Ulasan Novel The Secret of Red Sky

Review dan Sinopsis Novel Lovers of the Red Sky (2021) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Bagi drakorian yang juga menyukai dunia literasi, gak ada salahnya mencoba membaca buku novel yang berjudul The Secret of Red Sky. Novel karangan Jung Eun Gwol ini yang terdiri dari 2 buku di bawah penerbit Haru. Buku pertama dengan cover berwarna merah cerah, sedangkan buku kedua, masih dengan gambar cover yang sama namun berwarna biru.

Bagaimana kisah Legenda Hong Cheon Gi yang digambarkan oleh penulis Jung Eun Gwol?
Yang pasti kesan pertama membaca novel yang diadaptasi menjadi drama Lovers of The Red Sky dengan pemeran Abang Hyo Seop dan Yoo Jung noonim ini sangat membius pembaca untuk terus mengikuti kisah Legenda Hong Cheon Gi.

Seberapa seru novel The Secret of Red Sky?
Simak review dan sinopsisnya berikut ini yaa.. Yo, let’s get it

Novel The Secret of Red Sky (2018)

Judul Buku : The Secret of Red Sky 1
Penulis : Jung Eun Gwol

Penerbit : Spring (Hutamedia)
Tanggal terbit : Oktober – 2018
Jumlah Halaman : 542 halaman
Berat : 500 gr
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 14×20 mm

Harga Buku : Rp 118.150,-
ISBN : 9786025218538

Review dan Sinopsis Buku The Secret of Red Sky

“Sejak kapan Putri Hong mulai melukis?”
“Sejak lahir. Maksudku, kurasa dia melukis sejak dalam kandungan.
Dia sangat mirip dengan Ayahnya.”

“Awalnya kupikir hanya gaya lukisannya saja yang mirip.”

“Lalu sejak kapan ia bergabung dengan sanggar Baekyoo?”
“Hmm, kalau tidak salah saat ia berumur lima atau enam tahun. Saat itu pun ia sudah tahu caranya melukis.”

Dialog hal. 393, novel The Secret of Red Sky

Sanggar Baekyoo

Penggambaran sanggar Beakyoo adalah tempat yang dimulai dengan keindahan dan diakhiri dengan keindahan. Di sanggar ini tempat berkumpulnya para seniman berjiwa bebas. Tak hanya hasil goresan pena para seniman yang terlihat bebas, tetapi juga gaya melukis mereka pun bebas.

Namun, meski karya hasil seni lukisnya terbilang bebas, tapi mereka tetap memegang nilai-nilai luhur dalam seni melukis, terutama untuk pesanan lukisan byeoksayong (lukisan untuk mengusir roh jahat), gamsayong (lukisan untuk menggambarkan Raja Laut), munbae (lukisan yang terpasang di pintu gerbang pada malam tahun baru) dan masih banyak jenis lukisan lain yang biasanya adalah pesanan dari Raja Sejong, Raja yang memerintah kala itu.

Siapa Hong Cheon Gi?

Siapa Hong Cheon Gi dalam review sinopsis dan ulasan Buku The Secret of Red Sky

Hong Cheon Gi memiliki panggilan Hong Nyeo alias Bandi. Ia adalah satu-satunya pelukis perempuan pada zaman itu. Seorang gadis pelukis yang masih polos, lugu namun berwajah cantik tapi memiliki tingkah laku yang suka bikin pusing guru pemilik sanggar Baekyoo.

Guru sanggar yang bernama Choi Wonho sangat menyayangi Hong Cheon Gi, sehingga ketika Cheon Gi menanntang bahaya untuk pergi ke gunung Inwang dengan alasan ingin melihat sendiri bagaimana rupa harimau di gunung tersebut, Pak Choi Wonho sangatlah marah kepada semua orang di sanggar.

Badannya menjadi sering sakit, kepalanya sering pusing dan ketika Cheon Gi kembali ke sanggar pada suatu hari dalam keadaan sangat berantakan ((bau dan tidak terurus, namun masih dalam keadaan sehat dan seperti biasa, ceria)), maka Pak Choi segera memberi hukuman pada sang gadis kasayangannya ini.

