Hometown (2021) : Drama Terorisme di Sebuah Desa

Drama Hometown (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Drama Hometown memang bukan drama menyenangkan seperti drama dengan judul yang hampir sama. Uniknya kedua drama ini, baik Hometown dan Hometown Cha Cha Cha ditayangkan dalam rentang waktu yang berdekatan. Hanya saja, Hometown Cha Cha Cha sudah lebih dulu mencuri hati pemirsa dengan pesona Kang Hong Du Shik yang serba bisa.

Lalu, bagaimana dengan drama Hometown yang akan aku bahas ini?
Menarik atau engga nih..?

Meski baru tayang sebanyak 3 eps di VIU untuk menonton drama Hometown sub indo, tapi bagi penggemar genre Thriller dan Horror, drama sebanyak 12 eps ini asik juga untuk diikuti. Meski pas nontonnya kudu super mantengin layar karena kasusnya maju-mundur ke masa lalu dan masa kini.

Aku ajakin baca sedikit review dan sinopsis drama Hometown ini yaa…
Let’s get it!

Drama Korea Hometown (2021)

Review Sinopsis Ending Drama Hometown

Profil Drama

Judul : Hometown
(Homtaun/ 홈타운)

Sutradara : Park Hyun-Suk
Penulis Drama : Joo Jin

Pemeran Utama Drama Hometown :

Yoo Jae-Myung as Choi Hyung-In (detektif)
Han Ye-Ri as Jo Jung-Hyun (keluarga teroris)
Um Tae-Goo as Jo Kyung-Ho (teroris Provinsi Gyeongsang Selatan)

Pemeran Pendukung Drama Hometown :

Jo Bok-Rae as Lee Si-Jung (detektif)
Lee Re as Jo Jae-Young

Genre : Drama, Thriller, Mystery, Horror

Network : VIU
Episode : 12
Tayang Setiap hari Rabu & Kamis

Release Date : September 22 – October 28, 2021

Sinopsis Drama Hometown (2021)

Drama dibuka oleh sebuah misteri yang diadukan seorang anak sekolah yang merasa ada yang aneh di rumahnya. Ia berjalan di tengah hujan ke kantor Polisi dan meminta bantuan kepada Polisi agar mengecek kondisi kamar mandi di rumahnya yang kerap ada suara-suara aneh. Dan lebih anehnya lagi, hanya ia yang bisa melihatnya. Ibunya tidak.

Kejadian pelaporan anak tadi langsung menjadi sebuah kasus misterius pembunuhan dan menghilangnya sang anak keesokan harinya. Ibunya meninggal dengan 8 luka tusukan di leher menggunakan pisau pendek. Sedangkan sang anak yang tinggal bersama Ibunya, menghilang.

Ada apakah di dalam kamar mandi rumah seorang siswa tersebut?

Kasus Pembunuhan Massal di Stasiun Saju

Provinsi Gyeongsang Selatan, 1987 – Desa Saju pada perayaan Tahun Baru Chuseok, semua orang ingin merayakan tahun baru di kampung halaman masing-masing. Tak terkecuali istri dari detektif Choi Hyung-In (diperankan oleh Yoo Jae-Myung). Kebanyakan orang pada saat perayaan Chuseok menggunakan moda transportasi kereta api untuk pulkam.

Review dan Sinopsis Ending drama Hometown, Siapa pelaku kejadian kasus pembunuhan di drama Hometown

Dan di sinilah tragedi besar terjadi. Seseorang yang bernama Jo Kyung-Ho (diperankan oleh Um Tae-Goo) melepaskan gas sarin yang ia bungkus dengan koper misterius dan diletakkan di beberapa titik di stasiun tersebut. Jo Kyung-Ho sendiri sudah menggunakan masker, sehingga saat gas sarin tersebut menyebar dan meracuni orang-orang di stasiun Saju, ia bisa melarikan diri dengan selamat.

Korban yang meninggal saat itu adalah 200 orang Saju yang akan mudik. Termasuk istri dari Pak Detektif. Sehingga kejadian ini membuat Pak Detektif mengalami trauma claustrophobia (ketakutan bila berada ruang sempit atau ruangan tertutup) dan trauma bagi Penduduk setempat. Kejadian tersebut merupakan kasus terburuk pada zamannya.

