Brave Citizen, Guru Sementara Pembela Kebenaran

Review Sinopsis Film Brave Citizen (2023) — Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Selesai nonton Film Target yang dibintangi sama Shin Hye Sun eonni, kini tayang lagi satu film layar lebar doi yang berjudul Brave Citizen. Film berdurasi 113 menit ini adaptasi dari webcomic berjudul “Yongamhan Shimin” karya Kim Jung-Hyun yang telah dipublikasikan sejak November 27, 2014 sampai May 20, 2016 di Naver.

Kisahnya ringan dan manis, menurutku.
Maksudku, karakter ang diperanin Shin Hye Sun tuh kaya selalu pas sama doi gitu.. Apa memang mbak Shin sengaja ambil karakter cewe yang kaya gini yaa..?

Terlihat manis dari luar, tapi tegas dan penuh wibawa.

Nah, di film Brave Citizen ini sebenernya lagi-lagi menceritakan masalah bullying di sekolah dan semua tau tapi pura-pura gak tau, demi menyelamatkan diri sendiri. Akankah ketidakadilan seperti ini terus berlangsung?

Kuy, simak review sinopsis Brave Citizen Korean movie di artikel berikut ini.
Let’s get it~

Film Korea Brave Citizen (2023)

Review Brave Citizen ending explanation
Brave Citizen

Profil Film

Judul : Brave Citizen
(Yongamhan Shimin/ 용감한 시민)

Director : Park Jin-Pyo
Screenwriter : Yeo Ji-Na, Hyun Chung-Yeol
Penulis webcomic : Kim Jung-Hyun

Pemeran Utama Film Brave Citizen (2023) :

Shin Hae-Sun – So Shi-Min
Lee Jun-Young – Han Soo-Gang
Park Hyuk-Kwon
Cha Chung-Hwa

Genre : Action, Comedy, Drama, Martial Arts
Release Date : October 25, 2023
Runtime : 113 minutes
Distributor : Mindmark

Rating: 3/5

Sinopsis Brave Citizen

So Shi-Min (Shin Hae-Sun) adalah seorang guru kontrak yang mengajar di kelas etika. Ia merasa beruntung bisa masuk dan mengajar di sekolah swasta bergengsi, sehingga ia bertekad untuk gak bikin masalah.

Disuruh guru A, B, C… dia selalu penuh senyuman dan kata-kata manis. Tapi ada satu masalah yang So Shi-Min seonsang-nim gak tau.. yakni kenyataan kenapa dia diterima di sekolah tersebut.

Brave Citizen Shin Hae-Sun, Lee Jun-Young
Shin Hae-Sun sebagai So Shi-Min, guru etika

Faktanya, Bu Guru So Shi-Min diterima karena posisi itu lagi kosong kan.. karena apa?
Karena guru sebelumnya meninggal akibat perundungan.

Siapakah yang melakukan hal sesadis itu, terlebih sama seorang guru looh..

Hindari Siswa Bernama Han Soo-Gang

Ya, pelaku perundungan yang paling parah dilakukan oleh seorang siswa bernama Han Soo-Gang (Lee Jun-Young). Ni anak beneran kaya gak pernah dikasih contoh di rumahnya hal-hal yang baik deh..

ending Brave Citizen 2023
Lee Jun-Young sebagai Han Soo-Gang

Jadi saking nackalnya Han Soo-Gang, dia tuh gak hanya merundung siswa, tapi juga bahkan guru. Soalnya backingannya no kaleng-kaleng yaah.. Bapaknya kerja di Kejaksaan, Pamannya seorang petinggi polisi sedangkan Ibunya seorang pengacara. Makanya si bocil sok keren ini berani banget di sekolahnya. Apalagi, sekolah elite ini juga terkoneksi dengan keluarganya.

Makin makin nyebelin!

Muncul Penegak Keadilan, Seseorang dengan Topeng Kucing

Quote Brave Citizen, 2023

Uda saking parahnya bullying di sekolah ini tuh sampe bikin seorang murid stres, depresi dan bahkan ia hilang akal sampek pingin nusuk Han Soo-Gang menggunakan gunting.

