Secretly Greatly, Rahasia Kim Soo Hyun Mata-Mata Korea Utara

Film Korea Secretly Greatly (2013) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Seperti yang aku tuliskan di blogpost sebelumnya mengenai aktor Korea Selatan yang pernah memainkan karakter Korea Utara, maka kali ini aku mau bahas Film lawasnya Kim Soo Hyun, Secretly Greatly yang tayang di tahun 2013.

Meski film lawas, tapi setting filmnya sudah serba modern. Tahun 2015, sudah menampilkan handphone jadul yang super tebal dan Kim Soo Hyun nenteng pager sebagai media komunikasi dengan pimpinan tentara dari Korut tanpa hambatan. Hambatannya cuma kalo pas pagernya kehabisan batere. Jadi Kim Soo Hyun nyetok banyak batere AAA banyak banget di dalam kaleng.

Jadi seru gak nonton Film Kim Soo Hyun bertemakan mata-mata Korut yang menyamar dan membaur di masyarakat Korsel?
Yuk, aku ajakin seseruan membaca review dan sinopsis Film Secretly Greatly (2013), let’s get it~

Film Korea Secretly Greatly (2013)

Ulasan Review dan sinopsis Ending Film Secretly Greatly
Poster KMovie Secretly Greatly

Profil Film

Judul : Secretly Greatly/ Covertness
(Eunmilhage Widaehage/은밀하게 위대하게)

Director : Jang Cheol-Soo
Penulis Naskah Film : Kim Bang-Hyun, Yoon Hong-Gi
Penulis Webcomic : Hun (Choi Jong-Hoon)

Pemeran Film Secretly Greatly (2013) :

Kim Soo-Hyun sebagai Won Ryu-Hwan/Bang Dong-Gu
Park Ki-Woong sebagai Lee Hae-Rang
Lee Hyun-Woo sebagai Ri Hae-Jin

Genre : Action, Comedy, Crime, Drama
Release Date : June 5, 2013
Runtime : 124 minutes

Rating : ⭐⭐⭐/5

Sinopsis Film Secretly Greatly (2013)

Jangan mati.
Jadilah kebanggaan tanah airmu.

Tapi jika kau mati,
Jadilah legenda sebelumnya.

Kim Tae-Won, Pemimpin Pasukan Khusus Korea Utara

Dari sini aja, uda keder duluan sama filosofi tentara Korea Utara. Di film ini, aku gak bilang kalau penulisnya “merendahkan” Korut, tapi politik mengurung diri ini yang bikin warga Korut merasa bahwa menyelesaikan sesuatu harus dengan kekerasan.

Sedari kecil, anak-anak Korut sudah diajari cara bertahan hidup ala militer. Mereka bisa memegang pisau dan dilatih kepekaan terhadap segala sesuatu hal yang mencurigakan. Gak hanya anak-anak orang militer, tapi juga anak-anak orang biasa.

Kim Soo-Hyun sebagai Won Ryu-Hwan/Bang Dong-Gu

Untuk menjalani sebuah misi yang belum pasti, Won Ryu-Hwan (nama Korea Utara Kim Soo Hyun) harus menyamar sebagai mata-mata ke Korea Selatan sebagai orang bodoh. Setelah kepergiannya ke Korsel, satu hal yang diinginkan Won Ryu-Hwan terhadap negaranya, yakni tolong jamin keselamatan sang Ibu. Won Ryu-Hwan sangat mencintai Ibunya.

Sebutan untuk mata-mata di Korut adalah Pejuang Revolusi.

Film Secretly Greatly

Kemampuan Won Ryu-Hwan saat menjadi tentara di Korut sudah gak perlu diragukan lagi. Ia adalah tentara yang disegani karena menguasai 8 seni bela diri, penembak level R (dengan akurasi 98.7%), ahli di bidang Kedokteran, Kimia, Fisika dan menguasai 5 bahasa.

Dengan kemampuannya itu, pemimpin pasukan misi unit khusus yang bernama pasukan 5445 mengirimkan Won Ryu-Hwan ke Korsel dan berganti identitas. Yang semula namanya Won Ryu-Hwan saat di Korut, selama penyamaran di Korsel ia bernama Bang Dong-Gu.

Dari namanya aja uda ketebak betapa bodornya Dong-gu. Ia pertama kali ke Korsel ditemukan oleh seorang Ibu dalam keadaan basah kuyup penuh luka di sebuah gang kecil di lingkungan masyarakat yang aneh tapi hangat. Bayangannya, gang kecil ini persis kaya geng Ssamundong di Drama Reply 1988.

