The Golden Spoon, Sung-Jae Switch His Life

Review dan Sinopsis Drama The Golden Spoon (2022) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Bagaimana menurut sahabat lendyagassi jika kita hidup di negara maju seperti Korea?
Akankah kita berkecukupan dengan gaji yang saat ini kita hasilkan?
**duh, bahasannya berat amat yaak.. gara-gara drama terbarunya Yook Sung-Jae BToB nih.. Membayangiku selalu!

Drama Korea Yook Sung-Jae terbaru kali ini tayang di Disney Hotstar dengan jumlah episode 16 dan tayang dari mulai 23 September 2022 sampai 12 November 2022 setiap hari Jumat dan Sabtu. Drama Korea yang berjudul The Golden Spoon bergenre fantasy sih ya.. Jadi, ada banyak kemungkinan ending yang terjadi.. Termasuk hal-hal di luar nalar sekalipun.

Karena Drama The Golden Spoon ini diadaptasi dari webcomic yang berjudul “Geumsujeo” oleh penulis gp04fb dan dipublikasikan pada 11 Juni 2016 sampai 16 Juni 2018 di Naver.

Korea adalah masyarakat yang berhierarki.
Dunia didominasi oleh mereka yang terlahir dengan kekayaan.

Quote Drama The Golden Spoon

Jadi, gimana review dan sinopsis drama The Golden Spoon?
C’mon, let’s get it!

Drama Korea The Golden Spoon (2022)

Sinopsis ending Drama The Golden Spoon
The Golden Spoon

Profil Drama

Judul : The Golden Spoon / Gold Spoo
(Geumsujeo/ 금수저)

Sutradara : Song Hyun-Wook
Penulis Drama : Yoon Eun-Kyung, Kim Eun-Hee
Penulis Webnovel : gp04fb

Pemeran Utama Drama The Golden Spoon (2022):

Yook Sung-Jae sebagai Lee Seung-Cheon
Lee Jong-Won sebagai Hwang Tae-Yong
Jung Chae-Yeon sebagai Na Ju-Hee
Yeon Woo sebagai Oh Yeo-Jin

Pemeran Pendukung Drama The Golden Spoon (2022):

Choi Dae-Chul sebagai Lee Cheol
Han Chae-Ah sebagai Jin Sun-Hye
Seung You sebagai Lee Seung-A
Choi Won-Young sebagai Hwang Hyeon-Do
Son Yeo-Eun sebagai Seo Young-Sin
Chang Ryul sebagai Seo Joon-Tae

Genre : Psychological, Drama, Fantasy, Supernatural

Network : MBC, Disney Hotstar
Runtime : Jumat & Sabtu
Episode : 16

Release Date : September 23, 2022 – November 12, 2022

Sinopsis Drama The Golden Spoon

Kisah mengenai perjuangan hidup seorang remaja di tengah himpitan perekonomian yang sulit. Remaja tersebut bernama Lee Seung-Cheon (diperankan oleh Yook Sung-Jae). Ia anak yang rajin dan cerdas namun karena tidak mampu mengikuti berbagai les tambahan, karena waktu yang sebagian besar ia gunakan untuk bekerja sambilan, demi kebutuhan keuangan keluarganya sehari-hari.

Lee Seung-Cheon rela melakukan pekerjaan apapun. Dari mulai mengantarkan pesan-antar makanan hingga menjaga toserba untuk shift malam. Dan sembari menunggu pembeli, Lee Seung-Cheon tetap rajin berlatih soal yang diambilnya di tempat-tempat les yang membuang soal-soal latihan setelah digunakan.

**Huhu, rajin bet yaah..

Menjadi Miskin Itu Adalah Sebuah Kesalahan!

Betul, orang miskin itu DOSA!
Soalnya Lee Seung-Cheon kerap dijadikan bulan-bulanan dari temen-temennya yang kaya dari sekolahnya, SMA Seoul Jeil, Sekolah Menengah Atas yang bergengsi di Korea.

