Lovers of the Red Sky (2021) : Kisah Legenda Hong Chun Gi

Drama Korea Lovers of the Red Sky (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Pertama kali tahu bahwa drama Lovers of the Red Sky akan dijadikan drama dengan pemeran Ahn Hyo-Seop dan Kim Yoo-Jung, aku tertarik sekali. Karena setting sageuk yang tentu jadi pilihanku. Drama Lovers of the Red Sky di adaptasi dari sebuah novel yang berjudul “Hong Cheon-Ki” dan ditulis oleh Jung Eun-Gwol. Novel ini dipublikasikan pada tahun 2016 bulan Desember oleh Paran Media dan diterjemahkan oleh Penerbit Haru dengan judul ‘The Secret of Red Sky’.

Karena buku novelnya ada 2 jilid dan aku baru menyelesaikan jilid 1 nya, jadi aku belum bisa membandingkan bagaimana kisah di drama Lovers of the Red Sky dan novelnya. Tapi in syaa Allah nanti based on novel ‘The Secret of Red Sky’ bakalan aku tulis resensinya yaa..

Satu hal yang aku rasakan saat membaca novel dan menonton dramanya adalah perbedaan sudut pandang pengambilan cerita awal. Vibes saat membaca dan sudut pandang sang penulis drama dan penulis novel. Kalau di novelnya, vibesnya happy, gak ada ketakutan yang mencekam, malah kalau bisa aku bilang, novelnya tampak menyenangkan dan lucu. Sedangkan di dramanya, dibuat sangat dramatis dengan ilmu sihir dan kekuatan mahwang (iblis) yang kuat.

Jadi, gimana review dan sinopsis drama Lovers of the Red Sky?
Yo, let’s get it!

Drama Korea Lovers of the Red Sky (2021)

Review dan Sinopsis Ending Drama Lovers of The Red Sky

Profil Drama

Judul : Red Sky
(Hongcheonki/ 홍천기)

Sutradara : Jang Tae-Yoo
Penulis Drama : Ha Eun
Penulis Novel : Jung Eun-Gwol

Pemeran Utama Drama Lovers of the Red Sky :

Ahn Hyo-Seop as Ha Ram
Kim Yoo-Jung as Hong Chun Gi
Gong Myung as Putra ketiga Raja, An Pyung /Yangmyung/ Lee Young

Pemeran Pendukung Drama Lovers of the Red Sky :

Kwak Si-Yang as Putra Kedua Raja, Juhyang/ Soo Yang / Lee Hoo

Genre : Historical, Romance, Drama, Fantasy

Network : SBS/ VIU
Runtime : Senin & Selasa 22:00
Episode : 16

Release Date : August 30 – October 26, 2021

Sinopsis Drama Lovers of the Red Sky

Dahulu, ada masa saat manusia hidup harmonis dengan alam bersama makhluk yang tidak terlihat mata manusia.
Makhluk seperti itu adalah tiga dewa yang bersemayam dalam satu tubuh. Namanya Samsin.

Yang tertua bertanggung jawab atas kelahiran.
Yang kedua bertanggung jawab atas kematian.
Yang ketiga bertanggung jawab menjaga keseimbangan keduanya.

Suatu hari, Dewa Kematian yang ingin lebih banyak darah memakan dewa yang menjaga keseimbangan. Keseimbangan hidup dan mati runtuh, dunia diliputi ketakutan dan kegelisahan.

Saat itu, Iblis keluar dari tubuh Samsin dan hidup dari keserakahan manusia jahat.

Lovers of the Red Sky berdasarkan novel dari kisah legenda "Hong Cheon-Ki". Nonton Lovers of the Red Sky sub indo

Seorang wanita yang kehilangan kekasihnya akibat kejahatan Iblis menyelesaikan sebuah lukisan. Nenek Samsin menjawab permohonannya dan mengambil alih lukisan itu, dan Iblis yang membawa malapetaka ke dunia terkurung di dalam lukisan itu. Lalu wanita itu menghilang.

