Kokdu: Season of Deity, Nasib Dewa Kematian di Dunia Manusia

Review Sinopsis Drama Korea Kokdu: Season of Deity (2023) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Kata-kata memiliki kekuatan untuk membunuh atau menyelamatkan orang.

Quote Drama Kokdu: Season of Deity, 2023

Satu drama lagi yang resmi berakhir di minggu ini, Drama Kokdu: Season of Deity yang tayang di VIU dan diperankan oleh Kim Jung-Hyun dan Lim Soo-Hyang. Drama bergenre Comedy, Romance, Medical, sekaligus Fantasy ini lengkap memberikan tontonan yang lucu, seru dan menegangkan.

Eh, kok tegang?
Iya, soalnya ada kasus yang harus dipecahkan menyangkut masa lalu sang karakter utama. Sambung menyambung sama kehidupan fantasi si Kokdu juga.

Jadi penasaran kan..
Kokdu ini sebenernya makhluk apa sih?

Kuy, simak review sinopsis ending drama Kokdu: Season of Deity berikut ini.
Let’s get it!

Drama Korea Kokdu: Season of Deity (2023) – VIU

Review Sinopsis Ending Kokdu: Season of Deity
Kokdu: Season of Deity

Profil Drama

Judul : Kokdu: Season of Deity / Season of Kok-Du
(Kokduui Gyejeol/ 꼭두의 계절)

Sutradara : Baek Soo-Chan, Kim Ji-Hoon
Penulis Drama : Kang Yi-Heon, Heo Joon-Woo

Pemeran Utama Drama Kokdu: Season of Deity (2023):

Kim Jung-Hyun sebagai Kok-Du / Dr. Do Jin Woo / Oh Hyun
Lim Soo-Hyang sebagai Han Gye-Jeol / Seol Hui
Kim Da-Som sebagai Tae Jung-Won
An Woo-Yeon sebagai Han Chul

Pemeran Pendukung Drama Kokdu: Season of Deity  (2023):

Kim In-Kwon sebagai Ok Shin
Cha Chung-Hwa sebagai Gak Shin
Choi Kwang-Il sebagai Chairman Kim Pil-Soo
Kim Young-Woong sebagai Tae Joong-Sik

Genre : Comedy, Romance, Medical, Fantasy

Network : MBC, Wavve, VIKI, IQIYI, VIU
Runtime : Jum’at & Sabtu
Episode : 16

Release Date : January 27 – March 24, 2023

Sinopsis Drama Kokdu: Season of Deity

Kehidupan masa lampau, kira-kira terjadi di zaman Joseon, hiduplah seorang putri yang hidup menjalani takdir cintanya dengan menikah bersama lelaki yang gak dicintainya. Kisah gagal percintaannya ini semakin tragis karena sang putri melihat kematian sang kekasih di hadapan matanya.

Ending Drama Korea Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023 Happy or sad ending?
Kisah di kehidupan sebelumnya

Dari sinilah, takdir tak berujung antara sang Putri yang bernama Seol Hui dan pengawal Oh Hyun dimulai. Kehidupan reinkarnasi mereka seakan tak pernah berhenti karena takdir yang selalu mempertemukan mereka kembali, di kehidupan SEKARANG.

Kembali Bertemu, Antara Putri Seol Hui dan Pengawal Oh Hyun Setelah 1000 Tahun

Bertemunya di zaman sekarang Seol Hui (Lim Soo-Hyang) menjadi dokter perawatan gawat darurat di IGD Rumah Sakit Yeongpo dan pengawal Oh Hyun (Kim Jung-Hyun) menjadi seorang profesor sekaligus wakil kepala rumah sakit terbaik di Seoul, Pilseong Medical Center.