Disuruh mengerjakan tugas, diancam, hingga dipukuli. Dan parahnya, Lee Seung-Cheon gak bisa balas sama sekali karena ia MISKIN!
Kalau balas, bisa jadi ia diperkarakan secara hukum dan bisa jadi kejadian lebih buruk menanti.

Sinopsis Drama The Golden Spoon
Yook Sung-Jae sebagai Lee Seung-Cheon

Suatu hari, salah seorang sahabat Lee Seung-Cheon meninggal akibat tidak mampu membayar hutang. Sahabat ini bahkan di saat-saat terakhirnya membanggakan bagaimana sang Ibu mencintai dirinya dengan membelikan sepatu branded yang diidam-idamkannya.

Namun, naas!
Keesokan harinya, Park Jin-Seok (sahabat Seung-Cheon) ditemukan di kediamannya dalam keadaan tidak bernyawa, satu keluarga.

Teman adalah…
Seorang teman menghabiskan waktu bersamamu.
Kalian berbagi waktu.

Nilai waktu kalian harus sama agar bisa berteman.

Quote Drama The Golden Spoon

Sejak kejadian itu, Seung-Cheon luar biasa sedih dan merasa putus asa. Bagaimana bisa ia terlahir miskin dan menderita di saat teman-temannya di lingkungan Seoul Jeil High School pada jet set semua??

Hingga ia berusaha lebih keras, belajar lebih giat dari siapapun!

Namun,
Hasilnya tetap sama. MISKIN!

Sendok Emas 3000 WON Mengubah Segalanya

Nonton Drama The Golden Spoon sub indo
Sendok emas asli seharga 3.000 won

Dalam perjalan pulang, Seung-Cheon bertemu dengan seorang nenek pedagang yang menawarkan sebuah sendok emas dibungkus kotak kayu kuno seharga 3.000 won. Sebagai bahasa pengantar bisnis (ehhee~) sang nenek mengatakan bahwa sendok emas tersebut mampu mengubah kehidupan Seung-Cheon jika ia makan bersama orang kaya sebanyak 3 kali dan jika ia bersedia bertukar kehidupan dengan si anak orang kaya tersebut.

It means, Seung-Cheon kudu meninggalkan keluarganya dan berganti identitas dengan memiliki keluarga kaya baru.

Wiiddii~
Di situlah Seung-Cheon mulai bertaruh nasib malangnya dengan sebuah harga 3.000 won. Ia gak berharap banyak, pada awalnya karena menganggap itu hanya omong kosong. Namun di saat posisinya kepepet, Seung-Cheon mengalami perundungan dan nyaris meninggal terjebut sungai, ia bersusah payah mengumpulkan kembali impiannya dan makan bersama di keluarga Hwang Tae-Yong, teman SMA Seoul Jeil yang paling paling KAYA.

Kekayaan keluarga Hwang Tae-Yong dari Doshin Group kabarnya mencapai 3000 trilliun won. Dan Hwang Tae-Yong adalah putra tunggal keluarga kaya raya tersebut.

Ending Explanation Drama The Golden Spoon
Lee Jong-Won sebagai Hwang Tae-Yong

Kau akan memimpin Grup Dosin
yang bernilai triliunan won di masa depan.

Menurutmu berapa nilai satu jam waktumu?

Quote Drama The Golden Spoon

Akankah nasib Hwang Tae-Yong dan Lee Seung-Cheon bener-bener tertukar karena makan bareng sebanyak 3 kali?

Kesan Nonton Drama The Golden Spoon (2022)

SUKAK!
Meskipun durasi setiap eps nya 80 menit dan tayangnya setiap Jumat & Sabtu, aku suka banget setiap kejutan yang dihadirkan di setiap eps.nya.

