The Devil Judge (2021) : Dramatic Live Courtroom of Jisung

Drama Devil Judge (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Nonton Drama terbaru Jisung kali ini membuatku merinding. Bukan hanya setting Korea Selatan yang sangat jauh dari kata “ramah” seperti dalam drama romance yang biasanya kita tonton, tetapi juga membuatku tidak mempercayai yang namanya kebaikan dan negara yang berdiri berdasarkan hukum.

Sebegitu distopia-kah?

Tapi bukan Jisung namanya kalau drama yang dimainkannya menjadi sangat hambar. Justru aktor sekelas doi begini kudu banget diberi tantangan drama keren seperti The Devil Judge (2021) yang tayang setiap hari Sabtu dan Minggu di VIU jam 21.00 KST.

Drama Korea The Devil Judge (2021)

Review dan Sinopsis Drama The Devil Judge (2021) Jisung

Profil Drama

Judul : The Devil Judge
(Akmapansa / 악마판사)

Sutradara : Choi Jung-Kyu
Penulis Drama : Moon Yoo-Seok

Pemeran Utama Drama The Devil Judge :

Jisung as Kang Yo-Han (Hakim Utama)
Kim Min-Jung as Jung Sun-A (Sekretaris Yayasan Gotong Royong)
Park Jin Young as Kim Ga-On (Hakim Pendamping)

Pemeran Pendukung Drama The Devil Judge :

Park Gyu-Young as Yoon Soo-Hyun (Detektif)
Kim Jae-Kyung as Oh Jin-Joo (Hakim Pendamping)
Ahn Nae-Sang as Min Jung-Ho (Ketua MA)

Genre : Law, Crime, Drama, Mystery, Detective

Network : VIU
Episode : 16

Release Date : July 3 – August 22, 2021

Sinopsis Drama The Devil Judge

Dramatisnya drama ini dibuka langsung oleh pengenalan tokoh yang memerankan masing-masing karakter. Awalnya digambarkan Seoul, Korea Selatan yang sudah menjadi kota distopia. Kerusuhan terjadi dimana-mana, kerusakan, sampah, kriminalitas, sulitnya mencari lapangan pekerjaan dan akibatnya terjadi social gap.

Beruntunnya masalah negara yang tak kunjung selesai ini membuat para pemimpin tidak lagi dipercaya oleh rakyat. Namun, kehadiran seseorang, ternyata bisa menjadi angin segar bagi negara Korea yang sudah sedemikian buruknya.

Karakter Jisung sebagai Kang Yo-Han (Hakim Utama)

Karakter Jisung sebagai Kang Yo-Han (Hakim Utama) dalam drama The Devil Judge (2021)

Kang Yo Han (diperankan oleh Jisung) adalah seorang hakim yang diperkenalkan oleh para petinggi di Korea Selatan dan memiliki julukan Hakim Iblis. Siapa yang tak mengenal Kang Yo Han? Seorang yang memiliki kemauan keras untuk menegakkan keadilan dengan “cara”nya sendiri. Dukungan semakin besar ketika ide mengenai pengadilan yang disiarkan secara langsung di Televisi dan melibatkan masyarakat sebagai juri.

Jadi, kalau pada akhirnya vonis akhir bergantung pada hasil polling selayaknya acara Indonesian Idol, buat apa ada pengadilan dengan 3 hakim di atas podium?

Ini yang menarik.
Kang Yo Han memiliki caranya untuk mengadili yang bersalah dengan transparansi hukum di hadapan masyarakat. Ini tentu akan menaikkan kepercayaan terhadap hukum di mata masyarakat.

Apakah Kang Yo Han benar adanya bersikap adil?
Atau kah ia memiliki tujuan dan motivasi lain?

Ini yang masih misteri, gengs…
Nonton Drama The Devil Judge yang sampai saat ini sudah airing sebanyak 4 eps. Dan kasusnya masih terlalu dini untuk disimpulkan endingnya.

Park Jin Young sebagai Kim Ga-On (Hakim Pendamping)

Park Jin Young sebagai Kim Ga-On (Hakim Pendamping) dalam Drama Korea The Devil Judge

Ini niih… yang bikin penonton halu sejak penampilan perdananya. Kim Ga-On (diperankan oleh Park Jin Young) sebagai hakim pendamping di persidangan. Ia dipercaya langsung oleh Ketua MA untuk mengawasi jalannya persidangan, eh…untuk mengawasi gerak-gerik Kang Yo Han, lebih tepatnya.