Penyamaran Won Ryu-Hwan Sebagai Bang Dong-Gu

Selama 2 tahun, Dong Gu bersabar menyamar jadi orang agak idiot (bisa dibilang gitu), soalnya sering diisengin anak-anak kampung tempat Dong Gu tinggal, dilemparin baru kecil, sampai Dong Gu punya list melakukan kegiatan agar dikira sungguhan orang bodo. Kaya pipis sembarangan setiap sebulan 4 kali, pupup sembarangan 6 bulan sekali (scene ini diliatin, meski di sensor pas bagian paha KSH) dan ini yang paling parah, Dong Gu selalu terjatuh ketika turun dari loteng, kamar tempat ia tinggal.

Oh, ada yang lebih parah lagi dink.. Dong Gu juga suka sengaja bersin biar terlihat ingusan. Ewww!!

Beneran aseli, Kim Soo Hyun di sini gak ada ganteng-gantengnya!
Hahhaa..kok bisa dia akting begono yaak??

Tapi begitu ia bertemu dengan rekannya, sesama orang Korut yang sedang menyamar, maka ia kembali menjadi Letnan Won Ryu-Hwan yang tegas dan teguh pendirian.

Film Secretly Greatly sub indo nonton dimana?
Pemeran Kim Soo Hyun
Letnan Won Ryu-Hwan yang tegas dan teguh pendirian

Berhasilkah Bang Dong-Gu menjalankan misinya sebagai mata-mata di Korea Selatan?

Kesan Nonton Film Secretly Greatly (2013)

Kaya naik roller-coaster!
Dibawa ketawa ngakak lalu di tengah-tengah cerita nangis sesenggukan. Akting Kim Soo Hyun gak perlu diragukan lagi lah.. Uda bagus pake banget banget. Aku gak pernah kecewa sama aktingnya jadi apapun. Ekspresi bodornya, mata tulusnya sampai mata jahatnya, semuanya jelas banget tergambarkan.

Rekomendasi Film Kim Soo Hyun, Film Secretly Greatly
Kim Soo Hyun – Secretly Greatly

Yang bikin mewek saat Dong Gu mulai tahu bahwa ia Ibunya menjadi tawanan di Korea Utara dan misi yang selama ini ia jalankan menjadi tidak bermakna. Dong Gu pun mulai sayang sama warga kampung dimana tempat ia tinggal dengan karakter warganya yang unik. Ada Park Eun Bin (si kakak Choi Woo Sik, seorang akuntan cantik dan sederhana yang diam-diam disukai Dong Gu), Ada Choi Woo Sik (adeknya Park Eun Bin yang selalu belain kakaknya kalo Dong Gu ketauan flirting ke Eun Bin eonni), ada Ibu tempat Dong Gu tinggal yang super baik hati, gak beda-bedain antara anak kandung dan Dong Gu yang sudah dianggap anak sendiri.

Choi Woo Sik dan Park Eun Bin tampil di Film Secretly Greatly
Ini yang pakai seragam SMA, Choi Woo Sik looh…. ^^

Selain itu ada cewek seksi penghibur malam yang suka mabuk dan merokok, anak 2 anak kecil kakak-adek yang suka gangguin Dong Gu, ada Bapak pemilik kos-kosan yang dulunya adalah seorang detektif dan ada Bapak barber shop yang naksir Ibunya si anak kecil pengganggu Dong-Gu.

Tuh, ceritanya lengkap dan manis yah..

Ending Film Secretly Greatly (2013)

Endingnya sedih banget sih..
Bagi yang gak suka ending cerita dengan karakter tokoh utamanya meninggal, jangan nonton Film Secretly Greatly yaa.. Karena endingnya Kiim Soo Hyun alias Bang Dong-Gu meninggal dieksekusi tentara Korea Selatan. Bukan bermaksud jahat, Korsel melindungi pemimpin mereka yang ditembaki oleh rekan Korutnya Dong Gu, Ri Hae-Jin (Lee Hyun-Woo) yang menganggap Dong Gu adalah panutannya dan bermaksud melindungi Dong Gu at all costs!

Lee Hyun-Woo berperan sebagai anak SMA di Film Secretly Greatly.
Lee Hyun-Woo sebagai Ri Hae-Jin

Sedangkan rekan Korut yang lainnya, yang awal misinya adalah lulus sebagai penyanyi rock dan ia adalah anak dari salah satun petinggi Korut, juga meninggal bersama tentara Korut yang bermaksud mengeksekusi mati mereka bertiga, Dong Gu, Lee Hae-Rang dan Ri Hae-Jin karena dianggap tidak menjalankan perintah dari Korut untuk terakhir kalinya, yakni mati bunuh diri.