Drama The Golden Spoon memang diadaptasi dari webcomic “Geumsujeo”, seperti yang udah aku bahas sebelumnya. Jadi saat eps 2, Seung-Cheon beneran bisa menukar keluarga miskinnya dengan keluarga Tae-Yong, sehingga orang mengenal wajahnya sebagai Tae-Yong, si anak orang kaya dengan kerajaan bisnis Doshin Group.

Karakter Drama The Golden Spoon
Bertukar keluarga dan kini Lee Seung-Cheon menjadi Hwang Tae-Yong

Gunakan kesempatanmu dengan bijak untuk membuktikan dirimu.
Karena bisa saja kau tak dapat kesempatan kedua.

Quote Drama The Golden Spoon

FYI, Hwang Tae-Yong ini anaknya sebenernya uda sayang sama Seung-Cheon. Namun karena ambisi dari sang Ayah yang ingin menjadikan anaknya suksesor dari perusahaan Doshin Group, maka cara pengasuhan yang salah membuat Hwang Tae-Yong stres dan mulai berani berbohong.

Kebohongan yang ingin terus ditutupi membuat celaka dan hubungan persahabatan keduanya menjadi buruk. Yah, kalo inget persahabatan anak orang kaya sama miskin ini jadi inget drama Love Alarm atau Park Ji-Hu di drama Little Women, gasih??

Menantikan Ending yang Baik Bagi Seung-Cheon & Tae-Yong

Dengan sedikit kisah romance, berharap Drama The Golden Spoon memiliki akhir yang indah untuk masing-masing kekurangan yang dimiliki kedua karakter remaja ini, Seung-Cheon & Tae-Yong. Sama-sama saling melengkapi dan hidup berbahagia dengan takdir yang mereka jalani, mau jadi keluarga kaya tanpa kasih sayang atau keluarga miskin tapi penuh kehangatan.

Karena kekuatan si sendok emas ini gak selamanya ada. Ia hanya bisa menukarkan kehidupan seseorang di 3 kesempatan, yakni 1 bulan, 1 tahun dan terakhir 10 tahun. Kesempatan bagi Seung-Cheon untuk menentukan ia lebih memilih berada di keluarga yang mana?

Review dan Sinopsis ending Drama The Golden Spoon
Endingnya, Seung-Cheon memilih keluarga Hwang atau tetap keluarga Lee?

Misteri Drama The Golden Spoon yang Belum Terungkap

Serunya nih, di 4 eps awal drama The Golden Spoon sudah meninggalkan banyak tanda tanya. Seperti:

  1. Apakah akhir dari kehidupan Seung-Cheon?
    Karena ada 1 scene yang menunjukkan bahwa si sendok emas bukan baru pertama kali menukarkan kehidupan seseorang. Dan akhirnya ditampakkan seseorang tersebut jadi gelandangan yang udah kaya orang gila. Apakah pilihan yang salah membuat Seung-Cheon nantinya mendapatkan hukuman dari alam?
  2. Siapakah diantara teman Seung-Cheon yang juga mengalami pertukaran hidup?
    Karena di eps. 4 Seung-Cheon telah dicurigai seseorang bahwa dirinya bukan Tae-Yong yang asli. Padahal tidak ada satupun orang yang tau mengenai pergantian hidupnya.
  3. Masa lalu Tae-Yong yang membuatnya trauma dan kehilangan kepercayaan diri untuk belajar bisnis.
    Aku rasa misteri sikap Tae-Yong yang selalu takut dengan Ayahnya ini ada hubungannya dengan kematian sang Ibu sih.. Gimana Tae-Yong sangat merindukan sosok seorang Ibu yang penuh kehangatan.
  4. Akhirnya, siapa yang dipilih Na Ju-Hee?
    Hehhe, ini romance tipis-tipis antara Na Ju-Hee dengan Seung-Cheon dan Tae-Yong sih.. Cinta segitiga begini selalu tampak lebih menarik yaah.. Eh, ada lagi dink Oh Yeo-Jin yang suka banget sama Tae-Yong. Tapi aku gak yakin bakalan Oh Yeo-Jin yang menang. Soalnya sampai eps 4, Tae-Yong yang asli sama sekali gak bergeming digangguin sama Oh Yeo-Jin. Jadi kaya dia mah mungkin gak sama siapa-siapa gitu deh..