Belum sampai hukuman terucap, Cheon Gi mendapat pesanan sebuah lukisan untuk merayakan datangnya Dongji. Perayaan yang ditandai dengan memasang sebuah lukisan pengusir roh jahat dalam waktu semalam dan kemudian dibakar.

Misteri Pemesan Lukisan

Setiap kali Sanggar Baekyoo mendapat pesanan lukisan untuk ritual, Pak Choi Wonho memiliki kebijakan di sanggar lukisannya bahwa tidak akan kepo bertany untuk apa. Bahkan identitas pembeli pun, Pak Choi enggan bertanya. Namun, berbeda dengan pembeli pada umumnya.

Pelanggannya yang satu ini misterius, karena pejabat ini jarang sekali keluar dari tandunya. Kalaupun keluar dari tandu untuk bertransaksi, ia menggunakan tirai dan hanya berbicara seperlunya. Pelanggan ini meski hanya menampakkan siluet, tampak wajah yang tampan dan wibawa yang luar biasa.

Kali ini, pelanggan misterius itu memesan lukisan munbae dan sehwa dan hanya ingin dari pelukis yang sama seperti lukisan sebelumnya yang ia dapatkan. Dan untuk bayaran, pelanggan ini memberikan bayaran yang sangat melimpah. Sehingga Pak Choi senang dan menjaga pelukisnya dengan baik agar tangannya jangan terluka.

Siapakah pelukis yang dimaksud?
YA, pelukis itu adalah Hong Cheon Gi.

Pelanggan Misterius itu Bernama Ha Ram Shiil

Ha Ram Shiil, review sinopsis dan ulasan novel The Secret of Red Sky

Ha Ram shiil adalah seorang pemuda yang menjabat di Biro Astronomi Kerajaan sebagai pejaat tingkat delapan yang bertugas untuk mengobservasi fenomena-fenomena astronomi dan memberikan peringatan akan terjadinya berbagai bencana alam sekaligus mengamati pergantian musim dan cuaca.

Meski fisik Ha Ram shiil memiliki kekurangan yakni tidak bisa melihat dengan jelas. Ketika membuka mata, Ha Ram akan melihat dunianya menjadi merah seperti darah. Bola matanya pun tampak mengerikan karena berwarna merah, sehingga bagi yang pertama kali melihat, maka akan merasa ketakutan.

Ha Ram shiil akan selalu menutup matanya dan berjalan menggunakan tongkat. Untuk membaca bintang, ia cukup membuka matanya sedikit dan membaca rasi bintang yang tersusun di langit. Pembacaan bintang Ha Ram shiil selalu tepat, sehingga Raja Sejong sangat menyayanginya.

Pertemuan Pertama Hong Cheong Gi dan Ha Ram Shiil

Cheon Gi yang melarikan diri untuk pulang ke rumah untuk menemui Ibunya diikuti oleh orang-orang dari sanggar. Maksudnya adalah utusan dari Pak Choi untuk mengawal Cheon Gi kemanapun ia pergi. Pak Choi takut kalau Cheon Gi kembali ke gunung Inwang dan membahayakan dirinya.

Karena tahu ia diikuti, maka dengan sengaja, Cheon Gi melarikan diri dan di saat yang bersamaan, ia bertabrakan dengan rombongan Ha Ram shiil yang saat itu akan kembali ke lingkungan Istana Gyeongbok. Ha Ram yang terdorong pun terjatuh kemudian ia merasakan kepalanya sakit dan warna bola matanya yang tadinya berwarna merah menjadi cokelat pekat layaknya manusia biasa.

Terkejut dan Cheon Gi segera meminta maaf dengan Ha Ram lalu secepat kilat meninggalkan rombongan yang porak-poranda akibat tertabrak Cheon Gi. Sedangkan Ha Ram, ia merasa bisa melihat dunia layaknya orang normal, maka ia pun ikut berlari mengejar Cheon Gi.

Apa yang terjadi berikutnya?
Bagaimana takdir mereka yang akhirnya saling berhubungan bahkan ketika mereka masih kecil?

Ending drama Lover of The Red Sky, Review sinopsis dan ulasan Novel The Secret of The Red Sky, Drama Lover of the Red Sky, Ahn Hyeo Seop, Kim Yoo Jung

Aku yakin pria ini jatuh dari langit!
Kalau tidak, dia tidak mungkin punya wajah setampan ini.