Kang Yo Han memang pribadi yang sangat pantas dicurigai. Kalau melihat latar belakang dan apa yang dilakukannya di hadapan banyak orang, sangat kontradiktif dengan kesehariannya. Jadi untuk tetap menegakkan keadilan seperti yang diharapkan masyarakat, Kim Ga On dapat mandat langsung karena ia dinilai baik sebagai siswa jurusan hukum.

Jabatan hakim pendamping ini tentu beban bagi Kim Ga On yang masih sangat belia. Namun di dalam drama ini, Kim Ga On berkarakter tegas dan lihai dalam mencari bukti. Tapi rasanya yaa… tugas berat banget jadi Kim Ga On ini. Ya, menyelidiki kasus, ya…jadi mata-mata buat Kang Yo Han.

Akan berakhir seperti apa Kim Ga On?
Dan ada hubungan apa sebenarnya Pak Hakim Kang Yo Han dengan masa lalu Kim Ga On?

**soalnya bolak-balik Kang Yo Han mumbling dengan kata-kata “Neomu dalmasseo” ((sangat mirip)). Mirip siapaaa???

Misteri banget kaan…

Kesan Pertama Nonton Drama The Devil Judge (2021)

Awalnya aku udah merasa tertekan karena Jisung memerankan karakter yang lagi-lagi anti-hero. Bayangan drama dark dan mbuletisasi uda di depan mata. Dan bener aja…hahhaa

Tapi aku gak putus asa. Demi melihat akting Jisung yang bromance sama Jin Young (GOT7), hayuk laah…
Kita sejenak melupakan drama manis seperti Monthly Magazine atau Hospital Playlist season 2 yang tayang di musim yang sama.

Sensasi adrenalin dengan intrik-intrik hukum tampak di episode awal penayangan. Bagi yang pengetahuan hukumnya cethek kaya aku, nikmati saja alurnya tanpa menebak-nebak atau membuat prediksi ending drama The Devil Judge. Gak sanggup eeuui~

Kelebihan Drama The Devil Judge

Visual Visual Visual

Ya, lagi-lagi harus diakui bahwa visual dan penggambaran drama The Devil Judge ini terbaik. Pemainnya oke semua, terutama karakter utamanya, wanbyeog hae~ ((완벽 해; sempurna)).

Seolah kamera tau banget angle terbaik Jisung saat jadi jahat, poker face dan saat pura-pura menangis dan berempati dengan oranglain. Ini serius, bikin penonton semakin gregetan!

Prediksi Ending drama The Devil Judge, Jisung
Is it true identity of Kang Yo Han, or…???

Penggambaran Sosial Gap yang Sangat Kentara

Bagi penyuka visual dan otomotif, wajib banget nonton Drama The Devil Judge. Di eps. 2, ada adegan Jisung merusak mobil mevvah salah satu anak menteri yang berbuat semena-mena di jalanan. Kebut-kebutan, hampir menabrak orangtua yang naik sepeda, gak mau ngalah dan taat hukum, wiih…pokoknya super nyebelin.

Dan berakhir pada di “adili” Jisung di jalanan sebagai peringatan awal. Di sini penonton disuguhi scene social gap yang sangat kentara sekali. Mobil mewah vs orang bersepeda. Makan di restoran vs makan di tenda dan itupun makanan dari Yayasan Sosial Gotong Royong.

Waah…scene yang bikin pedih banget.
Dan Oh yaa…si Hakim kehormatan kita, uri Kang Yo Han ssi ini juga sangat bertolak belakang dengan Ga On, hakim pendamping. Kang Yo Han super rich dari kecil sedangkan Kim Ga On anak yang biasa-biasa aja dari kecil.

Ini bakalan perlahan terungkap sih…siapa masing-masing karakter dan mengapa ia bisa seperti saat ini sekarang.