    But, who knows yah?
    Sekali lagi, karena ini drama based on webtoon dan genre fantasy, jadi segala kemungkinan masih terbuka dengan lebar si… selebar dada Johnny NCT, kekekee~
Rating Drama The Golden Spoon
Jung Chae-Yeon sebagai Na Ju-Hee

Lesson Learn Drama The Golden Spoon (2022)

Kejujuran, Adalah Penilaian Terpenting dari Sebuah Pendidikan

Sebagai guru, pengajar dan orangtua sebaiknya selalu berpatokan pada proses, kudunya yaa.. bukan pada hasil. Karena seperti di drama The Golden Spoon, saat yang belajar sungguh-sungguh jadi selalu tampak salah ketika ia miskin. Namun ketika seseorang yang memiliki jabatan dan status sosial yang bagus di mata masyarakat, maka hukum menjadi berlaku berbeda.

But, it’s true..
Kalau hidup di dunia ini segalanya butuh uang dan koneksi.

Tapi semoga kita gak menghilangkan kepercayaan terhadap anak-anak yang berkata dan berbuat jujur saat ingin mencapai sesuatu melalui usaha dan kerja kerasnya sendiri.

Sebelum menghakimi murid, pikirkan dulu dengan matang.

Quote Drama The Golden Spoon
The Golden Spoon Disney
Yeon Woo sebagai Oh Yeo-Jin

Selalu Ada Pengorbanan di Setiap Pilihan

Mau jadi siswa terbaik, pengorbanannya adalah waktu, uang dan tenaga.
Mau jadi kaya, pengorbanannya kerja keras.
Mau jadi apapun, pasti membutuhkan pengorbanan.

Alur The Golden Spoon
Kehidupan yang tertukar

Dan semua itu terjadinya gak di waktu yang singkat.
Jadi drama The Golden Spoon memang sebuah retorika hidup bahwa ketika kamu memilih memiliki segalanya tentu selalu datang dengan yang namanya tanggungjawab dan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Trailer The Golden Spoon

Suka banget sama karakter Yook Sung-Jae di Drama The Golden Spoon. Emang dia tuh gak hanya bisa akting jadi orang kaya yaa.. pas jadi orang susah pun, wajah melasnya bisa menggambarkan betapa berat perjuangannya. Kalau dari drama Yook Sung-Jae sebelumnya, Mystic Pop-up Bar, aku suka pas doi jadi anak SMA gini. Emang cute overload laah..

Dan uniknya yaa.. Kalau nonton Sung-Jae di konten BToB atau variety show tuh bisa beda banget!
Aslinya doi mah kocak dan polos banget. Heheh~

Boleh dipantengin sih yaa..
Drama The Golden Spoon setiap hari Jumat & Sabtu di Disney Hotstar.

Selamat Menonton.

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With Love,

logo lendyagassi
Spread the love

84 pemikiran pada “The Golden Spoon, Sung-Jae Switch His Life”

  1. Ah mbaak… Drakornya gokil sih ini seruuu banget kayaknya. Aku langsung penasaran. Aku paling seneng cerita2 yg model fantasi gini, apalagi pas adegan tentang nenek yg nawarin sendok emas dan bisa merubah tukar posisi hidup gitu. Cuus nonton

    Balas
  2. Selalu ada pengorbanan di tiap pilihan. Nah akj setuju bgt dg quote ini. Konsekwensi berbeda utk tiap pilhan yg berbeda. Itu sebabnya kita harus benar2 hati2 dlm memilih sesuatu, bukan?