Dinasti Dan, tahun ketiga Raja Seongjo

Dilakukan ritual untuk mengusir iblis agar pemerintahan Raja Seongjo menjadi aman dan tenteram. Melalui sebuah lukisan yang dilukis oleh seorang pelukis hebat yang bernama Hong Eun O, pelukis Gohwawon, maka ia melukiskan gambar Raja yang sangat “hidup”. Lukisan Hong Eun O seperti memiliki nyawa.

Di saat yang bersamaan, istri dari Hong Eun O sedang hamil besar dan akan melahirkan. Begitupun dengan sang dukun yang memimpin ritual pengusiran iblis di Kerajaan, istrinya pun sedang hamil besar dan akan melahirkan.

Apakah mungkin mengurung Iblis dalam lukisan?

Namun tampaknya hanya itu cara mengusir Iblis dari dunia ini. Terlalu banyak darah tertumpah dalam perang panjang melawan Iblis, dan dukun itupun akan mengakhirinya saat ritual ini. Berhasilkah iblis tersebut dikurung dalam lukisan Raja?

Kehidupan Hong Chun Gi dan Ha Ram

Iblis…
tidak pernah mati.
Satu-satunya cara adalah mengurungnya…

Raja Yeongjong, eps.2 drama Lovers of the Red Sky

Lukisan Raja tersebut berhasil mengunci kekuatan iblis dan akhirnya lukisan disegel dengan jimat dan disimpan di Paviliun Gyeongwon, tempat lukisan mendiang Raja lainnya disimpan. Sebelum iblis disegel, ia menyumpahi Raja bahwa akan ada paceklik yang berkepanjangan di masa pemerintahannya.

Dan benar, paceklik melanda negeri selama 9 tahun. Hingga tak terasa, bayi sang pelukis dan bayi sang dukun pun telah tumbuh menjadi anak usia 9 tahun yang sehat. Anak dari sang pelukis bernama Hong Chun Gi (diperankan oleh Kim Yoo-Jung) sedangkan anak dari sang dukun bernama Ha-Ram (diperankan oleh Ahn Hyo-Seop).

Cheon Gi kecil adalah gadis buta yang sangat menyukai melukis. Saat ia belum bisa melihat, ia hanya duduk di sanggar lukis sambil mendengar penjelasan para pengajar lukis dan bunyi kuas yang bergerak, tanda sedang melukis.

Ritual Memanggil Hujan

Karena paceklik dan kekeringan sudah lama melanda negeri yang diperintah oleh Raja Seongjo, maka Raja memutuskan untuk mengadakan ritual memanggil hujan setelah ditemukan seorang anak yang memiliki energi air. Anak kecil berusia 9 tahun ini bisa mengerti dimana ada sumber air berasal.

Harapannya ketika melakukan ritual memanggil hujan dan mengorbankan si anak kecil ini, maka dewa akan menurunkan hujan. Anak yang memiliki energi air itu adalah Ha Ram.

Saat ritual dilakukan, siapa sangka bahwa Putra kedua dan ketiga Raja Seongjo malah tidak sengaja membuka segel lukisan yang mengurung iblis, sehingga menyebabkan kekacauan.

Hujan memang turun dengan derasnya tapi iblis masuk ke tubuh Ha Ram dan tersegel di dalamnya. Iblis berkata bahwa ia akan menuntun siapa saja yang dirasuki untuk menaiki takhta. Bagaimana nasib Ha Ram setelah dirasuki iblis?

Ha Ram Menjadi Buta dan Cheon Gi Bisa Melihat

Sejak kejadian ritual memanggil hujan, Ha Ram menjadi buta dan Cheon Gi bisa melihat. Kejadian ini diberikan oleh Sam sin, sang nenek pelindung untuk melindungi keadaan Cheon gi dan Ha Ram dari Iblis. Pertukaran nasib yang suatu saat nanti akan mempertemukan mereka kembali di masa depan.

Bagaimanakah Cheon Gi dan Ha Ram bertemu lagi?

