Makna ‘Sponsor’ dalam Dunia Bisnis Kecantikan

Drama Korea Sponsor (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Kali ini aku mau bahas drama yang uda tamat sejak 6 April 2022 lalu dengan pemeran utama Han Chae-Young dan Koo Ja-Sung. Sejujurnya, aku belum pernah melihat kedua lead male dan lead female yang memiliki age gap 12 tahun ini. Tapi second leadnya Lee Ji-Hoon, sang panglima Go Gun dalam drama River Where The Moon Rises, jadi pantang untuk dilewatkan kan yaa… hehhe~

Dengan berbekal tekad yang kuat, meskipun dramanya rada-rada mengesalkan, aku berhasil menyelesaikan 12 eps. Tema drama Sponsor ini adalah bisnis, dimana sebuah bisnis bisa terbangun karena adanya sponsor. Maka dari itu judul dramanya “Sponsor”.

Sebenarnya tidak hanya dalam dunia bisnis, kita membutuhkan dukungan atau linked orang yang berpengaruh. Entah itu sesama pengusaha, orang yang berpengaruh dari sisi kedudukan atau uang. Drama Sponsor ini adalah salah satu drama beresiko bikin penonton mengerutkan kening.

Bagaimana review dan sinopsis drama Korea Sponsor?
Simak ulasannya berikut ini, let’s get it~

Drama Korea Sponsor (2022)

Review Drama Korea Sponsor
Poster Sponsor Korean Drama

Profil Drama

Judul : Sponsor
(Sponsor/ 스폰서)

Sutradara : Kwak Ki-Won
Penulis Drama : Park Kye-Hyung

Pemeran Utama Drama Sponsor (2022) :

Han Chae-Young sebagai Han Chae-Rin
Koo Ja-Sung sebagai Hyun Seung-Hoon
Lee Ji-Hoon sebagai Lee Sun-Woo
Ji E-Suu sebagai Park Da-Som

Pemeran Pendukung Drama Sponsor (2022) :

Park Geun-Hyung sebagai Chairman Park
Kim Jung-Tae sebagai David Park
Jung Min-Kyu sebagai Han Yoo-Min
Kim Gang-Hyun sebagai Kim Gang-Hyun

Genre : Thriller, Romance, Drama

Network : iHQ, MBN
Episode : 12
Duration: 60 min.

Release Date : February 23 – April 6, 2022
Rating : 2/5

Sinopsis Drama Sponsor (2022)

Yang penting bukan sudah berapa lama kamu bernapas dalam hidup, tetapi berapa banyak momen menakjubkan yang kau alami dalam hidup.

Hyun Seung-Hoon, quote Drama Sponsor

Itu yang dikatakan seorang Hyun Seung-Hoon (diperankan oleh Koo Ja-Sung) saat sedang audisi ajang pencarian bakat untuk mengikuti acara “Survival Supr Model Runway Homme Fatale”. Namun, semua orang mengolok-olok Hyun Seung-Hoon karena usianya yang seharusnya sudah tidak saatnya di titik model pemula.

Biasanya kaitan antara usia di dunia modeling ini, mereka ada masa pensiun, dimana uda gak bisa jalan lagi di catwalk dan minim dipilih untuk brand ambassador sebuah produk. Dan melalui drama Sponsor ini aku jadi tau kalau model tuh bakalan super mahal kalo di endors sama brand kosmetik.

**bukan berarti baju, engga yaa.. Kalo sekelas Gucci, Louis Vuitton, Chanel, Versace, dan kawan-kawannya, pasti juga mahal yaa.. Tapi kaya ada musim-musimnya gitu lo.. Kalau brand kosmetik, bisa diperpanjang kontraknya kalau image sang artis mampu meningkatkan sentimen publik.

Perjuangan Hyun Seung-Hoon di Awal-awal Karir

APakah ending drama sponsor bahagia?
Koo Ja-Sung sebagai Hyun Seung-Hoon, mantan atlet sepakbola

Hyun Seung-Hoon – Sebenarnya adalah mantan atlet sepakbola yang gak bisa melanjutkan karirnya di dunia olahraga kaki tersebut karena cedera. Akibat cedera yang dialami, ia terhimpit masalah ekonomi yang pelik. Saking peliknya, sang istri Park Da-Som (diperankan oleh Ji E-Suu) menolak untuk terus melanjutkan hubungan pernikahan mereka.

