Makna Pernikahan dan Keluarga dalam Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Drama Korea Love (ft. Marriage & Divorce) Season 3 (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Hidup orang dewasa tidak pernah mudah

Quote Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Haa…kenapa lendyagassi mendadak nonton drama perselingkuhan Love (ft. Marriage & Divorce)?
Sejujurnya, aku penasaran, B-A-N-G-E-D. Kenapa sampai dibikin 3 season? Sama seperti drama Penthouse yang udah meninggoy, lalu hidup lagi dalam wujud yang gak bisa dilihat manusia biasa.

Apakah ini mendadak berubah genre?
Hihii.. Ternyata di drama Love (ft. Marriage & Divorce) pun sama. Ada si kakek (Bapak dari suami Sa Pi Young) yang gentayangan karena arwahnya masih mendendam dengan sang istri tercinta.

Uniknya lagi, Love (ft. Marriage & Divorce) season 1 adalah rangkaian pertengahan kisah ketiga pasangan menikah ini. Jadi alurnya maju-mundur ((gak pake cantik-cantik)), huukks~

Sebelum aku menuliskan review drama Love (ft. Marriage & Divorce) season ke 3, aku rangkumkan dulu ya.. Love (ft. Marriage & Divorce) season 1 dan 2. C’mon…let’s get it~

Drama Korea Love ft. Marriage & Divorce Season 3 (2022)

Sinopsis lengkap Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1, 2 dan 3
Poster drama Korea Love ft. Marriage & Divorce Season 3

Profil Drama

Judul : Love ft. Marriage & Divorce Season 3
(Gyeolhonjaksa Yihonjakkog III / 결혼작사 이혼작곡 시즌3)

Sutradara : Oh Sang-Won, Choi Young-Soo
Penulis Drama : Kwon Do-Eun

Pemeran Utama Drama Love ft. Marriage & Divorce Season 3 (2022) :

Park Joo-Mi sebagai Sa Pi-Young
Ji Young-San sebagai Shin Yu-Shin
Jeon Soo-Kyeong sebagai Lee Si-Eun
Jeon No-Min sebagai Park Hae-Ryun
Lee Ga-Ryeong sebagai Boo Hye-Ryung
Kang Shin-Hyo sebagai Pan Sa-Hyun

Pemeran Pendukung Drama Love ft. Marriage & Divorce Season 3 (2022) :

Song Ji-In sebagai A-Mi
Lee Min-Young sebagai Song Won
Lim Hye-Young sebagai Nam Ga-Bin
Moon Sung-Ho sebagai Seo Ban
Bu Bae sebagai Seo Dong-Ma

Genre : Romance, Life, Drama, Family

Network : TV Chosun/ Netflix
Episode : 16

Release Date : February 26 – April 17, 2022
Tayang Setiap hari Sabtu & Minggu 21:00 KST

Sinopsis Love ft. Marriage & Divorce Season 1-3

Drama Love ft. Marriage & Divorce ini bercerita mengenai 3 pasangan. Dan uniknya, para perempuan yang menjadi korban (oleh para suaminya yang berselingkuh) ini sahabatan, pun dengan para selingkuhannya. Jadi para pelakornya pun sahabatan dengan sesama pelakor.

Duh!

Kalau kaya gini tuh, berasa selingkuh adalah sejenis penyakit yang menular, gitu.. Karena sahabatan kok nasib ketiganya sama.. Sama-sama ditinggal suami-suami mereka untuk selingkuh. Bedanya, ada pasangan yang keukeuh pengen cerai dan langsung memilih selingkuhannya, ada yang masih menimbang-nimbang, tapi gak punya pilihan karena selingkuhannya hamidun, dan ada pula yang keukeuh selingkuh itu gak salah, karena ia seorang pria dewasa dan sedang di masa keemasan ((usia 40, puber kedua)).

Jadi kalau menurut sahabat lendyagassi bagaimana?
Eiits, jangan kebawa emosi dulu. Kita buka satu per-satu kasus dari ke-3 pasangan di drama Love ft. Marriage & Divorce ini dulu yaa..

Pasangan Pertama : Sa Pi-Young & Shin Yu-Shin

Review Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1, 2 dan 3
Pasangan Sa Pi-Young & Shin Yu-Shin

Pasangan Sa Pi-Young & Shin Yu-Shin adalah pasangan yang ideal. Pak Shin Yu-Shin (Lee Tae-Kon) adalah seorang dokter kejiwaan (psikiater) sekaligus pemilik sebuah rumah sakit swasta ternama warisan orangtuanya yang juga dokter. Yah, mirip-mirip sama Go Seung-Tak di drama Ghost Doctor gitulo..

Bedanya Seung Tak kan belom nikah yaa… baru nge-bucin doank.. ((loh jadi ngomongin Kim Beom)).

Back to the topic.
Jadi Pak Dokter Shin Yu-Shin bahagia banget karena setiap hari dilimpahkan cinta oleh sang istrinya yang cantik dan putri semata wayangnya, Shin Ji-A.

