Rookie Cops : Melindungi Eksistensi Sekolah Kepolisian Korea Selatan

Drama Korea Rookie Cops (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Bagi fans Kang Daniel ex-member Wanna One, kudu banget nonton drama remaja Rookie Cops yang berkisah seputar kehidupan sekolah Kepolisian di Korea Selatan yang bener-bener ada, KNPU (Korean National Police University). KNPU ini ada di Provinsi Chungnam (Chungcheongnam-do) dan didirikan sejak tahun 1979 (yang nonton drama Rookie Cops, pasti paham banget nih topi anak-anak kampus KNPU ada tulisan 1979).

Lambang sekolah KNPU sendiri adalah burung elang Korea yang bernama “Cham Suri” yang melindungi bunga khas Korea, “Mugunghwa”. Konon, mugunghwa ini adalah perlambang dari negara dan rakyat Korea. Sudah terbayang tugas dan tanggungjawab Polisi di Korea dan bagaimana membentuk mental terbaik agar bisa melindungi rakyat Korea, maka wajib banget nonton Rookie Cops.

Ending Drama Rookie Cops pada tanggal 16 Maret 2022 lalu sungguh menutup semua kasus yang terbuka di eps awal. Sebagai penonton marathon, aku suka sekali dan sama sekali gak kecewa meski meninggalkan seorang korban yakni salah seorang The Avengers Police (sebutan untuk geng Polisi di Rookie Cops) yang bernama Yoo Dae-Il.

Aku pikir, PD-nim sudah sangat tepat sekali memilih Yoo Dae-Il sebagai “tumbal” dari puncak kasus yang mengikat antara sang penjahat, petinggi di Kepolisian dan Narkoba.

Simak yuk, sinopsis ending Rookie Cops yang akan aku bahas berikut ini.
Let’s get it~

Drama Korea Rookie Cops (2022)

Sinopsis Rookie Cops Ending, alur dan konflik drama Rookie Cops
Poster kdrama Rookie Cops

Profil Drama

Judul : Rookie Cops / You and My Police Class
(Neowa Naui Gyeongchalsooeob / 너와 나의 경찰수업)

Sutradara : Kim Byung-Soo
Penulis Drama : Lee Ha-Na

Pemeran Utama Drama Rookie Cops :

Kang Daniel sebagai Wi Seung-Hyun
Chae Soo-Bin sebagai Ko Eun-Kang

Pemeran Pendukung Drama Rookie Cops :

Lee Sin-Youn sebagai Kim Tak
Park Sung-Joon sebagai Yoo Dae-Il
Kim Woo-Seok sebagai Seo Bum-Ju
Park Yoo-Na sebagai Gi Han-Na
Min Do-Hee sebagai Woo Ju-Young
Chun Young-Min sebagai Shin A-Ri

Genre : Romance, Life, Youth, Drama

Network : Disney+
Episode : 16

Release Date : Jan 26, 2022 – Mar 16, 2022
Setiap hari Rabu

Rating : 3/5

Sinopsis Lengkap Drama Rookie Cops (2022)

Berawal dari kehidupan Ko Eun-Kang (Chae Soo-Bin) yang biasa aja. Seorang cewek yang akan lulus SMA lalu memutuskan untuk mengambil Sekolah Kepolisian karena cowok yang disukainya sudah masuk menjadi mahasiswa KNPU sebagai kakel ((eiii…bahasa anak jaman jigeum nih.. Kakak Kelas, artinya)).

Meski Ko Eun-Kang ini gak cerdas-cerdas amat, ia mengandalkan keberuntungan untuk bisa masuk KNPU. Dan karena kondisi keuangan keluarga juga yang gak memungkinkan Ko Eun-Kang masuk universitas berbayar. Kalau masuk KNPU kan, gratis segala-galanya dan malah dapet gaji sebagai abdi negara ((kalau di Indonesia, mirip masuk STPDN gitu yaa..)).

