Haechan dan Adiknya, Lee Sungyeon Kembar Fraternal

Haechan punya adik atau kembaran? – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Setelah menuliskan alasan mengapa Haechan melakukan tindik telinga, kini jagad hiburan Kpop kembali dihebohkan dengan foto adik sang idol dari sub-unit NCT 127 dan NCT Dream ini, yakni Lee Haechan. Idol yang memiliki nama asli Lee Dong-hyuck ini dikabarkan sedang berlibur ke Tokyo bersama keluarganya dan ia pun dengan penuh cinta membagikan momen tersebut di instagram pribadinya @haechanahceah.

Kompak dengan adiknya yang beda 6 bulan darinya, Lee Haechan berfoto selfie bersama adik kembarannya tersebut.
WAIT!

Kembar kok bisa lahirnya beda?
Kembar kok bisa beda 6 bulan?

Bukannya yang namanya kembar tuh lahirnya kudunya cuma beda beberapa menit atau paling engga, beda jam lah..
Lha ini kok bisa beda bulan?

Related Post:
Ada apa di tanggal 27 Januari bagi NCT 127?
Pekerjaan Para Orangtua Member NCT Dream

Kuy, kita belajar mengenai yang namanya KEMBAR FRATERNAL ini.
Let’s get it!

Apa itu Kembar Fraternal?

Sebenarnya, dalam dunia medis yang namanya kembar fraternal ini termasuk jarang, gais..
Kasus langka ini hanya terjadi di beberapa wanita yang sedang masa subur (bisa jadi atas pengaruh obat saat progmil) atau sedang program bayi tabung.

Jadi, gak bisa setiap perempuan hamil dan melahirkan dengan jarak berdekatan kayak gini.. Ini hanya satu dua kasus karena sebenarnya mekanisme reproduksi wanita tuh gak segampang itu juga kalau sudah dibuahi, idealnya mereka tidak bisa dibuahi lagi hingga janin yang ada sebelumnya matang dan siap dilahirkan.

Haechan NCT dan adiknya
Haechan yang memiliki adik beda 6 bulan

Dilansir menurut web halodoc, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gynecology & Obstetrics ada kehamilan dengan komplikasi yang berisiko menyebabkan bayi kembar lahir beda hari, bisa dikarenakan karena

Lapisan yang melindungi bayi sobek
Leher rahim lemah/tidak kuat
Preeklampsia yang sangat parah
Cairan ketuban tidak normal (terinfeksi)

Sehingga komplikasi kehamilan yang disebut twin-to-twin transfusion syndrome (TTTS) bisa membawa resiko salah satu bayi harus dilahirkan lebih dulu karena berhenti tumbuh.

Langkah yang dilakukan para dokter biasanya memilih persalinan secara prematur dengan tujuan menyelamatkan salah satu bayi yang paling berisiko. Agar mencegah kondisinya semakin parah dan pada akhirnya berhenti tumbuh dalam kandungan.

Sementara itu, jika kembarannya memang dalam keadaan sehat, maka dokter akan membiarkannya tetap tumbuh di dalam rahim. Tentu saja dokter akan memeriksa langkah apa yang terbaik untuk menyelamatkan bayi-bayi ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Facts Views Vis Obgyn menyatakan bahwa melahirkan salah satu kembar duluan atas dasar risiko komplikasi kehamilan dapat menyelamatkan nyawa bayi bayi lainnya. Bayi yang masih di dalam rahim bisa tumbuh dengan baik dan mengalami perkembangan yang lebih pesat ketimbang bayi yang sudah lahir.

Apakah Melahirkan Beda Hari Atau Bahkan Bulan Ini Beresiko?

Ya, kenyataannya melahirkan dengan perbedaan hari atau bahkan bulan ini bisa meningkatkan resiko tersendiri bagi sang Ibu, seperti risiko komplikasi persalinan, risiko melahirkan secara caesar, risiko posisi bayi sungsang, kondisi plasenta bayi atau besarnya kontaminan dengan bakteri pasca persalinan pertama.

Yah, berat banget memang perjuangan Haechan’s eomma.

Siapa nama adik Lee Haechan
Adek kembaran Lee Haechan, Lee Sungyeon – mirip banget yah.. matanya kiyowoo~

Kesimpulan

Pernyataan Haechan mengenai bagaimana ia dan adik perempuannya yang kembar fraternal (non-identik) ini dikemukakan saat jumpa fans 2016.08.09 “Dajeon Fans signing”. Sehingga saat dikatakan ia dan Lee Sungyeon dongsaeng hanya beda 6 bulan, semua szennies membayangkan bagaimana wajah sang adik.

Melalui instagram @haechanahceah 2023.03.18 kemarin, Haechan berbagi mirror-selfie ia dan adik dan dibagikan di feed.

Haechan NCT dan keluarganya
Haechan NCT

Mari kita selalu mendukung idol dengan dukungan yang positif ya, chingu..
Dan semoga dengan mengidolakan Kpop juga kita bisa belajar banyak hal. Termasuk hubungan baik sang idol dengan keluarganya.

