Kimi ni Todoke: From Me to You, Sadako yang Penuh Cinta

Review Sinopsis Drama Jepang Kimi ni Todoke: From Me to You (2023) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Galau akutu..
Karena kemarin hormon lagi naik-turun gajelas gitu kan… Jadi randomly milih drama Jepang buat nemenin kegalauanku. Dan berakhir di Kimi ni Todoke: From Me to You yang tayang di Netflix.

Apakah drama Jepang akan menghiasi blog ini juga?
Hehehe, agaknya begitu sih ya.. Nanti aku bikinin kategori baru deh.. Mengingat aku suka banget belajar budaya sama bahasa Jepang juga. Apalagi pertama kali jatuh cinta tuh ya… dorama sih… **jauh sebelum drakor jadi tren kek sekarang.

Key, key..
Curhatnya udahan dulu ya.. Aku mau cerita dorama Jepang yang diadaptasi dari manga populer di Jepang yakni “Kimi ni Todoke: From Me to You” (君に届け) karya Shiina Karuho (椎名軽穂) dan sudah dipublikasikan sejak December 13, 2005 sampai November 13, 2017 oleh penerbit manga magazine Bessatsu Margaret.

Cerita dorama Kimi ni Todoke cukup ringan untuk versi doramanya. Karena gak baca versi manga-nya, sahabat lendyagassi boleh banget komentar kalau ada yang baca ya..

Kisah dorama Kimi ni Todoke: From Me to You ini ini tentang apa?
Simak kuy, let’s get it!

Drama Jepang Kimi ni Todoke: From Me to You (2023) – Netflix

Kimi ni Todoke: From Me to You

Profil Drama

Judul : From Me to You: Kimi ni Todoke
(Kimi ni Todoke/ 君に届け)

Sutradara : Takehiko Shinjo, Takeo Kikuchi
Penulis Drama : Hayato Miyamoto
Penulis Manga : Karuho Shiina

Pemeran Utama Drama From Me to You: Kimi ni Todoke (2023):

Sara Minami sebagai Sawako Kuronuma
Oji Suzuka sebagai Shota Kazehaya
Kaito Sakurai sebagai Ryu Sanada
Rinka Kumada sebagai Ayane Yano
Riho Nakamura sebagai Chizuru Yoshida

Pemeran Pendukung Drama From Me to You: Kimi ni Todoke  (2023):

Jin Suzuki sebagai Kento Miura
Shohei Miura sebagai Kazuichi Arai

Genre : Romance, Life, Youth

Network : Netflix, TV Tokyo
Episode : 12

Release Date : March 30, 2023

Sinopsis Drama From Me to You: Kimi ni Todoke

Seorang gadis SMA Kitahoro bernama Sawako Kuronuma (Sara Minami) gak pernah sekalipun memiliki seorang teman dan ia terbiasa dengan hal itu. Berangkat dan pulang sekolah sendirian karena teman-teman satu sekolahnya takut akan sosoknya yang berambut panjang, terkesan sombong dan gak bisa ngomong.

Sadako aka. Sawako Kuronuma, seorang cewe misterius

Benarkah Sawako gak bisa ngomong dan bisa liat makhluk astral seperti yang digosipkan teman-temannya selama ini?

Kehidupan Sadako yang Berubah

Di hari pertama Sawako ke sekolah, ia bertemu dengan seorang cowok yang sedang merenung memandangi pohon sakura. Gak lama ditegur sama Sawako dan akhirnya mereka perlahan bisa saling dekat. Cowok tersebut bernama Shota Kazehaya (Oji Suzuka). Si cowok gans, populer dan digilai banyak gadis SMA Kitahoro. Bahkan, temen-temen SMP Kazehaya masih sering main ke SMA tempat dimana Kazehaya sekolah. Hanya demi melihat sosok cool si cowok ganteng ini.

Shota Kazehaya, teman pertama Sawako

Dari Sawako yang bisa membuka diri dan dekat dengan Kazehaya, akhirnya Sawako punya keberanian untuk mendekati teman-teman sekelas lainnya. Apakah mudah?

Tentu tydack!
Semua teman sekelasnya juga takut kena kutukan atau ketularan weird kayak Sawako. Jadi banyak teman yang memilih untuk menghindar.

Namun, saat pekan Uji nyali yang diadakan di sekolah tersebut, Sawako malah menawarkan diri menjadi sosok Sadako, yang tugasnya nakut-nakutin setiap teman yang lewat di jalur uji nyali. Huhuhu, akankah Sawako tetap menjadi Sadako seperti julukannya selama ini?

