Decoy: Part 1 Meninggalkan Ending yang Penuh Tanda Tanya

Review Sinopsis Drama Korea Decoy: Part 1 (2023) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Salah satu alasan nonton drama Decoy: Part 1 ini adalah comebacknya aktor Jang Keun-Suk ke layar kaca sejak drama terakhirnya di tahun 2018 yang berjudul Switch: Change the World. Dan karena aku belum nonton dramanya ((hiiks)), jadi gakkan aku bahas ya..

Decoy: Part 1 sendiri bercerita mengenai sebuah kasus penipuan yang berefek panjang. Dan untuk nonton 6 eps-nya, terlihat mudah ya.. “Ah..cuma 6 eps.” Tapi ternyata kok aku lama juga nyeleseinnya. Huhu… Apakah karena ini drama bergenre business ya..??

Baca juga:
Ending Drama Korea Business Proposal Berdasarkan Webtoon (2018)
Drama Tema Bisnis, The Fabulous (2022)

Sumpah, aku lemot banget kalau ngobrolin masalah investasi dan bisnis. Jadi pas nonton bolak-balik stop buat memahami teksnya dan gak paham juga, uhhuukk!

Jadi aku ceritain garis besar drama Decoy: Part 1 yang tayang di Coupang Play dan aplikasi Prime Video ini aja yaa..
Let’s get it~

Drama Korea Decoy: Part 1 (2023)

Review Decoy: Part 1  ending
Decoy: Part 1

Profil Drama

Judul : Decoy: Part 1 / Bait
(Miggi/ 미끼)

Sutradara : Kim Hong-Sun
Penulis Drama : Kim Jin-Wook

Pemeran Utama Drama Decoy: Part 1 :

Jang Keun-Suk sebagai Detektif Gu Do-Han
Heo Sung-Tae sebagai penipu No Sang-Cheon
Lee Elijah sebagai korban penipuan, Jeon Na-Yeon

Pemeran Pendukung Drama Decoy: Part 1 :

Park Myoung-Hoon sebagai Song Young-Jin
Oh Yeon-A sebagai Jung So-Ram
Jeon Jae-Hong sebagai Park Kyung-Dong
Lee Seung-Joon sebagai Lee Byung-Jun
Seo Jung-Yeon sebagai Jung Na-Yeon’s mother
Lee Won-Jong sebagai Kim Yeon-Gwang
Woo Hyeon sebagai Kim Sang-Bong
Park Sung-Yeon sebagai Han Da-Jung
Lee Seung-Bi sebagai Ms. Cheongju
Gu Won sebagai Jung Jae-Hwang
Lee Sung-Wook sebagai Detektif Kang Jong-Hoon

Genre : Business, Thriller, Crime

Network : Coupang Play, Prime Video
Episode : 6

Release Date : Jan 27, 2023 – Feb 10, 2023
Rating : 3/5

Sinopsis Drama Decoy: Part 1

Apakah kamu tau berapa kasus penipuan yang terjadi di Korea?
Kira-kira ada 200.000 kasus penipuan dan kesemua itu terjadi hanya dalam 1 tahun.

..dan itu baru kasus penipuan yang dilaporkan.
Jumlah kasus penipuan yang tidak diketahui keberadaannya, jauh melampaui itu.

Jadi, apakah kamu percaya bahwa sedang tinggal di negara yang penuh dengan penipu?

Prolog Drama Decoy: Part 1, 2023

Malam itu, meski hujan sedang merundung Seoul, namun orang-orang tetap berbondong-bondong memasuki sebuah hall megah tempat pertemuan antara sang pemilik investasi dengan para investornya. Ya, meskipun jumlah investasi yang ditanam masing-masing orang berbeda, namun semangat untuk sukses bersama Pak No Sang-Cheon ini terus dikobarkan.