Titik terendah Hyun Seung Hoon gak hanya sampai di situ, ia memiliki seorang anak laki-laki usia 5 tahun dengan kelainan jantung, sehingga membutuhkan perawatan khusus bahkan operasi besar agar tetap hidup. Darimana dapat uang? Untuk makan sehari-hari aja sulit.

Hyun Seung Hoon dan Park Da-Som belum cerai secara resmi dan masih tinggal satu rumah, hanya Park Da-Som di bagian bawah rumah mereka, sedangkan Hyun Seung Hoon di loteng bersama noona (kakak perempuan) dan anaknya, Hyun Jin-Young.

Memasuki Dunia Modelling

Melihat Park Da Som yang gigih mencari sponsor di dunia modelling, dunia yang memang ia geluti sejak sebelum menikah dengan Seung Hoon, maka Seung Hoon pun terinspirasi dan ikut-ikutan melamar jadi model.

Drama Korea sponsor nonton dimana?
Ji E-Suu sebagai Park Da Som

Ia pikir gagal dalam sebuah audisi, maka Hyun Seung-Hoon masih terus bekerja paruh waktu di sebuah toserba. Namun tanpa ia sadari, seorang wanita mengawasi gerak-gerik Hyun Seung-Hoon. Wanita ini tampak kaya dari penampilannya dan ternyata ia adalah pemilik perusahaan sekaligus bisnis Kosmetik terbesar di Korea, Sehan Beauty.

Wanita kaya ini bernama Han Chae-Rin (diperankan oleh Han Chae-Young). Di mata seorang Han Chae-Rin, Hyun Seung-Hoon tampak istimewa karena pesonanya yang sederhana namun kata-katanya kuat dan menarik perhatian. Dan Han Chae-Rin pun resmi menawarkan menjadi sponsor Hyun Seung-Hoon di dunia modelling.

Dunia baru seperti apakah yang menanti kehidupan Hyun Seung-Hoon?

Pernikahan Adalah Bisnis

Bagi seseorang yang memiliki kesempurnaan seperti Han Chae-Rin, cantik, kaya raya dan sukses namun hanya satu kekurangannya, yakni belum ada pendamping, Mungkin Han Chae-Rin takut ditanyain melulu pas pulkam, maka ia pun memaksa Hyun Seung-Hoon untuk menikah dengannya.

Dan Hyun Seung-Hoon pun bisa menikmati dunia yang diinginkan. Menjadi seorang model, memiliki uang tanpa batas dengan black card, dan tenar. Tentu, siapa yang gak tahu Han Chae-Rin?!

Kesan menonton Drama Korea Sponsor
Han Chae-Rin diperankan oleh Han Chae-Young.
Wajahnya kaya barbie banget yaah.. Siapa sangka kalau doi kelahiran 1980. WOW!

Tanpa melihat masa lalu Hyun Seung-Hoon, Han Chae-Rin pun menikah. Dengan berbekal keyakinan dan bawa pulang pria ganteng memesona, maka Han Chae-Rin bangga banget tuh menikah dengan Hyun Seung-Hoon. Dan ternyata setelah tahu dari detektif swasta yang disewanya, Hyun Seung-Hoon banyak sekali masa lalu yang gak ingin Han Chae-Rin tahu.

Kaya ternyata Hyun Seung-Hoon belum bener-bener resmi bercerai dan bahkan masih sering menghubungi mantan istri dengan berdalih ngobrolin anak sampai pada persaingan bahwa Park Da Som memiliki seorang sponsor seorang om-om yang seorang anak dari pengusaha kaya.

Pak pengusaha kaya ini adalah sponsornya Han Chae-Rin juga. Sampai sini sahabat lendyagassi pasti bingung banget yaah?

Iya, Han Chae-Rin ini belum bisa berdiri sendiri, karena usaha yang ia bangun bukan dari uangnya pribadi namun perusahaan dari hasil mengambil alih. Dan yang mengakuisisi ini adalah sponsornya, yakni Bapak Chairman Park.