Hubungan Kim Ga On dan Detektif Yoon Soo-Hyun

Aah…ini pemanis banget dalam drama bergenre dark, law, crime seperti The Devil Judge. Alhamdulillah, uri kamdog-nim (sutradara) menyisipkan kisah cinta yang manis diantara second lead male kita… ((KITA, inget yaa.. Jin Young milik bersama, hehhee))

Review dan sinopsis Drama The Devil Judge sub Indo

Kekurangan Drama The Devil Judge

Sorry to say... drama ini gak ada yang namanya kebetulan. Kaya semuanya sudah sesuai script gitu.. Hehehhe, kan ada ya…pengennya penonton ada kejutan tak terduga. Tapi Kang Yo Han ini saking hebatnya, bahkan bisa melakukan banyak hal. Sendirian. One man show gitu…

Aku rasa karakter yang sangat tidak realistis.
hehheengadi-ngadi siih..kalau berharap karakter dalam drama adalah karakter yang realistis, tapi kan…biasanya drama ini bisa mendekati kenyataan. Emm, mari kita lihat kelanjutan drama The Devil Judge aja kalo gitu yaa… Siapa tahu ada kejutan di episode-episode berikutnya.

Lesson Learn Drama The Devil Judge

Pembentukan Karakter Anak Dimulai Dari Keluarga

Entah ya…aku gak bisa menangkap dari sisi hukum, jadi aku menilai dari sisi parentingnya aja yaa… Jadi, Kang Yo Han ini rada-rada weird orangnya sejak awal. Dan perlahan terbuka bahwa ia pernah mengalami masa kecil yang sulit. Ia diadopsi oleh orangtua dengan pekerjaan sebagai rentenir.

Tahu kan..
Rentenir itu pekerjaan seperti apa?

Kasar.
Harus tegaan sama orang. Dan bisa jadi, sama anak juga mendidiknya seperti itu,

Yo Han kecil yang tidak mendapat kasih sayang dari orangtua sesungguhnya membuat ia memiliki dendam khusus terhadap lingkungan dan status sosial. Ia akan merasa memiliki kepuasan tersendiri bila bisa mengadili tanpa ampun orang-orang kaya yang berbuat tidak baik.

Terinspirasi dari kedua orangtuanya yang kerap menagih utang?
Bisa jadi yaa…

Di dunia ini, tidak ada keadilan yang mudah.

Quote drama The devil judge

Relate banget yaa..sama keadaan kita saat ini.
Bagaimanapun undang-undang dibuat untuk menegakkan keadilan, tetap ada yang namanya ketidak seimbangan hukum. Termasuk hukum rimba, yang kuat, dialah yang menang. Atau hukum semacam “Tajam ke bawah dan tumpul ke atas.”

Penggambaran keadaan yang tidak ideal dan tidak bisa diluruskan oleh hukum ini yang ingin berusaha dibenarkan oleh Drama The Devil Judge. Hanya saja, bisakah hukum tegak berdiri jika “cara”nya sendiri tidak benar?

Misteri..misteriii…

Aku tahu ini menyedihkan, tetapi tidak ada keadilan di dunia nyata.
Yang ada hanyalah sebuah permainan.
Permainan tidak adil yang mengerikan.

Kang yohan, drama The devil Judge

Uhuukk~
Kata-kata seperti ini loo…yang bikin penonton gak paham hukum jadi terpengaruh. Jadi benar gak sih…hukum itu bisa membantu?

Atau malah membuat kaum lemah, tidak memiliki pilihan?

Aah… daripada pusing mikirin hukum, kita nikmati aja yuk.. akting Papa Jisung main drama The Devil Judge duet bareng Kim Min-Jung (Man to Man, Mr. Sunshine) dan Jin Young (When My Love Bloom).

Siap-siap pantengin VIU atau iQiyi buat nonton drama The Devil Judge dari TvN setiap hari Sabtu dan Minggu jam 21.00 KST.

Kalau menurut sahabat lendyagassi gimana nih?
Layak dapat bintang gak nih…para pemain drama The Devil Judge?

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

58 pemikiran pada “The Devil Judge (2021) : Dramatic Live Courtroom of Jisung”

  1. Awal aku baca. Kirain Jisung NCT Dream mbak. Ehh bukan ya. Beda orang, hehehehe. Kalau Jisung NCT udh pasti Trending bnget di perjagatan sosmed heheehee

    Ini The Devil Judge Pernah Nonton skilas saat scroll di IG. Bagus sprtinya mbak. Pengen nonton juga. Tapi masih mw nyelesaiin Voice 4.