Karakter Ahn Hyo-Seop sebagai Ha Ram

Sejarah legenda Hong Cheon Gi dan Ha Ram. Nonton Drama Korea Lovers of the Red Sky

Ha Rama dalah seorang anak dari Ha Sung Jin, seorang dukuk Kerajaan yang terpercaya dan bangsawan dari Jokyeokjeon. Karena ada pengkhiatan dari dukun perempuan dan titah Raja terdahulu, maka Ayah Ha Ram tidak bisa hidup nyaman di Kerajaan lagi. Ia memilih membesarkan Ha Ram di lingkungan desa menjadi rakyat jelata.

Suatu hari ketika akan diadakan ritual pemanggil hujan, semua orang sadar kalau Ha Ram memiliki energi air dan ialah anak dari dukun kerajaan zaman dulu, jadi si Bapak Ha Ram diminta dengan sukarela untuk mengorbankan anaknya demi negara.

Setelah ritual itu berhasil dan Ha Ram menjadi buta, maka Raja merasa kasihan. Sehingga Ha Ram diajak ke istana sedangkan tanpa sepengetahuan Raja, Ayah Ha Ram dibunuh oleh tentara kerajaan yang masih memegang teguh titah Raja sebelum Raja Seongjo.

**agak membingungkan sampai sini yaa..?
Iya, aku juga rada-rada cengo pas nonton kok.. Tapi diikuti aja yaa..hehhee, seru kok.

Jadi Ha Ram terpisah tinggalnya dengan sang Ibu, sedangkan Ayah Ha Ram akhirnya meninggal. Sedih bat yaa..

Ha Ram : Sang Ahli Bintang

Sejak kecil mengabdi terhadap negara dan Ha Ram meskipun buta tetapi ia seorang ahli bintang. Ia bekerja di Biro Astronomi Kerajaan atau yang disebut Seongwan. Keahlian membaca bintang ini untuk melihat berbagai fenomena kejadian di alam dan kerajaan.

Jadi misal nih.. mau ada tamu penting, Ha Ram udah bisa tahu duluan. Atau mau ada kejadian alam seperti pergantian musim, cuaca, dan lain-lain, Ha Ram bisa memberitahukan kepada Raja sehingga bisa bersiap siaga sebelum terjadi. Raja sangat sayang sama Ha Ram karena keakuratan berita yang disampaikan.

Selain itu, Ha Ram juga memiliki identitas rahasia sebagai informan yang berada di Ilwolseong. Ha Ram tidak menunjukkan wajah dan hanya suara ketika memberikan informasii kepada siapapun yang bertanya. Gratis?

Tentu tydack
Ia meminta bayaran atas jawaban yang diberikan.

Karakter Kim Yoo-Jung sebagai Hong Chun Gi

Hong Cheon Gi adalah seorang gadis buta semasa bayi hingga berusia 9 tahun. Ia diberi keajaiban oleh Samsin untuk bisa melihat saat ritual memanggil hujan berhasil. Penglihatannya yang diperoleh berasal dari mata Ha Ram yang dirasuki iblis. Bagaimanakah hubungan Cheon Gi dan Ha Ram 19 tahun kemudian?

Cheon Gi dewasa tumbuh menjadi anak gadis yang penuh semangat. Ia bekerja sebagai pelukis. Bukan melukis yang sebenarnya, ia meniru lukisan terkenal dan menjualnya dengan harga sedikit mahal kepada para pejabat melalui orang lain. Sehingga Cheon Gi mendapatkan banyak uang.

Uang yang diperolehnya ditabung sedikit demi sedikit untuk membeli obat yang kabarnya bisa menyembuhkan sakit sang Ayah. Ayah Cheon Gi menjadi hilang ingatan sejak Cheon Gi kecil. Dan keahlian melukisnya menjadi sangat menurun drastis. Padahal sang Ayah dulu yang melukis gambar Raja untuk dipasang di istana. Sudah bisa dipastikan keahlian melukisnya sangat bagus sehingga dipercaya oleh keluarga kerajaan.