Alur Decoy: Part 1 cast
Pak No Sang-Cheon, sang penipu ulung

Bak kampanye partai untuk meraih sebuah kemenangan, Pak No Sang-Cheon berapi-api berorasi bahwa ia mampu mengembangkan bisnis ini dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat.

Apakah orang sepertimu memiliki impian?
Kau hanya terobsesi dengan uang.

Orang tidak punya impian.

Dengan uang-lah orang bermimpi.
Mana mungkin bisa bermimpi jika tidak punya uang?

Quote No Sang-Cheon, Drama Decoy: Part 1

Dari kata-kata Bapack No Sang-Cheon yang meyakinkan itulah para rang-orang yang berharap uang investasi mereka bisa kembali berlipat-lipat saling berlomba-lomba memasukkan dana sebesar-besarnya. Namun apa yang terjadi kemudian?

Mengenal Bisnis Skema Ponzi

Skema Ponzi ini dicetuskan oleh Charles Ponzi dari Italia, yang kemudian menjadi terkenal pada tahun 1920. Bagi yang pernah tau kasus Ponzi di Indonesia juga ada loo.. Yakni biro First Travel Anugerah Karya Wisata. Mereka beroperasi pada tahun 2017 dan menggunakan skema Ponzi yang memiliki ciri :

Menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat dan tanpa risiko
Proses bisnis investasi yang tidak jelas
Produk investasi biasanya milik luar negeri
Staf Penjualan mendapatkan komisi dalam merekrut orang
Pada saat investor ingin menarik investasi malah diiming-imingi investasi dengan bunga yang lebih tinggi
Mengundang calon investor dengan menggunakan tokoh masyarakat dan tokoh agama sebagai figur
Pengembalian macet di tengah-tengah.

Gambaran skema Ponzi drama Decoy: Part 1
Gambaran bisnis skema Ponzi, source : akurat.co

Sehingga dari bisnis ponzi ini diketahui merupakan modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi ini. 

Itu sekilas info tentang bisnis ponzi ya, chingu..
Karena sepanjang drama Decoy: Part 1, kita akan ngobrolin bisnis ini dan efeknya ketika banyak orang yang baru menyadari bahwa skema seperti ini sama sekali tidak menguntungkan dan justru menjerumuskan mereka dalam jurang kemiskinan.

Seperti yang sudah digembar-gemborkan oleh Pak No Sang-Cheon bahwa ia bisa membuat uang investor kembali berlipat ganda, maka semakin banyak orang tertipu dan semakin kaya Pak No Sang-Cheon beserta antek-anteknya.

Masalah terjadi ketika para korban ini merasa gelagat yang gak baik dari Pak No Sang-Cheon nih.. Mulai dari pengembalian dana investasi yang jadi gak lancar sampai pada akhirnya, No Sang-Cheon menghilang bak ditelan bumi.

Semua laporan korban penipuan No Sang-Cheon dengan bisnisnya yang bernama BIGS NETWORK (dari namanya aja uda janggal ya..) ke pihak yang berwajib, gak ada jawaban. Hingga media pun gak ada satupun yang mengangkat kasus ini. Padahal bertubi-tubi korban meninggal karena depresot kehilangan uang penghidupan mereka demi investasi ini.

Penipuan yang Berujung Kasus Kematian dan Pembunuhan

Itu tadi kejadian tahun 2010, 13 tahun yang lalu. Banyaknya kematian korban investasi bodong yang diusung Pak No Sang-Cheon ini gak kira-kira, dari mulai seorang Ayah yang bunuh diri karena stres dengan cara membakar dirinya sendiri hingga mengalami luka bakar yang cukup parah sampai seorang mahasiswa yang terpaksa harus berhenti kuliah karena memakai uang kuliahnya sebagai investasi dan akhirnya melakukan tindak pidana pembunuhan.

Huhu…
Dan beneran gak ada media yang meliput sehingga kasus ini resmi ditutup setelah ada kabar bahwa Pak No Sang-Cheon mengalami kecelakaan di Tiongkok dan meninggal di tempat.