Motto Kepolisian Korea : Negara, Keadilan, Kehormatan

Dan benar saja, saat hari H pengumuman, nama Ko Eun-Kang gak ada. It means, doi gak diterima nih.. di kampus impian. Jadi dia berkabung dan luntang-luntung gak tau arah. Kok ternyata, kakaknya Ko Eun-Kang, mbak Ko Mi-Kang menipu seorang lelaki agar mendapat tas mahal lalu memutuskan hubungan. Di pertengkaran kali ini pertama kalinya Ko Eun-Kang bertemu dengan Wi Seung-Hyun (Kang Daniel). Dan siapa yang tahu masa depan kan ya.. Kalau ternyata Eun-Kang nantinya jatuh cinta dengan Wi Seung-Hyun dan menjadi sweet couple di KNPU.

Konflik drama korea Rookie Cops
Kaget, karena Ko Eun Kang diterima di KNPU in last minutes

Singkat cerita, karena ada mahasiswa baru yang gak kuat mental, maka keluar dari pelatihan kampus KNPU dan posisi kosongnya ditempati oleh Ko Eun-Kang. Happy banget donk yaa.. Berbeda nasib dengan Wi Seung-Hyun, yang anaknya seorang petinggi Kepolisian Korea. Ia terbiasa hidup disiplin dan cerdas seperti didikan Ayahnya. Jadi ia bisa masuk ke KNPU dengan nilai tertinggi.

Kasus Pertama : Penghapusan Pelatihan Cheongram di KNPU

Ini sebenarnya masalah intern dari KNPU sih yaa.. Dan kasus pertama adalah ada seorang mata-mata yang menaruh kamera pengawas di saat para maba dari Sekolah Kepolisian ini sedang latihan. Namanya polisi, latihannya ya…berat. Dan gak sangka kalau ada yang merekam segala jenis kekerasan yang terjadi.

Contohnya, kalau gak nurut sama kakel, maka dipanggil dan dihukum di tempat khusus dengan hukuman fisik yang berat. Bisa jadi dipukul dan direndahkan melalui kata-kata kejam. Kalau di Kepolisian itu hanya boleh 3 kata, yakni “Ya Pak”, “Maaf, Pak” dan “Aku akan memperbaikinya”. Hukuman seperti ini yang gak membangun maka diprotes agar KNPU dibubarkan.

Siapakah dalang dibalik kasus pertama ini?

Kasus pertama ini ternyata ketahuan bahwa Gi Han-Na (Park Yoo-Na)-lah pelakunya. Ia dimintain tolong oleh seonbae yang selama ini membantunya ketika Ibu Gi Hanna dalam kesulitan dari segi hukum. Sebenarnya, Pak Polisi yang minta tolong ini gak jahat. Motifnya membubarkan KNPU adalah agar tidak terjadi KKN yang mengakar dari hulu ke hilir.

Kasus Kedua : Kekerasan & Pemerasan di Tempat Billyard

Berkat kasus perekaman kekerasan saat pendidikan Cheongram di KNPU ini diketahui publik, maka kebijakan yang dilakukan adalah penghapusan Pendidikan Cheongram. Anak-anak mahasiswa KNPU bisa tenang akan hal ini. Dan semua berterimakasih dengan Ko Eung Kang yang berani protes kepada kakak kelas dan membuktikan bahwa pendidikan dengan kekerasan itu tidak efektif di zaman sekarang.

Setelah itu, kehidupan di KNPU ya, seperti biasa.. Anak-anak belajar ilmu kepolisian setiap hari dan di hari weekend, mereka diijinkan untuk pulang ke rumah masing-masing dengan syarat, tidak boleh berbuat yang merendahkan kepolisian, termasuk berantem.

Di saat yang gak tepat, Wi Seung-Hyun dan Kim Tak malah memergoki seorang anak muda yang tengah diperas oleh geng preman di sebuah tempat billyard. Dan meski mahasiswa baru, Wi Seung-Hyun gak bisa mengabaikan kata hati. Ia menolong dan akhirnya malah terlibat pertengkaran. Parahnya lagi, geng ini menyetorkan hasil uang perasannya ke kakak kelas di KNPU.