Ending Season 1 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Sa Pi-Young & Shin Yu-Shin

Pasangan ini mulai retak karena seorang wanita muda yang dikenal Pak Shin saat penerbangannya balik dari LA. Dan cuma gegara si gadis ini makan apel gak bersuara, Pak Dokter Shin merasa tertarik.

Ya, tentu sesudahnya si cewek menggunakan sejuta pesona wanita mudanya untuk menarik hati Pak Shin, karena tahu daya tarik Pak Shin ini. Selain tajir melintir juga sayang sama istrinya. Ya, kalau selingkuh ini gak dianggap sebagai “tanda gak cinta lagi, anggap aja “kepleset” ceunah!

Sinopsis Ending Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1
A-Mi, cem-ceman Pak Dokter Shin

Ami – Nama selingkuhan Pak Dokter Shin ini rupanya memiliki latar belakang keluarga yang cukup complicated. Ia dibesarkan oleh Ibu kandungnya di Amerika, selagi masih memiliki Bapak biologis yang tidak bisa menikahi Ibunya kala itu karena masih sama-sama remaja.

Sehingga Ami tinggal dengan Ayah tirinya dan sampai ia balik ke Korea dan bertemu kembali dengan Ayah biologisnya di waktu yang tidak tepat. Ayah kandungnya tahu bahwa Ami perusak rumah tangga rekan kerjanya ((Bapaknya Ami juga dokter)), sehingga memarahi Ami habis-habisan. Ami ngambek dan berkata “Kalian (Ayah dan Ibu) gak berhak memarahiku karena Ayah dan Ibu dulu juga melakukannya.”
((maksudnya Ami kan lahir tanpa sosok Ayah kandungnya, maka gak boleh ikut campur ketika Ami sudah besar dan sudah tahu mana yang benar dan salah, buat dirinya))

Ending Season 2 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Sa Pi-Young & Shin Yu-Shin

Akhirnya Sa Pi Young (Park Joo-Mi) tahu kalau suaminya ada main di luar dan lagi-lagi timingnya gak pas. Ketahuannya pas di Rumah Sakit saat Ibunya Sa Pi Young sekarat. Sang Ibu yang sering diomelin sama Sa Pi Young karena ketidakbecusannya menjaga rumah tangga hingga memilih pergi meninggalkan sang suami karena Ayah dari Sa Pi Young ini juga selingkuh dan Ibunya gak mau diduakan.

Jadi lebih memilih pisah dan Sa Pi Young menyalahkan sang Ibu karena pilihan sang Ibu-lah ia besar tanpa kehangatan Ayah. Padahal sang Ibu mempunya pilihan untuk tetap bersama suaminya dan memaafkan sang Ayah yang sudah berselingkuh.

Hingga malapetaka itu menimpa diri Sa Pi Young dan suaminya, Pak Dokter Shin keukeuh gak mau cerai dengan Sa Pi Young dan berkilah kalau semua laki-laki seusianya pasti mengagumi dan menyukai perempuan lain. Dan dia mengakui bahwa ia khilaf dan memohon dimaafkan oleh Sa Pi Young.

Sinopsis Ending Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 2
Sa Pi Young, seorang PD-nim sebuah acara radio “Cinta & Musik”

Konflik Season 3 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Sa Pi-Young & Shin Yu-Shin

Apakah Sa Pi Young goyah?
Ternyata perselingkuhan suaminya bukan hanya sama Ami, tapi juga sama Ibu tirinya, Meski belum terjadi apa-apa, tapi Pak Dokter Shin pernah mengakui bahwa iu tirinya adalah cinta pertamanya. Karena ia dulu tidak disayangi oleh ibu kandungnya sebesar Ibu kandungnya menyayangi anak pertama yang akhirnya meninggal bersama karena kecelakaan.

Duh,
Ini bagian yang paling aku gak suka sih.. mau nyeritainnya juga wagu banget. Abisnya, sang Ibu tiri juga suka dan tergila-gila sama Pak Dokter Shin sampai rela membunuh suaminya sendiri yang hidup selama 20 tahun bersama. itung-itungan umur hayoo…pasti!

Sinopsis Ending Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 3
Ibu tiri yang doyan!

Ya, si Ibu tiri ini dapet Bapaknya Pak Dokter Shin emang jarak usianya jauh banget. Tapi tetep mau dinikah karena tajir itu tadi sih.. Siapa yang gak ngiler? Meski tua ya, ho oh aja.. Dan setelah 20 tahun bersama, sang istri tega banget membiarkan suaminya kena serangan jantung di bioskop saat mereka sedang nge-date, coba?!?

Jadilah arwah si Bapak Dokter Shin ini gentayangan di season ke 3 ini.

Pasangan Kedua : Lee Si-Eun & Park Hae-Ryun

Sinopsis Ending Finale Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1, 2 dan 3
Pasangan Lee Si-Eun & Park Hae-Ryun

Pasangan berikutnya adalah Lee Si-Eun & Park Hae-Ryun adalah pasangan ideal berikutnya. Pak Pae Hae Ryun adalah seorang profesor seni di kampus ternama. Pekerjaan mapan dan istrinya, Lee Si-Eun adalah cinta pertamanya yang hubungan mereka kalau ditotal sejak masa pacaran sampai menikah 20 tahun lebih.