Kesan Nonton Drama Lover of the Red Sky

Sudah sangat gak sabar sekali menanti drama Lover of the Red Sky, karena based on novel. Dan justru aku menantikan akting dari Gong Myung yang berperan sebagai putra mahkota ketiga Raja Seongjo.

Spoiler ending drama Lovers of the red sky, Nonton Drama Lovers of the red sky, Download drama Lovers of the red sky

Menariknya drama Lovers of the Red Sky adalah drama yang diangkat dari legenda asli Hong Cheon Gi. Di Korea, karakter Hong Cheon Gi ini beneran ada, dan dikembangkan karakternya di novel “Hong Cheon-Ki” dan drama Lovers of The Red Sky.

Lesson Learn Drama Lovers of the Red Sky

Tidak Haus Kekuasaan

Suka banget sama karakter Raja ketiga, Putra Mahkota Yangmyung, Lee Yul – yang gak dibutakan oleh takhta. Ia tahu banget posisi dirinya sebagai anak ketiga, dan gak ingin posisi Raja. Percakapan putra mahkota kedua (Lee Hoo) dan putra mahkota ketiga, Lee Yul.

Kita seperti mawar guelder.
Kita bisa berbunga, tapi tidak akan pernah berbuah.
Bunga tanpa kehidupan.

Lee Hoo, eps. 1 Drama Lovers of the Red Sky

Mawar guelder berwarna hijau muda saat pertama mekar.
Warnanya putih saat mekar, lalu menguning sebelum layu.
Bagaimana mungkin tanpa kehidupan
padahal mawar itu mekar dan penuh warna?

Lee Yul, eps. 1 Drama Lovers of The Red Sky

Anak yang Berbakti

Suka juga dengan Cheon Gi yang berbakti terhadap Ayahnya. Ia berusaha sekuat tenaga untuk menghidupi dan menyembuhkan sakit sang Ayah. Hingga ia belum pernah melukis karyanya sendiri. Ia melukis karya orang lain dan tidak bisa membubuhkan namanya di karya lukisannya tersebut.

Spoiler ending Drama Lover of the red sky. Ending drama Lovers of the red sky Ahn Yoo Seop Kim Yoo Jung. Nonton drama Lovers of the red sky sub indo

Semoga Cheon Gi dan Ha Ram berjodoh yaa..
**karena di eps 1 sudah ada spoiler dari nenek Samsin sih.. Katanya, kehidupan mereka kelak akan saling melindungi.

Menerima Takdir

Ini sikap Ha Ram yang aku suka. Seolah ia tidak ingin melawan takdir, sehingga ia menjalani peran di hidupnya dan tetap berusaha menjadi yang terbaik. Ia bisa menjadi ahli bintang dan menjadi yang terbaik.

Cukup menarik diikuti kan…sahabat lendyagassi?
Sembari menunggu drama Hometown ChaCha Cha, drama Lovers of the Red Sky yang tayang setiap hari Senin dan Selasa di VIU ini cocok untuk membuka weekdaysmu.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

83 pemikiran pada “Lovers of the Red Sky (2021) : Kisah Legenda Hong Chun Gi”

  1. Cheon Gi yang berbakti, sangat terkesan dan harus punya waktu khusus untuk mendalami perannya.

    Anak berbakti. Sampai tidak sempat melukis karyanya sendiri tapi dapat menyelesaikan karya orang lain

    Balas
  2. Selalu penasaran ya mbak kalau film didaptasi dari novelnya, terlebih kalau sudah baca novelnya dag dig dug nih film versi visualnya jadi kayak apa. Selalu ada perbedaan, dan penonton gak boleh protea kalau di tayangan banyak adegan yang dipotong dan gak sedetail di buku

    Baca dulu ulasannya di sini deh, belum ada mood nonton drama, huhuhu

    Balas
  3. Ooooh, film ini ada novelnya ternyata ya teh, sampai 2 gitu heheh 🙂 Cerita tentang legenda yang ada kerajaan dan iblis2 begini membutuhkan daya khayak tingkat tinggi hihihi 😀 Mayan lama juga ya 1 jam lebih tiap episodenya. Bagus nih H Ram patut dicontoh sebagai sosok yang ingin selalu menjadi yang terbaik dalam hidupnya.