Wah, mulai rudet nih..
Meski kasus ini akhirnya bisa terpecahkan juga dan si kakak kelas ini mendapatkan skorsing atas perbuatannya, muncul kasus berikutnya. Aku jadi mikir, kalau drama Kepolisian sukanya nemu kasus terus.. Kalau drama Kedokteran kaya Hospital Playlist, Ghost Doctor – nemunya kasus-kasus kedokteran terus. Bilangnya sih..gak sengaja yaa..?!

Kasus Ketiga : Kasus Paket Kosong

Karena kehidupan di Kampus Kepolisian sudah stabil, maka anak-anak kampus sudah mulai terpetakan kesukaanya nih.. Kalau Kim Tak suka taekwondo, karena sedari SMA adalah atlet taekwondo yang mengikuti kejuaraan se-SMA Korea dan ia berhasil memperoleh kemenangan. Sedangkan Woo Ju-Young, seorang mahasiswi Kepolisian yang suka sekali dengan Teknologi, karena ia berasal dari SMA Sains di Korea.
**persis kaya drama Melancholia, SMA di Korea itu ada SMA unggulan Sains, Bahasa, dan banyak bidang keilmuan spesifik lainnya.

Woo Ju-Young, jago hal-hal yang berbau sains

Pada suatu hari, Woo Ju-Young (Min Do-Hee) membeli playstation secara online. Uda niat banget karena antri dan barang keluaran terbaru. Eh, pas dateng, PSnya gak ada. Si paket isinya batu bata dan gulungan koran. Waduuw~

Marah kan yaa.. Woo Ju-Young dan meminta semua temanya untuk membantu menyelidiki kasus paket kosong ini.
Dan ternyata bener aja, kalau yang bekerja mengirim paket ini gak tau apa-apa. Ia hanya menjalankan perintah karena ia berutang pada si bos ini.

Kasus paket kosong ini akhirnya terbongkar dan lagi-lagi mahasiswa Kepolisian mampu membantu rakyat.
Yeay!

Kasus Keempat : Club Alto Case

Kasus yang paling berat karena kasus keempat dan kelima karena kasus ini melibatkan banyak pihak. Melibatkan Ayah Wi Seung-Hyun sebagai komisaris Kepolisian, Kepolisian Gangneung dan Klub Sinyu. Siapa mereka?

Ayah Wi Seung Hyun

Ayah Wi Seung Hyun – Adalah seorang komisaris di Kepolisian. Beliau juga lulusan KNPU dan kini menangani para petinggi Kepolisian dan gak ikut campur kalau ada kasus kecil. Salahnya, posisi Pak Wi Gi-Yong ini kebagian apesnya. Posisinya kejepit banget karena ia bagian di lobbying dengan pejabat bermasalah, di sisi lain, ia juga gak bisa ambil keputusan apapun. Pak Wi Gi-Yong hanya diperbolehkan menjalankan misi untuk menyelamatkan posisi Kepolisian dan posisi para pejabat koruptor, pejabat narkobink, dan penjabat yang usahanya butuh dilindungi polisi.

Jadi inget drama My Name donk yaa..

Betul sekali. Karena di balik kejahatan yang sadis, ada polisi sebagai back-up yang melindungi kejahatan tersebut agar tetap aman dan si pelaku gak dihukum berat. Uda bukan rahasia lagi yaa.. Dimana-mana hukum bisa dibeli dengan uang. Bahkan sang penjahat di drama Rookie Cops ini wajah psiko-nya mengingatkanku pada Yoo Ah In di Film Veteran.

Ciri-ciri Psikopat :

Penampilan menarik
Pandai berbicara dan berbicaranya memengaruhi orang lain
Impulsif
Butuh stimulasi dalam melakukan aktivitas
Selalu merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari
Manipulatif, selalu berusaha keras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan

Kasus Kelima : Sap S*x Villa Gapyeong & Tabrak Lari

Belum tuntas kasus keempat, muncul kasus kelima dan semakin memperkuat dalang di balik kejahatan yang sudah tak terkendali ini. Karena salah seorang siswa polisi KNPU, Yoo Dae-Il meninggal saat sedang memata-matai sebuah kejahatan yang terjadi di Vila Gapyeong. Dan kejahatan ini adalah sebuah suap s*x yang dilakukan Jo Han Sol (Kim Kwon).