Park Ki-Woong berperan sebagai penyanyi rock di Film Secretly Greatly.
Park Ki-Woong sebagai Lee Hae-Rang

Lesson Learn Film Secretly Greatly (2013)

Jangan pernah meremehkan orang lain

Beda banget saat Dong Gu jadi orang idi*t dan saat masa tugasnya selesai, ia pamit sebagai Dong Gu yang pernah mereka kenal di lingkungan tersebut. Semua orang terpana saat Dong Gu memotong rambutnya dan seperti orang normal berbicara banyak hal, seperti nasehat untuk wanita penghibur agar berhenti merokok, untuk kakak adik kecil yang meski sering gangguin Dong Gu tapi sayang banget Dong Gu, nasehat untuk Park Eun Bin dan Choi Woo Sik agar selalu akur dan melindungi kakaknya yang cantik.

“Jika kau tidak benar-benar hebat atau sangat cerdas, kau takkan mampu melindungi orang-orang yang kau sayangi.”

Jo Doo-Suk (kakak angkat Dong Gu selama di Korsel), Quote Film Secretly Greatly

Nasionalisme yang tinggi

Seberapapun setianya kamu terhadap negara, bila sekali saja dikecewakan, maka dirimu akan kehilangan jati diri dan kepercayaan terhadap negara. Ini yang dialami Dong Gu.

Saat ia benar-benar setia terhadap negaranya, namun negaranya justru di akhir hayatnya malah menyuruh untuk melakukan bunuh diri dan penghapusan identitas. Keluarga semua salmon (sebutan untuk orang Korut yang menyamar di Korsel) kudu dibunuh juga. Dan mereka tidak menerima penghargaan sebagai pahlawan revolusioner, melainkan pengkhianat revolusioner.

Sakit hati banget sih..

Perintah negara tidak punya syarat apapun.

Quote Film Secretly Greatly

Begini kilah negaranya saat Dong Gu menyatakan keinginannya untuk menyelamatkan sang Ibu di Korut. KZL banget jadinya akutu sama Korut. Huhuu~

Trailer Film Secretly Greatly (2013)

Kim Soo Hyun menjadi mata-mata Korut dan tinggal di Korsel

Film Secretly Greatly berhasil memecahkan rekor penjualan tiket terbanyak (box-office record) di hari pertamanya release di Korea Selatan pada bulan Juni 2013. Dan film apik ini digarap berdasarkan kisah webcomic yang berjudul “Covertness” karya Hun (Choi Jong-Hoon) dan webcomic “Covertness” sudah dipublikasikan sejak 30 Juni 2010 – 2 Mei 2011 oleh Daum Webtoon Company.

Cover Webcomic Film Secretly Greatly yang berjudul"Covertness"  dipublikasikan sejak 30 Juni 2010 - 2 Mei 2011 oleh Daum Webtoon Company.
Karakter di Webcomic “Covertness” by Hun

Sekian dulu pembahasan tentang film Kim Soo Hyun kali ini yaa..
Simak terus blog lendyagassi dengan ulasan drama dan Film Korea kesukaan aku. Semoga bermanfaat.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

67 pemikiran pada “Secretly Greatly, Rahasia Kim Soo Hyun Mata-Mata Korea Utara”

  1. baru baca reviewnya aja udah berasa kayak naik roller coaster yaa dibikin campur aduk. diawal dibuat ngakak nih sama akting idiotnya diakhir dibikin nangis sama akhir kisah perjuangannya. jadi pengen nonton deh

    Balas
  2. Wah, endingnya tokoh utama meninggal kaena dieksekusi tentara Korsel ya…hiks sedih deh
    Hm fokus ke lesson learned tentang rasa nasionalisme yang tinggi dan pengkhianat revolusioner …bener juga ya
    Sebera setia pada negara kalau dikecewakan maka akan kehilangan jati diri dan rasa percaya pada negara..duh

    Balas
  3. wah ceritanya memadukan dua negara berselisih korut dan korsel, merupakan jalan cerita yang menarik dan kebetulan saya menyukai hal-hal berbau korut. Seperti CLOY yang memceritakan ttg Korut, alhasil uda lebih dari 3x kuulang2 nonton