Hong Cheon Gi, hal. 57, disadur dari Buku The Secret of Red Sky

Perbedaan Antara Novel dengan Drama Lovers of The Red Sky

POV

Kalau di drama, angle atau sudut pandang yang diambil dari berbagai sisi sedangkan dari novel, POV nya diambil dari pencerita pertama. Sehingga rasanya pembaca diajak mengetahui masing-masing karakter dari kaca mata Hong Cheon Gi.

Permulaan Kisah

Pembuka dalam drama Lovers of The Red Sky adalah akhir dari buku pertama. Dan memang seri novel dengan dramanya tidak dibuat plek ketiplek dengan alasan, di novel ada Raja Joseon yang memerintah dan itu adalah Raja yang opaling dihormati oleh Rakyat Korea, Raja Sejong.

Sedangkan di dalam drama, mengalami perubahan nama Raja, yakni Raja Seongjo. FYI, Raja Seongjo ini adalah nama rekaan alias tidak ada dalam sejaran silsilah nama Raja di Korea. Hal ini bertujuan agar drama Lovers of The Red Sky aman dari distorsi sejarah dan protes dari KNetz yang setajam silet!

Novel The Secret of Red Sky lebih detil

Ada banyak hal yang diceritakan di novelnya daripada yang ditunjukkan dalam drama. Aku rasa ini adalah perspektif penulis drama agar tidak terlalu panjang mencerikan Legenda Hong Cheon Gi dan kisah cintanya dengan Ha Ram shiil.

Novelnya Diangkat dari Legenda Nyata

Namanya legenda itu sesuatu yang gak nyata sih yaa…hanya cerita turun temurun namun dipercaya masyarakat. Yah, kalau di Indonesia kaya Legenda Danau Toba, Legenda Bawang Merah-Bawang Putih, Sangkuriang.

Apakah semua kisah itu nyata?
Emm, sepertinya tydack, gengs.. Hanya kita suka menceritakan kembali kepada anak-anak karena mengandung nilai-nilai yang diyakini dalam masyarakat adalah sebuah budaya.

Ending Buku Pertama Bukan Ending Drama Lovers of The Red Sky

YA,
Ending di dalam novel pertama baru menceritakan kilas balik hubungan masing-masing karakter dalam novel. Bagaimana mereka ternyata bertukaran penglihatan dan misteri kisah masa kecil Ha Ram shiil juga masa kecil Hong Cheon Gi yang membuat pembaca mejadi berempati dengan karakter-karakternya.
Huuks~

Novel The Secret of The Red Sky Ceria

Seperti yang aku tuliskan sebelumnya saat mereview drama Lovers of The Red Sky, saat membaca novelnya ini sangat menyenangkan. Meski alurnya lambat dan menceritakan kisahnya kemana-mana, tapi overall, vibesnya happy. Karakter Hong Cheon Gi yang ceria dan polos sedangkan karakter Ha Ram yang dark, penuh misteri dan belum bucin-bucin amat sama Cheon Gi karena ia disibukkan oleh segala urusannya di Istana Gyeongbok dan misteri berbagai hal yang terjadi.

Cover depan dan belakang buku Lovers of The Red Sky, BUku The Secret of Red Sky, penerbit Haru, Jung Eun Gwol

Ada karakter Pangeran Anpyeong juga yang penuh keceriaan dan berjiwa bebas. Ia sangat menyukai seni lukis dan keindahan. Sehingga saat bertemu dengan Hong Cheon Gi hidupnya menjadi lebih hidup.
**kok kaya tagline iklan?

Ya, begitu sedikit sinopsis review dan ulasan buku yang dramanya kini tayang setiap hari Senin dan Selasa di VIU. Apakah sahabat lendyagassi tertarik membaca buku The Secret of Red Sky?

Sejujurnya, aku membaca novelnya karena ingin mengetahui ending dramanya, hehheBakalan bagaimana hubungan Cheon Gi dan Ha Ram? Akankah mereka berakhir bahagia?

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

56 pemikiran pada “Ulasan Novel The Secret of Red Sky”

  1. Aku pun penasaran banget sama endingnya, teh. Kira2 keduanya bakalan balik lagi bisa liat ga ya? Atau tetep salah satu aja yang normal?