Alur ending dan hubungan karakter drama Korea Sponsor
Alur Drama Sponsor

Perusahaan Sehan Beauty ini awalnya adalah milik Ayahnya Lee Sun-Woo (diperankan oleh Lee Ji-Hoon). Nah, bagiku, disinilah letak keseruannya. Karena kehadiran Lee Sun-Woo, semua masalah jadi terang. Apakah sponsor, sampai sejauh mana sponsor ini berpengaruh dan apa yang bisa diberikan ketika kamu ingin mendapatkan sponsor?

Masa Lalu & Dendam

Tidak ada satupun orang yang bisa mengubah masa lalu.
Namun dari masa lalu, kita akan menjadi seperti saat ini.

Quote Drama Sponsor

Lee Sun-Woo bekerja sebagai fotografer di Sehan Beauty, bersaing dengan anak kandung Pak Chairman Park yang sangat berpengaruh. Namun, ada motif lain mengapa Lee Sun-Woo tetap bertahan bekerja di bawah Pak Chairman Park meski tahu bahwa pesahabatan sang Ayah dinodai dengan mendadak perusahaan Ayahnya diserahkan kepada seorang wanita, Han Chae Rin.

Lee Ji-Hoon dalam drama Korea Sponsor sub indo
Lee Ji-Hoon sebagai Lee Sun-Woo, fotografer Sehan Beauty

Gimana igit-igit ((hehehe, bahasa Jawanya geram banget))-nya Lee Sun-Woo ketika melihat Han Chae Rin di kantor yaa.. Namun karena kebaikannya setiap Chae Rin ada masalah, termasuk masalah rumah tangganya dengan Seung-Hoon yang gak berjalan lancar karena terlalu banyak masa lalu yang menyakiti Chae Rin, maka retak sudah rumah tangga yang baru ia bina dalam beberapa bulan.

Belumlah karir Seung-Hoon menanjak, ia ditipu oleh kasus wanprestasi, karena ambisinya ingin menjadi kaya dan gak ingin dibentak-bentak Chae Rin sama adeknya melulu di rumah.

Auuh~
Seung-Hoon melarikan diri kaya gembel dan Chae Rin pun diam-diam membantu menyelesaikan masalah suaminya dengan menangkap pelaku penipuan yang asli. Namun bagi Chae Rin, forgiven not forgotten yaah.. Masalah memang diberesin sama Chae Rin, tapi ia tidak menerima suaminya kembali ke rumah dan memilih bercerai.

Lee Sun-Woo Mengincar Pelaku yang Menyakiti Pacarnya Sekaligus Pembunuh Ayahnya

Masalah lain yang berputar-putar di drama Sponsor ini selain rumitnya dunia bisnis, juga rumitnya dendam Lee Sun-Woo yang ingin mencari pelaku siapa yang menyakiti pacarnya sehingga trauma dan berakhir dengan menjalani perawatan di psikiater sebuah rumah sakit. Belum lagi, pelaku pembunuhan Ayahnya. Sebenernya belum meninggal sih.. tapi Ayah Lee Sun-Woo terbaring koma.

Lee Ji-Hoon sebagai fotografer di drama Sponsor ending
berdamage sekali, kaka.. Lee Ji-Hoon pegang DSLR

Dan pada akhir drama Sponsor ini aku suka. Sedih tapi sangat ideal untuk masing-masing karakter yang bermasalah sedari awal drama. Mau aku bisikin endingnya langsung gak nih…sahabat lendyagassi?

Ending Drama Korea Sponsor

Endingnya, semua kembali ke tempatnya semula. Hyun Seung-Hoon akhirnya sadar dengan ambisnya yang gak sehat dan pada akhirnya menghancurkan dirinya sendiri, keluarganya dan bahkan anaknya yang beranjak dewasa kelak akan malu jika mengetahui Ayahnya yang bekerja dengan melorotin cewek-cewek kaya.

Pun pekerjaan Park Da-Som di dunia modelling yang kerap mencari om-om kaya, sugar daddy buat jadi sponsornya demi karir dan demi membiayai perawatan rumah sakit anaknya. Setelah pelaku sebenarnya yang menyakiti pacar Lee Sun-Woo tertangkap, yakni David Park, anaknya Pak Chairman Park. Semua kembali pada posisinya.