Ketulusan Sawako Menggerakkan Hati Teman-temannya

Aku tak pernah melakukan sesuatu di luar kehendakku.
Kalau bisa berguna bagi yang lain, aku akan senang sekali.

Quote Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023

Dengan penawaran Sawako, panitia uji nyali, Chizuru dan Ayane jadi terharu karena ketulusan Sawako yang selama ini gak mereka tau. Sawako ingin membuka diri dan bergaul juga dengan layaknya anak-anak remaja seusianya. Dan tanpa mereka sadari, perlahan tapi pasti, ketiganya menjadi sahabat.

Karena kita berteman, aku tidak bisa membantu jika tidak tulus.

Quote Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023

Persahabatan mereka terus berkembang, dari Kazehaya, Chizuru dan Ayane kemudian naik di kelas 12, mereka duduk deketan dan ketambahan satu orang lagi bernama Ryu Sanada. Jadi seru nih, 3 cewek dan 2 cowok.

Akankah hubungan persahabatan mereka langgeng hingga hari kelulusan tiba?

Cita-cita Tak Menghalangi Cinta

Ya, namanya persahabatan SMA ya..
Selain ada friendship goals, ada juga cinta yang mewarnai. Sawako uda mengagumi sosok Kazehaya sejak pertama kali bertemu, Namun ia tidak bisa mengartikan perasaannya sehingga saat Kazehaya bilang kalau “Aishiteru” ((suka)) ke Sawako, Sawako malah mengartikan perasaannya gak berimbang.

Eh, gimana sih maksudnya?
Intinya cinta Kazehaya dan cinta Sawako ini gak sama maknanya. Jadi mereka sama-sama terluka.

Jatuh cinta kepada Kazehaya telah membuka mataku bahwa setiap orang memiliki berbagai macam perasaan.

Quote Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023
Kazehaya & Sawako

Dalam berpacaran, tidak boleh ada perasaan tak sepadan.

Quote Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023

Apakah akhirnya Kazehaya bisa bahagia bersama Sawako?
Cewek pertama yang ia cintai dengan sepenuh hati karena Kazehaya paling anti sama cewek yang agresif. Jadi dia tersentuh hatinya dengan ketulusan Sawako saat membantu teman-temannya dan semua hobi Sawako yang mencintai lingkungan tanpa pamrih.

Kesan Nonton Kimi ni Todoke: From Me to You

Buat aku, nonton drama Jepang yang beneran genre drama tuh mellow banget sih..
Bisa ngluarin seluruh emosi yang ingin aku keluarin. Kek sedih, seneng, nangis sesenggukan, walaupun gak separah saat nonton First Love: Hatsukoi (2022) di Netflix juga.

Drama Kimi ni Todoke ini seru di 5 eps pertama karena masih mencari-cari kecocokan dari hubungan persahabatan dan percintaan Sawako dengan teman-temannya. Tapi menginjak eps 6 ke atas, uda mulai komunikasi mereka saling terbuka, jadi menurutku keseruannya berganti level. Uda gak nangis-nangis lagi, tapi lebih ke pesan besar dari drama Kimi ni Todoke.

Uda mirip Gita Cinta dari SMA, belom?

Ya, drama Kimi ni Todoke ini mengajarkan pentingnya berteman di saat masa remaja. Dengan siapa kita berteman, maka mereka jualah yang bisa membawa ke masa depan. Mimpi bareng ingin maju bersama sesuai dengan cita-cita masing-masing.

Bakalan kagum banget sama SMA di Jepang. Karena meskipun bukan SMA di Tokyo, kota besar, tapi perhatian para sensei terhadap siswanya juga sungguh-sungguh. Anak-anak beneran diarahkan untuk masuk sesuai dengan potensi besar mereka masing-masing.

Jurusan SMA yang dituju uda bukan sekedar dokter, arsitek, pengacara atau polisi, tapi lebih spesifik, seperti guru olahraga, guru pelajaran, pemilik usaha. Keren yah..

Kalo ada yang terheran-heran, apa hebatnya jadi guru olahraga bestie?
Gaji juga gak seberapa…

Uhhuu, aku baru tau dari drama ini juga kalau spesialisasi guru olahraga bukan hanya pelajaran gimana berolahraga, tapi juga menjaga fisik para atlet untuk bisa sampai ke potensi maksimal.

Jadi, gak heran ya..
Profesi di Jepang ini meskipun terbilang remeh kek konsultan beres-beres rumah yang dikenal karena metode konmari yang dikenalkan oleh Marie Kondo pun ada spesialisasinya.

