Through the Darkness (2022) : Tugas Utama Seorang Profiler

Drama Korea Through the Darkness (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Seneng banget mengikuti drama Kim Nam Gil oppa yang terbaru, Through the Darkness yang baru tayang tanggal 14 Januari 2022. Banyak yang gak tahu kalau drama Through the Darkness ini tayang di VIU setiap hari Jum’at dan Sabtu jam 23.10 KST dan drama ini berdasarkan novel fiksi yang berjudul “Akui Maeumeul Ilneun Jadeul” yang ditulis oleh profiler Kwon Il-Yong & penulis Go Na-Moo dan telah dipublikasikan pada 28 September 2018 oleh Penerbit Alma.

Kebayang gimana serunya saat tahun 1998, kala ada kasus kriminal pada zaman itu, namun belum ada seorang profiler. Sebegitu penting seorang profiler untuk mengungkap sebuah kasus dan pelaku serta motif sebenarnya. Jangan sampai salah tangkap dan salah vonis seperti Kim Hyun Soo dalam drama One Ordinary Day.

Ini akan membuktikan seberapa kuat Kepolisian tangguh dan tepat dalam menegakkan keadilan. Jadi, bagaimana awal mula profiler dalam dunia kriminal di Korea ini bisa terbentuk?
Ikuti terus review dan sinopsis Drama Korea Through the Darkness di tulisan ini yaa.. Let’s get it~

Drama Korea Through the Darkness (2021)

Sinopsis Ulasan Ending Drama Korea Through the Darkness
Poster Kdrama Through the Darkness

Profil Drama

Judul : Through the Darkness /Those Who Read Hearts of Evil
(Akui Maeumeul Ilneun Jadeul/ 악의 마음을 읽는 자들)

Sutradara : Park Bo-Ram
Penulis Drama : Seol Yi-Na
Penulis Novel non-Fiksi : Kwon Il-Yong & Go Na-Moo

Pemeran Utama Drama Through the Darkness (2022) :

Kim Nam-Gil sebagai Song Ha-Young
Jin Sun-Kyu sebagai Kook Young-Soo
Ryeo Un sebagai Jung Woo-Joo

Pemeran Pendukung Drama Through the Darkness (2022) :

Ko Gun-Han sebagai Yang Yong-Chul
Oh Seung-Hoon sebagai Cho Kang-Moo

Genre : Drama, Thriller, Mystery, Crime

Network : SBS, VIU
Episode : 12

Release Date : January 14 – February 19, 2022
Tayang Setiap hari Jum’at & Sabtu 23:10 KST

Sinopsis Drama Korea Through the Darkness (2022)

Begitu dia merasakan (kenikmatan membunuh dan menyiksa korban), maka ia tidak akan pernah bisa berhenti.

Yang Yong-Chul, Quote Drama Through the Darkness

Drama Korea Through the Darkness ini mengambil setting zaman dulu (tahun 1998), saat banyaknya kasus kriminal yang terjadi, namun Kepolisian Korea belum mampu mengungkap siapa pelakunya. Polisi hanya menangkap pelaku berdasarkan hubungan dari orang terdekat dengan korban dan saat di interogasi, tersangka ini tidak bisa membuktikan alibi yang masuk akal.

Dengan dasar yang tidak begitu kuat ini, polisi “memaksa” pelaku untuk mengakui hal yang sebenarnya tidak mereka lakukan. Salah satu pemaksaan yang dilakukan adalah dengan memukuli tersangka sampai babak belur. Dan pada akhirnya, tersangka terpaksa mengakui.

Kasus Topi Merah

Sinopsis Ulasan Ending Drama Korea Through the Darkness. Cover Buku Through the Darkness "Akui Maeumeul Ilneun Jadeul"
Cover buku adaptasi drama Through the Darkness “Akui Maeumeul Ilneun Jadeul”

Pada eps 1 dan 2, dibuka dengan kasus kriminal yang diberi nama “Topi Merah”, karena pelakunya selalu menggunakan topi merah. Kasus ini dilaporkan sudah memakan 12 korban wanita meninggal dalam keadaan tidak menggunakan busana. Jadi, para polisi menyimpulkan bahwa kasus kriminal pemerkos*an dan pembunuhan.