Pertemuan mereka lagi-lagi terjadi secara dramatically.
Di saat Han Gye-Jeol (Putri Seol Hui zaman jigeum) resmi dikenakan sanksi disipliner atas perbuatannya yang menghilangkan nyawa pasiennya ((ini karena keluarga pasien yang mbambet, tapi nyalahin Han Gye-Jeol)), jadi Han Gye-Jeol dipecat dari RS Yeongpo dan pas perjalanan pulang, Han Gye-Jeol kesandung di tangga RS doonk.. Tus ditangkep ama Kokdu.

link Streaming Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023
Han Gye-Jeol dan Kokdu, pertemuan pertama setelah 1000 tahun

Pas mau bilang terimakasih sama si cowok yang gak dikenal itu, tapi si cowoknya uda ngilang dan hanya meninggalkan sebuah kalung dengan liontin cincin. Makin penasaran kan Han Gye-Jeol. Siapakah si cowo yang ganteng ini?
Ahaaaii~

Han Gye-Jeol Bergabung di Pilseong Medical Center, Seoul

Karena Han Gye-Jeol jobless, jadi ia sementara numpang di rumah adeknya yang seorang detektif. Sambil ngelamar kerja di rumah sakit manapun di Seoul, Han Gye-Jeol berusaha hidup optimis dan penuh semangat.

Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023 tayang dimana
Han Gye-Jeol, dokter perawatan darurat IGD

Akhirnya, dari sekian ribu ((gak nyampe ribu juga siih, hehehe)) akhirnya nyangkut satu rumah sakit. Manalah rumah sakit besar pula.. Ya, Han Gye-Jeol akhirnya dapet jackpot!

Diterima di Pilseong Medical Center sekaligus dibawahi langsung sama lelaki pujaan yang menyelamatkan hidupnya, Prof Do Jin Woo. Akankah Prof Do Jin Woo mengenali Han Gye-Jeol sebagai wanita yang ia selamatkan dan mulai tumbuh benih-benih cinta?

Kecewa Karena Cinta Tak Berbalas

Memang Prof Do Jin Woo menaruh perhatian khusus dengan Han Gye-Jeol, namun siapa sangka perhatian itu bukan cinta, gaiiss.. Ternyata cuman alasan untuk meminta Han Gye-Jeol menjadi saksi atas kematian seorang pasien yang pernah ditangani Prof Do Jin Woo.

Dan yang lebih mirisnya lagi, pasien ini adalah ibu kandung Prof Do Jin Woo. Namun karena gak ada yang tahu asal usul Prof Do Jin Woo, jadi dikira pasien yang meninggal ini random aja, orang biasa gitu..

Cast Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023
Prof Do Jin Woo, lulusan Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat

Akankah misteri kematian sang Ibu kandung Prof Do Jin Woo ini terbuka?
Ada kasus apa sebenarnya?

Kematian Prof Do Jin Woo

Karena kasus kematian sang Ibu ini hampir masuk meja hijau, pelakunya panik doonk ya.. Jadi ngutus seseorang buat mengakhiri hidup Prof Do Jin Woo. Dan beneran aja, Prof Do Jin Woo meninggoy dengan cara jatuh dari apartemennya. Dan lagi-lagi yang jadi saksi adalah Han Gye-Jeol.

Memang Han Gye-Jeol gak tau wajah pelakunya. Tapi yang pasti Prof Do Jin Woo gak mungkin mati dengan cara bunuh diri tersebut. Karena niat awal uda bulet mau memperkarakan kematian sang Ibu kok..

Namun, sang pembunuh taunya ya.. Prof Do Jin Woo ini meninggal.
Tapi anehnya, saat Han Gye-Jeol menyebarkan berita di internet bahwa dicari Prof Do Jin Woo, banyak warga netz yang mengaku melihat sosok Prof Do Jin Woo ini di daerah Yeongpo. Benarkah itu sosok Prof Do Jin Woo yang dimaksud?

Rating Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023
Siapa sebenarnya sosok yang berwajah sama seperti sang Prof Do Jin Woo?