Jo Han Sol (Kim Kwon) dalang dari semua kejahatan besar di Rookie Cops

Suap ini dilakukan kepada para petinggi Kepolisian dan aparat hukum yang tergabung dalam Klub Sinyu. Dan parahnya, Klub Sinyu ini sudah terkenal sebagai klub alumnus KNPU yang sukses di Pemerintahan Korea. Sehingga ketika video yang direkam Yoo Dae Il beredar luas, maka jatuhlah harga diri sekolah Kepolisan KNPU.

Sebegitu tidak percayanya masyarakat Korea akan aparat hukum dan KNPU ke depannya. Apakah KNPU mampu bertahan di tengah badai yang menerjang?

Ending Drama Rookie Cops (2022)

Akhirnya, para geng yang tinggal ber-7 orang ini memutuskan untuk membuka kedok Jo Han Sol melalui keterangan yang diperoleh dari mulut Jo Han Sol sendiri Bagaimana caranya?

Caranya adalah Ko Eun-Kang menyamar menjadi salah satu pekerja s*x yang pernah hadir di Vila Gapyeong. Dan informasi mengenai cewek ini akan melaporkan polisi diberitahu Gi Hanna yang menyamar sebagai double spy (alias mata-mata ganda) untuk pihak Jo Han Sol dan pihak Kepolisian.

Kenapa pihak Jo Han Sol percaya gitu aja sama Gi Hanna, ini yang menurutku plot hole banget sih.. Easy to trust terhadap seseorang, padahal ia posisinya pemimpin perusahaan besar dan penjahat yang levelnya psiko loo.. Rada gak masuk akal, tapi masih okelah…

Mungkin kalau kelamaan gak selesai-selesai dramanya nanti yaa..

Dan pada akhirnya Jo Han Sol bisa diborgol berkat kerjasama Bapak dan anak, Pak Wi Gi-Yong dan Wi Seung Hyun. Case closed!

Mengapa Drama Rookie Cops Asik Untuk Ditonton?

Drama Pertama Kang Daniel & Langsung Jadi LEAD MALE

Bagi yang sedih banget karena boyband Wanna One bubar pada awal Januari 2019, maka menonton Kang Daniel di sini bisa menjadi pembuktian bahwa ia berbakat dan layak masuk dunia entertainment, meski bukan dari jalur menyanyi dan menari layaknya seorang idol.

Tapi, Kang Daniel salah satu idol dengan kemampuan dance dan kemampuan komunikasi terbaik, sehingga masih dipercaya untuk menjadi MC di sebuah acara dance terkenal, Street Woman Fighter bareng Taeyong (leader NCT) , BoA dan Hwang Sang-hoon.

Drama pertama Kang Daniel ex-Wanna One

Drama Korea Mengenai Masa Remaja

Yang suka banget sama Drama bertemakan remaja dengan segala mimpi dan kisah cinta tipis-tipis, drama Rookie Cops bisa menjadi tontonan. Untuk awal-awal drama, kasusnya gak terlalu ribet sih.. Dan aku suka model drama ringan tapi tetap menebak-nebak siapa pelaku dari setiap kasus yang ada di drama Rookie Cops ini?

Geng KNPU, The Avengers

Segala pertanyaan meski suka muter-muter dulu khas drama Korea, tapi pada akhirnya terjawab di eps Rookie Cops. Dan beberapa memang bisa jadi plot twist banget sih yaa..

Kaya kasus Billyard. Gak nyangka kalau ada sang kakel yang ikut ambil bagian. Bayanginnya serem gitu.. Ada anak muda dan masih sekolah Polisi, tapi sudah mulai praktek pemerasan. Duh!

Gimana masa depan dunia??

Plot Hole tapi Juga Plot Twist

Seperti yang aku bilang tadi, kasus di Rookie Cops ini terlalu cepat berlalu, tapi juga aku bisa pahami bahwa yang menangani adalah para mahasiswa Polisi (belum jadi polisi beneran). Lalu ada beberapa plotting waktu yang menurutku terlalu lama. Masa ada kasus orang hilang sampai sebulan dan mereka diem aja?