Enjoy the Kpop Music, K-Lovers!

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

26 pemikiran pada “Haechan dan Adiknya, Lee Sungyeon Kembar Fraternal”

  1. Wah ternyata sejak lahir pun HaeChan sudah istimewa. Termasuk salah satu keajaiban medis. Beruntung, karena mungkin di Korsel teknologinya sudah jauh lebih maju.
    Penasaran sama wajah adiknya pasti imut banget.

    Balas
  2. kembar beda bulan memang jarang terjadi ya, Mbak. Hanya memang, kembar ini, bukan kembar identik, maka Haechan kembarnya itu perempuan. Tapi kayaknya, menarik juga kalau dijadika ide drakor ya, Mbak. Jadi ada dua kekasih, yang ternyata saudara kembar beda bulan hehehe.

    Balas
  3. Aku dulu pernah dengar, ada kembar tapi lahir beda tahun. Cuma kasusnya ini tuh bayi tabung. Kalau Kembar Fraternal Haecan, bayangin jadi si Ibu. Pasti gak mudah ya menjalaninya. Bersyukur karena keduanya selamat dan kini tumbuh dengan baik

    Balas
  4. wahhh ternyata ada yaa fenomena kembar beda bulan itu. saya ga terbayang bagaimana ibu Haechan saat mengandung mereka dulu, auto shock atau memang tau yaa..

    tapi anak-anaknya kini sudah dewasa dan Haecha sudah jadi idol pasti bangga mamanya

    Balas
  5. kaget pas baca kakak adik selisih usianya cuma 6 bulan.
    Pas baca kelanjutannya jadi paham, bahwa ini dikenal dengan istilah kembar fratenal, dan merupakan kejadian langka di dunia

    Balas
  6. wahh ternyata ada yaa kembar beda usianya sampe 6 bulan. Hebat banget mamanya haechan yang mampu hamil dan melahirkan anak kembarnya. pasti penuh perjuanga, saya membayangkannya aja udah ngeri duluan

    Balas
  7. wah, aku mau salim sama haechan eommaa~~ sesuatu banget ini masyaAllah, kalo denger kembar beda bulan kayak nggak masuk akal, tapi ternyata ya beneran ada… aku baru tahu loh

    mana gemes banget, dia post di ig pake bilang photo by yeo dongsaengi-yeo.. uwuwuwu, mau punya abang kayak haechaaan 🙁

    Balas
  8. Guueeemmmeeesss kalau lihat Haechan ya… Iya ini aku sempat lihat foto mereka di media sosial, kembar tapi ada perbedaan jarak ternyata. Malah awalnya ku pikir bukan ini temannya yang memang wajahnya mirip. Salut ini sama mamanya Haechan ya, karena perjuangannya dia luar biasa sekali

    Balas
  9. Jadi haechan diputuskan lahir prematur karena kondisi ya.. eh ibu Haechan tapi sehat sehat aja kan.. ngebayangin ngurus baby Haechan sementara ia masih mengandung adek Haechan.. duh berat bener

    Balas
  10. Pernah denger kejadian seperti ini tapi palingan bedanya hanya hitungan hari. Ini bisa sampai 6 bulan ya jedanya.
    Canggih bener ini dokter dan teknologi di Korea sana berarti.
    Karena bisa mempertahankan dua bayi kembar dengan jarak lahir yang cukup jauh.
    Kalau di Indonesia, rata-rata yang bisa selamat hanya 1, hiks.

    Balas
  11. Sejujurnya aku baru tau ada kembar yang bedanya sampai 6 bulan kayak gini. Tapi kondisi Haechan dan adiknya sama-sama normal ya, alhamdulillah. Padahal risiko saat mereka masih janin terbilang tinggi. Luar biasa, ya, ibunya kuat, dokter yang menanganinya pun pastinya juga hebat.

    Balas
  12. Iya, ini adalah salahsatu topik yang dibicarakan para sijeuni di sosial media tentang Sungyeon- adiknya Haechan mbak. Kembar tapi kok beda bulan? Harusnya mereka baca informasi ini deh biar lebih paham dan terjawab apa yang dimaksud pernyataan Haechan punya kembaran tersebut

    Balas
  13. Wah baru tahu aku tentang kembar fraternal. Dan itu adiknya cewek ya ternyata? Ih lucunyaaa..
    Tapi aku ngebayangin ibunya dulu waktu melahirkan dan ngerawat mereka pas bayi. Huhu.. pasti sesuatu banget.

    Balas
  14. Aku baru tahu mba Haechan kembar juga. Soal kembar fraternal memang jarang terjadi, dan pastinya sangat berisiko ya. Soalnya aku tahunya dari temen yang kembar ya gitu lahirnya cuma beda menit saja.

    Keren ini mamanya Haechan.

    Balas

Tinggalkan komentar