    Balas
  3. Drakor dengan cerita yang unik dan menarik nih, in real life would you really2 trade in your life with others? Kadang ga semua yg kita lihat dr kacamata kita seindah yg terlihat loh

    Balas
  4. wow cerita fantasi ya ini? seprti biasa, aku cukup baca dari review mba lendy saja. seru ngikutin alurnya. tak kuat saya klo nonton drakor entah mengapa 😀

    Balas
    • Kalo orang korea meski miskin mereka tetep glowing ya mbk 😁
      Make up juga senatural mungkin.

      Meski jalan ceritanya rada2 ngga masuk akal yaa (namanya juga adaptasi dari komik ya) tp cukup bikin penasaran buat nonton

      Balas
      • Aslinya kalo liat dramanya langsung, Sung Jae jadi buluk deh..
        Apalagi keluarganya tinggal di rumah bedeng. Tapi kalo dibandingin Park So Dam sama Woo Shik di Parasite, masih lebih parah Parasite sih..

        Balas
  5. Drama yang diangkat dari webtoon, uraian imajinasinya tuh luar biasa menurutku. Kemampuan penulis naskah memindahkannya menjadi sebuah drama itu sungguh menarik. Salah satunya adalah kisah pergantian hidup seperti di the Golden Spoon ini. Idenya luar biasa ya. BTW, poster promosinya keceh banget deh. Sama seragam sekolah khas Koreanya tuh keren.

    Balas
  6. Wah, pemainnya kok nggemesin gini sih hahaha. Aku kira belum tayang,sempat lihat flyernya aja di ig. Setelah baca sinopsisnya kok menarik banget ya. Siplah mau nonton, penasaran deh sama sendok emasnya

    Balas
  7. Baca sinopsis awalnya saja saya bisa meneteskan air mata. Sedih banget ya ketika kemiskinan menjadi kesalahan terbesar dalam kehidupan kita. Bagus kayaknya drakor ini. Makasih rekomendasinya Mbak.

    Balas
  8. Waaaah, aku lagi ngikutin drama ini dan sukaaaa banget!
    Di IG udah banyak yang nagih buat minta di-review tapi aku-nya belon sempet terus alias maleees ahahahaha

    Shock banget ketika tahu kalo sobatnya Na Juhe ternyata tukeran sendok juga dan sempat salpok sama supir hyung yang gemesin dan diem aja waktu ditabok ama noona hahaha

    Balas
  9. Selalu deh ada pengantar bisnis ~akan mengubah hidupmu selamanya wkwkwk. Dan pasti nenek2 deh yang jualan. Jadi penasaran deh gimana akhir dari kehidupan Seung-Cheon. Nonton juga ahhh!

    Balas
  10. Setiap pilihan memang ada konsekuensinya sih ya. Tapi Lee Seung-Cheon walau miskin tapi cakep plus good looking wkwkwk (gagal fokus). Rajin banget lho masih belajar di sela-sela sibuk kerja. Itu Hwang Tae Young keliatannya kek wajah baik2 ya kalo di foto gitu. Jadi penasaran pengen nonton dramanya langsung

    Balas
  11. Seperti biasa, review drakor yang ditulis Kak Lendy selalu berhasil membuat aku penisirin pingin nonton…
    Film The Golden Spoon ini emang layak tonton ya… Selain para pemainnya yang jago akting, alur ceritanya juga bagus. Ada dramanya, ada fantasinya juga…
    Makasih ya sudah mau berbagi

    Balas
  12. Menikmati kisah dari Teh Lendy daku bisanya.
    Mau lihat thriller yang ada bisa makin penasaran hehe.
    Soalnya belum sempat untuk menonton

    Balas
  13. wahaahaha, slebar dada :)) klo genre fantasy nggak bosenin biasanya ya teh. Napa aku malah ingetnya Jin dan Jun siih >.<
    22nya nggak kayak orang miskin huhu.. romance tipis2 tapi ayaa yaa, buat bumbu2 mungkin teh heheuuu