Sinopsis Decoy: Part 1  ending
Kisah penipu ulung, Pak No Sang-Cheon

Apakah ia benar-benar meninggal?
Atau kabar meninggal ini dipalsukan sehingga kasus ini gak di blow-up kembali?

2023, Munculnya Kasus Pembunuhan Berantai

Setelah 13 tahun berlalu dan kini muncul kembali laporan ditemukan mayat di sebuah kamar kontrakan kumuh. Diduga, sang korban adalah salah satu antek Pak No Sang-Cheon yang bernama Song Young-jin. Ia meninggal dengan luka penyiksaan di sekujur tubuhnya dan berakhir pada urat leher yang putus.

Streaming Decoy: Part 1  sub indo
Jang Keun-Suk sebagai detektif Gu Do-Han

Kasus ini ditangani oleh seorang detektif ganteng, Mas Gu Do-Han (Jang Keun-Suk) yang berasal dari kepolisian Nambu. Awalnya, Mas Gu Do-Han ini adalah seorang pengacara handal yang kliennya semuanya konglomerat, pebisnis bahkan pejabat tinggi Korea. Ia beralih menjadi detektif karena satu-satunya anggota keluarga yang dimilikinya meninggal dengan cara tragis, terlilit utang akibat penipuan investasi juga.

Oh iya, sedikit informasi lagi nih, Nambu ini ada di  Provinsi Gyeonggi dan memang banyak kasus pembunuhan berantai di provinsi ini. Jadi mungkin drama Decoy part 1 ini terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai dan menambahkan sedikit bumbu investasi, hihi.. maafkan, ini analisis sotoy aku.

Mas Gu Do-Han yang awalnya bingung, mendadak mendapat titik terang siapa pelaku pembunuhan karena ada orang yang mencurigakan muncul di TKP saat penyelidikan. Benarkah orang tersebut pelaku dari pembunuhan berantai yang terjadi di Nambu?

Kesan Nonton Drama Decoy: Part 1

Agaknya aku gak bisa berword-word lagi deeh.. Speechless abiiss~
Ya sama jalan ceritanya, ya sama mas detektif Gu Do-Han yang kemunculannya dinanti-nanti fans drakorian zaman jebot kek aku gini.. Huhuu.. di drama Decoy ini, jelas gak perlu diragukan lagi kemampuan akting mas Jang Keun-Suk.

Yang gemes kan karena ia berperan jadi detektif, jadi dandanannya penuh dengan jambang dan kumis di sana-sini, uda mirip ahjussi aja siih.. Padahal mah aslinya masih imut-imut begini..

Decoy: Part 1  starring Jang Keun Suk
Jang Keun-Suk, Decoy 2023

Meskipun kalau boleh jujur (bolehin ya, plisss) – Decoy part 1 ini sangat sangat mbuletisasi. Semua kasus yang awalnya sudah kesusun rapih, mendadak buyar lagi karena muncul mayat dan tersangka baru. Sampai ending drama Decoy part1 ini, aku uda pasrah banget… kek gak ada kemajuan selama nonton 6 eps, kecuali kenyataan bahwa sang pembunuh berantai memiliki list siapa korban berikutnya.

Dan list tersebut ada di tangan kepala kepolisian Nambu, Pak Kang Jong-Hoon yang ternyata namanya juga termasuk dalam daftar calon yang akan dibunuh sama pelaku misterius ini.

Siapa kira-kira pelaku misterius ini yang selalu meninggalkan note bahwa seolah-olah ia dibunuh oleh No Sang-Cheon. Padahal kan jelas-jelas No Sang-Cheon dinyatakan meninggal dalam kecelakaan pada beberapa tahun silam.

Keknya kita semua kudu sabar sampai drama Decoy: Part 2 tayang pada 7 April 2023 mendatang.