    Balas
  4. Anak-anak di rumah suka nih dengerin sejarah & kehidupan di Korut, sampai mereka lihat video cara kabur dari sana 😀
    FIlm drakor juga ada yang menceritakan perjuangan warga Korut yang bermigrasi ke negera lain teramsuk Korsel.
    Seru banget ini pastinya ya film Secretly Greatly ini pakai ada penyamaran segala. Ya ampun si ganteng disurh gotong2 barang berat gitu kasihan

    Balas
  5. Wah, baru tahu drama ini. Kok menarik banget ini ya ceritanya. Dari yang perannya oon banget pas lihat pake baju tentara langsung beda ya auranya.. Sip2, pingin nonyon euy.. Makasih teh

    Balas
  6. Kok jadi terharuuu. Dong-gu menjalankan peran sepenuhnya ya. Namanya juga mata-mata. Tapi endingnya itu lho.
    Dia akhirnya ngaku sama para tetangga. Jelas bengong lah ternyata selama ini dia hanya menyamar.

    Balas
  7. Semenjak Crash Landing On You jadi tahu korut korsel tidak begitu akur.

    Baca rangkuman drakor diatas jadi sedikit banyak belajar sejarah korea.
    Setuju dengan quotes :Jika kau tidak bener2 hebat atau cerdas kau tidak bisa melindungi orang yang kau sayang.”

    Balas
  8. Kemarin baru kelar nonton Snowdrop yang endingnya nyesek banget. Kayaknya baru bisa nonton film model kayak gini beberapa minggu ke depan, wkwkwk. Tp kayaknya kalau drama yg plotnya melibatkan korut, biasanya endingnya enggak happy sih emang,huhu.

    Balas
  9. Wuaaa aku jamin aku ga berani nonton engdingnya!
    Aku udah lama ga berani nonton film perang perangan padahal dulu aku favorit banget nonton. Lupa judulnya kalo gak salah Tour of Duty. Lalu menikmati Band of Brothers, The Pacific.

    Sudah gitu entah karena nonton apa aku ngeri, sekaligus sedih dan keingetan terus.. habis itu kapok!

    Untuk film Korut apalagi, karena mereka terkenal KEJAM! SADIS! sepertinya aku skip dulu 🙁

    Balas
  10. Ya ampun endingnya mengingatkan aku akan kegetiran nasib Soo Ho di drama Snowdrop yang ngeselin banget dan sampai detik ini aku belum move on doong huhuhu

    Aku belum nonton nih filmnya tapi inget karakter ini pernah jadi cameo di drama CLOY dan Kim Soo Hyun emang kocak banget super konyol hahaha

    Balas
  11. Tema cerita yang menarik.
    Apalagi soal mata-mata itu jadi kisah yang mendebarkan.
    Banyak pelajaran yang bisa ditarik ya
    Siip rekomennya.

    Balas
  12. Yaaa…kok Kim Soo Hyun akhirnya meninggal? harapanku film ini jadi happy ending ya.Tapi keren banget loh actingnya si Kim Soo Hyun ini benar-benar mendalami penyamaran sebagai seorang yang bertingkah idiot,keren euy

    Balas
    • Aku suka banget aktingnya, selalu ciamik ya, tahu tokoh ini muncul sebagai cameo di mana ya, dramanya Hyunbin crash landing on you bukan yaa hihi ikonik banget kostum dan gaya rambutnya, ngga nyangka kalau ending filmnya sedih

      Balas
  13. huwaa lawas lohhh 2013, aku juga dulu suka nonton drakor yang temanya korsel-korut, ahh ada deg deg annnya juga takut bunuh2an wkwkkwk, kenapa mukanya Kim Soo Hyunnn awet muda banget sih, perasaan ga berubah sampe sekarang hahahaha

    Balas
  14. OMG kenapa pemainnya kayak gini ya Allaah, ganteng banget wkwkwkwk *mudah2an komenku ga dibaca suami
    Aku sampe nontonin drakor lawas karena gabut pengen nonton drakor baguss. ehh dapat rekomendasi scretly greatly. gasssss lah

    Balas
  15. Tuh kan tuh kan, kalo ada cerita ngebahas mata-mata Korut yang endingnya bikin sad kek Snowdrop kayanya skip dulu. Huhuuu. Nyesek banget. Tapi jadi penasaran Kim Soo Hyun ini.

    Balas
  16. Waduh endingnya kok begitu yak? Biasanya drakor Korsel agak berseberangan dgn Korut. Lah ini malah membeli. I mean bisa aja sih Korsel ini ngasih warning ke masyarakatnya, jgn sampe pindah ke negara sebelah/jd mata2 negara sebelah. Soalnya hukumannya mati hingga sekeluarganya. Ya mirip ama yg dilakukan Korut sih.