    Dan genre The Devil Judge ini juga masuk dlm drama favoritku.
    Soon lahh, pengen nonton yg Eps 1 dulu

    Balas
  2. The Devil Judge sering direkomendasikan di aplikasi video on demand yang terinstal di HP saya. Tapi belum kepikiran menonton. Kalau lihat ke belakang sih, drakor genre kayak gini yang sering saya tonton daripada romansa yang sering hambar rasanya.
    Tapi sebulan ini memang saya selalu merasa hambar saat menonton drakor/dracin. Mungkin kesehatan memang ngaruh, ya. Hihihi
    Ntar kalau sudah mood saya tonton, deh.
    Saya lebih suka gelapnya drakor karena tidak bertemu pria berlipstik merah.

    Balas
  3. wow, aku malah fokus ama busana yang digunakan. Beda banget ya ama busana yang biasanya ada di pengadilan hehehe. Adil memang sangat susah sih, karena menurutku ngga cuman berdasarkan hukum tertulis. Ada nurani juga yang harus ditambahkan. tapi ngga boleh ya?

    Balas
    • bener ya mas, kostum hakimnya jadi bikin penasaran. pasti akan membuat suasana ruang sidang jadi beda ya, apalagi kalau yang make pada kharismatik mukanya…

      Menurut saya film the Devil Judge ini bakal jadi favorit nih karena memberikan insight berbeda buat penonton ya.

      Balas
  4. Di dunia ini tidak ada keadilan yang mudah….aisi..keadilan itu harus diperjuangkan, dan keadilan itu perlu pengorbanan, kira-kira demikian mungkin narasi (quote) drama The Devil Jugde ini.

    kalau menurut saya, drama The Devil Judge layak mendapat bintang Mbak, at least karena ada bintang yang glowing itu Mas Park Jin Young…(opini orang yang kudet drakor siih, hehehe)

    Balas
  5. Wah kayaknya keren ini film. Ada hakim iblis. Aku yang sering berhadap dengan para hakim pengen tahu banget hakim iblis yang di film ini sama gak dengan para hakim “Suka main mata” dalam berbagai perkara.

    Bagi link downloadnya mbak.

    Balas
  6. Kang Yo Han kok namanya kayak orang Sunda, hehe. Aku jadi ingat kemarin nonton District 13 yang juga distopia. Biasanya jarang menikmati, tapi berhubung ada adegan parkour jadi ya nonton deh. Untuk The Devil Judge ini kayaknya mesti ada di negara kita, aku sering diskusi ma istri betapa banyak ketidakadilan di tanah air misalnya selama penerapan PPKM dan penegakan hukum korupsi yg memihak org penggede. Kalau ada adegan bernuansa otomotif wah aku suka walaupun ga bisa nyetir, lol. Sekalian belajar baasa Korea kan, Len. Drakor tuh penggarapannya selalu serius dan hidup. Dong-uihada?

    Balas
  7. Dramanya masih on going ya, Mbak. Aku pernah beberapa kali nonton dramanya Jisung. Emang keren banget sih aktingnya. Aku juga setuju banget sama quotenya kalau di dunia ini nggak ada keadilan yang mudah. Apalagi bicara soal hukum, ya. Kenyataannya hukum bisa dibeli pakai uang.

    Balas
  8. ternyata pola pengasuhan emang bener-bener berpengaruh banget ya ke karakter seseorang di masa depan. Walau ini ada di drakor, tapi ku rasa di kehidupan nyata juga git sih

    Balas
  9. Wohoo ga kebayang deh bagaimana kota Seoul penuh drama seperti pembuka cerita yang mba sampaikan.. Ngebayangin Seoul yang biasanya hening dan sepi karena mayoritas bekerja di kantor dan beraktivitas antar gedung lewat lorong bawah tanah tiga crowded.. Hihi. Dulu waktu pernah ke Seoul lihat org yang lagi demo itu tertib banget.. Demonya malah seperti lagi acara gitu.. Nah kalau di film ini jadi crowded gimna ya..