Hingga manis, asem, paitnya kehidupan tuh ibaratnya udah dirasain berdua gitu.. Sampai suatu saat sang suami dapat godaan dari salah satu pengajar yang dulu adalah mahasiswanya juga, Nam Ga-Bin.

Kini, sang anak didiknya, adek Nam Ga-Bin menjadi idola aktris musical teater ternama se-Korea Utara dan Korea Selatan. Dan suatu hari karena saking intensnya hubungan Pak Dosen dan Nam Ga Bin ini, eh..jadilah keterusan.

Ending Season 1 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Lee Si-Eun & Park Hae-Ryun

Pake alasan muter-muter ke jakarta, Jerman, Kutub Utara, akhirnya ujung-ujungnya ketauan juga kalo Pak Dosen punya cem-ceman. Alasan cerainya awalnya karena merasa hidup terlalu lama bersama ((rada absurd kan…cowok tuh kalo uda ada gelagat rewel-rewelnya gini, pasti deh..)), sehingga minta untuk menyudahi pernikahan ini.

Dan walnya sang istri masih keukeuh ingin mempertahankan pernikahan sembari memperbaiki penampilan dan pelayanan terhadap suami. Pas ujung-ujungnya ketauan selingkuh, sang istri langsung melepaskan, seketika. Bukan, bukan karena tahu siapa selingkuhannya sang bintang tenar Nam Ga Bin yang bahkan anak pertamanya mengidolakan Nam Ga Bin karena ingin menjadi seniman sesukses Nam Ga Bin. Tapi karena tahu sang suami sudah gak ada pandangan cinta lagi terhadap diri Lee Si-Eun, yang tiap hari tangannya dibalut koyo saking lelahnya menulis naskah radio.

Sinopsis Ending Finale Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1
Lee Si-Eun, istri Pak Dosen yang bekerja sebagai penulis naskah sebuah acara radio

Ending Season 2 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Lee Si-Eun & Park Hae-Ryun

Setelah tahu bahwa suaminya memiliki hubungan yang spesial dengan wanita lain, yaa.. Bu Lee Si Eun mundur teratur yaa.. Perlahan diberi tahu kedua anaknya dan shock berat. Awalnya sang Ibu gak memberitahu siapa selingkuhan Bapaknya sampai akhirnya ketahuan sendiri. Pas belanja di supermarket, eh.. ada anaknya juga lagi belanja, Jadilah ketangkep basah.

Dan di saat seperti ini, dialog antara suami-istri dan Bapak-anak uda bener-bener buntu sih.. Bapaknya mengajarkan adab dan membuat pembelaan, tapi sang anak sudah dewasa dan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, sehingga anaknya pun merelakan bahkan meminta sang Ayah untuk segera meninggalkan rumah beserta barang-barangnya, Terpuruk, terpukul, hancur, bahkan si anak pertama yang sudah dewasa ini ingin bunuh diri.

Namun tersadar bahwa ada sang Ibu yang kuat dan butuh kekuatan dari anak-anak.

Menjelek-jelekkan dan membenci orang tak akan membuat kita merasa lebih baik.
Semakin marah, maka semakin sakit.

Lee Si-Eun, quote Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Apakah sang Bapak Dosen bahagia setelah keluar dari rumah?

Konflik Season 3 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Lee Si-Eun & Park Hae-Ryun

Yang paling kasian dari ketiga pasangan ini ku bilang ya, si Pak Dosen ini. Saat udah bela-belain ninggalin keluarganya demi perempuan muda dan aktris musical ternama, eh, tiba-tiba Pak Dosen pun dicongkel sama Nam Ga Bin, yang dilamar balik sama mantannya, anak holkay pemilik perusahaan farmasi terbesar di korea ((mirip-mirip Siwon oppa gitu deh…))

Dan walau berat, Pak Dosen memunguti barang-barangnya yang selama ini ditinggalkan di rumah Nam Ga Bin saat sedang bermalam bersama. Dan rencana pernikahan mereka yang semula akan diadakan di tahun baru pun ambyaarr~

Nam Ga Bin lebih memilih kembali ke mantannya dan dengan gercep, si mantan juga merencanakan pernikahan dengan Nam Ga Bin. Semua sudah dilakukan dan tinggal menunggu hari, lalu badai terjadi lagi.. mantannya oleng ke Sa Pi Young, hanya karena kesan pertama bertemu Sa Pi Young di sebuah klinik kecantikan, Sa Pi Young berteriak kencang dan itu membuat Dong-Ma (tunangan baru Nam Ga Bin) merasa jatuh hati.

Lah?