Trailer Drama Decoy Part1 (2023)

Cast Drama Decoy part 1: Jang Keun-Suk, Heo Sung-Tae, Lee Elijah

Yang paling menyakitkan ketika mengalami kasus penipuan, bukan hanya kehilangan anggota keluarga, tetapi juga merasa kasihan dengan kehidupan yang dijalani setelahnya.

Quote Drama Decoy: Part 1, 2023

Yang aku salut dari drama Korea saat ini, mereka gak hanya menampilkan sinematografi yang apik, tapi juga automotif asli bikinan negara mereka yang makin kece. Di sini, mas detektif Gu Do-Han mondar-mandir pake mobil Hyundai Genesis GV80 doonk.. Cakep beneerrr mobilnyaaa… ASELIK!

Hehe, sekian review drama korea kali ini.
Semoga bisa bantu sahabat lendyagassi buat menemukan the right drama on the right time. Ahaaaii~

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

65 pemikiran pada “Decoy: Part 1 Meninggalkan Ending yang Penuh Tanda Tanya”

  1. Memang kasus investasi bodong ada di mana2 yah… mrk memang pinter sih ngomongnyaaa jd byk yg kejebakkk… Tp drama ini ada misteri pembunuhan jg… masuk wishlist nontooon

    Balas
  2. Wuihhhh menarik ini! paling suka kalau temanya multilevel gini.
    Sejujurnya skema ponzi ini bagus, buktinya diadaptasi jadi multilevel marketing.
    Jadi secara tidak langsung dia mengenalkan sistem marketing yang bagus, hanya saja dia nggak tahu caranya biar nggak sekadar menguntungkan di atas aja 😀

    Balas
    • Baru tau kalo sistem kayak gitu di sebut dengan skema Ponzi.. aku kenalnya sistem MLM dan para senior2 nya selalu pinter ngomong buat kita tertarik.. kayaknya seru ini jadi pengen liat

      Balas
  3. Aiihh ternyata cara berpikir kita sama Len. Saya juga sering mbulet pikirannya jika kasus yang dihadirkan menyangkut penipuan bisnis/investasi. Complicated untuk diurai meskipun efek nyatanya sama juga dengan penipuan-penipuan ringan sekalipun. Karena biasanya setelah efek tipuan itu muncul, mulai deh ada kejahatan-kejahatan lain yang muncul. Aku baru denger drama Decoy ini. Ntar nonton trailer nya ah.

    Balas
  4. waaaa kudu nonton nih

    udah lama pingin nonton aktingnya Jang Keun-Suk (udah nonton sejak doi berperan sebagai Hwang Tae-Kyeong di You’re Beautiful)

    semula maju mundur, sekarang harus nonton 😀

    Balas
  5. Jadi apakah bisa ditarik kesimpulan sepihak bahwa sebagian besar warga Korea adalah penipu? hahaa ya ngga lah yaa…
    Smoga ada humor-humornya yaa supaya nontonnya birbirnya ngga kaku, leher ga tegang dan ngga berkerut-kerut keningnya.

    Balas
  6. Drama menegangkan yang bikin gereget nih.
    Apalagi itu kendaraannya wah asli ya.
    Hemm, bisa dijadwalkan nih buat nontonnya.
    Walau sih pengennya tetep nunggu part habis wkwkwk

    Balas
  7. eh btw si Jang Keun-Suk kok keren syelakeeehh pakai outfit begituh 😀
    Btw, mungkin terbilang mbulet ceritanya, karena memang temanya jarang ya.
    Setahu saya atau saya yang kudet nih.
    Kayaknya hanya ada beberapa film yang mengangkat tema MLM atau Skema ponzi begini.
    Kagak tahu, saking enegnya orang-orang, sampai dibikin film pun malas nontonnya.
    Tapi beda lagi kalau Korea sih 😀

    Balas
  8. Aku udah lama banget gak nonton akting Jang Keun-Suk. Dulu mah menantikan dia banget. Sebenarnya pas buka Prime, tahu ada Decoy ini, tapi belum niat nonton. Kayanya lagi malas ambil tema susah. Nunggu kalau udah ada part lanjutan kali ya