Ya, memang sedetil itu di Jepang tuh..

Trailer Kimi ni Todoke: From Me to You (2023)

Cast Kimi ni Todoke: Sara Minami, Oji Suzuka, Kaito Sakurai, Rinka Kumada, Riho Nakamura

Menurutmu, adakah orang yang hidup tanpa penyesalan?
Semakin keras seseorang berusaha, semakin besar penyesalan yang mereka pendam

Quote Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023

Ending Kimi ni Todoke ini aku suka banget.
Semua karakternya menunjukkan hubungan yang sehat. Meski saling suka dan jatuh cinta, tapi skinship yang terbangun dari awal hanya kisseu tipiiis banget. Setipis dompetku kalok uda ditawarin MD NCT Dream lah.. ((wkkk, kesian amat))

Plus banyak hal yang bisa dijadikan contoh baik.
Seperti guru sekolah SMA Kitahoro yang sangat deket dengan siswanya, tapi gak ikut campur dalam urusan percintaan dan pergaulan. Sampai adanya pesan pentingnya berkomunikasi dengan teman, orangtua dan orang yang sayang sama kita. Jangan mengandalkan “perasaan” atau harusnya dia tau sih.. Tapi sampaikan dengan jelas sejelas-jelasnya. Agar gak salah paham dan berakhir menyedihkan.

Hidup tak selamanya indah.
Ada masa berat, menyakitkan, hingga rasa ingin melarikan diri.
Tak hanya satu kali, dua kali, tapi berkali-kali.

Saat diterpa masalah, jangan salahkan orang lain.
Jangan suka membandingkan-bandingkan.

Yakinlah pada diri kalian masing-masing.

Quote Ending Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023

Buat yang suka dengan drama genre sekolahan, sabi sih coba nonton drama Kimi ni Todoke: From Me to You di Netflix sebanyak 12 eps dengan durasi masing-masing eps-nya 30 menitan. Bagi yang suka anime, Kimi ni Todoke versi anime-nya juga bisa ditonton di Netflix.
((hihi, asli baru tau. Setelah search di NF))

Semoga bermanfaat.

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

39 pemikiran pada “Kimi ni Todoke: From Me to You, Sadako yang Penuh Cinta”

  1. wah ternyata Mba Leny bahas adrama Jepang juga, saya beberapa kali nonton ini juga tapi ga full setiap episodenya, drama anak remaja yang syarat banget dengan pesan moral mengenang hubungan yang sehat sih kalau menurut saya karena dukungan dari orang-orang sekitarnya juga

    Balas
  2. “Karena kita berteman, aku tidak bisa membantu jika tidak tulus”

    Aaww ngena banget kalimatnya.
    Btw, pas baca judul aku kira Sadako loh, tumben amat mba Lendy bahas film horor Jepang, taunya drama🤣

    Balas
  3. Quote endingnya bagus deh Teh. Related banget ama kehidupan jangan melarikan diri, jangan membandingkan, dan jangan menyalahkan orang lain. Dorama saya juga suka nontonnya Teh. Biasanya jumlah episodenya lebih pendek dari drakor.

    Balas
  4. Aku suka sekali dengan quote endingnya. Ngak tau rasanya dalam banget dan relate dengan kehidupan pribadi banyak orang. Belum sempat menonton dorama ini. Tunggu moment yang tepat.

    Balas
  5. Baca sadako kupikir hantu-hantuan. Kisah kehidupan anak sekolahan emang selalu menarik sih. Masa-masa di mana penuh semangat ngejar cita-cita, punya hopes dan goals yang ingin dicapai plus suka-sukaan sama temen satu sekolah.

    Balas
  6. Wait ini kimi no todoke ada filmnya ngga sih? Kayak pernah nonton, atau animenya ya yang aku nonton. Ah lupa tapi kayak familiar gitu

    Balas
  7. Film remaja pasti banyak peminat sih. dari jdulnya kayak familiar, apa karena bahasa Jepang itu serupa tapi tak sama ya haha. Nanti aku rekomendasiin ke teman buat nonton ini

    Balas
  8. Iya banget
    Saya pun kagum dengan sistem pendidikan Jepang karena pemerintah sangat concern
    Pendidikan beneran gratis, bahkan gak ada biaya transportasi karena ada bus sekolah
    Makan siang disediakan sekolah dst agar anak bisa fokus belajar

    Balas
  9. Aku masih agak susah menikmati dorama 🤣. Kecuali temanya kuliner 😁😄. Kalo romance gini, jujurnya aku lebih suka baca spoiler aja mba. Jadi ga perlu nonton langsung.