Sinopsis Ending Finale Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 2
Konflik Love (ft. Marriage & Divorce) Season 3

((westalah…nonton drama Drama Love (ft. Marriage & Divorce) ini tuh mirip konflik di sinetron Indonesia. Hanya bedanya gak ada zoom in-zoom out aja))

Pasangan Ketiga : Boo Hye-Ryung & Pan Sa-Hyun

Sinopsis Ending Finale Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 3
Pasangan Boo Hye-Ryung & Pan Sa-Hyun

Pasangan terakhir di drama Love (ft. Marriage & Divorce) adalah pasangan Boo Hye-Ryung & Pan Sa-Hyun. Sang suami yang bernama Pan Sa-Hyun adalah seorang pengacara di sebuah firma hukum ternama dan menikah dengan Boo Hye-Ryung, seorang penyiar radio ternama.

Kalo di Indonesia nih mungkin kaya Dokter Nycta Gina atau siapa yaa.. yang kerjaannya cuap-cuap tapi juga trendi dan cantik banget? Ya, begitulah..

Pasangan ini terpaut satu tahun lebih tua yang ceweknya. Dan sepakat untuk child free alias gak punya anak karena satu dan berbagai alasan, yang cewek yang kepengen repot, gak kepengen karirnya berhenti dan begitu pun yang cowok. Namun, godaan terjadi di tahun ketiga pernikahan mereka. Mendadak ada wanita yang menarik Pan Sa-Hyun di tempat fitness, jadilah mereka saling curhat dan….

Ending Season 1 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Boo Hye-Ryung & Pan Sa-Hyun

….dan akhirnya si cewek selingkuhannya ini hamidun.

Sinopsis Drama Love (ft. Marriage & Divorce) 1, 2 dan 3
Song Won, selingkuhan yang gak sengaja hamil

Apa yang membuat mereka sulit putus dan mau gak mau kudu menikah meski dunia menghujat mereka pasangan kumpul kebo?

Kondisi Song Won sebenarnya adalah seorang janda tanpa anak. Ia menikah dengan pasangan sebelumnya selama 5 tahun dan terpaksa bercerai karena Song Won tak kunjung hamil. Suaminya udah nikah lagi dan Song Won belum nikah lagi karena merasa “bukan perempuan sempurna” karena gak bisa punya anak.

Namun siapa sangka, hubungan singkatnya dengan Pak Pengacara Pan Sa-Hyun malah menghasilkan buah cinta mereka. Aduuh~ Aku ikut terharu tapi juga miris sih.. Yang bikin orangtua dari pihak Pak Pengacara ini gak bisa marah adalah selingkuhannya Pak Pan Sa-Hyun ini sopaaaan banget. Kalau bahasa Jawa-nya “lembah manah” gitu kalo ngomong. Beda banget sama kelakuan mantu aslinya, Boo Hye-Ryung.

Boo Hye-Ryung punya harga diri yang tinggi karena ia cantik, kaya dan bisa memenuhi semua kebutuhannya sendiri. Ketika mengetahui suaminya selingkuh, Boo Hye-Ryung pun mendendam dan selalu pake hukuman fisik alias suaminya dipukulin, ditabokin bahkan di depan umum, di hadapan ibu bapak mertuanya. Orangtua mana yang gak sedih ya…??

Ending Season 2 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Boo Hye-Ryung & Pan Sa-Hyun

Akhirnya Boo Hye-Ryung setelah keukeuh gak mau cerai dan mengusahakan untuk hamil, menyerah dengan usahanya. Boo Hye-Ryung memutuskan untuk mengalah dan mau menceraikan suaminya dengan syarat ia minta dibelaikan rumah di lingkungan termahal dan terbaik di Korea.

Kalau nonton drama The Road: The Tragedy of One, yang hanya 1% orang Korea yang tinggal di lingkungan terbaik, nah.. si Boo Hye-Ryung minta ke Bapak mertuanya yang kaya raya untuk memenuhi permintaannya tersebut. Setelah dilepaskan dengan sama-sama ridlo dan ikhlas, Boo Hye-Ryung cari masalah lagi.

Sinopsis Ending Drama Love (ft. Marriage & Divorce) 1
Boo Hye-Ryung jumpa pers dan membeberkan masalah keluarganya ke ranah publik

Karena doi artis kan yaa… Jadi doi menggelar pers conference dan mengaku telah resmi bercerai dengan suaminya karena suaminya berselingkuh hingga si selingkuhannya hamidun. Dengan fakta sesungguhnya yang dibeberkan ke media massa dan semua orang bersimpatik dengannya, Boo Hye-Ryung merasa di atas angin, sehingga harga dirinya balik lagi.

Ia sudah bener-bener siap menjadi janda yang menarik dan mulai mencari kecengan baru. Berhasilkah Boo Hye-Ryung mendapatkan kecengan baru?

Konflik Season 3 Love (ft. Marriage & Divorce) : Pasangan Boo Hye-Ryung & Pan Sa-Hyun

Setelah kecengan Boo Hye-Ryung pada ambyar, dari mulai teknisi radio, Pak Seo Ban dan adiknya, Seo Dong-Ma gak mau sama Boo Hye-Ryung, ia pun kembali ke kenyataan bahwa kini ia hidup sendiri, tanpa anak dan suami. Rasanya gak enak banget kalo uda sampe rumah.