Uda sih, kaya perbuatan Han Soo-Gang uda gak bisa ditolerir lagi. Sehingga Bu guru So Shi-Min yang aslinya pemegang sabuk taekwondo dan judo level 3, gak kuat lagi nahan untuk pura-pura gak tau sama keadaan di sekelilingnya. Jadi, saat laporannya di Dewan Pendidikan melalui surel gak ada tanggapan dan malah Ibu tiri Han Soo-Gang bikin keributan di sekolah buat menekan sekolah agar gak bilang apa-apa mengenai kenackalan anaknya, ini uda di puncak komedi banget siih..

Kudu dihadapi dengan TEGAS.

Brave Citizen tentang apa
Shin Hye Sun jadi guru penegak keadilan yang menggunakan topeng kucing

Apa cara yang dilakukan So Shi-Min?
Karena lapor polisi, juga percuma.

Bahkan yaa, ketika si anak yang teraniaya ini meminta perlindungan dari sekolah atas bullying yang dialaminya, ia malah disuruh pindah. Huhuhu… Segitu pentingnya kah mempertahankan satu anak gak bermoral seperti Han Soo-Gang?

Kekerasan Balas Kekerasan

Kudunya memang seorang guru memberikan contoh yang baik untuk siswanya yaa..
Tapi menurut pendapatku juga, Han Soo-Gang ini uda gak ada harapan kalo dikasih didikan yang lemah lembut. Yang ada, sekelilingnya dibabat abis. LO GUE END.

Jalan terakhir adalah melawan Han Soo-Gang dengan adu fisik juga.
Dan liat, syapa yang menang.

Gak selamanya “LU PUNYA UANG, LU PUNYA KUASA, mameeen…”

Brave Citizen film korea rekomendasi tentang bullying
Han Soo-Gang melawan guru kucing “Meoww”

Gimana akhirnya nasib Han Soo-Gang?
Apakah keadaan bisa berubah ketika ada yang berani menegakkan keadilan?

Quote Brave Citizen, 2023

Kesan Nonton Brave Citizen

Oke sih..
Menurutku karakternya Shin Hye Sun di film ini memang dia banget!

Dan lucunya yaa.. Banyak yang komen tentang karakter yang meranin Han Soo-Gang, si mas Lee Jun-Young.
Katanya wajahnya ketuaan untuk anak SMA lah dan bahkan ada yang komen tentang film ini gak mengedukasi gimana seorang guru seharusnya memberi pelajaran pada siswa yang membangkang.

Kalau menurut sahabat lendyagassi, gimana?

Film Korea berdasarkan webtoon Brave Citizen
Demi apa Han Soo-Gang semena-mena gini?

Aku suka banget sih.. sama film Brave Citizen.
Ya sama alurnya, ya sama idenya.

Aku setuju kalau dibawa ke ranah manapun, kaya uda mentok gak nemuin jawaban lagi. Semua orang pasti selalu melihat “Siapa yang melakukan” bukan “Apa yang telah dilakukan” itu merugikan orang lain.

Trailer Film Brave Citizen (2023)

Cast Brave Citizen : Shin Hae-Sun, Lee Jun-Young

Apakah kehidupan pendidikan di Korea uda separah ini?
Aku rasa sih iya.

Kalau nonton berita idol yang kena cancel culture atau adanya senioritas di berbagai hal di Korea, pastinya bullying adalah sesuatu perbuatan yang ingin menonjolkan “kekuasaan” atas dirinya daripada yang lain. Yah, bagaikan rantai makanan aja lah ya.. Siapa yang teratas, itulah yang menjadi pemenangnya.

Bagaimana dengan di Indonesia?
Wah, i see no beda siih..

Kalo baca berita di twitter, anak-anak sekarang uda parah banget.
Gak suka dikit, gebuk!
Gak cocok sedikit, tantrum.

Mo kesel gimana?

Brave Citizen 2023 review
Siapa yang ada di balik topeng kucing Brave Citizen?

Sebagai Film Maker Indonesia, aku rasa ide-ide kreatif begini gak bisa dianggap hanya sebatas dramatisasi sebuah sineas yaa… karena bisa jadi ini adalah kritik sosial yang terjadi di sekitar kita. Sebagai orangtua atau tenaga pendidik bahkan masyarakat, kita harus selalu meningkatkan awareness dan memberi perlindungan untuk para korba n bullying ini. Bukan justru gak berani berbuat apa-apa.