    Aniwei kalau hakim dan pengadilan diisi org2 keren gini bakalan cool banget deh. Sbelum sidang aja suasana pasti udah langsung tenang..

    Balas
  10. Akutu dari awal lihat gagal pokus sama outfit yang digunakan cowo2 kece ntu. Pastinya busana yang dipakai sangat mendukung kegantengan dengan peran yang dia mainkan di drama The Devil Judge ini.

    Kalo masalah cerita soal hukum , njelimet, biarkan yang komen yang mengerti dan paham saja.
    Ternyata ya ekspetasi Nona Lendy ini tinggi bet, berharap ada adegan2 yang menantang apa gitu, ternyata hanya sesuai denga script. ya ealaah namanya juga drama, *takut ditimpuuuk, kabaoooor.

    Makasih loh pagi2 udah cuci matalihat yang unyu2…

    Balas
  11. Aku masuk kategori yang jarang nonton drama Korea sih, mbak. Takut baper dan berharap lebih pada kehidupan nyata yang nyatanya nggak seindah Drama Korea gitu 😂

    Tapi kalau punya jaksa seganteng itu, kayaknya aku pengin sering² berulah deh hahahaha

    Balas
  12. Aku belum nonton drama Korea ini, Mbak. Walaupun cuplikan drama Korea ini sering sekali muncul di Instagram tapi aku belum tertarik untuk nonton. Drama Korea tentang hukum yang paling aku suka itu Vincenzo dan Suspicious Partner. Kalau drama Korea terakhir yang aku tonton dan masih membahas tentang hukum itu drama Korea Law School.

    Balas
  13. Kalau mau tau Hakim Kang Yo Han adil atau ga harus nonton sendiri ya hihihi. Kirain semua ceritanay tentang peradilan, syukurlak kalau ada pemanisnya nih ada kisah romannya juga

    Balas
  14. The Devil Judge ini menarik 🙂 Yang paling menarik buatku adalah kostum para pemainnya hihihihi 🙂 Kayak jubah2 kerajaan zaman doeloe gitu, teh Lendyyyyy 🙂 Ada akting yang berduaan di mobil tuh cakep deh. Iya ya kalau baru 4 episode kayaknya ga greget gitu yach hihihi…. Btw menegakkan keadilan di dunia nyata itu sulit ya, banyak perfulusan dan gangster dll semacam itu, ngeriiii 🙁

    Balas
  15. Kalau Jisung yang main memang toplah drakornya, dia emang pas banget jadi hakim klo kek gini ya, dari tampangnya aja udah meyakinkan, penasaran sama akting bromance-nya dgn Jin Young 🙂

    Balas
  16. Belum nonton dramanya sih, tapi kelihatan dari ekspresi wajah di Jisung di film ini tuh emang dia kayak punya sisi gelap tersendiri. Awalnya aku kira ini ada unsur hantu-hantu gitu malah kak. Noted it! Untuk tontonan pas lagi senggang 🙂

    Balas
  17. Seperti biasa, kupasan menyeluruh.
    Dari judulnya rasa-rasanya gimana ya … Devil Judge. Tapi emang bikin penasaran siih.
    Saya tadi fokusnya sempat ke mobil mewah yang dirusak … gimana ya caranya kanm ga mungkin mobil beneran dirusak.

    Balas
  18. Aku masih pending nonton drama ini.. Mau marathon aja ntar. Soalnya naga2nya bakal bikin poenasaran gitu. Nggak sanggup aku kalau harus nunggu semingguan dalam rasa penasaran kayak mouse kemaren. Tersiksa.

    Balas
  19. Ini drama keren abissss. Aku yang masih belum bisa move on dari Vincenzo, jadi bisa move on garagara The Devil Judge. Hakim kejaaaam haha kejamnya kayak vincenzo, ga mainmain. Dan aku suka banget drama ini ga bertele-tele. Tiap adegan, dialog, dan perpindahan dari scene satu ke scene lain tuh seru, rasanya ga pengen skip sedetik pun. Ayo tamatin! eh masih lama tamat ya. haha.