    Btw, soal lukisan yang ada ruhnya (lukisan ilahi) itu berarti semua pelukis di klub pelukis bisa bikin kaya gitu ya? Apa Cheongi aja yang bisa?

    Balas
  2. Wow, cerita di novel ini ternyata diangkat dari kisah nyata ya, kayak di kita aja ada hehehe. Kisah penuh misteri biasanya banyak disukai lho. Itu Ha Ram si penganggan misterius kok ganteng ya? Jadi ingin ulik di manakah letak misteri dalam dirinya hehehe 😀

    Balas
  3. Jadi legenda diangkat ke novel terus ke drama. Dan di bukunya belum ada ending-nya..gitu ya.Wah kan jadi penasaran apakah Ha Ram dan Cheon Gi akan happily everafter? Semogaaa, solanya ikut senang di awal ketemu jadi sembuh matanya
    Btw, namanya unik ya..Ha Ram:)

    Balas
  4. Aku juga tertarik bgt am drama the red sky… pgnya sih baca novelnya juga… semoga ada rezeki buat beli novelnya… penasaran nanti apakah endingnya ha ram bisa melihat lagi atau tdk ? Terus yg jd pertanyaanku ketika iblis di badan ha ram kok haram ga berperilaku jahat ya ? Atau krn tatoo kupu2nya shg ha ram ga jahat wlpun di dlmnya ada iblis ??

    Balas
  5. Iya bener kalau di Korea cerita melenceng sedikit dari sejarah sudah banyak yang protes. Dan bisa berakibat drama diputus. Jadi sejarah disana benar-benar terjaga. Andai di negara wakanda juga begitu ya.

    Balas
    • Hihihi iya memang seharusnya begitu ya, Mbak. Gak bisa main-main dengan sejarah. Buat saya terkadang suka lebih asik mengetahui sejarah melalui tontonan. Apa jadinya kalau sampai dibikin menyimpang 🙂

      Balas
  6. Aku belum pernah baca bukunya dan belum nonton dramanya. Novelnya pakai bahasa Korea atau Indonesia, Len? 😀

    Liat gambar novelnya, ada namamu di situ, aku hampir teriak mau ngucapin selamat karena mengira itu novel tulisanmu hahahaha. Ternyata watermark :p

    Percaya gak, tiap abis baca ulasanmu, aku langsung buka aplikasi nonton nyari dramanya 😀

    Balas
  7. Pembuka film – diambil dari kisah terakhir ya?
    Hmmm… ini seperti flashback, kayak film Musashi yang terkenal, dan Geisha juga begitu. Karena pasti bikin kita yang nonton penasaran!

    Ibaratnya kita udah terlanjur melihat belahan rambut sang putri – padahal sang putri masih di dalam tandu! Gitu gak sih? Kejauhan yaaaa neng, xi xi xi

    Ya pokoke aku sih senang begitu liat judulnya RED SKY karena dikau pernah mention aku di reels, jeng Lendy! Dan itu bener, kadang kita si pelukis memang menuangkan separuh jiwa kita – meniupkan sedikit nyawa kita ke dalam karakter, itulah sebabnya kadang sebuah gambar bisa terlihat begitu hidup!

    Duh kok jadi pengen bahas tentang ini ya!
    Beklah kapan kapan kutulis di blog, tentang beberapa lukisan yang terlihat ugly tapi bercerita banyak pada kita, atau si lukisan terkenal Monalisa yang seolah menyunggingkan senyum misteriusnya….. mukuciiih Len!

    Balas
  8. Jadi penasaran nih drama percintaan antara (mikir dulu nama2nya) wkwkkw… saya tuh suka kesulitan nginget nama2 pemeran dalam drama korea. Jadi kebayang, gimna susahnya kalo baca novelnya dengan mengingat nama2 tempatnya, nama2 orangnya, dll 😁

    Balas
  9. Ini kalau gak salah drama baru di Viu ya? Sempet liat iklannya.
    Wah ternyata inspirasi novelnya dari cerita daerah setempat di Korea ya?
    Kalau aku pribadi kalau misalnya ada pilihan antara membaca novel atau nonton drama/filmnya duluan mungkin aku akan nonton dulu, novel ntr aja hehe
    Soalnya kadang suka khawatir abis baca novel trus yg ditonton tak sesuai ekspektasi. jd utk antisipasi nonton dulu, baru baca 😀

    Balas
  10. Banyak sih ya drama korea diambil dari novel dan webtoon. Rerata emang bagus hasilnya. Tapi kalau aku lebih seneng nonton dramanya sih ketimbang baca novel. Kadang kan emang bagusan bukunya sih. Nggak tahu kalau novel the secret of red sky ini.