Loalaa..
Makin mbulet yagesyaa..

Prof Do Jin Woo Berubah Menjadi Kokdu

Keterkejutan ini gak bisa diutarakan Han Gye-Jeol. Saat ketemu sama sosok yang ia kira adalah Prof Do Jin Woo, ia ngomel-ngomel aja tuh… mrepet kek bajaj. Yang ternyata karakter sosok Prof Do Jin Woo kali ini berbeda. Ia gak mau diprepetin, jadi bales ngomel.

Wkkwk~
Ini lucu sih.. Dan akhirnya Han Gye-Jeol sadar bahwa memang bukan Prof Do Jin Woo. Sosok yang mirip Prof Do Jin Woo ini bernama KOKDU.

  • Review drakor Kokdu
  • Sinopsis Drakor Kokdu
  • Ending Drakor Kokdu

**sebenernya gak mudah buat Han Gye-Jeol mengakui dan menerima sosok tersebut bukan Prof Do Jin Woo. Secara ia uda jatuh cinta kan.. Tapi karena karakternya bener-bener bertolak belakang, akhirnya ia menyimpulkan Prof Do Jin Woo amnesia. Tapi lama-lama.. Han Gye-Jeol sadar kalo ini bukan gangguan identitas disosiasif, yang satu orang bisa ada beberapa kepribadian. Tapi ini murni pribadi yang berbeda.

Siapa dan Apa Itu Kokdu?

Kok-Du (Kim Jung-Hyun) adalah dewa neraka. Ia gak bener-bener hidup di neraka karena pernah bikin murka Tuhan. Dia berubah menjadi Dewa Maut sebagai hukuman atas kelakuannya. Tapi Kokdu ini bukan sembarang malaikat maut, dia dingin dan kejam. Tugas Kokdu sebenernya adalah memimpin roh-roh orang yang sudah meninggal untuk masuk ke neraka atau ke kehidupan setelahnya.

Namun, karena kutukan Tuhan, nasib Kokdu jadi setiap 99 tahun, Kok-Du kembali turun ke dunia ini dan memiliki tubuh manusia yang mirip dengannya. Dia selalu memiliki tugas membunuh orang-orang jahat melalui bisikan dan teriakan orang putus asa yang teraniaya.

Ending Drama Korea Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023
Enak gak sih hidup sebagai dewa kematian seperti Kokdu?

Kutukan Kokdu yang sebenarnya, ia mendengar umpatan cacian dan keluhan orang saat di dunia.
Saat di neraka pun, Kokdu mendengar umpatan roh-roh yang meninggal.
Sehingga hidup Kokdu tidak pernah nyaman dan setiap malam ia mengambil nyawa seseorang yang pantas mati karena kejahatannya.

Takdir tragis Kokdu ini hanya bisa dipatahkan saat ada seorang wanita yang mengingatmu dan mencintaimu.
Kutukan akan berakhir dan kedamaian akan datang.

Mengenal Kokdu, Sang Dewa Kematian

Ending Drama Kokdu: Season of Deity

Ya, pada akhirnya, Kokdu adalah sosok yang mencari takdir cintanya. Dari kehidupan sebelumnya, ia gagal hidup bersama Putri Seol Hui, maka di kehidupan sekarang setelah 1000 tahun berpisah, Kokdu mencari tahu makna cinta yang sebenarnya.

Apakah akhirnya Kokdu bisa mendengar “Saranghae” dan melepaskan semua kutukan dari orang yang dicintainya dan berakhir damai seperti yang Tuhan katakan?

Kesan Nonton Kokdu: Season of Deity

Image Kim Jung-Hyun yang jutek karena gosipan bahwa ia pernah ada di hubungan toxic relationship bersama Seo Yea Ji akhirnya sirna melalui drama Kokdu. Meski perannya sempurna di drama Mr. Queen terbilang sukses besar sehingga ia semakin dikenal di mata drakorian, namun seiring dengan namanya yang melambung, gosip pun ikut menyertai kesuksesannya.