Padahal sebelumnya mereka sudah berjanji akan mengawal terus sang korban agar aman. Tapi sampai sebulan, korban hilang dan para geng polisi ini anteng-anteng aja. Emm~

Saat akan mengungkap kasus Jo Han Sol

Lesson Learn Drama Korea Rookie Cops (2022)

Hidup itu Sungguh Tidak Terduga

Sebenarnya dengan mengikuti pelatihan yang keras di Cheogram atau sekolah Kepolisian yang kabarnya hanya 2 minggu ini mirip banget sama wamil yang minimal lamanya 2 tahun. Esensinya di sini adalah anak muda selain dibentuk pola pikirnya yang cinta akan kesatuan, negara dan percaya dengan teman.

Polisi bekerja berdasarkan perintah

Quote Drama Rookie Cops

Seni Bertahan Hidup

Semua orang berusaha untuk bertahan hidup dan dalam Kepolisian yang korup mereka mengatasnamakan ini adalah seni bertahan hidup. Sehingga mereka menghalalkan segala cara, agar tetap bisa naik pangkat, dapat uang ceperan yang jumlahnya gak sedikit dan dipercaya oleh atasan juga para pejabat.

Tidak ada yang benar atau salah dalam bisnis.
Yang ada hanyalah seni bertahan untuk hidup.

Quote Drama Rookie Cops

Best Friends Forever

Gak percaya banget aku ada yang namanya persahabatan selamanya. Hihi.. Tapi bisa jadi persahabatan yang dibangun di saat belum jadi apa-apa seperti saat sedang kuliah begini akan awet banget sih..

Berlibur ke Pantai Gapyeong

Semua orang memiliki rahasia yang tak disukai untuk diketahui orang.
Namun, meski ada yang tahu, bukan berarti ini adalah akhir dunia.

Yoo Dae-Il, Quote Drama Rookie Cops

Trailer Drama Rookie Cops (2022)

Trailer Rookie Cops Disney Hotstar

Drama Korea yang lumayan untuk ditonton bila ingin mendapatkan vibes masa muda yang penuh semangat dan impian. Kalau di Film, persis bromance Park Seo Joon dan Kang Ha Neul di Midnight Runner. Film mengenai Siswa kepolisian yang penuh perjuangan mengungkapkan sebuah kasus.

Jangan lupa, nonton drama Rookie Cops ini tayang di channel Disney+ yang kini status dramanya sudah completed.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With Love,

logo lendyagassi
Spread the love

92 pemikiran pada “Rookie Cops : Melindungi Eksistensi Sekolah Kepolisian Korea Selatan”

  1. Besok aku nonton ah, kebetulan aku langganan juga, baca sinopsisnya aja aku udah suka sama ceritanya. Kira-kira berapa lama ya aku nontonnya? Hehe karena aku klo belum abis ga mau stop …

    Balas
  2. yeay, kasusnya semua bisa terpecahkan ya Kak, jadi gak gantung penasaran.
    cara yang ditempuh juga mulus lah ya, udah bisa jadi Polisi beneran meski masih dalam masa pendidikan nih Si Akang-akang, Teteh-teteh 😀
    kayaknya boleh juga nih ditonton nih, mumpung masih ada langganan Disney Hotstar nih 😀

    Balas
  3. Ada kisah persahabatannya juga, bikin seneng sih.
    Tapi daku belum langganan hehe. Minimal tahu ceritanya dulu dah dari Teh Lendy

    Balas
  4. Seru nih. Kalau jalan cerita ada kasus kasus nya gitu semangat saya bacanya. Merasa ikutan mikir nih nantinya jalan keluarnya bagaimana. Hehehe…
    Iya jadi pengen nonton langsung soalnya penasaran

    Balas
  5. Salah satu drama on going yang masih masuk listku nih
    Duuuh banyak PR drakor euy. Apa daya waktuku masih kudu konsen ke yang lain
    Trus baca reviewnya di sini, suweeer bikin makin mupeng hiks