Namun, setelah diteliti, kasus ini murni pembunuhan dengan cara dicekik hingga korban kehabisan napas dan dilucuti pakaiannya, sehingga seolah-olah seperti kasus perkos*an. Kasus yang pertama ini membutuhkan analisis seorang profiler, karena pelaku yang dituduhkan terpaksa menjadi pelaku sesungguhnya karena desakan Kepala Polisi di Kawasan Kepolisian tersebut.

Bukti bahwa sang terdakwa mengalami tuduhan palsu adalah saat reka adegan, terdakwa tidak benar-benar bisa mengulang adegan yang terjadi. Sehingga Song Ha-Young (Kim Nam Gil) berusaha sekuat tenaga untuk mencari pelaku sebenarnya yang masih berkeliaran dan meresahkan warga.

Kode Kejahatan

Modus pelaku saat melakukan kejahatan adalah dengan menandai setiap rumah dengan kode angka yang hanya pelaku yang mengetahuinya, yakni 1, 2, dan 3. Artinya kode 1 (rumah yang ditinggali oleh pria dewasa), nomer 2 (rumah yang ditinggali degan wanita dewasa) dan nomer 3 (rumah yang ditinggali dengan anak-anak).

Dengan kode ini, pelaku bisa dengan mudah menyerang korban yang hanya memiliki kode “2” dalam rumahnya. Dan kejadian pembunuhan wanita muda meninggal tanpa busana terjadi berulang lagi dengan jeda waktu yang lumayan sering.

Tugas Seorang Profiler

Sinopsis Ulasan Ending Drama Korea Through the Darkness. Nonton Drama Korea Through the Darkness sub indo dimana?
Kim Nam Gil sebagai Profiler Korea Pertama

Dari kasus inilah Kepolisian pusat di Korea membantuk tim khusus yang berguna menyelidiki sebuah kasus kriminal dari akar hingga akhirnya ditemukan pelaku sebenarnya.

Karakter seperti apa yang terpilih menjadi profiler?
Orang dengan kemauan keras, pantang menyerah
Berpikir terbuka
Memiliki intuisi yang tajam
Memiliki pengetahuan yang luas
Memiliki kemampuan menganalisa masalah secara logis
Memisahkan permasalahan pribadi
Memiliki kepekaan terhadap orang lain

Dan Kepolisian Pusat sudah paham banget karakter inilah yang dimiliki oleh Song Ha-Young, sehingga terpilihlah ia menjadi tim profiler, yakni yang bertugas menganalisa sebuah kasus agar mendapatkan gambaran mengenai pelaku.

Berhasilkah Song Ha-Young mengungkapkan pelaku sebenarnya dalam kasus kriminal yang ia hadapi saat ini?

Kesan Menonton Drama Through the Darkness (2022)

Penasaran.
Kesannya saat ini baru tayang 2 eps pertama memang sangat dark dan penuh misteri. Rasanya seperti kejar-kejaran antara pelaku dengan sang profiler. Jadi penasaran banget bagaimana cara seorang profiler ini bekerja.

Sinopsis Ulasan Ending Drama Korea Through the Darkness. Tugas Seorang Profiler itu apa?
Song Ha-Young (Kim Nam Gil) – profiler pertama di Korea Selatan

Mungkin kesan pertama kali menonton, agak membosankan yaa.. Karena alurnya lamban. Tapi proses mengungkap sebuah kasus inilah yang menjadi point penting agar penonton tau bagaimana karakter Song Ha-Young yang berusaha memahami pemikiran para kriminal.

Jadi inget drama Criminal Mind-nya Lee Joon Gi yaah..