Buat yang butuh Rekomendasi Drama Seri mengenai bullying, ada beberapa judul drakor yang sahabat lendyagassi bisa tonton juga, seperti Drama Korea Moment of Eighteen (2019), The Glory (2023), atau Drama Weak Hero Class 1 (2022).

Ini beberapa drama bullying yang aku suka.
Gimana dengan sahabat lendyagassi?
Bosen tyda dengan tipe jalan cerita seperti ini?

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

68 pemikiran pada “Brave Citizen, Guru Sementara Pembela Kebenaran”

  1. Bingung juga kalau baca sinopsisnya nih, harus gimana handle nya kalau dari polisi aja angkat tangan? Ya kalau sudah makan korban mah harusnya sudah sampai pengadilan ya .. dan ujungnya masuk bui. Tapi namanya juga film, gak tau juga sih semua tergantung pesannya mau menyampaikan apa

    Balas
    • iya, biasanya memang ada pesan moral yang ingin disampaikan pembuat film pada para penontonnya.
      Dan kalau secara aturan resmi, keadaan tak bisa diubah, memang akhirnya harus muncul seseorang yang berani mengubahnya, dengan cara tak biasa

      Balas
  2. Saya paling suka kalau nonton film-film modelan begini niy mba Len, entah muridnya yang jadi pejuang atau gurunya. Kekerasan kadang ada momennya harus dibalas kekerasan juga, tapi mesti lihat sikon juga, namun kalau udah liat film-film bullying itu kalau yang dibullynya udah berani melawan, saya suka. Harus berani dilawan dan ada yang berani menyarakan, agar si pembuli tidak mengulanginya lagi. Apalagi ada guru yang berani melawan, bagus jadi bahan masukan dan kritik secara tidka langsung juga pada kehidupan nyata. Wah masuk dalam waiting list niy mba Len filmnya

    Balas
  3. Jadi pengen nonton sih. Pokoknya kalau kebaikan menang lawan keburukan, ya positif mau nonton. Haha…
    Aku pikir, yg ada di film seringnya memang kejadian yang ada di sekitar kita sih, bukan skenario sutradara aja.
    Tapi ngeri kali ya…sampai ada guru yg meninggoy akibat bulliying. Itu teh bundir atau apa?

    Balas
  4. Saya salut dengan adanya ide-ide film seperti ini, Mba. Sebagai salah satu jalan menyiarkan berita lewat tontonan bahwa bullying memang sangat tidak dibenarkan dan bisa terjadi dalam ranah apa saja, termasuk sekolah. Semua harus open minded.

    Balas
  5. Betul kalau dilihat dan diamati dari siaran tayangnya, ternyata di negara maju seperti Korea, perundungan ada yg lebih parah ya. Malah guru sekalipun!
    Kadang suka mikir apa pelaku perundungan di kita ini juga karena nonton tayangan seperti itu terus dicontoh? Hehe…

    Balas
  6. Duuh gemesh deh sama siswa yang ortunya uwow gitu, apalagi banyak dekengan makin merajalela yaa, sok iyee.

    Aku jadi inget temen sekolah yang suka ngebully juga, hiks jaman dulu sering bully akuu, cuma jaman dl mah kan B aja, ga rame kek sekarang yaaa

    Balas
  7. Yang Target aku udah nonton! Kalau Brave Citizen ini belum. Shin Hye Sun emang nggak pernah gagal sih, selalu masuk ke karakter yang dia peranin!

    Pengen nonton juga, tapi kayak udah bosen dan males banget sama tema bullying ini, huhu

    Paling syukak sih pas SHS main di Mr. Queen. Lucuuukknya dapet, nangisnya dapet, politiknya juga dapet!

    Balas
  8. Jujur banget sy salut dengan kak Lendy yang bisa menyajikan sinopsis film2 korea dll termasuk Brave Citizen ini. Alurnya setelah saya baca apik, dan dari sini saya sedikit2 semakin menyukai film2 korea dll. Makasih ya kak.