Hyun Seung-Hoon kembali menata rumah tangganya dengan Park Da-Som. Dan Park Da-Som harus terus menjalani pemerikasaan di kantor polisi terkait masalah sponsor yang berarti praktek pr*stitusi ilegal yang terjadi di kalangan artis dan dunia usaha.

Ulasan dan penjelasan review ending drama korea sponsor
modisnya Han Chae Rin sebagai CEO Sehan Beauty

Pun Han Chae Rin yang mengumumkan akan menikah dengan Lee Sun-Woo selepas bercerai dengan Hyun Seung-Hoon, terpaksa harus menelan pil pahit dan menerima kenyataan bahwa selama ini begitu banyak manipulasi yang ia lakukan untuk sampai ke titik saat ini.

Lee Sun-Woo yang tadinya beneran mau menikah dan membangun rumah tangga bahagia bersama Chae Rin langsung menutup hatinya ketika tahu kenyataan bahwa yang memukul sampai koma sang Ayah adalah adik Han Chae Rin. Dan Chae Rin menutup-nutupin hal tersebut untuk melindungi sang adik tercinta yang juga menderita penyakit psikologis.

Ketika seseorang memiliki banyak hal untuk dilindungi, mereka juga memiliki banyak hal untuk disembunyikan.

Lee Sun-Woo, Quote Drama Sponsor

Lega banget nonton akhir dari drama Sponsor.

Kesan Menonton Drama Sponsor (2022)

Suka.
Meski mian,,,aku kasih score yang rendah banget. Bukan karena aku gak suka sama dramanya, tapi karena kadang beberapa scene terlihat lompat-lompat. Jadi terjadinya hanya sekedar kebetulan. Yah, namaya juga drama. Tapi terlalu tidak alami.

Ditambah lagi, musik latar yang menghiasi drama Sponsor ini tidak terlalu dominan. Aku agak merasa kurang dramatisasi dari sini ini sih.. Bayangin aja drama Korea yang biasanya jadi menegangkan, ini efeknya B aja gitu.. Salah satu drama yang kaya dengan musik dramatisasi yang paling aku inget adalah dramanya Song Joong Ki yang berjudul Nice Guy.

Aku sampai download tuh.. playlist musik dari mulai lagu sampai instrumennya yang sangat mewarnai di sepanjang drama.

Koo Ja-Sung dalam ending drama Korea Sponsor

Uniknya lagi, first lead dan second lead male di drama ini tuh agak rancu. Awalnya fokus ke kehidupan Chae-Rin & Seung-Hoon, tapi setelah itu jadi Chae Rin dan Sun-Woo. Pun tak terlepas dari akting super nyebelinnya Kim Jung-Tae sebagai om-om Sugar Daddy yang hobi merendahkan orang lain menggunakan perbuatan ataupun kata-kata.

Sukses kata aku mah.. doi dapet peran anak holkay yang minta ditenggelamkan!

Lesson Learn Drama Sponsor (2022)

Semakin Sukses, Semakin Ambis

Fitrahnya manusia memang, semakin sukses maka semakin banyak hal yang ingin diraih. Seolah tidak akan merasa puas, para manusia ini terus mencari cara agar ambisinya terpenuhi.

Saat kau mencapai puncak, kau akan semakin mendaki lebih tinggi lagi.

Quote Drama Sponsor

Balas Dendam Tidak Sehat

Tentu setiap yang namanya membalas itu akan terasa yang lebih sakit adalah yang melakukan pembalasan. Karena belum tentu orang yang kita balaskan dendam itu paham kalau ia pernah menyakiti atau melukai. Kecuali, balas dendam yang positif seperti menjadi lebih sukses, menjadi lebih inspiratif seperti dalam drama Itaewon Class.

Drama dengan tema balas dendam:

The Witch’s Diner
My Name

Jangan pernah ingin balas dendam karena itu akan meracuni dirimu sendiri.

Quote Drama Sponsor

Belajar Mengenai Mencintai

Jangan pernah berbohong, mesipun dengan dalih white lie. Karena bagi yang terbiasa berbohong, tentu itu tampak menyenangkan. Namun bagi yang dibohongi, rasanya seperti dikhianati.

Kau tidak bisa membeli cinta dengan uang.

Quote Drama Sponsor

Untuk menjaga satu kebohongan, maka kau akan buat sepuluh kebohongan lagi untuk menutupinya.