    Balas
  14. Baca ulasan Mba ini rasanya jalan ceritanya kayak real life gitu yaaa dan selalu kalau habis main dari sini tuh bisa nambah list untuk stok nonton selanjutnya 😀

    Balas
  15. Harusnya yg kaya si nenek dulu ya. Secara iya yg punya sendok emas itu lebih dulu. Lah malah ditawarkan ke orang lain
    Jadi bagaimana nih udah 3x makan bareng orkay jadi kecipratan kaya gak tuh? Asli penasaran

    Balas
  16. Oh, durasinya 80 menit? Nggak kerasa nggak sih? Aku juga suka drama ini. So far so good. Semoga nggak mengecewakan sampai akhir. Meski banyak aktor & aktris yg baru aku kenal, akting mereka cukup oke ya.

    Balas
  17. Wah quote Drakor The Golden Spoon ini : Korea adalah Masyarakat yang hirarki. Dunia didominasi oleh mereka yang terlahir dengan kekayaan. Kayak pernah baca di salah satu Drakor juga kalimat yang kedua itu.

    Penasaran dengan kisah sendok emas yang bikin Seung-Cheon mengorbankan keluarga asli demi kekayaan

    Balas
  18. Wah kirain ini gak ada fantasy2nya ternyata ada yaa. Ahaha iya ya biasanya dia tuh kyk jd anak org kaya atau anak sekolah di sma elite jarang memerankan org kismin.
    KOrsel mirip Indonesia kyknya apa2 yang dihargai msh duit huhu. Makanya drama2 kyk gini ada utk menhyadarkan bahwa ada yg lbh berharga dr duit yaa.

    Balas
  19. klo film yang diadaptasi dari webcomic, biasanya seru ya. Semoga sesuai jalan cerita dan details sesuai dengan cerita di webcomis tersebut.

    Balas
  20. Rata2 latar belakang kisah kehidupan di drakor berputar di sekitar penderitaan si miskin dan juga kecantikan atau kegantengan wajah ya. Kalau miskin ataupun punya wajah jelek, biasanya apes hidupnya huhuhuuu… sedihnya. Sampai2 harus menggunakan sendok emas untuk menukarkan nasibnya dengan orang lain yaa…

    Balas
  21. Akupun suka Sung Jae disini aktingnya andai Ada ya golden spoons didunia nyata bingung mau siapa yg ditukar.. 🤪

    Kaya atau Muslim pasti Ada permasalahan yg akan dihadapi ya…

    Balas
  22. Drama yang ringan ya, temanya unik, sebenarnya penasaran juga, kesel banget ya mau ngebales tapi gak bisa. Maksudnya ngebales orang-orang yang gak suka sama dia, tapi karena miskin jadi gak bisa ngapa-ngapain deh. Aku baru liat aktor yang ini belum kenal di drama-drama sebelumnya dia pernah main dimana aja

    Balas
  23. Jadi penasaran dengan episode selanjutnya gimana. Terkadang drama Korea ini udah benar-benar real kehidupan nyata eh adaaaa aja hal yang tiba-tiba nyeleneh kayak ganti kehidupan. Tapi worth sih sepanjang mengandung lesson learn yang berharga buat penonton.

    Balas
  24. Tukar nasib pakai sendok emas. Ada-ada saja ide ceritanya. Aku belum kepikiran buat nonton The Golden Spoon ini. Masih belum bisa nonton banyak drama sih. Jadi cukup tahu aja. Mungkin nanti ngintip spoilernya di medsos

    Balas
  25. Wah drama fantasi ini, ya. Sebenarnya aku kurang begitu suka cerita fantasi gini. Tapi kalau udah nonton beberapa episode awal, pasti bakalan penasaran juga kisah-kisah selanjutnya. Hehe.
    Btw satu episode 80 menitan ya. Lama juga yaa 🙂

    Balas
  26. Drakornya seruuu…relate ya kak len dengan kehidupan nyata….
    Sama2 manusia memiliki waktu 24 jam tapi hasil setiap orang berbeda. Bisa karena yg satu rajin kerja keras yg satu santaiii banyak melamun tidur malas2an dalam memanfaatkan 24 jam yg ada.