    Balas
  9. Aku udah nonton film ini. Badai dan keren pokoknya. Hye-sun benar-benar bisa membuktikan bahwa dia bisa memerankan sekian banyak tokoh yang biasanya unik, berkarakter kuat, dan selalu bikin kagum. Beneran deh. Saya jadi ngefans sama Hye-sun. Di film ini dia kelihatan gagah ya Len. Jika gak pakai pemeran pengganti, berarti Hye-sun menguasai Taekwondo. Seni bela diri yang memang berasal dari Korea. Ada beberapa teknik serangan yang memang mengandalkan kaki sebagai kekuatan utama. Adegan berantemnya jadi keren. Apalagi sesi terakhir saat pertarungan di atas ring. Mantab luar biasa.

    Balas
  10. Ooo pernah liat potongan adegan saat si guru menyelamatkan siswa lain yang hampir dibully parah sama si anak nakal itu. Si guru di lain kesempatan menyamar dengan topengnya. Bagus banget ini sih, jadi terinspirasi anak kita harus dapat pelajaran beladiri minimal untuk MENGHINDARI perundungan.

    Balas
  11. Aku lagi marathon nonton Nam soon dulu mbak lendy, baru mau nonton ini. Skarang lg episode 11 soalnya. Ahaha. Klo udh kelar baru marathon film lain, aktrisnya aku suka ini, yg main di film di Mister Queen

    Balas
  12. Ini sih parah banget ya, siswa membully sesama siswa, ini sih biasa (walau tetap saja nggak bisa dibenarkan), tapi sampai siswa membully guru? Duh, ngenes bacanya, apalagi orang tua malah memberikan perlindungan pada di anak yang membully ini.
    Emang kalau cara baik dan lemah lembut tak mempan, perlu juga ketegasan dan kekerasan

    Balas
  13. Emang bener ya, nonton drakor tu gak ngebosenin banget. Tema dan alur ceritanya beragam, tak melulu soal cinta. Belum lagi endingnya yang kadang bikin penonton terkesima bahkan tekaget-kaget. Pemerannya juga gak hanya bening, namun aktingnya juga yahud.
    BTW, akhir ceritanya si Han Soo-Gang gimana? insaf?

    Balas
  14. Indonesia lagi musim bully 🙁
    Gemes banget deh anak sekolah udah pada sok jagoan

    Mending nonton film, ya Teh
    Kalo film aku pasti semeptin nonton karena langsung tamat ga bikin penisirin nunggu episod demi episod
    Maklum aku tuh ngga bisa menunggu, hihiii

    Balas
  15. Waaaa….Shin Hae-Sun

    Gak tau kenapa, film/drama nya hampir semuanya sukses ya?

    padahal saya pernah gak suka (gak tau kenapa) ama doi

    eh jadi suka lagi sesudah aktingnya di drama Mr Queen

    Balas
  16. Daku belum nonton ini,
    kalau membaca jalan ceritanya, dan ada genre martial-nya wuah bakalan menyenangkan nih buat disimak, dan semoga jadi inspirasi biar gak terjadi lagi yang namanya perundungan ya

    Balas
  17. Gurunya ga kaleng2 nih si pengajar kelas etika. Si bocil dilindungi terus sama keluarganya ya? Berarti perundungan ini oke2 aja walau keluarga tau. Beneran parah nih ga punya hati dan jiwa kemanusiaan. Guru yang lama meninggal gegara bullying juga, sadis! Pertarungan bosil dengan gurunya ini bagus banget. Cara terampuh ya harus kayak gini. Keren gurunya 😀

    Balas
  18. Itu muridnya masih sekolah tapi mukanya dewasa sekali yaa. Haha 😛
    Eonni satu ini kalo milih peran nggak bisa yang biasa aja ya, pasti yang challenging terus tapi aktingnya selalu keren! Ini film udah beberapa kali mau kutonton, nggak nyari tau sih kalo ternyata kisahnya tentang bullying.

    Balas
  19. Akting Shin Hye Sun emang juara banget. Aku sudah nonton film ini dan aku suka banget. Emang gitu seharusnya ngadepin murid yang semena-mena.

    Balas
  20. Setuju banget aku teh
    Beberapa drama Shin Hae Sun ini punya karakter seperti ini
    Doi emang cocok memerankan tokoh perempuan yang terlihat manis dari luar, tapi tegas dan penuh wibawa.