Quote Drama Sponsor

Jangan Pernah Menyalahkan Orang Lain dan Masa Lalu

Orang yang terlalu menyalahkah orang lain dan masa lalu maka hidupnya tidak akan tenang, Selalu merasa harus mendapatkan ini nda itu demi tampak lebih dari orang lain. Ini akan tampah menyedihkan dengan usaha yan kita lakukan, rasanya gak akan pernah cukup.

Hidup akan terus berjalan, tidak peduli apa yang terjadi di masa lalu.

Quote Drama Sponsor

Jangan melampiaskan amarah kepada orang yang tidak bersalah dan jangan memberi nasehat pada orang yang tidak ingin menerima nasehat.

Quote Drama Sponsor

Sebel yah..kalo nonton drama begini?
Hehhe, tapi itulah drama. Hal-hal yang mungkin saja terjadi di sekitar kita dan kita tidak tahu. Jadi jangan mudah mengangung-agungkan sesuatu atau seseorang, karena kita gak pernah tahu bagaimana mereka mendapatkan posisi tersebut.

Dan gak perlu nyinyir juga sih.. Kalau ada orang lain sukses, banyak-banyak berdoa semoga deiberi kemudahan rejeki yang sama dan dengan cara yang Allah ridlo.

Sekian dulu review dan sinopsis ulasan ending drama Korea Sponsor.
Semoga bermanfaat.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

29 pemikiran pada “Makna ‘Sponsor’ dalam Dunia Bisnis Kecantikan”

  1. Hhhm buatku agak rumit juga ya jalan ceritanya, perlu membaca beberapa kali untuk mencerna hahaha. Tapi aku suka sih lesson learn dan quote-quote drama Sponsor ini.

    Balas
  2. Wah, bener bener rumita ya teh ceritanya. Aku kok nggak tau ya ada drama ini, baca sinopsisnya menarik banget. BAru tahu dunia modeling dari sini. Makasih rekomendasinya teh

    Balas
  3. Relasi para tokoh dalam Sponsor sangat berbelit yah..Membaca saja saya perlu dua kali dalam paragraf cerita Mbak Lendy..Iyah ini drama agak berat dan menguras energi kayaknya. Tapi penonton pastinya terhibur dan bersabar karena ada si tampan Hyun Seung Hoon ya 🙂

    Balas
  4. Unik juga sih tema yang diangkat film Sponsor ini. Tapi emang bener sih, semakin sukses maka semakin banyak hal yang ingin diraih. Kalau kita ngga banyak bersyukur, setelah sampai di puncak, jadi semakin ingin mendaki lagi.

    Balas
  5. sebentarrr aku sampe gugling dulu abis liat pemeran utamanya. pernah liat ni anak dimana ya. ternyata aku liatnya di dinner mate. syelamat dapat peran utamaa.
    btw aku kok ga tahu ya ada drama ini 😀

    Balas
  6. Salah satu yang membuatku kagum sama drakor ya, gini itu. Suka ada pelajaran baru yang bisa dipelajari, seperti mengenal dunia model dan bagaimana bisa seorang model agar terkenal hingga bisa terus sukses. Riset sangat penulis naskah untuk buat drakor itulah yang bikin diriku salut. Pengen belajar nulis naskah di Korsel jadinya, semoga bisa kesampean suatu hari nanti, aamiin

    Balas
  7. Mmmm…dr awal sudah dibilang agak rumit sama lendy dan setelah baca emang rumit beneran hehehe. Terutama dalam hal hubungan antar tokohnya itu..Tapi kalau nonton lgsg mungkin akan lebih bisa mengingat ya…

    Kata sponsor ternyata dipakai juga dalam konteks seperti ini ya..sebelumnya aku lebih familiar dgn penggunaan kata sponsor dlm arti pemberian bantuan biaya/barang/fasilitas utk event aja 😀

    Balas
  8. Sepertinya dalam banget filosofi dari film ini ya Mbak. Semakin sukses seseorang semakin ingin menggapai yang lebih lagi. Kalau nggak pandai mengatur diri apalagi bersyukur, akan ngerasa kurang terus. Btw, aku salfok sama quote drama Sponsornya, relate banget sama yang aku rasain sekarang Mbak. Izin copas yaah 😀