Kasus Kembali Muncul di Desa Saju

Setelah 10 tahun lamanya, kasus pembunuhan massal di stasiun mendadak diungkap kembali oleh sebuah kejadian baru pada tahun 1997. Hilangnya seorang anak yang melapor di Polisi pada awal eps. 1 yang bernama Lee Kyung Jin dan disusul 3 hari kemudian, seorang anak bernama Jo Jae-Young.

Marganya tampak gak asing yaa..?
Iya, anak hilang ini adalah anak dari pelaku pembunuhan massal menggunakan gas sarin 10 tahun yang lalu.

Dan si Bapak Jo Kyung-Ho sendiri sudah menyerahkan diri setelah kejadian pembunuhan massal itu. Means, saat kejadian hilangnya Jae Young, bukan Jo Kyung-Ho yang mendalangi.

Lalu, siapa?

Petunjuk : Sebuah Kaset

Ya maklum aja yaa.. Petunjuk kasusnya masih kaset, bukan rekaman CCTV. Karena drama Hometown ini settingnya tahun 1997. Dan rentetan kejadian penculikan ini diberi petunjuk oleh sang pelaku yakni sebuah kaset rekaman. Awalnya, mereka hanya menyangka itu adalah sebuah kaset penguatan mental dan bocoran soal ujian dari salah seorang guru yang mengajar di sebuah tempat kursus ternama, Tempat Kursus Genius, Lee Young Duk, namanya.

Review dan sinopsis ending drama Hometown. Mencari pelaku pembunuhan dalam drama Hometown. Nonton Drama Hometown sub indo di VIU

Namun, semakin didengarkan, suara-suara yang muncul adalah semacam hipnotis. Benarkah tempat kursus Lee Young Duk melakukan hal-hal mistis semacam itu?

Karena banyak bukti yang mengarah bahwa murid-murid Young Duk banyak yang berhasil masuk Universitas bergengsi, namun ada juga beberapa anak yang stres dan merasa seperti kerasukan sehingga ada keinginan untuk bunuh diri.

**sekilas aku jadi inget drama The Great Shaman Ga Doo Shim yah..

Penyelidikan Dilakukan

Karena masing-masing karakter di drama ini saling memiiki kepentinga, maka sampai eps. 2 digambarkan para karakter belum saling membantu. Pak Detektif mencari tahu kasus anak hilang, sedangkan pihak keluarga Jo Jae-Young juga mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kenapa adiknya menghilang?

Siapa pelaku penculikan dan pembunuhan dalam Drama Hometown? Ending drama HOmetown, Nonton Hometown sub indo dimana? Nonton Hometown sub indo di VIU

Ya, inilah kakak dari Jo Jae-Young, kasus hilangnya siswa yang kedua. Setelah diselidiki, yang menculik adalah karyawan yang bekerja pada keluarga Jo Jae-Young. Keluarga ini memiliki Restoran China yang melayani anter-jemput pemesanan makanan.

Dan ternyata…

Benang Merah Kasus Teror dan Kasus Penculikan di Hometown

Benang merahnya adalah sang pelaku penculikan pernah kehilangan anggota keluarganya saat kasus gas sarin 10 tahun yang lalu. Dan ia bekerja dengan keluarga Jo Jae-Young. Benar sekali, karena Jo Jae-Young ini anaknya pelaku gas sarin, maka penculiknya melakukan penculikan tersebut dengan motif balas dendam.

Chart pelaku drama Hometown, ending drama Hometown, Siapa pelaku kejahatan di drama hometown

Kesan Pertama Nonton Drama Hometown

Rumit.
Ho oh yaa… meski drama ini terbilang enggak banyak kejutannya, karena para pelaku sudah keliatan dari awal dan jelas disebutkan namanya, tapi tetap ini bukan drama crime thriller yang asik untuk ditonton. Nontonnya kalo kata orang Jawa kudu menthelengi bener-bener supaya timeline nya sesuai.

Tipe drama dengan plot maju-mundur gak pake syantik-syantik siih.. antara tahun 1987 dan tahun 1997.