    Aktingnya Kim Soo Hyun ini emang mantap dr smua film2nya. Karakter di masing2 perannya juga berbeda. Pantes aja dia diganjar dgn gelar aktor paling mahal se Korsel.

    Balas
  17. Saya suka melihat film yang berbau militer, karenanya saya baca ulasan film ini dari awal hingga akhir. Jujurly, saya jadi pengin nonton filmnya dong…

    Balas
  18. Bagus ceritanya. Aku baca dari awal sampai akhir, full, haha. Jadi inget sama Babang Penyendera 16 episode yang berakhir tragis juga, heuheu. Nyesek banget jadi orang Korut ya. Udah bela-belain jadi mata-mata, ganti identitas, masih juga keluarga ‘dihabisi’ sama negaranya sendiri, ampun dah.

    Balas
  19. wah baru tahu aku di film ini ada park eun bin sama choi woo shik. dulu aku sudah pernah nonton film ini jadi ingat adegan yang malam-malam itu pas di jemuran. hihi. endingnya sedih apalagi pas ibu angkat dong gu ternyata nabung buat dia

    Balas
      • Oh, baru tahu kalau ini karakter di CLOY. Jadi makin pengin nonton euy.

        Tapi emang gitu banget ya, nasib mata-mata Korut. Berasa nyesek sama perlakuan negara. Kalau istilah Lim So Hoo, “negara meninggalkan kita”. Ya bener juga. Sudah mengabdi tetep aja keluarganya dijadikan tawanan.

        Balas
  20. Sad ending ternyata ya huhu, tapi penasaran deh, pengen nonton juga filmnya, jadi inget drakor CLOY, kalau itu happy ending yaa, meski tetep aja mereka ga bisa bersatu karena negaranya saling bermusuhan

    Balas
  21. Sejak karakter ini jadi cameo di Crash Landing on You, langsung masukin Secretly Greatly ke list tontonan. Gak ngarep banyak sih soal cerita kata-kata kaya gini. Cuma aku merasa unik aja sama penyamarannya

    Balas
  22. Ooo pantesan tokoh dr film ini toh. Sempet bingung pas scene kim so hyun di crash landing on you. Cuma di otak dah connect.. Pasti dr filmnya dia deh. Dan ternyata ini nama filmnya. Cari ah.. Masuk list

    Balas
  23. Film ini mengingatkan aku dengan drama Korea Crash Landing on You. Sepertinya film ini menarik ya, Mbak. Jadi penasaran pengen nonton film ini. Kalau aku paling suka Kim Soo-Hyun di drama Korea It’s Okay to Not Be Okay.

    Balas
  24. duuuh, endingnya sedih ya Kak, apalagi Bang Dong-Gu udah rela nyamar jadi orang idi*t segala ya, ehh tapi Korut malah berkhianat bukannya menjaga Ibunya si Abang tapi malah menawannya ya, kzl banget pasti tuh. Belum lagi pas balik gak dianggap pula pengorbanannya, iihh double deh kesalnya, mungkin Bang Dong-Gu berterima kasih aja tuh ya ditembak oleh Korsel daripada harus bunuh diri.

    Balas
  25. Wah, ternyata drakor ada webcomic nya juga ya.. Akhir” ini udah jarang liat drakor yg berseries-series gitu.. Tp endingnya kok bikin sedih ya.. Duhh,, pingin liat jadi galau nih :'( aku suka nyari happy ending nih.. Huhuuu,,

    Balas
  26. Jangan mati.
    Jadilah kebanggaan tanah airmu.

    Tapi jika kau mati,
    Jadilah legenda sebelumnya.

    Baca opening sinopsisnya udah mewek duluan donggg. Kim Soo-Hyun itu kenapa sih ya? Muka lawakan bisa, cool sikat, gantengnya juga diembat. Gemoy!

    Balas
  27. kim so hyun ini daari tahun ke tahun tetap gantengg banget aku kemaren baru nonton the moon embrance mak bagus jugaaaa. ini the secret kupikir naruto karena ada gambarnya ah taruh dilist sapa tau isa nonton save dulu

    Balas
  28. Ya ampun tokoh utamanya meninggal ya? Duh jadi nyesek. Aku blm nonton sih, tapi sedih lah klu sampai ada tokoh utama yg kita gadang-gadang akhirnya kalah. Huhu…

    Balas

Tinggalkan komentar