    Skr ini pun di Netflix aku lagi nonton dorama yg dearest itu. Walopun udh ttg misteri, ttp aja lamaaaaa mau namatin. Ntahlaah, mungkin Krn dorama ini akunya lambat Yaa. Jadi aku ga dapet feel nya. Memang masih suka Drakor sih.

    Tapi beda kalo udah bertema kuliner 🤣. Kalo itu aku betah nontonin Ampe tamat 😄

    Balas
    • Iya, kak Fan..
      Suka lama click-nya kalo biasa nonton sesuatu. Drakor misalnya. Kalok switch ke dracin, suka sulit memahami.
      Makanya aku juga cuma 2, drakor sama dorama. Karena belajar bahasa dan budaya 2 negara ini. Lakorn karena makin banyak BL-nya jadi ngerem deh..

      Balas
  10. Sadako itu mengingatkan saya ke tokoh film horor dulu hahaha.
    Btw ini ceritanya cucok buat para remaja ya, kisah cinta-cintaan anak remaja, yang dulunya terasa kayak mendalam gitu, sekarang mamak Rey agak geli kalau ingat kisah cinta remaja, hahahaha

    Balas
  11. Quote Ending Kimi ni Todoke: From Me to You, 2023 yang ini menarik, jangan suka membanding-bandingkan. Ojo dibanding-bandingke, semesti kalah.

    Kalau bicara perasaan memang masih banyak yang suka memendam perasaan, tidak mengungkapkan..Jadinya, hanya perasaannya sendiri yang merasa diperhatikan dan padahal lawannya tidak merasakan demikian.

    Balas
  12. Wah keren nih kayaknya ya dorama ini. Premis nya sarat makna. Gak cuma tentang arti persahabatan, hubungan antar pribadi tapi juga tentang proses membangun healthy relationship. Apalagi terjadi di saat usia remaja yang sedang memasuki tahap dewasa. Dan lewat dorama ini, ada sesuatu bahkan mungkin banyak yang maknanya bisa kita petik.

    Cus ah, langsung ke NETFLIX buat nonton dorama ini.

    Balas
  13. Iya ya, kalau di jepang tu kyknya gak ada profesi remeh. Seperti di Koreea kyknya semuanya butuh sertifikasi, makanya gak ada tu yg meremehkan pekerjaan2 kasar, krn gak mudah juga tu dapat seritifikasinya.
    Wah ini settingnya ntr SMA terus atau ada masa2 mereka jd dewasa ya?
    Sebenarnya masih khas kyk tema gadis biasa dengan cowok populer sih ya? tapi bedanya kyknya ini lbh ke pencarian jati diri si cewek jg gtu ya?

    Balas
  14. Keren sih ini “Karena kita berteman, aku tidak bisa membantu jika tidak tulus.” Maka hadirnya pertemanan memang karena ketulusan. Ini nih yang gak mudah dicari

    Balas
  15. Pokoknya selalu dukung tulisan kak Lendy ini soal film2 korea, dracin, dan mau bahas film2 drama jepang juga makin lengkap ini web..maaf ya kak, kadang web ini jadi rekomendasi saya untuk teman2 di kantor yang hobi nonton film. Aku tuh cuma sering nyempil di antara mereka.

    Balas
  16. drama jepang itu episodenya gak banyak yaa, paling cuman 10 atau 12 aja dan durasinya juga gak lama. Kayaknya saya penasaran nih pengen nonton dorama ini, nanti mau coba cari ahh

    Balas
  17. Rambut panjang menjuntai dan nggak banyak omong, emang jadi misterius ya teh
    Diibaratkan sama sadako gitu? Serem, hehe
    Tapi menarik ini ceritanya
    Cerita anak sekolahan ya teh

    Balas
  18. Mulai lagi nih Teh Lendy ngeracuni saya dengan drama Jepang. Cukuplah drakor yg makin ke sini makin sering menemani hari2 luangku.
    Tapi habis baca reviewnya ini, kok saya tertarik yah wkwkwk.

    Balas
  19. Astaga aku suka banget sama animenya Sawako ini. Bahkan sampe nyanyi-nyanyi OSTnya di kamar mandi dan selalu digedor sama teman kos pas masa kuliah dulu hahaha.
    Sekarang ada real nya. Pengen nonton.

    Balas
  20. Seru nih filmx, jadi ingat masa remaja dulu hahaaa. Pemainnya punya karakter sendiri, unik dan semoga si cewek mendapatkan keinginannya.

    Terinspirasi dengan quote2x yg memotivasi

    Balas

Tinggalkan komentar