Satu-satunya yang bikin drama ini sederhana hanyalah zamannya. Di zaman itu alhamdulillahnya belum ada gadget. Hanya HP jadul. Jadi kasus yang tampak rumit ini hanya bisa dibuktikan dengan tracing, bukan dari bukti otentik rekaman CCTV, misalnya.

Masih nekat lanjut nonton Drama Hometown?
Lanjut aja kalau suka genre drama yang penuh lika-liku cara menceritakannya. Masih banyak misteri yang belum terungkap, misalnya kenapa pelaku kasus gas sarin dengan mudah menyerahkan diri? Apakah ia mengidap semacam penyakit (psyco or stres berat) ataukah salah pergaulan alias brainwash sekte apaaa gitu…?
**kaya di drama Save Me?!?

…Dan kabar gembiranya, drama ini hanya 12 eps, tayang di VIU setiap hari Rabu dan Kamis.

Lesson Learn Drama Hometown

Membuka Mata untuk Melihat Fakta

Ketika menjalani tugas menjadi detektif atau polisi atau apapun yang ada hubungannya dengan penegakan hukum, maka yang harus dilakukan adalah membuka mata untuk melihat fakta. Meski itu pahit.

Ada kalanya, kita hanya melihat hasil.
Hal-hal yang mengerikan dan terlalu memuakkan untuk dilihat.
Namun, bukan tugas kita untuk menghakimi apakah hal itu bisa terjadi atau tidak.


Detektif Hyung-In, Drama Hometown


Perjuangan Menemukan Kebenaran

Perjuangan ketika salah satu anggota keluarga menghilang adalah bertaruh nyawa untuk menemukan misteri ini, tidak hanya mengandalkan yang berwajib dan sibuk mengkritik kinerja mereka. Kalau bisa dilakukan sendiri seperti kakak Jo Jae-Young, itu lebih baik.

Do an action, not talk only!

Uh…rasanya nonton drama Hometown ini membuat aura penonton gak karuan. Antara mengernyit, melongo, sampai menebak-nebak, benarkah pelakunya benar orang tersebut?

Skuy laah..
Mendadak jadi detektif dengan menonton drama Hometown, drama yang menganalisis kemampuan berpikir dan menganalisis sebuah kasus.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

Wth Love,

Spread the love

54 pemikiran pada “Hometown (2021) : Drama Terorisme di Sebuah Desa”

  1. Meski bukan serial drama crime thriller, saya suka kalau cerita semi detektif seperti ini lho… Baca ulasannya aja udah serum apalagi kalau nonton sendiri langsung. Meski hatus teliti banget nontonnya ya

    Balas
  2. Ini drakor yang tema ceritanya bikin merinding, ih ada pembunuhan massal di masa lalu. Ada anak hilang juga, ternyata si pelaku bukan dia yang dimaksud. Makin belibet aja nih hahaha. Kudu duduk manis ngikutin kisahnya yang serem horor ini, jangan ditinggal2 ke dapur kudu na nya teh wkwkwkwkwk 😀

    Balas
  3. pas yaa barengan ini hometown sama hometown chachacha. aku biasanya suka drama genre begini. berhubung bulan oktober ini lagi butuh konsentrasi, jadi nyimak drama yang ringan2 dulu. kalo dah lewat, baru deh kutonton drama hometown ini 🙂

    Balas
    • Nonton drama yang alurnya maju mundur begini memang ga boleh skip. Hahaha.

      Kalau nonton, aku nanya-nanya ke Mbak Len ya. Biasanya Ada bagian yang ga nyambung, bahkan perlu dua kali nonton

      Balas
  4. Baiklaaah… setelah baca review lendy, saya lebih memilih hometown cha cha aja deh, lebih ringan… hahaha… maklum senengnya drama yang manis-manis aja.. xixixi…

    Balas
  5. ini hometownnya yg menegangkan ya teh 12 eps aja ya. Wah ada si bapak pengacaraa…
    aku suka tapi kok pas udah usia segini klo nonton kasus2 ini suka kebawa nggak nyantai ya. Ini genrenya ku demen selain yg banyak bawangnya hihi
    Kasus jaman masi pake kaset, melacaknya juga tantangan bingiiiit. Belum secanggih sekarang, ya tapi penjahatnya jg canggih2 >.<

    Balas
  6. Alur drama yang maju mundur gini ini emang butuh konsentrasi lebih bagi yang nonton ya mbak. Kalau meleng bisa ketinggalan. Terus akhirnya bakal menggumam sendiri “Kok gini…. kok bisa gitu….”