    Balas
    • Temanya termasuk unik dan baru ya untuk drakor tapi agak mbulet juga nontonnya kayaknya hehe tapi aku pengen nonton akting Lee Ji Hoon hihihi

      Balas
  9. Dalam sebuah bisnis, sponsor punya peran penting ya teh
    Termasuk dalam bisnis kecantikan seperti yang diangkat dalam drama ini
    Cerita dramanya menarik

    Balas
  10. Dibalik sebuah film mengandung banyak arti dan hikmah masing masing ya.. aku coba menelaah satu demi satu review dari teh lendy ini dan as always aku selalu dapat value menarik dari drama korea.. dan kali ini tentang sponsor yang memang sudah menjadi hal wajar dalam dunia film, drama atau nyata ya

    Balas
  11. Latar drama dunia modelling kayanya seru ya.. dari alurnya, lumayan lika likunya dan penuh intrik. Banyak latar masalah psikologis dari tokohnya juga, kayanya bakal jadi tambaj wawasan seputar kesehatan mental

    Balas
  12. Aku baru tahu ada drama Sponsor ini. Hanya kenal 1 wajah di sana, Lee Ji Hoon, pernah lihat dia di River Where the Moon Rises, sama di Rookie Historian.

    Ada banyak quote bermakna dan terasa dalam di sini ya Len, suka bacanya:, termasuk yang ini:
    “Tidak ada satupun orang yang bisa mengubah masa lalu. Namun dari masa lalu, kita akan menjadi seperti saat ini.” Ini salah satu yang keren banget menurutku.

    Aku pengen nonton, tapi selama Ramadan ini nggak ada waktu buat nonton 😀
    Thanks ulasannya, Len.

    Balas
  13. Kalau gak baca sampai habis ini tadi ku kira teh Lendy mau bahas sponsor kecantikan di Indonesia yang modelnya para oppa Korea itu loh. Aku jadi tertarik ini mau nonton dramanya, apalagi belakangan lagi bosen dengan drama yang on going sekarang.

    Balas
  14. Saya setuju banget dengan pelajaran hidup yang dibeberkan dari drama Sponsor ini. Bahwa dendam itu tidak baik, semakin tinggi posisi semakin banyak godaan, dan pelajaran lainnya yang sesungguhnya saya alami sendiri juga

    Balas
  15. Suka nih dengan Quote Drama yang ini teh,
    Untuk menjaga satu kebohongan, maka kau akan buat sepuluh kebohongan lagi untuk menutupinya. Dan dalam kehidupan sehari-hari seringkali seseorang itu menciptakan kebohongan dan akhirnya melakukan kebohongan lagi.
    Tontonan keren nih, kudu buat wistlist.

    Balas
  16. eh bener dengan satu kebohongan akan melahirkan kebohongan lain. Ini memang pasti terjadi. jadi kepengen nonton drama ini deh mb Lendy. Lama banget aku belum nonton drakor lagi hahaha.

    Balas
  17. Drama ongoing-ku udah pada beres. Masih bingung nih nonton yang mana. Kepengennya sih Lee Joon Gi dulu. Tapi yang ini kayaknya seru juga. Nanti abis lebaran mau coba2 nonton ah. Siapa tahu cocok dengan seleraku.

    Balas
  18. Baca review ini jadi penasaran nonton
    Tapi ini nontonnya apakah ada di aplikasi streaming film kah teh
    Soalnya on goin yg aku ikutin cuma dua nih, sepi tontonan

    Balas
  19. Saya kok malah kebayangnya makna orang-orang Korea ini kala jadi Brand Ambassador sebuah produk. Wwkkwkw.. Fokusnya masih sama kue kering lebaran nih kayaknya. Terus mikir Teh Lendy bahas satu per satu artis korea yang jadi BA. Yaeyalah…sponsor woy sponsor..dan ini lagi review drakor. Hahahha. #dasarsaya

    Balas
  20. Meski lompat-lompat tapi lesson learned-nya SPONSOR oke nih, relate sama suasana saat mudik. Ada yang sukses bisnisnya dibilang pakai pesugihan, bagus karirnya dikatain pakai bekingan..duh, nyinyirnya tuh. Mestinya orang sukses ditilik dulu perjuangannya kayak apa..jangan cuma ngatain aja bisanya.

    Balas

Tinggalkan komentar