Dengan hati yang tulus, ketika anak mantan suaminya lahir, maka ia pun menjenguk dan mengatakan bahwa akan ikut membantu mengurus sang anak yang ditinggal meninggal ibunya saat lahir ini dengan sepenuh hati. Membelikan popok dan sesekali menyusui menggunakan dot hingga si bayi tertidur.

Ya, Song Won (Ibunya sang bayi) ini meninggal di Love (ft. Marriage & Divorce) season ke 3 ini. Padahal ending season ke 2 kemarin ia tampak mengenakan gaun pengantin dengan Pak Seo Ban. Entahlah apa maksud PD-nim drama Love (ft. Marriage & Divorce) yang memberikan ending halu begitu..

Sinopsis Ending Finale Drama Love (ft. Marriage & Divorce) 3

Mulai ada bau-bau bakalan rujuk nih.. Meski Pak Pengacara Pan Sa-Hyun masih masa berkabung, karena shock banget ditinggal meninggal sang pelakor kan.. Tapi kehidupan harus terus berjalan dan harus ada sosok “eomma” untuk anak semata wayangnya.

Kesan Nonton Drama Love (ft. Marriage and Divorce) Season 3

Jadi bagi yang belum tahu mengapa Drama Love ft. Marriage & Divorce ini sampai berseason-season? Apakah gak bisa diselesaikan dalam 1 season? Jawabannya adalah karena ini drama. Semakin nambah season, semakin menambah ke-absurd-an drama Love ft. Marriage & Divorce ini.

Tapi anehnya yaa..makin absurd, makin aku gak melewatkan. Haha… kaya yang ada magnetnya ini drama tuh.. Drama Love (ft. Marriage & Divorce) yang tayang setiap hari Sabtu dan Minggu di Netflix, meski bukan siaran unggulan, bahkan ratingnya dibawah 10%, tapi aku masih mengikuti eps demi eps dan masih penasaran sama ending yang diberikan di Love (ft. Marriage & Divorce) season 3. Apakah akan ada season ke 4? ((Hihii))

Sinopsis dan Pemeran Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 3
Pemeran drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 3

FYI,
Di drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 3 ini ada beberapa pemain yang diganti. Seperti Ibu tiri genit yang suka sama Dokter Shin, Pak Dokter Shin Yu-Shin yang fenominil nya sendiri dan Pak Pengacara Pan Sa-Hyun. Yang paling sedih sih lihat Pak Pengacara Pan Sa-Hyun yaa.. Kadung nempel wajah lugunya Sung Hoon kan.. Aktor yang terkenal dengan perannya “Cinta Satu Malam”. Teruus aja gitu dia dapet peran modelan gitu.

Baca Juga Filmnya Sung Hoon : Are We in Love (2020)

Ending Finale pemeran Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1, 2 dan 3
Byebye, you two~

Lesson Learned Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Mencari Kebahagiaan yang Seperti Apa?

Kadang bingung yaa.. Kalau sudah mapan, rumah bagus, istri cantik, pekerjaan mapan, anak sehat dan cerdas, jadi kurangnya apa? Dan aku terpukau banget sama kelapangan hati istri dari Pak Dosen, Lee Si-Eun PD-Nim yang selalu bijak dalam mengambil keputusan.

Tak ada jalan untuk bahagia karena bahagia adalah jalan itu sendiri.

Lee Si-Eun, Quote Drama Love (ft. Marriage & Divorce)
Ending Finale pemeran Drama Love (ft. Marriage & Divorce) 1

Sakit Hati Boleh, Membenci Jangan

Kebiasaan kita senantiasa mengutuk keadaan yang gak sesuai dengan keinginan ini sungguh akan memperburuk keadaan dan bisa jadi salah dalam mengambil keputusan. Yang bijak adalah mengambil keputusan saat kepala dingin dan dengan hati yang tenang. Cinta dan bencilah seseorang sewajarnya.

Jangan sia-siakan perasaan dan waktu kita.
Mulai fokus menanam bunga kebahagiaan kita sendiri.

Lee Si-Eun, Quote Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Keserakahan Manusia Adalah Hal yang Paling Buruk & Menakutkan

Ketika ada banyak hal yang diinginkan, ingatlah bahwa ada banyak hal pula yang harus disyukuri. Jadi jangan pernah merasa bisa mendapatkan semua keinginan. Sudah dapat satu ingin dua, tiga, empat dan seterusnya. Pasti akan selalu merasa gak puas dengan apa yang sudah ada di tangan.

Kalau kau tidak bersyukur dengan apa yang kau punya dan menjadi tamak, semua akan hilang.