    Balas
  7. Abis nonton drama hometown yg ini mendadak cerdas kayanya nih aku kalo misal beneran nonton. Gak ada kisah romantis percintaan yg uwu kaya drakor yg pernah ku lihat yaaa haha

    Balas
  8. Bikin film. Atau drama jadul nih pasti butuh biaya banyak. Aku tuh suka kepo soal beginian. Kreativitas mereka luar biasa. Btw semoga banyak yang suka yang sama drama ini, penuh misteri dan juga agak sadis aku bacanya

    Balas
  9. Ku pikir agak-agak mirip sama Beyond Evil ternyata ini sudah terpampang nyata ya kalau katanya nggak banyak kejutannya. Tapi mau coba nonton dulu karena yang main aku kenal semua (ciee dah akrab ceunah wkwk).

    Balas
  10. Aku ngikutin juga nih drama Hometown, secara aku lagi males nonton drama cina minggu ini karena gak ada babang kesayangan aku yg muncul kwkwkwkw.

    overall, ceritanya ini kelam dan rudet ye. ini antara cerita thriller apa cerita setan sih sebenernya? kwkwkwkw.

    Balas
  11. Njlimet uni kalo kataku, pergantian scene tahun yang bikin nebak nebak terus. Berasa ada hantu tapi aslinya gak ada kayaknya ya aku curiga ama gereja nih.

    Balas
  12. Biasanya ada plot twist di sini. Kan ga seru kalau pelaku dan motifnya nampak jelas di awal. Hihi…

    Btw, menarik juga lho dan yes aku suka setting jadul gini dimana investigasi berjalan sederhana, ga kebanyakan cyber crime.

    Balas
  13. gara gara nonton squid game jadi ketagihan no ton drakor yang thriller2 gitu ternyata ga kalah seru dengan thrillernya hollywood

    Balas
  14. Nah ini nih drama yang bikin penasaran, sama The Veil. Aku kepengen nonton. Kebetulan aku memang suka drama misteri. Kayak High Class juga. Minggu depan start nonton ah. Penasaraaaan. Walopun kalo nebak-nebak, aku selalu salah. Hahaha, gak bakat jadi detektif.

    Balas
  15. Jd kepo sama endingnya bagaimana. Cuma aku lbh suka genre yg romantic, comedy kadang suka action, detective, pembunuhan kalau seru gt.

    Balas
  16. Dari judulnya kirain Hometown Chacha ternyata ini drakor yang berbeda ya. Eh tapi karena saya suka genre yg misteri dan thriller seperti ini jadi pengen nonton juga. Masukin di waiting list dulu ah 🙂

    Balas
  17. waa ternyata ada hometown yang lain lagi ya, duu kalau cerita thriller berliku liku ceritanya kayaknya kudu kasiin ke paksu, saya bagian hometown yang satu lagi hihi. lagi pengen lihat drakor yang romantis romantis atau bahagia dulu aja^_^ thanks sharingnya ya mba, tuh paksu langsung search di viu

    Balas
  18. huhu, aku ngeri2 sedep nih kalo drakor nya tentang pembunuhan atau thriller atau horor xD padahal dulu waktu masih lajang, oke2 aja nonton genre begini, tapi skr lebih memilih drakor romantis comedy atau family, hihi..

    Balas
  19. hiy, pembunuhan berantai? bakal deg2an inih nontonnya xD aku kadang suka dg genre detective/ teka-teki dan action, tapi kalo udah nyerempet ke thriller atau horor, aku mundur aja deh hihihi

    Balas
  20. Duh, agak berat juga ya ini mbak dramanya. Saat ini saya masih nonton yg ringan2 aja kayak Hometown ChaCha. Entah nanti kalau dah kangen thriller kayak gini biasanya sampe begadang saking asiknya

    Balas

Tinggalkan komentar