Lesson Learn Drama Through the Darkness (2022)

Tugas Utama Profiler

Karena tugas utama seorang profiler adalah menganalisa sebuah kasus, jadi digambarkan di sini Song Ha-Young menyelami pikiran para penjahat agar terungkap, apa sebenarnya motif di balik kejahatan yang mereka lakukan.

Aku paling suka dialog cerdas ketika Song Ha-Young mewawancara para penjahat. Rasanya ada aja gitu…pertanyaan jebakan yang membuat sang pelaku ini mengaku dengan sendirinya.

Sinopsis Ulasan Ending Drama Korea Through the Darkness.

Seorang penjahat akan mengenali penjahat lainnya.

Song Ha-Young, Quote Drama Through the Darkness

Mengapa Dibentuk Tim Profiler?

Awalnya aku juga bingung bedanya detektif dengan profiler. Karena kalau detektif, bisa jadi seperti karakter Ryu Soo-Yeol dalam drama Bad and Crazy kan yaa..?

Ternyata bedanya adalah di letak analisa sebelum penjahat ini diintai. Dari mulai memisahkan satu per-satu jenis pekerjaan, wilayah kejadian sampai usia korban. Semua kesimpulan itu bisa diperoleh dari seorang profiler. Manfaat dibentuknya tim profiler adalah selain agar keadilan dapat ditegakkan, juga agar angka kejahatan bisa dikecilkan dan di masa depan, tidak ada lagi kejahatan yang serupa.

Karena kalau nonton Drama Come and Hug Me, penjahat bisa jadi meniru kejahatan penjahat sebelumnya. Dan ini membuat polisi menjadi sangat kebingungan dalam menetapkan tersangka.

Sinopsis Ulasan Ending Drama Korea Through the Darkness. Nonton Drama Korea Through the Darkness sub indo dimana?
Poster Drama Through the Darkness, Kim Nam Gil

Gimana, sahabat lendyagassi?
Seru kan nonton drama Through the Darkness-Kim Nam Gil sebagai profiler?

Trailer Drama Korea Through the Darkness (2022)

Kim Nam Gil memerankan profiler pertama di Korea, drama based on fiction novel “Akui Maeumeul Ilneun Jadeul” by profiler Kwon Il-Yong & writer Go Na-Moo (published September 28, 2018 by Alma).

Karena drama Through the Darkness tayang setiap hari Jum’at dan Sabtu jam 23.10 KST di VIU, jadi sangat sayang sekali kalau dilewatkan. Hihii..karena saat ini sedang mood banget nonton drama thriller drama misteri begini sih.. Buat penyeimbang nonton drama Ghost Doctor-nya Rain yang kocak!

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With Love,

logo lendyagassi
Spread the love

78 pemikiran pada “Through the Darkness (2022) : Tugas Utama Seorang Profiler”

  1. Nah sukaaakk nih dgn genre seperti ini.
    soale penonton juga diajak menganalisis, ini gimana kronologis, yg jahat siapa, dll dst.
    apalagi, genre drakor seperti ini ga terlalu banyak ye kan.

    Balas
  2. Sejak nonton Kdrama aku jadi penasaran sama profesi profiler. Keren gitu lho. Yang pertama bikin tertarik tuh drakor Signal, sayang endingnya ngambang mba. Smoga drama through the darkness ini endingnya jelas ya.

    Balas
    • menganalisa kasus, kita yg liat jd ikutan mikir. tapi kakak yg nulis hebat yaa bs masuk semua genre kdrama. kalo saya cm bs nyambung dg yg romance dan kudu tamat dulu baru bs nonton lainnya. kalo beda2 genre, saya bingung sendiri. ahaha..
      gak kebiasaan nonton kali ya

      Balas
  3. Begitu baca tentang profiler yang terbayang serial tv barat Criminal Minds. Dulu suka banget nonton ini. Ternyata ada versi drakornya, ya. Trus sekarang ada drama ini juga. Jadi pengen nonton.