    Balas
    • Betull-betull, kita masing2 diberi waktu yang sama tapi hasilnya bisa sangat berbeda dengan orang lain dan itu tergantung kita. Emang drama ini banyak pesan moralnya sihh.

      Balas
  27. Mbak, berarti Tae Yong nantinya gak sadar kalau dia tertukar hidupnya dan harus hidup dengan keluarga Seung Cheon?

    Temanya bagus bikin ingat dengan pesugihan. Bisa kaya dengan ‘gampang’ asal mengikuti ritual tertentu, tapi biasanya ada kosekuensinya.

    Balas
  28. Jadi nontonnya karena pemainnya ya mbak? Bukan filmnyq. Hihihi penyakit emak-emak pecinta drakor ini mah. Kalau pemainnya cakep dan cantik dan idola biasanya jadi penasaran nonton filmnya. Hihi….toss

    Balas
  29. Lee Soung Cheon, figur pekerja keras ya. Etapi beberapa kali nonton film Korea, itu emang kerasa banget sih vibe semangat mewujudkan mimpinya. Makanya beberapa kali nonton Drakor itu justru berimpact ke dirim jadi makin semangat melakoni apapu. Kek dream high, agak jadul love story’ in Harvard. Kece deh, semangat orang korea

    Balas
  30. Suka kalau ada film yg menonjolkan pekerja keras yang jd inspirasi tapi kelanjutannya malah ke sendok emas sih….jd ga semangat lagi xixixi tapi kalau perjuangan biasa aja jd biasa aja kali ya ..ga istimewa filmnya hehe…

    Balas
  31. Drama ini dah masuk wish list utk next tontonan karena kebetulan aku ngikutin comicnya di webtoon.
    Dari comicnya aja tuh dah bikin campur aduk sama kisahnya. Makanya cukup surprise juga ternyata diangkat jadi drama. Penasaran bgt karena korsel klo bikin drama adaptasi yaa cukup bagus

    Balas
  32. Setuju banget…selalu ada pengorbanan di setiap pilihan. Kok jadi sedih ya kalau melihat anak yang dengan segala kesungguhannya ingin menjadi anak pintar namun ia termasuk anak orang miskin tiba2 dikalahkan oleh anak orang kaya…rasanya keras banget dunia ini…pengorbanannya begitu besar…aah jadi pengen nonton drakor ini.

    Balas
  33. Uang dan koneksi
    2 hal ini yang kadang terlintas di pikiran akhir-akhir ini
    Merasakan pindah ke tempat baru dan ketemu orang-orang baru membuat saya berpikir
    Ya memang ada orang-orang yang prinsip/tujuannya seperti itu
    Mudah-mudahan kita nggak lupa kalau dunia ini cuma sementara #selfreminder banget
    Soalnya kalau nggak ngeri, halal haram hantam aja 🥲

    Balas
  34. kirain tentang film perjuangan orang miskin trus jadi kaya raya karena usaha yang jujur, cerdas dan keras.. tapi namanya felem korea, tetap pake fantasi ala dunia dongeng..
    tetap lebih menarik kisah-kisah nyata tentang perjuangan orang sukses yang dijadikan film.. felem korea kebanyakan hayalan gak masuk akalnya.. ehehehee…

    Balas
  35. Pantesan banget belum pernah denger judulnya ternyata film baru ya mba Lendy, saya suka sama pemainnya yang ini, tapi ga hapal-hapal namanya hehehe, jadi wishlist buat ditonton niy

    Balas
  36. Belum nonton akutu yang ini. Drama hari Jumat-Minggu bagus2 banget sampai keteteran nontonnya. Aku lagi ngikutin Little Women dulu. Ntar kalo udah tamat, mau icip ini ah sama One Dollar Lawyer sekalian kan sekalian sama2 di Disney+

    Balas
  37. Wah sudah ada yang terbaru lagi ini dari dunia perdrakoran. Hehe. Kalau lihat yang makin cakep langsung gercep deh tonton filmnya. Apalagi genre filmnya yang ringan saya paling suka. Thanks kak infonya. Masuk list daftar tonton selanjutnya.