Quote Drama Love (ft. Marriage & Divorce)
Bocoran Ending Finale pemeran Drama Love (ft. Marriage & Divorce) season 1, 2 dan 3

Tahu Diri dan Jangan Melewati Batas

Ketika manusia merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan tidak muncul keserakahan, maka yang terjadi adalah mampu menempatkan diri. Tidak berjalan menghadap ke atas dan selalu melihat ke bawah dengan segala kefanaan dan kelemahan manusia.

Manusia harus kehilangan untuk mendapatkan.
Sebagai ganti cinta yang kau dapatkan, kau harus rela kehilangan kehormatanmu sebagai Ayah.

Quote Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Best Scene Drama Love (ft. Marriage & Divorce)

Sebenernya kalau dibilang best scene, aku jadi ingat realita bagaimana hancurnya sebuah mahligai pernikahan yang keluarganya dinodai oleh isu perselingkuhan. Di Indonesia sendiri yang sempat heboh ada kasusnya Maia – Dhani, Bambang Trihatmodjo – Halimah, Sarita Abdul Mukti – Faisal Haris, hingga yang viral adalah kasus perselingkuhan “Layangan Putus”, Mommy ASF – Ricky Zainal.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil?
Pelajaran bahwa sebagai hamba Allah selalu ada yang namanya ujian dalam rumah tangga. Sekuat apapun kita inginkan, kita pertahankan, kalau Allah sudah membolak-balikkan hati manusia, selalu aja ada yang salah di mata pasangan yang tega berselingkuh.

Kalo memenya ya..
“Selingkuh tuh karena lelaki gak punya tanggungan KPR lagi.”

Tapi ya, gak gitu juga…
Pokoknya baik lelaki atau perempuan, kalau sudah kena godaan setan, apapun yang dibisikkan si “setan”nya ya…selalu tampak manis. Kalau kata Mamah mertua “Apa gak takut dosa?”

Jadi,
Masih nekat nonton drama Korea bertemakan perselingkuhan?

Asal bisa mengambil manfaatnya dan gak bikin overthinking, aku sih hayuk aja… Apalagi drama Love (ft. Marriage & Divorce) ini memang agak konyol bin konyil. Jadi pas nonton gak perlu dianggap seserius itu. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari setiap tontonan yaa..

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

62 pemikiran pada “Makna Pernikahan dan Keluarga dalam Drama Love (ft. Marriage & Divorce)”

  1. Lesson Learn nya jadi reminder banget itu, biar jangan kelamaan membenci karena memang efeknya ke kesehatan juga, walau melupakan rasa sakit hati tak semudah yg dibayangkan ya

    Balas
  2. waaahh udah di bikin reviewnya euy, sukaaa deh. season 3 lebih greget ya karena agak plot twist juga. aku suka tuan seo akhirnya jadi sama lee si eun, eh bener gak sih nulisnya? hehe. aku sebel sama karakternya Boo Hye-Ryung tapi mati kutu dia setelah pak seo naksirnya sama lee si eun, wkwkwkw. sayang ya beberapa pemain di season 3 diganti, jadi berasa kurang gimana gitu nontonya

    Balas
  3. PAsti karena bagus dan diminati sampe ada 3 session ya kak. Ceritanya tentang huru hara pernikahan yang deket banget dengan kehidupan kita sehari hari. PAsti beberapa ada yang kebawa perasaan waktu nonton, jadi baperan ahaha

    Balas
  4. Drama perselingkuhan ampe season 3 wuidih. Mana pelakornya sahabatan ama pelakor yah wkwk. Jadi keinget layangan putus. Aku sendiri ngga masalah sih liat drama pelakoran asal ada pesan moralnya yang bisa diambil. Bener kalo selalu ada yang namanya ujian dalam rumah tangga. Jadi balik ke diri masing-masing aja, tanyakan kembali tujuan pernikahan itu apa.

    Balas
  5. Mb Leeenn aku ntn ini sampe season 2 wkwkwkkwkw dan berhenti pas di season 3 soalnya pemainnya diganti wkwkwkwk.
    Asli emang sinetron banget tp kok ya seru hahahaha…

    Balas
  6. Aku juga nonton yg season 3 ini. Tapi kenapa pemainnya sebagian ganti ya. Jadi rasanya kurang greget. Aku lebih suka pemeran dokter suami sa pi yong yang dulu. Plus pengacara yang dulu lebih ganteng dan tinggi ya. Hihihi….

    Balas
  7. Weleeh weleehhh, masalah perslengkian ini mendera sejuta umat di dunia yak.
    Gak di Indonesia, gak di KorSel, sami mawon.
    Aku sempat lihat beberapa episode yg pas season 1, tapi ogah ngelanjutin
    kuatir parno wkwkwkwk

    Balas
  8. wadiidaaww, udah sampai season 3, pasti konfliknya makin bertambah aja ya Teh.
    duuh gak berani ah nonton, takut jadi emosiong hihih, cukup baca review disini aja ah 😀