    Balas
    • apalagi ini dari novel, pasti ceritanya juga ok dong. pengembangan karakternya juga jd lebih greget. iya ya apa sih motif dari kejahatan yg dilakukan? apa alasannya kok jadi jahat? ini yg bikin penonton ikutan mikir kan

      Balas
  4. Begitu membaca tahun 1998 negara kita juga sedang kacau jadi ingat pas kelas 2 SMA
    , mall dibakar, warga cina di telanjangi, mobil di bakar dan akhirnya pak Harto mundur.

    Sukak dengan kisah drakor ini, bikin penasaran, penuh teka teki.

    Balas
  5. Aku termasuk orang yang takut sama film² misteri macam pembunuhan gini kak, merasa nggak nyaman dalam suasana yang mencekam. Saya mulai suka K-drama tapi yang ringan-ringan aja, dan banyak belajar dari review² kak Lendy lhoooo

    Balas
  6. Baru tahu ada drama ini, dan tentu saja aku belum nonton 😀
    Aku suka genre kayak gini, walau kadang ga berani-berani amat kalau adegan tertentu. Tapi suka dibawa penasaran dan biasanya jadi belajar menganalisa sesuatu terkait kejahatan dan pelaku.

    Balas
  7. Pas baca tulisan profiler aku jadi mikir teteh itu artinya apa hahaha 😂. Untung di bawah ada artinya. Ternyata ini filmnya nyeremin ya Teh. Baru baca ulasan teteh aja aku udah merinding hihihi 😂. Kayaknya ini ga cocok buat aku. Aku penakut kalau nonton yang sadis sadis hahaa 😂. Untung aku baca ulasan teten dulu. Jadi tahu sinopsisnya

    Balas
  8. Sepertinya tugas profiler ini lebih berat dibanding tugasnya detektif ya.

    “Seorang penjahat akan mengenali penjahat lainnya” iya, karena memang berkecipung di dunia kejahatan, jadi dari sebuah obrolanpun, seorang penjahat bisa tahu ini calon lawan atau calon kawan

    Balas
  9. Kayaknya di dunia nyata juga pernah kejadian rumah-rumah dikasih kode. Kayak dicoret-coret gitu temboknya. Makanya was-was juga kalau lihat ada rumah dicoret-coret. Dikira sekadar vandalisme, gak taunya kode penjahat.

    Balas
    • baca ulasan ini saja udah bikin aku nyut nyut ikut memikirkankasus yang bakal dipecahkan oleh profiler. tapi penasaran hahaha.. aku pernah dengar tentang kode itu. ternayat eamang ada ya bahkan di filmini digunakan juga . duh jadi deg degan skarang sama tanda itu

      Balas
  10. Profiler ya namanya. Klo awalnya lambat, aku kadang jeda2 dulu nontonnya. Sambilan 🤣

    ngeri banget quotesnya.. begitu dia merasakan (kenikmatan membunuh dan menyiksa korban), maka ia tidak akan pernah bisa berhenti….

    Kayak jahat tuh nikmat ya bagi mereka teh..

    Balas
  11. Quote yang kalo udah sekali ngebunuh terus bakal ketagihan itu aku jadi inget Mouse. Sebenernya seru drama-drama psikopat gini, cuma suka takut nontonnya deg2am banget padahal nggak horror ya 😂 Gim Nam Gil aku pangling, dia yang main Live Up to Your Name juga kan ya? Udah lama gak liat. Haha..

    Balas
  12. Drama yang mencari pelaku pembunuhan memang seru. Tapi kalau korbannya dibunuh terus ditelanjangi gitu, aku jadi ngeri sendiri.

    Kasihan banget korbannya 🙁

    Bener-bener penjahat keji yang melakukannya. Kalau nonton drama ini kudu siap mental nih.