    Balas
  21. Aaa, ini yang kemarin kulihat trailernya. Ngeselin sih emang si Han Soo-Gang. Kelakuannya layak dibalas bu guru So Shi-min langsung di tempat menurutku. Perilaku bullying, apalagi jika levelnya remaja beranjak dewasa ini memang harus segera diluruskan sih. Di Indonesia pun begitu, kadang kesel sendiri lihat anak-anak yang sok2 jago di sini.

    Balas
  22. Hal yang aku bingung adalah gak sedikit penonton yang ngarep bu guru ini jadian sama murid pembully.

    What?

    Ngeship toxic relationship?

    Bingung kan?

    Alih-alih merhatiin kasus perundungan, malah fokus di situ. Hahahah.

    Padahal filmnya bagus dan mencerminkan realita.

    Balas
  23. Sepertinya iya, han soo gang kayaknya agak ketuaan hehehe, tapi kalau shin hye sun sih aku ngak kaget lagi, dia cocok banget peran-peran gini, ekspresinya itu lho menurut aku keren, cuma dari mimik muka kita bisa tahu apa yang dipikirkannya, ngak butuh dialog panjang-panjang.

    Balas
  24. Setuju teh Leeen. Buka twitter kok isinya gitu ya. Anak2 kayak bukan anak2, kayak monster 😭 bullying di mana2. Ada yg salah dgn dunia hiks.
    Aku tertarik nonton ini. Guru etika, guru bp yaa. Sedih bgt bullying meraja lelaa.

    Balas
  25. Aku udah masukin Brave Citizen ke list buat nonton. Penasaran gimana Bu Guru hantam murid yang suka bully. Btw, sebenarnya kujuga kaget Lee Jun-Young jadi anak sekolah. Cuma kalau lihat zaman jigeum, anak belasan tahun banyak yang mukanya boros. Jadi anggap aja perannya begitu

    Balas
  26. Aku tuh suka deh sama Shin Hae Sun ini, berawal dari nonton drama dia yang Angel’s Last Mission. Jadi setiap ada drama dia selalu nonton deh, sekarang lagi senang nonton yang dia bareng Ichang. Tapi ini beda banget ya sama karakter yang biasa dia perankan, jadi penasaran pengin nonton Brave Citizen.

    Balas
  27. Bullyingnya parah banget. Udah bukan ke murid lagi tapi sampai ke guru. Beruntung Shin Hye Sun jadi guru juga punya keahlian judo.

    Dan ya, saya paling sebel banget kalau ada murid yang karena orangtua sama keluarganya jadi orang, pasti dia sok keren.

    Balas
  28. Beneran ga jauh beda di sini, hiks..sebagai emak dua anak remaja ada terjadi di lingkungan anakku …huhuhu. Setuju untuk selalu meningkatkan kepedulian dan memberi perlindungan pada para korban bullying ini. Dan mengedukasi semua seputar ‘no bullying’

    Balas
  29. akupun berpendapat sama, murid SMA setua itu yah, kayak cocok jadi pasangannya guru etika aja, hihii…
    sedih banget kalau bahas perundungan sistemik seperti ini, masa’ sekolah enggak ngapa-ngapain, keluarga perundung juga malah membiarkan anaknya begitu aja. Hadeh… jangan-jangan di luar sana memang begini adanya?

    Balas
  30. Gemes nih baca reviewnya, kalau Polisi aja sudah menyerah dan pemangku kepentingan di sekolahpun menyerah, sepertinya hukum rimba yang berlaku, penasaran dengan aksi bu Guru melawan pelaku bullying ini

    Balas
  31. Kalau ada siswa merundung siswa lain, ya masih sering terjadi. Tapi kalau ada siswa merundung guru sampai meninggal, ini sudah tidak biasa, ini harus segera dihentikan. Seru nih, cerita Bu guru bertopeng kucing pembela kebenaran.

    Balas
  32. Kenapa pake topeng kucing? Wkwkwk jadi lucu bayanginnya. Tapo emang bagus ya kalau seorang guru meski statusnya hanya sementara, bisa membela kebenaran di sekolah dsn belain muridnya.

    Balas
  33. Haduh mbaaa ini aku baca aja emosi jiwa apalagi nonton Drakor ini ihh amit-amit banget ada anak kaya gini di sekolah sampai berani bullying gurunya sendiri astaga urat takutnya udah putus.
    Kisahnya klasik yaa orang tua yg punya jabatan dan anak konglo. Tapi, kayanya ini tetep jadi angin segar dengan aksi gurunya yg melawan lagi ditambah pakai topeng pula.