    Balas
  9. Ini durasi per episodenya berapa menit, kak? Menurutku keren sih bikin alur yang seolah udah kelar ternyata semua teori buyar di ending

    Balas
  10. ternyata drama korea baru ya mba Len pantesan belum liat banyak sliweran cuplikannya di aplikasi tok tok, kayaknya seru filmnya tapi kalau udah ada darah-darahs aya suka ngeri sendiri. Btw memang ya Korea itu kalau main drama atau film totalitasnya terlihat banget dna mereka selalu menonjolkan secara tidak langsung promo produk negaranya, secinta itu mereka dengan produk negerinya sendiri

    Balas
    • Biar sekalian wawasan juga ya biar hati-hati kalau ada skema Ponzi ini di sini ya.
      Apalagi iya disajikan dengan genre yang menarik, makin memikat juga tayangannya

      Balas
  11. Mba, aku jadi penasaran habis membaca ulasan drama korea yang menurutku berat karena penipuan skema ponzi yang sadis hingga banyak korban yang berakhir pembunuhan. Trus drama korea-nya masih to be continue dengan menyisakan misteri, gimana perasaannya? Hhe. Apakah menyisakan perasaan kacau habis nonton ini mba?

    Balas
  12. Di bagian Hyundai genesisnya tertarik banget hihi…Ini wajib nonton, ga cuma sinematografi oke, tapi akting keren, Decoy temanya relate banget, banyak kasus penipuan, skema ponzi belakangan, jadi bisa ambil pembelajaran dari nonton drama ini

    Balas
  13. Para aktornya bagus2 nih terutama yang jadi penjahatnya, udah melekat imagenya wkwk.
    Jang Keun suk emang keliatan beda yaa, tapi bagus donk dia mau mencoba peran baru. Mungkin ya krn terlalu imut jd pengen nyiptain karakter pulici tu kek gmn yg mendekati hehe.
    Kyknya mau nonton juga deh ntr soalnya suka crime2 yg kyk gini TFS reviewnya.

    Balas
  14. Ih baca urat putus, serem ya ini. Dah lah cukup baca sinopsis kalau lagi galau nongton giniih teh, heheu itu akoh yaa. Tapi misalnya syuka mah pasti ditongton apalagi unyuk2 gituuu detektifnyaaa..
    Smalam nongton do ki euy. (berita tydac penting yaa :D)

    Balas
  15. Sebenernya di drakor banyak sih sisipan iklan. Hampir smua barang yg dipake buatan Korea kaya hapenya mobilnya tp ngiklanya alus gtu ya mbak jd seneng aja kita liatnya ga kaya di sinetron :p
    Btw aku bakalan nonton decoy ah kayanya menarik

    Balas
  16. Hmmm berat banget, jadi ikutan mikir wkwkw,. Di sini juga banyak sih penipuan bisnis pake ponzi. Tapi kayanya kalo dikemas dalam drakor jado lebih menarik yah sekalian belajar juga.

    Balas
  17. Beberapa kali menulis tentang para penipu ulung dunia Len, dan khusus untuk Ponzi ini (judul di blogku Fenomena Kaya Secara Instan dan Skema Ponzi)

    Semua berujung sama sih. Kata kunci untuk berhasil di dunia bisnis tipu menipu :

    1. Janjikan keuntungan besaaar!
    2. Tampil prima – nyaris sempurna berdandan bak dewa
    3. Berikan satu kemenangan kecil di beberapa orang!

    Balas
    • Nah setuju nih, pokoknya kita harus lebih jeli juga sebelum terjerumus dalam bisnis dunia tipu2. Apalagi yang menjanjikan keuntungan besar secepat kilat kan. Hati-hati dengan jani manis angin surga pokoknya!