    Balas
  13. Baru tahu ada profesi profiler, ini semacam detektif apa gimana Kak? Nonton drama on going seru ya karena menanti episode selanjutnya kayak apa.
    Btw, Kim Nam Gil kayak makin muda deh ya wkwkw

    Balas
  14. waaaa udah lama ih aku nggak nonton drama korea, butuh vitamin drakoor, tapi masih belum tau mau nonton apaa hihihi

    Balas
  15. Karena ini drama thriller, katanya nanti dulu deh buat nonton. Lagi gak mau mikir berat apalagi menganalisa kejahatan, pembunuhan. Btw, Kim Nam Gil kaya beda yaaa. Keliatan lebih serius sesuai karakternya

    Balas
  16. Seruuuu ya kayaknya drakor ini. Aku baru tau nih soal profiler. Emang agak mirip sama detektif ya? Tapi ternyata inti tugasnya tuh menganalisa data awal gitu yah.
    Pasti banyak yang suka nih sama drakor ini, khususnya penyuka genre thriller 🙂

    Balas
  17. Okeh ini genre kesukaanku. Kalau kerjaan beres bolehlah Cari Through the Darkness buat hiburan. Biar Makin mikir nebak-nebak penjahat. Hehehe. Seru aja gitu jadi profiler.

    Balas
  18. Wah keren banget filmnya! Terakhir nonton profiler itu tentang Voice 4. Ternyata ada syarat untuk menjadi Profiler ya, dan senangnya aktor Bidam jadi Profiler disini. Penasaran banget gimana kelanjutannya. Cus nonton di VIU! ^^

    Balas
  19. Seru ini, Mbak. Karena ada unsur misteri dan detektinya. Dan itulah tugas Profiler ya, agar pelaku sebenarnya ditemukan. karena sangat tidak adil, orang tidak bersalah, malah dijatuhkan hukuman karena penyelesaian kasus yang dangkal. Apalagi harus mengaku, karena disiksa dulu.

    Balas
  20. belum nonton drakor ini mba Lendy, di tiktok juga masih jarang kayaknya. baca artikel ini jadi tahu kode-kode kejahatan 1 2 3 itu sebelumnya malah ga tahu, atau ini berlaku hanya di film ini saja ya mba Len

    Balas
  21. Babang Nam Gil nih sesuatu kalau udah memainkan peran. Sejak lihat akting dia jadi Bidam gak pernah terlupakan. Apalagi ini jadi profiler, rekomen banget dah. Kamsahaeyo, Teh Lendy😉

    Balas
  22. Wadidaaaww ternyata di VIU ya kak lendy hikss, sayang banget viu ku abiss yg premium. Kak Lendy rikues doongg film atau drakor apa aja yg dibintangin sama Hae In wkwkwkwkwkw *malah OOT

    Balas
  23. Drakor bergenre thriller atau mysteri emang asyik ya Lencin,, tp kok ya daku lebih suka romcom wlwpun jengah juga kl kebanyakan adegan kiss2nya,, (hadehh..) mgkin krn ngedrakor bagi saya sbg hiburan ya, jd pinginnya ketawa ketiwi ajah hehe

    Balas
  24. Drakor tak melulu cerita tentang romansa percintaan saja ya. Seperti drakor yang direview mba tentang kriminalitas. Wah pasti seru dgn intrik2 ceritanya.

    Balas
  25. teh lendy pas bgt nih aku dari bulan lalu lagi langganan viu premium dapat referensi film ini jadi pengen nonton juga, wl agak ngeri yah ini karena filmnya thriller, tapi liat dulu aja deh yang maen ganteng, hhihihi

    Balas
  26. Pertama kali tau tentang profiler pas nonton serial FBI di Mola. Mulai episode kedua atau ketiga gitu deh di season 1, chief FBInya ganti seorang ex profiler. Analisanya terhadap tingkah laku penjahat yg akan dibekuk sangat tepat. Ketajaman intuisinya juga terasah setelah bertahun2 jadi profiler.
    Keren nih kisah Through The Darkness ini, alur ceritanya sesuai dengan genre film kesukaanku.

    Balas
  27. Ternyata ada profesi profiler ya, dan beda dengan memang beda dengan tugas detektif. Kalau untuk yang pelaku kejatahan tertentu, ga bisa hanya detektif. Jadi ingat drakor Memorist. Kayaknya ini profiler ya?

    Balas

Tinggalkan komentar