    Balas
  6. Ini calon polisinya bening bening kinclong semua yaaaa hehehe pasti kalau sudah jadi polisi pada demen banget diperiksa periksa hahaha.
    Kece juga temanya nih… drama sekolah polisi, Indonesia belum ada film atau drama latar belakang begini

    Balas
  7. Aku pun suka banget Hospital Playlist, kalau aku suka juga Doctor yang diperanin Kim Rae Won sama Park Shin He. Tapi ntah kenapa ya drama tentang profesi kaya Rookie Cops gini emang suka seru, thanks reviewnya kak. Bisa jadi referensi nih

    Balas
  8. Suami saya yang nonton Rookie Cops, Mbak Len, sampai habis. Pake HP saya yang ada paket Disney Hotstar-nya 🙂 Dia cerita beberapa part saja … saya dapat gambaran lengkapnya di sini. Ternyata kasus2 di dalamnya pelik juga ya, sangat menantang. Saya lihat yang adegan wisuda di bagian akhir, kok ikut terharu.

    Balas
  9. Saya salut sekali dengan ide-ide film atau drama korea. Itu selalu ciamik. termasuk cerita soal seputar sekolah kepolisian Korea ini. Saya langsung membayangkan Mbak, banyak polisi dan polwannya korea yang wajahnya keceh-keceh, putih-putih sedang pelatihan di bawah terik sinar matahari hehehe.

    Balas
  10. Drama ini kerasa spesial banget karena Kang Daniel yang langsung jadi leadnya. Aku biasanya liat dari varshow aja, penasaran juga liat akting Kang Daniel. Kalo Soo Bin ini aku pernah liat waktu adu akting sama Ki Young, Teh. Drama Rookie Cops ini masuk list aku juga walau belum juga ditonton krn list on goingku lagi banyak. Bakalan nonton sih krn penasaran juga sama kisah calon2 polisi ini.

    Balas
  11. Serh juga ya ceritanya mengangkat tema kepolisian dan sepanjang episode penonton diajak untuk mengikuti kasus2 yang ada di drakor ini. Btw sekolah kepolisian dimana2 memang keras ya, kalau di Indonesia kasusnya kan malah ada yang sampai jadi korban.. tapi ya saya juga setuju sih kalau dibilang udah gak nyaman pendidikan kepolisian pake kerasan

    Balas
  12. Cakep bangett siih Korea mengemas sesuatu melalui film. asli cakeeepp, sukaaa. Berharap Indo tuh kalau mau promosi apaa gitu lewat film kayak Korea gini dijamin banyak banget yg akan teredukasi sekaligus terhibur.

    Balas
  13. Kalau uda cerita drakor sampe buket banget mak bikin iri hwahaha cukup baca tulisanmu ajadah lebih cepat ketimbang nonton yak 🙂 ko jd inget film AADC liat posternya *galfok

    Balas
  14. Wuihiii temanya tentang masa remaja dan bersinggungan dengan kepolisian. Kayaknya memang belakangan ini lagi banyak drama tema kepolisian, tapi kebanyakan karakternya emang udah jadi polisi ya. Baru ini nih yang sepengetahuan aku yang belum banyak ini, mengangkat tema remaja dan sekolah kepolisian.. Wadudu nontonnya kudu di Disney+ ya.

    Balas
  15. Jika hidup itu bisa terduga maka membosankan sekali, tidak ada rasa yg berdenyut untuk bagaimana menghadapinya, terlalu nyaman untuk bisa mempertahankan dan bila kenyamanan terlalu sering menghampiri maka kehidupan yang sejati akan berhenti.