      Balas
  18. Waduh, yang nonton harus nunggu sampai April ya 🤭
    Pelajaran ya, yang menjanjikan keuntungan fantastis itu sebaiknya dijauhin deh, sama kayak barang yang dijual muraaah banget, biasanya …..yah gitu deh.

    Balas
  19. Samaan kak, kalau nonton genre triller, business kayaknya gak gitu tertarik deh, bakalan lama dan gak gitu antusias dibandingkan genre bisnis yang dikemas dengan komedi, jadinya mengalir gitu lucu dan pengen cepet ngelanjutin ke episode berikutnya hihihi

    Balas
  20. Orang yang menipu dengan tampilan memikat pasti banyak yang terjerat. Terlebih ketrampilan orasinya yang menggebu2, uang terkumpul lebih cepat. Quote drama Decoy tentang uang sebenarnya udah tersirat gimana nasib uang investasi tersebut. Pak No Song-Cheon juga tampil cakep, banyak yang tertipu ya

    Balas
  21. Loh gw kira ini drakor soal bisnis. Hehe. Kok malah ke kasus kriminal ya kak? Tapi emang biasanya sih gt. Kalo skema ponzi pasti akan berurusan dgn kriminal. Ya emang akan mbulet di situ. Haha.

    Jadi penasaran pgn lihat sendiri deh. Soalnya aku tertarik dgn bisnisnya. Plus pgn tahu futuristiknya Hyundai. Hehe.

    Balas
  22. Ya ampun bisa-bisanya aku melewatkan drakor comeback-nya Jang Keun-Suk Oppa yang mana dia crush pertama aku di dunia perdrakoran iniiiihhh.
    Wajib nonton ini mah, apa lagi dia di sini kek orang lain yang sungguh berbeda ada kumis dan jambang wkwk. Jarang lho dia main di drakor dengan genre membagongkan kayak gini.

    Balas
  23. kayaknya seru banget sih dramanya. aku jadi inget kasus arisan yang sempat viral kemarin, yang awalnya keuntungannya menggiurkan dan lancar-lancar aja tapi akhirnya ya ngilang.

    Balas
  24. Saudara saya pernah jadi korban bisnis skema ini sampai puluhan juta. Yang sudah gabung lebih dulu apalagi bos2nya ya sudah nyicip hasil bahkan panen walau ya haram ya. Yang gabung belakangan ini yang harus gigit jari

    Balas
  25. duh kak lendy selalu deh kalau review series bikin mupeng, pengen nonton langsung, aku suka banget sama series genre crime thriller gini yang kasus-kasus dan nontonnya dibikin mikir. apalagi ada Jang Keun-Suk, setau aku dia pemain lama ya yang di series apa ya kok lupa judulnya

    Balas
  26. Keren nih, auto pengen nonton, apalagi pemeran no sang cheol dapat karakter yg nyebelin lagi,, hampir setiap drama yg ada dia selalu perannya mirip heehe

    Balas
  27. Skenario yang dibikin sutradara menangang banget nih kak, apalagi konflik yang diangkat ga seprti film-film pada umumnya. 6 episode tapi lama, jadi kepikiran buat ikut nonton nih film biar ga penasaran

    Balas
  28. Topik yang menarik banget nih. Apalagi kasus penipuan dengan skema ponzi.

    Ya, realitanya memang banyak nyawa melayang akibat skema ponzi tersebut. Dengan iming-iming keuntungan luar biasa, malah uang dipakai sendiri oleh pemilik perusahaan/penipu.

    Balas
  29. dari drama ini, kita jadi belajar juga ya bahwa kasus investasi bodong ini bukanlah hal yang baru.
    dan lagi harus belajar kalau besok-besok harus beruruan dengan pajak jadi tahu dong ya apa dan harus bagaimana.

    Balas
  30. Drama korea tuh gak sekedar drama hiburan ya mbak, kadang tiap temanya banyak info menarik atau pesan kesan yang bisa dipetik hikmahnya. kalau ini mengenai investasi bodong skema ponzi

    Balas

Tinggalkan komentar