    Balas
  9. Coba kita tanya Ami gimana sih cara makan apel ga bersuara? Hahahahah Bisa2nya si laki dokter ini tertarik cuma gara2 itu. Meskipun mungkin drama, namun bisa juga terjadi di kehidupan nyata ya mbak 😀 Padahal isterinya cantik dan anaknya manis, tapi yaaa begitulah perselingkuhan hhmm 🙁 Ini baru lihat posternya aja udah mikir bakalan kompleks kisah2nya penuh drama hahaha 😀

    Balas
  10. Aku nonton Love (ft. Marriage & Divorce) ini di season 1. Tapi gak sampai selesai karena sudah kesal duluan, lah kok semua tokohnya tukang selingkuh. Rasanya terlalu injek-injek nilai di dalam diriku wkwkwkwk…Jadi ketimbang kesel mulu, bikin naik darah, yah mending gak nonton lah. Eh ternyata banyak yang suka ya, sampai terbit season 3 segala

    Balas
  11. Drakor tentang rumah tangga suka bikin deg-degan. Kalau nonton yang seperti ini jangan sampai suami tahu wkwkwk (itu kalau akuuu).

    Aku belum nonton yang judul ini siy. Next dicoba ahh.

    Balas
  12. Woaalaah kok ruwet men to iki ceritanya, sana sini pada selingkuh hiks… sedih deh kalau membahas masalah perselingkuhan. Entah siapa yang memulai, pasti berakhir dengan kesedihan orang yang dikhianati. Apesnya, biasanya yang udah mendampingi bertahun-tahun ini yang akhirnya terdepak. :'(

    Balas
  13. Aku dari dulu memang menghindari drama berbau selingkuh mba. Ga pernah aku tonton .. tapi aku ga masalah baca spoiler nya 😂. Itung2 toh aku males emosi jiwa kalo nonton LGS, mendingan cari tahu dari review begini. Kalo baca, kesannya kan lain 🤣🤭.

    Buseeeet dah, konfliknya ga abis2 yeee, muter2 ajaaa wkwkwkwkwkw. Aku ga kebayang kalo ngikutin seri nya, baca di sini aja udah kebayang puyeng 7 keliling 🤣😂..

    Penasaran juga Ama cewe yg makan apel ga bersuara 🤣🤭

    Balas
  14. Hebat nulis ulasannya panjang kali lebar. Drama drama drama.. Mana mungkin ada cerita drama yg singkat yaa. Yah yg penting penonton bs ambil pelajaran dr drakor ber-season² itu…

    Balas
  15. Justru aku suka sama cerita2 kek gini, kek layangan putus, banyak pelajaran hidupnya. Dan bagimana kita menyingkapinya kalo pas ada di realitanya.
    Pendewasaan emosi juga dapet buat kita yang nonton, agar ga membenci tokoh2 yg ada apalagi tokoh pelakor.
    Kebanyakan kan nitijen dan warga +628 buy story film, tar disamain/disambung2in dalam kehidupan nyata dan banyak yg overthinking hhahaa.

    Balas
    • Duh susah Teh untuk tidak membenci lakon yang ada di tayangan. Dia representasi watak jelek yang ada di keseharian soalnya. Pas nonton layangan pedhot aja aku cuma sampai episode 3, udah ga tahan pengin ngulek2 si Aris dan Lidia hahahaa…

      Balas
  16. Wah seru ya kayaknya 3 season gini full of drama…
    Jadi penasaran pengen nonton.. Tapi takut kebawa emosi banget kalau nonton soalnya sekali mulai tuh kayak kecanduan mau nonton lagi dan lagi hehe

    Balas
  17. aku tuh kalau nonton film tentang oerselingkuhan gini hawa esmosi pasti suka aku skip… taoi baca reviewmu malah bikin aku makin oenasaran ama drama nya hehehe

    Balas
  18. Drama ala sinetron yang dipanjangkan begini bikin aku nggak kuat mau nontonnyq apalagi temanya selingkuh hihi emosi jiwa bawaannya sempat mau nonton pas viral dulu..

    Balas
  19. Ini ceritanya kayaknya rumit gitu ya… Justru bikin menarik utk ditonton. Yang membuat ceritanya gak pusing apa ya, dengan kerumitannya hahaha… Yang ngulasnya juga keren mba Lendy, gak bikin bingung yang baca 😁 walaupun buat saya nama2 korea itu susaaah… susah dihapal dan susah dibaca wkwkwk

    Balas
  20. Gemes,gemes en gemes banget deh kalau udah cerita perselingkuhan.Kalau dipikir ya kurang apa coba istri dari Dokter Shin, cantik muda, eh selingkuh lagi.Gak sekali sama si ibu tiri juga. Weleh…Apalagi pas dia tidak mau bercerai dan mengatakan secara berkilah kalau semua laki-laki seusianya pasti mengagumi dan menyukai perempuan lain. Gak semua lagi pak dokter..
    Jadi penasaran nih mau nonton walaupun gemes,hiks

    Balas
  21. panjang banget ya drakor yang ini mengalahkan drakor penthouse. Entah kenapa saya gak terlalu tertarik untuk nonton mbak. sekadar tahu aja baca sinopsisnya hehe karena kadang lelah juga ya nonton cerita yang rumit banget. Untung aja ada artiklenya mbak Lendy yang bahas sinopsis tiap drakor, jadi bisa milih milih dulu drakor mana yang asyik ditonton ihhihi nuhun.

