang remeh aja daripada yang ribet kebulak balik peran laki dan perempuan, Baru nonton episode 1 dan itupun baru 10 menitan. Nungguin duk im aja wkwkwkw

    Balas
  9. Hwaduuhh ini kayaknya konfliknya mirip yg jiwanya ketuker itu ngga sih mba, eh gatau ding wkwk kudu ikutan baca webtoonnya nih sepertinya. Lihat rajanya akuu jadi pengen ngikutin wkwkwkw

    Balas
  10. Sepertinya asyik juga ya nonton webtoon gini. Tapi lebih asyik lagi yang film orangnya Mba Lendy, apalagi berlatar belakang kerajaan…

    Balas
  11. wah menarik banget aku baca sinopsisnya, jarang-jarang aku suka sama cerita dengan setting jaman dulu gini nih, tapi memang kekuatannya di storynya jadi menarik, mengandung banyak bawang ga sih?

    Balas
  12. Lumayan mirip juga sama webtoon-nya. Tapi lebih ngenes ini webtoon-nya. Btw aku suka ending-nya King Affection. Dan puas karena Hyunnim yang jadi raja. Wis pas banget menurutku. Cuma scene-nya Mas Pengawal jauh dari yang kuharapkan. Sedikit banget dan gak terlalu greget. Tapi tetep manislah, haha.

    Balas
  13. Sekarang drakor banyak yang adaptasi dari webtoon ya, Teh. Salah satunya King Affection.
    Biasanya tuh memang cerita antara di drama sama webtoonnya beda. Disesuaikan juga sama keadaan sih ya apalagi untuk webtoon2 yg memang masih on going.
    Aku biasanya kurang suka drama Sageuk, tapi nampaknya drama ini salah satu yg menarik buat ditonton. Monmaap teh, aku skip ulasan endingnya krn gamau dispoiler XD

    Bisa nih aku tonton sebelum liat drama yg baru nanti. Mana seru2 juga keknya drama yg baru2 tuh.

    Balas
    • Jadi penasaran nih sama versi webtoonnya juga, karena lebih tragis yaa endingnya, eh tapi drakor ini bolehlah ditonton karena udah finished ya jadi gak tersiksa penasaran harus nunggu episode lanjutannya setiap minggu

      Balas
  14. Hiks, aku belum nonton ini ya ampun. Kedistrak dan milih ngikutin Happiness, Jirisan sama Now, Breaking Up sih ini. Tapi habis baca ini jadi penasaran pengen lihaat Kings Affection sampe baca manhwa-nya

    Balas
  15. agak njlimet juga ya kisahnya ini tuh. tapi menarik juga ini penyamarannya perempuan jadi laki2, kok kayaknya dulu aku pernah nntn juga film cina yang semacam ini ceritanya ya..

    Balas
  16. Drama ini happy ending tapi entah kenapa aku sedih. Padahal Dam-i sudah bahagia bersama guru Jung di pengasingan. Mungkin karena banyak sekali korban untuk mencapai ending bahagianya itu, juga perjalanan berat yg dilalui. Seneng akhirnya Hyun yang jadi raja, baik dan hatinya bersih. Perasaanku abis nonton drama ini sama kayak yg kurasakan pas namatin Twilight. Bahagia tapi dilanda haru yg ada sedih²nya 😁 bingung kan 😂

    Ternyata di versi webcomic guru Jung nyamar jadi wanita ya. Lebih pelik lagi masalahnya 😁

    (Katerina)

    Balas
  17. Astaghfirullah kenapa menyalahi takdir. Yaudahlah perempuan aja kok pake diasuh sebagai laki-laki. *Malah sewot hahaha

    Baru aja nonton podcastnya Om Dedy tentang atlet voli yang aslinya cowo tapi dari kecil dikira cewe karena ada masalah kesehatan itu lho. Kasihan deh lihat gimana ia bimbang selama 29 tahun dg gendernya

    Balas
  18. Aduuh, list drakor numpuk banyak belum kutonton semua. Nambah lagi satu ini. Aku belum baca webtoonnya juga nih, jadi mending baca webtoonnya dulu atau nonton dramanya dulu teh? Hihihi

    Balas
  19. Gimana mau ceria kalau ending kisahnya gini hiks…
    Namanya juga drama yaa.. kadang ada yang ga bisa dipahami. Gimana caranya menyembunyikan identitas jenis kelamin anak sampai selama itu. 🙂 Apalagi setelah dewasa nantinya harus jadi raja.

    Balas
  20. Drama kalau berasal dari komik atau novel biasanya ceritanya memang suka dibikin lebih simpel. Mungkin karena durasi juga. Biasanya saya lebih suka komik/novel. Tapi, kalau memang dibikin hitam putih begini kayaknya enakan nonton, ya

    Balas
  21. Sebenarnya aku udah nebak kalo pangeran Hyung yang akan jadi raja, tapi sebelumnya konfliknya itu wah luar biasa. Mulai dari kakaknya Hyung yang juga kepengen jadi raja lalu bener-bener menjadi pengikut si Kakek Jahat (kujulukin begitu dah ah). Aku juga gak nyangka kalo adek tiri Lee Hwi (Dam-I) yang awalnya menggantikan menjadi raja, dan ternyata dibunuh oleh kakaknya Hyung ya kan. Tapi pokoknya happy ending dah. Dam-I & Guru Jung akhirnya bersama, eaaa.

    Balas
    • Iyaya..
      Aku nyangka bakalan adik tiri Lee Hwi yang jadi raja ((suka gak suka)). Ternyata ada faktor X yang di tengah-tengah cerit bikin dia malah dipenjara.
      Ampun…sageuk ini penuh lika-liku tapi bikin aku bisa nangis.

      Balas
  22. Aku belum nonton ini. Menarik juga nih. Kisah calon raja yang teruata saat kecil dapat limpahan kasih sayang tapi hanya bentar dari ibunya. Kisah siapa yang akan jadi raja dia atau adik tirinya ini bisa jadikan drama ini pilihan

    Balas
  23. haduu versi webtoon nya ko bikin sedih malam malam gini, padahal belum baca semua, mau lihat draman ya akh, soalnya happy ending ya? walau gak jadi raja, gpp yang penting ketemu cinta sejati ^_^

    Balas
  24. nOnton drakor ini ngeri ngeri gak sedap juga ya. karena ada laki-laki jatuh cinta kepada laki-laki. Meski akirnya si laki-laki perempuan yang menyamar. Agak kuatir juga sih drama kayak gini yaa. Meski bohongan tetap saja harus ada pendampingan ya nontonnya.

    Balas
  25. Seandainya ada award negara penghasil drama terbanyak, bisa jadi negeri ginseng di urutan teratas yak.
    Kisah Raja (ratu) di atas sungguh ndrama banget. Walau dari alurnya, sedikit tipikal sinetron Indonesia, tersakiti di sepanjang kisah.
    Selipan bagian bahagianya, tetap berhasil menjadi Raja dan bersanding dengan yang dicintai

    Balas
  26. aku binguuung, yang laki jadi perempuan, yang perempuan jadi laki. kayaknya kudu nonton sendiri drakor ini deh.
    trus kelihatan banget gak sih dandanan penyamaran itu? atau emang meyakinkan penyamarannya? hihi…

    Balas
  27. Zaman dulu anak kembar ga hanya harus dipisah tapi harus disingkirkan salah satunya ya. Lumayan ngeri si dengan kondisi masa itu. Tapi ya, kalau takdirnya balik ya balik aja. Eh ini kan cerita fiksi….

    Balas

Tinggalkan komentar