    Balas
  11. Saya suka banget sama Cheon Gi. Cantik, murah senyum dan keras kepala. Pintar pula. Anak berbakat memang lain ya dengan anak-anak miskin lainnya. Setiap pekan beneran nungguin lanjutan dramanya. sebab seru sih hehe

    Balas
  12. waw namanya Ha Ram, kalau di Indonesia dipanggilnya gimana ya, hehehe. Btw, aku salut mba Lendy banyak baca dan nonton, aku kalau nonton drama pasti lama dan ga banyak, aku skrg cuma ngikutin home town cha cha cha aja, nice review mba, kengkapan mudah3an bisa baca juga

    Balas
    • Ya haram lah mama Aksa hihi btw enjoy banget emang drama yang ini. Saya juga jadi keterusan pengen tahu akhirnya. Secara suka banget sama drama yang berlatar Joseon. Apalagi sudut pandanganya juga gak monoton raja center. Kadang dari rakyatnya juga. Dari pelukis, dari penjaga rajanya. Bagus. Andai kita punay drama kolosal begini juga. Selain kian Santang hehe

      Balas
  13. rajin banget sih teh, sampe baca novelnya, ini namanya mencintai dengan tulus dan sudah sepenuh jiwa ya teh, hehehe. Suka banget dengan kalimta pembukanya, agak sedikit berbeda saat kita nonton dengan pada saat baca novelnya.

    Balas
  14. aku suka bgt sih drakor yang life timing nya kerjaan gini,
    suka sama baju baju tradisionalnya,
    dan rumah rumah adatnya .

    tp blm ada waktu lg nih ngedrakor padahal list film banyak bgt
    hahaha

    Balas
  15. Baca ini jadi tercerahkan loh aku kak, hehehe. jadi awalnya aku tuh bingung, kok Ha Ram yang buta dipercaya bisa membaca nasib lewat bintang. ternyata dia ga buta sepenuhnya yaa, cuma apa yang diliat jadi warna merah yaa. kemana aja aku selama ini ya, hahaha.
    btw, boleh dong kak di spill beli novel nya dimana? aku jadi pengen koleksi juga nih

    Balas
  16. Ini kalo engga salah ada filmnya juga ya kak?
    Aku belum liat yang film tapi pas liat review novelny Ini malah jadi penasaram banget sama filmnya
    Apakah alur di novel sama di film sama ? Biasanya kan ada perubahan gitu kalo film diangkat dari sebuah novel

    Balas
  17. Cerita di novel biasanya emang lebih detail dan kompleks ya Mbak daripada film/drama, tapi kalau di drama harus yang real seperti seperti sesuai dengan silsilah raja gitu sih ya agar tidak diprotes yang mulia netizen yang maha benar ya *upsss hihihih

    Balas
  18. Pingin sih baca novelnya..sebelum nonton dramanya..eh apa dibalik aja ya..nonton dulu hehe. Sengaja gak dibuat persis sama dengan novelnya demi keamanan emang penting banget ya Lend.. ntah Knetijen sama netijen negara berflower lebih kejam mana lend..hahah

    Balas
  19. Awalnya legenda Korea Selatan, lalu ada yang menuliskan berupa novel, kemudian diangkat ke dalam drama ya. Menarik banget nih buat ditonton. Masuk list dulu.

    Balas
  20. Sbnrnya aku memang lebih suka buku drpd drama ATO film. Tp Krn agak susah mau nyari bukunya, prefer utk skr ini nonton dramanya dulu sih, itupun nunggu tamat ntr :D.

    Tapi bukunya menarik nih mba. 2 seri yaaa, ntr aku mau cari buku fisik nya. Kalo jumlah halaman sampe 500 gitu aku ga suka baca ebook, hrs fisik

    Balas

Tinggalkan komentar