Ada beberapa fancam yang menunjukkan saat Kim Jung-Hyun beradu akting di drama The Time bareng Seohyun SNSD, ia tampak dingin dan cuek. Padahal sebagai pasangan, tentu biasanya yang diharapkan fans adalah interaksi yang manis antar couple. Nah, di masa-masa ini ternyata Kim Jung-Hyun sedang di bawah tekanan toxic relationshipnya bareng Seo Yea Ji.

Related Post:
Drama Seohyun SNSD bareng mas sepupu, Drama Jinxed at First (2022)

kapan tayang drama Kokdu: Season of Deity 꼭두의 계절 2023
Manisnya senyum mas Kim Jung-Hyun

Pas nonton Kokdu, aku salut banget sih.. Akting Kim Jung-Hyun semakin mature, ia bisa memerankan 2 karakter yang bertolak belakang. Pun fun factnya, mas Kim Jung-Hyun juga ikutan mengisi OST Drama Kokdu: Season of Deity doonk dengan lagu yang berjudul “For me”.

Suaranya?
Merdu gaiiss.. Galau banget dengerin OST-nya dah…

Pokoknya jatuh cinta lagi sama mas Kok-Du.
Meski kategori cowok tsundere, tapi karena kena kutukan dari Tuhan, ia jadi gak pernah bisa nolak apapun kemauan Han Gye-Jeol. Ini bikin gemeeeccc bangettt!!

Saat kamu menyuruh seseorang untuk menunggu, maka orang yang mengatakannya, lupa cara mendatangi seseorang.
Dan orang yang disuruh menunggu, lupa cara untuk pergi.

Quote Drama Kokdu: Season of Deity, 2023

Trailer Kokdu: Season of Deity (2023)

Cast Kokdu: Season of Deity: Kim Jung-Hyun, Lim Soo-Hyang, Kim Da-Som, An Woo-Yeon

Yang suka genre romcom, nonton Kokdu uda paling oke siih..
Yang suka genre medical, fantasy, thriller, lah…semuanya diborong sama satu drama ini dah..

Yang menarik ada MC Yoo Jae Suk ikutan jadi cameo di eps 4.
Rasanya ikutan sorak-sorak pas ada ahjussi yang satu ini. Hehehe~

Semua ada waktunya masing-masing.
Bunga yang mekar, salju yang turun dan udara panas di malan hari saat musim panas.
Musim gugur, cinta tlah berlalu dan hubungan kembali seperti itu.

Inilah alasan orang menjadi tidak bahagia, karena mereka menunda waktu yang tepat.

Quote Drama Kokdu: Season of Deity, 2023

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

53 pemikiran pada “Kokdu: Season of Deity, Nasib Dewa Kematian di Dunia Manusia”

  1. sukaaaa…..

    baru nonton 2 episode, itupun terpotong-potong

    setelah baca review Teh Lendy, akhirnya paham dengan ide ceritanya

    karena maju mundur nih lihat Kim Jung Hyun (dan ternyata di sini ada senyum manisnya)

    semoga karir doi (setelah putus dengan Seo Ye-Ji) semakin cemerlang ya?

    Penonton mah gak mau tau kisah di belakang layar, yang penting aktinnya apik 😀

    Balas
    • Tontonan nyantai, Mbu.
      Terlepas dari pemeran utama pria yg sempat punya hubungan yg agak toxic di dunia nyata dengan respon penonton Korea yg ngekritik ampun2-an. Akting Kim Jung Hyun sayang untuk dilewatkan dalam serial ini, apalagi dengan ‘duo asistennya’.