    Eaaaa jadi bercelotehkan nih ha ha ha ha , maafkan yaa

    Balas
  16. Di Indonesia masih aja terjadi, masiswa meninggal gara-gara kekerasan dari kakak senior. Memang pendidikan dengan kekerasan ini sudah sangat tidak efektif di era moderen. Apa lagi sampai merenggut nyara orang. Aku aja yang baca sampai keki banget. Nah semoga institusi yang masih saja melakukan kekerasan terhadap murid baru nonton drama ini

    Balas
  17. Eh di Disney kayaknya ada nih , aku liat polisi yang bening – bening nggka kebayang juga kalau ketemu langsung pas usia ABG. Ha ha ha ih yg suka drakor dimanjain banget nih sama blog kamu mba Len…

    Balas
  18. yaampun selama ini terbuat sama streaming sebelah sampe ga tau kalo di disney hotstar ada drakor sekarang, padahal tiap beli paket internet selalu dapet langgangan disney hotstar juga.

    Kayanya seru ya, sedih tapi ada lucu-licinya juga dan ceritanya juga menarik

    Balas
  19. Fix langsung masukin ke list 💃💃.. drama begini yg ada kasus2 misterinya yg aku suka dari dulu 😁. Seruuuu. GPP deh yg investigate masih polisi yg belajar, tapi pasti seru.. udah lama ga nonton yg berbau kasus2 nih mba… Tapi aku pun lagi banyak nonton Drakor yg ringan2 dan berbau romance skr ini.

    Balas
  20. Mugkin karena usia,, saya suka drama yang berat. Kalau ketemu drama yang ringan tapi menyisakan plot hole langsung skip dan ga balik kecuali banyak yang rekomendasikan dari sisi lain. Biasanya menonton lagi.

    Balas
  21. Iya sih kalau dunia nyata jarang banget persahabatan kayakk di Rookie cops ini .. udah nonton Juga teh.. suka sama alurnya walaupun kalau disini sulit banget masuk sekolah polosi klo gàk Ada ((ketebelecenya))

    Balas
  22. dimana-mana kisah seseorang untuk meraih cita-cita nyaris selalu sama ya
    bersusah payah tes, ga lulus..ada kesempatan kedua eh pas udah bisa kuliah di tempat yang diinginkan selalu ada masalah
    tapi seru ini ya, karena latar dramanya tentang sekolah kedinasan
    pasti banyak hal2 yg tak diketahui diangkat di drama ini

    Balas
  23. hehehe… penemuan kasus kasus ini yang bikin ceritanya berkembang kakak, kalau udah nggak ada kasus, tamat deh.

    Beruntung ya Ko Eun-Kang, akhirnya impiannya buat melanjutkan pendidikan di KNPU bisa terwujud setelah ada satu peserta yang mundur

    Balas
  24. Waaah, belum sempet nonton dramanya Kang Daniel nih soalnya aku udah kebanyakan drama ongoing
    Rencananya mau ditonton marathon pas udah tamat aja, ternyata udah tamat kan yaaah

    Otw nonton ah, soalnya aku juga suka banget ama Chae Soo bin niiih

    Balas
  25. Yang main bikin matanya seger alias cakep2 mba.. mb, entah kenapa aku klo nonton drakor susah ngapalin nama..

    Eh, tapi bbrp drakor aku suka sih. Tapi lebih suka yang episodenya pendek..

    Balas
  26. Lihat review Rookie Cops di mana-mana yang katanya bagus jadi pengen nonton. Di Disney Plus banyak juga ya Drakornya mba? Saya kira film Holywood saja. Mesti siapin budget lagi nih buat langganan ^_^

    Balas
  27. Aku mandek di eps 1 dong. Nggak tau masih males aja nontonnya. Kayaknya ntar kalau pas longgar mau marathon aja deh. Kali lebih asyik bisa dapet vibenya dan nggak kelamaan nunggu lanjutannya.