    Menurutku ini layak sih buat tontonan, kan anaknya sendiri nakal gak ketulungan udah bukan buat dilaporin lagi soalnya 😂🤣 tapi aku setuju sih mukanya tua bgt buat ukuran anak sekolahan, wkwk.

    Balas
  34. Istriku dah nonton ini katanya kemarin aku ceritain sinopsisnya dari sini.. jadi agak nyambung aja ngobrolnya biasanya soalnya aku ga nyambung klo ngomongin drakor haha

    Balas
  35. Apakah endingnya si Han So-sang jadi tobat dan malah jadian sama si Bu guru cantik?
    Heemmm…
    Semoga sih gak da lagi perundungan gitu..
    Kek gak ada kerjaan lain sih ya, masa membully terus hidupnya

    Balas
  36. Parah sih, bisa²nya guru meninggoy kafena prundungan. Aku sih dukung bu guru So Shi Min ya.
    Tapi apapun endingnya, film ini bagus sih, apalagi gambaran sekolah di Koreyah kurang lebih serem gitu perbullyannya, hiks.

    Balas
  37. duhh parah banget ya ternyata di Korea soal bullying itu, bahkan bukan cuma antar siswa aja ya, sampe guru pun juga dibully, wiiihh parah sih ya 🙁
    emang harus ada yang berani menegakkan keadilan biar gak terus berlanjut perundangan di sekolah tuh ya.

    Balas
  38. Aku kalau lagi santai dan malas mikir keras, suka banget sama tontonan yang ringan dan manis, Teh. Apalagi tokohnya perempuan yang terlihat manis tapi menyimpan ketegasan, suka banget. Pas juga aku lagi suka nonton drakor yang tentang pembullyan lalu gurunya berperan, mantaaab

    Balas
  39. Meski agak jadul filmnya tp msh bs sesuai kondisi kekinian. Terutama marak kembali aksi perundungan di sekolah nih.

    Guru2 wajib nonton tuh. Jgn sok ga mau tahu kalo ada perundungan yg menerpa siswanya.

    Emg aktingnya mbah Shin Hye-sun ini keren sih. Aku mulai suka dgn akting dia wkt di Mr Queen. Kocak parah termasuk di film ini.

    Mau nonton jg ah.

    Balas
  40. buset ini namanya guruku pahlawanku.. wkwk.. kalem kalo pas di sekolah, jadi ganas pas di luar,, adegan martial artnya juga keren ini.. jadi pengen nonton fullnya kalo genre action gini

    Balas
  41. Gimana rasanya ya jika punya guru kontrak seperti Sa Shi Min ini. Cantik, bisa bela diri. Wah banyak yg jatuh cinta gak sih? Ada gak ya guru kayak gini di dunia nyata

    Balas
  42. What theee Han Soo Gang nyebelin abis sih ini mah. Ngebully siswa sampe guru. Dan gurunya meninggal 🙁 Ya ampun. Mentang2 backingannya orang yang berada di instansi hukum semua. Aiiiih penasaran sama endingnya. Jadi pengen nonton deh teh. Thank u rekomendasinya

    Balas
  43. Kalau baca-baca berita emang di Korea tuh kaya udah nggak sehat gitu ya lingkungannya, bullying jadi pemandangan sehari-hari.

    Ah tapi di Indo juga kalo lingkungan dan keluarga ‘mendukung’ tumbuhnya hal-hal seperti itu ya sama aja. Makanya penting banget pendidikan dari rumah agar semua orang saling menghargai, menghormati perbedaan, menaati peraturan, menjaga lisan dan perbuatan biar nggak merugikan orang lain.

    Thanks rekomendasi film bagus nya!

    Balas
  44. Jadi interospeksi ke diri sendiri sih, gimana pendidikan di rumah biar setiap anak tumbuh jadi orang yang saling menghormati, menghargai perbedaan, menaati peraturan, menahan diri dan menjaga lisan dan tulisan biar nggak merugikan orang lain.

    Thanks rekomendasi film bagus nya!

    Balas

Tinggalkan komentar