    Balas
  4. Ini bagusnya kalau drama diambil dari novel. Kalau di cerita tertulis menyenangkan dan lucu, saat di drama bisa lebih keren visualnya. Sehingga efek dramatisasinya ada, lebih keren pasti. Cuma ya gitu ada yang ke skip kadang ga bisa semua diangkat ke versi layar

    Balas
  5. Aku salfok ama dua aktor cilik pemeran Ha Ram & Cheon Gi kecil itu. Cakep2 banget, aktingnya juga bagus. Menarik lho drama ini, penuh intrik juga ntar kayaknya.. Btw kalau di novel, dukun wanita itu ntar jadi antagonis nggak? kok kayaknya mencurigakan.

    Balas
  6. Tiga dewa, aku langsung connect ke Harry Potter dan relikui kematian, donk, mbak Lend. Hehe
    Makasih reviewnya mbak Lend. Aku ceki ceki ke drakor id ah, semoga adaaaa, penasaran pengin nontooonn.

    Balas
  7. Suka sama sikap Ha Ram yang tidak mau melawan takdir. Ia menerima apa adanya takdir yang digariskan untuknya dan menjalaninya dengan lebih baik lagi. Pasti drakor ini menarik, ceritanya berbau mistis ya mbak. Apalagi kalau jalan ceritanya sangat melegenda…jadi penasaran ingin nonton deh.

    Balas
  8. Sebenarnya saya juga suka nonton film atau drama yang berlatar belakang kerajaan, ya semacam film kolosal gitu. Tapi kalau sudah ada unsur dewa-dewanya apalagi ada unsur setannya, jujur saya tidak suka. Kayak gimana ya…merasa dibodohi saja karena tidak nyata sih. Namun, saya acungi jempol penulisnya, bisa ya imajinasinya sejauh itu?

    Balas
    • Hehhee…mungkin ini klenik ala Korea siih..
      Zaman dulu dan aku rasa ini kurang lebih sama seperti di Indonesia saat masa Kerajaan Majapahit, dkk.
      Klenik, kepercayaan, kebudayaan, saat semua agama belum merata penyebarannya.

      Balas
  9. Paling suka nih nonton drakor yg ceritanya legend gini, noted dulu ah untuk tontonan ntr kalo lagi senggang, menarik bgt ceritanya..

    Balas
  10. Udah nonton mbak, dan seru. Beneran penasaran sama episode berikutnya ini. Awalnya aku kira yang buta seterusnya yang perempuan, ternyata yang Ha Ram. beneran twist plotnya beneran gak ketebak banget. makanya penasaran.

    Balas
  11. Menarik untuk ditonton, apalagi alur ceritanya dikembangkan berdasarkan tokoh sejarah. Penasaran, siap meluncur ke Viu untuk menuntaskannya 🙂

    Balas
  12. Fix mulai tertarik niih.
    Novelnya sering liat juga pas wara-wiri di penerbit haru, cuma yaa karna terjemahan Korea masih maju mundur buat bacanya wkwkwk
    Next deh

    Balas
  13. Woahh, aku baca sinopsis ini jadi flashback jaman kalo update drakor tuh dari baca sinopsis perepisode.. belum kayak sekarang, yang pas episode baru up bosa langsung nonton.

    Pas banget, aku juga lagi ngikutin drama ini! Iyaa yah, nuansa cerita perghoiban tuh kayaknya melekat banget sama Asia hehehe

    Balas
  14. Gara-gara lukisan jadi ada malapetaka. Unik juga sih jalan ceritanya kalau dilihat dari reviewnya Lendy. Ada acara mengusir iblis segala ya. Kalau aku nonton sendiri serem ga ya ini kira-kira 🙂

    Balas
  15. Aku masih ragu masukin ke list ku atau ga mba. Ntah ke apa kalo drakor bertema kerajaan lama begini, aku jujurnya ga terlalu klik. Mungkin Krn banyak perangnya hahahaha. Tapi sbnrnya ceritanya yg mba tulis menarik sih alurnya… Tapi aku tunggu beneran tamat dulu lah :D. Baru mutusin mau ditonton ato baca spoiler aja 😀

    Balas
    • Idem ah sama Fanny!
      Kalau happy ending baru deh, cek ombak.