    Balas
  28. Meski ceritanya seputaran drama, dan jujur saya sudah malas duluan untuk menontonnya. Tapi kalau disajikan dalam ulasan artikel yang saya baca bantuk cerita seperti ini jadinya masih terasa keasyikannya. Entah kenapa memang lebih tertarik membacanya daripada nonton nih

    Balas
  29. Aku suka dengan quote drakor ini: Semua orang memiliki rahasia untuk tidak diketahui orang lain , namun jika akhirnya diketahui ini bukan akhir dunia.
    Saya pernah mengalami itu. Setelah ada yang tahu sikapi dengan tenang tidak perlu klarifikasi dan grasak grusuk untuk pembenaran. Toh semua orang pasti punya rahasia hidupkan. Hanya akhirnya ada yang ketahuan & tidak

    Balas
  30. Aku belum kepikiran buat nonton Rookie Cops eh udah kelar aja. Ada sih lihat spoiler, cuma sebatas itu. Entah mengapa, aku kurang cocok sama Chae Soo Bin yang jadi anak sekolah. Kaya under estimate, tapi bukan itu. Di drama sebelumnya yang kutonton, dia jadi orang dewasa. Jadi kalau balik remaja gini, kumerasa aneh. Balik ke selera emang. Etapi, aku cocok sama Midnight Runners

    Balas
  31. Dulu saya kira Kang Daniel itu sebutan orang sunda ke cowok, eh ternyata memang namanya ya. Kayak Kang Tae Mo hihihi jadi nyasar ke sana. btw baca sinopsisnya seru juga yaa rookie cops tapi belum tergerak juga mau nonton nih.

    Balas
  32. Waah aku baru tau, ternyaata di Korea sekolah polisi gini cowok cewek dicampur ya. Jadi penasaran sama film Rookie Cops ini, bagaimana para mahasiswa polisi menyelesaikan kasus.

    Balas
  33. Dari review-nya menarik. Tadinya aku bayangin ini drama full komedi gitu, ternyata enggak juga ya. Sebenarnya udah dapat rekomendasi nonton drama ini cuma emang 2 bulan ini lg off karena beresin kerjaan. Kalau udah komplit gini bisa marathon akhir bulan nanti sekalian buat refreshing. Btw, gimana cerita itu agn ganda bisa dipercaya gitu aja, jadi penasaran juga.

    Balas
  34. Udah lama gak mampir sini dan selalu aja ngerasa ketinggalan update-an drakor terbaru haha. Aku suka nih teh yang plotnya pecahin kasus gini karena bikin gemes. Masukin wishlist juga nih Rookie Cops.

    Balas
  35. Wah..semacam STPDN atau Akpol ini ya..seru bacanya saja apalagi nonton. Sudah completed pun tinggal klik per episode. Penasaran plot twistnya apa ya. Dan gimana juga mahasiswa kepolisian bisa mengusut sebuah kasus. Hmmm

    Balas
  36. Aku belom nonton nih drama ini. Penasaran sih, fresh-fresh ya aktor-aktornya. Belom sempet eung. Masih nonton yang ongoing aja. Biar bisa sedikit-sedikit. Nanti nonton ah. Etapi anak gadisku udah nonton. Katanya seru.

    Balas
  37. Aku udah nonton drama Korea Rookie Cops ini, kak. Tapi aku hanya nonton sampai episode 2 aja. Menonton drama Korea Rookie Cops mengingatkan aku dengan drama Korea Police University.

    Balas
  38. Salud deh dengan teh Lendy yang punya banyak koleksi DraKor dan selalu di review. Jujur,aku memang sudah jarang nonton ya. Tapi dari reviewnya aku jadi penasaran mau tonton. Rookie Cops ini aku masukin wish list dulu deh.Entar cari waktu yang tepat nonton tanpa gangguan

    Balas
  39. Padahal yang bikin geng heboh ya sih Yoo Da Eil, yang suka sama Gi Hanna, huhuhu kasian juga sih jadi tumbal, blom beres nonton Rockie Cops keburu enek sama Jo Han Sol, penonton apaan inih

    Balas
  40. Pas sekilas liat posternya malah kebayang dramanya Mbak Kristal kemarin. Jadi agak maju mundur buat nonton. Apalagi udah kesenengan nonton drama bussiness proposal sama punya mbak Minyoung, auto tertundalah drama polisi ini, hehe.

    Balas
  41. Eh, ada lagi ya soal drama kepolisian ini. Nonton ah, walau kok rasanya gak asing sama drama satunya lagi yang dibintangi kristal. Eh, apa ya namanya kok lupa.

    Balas

Tinggalkan komentar