      Balas
  2. Hari ini berarti endingnya ya?
    Hmm, belum nonton sih dan belum banyak mengenal artisnya juga hehe.
    Menyimak dulu deh sejenak

    Balas
  3. Aku udah ngikutin setiap episodenya, Kokdu ini karena penasaran aktingnya Kim Jung Hyun setelah Mr. Queen dan ‘duo pendukung kocak’ *gak tau namanya, hahaha* yg di drama ini tetap keren sih kalo menurut saya.
    Saya termasuk penonton yg hanya melihat aktor dalam karyanya 🙂 .
    Tinggal nonton episode akhir.

    Balas
  4. liat komen ambu bilang sukaaa.. aku jadi nambah penasaran hahaha
    baca sampe akhir awalnya kukira kokdu itu seperti goblin lagi tapi ternyata bukan malaikat sembarang malaikat yaa kokdu itu…
    penasaran gimana kokdu memilih dan menemukan manusia yang mirip dengannya hehe.. nonton ahh

    Balas
  5. Kim Jung-hyun dipermak jadi lebih muda di sini. Kok jadi ceritanya kayak The Heavenly Idol. Haha. Tapi ga mirip jg sih. Soal cerita reinkarnasi ini emang seru sih. Tapi ya apa kita tahu wujud reinkarnasi kita setelahnya dan ketemu pasangan yg reinkarnasi serupa jg.

    Ah nmanya jg cerita fiksi. Dibikin fun aja sih. Penasaran buat nonton setelah namatin Taxi Driver II deh. hehe..

    Balas
  6. Kalau baca review ini, aku jadi teringat From Now on, Showtime. Cerita awal tentang putri dan pengawal juga kan. Tapi ya kelanjutannya jelas berbeda. Btw, aku belum nonton ini, tapi harus kuakui bahwa peran Kim Jung-Hyun makin bervariasi ya

    Balas
    • Sebagai penulis review drakor juga, kak Jiah kudu nonton Kim Jung Hyun si Kokdu ini.
      Boleh banget untuk tontonan tanpa mikir, nonton aja. Apa karen agak genre fantasy juga jadi kepala udah auto memaklumi aja kalau ada yg agak2 gimana 🙂 .

      Balas
    • Bisa ceki-ceki thriller nya dulu biar makin penasaran hehe.
      Apalagi asik nih dah kelar ya, jadi bisa langsung maraton nonton nya

      Balas
  7. Aku sebenarnya kurang suka dengan genre yang seperti ini, yang ada “khayal” nya gini. Tapi as always setelah baca review mbak Lendy, jadi pingin nonton…
    Semoga dengan nonton Kokdu: Season of Deity jadi gak tambah stres ya

    Balas
  8. Wah ternyata memang lagi musim ya baik dracin maupun drakor soal hubungan percintaan di jaman kuno plus di jaman now melalui lintas waktu.

    Balas
  9. Pesan penutupnya dalem banget nih, semua ada waktunya masing-masing.

    Menarik ya kisah tentang reinkarnasi gini, bahkan berulangkali reinkarnasi hingga 1000 tahun demi ketemu cintanya,

    Jadi ingat ada lagu Indonesia, 1000 tahun tak lama… hanya sekejab saja

    Balas
  10. Duh drakor drakor ini, ceritanya kirain mirip sama drakor sebelumnya, si Goblin. Walaupun awalnya mirip tapi ternyata beda juga yah. Keren keren emang drama korea

    Balas
  11. Ceritanya mbulet memang hahaha…
    Ini kayak reinkarnasi gitu ya. Kalau reinkarnasi seperti itu pasti harapannya bisa punya hidup dan pengalaman lebih baik lagi ya…
    Kayak percintaan yang gagal akhirnya bisa berhasil di masa yang berbeda.

    Balas
  12. Aku sempat terpengaruh sama karakternya Jung-hyun saat dia menghadapi toxic relationship. Tampangnya terlihat menggemaskan dan pengen nyubit hahahaha. Tapi sempet suka banget saat di drakor Mr. Queen. Perannya sebagai raja yang terkunci dengan ratunya tuh asli lucu banget.