    Balas
  38. Menarik ya Mbak filmnya. Fairy tale ala masa kini, bertukar peran kehidupan. Biasanya film seperti ini pemeran utamanya wanita, sekarang cowok ya main characternya. Bakalan sukses buat berandai-andai nih.

    Balas
  39. saya biasanya kalau memutuskan nonton drakor ngeliat review dan ulasan dari temen2 dulu. kalau mereka bilang “sebagus itu/ lu harus nonton” baru deh coba buka episode awal. kalau keren lanjut ke episode berikutnya, kalau nggak ya skip wkwk makasih reviewnya mba

    Balas
  40. Kalau sutradaranya Song Hyun-wook filemnya memang bagus – bagus ya kak. karena selalu mengambil sudut pandang yang berbeda seperti filmnya. di tahun 2021 juga ada filmnya yang cukup bagus kalau tidak salah judulnya The King’s Affection

    Balas
  41. Penasaran sebenarnya dengan ide cerita yang fantasi kayak gini hanya kadangkala otakku tidak bisa menerima. Soal bertukar nasib gara-gara sendok atau apalah itu. Mungkin karena sudah terlalu sering melihat kejadian yang nyata kali yah? hahaha. Apa pun itu, cara Teh Lendy menggambarkan atau menuliskan kisah dalam suatu drama selalu menarik.

    Balas
  42. Terus saya jadi kepikiran, kalau saya berada di keadaan si miskin. Kira-kira apakah saya bisa sekuat Seung-Cheon? Bisa tetap kuat sekalipun sering kena perundungan, Ahaa…barangkali saya tak sekuat dia deh. Lebih baik keluar saja dari situasi itu dan cari situasi yang mendukung posisi dan keadaanku. Heuu… kok saya jadi gemas sendiri yah? hahaha.

    Balas
  43. Memang ya…si miskin biasanya dipandag sebelah mata, ada sendok emas yang bisa mengubah nasibnya tentu bakal menarik ceritanya. Jadi misterinya bikin penasaran nih, The Golden Spoon yang diadaptasi dari webtoon dan genre fantasy begini bikin segala ending bisa terjadi

    Balas
  44. Pilihan yang sulit ya. Antara harta atau kekuarga. Taruhannya juga nyawa soalnya. Jadi penasaran endingnya. Pengen nonton juga nih, semoga hepi ending ceritanya

    Balas
  45. aku dah selesai baca webtoonnya
    tapi rada beda ini ceritanya ama webtoon biar ga plek plek banget kayak di web kali ya.
    di webtoon si seungcheon kayak yang paling salah dan ambisius banget, di drakornya rada memble entah karena male lead

    Balas
  46. kasian ya, anak miskin – baik – pekerja keras diiming imingi kekayaan ya langsung meleleh dan menghalalkan segala cara untuk menggapai impiannya

    tidak sabar berproses adalah sesuatu yang “dimaklumi” oleh para orang misqueen, karena toh gampang nanti kalo udah kaya tinggal minta maaf, ya kan Ferguso? eh Lendy?

    Balas
    • Aku sedih sih bayangin anak imutdan baik hati sama miskin dibully

      Emang mereka salah ya kalau missqueen? Mereka kan juga ga minta. Endingnya sih sepertinya aku bisa menebak dan tragis sepertinya

      Balas

Tinggalkan komentar