      Aku suka sedih, terbawa emosi, kalau setelah ratusan purnama, eh alah, putus cinta juga.
      Apalagi kalau sampai ada yang mati.
      Duh, ku tak sanggup for another tragedy!
      Please, not now.
      Hihihi.

      Balas
  16. Ha Ram ini jadi kayak cenayang gitu ya, bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Eh tapi biasanya orang yang buta itu, indra lain dalam tubuhnya sangat kuat ya.

    Btw novelnya dalam bahasa apak kak? Kok jadi penasaran pengen baca

    Balas
    • Bukan kak Nanik.
      Ha Ram bisa membaca pola bintang di langit. Sama kaya zaman kita kalau nelayan zaman dulu kudu liat bintang kalau mau mencari ikan.
      Karena fenomena air pasang-surut bisa dibaca melalui ilmu astronomi.

      Balas
  17. Ya ampun mas haram mau dihalalin aja nggak sama aku? Wkwk.

    Aku sangsi teh apakah akan betah nonton drakor tipe kerajaan gini. Yang berhasil pas nonton Kingdom aja haha. Ternyata based on novel ya.

    Balas
  18. Ini ada adegan bunuh membunuh nggak si teh? aku kurang suka sama drama Saeguk, soalnya sering banget pedang-pedangan (wkwkwkwk…aku takut yang berdarah-darah >_<). Sedih banget euy ayahnya dibunuh 🙁
    Menarik banget ceritanya teh, baru aja semalem aku lihat posternya pas secroll drama di tele… pingin notonn

    Balas
  19. Masuk daftar drakor untuk ditonton dalam waktu dekat. Banyak drama yang bagus jadi agak bingung mau nonton yang mana. Setelah baca ini, seenggaknya nambah drakor yang menarik untuk ditonton dengan sarat makna. Terima kasih.

    Balas
  20. Aku belum nonton dan baca di sini lumayan berat ya ceritanya. Aku masih fokus sama Pak Hong di Hometown Cha Cha Cha, nggak tau bakal nonton drama lainnya apa enggak, hehe

    Balas
  21. penggambaran iblisnya langsung membuat nuansa film jadi gelap.
    aku baca ulasan ini pelan-pelan takut ada bagian serem. hahah …
    btw, setelah iblis masuk ke Ha Ram, dia tumbuh normal ya? malah punya kekuatan untuk tahu masa depan. Ku pikir dia bakal jadi jahat.

    Balas
  22. baca ulasannya cukup menarik nih Teh, penasaran gimana endingnya gitu lho apakah Ha Ram bisa melihat lagi atau bakalan buta seumur hidup. tambah happy lagi karena ini ada di VIU ya

    Balas
  23. Suka dengan cerita klasik yang melegenda begini. Apalagi cerita dewa-dewa gitu jaman dulu. Settingan tempat mainnya jadi keren, seperti membawa kita ke masa lampau. Wah, ada juga novelnya nih. Sampai jilid 2.

    Balas
  24. Sudah lama gak nonton drakor dengan latar kerajaan, kuylah bisa masuk list waiting. Sementara juga baru nonton episode awal Hometown Cha Cha bisa lah diselingi dengan menyaksikan Lovers of The Red Sky ini

    Balas
  25. Kadang suka deg-degan kalau mau nonton film yang didaptasi dari novelnya apalagi kalau sudah baca novelnya ga mau pasang ekspektasi terlalu tinggi hehehe takutnya kecewa soalnya ga sesuai imajinasi pas baca bukunya

    Balas

Tinggalkan komentar