    Balas
  22. Aku baca semua dtil reviewnya…dan yakin kenapa ini berseason-season karena memang drama,..makin dipanjangin main absurd ceritanya , ruwet persis sinetron Indonesia bedanya cuma enggak deng deng,,zoom in zoom out kwkkw
    Tapi setuju, tema apapun temasuk perselingkuhan kita tonton untuk mengambil pembelajaran. Jadi enggak perlu overthinking, yesss!

    Balas
  23. Saya buta ta-ta-ta drakor satu ini. Sempat penasaran tapi kok mak tratap agak takut mau kepoin season 1-nya. Cerita perselingkuhan masih bikin deg-degan krn takut overthinking. Tapi sebenarnya kalau dari review Teteh ini, kita jadi bisa belajar banyak hal ttg problematika pernikahan. Tapi pikiran kudu positif. itu yg masih perlu dikondisikan.

    Balas
  24. Duh pak dokter, masa selain sama Ami selingkuh juga sama ibu tirinya.
    Emang ya, selingkuh itu nggak kenal profesi, nggak kenal level pendidikan juga. Padahal di negara manapun, namanya perselingkuhan itu bawa image negatif bagi pelakunya

    Balas
  25. Engos2an deh kayaknya. Aku nggak nonton ini teh. Eh belum hahaa..
    Selingkuh mah utk orang2 tydac bersyukur ya. Padahal istrinya udah cantik baik. Apalagi artis. Teteup ajaa godaan dan tergoda.

    Balas
  26. Waktu tau sesion 3 ada pemain yang diganti agak sebel ugak sih tapi ku tetap nonton karena yang ketiga ini lebih seru. Apalagi kelakuan ibu tiri yang gemes dan ketemu sama menantu selingkuhan anaknya hahahahaa… Aku sedih kenapa Song Won pergi duluan sih, padahal pengen lihat si Boo Hye-Ryung menderita dulu lihat kebahagiaan mantan suami dan istri barunya, heheheee….

    Balas
  27. Wow nonton ini jadi ikut kebawa kesal nih kayaknya. Hahaha. Aku ngebayangin aja rumah tangga karna uang tuh ya berapa. lama bertahan. Buktinya masih tega biarin suaminya kena sernagan jantung di bioskop

    Balas
  28. Banyak tokohnya ya kak dalam drama satu ini. Pasti gemes banget jadinya kalau nonton drama perselingkuhan. Pengen kesal aja bawaannya sama si tukang selingkuh hehe

    Balas
  29. Waaduhh maak lendy cerita di drama ini bikin gemes kesel pengen krues krues dudududdu paling sebel kalau mengangkat tentang perselingkuhan.

    Semoga di kehidupan nyata keluarga kita jangan sampai ya makk mengalami selingkuh.

    Balas
  30. Huaaaa panjang ajaaaa

    Aku sih ga kuat ikutin ceritanya apalagi ini seputar selingkuh dan …i hate selingkuh karena udah kejadian di keluarga aku (adikku) tapi yang selingkuh adalah yang .. perempuan

    Apa pun alasan mereka, dampaknya pasti ga baik untuk anak anak

    Balas
  31. Hello there! This post could not be written much better!
    Reading through this article reminds me of my previous roommate!
    He continually kept talking about this. I most certainly will send this article to him.
    Pretty sure he will have a good read. I appreciate you for sharing!

    Balas
  32. aku orangnya over thinking mak jadi menghindari banget drama perselingkuhan hahaa
    karena pernah coba nonton eh kok jadi kebawa-bawa emosi sama suami sendiri :))
    Tapi drama love ft marriage ini emang rame banget di share org-org
    pensaran tapi ga berani nonton 😀

    Balas
  33. Keren juga ya drama ini
    Sampi dibikin tiga season
    Meskipun di season ketiga ini ada banyak juga pemain yang diganti ya teh
    Tapi tetap seru buat ditonton ya

    Balas
  34. Ceritanya komplit banget mbak, mulai dari kisah perselingkuhan hingga perceraian. Apalagi kalau tahu pasangan sudah memiliki kekasih, waduh nyesek banget tuh mbak di setiap pasangannya. Jadi, penasaran nonton setiap season nya.

    Balas
  35. Ceritanya rumit dan bikin penasaran ya. Terutama yang ada hantu suami yang penasaran itu.. Hihi.. Ada saja idenya, menarik tapi.. Kira-kira horror nggak ya ini…

    Balas
  36. Ini bikin ingat Turki wkwkkw, gara-gara layangan putus jadi Turki kena deh. Tapi memang ya drama perlakor , perselingkuhan menarik untuk diulik. Nyebelin tapi bikin kepo bacanya gitu deh, aku sekali nonton drakor setipe begini yang judulnya The Merried

    Balas

Tinggalkan komentar