    Kalo lihat trailernya Jung-hyun di Kokdu ini tampak berbeda ya Len. Dia tampil dengan dua karakter/peran yang beda. Dan menurutku itu gak gampang. Meski dimainkan oleh aktor senior sekalipun.

    Cus aaahhh nonton drakor ini.

    Balas
  13. Jadi penasaran apalagi butuh tontonan yang nyante. Nonton Kokdu ini sepaket deh ya, medical, fantasy, thriller sampe romcomm bisa dinikmati.
    “Inilah alasan orang menjadi tidak bahagia, karena mereka menunda waktu yang tepat.” daleemm bener!

    Balas
  14. Wah…perannya sebagai Prof Do Jin Woo ga terlalu lama ya di film ini, Kak. Do Jin Woo keren nih perannya Prof muda ya. Apalagi lulusan Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat.

    Balas
  15. Aku baruuuu aja selesai namatin ceritanya Teh. Tapi tapi tapi entah kenapa aku masih kurang merasakan chemistry dari para lead-nya ya. Kayak salah satu berjuang ngebangun sisi manis sementara yang satu yaaaa masih gitu deh. Apalagi pas adegan mewek, kenapa aku nggak sukses ikutan nangis ya?

    Balas
  16. Dewanya good looking kayak gini uhuk uhuk uhuk.

    Penasaran nih karena udah tamat jadi bisa maraton dari episode 1 MPe selesai.

    Genre komedi romantis favoritku apalagi ada misteri misterinya yaaa.

    Penasaran endingnya tapi gak mau tanya spoiler wkwkwk.

    Balas
  17. Kalau ngomongin medical fantasy aku jadi inget drama good doctor. Kayaknya ini mirip juga ya mbak, ada misteri yang harus dipecahkan dan alurnya juga maju mundur.

    Balas
  18. Terus terang, aku antusias banget sama drama ini
    Karena ini drama comeback nya Kim Jung Hyun
    Lalu pas muncul langsung suka, ngikutin on going
    Seru sampai episode 4, lalu mulai lambat episode 5
    Tapi aku tetap lanjut
    Dan tetap akan nonton sampai habis
    Tinggal 2 episode menuju ending

    Balas
  19. Bisa memerankan dua karakter yang bertolak belakang itu Kim itu keren banget. Jadi merasa lebih antusias menontonnya langsung, daripada sekadar baca bocorannya di sini, Teh.
    Tapi sudah tahu inti ceritanya disini pun saya sudah senang banget.

    Balas
  20. Aku juga nonton ini sih, karena Kim Jung Hyun, penasaran abis di Mr.Queen yang total banget. Cuma entah kenapa kok boring ya kaLen? Soohyang juga kaku abis aktingnya, beda kayak di Gangnam Beauty. Ini mau kelarin masih maju mundur, tapi tetep bakal kelarin sih penasaran sama nasib Kokdu

    Balas
  21. Akhirnya, rilis juga review Kokdu di blog Kak Lendy. Aku udah simpen di list mau nonton, tapi blom nonton lho karena tunggu review dulu… hahaha. Dan emang ya, kata-kata/kalimat yang terucap itu bagai pedang bermata dua, bisa membunuh, bisa menyelamatkan.

    Balas
  22. Duuh duuh duuh, tontonan setelah berbuka ini maaah…
    Kok baca reviewnya berasa lagi nonton juga yaaa *ampuuuun
    Siap, masukin wishlist antrian dulu yaa wkwkwk

    Balas
  23. Aku lagi nonton ini Mbaaa 🤣. Tadi sengaja cari spoiler dulu, mau tau endingnya, eh malah ketemu review-nya mba lendy. Tapi walopun ga ada spoiler ending, aku ttp bakal nonton Krn sepertinya memang menarik 😁

    Balas

Tinggalkan komentar