    Balas
  20. eehh ini lagi ramee dibahas ama banyak oraang. termasuk ama salah satu akun hukum yang terkenal ehehe memang selalu menarik niih storytelling dari drakor yaa

    Balas
  21. Hmmm … Jadi mikir, meski ini cuma drama, apa memang benar sesungguhnya hukum yang nyata itu nggak pernah ada di dunia? Kan sebuah cerita seringkali terinspirasi dari kisah nyata di sekeliling sang sutradara, xixixi …

    Eh, kecuali hukum Tuhan tentunya, ya.

    Balas
  22. Ji Sung ini makin berumur makin ganteng ya. Aku sendiri suka sama dia gegara Innocent Defendant. Trus ternyata dia juga duta UNICEF, family man juga, ah, makin suka deh…. Aktingnya juga keren. Tapi aku belum nonton Devil Judge, sekarang jarang nonton tv, kemarin kepo ternyata udah episode 6 ya di tvn. kalau ngga salah sih.

    Balas
  23. Aku ga ngerti lah tentang Korea apa lagi drakor nya xixixi, tapi denger cerita tentang Korea dari suami yg pernah ke sana jadi pengen ke sana deh.. apalagi kalau suka drakor ya pasti ngebet pengen ke sananya berlipat..hehe…..

    Balas
  24. Nah, kalau Kang Yo Han ini bisa bikin orang kaya jadi tertib dan tidak sekadar mengandalkan kantong tebal, bagus sih. Hanya saja caranya juga harus yang bener yaaa… biar bisa adil, baik ke bawah maupun ke atas.

    Balas
  25. kenapa aku makin puyeng baca ulasannya ini. Kalau lihat jalannya pengadilan di film ini untuk awam seperti aku, nyambung ga sih mbak Len? Istilahnya teknis atau mudah dimengerti? Film dark law gini keknya perlu makan dulu sebelum nonton.

    Balas
  26. Apapun genre nya setidaknya mata kita benar benar disegarkan oleh suguhan visual dari aktornya salah satu drakor yg masuk playlist karena ada om om gantengnya wkwk

    Balas
  27. Aku baru nonton episode satu awal antara excited dan worry kalau Jisung jadi jahat haha soalnya dia biasku banget #halah, untung ada Jinyoung jadi agak ringan beban penonton ada yang ganteng lewat haha keren

    Balas
    • Aku belum nonton sih jadi ga tau mau ngasih bintang berapa mak hihii. Tapi kalo baca dari sinopsinya kayaknya tertarik juga mau nonton. Apalagi hakimnya ganteng dan glowing hehehe..

      Balas
  28. Saya baru ngeh kalau ternyata Park Jin Young ganteng banget ya. Aups ketahuan kalau jarang nonton drakor akunya. Kalau hakimnya seganteng itu, bisa nggak ya peserta sidangnya fokus bersidang. Bisa juga nih masuk di lisr nonton drakor nanti kalau ada waktu luang.

    Balas
  29. Aku salut sama Mbak Lendy. Genre tontonan drakornya bervariasi. Kalau dulu saya pasti suka nih nonton drama bertema hukum kek gini. Sekarang lebih suka yang ringan-ringan aja hehehe.

    Balas
  30. Aak.. Ini jisung yg main di innocent defendant kan?? Wah, main film disini lg ya. Aku baru tauu. Aku suka film yg innocent defendant itu. Dan penasaran nih sm film ini krn alurnya menarik. N dia jd hakim jg. Aww

    Balas
  31. Pas baca judulnya tadinya saya berpikir ini film horror atau hantu, ternyata bukan, ya. Ini tentang profesi hakim ternyata. Saya setuju ama lesson learning ya kalau pembentukan karakter anak dimulai dari keluarga.

    Balas
  32. sejujurnya aku sangat menanti nanti drama ini teh
    tapi saat nonton pertama kali bikin dahiku berkerut, aku bahkan sempat ketiduran
    tapi aku ng mutung, tetap kutonton
    baru deh setelah sampai episode 4 aku baru mudeng jalan ceritanya
    hahaha
    emang dasar aku aja yg lemot

    Balas
  33. Terus terang aku menghindari drakor on going, karena pasti gak sabar nungguin episode berikutnya. Nanti deh kalo udah tamat, baru mau nonton The Devil Judge, hahahaa. Tapi makasih loh udah nulis reviewnya, menarik sih jadi pengen nonton karena sesuai genre kesukaan

    Balas

Tinggalkan komentar