Blue Birthday : Perjalanan Bertemu Kembali dengan Cinta Pertama

Drama Korea Blue Birthday – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Seperti yang aku tuliskan di blogpost kemarin, saat mengulas drama The Great Shaman Ga Doo Shim, sekarang tuh lagi banyak drama pendek yang temanya remaja dan asik untuk diikuti. Selain itu juga membuka mata kita sebagai orangtua mengenai keresahan di dunia luar sana mengenai rapuhnya mental anak zaman sekarang.

Kira-kira nih…drama yang mau aku bahas kali ini bakalan se-gloomy yang kemarin gak yaa..?
Oke, gak berlama-lama… Let’s get it!

Drama Korea Blue Birthday (2021)

Profil Drama

Judul : Blue Birthday
(Beullubeoseudei/ 블루버스데이)

Sutradara : Park Dhan Hee

Pemeran Utama Drama Blue Birthday (2021) :

Yeri “Red Velvet” as Oh Ha Rin
Yang Hong Seok
“Pentagon” as Ji Seo Jun
Lee Sang Jun as Cha Eun Seong

Pemeran Pendukung Drama Blue Birthday (2021) :

Kim Yi Seo as Ji Min
Kim Gyeol Yu as Do Soo Jin

Genre : Drama, Romance, Thriller, Fantasy

Network : WeTV
Episode : 16

Release Date : Jul 23, 2021 – Sep 11, 2021

Sinopsis Drama Blue Birthday

Apa yang sahabat lendyagassi lakukan ketika merayakan hari ulang tahun?
Inginnya bergembira dan dirayakan bersama seseorang yang kita kasihi yaa..

Sama banget kisahnya seperti Oh Ha Rin (diperankan oleh Yeri “Red Velvet”). Ia berlari dengan gembira dan penuh semangat ketika akan merayakan ulang tahunnya yang ke 18 tahun. Ia berlari di jam istirahat ke ruang fotografi, ruangan di mana seseorang yang special menantinya.

Ji Seo Jun (diperankan oleh Yang Hong Seok “Pentagon”) adalah pria yang akan ditemui oleh Ha Rin tepat di hari ulang tahunnya. Mereka berdua bersahabat sudah 10 tahun dan sebenarnya saling menyimpan “rasa”. Oh Ha Rin selama ini denial kalau suka sama Ji Seo Jun dan kerap berkata kebalikannya. Dalam hati, Ha Rin sering menyesali perbuatannya tersebut dan ia ingin mengakui perasaan yang selama ini ia pendam.

Parahnya,
Saat membuka ruang fotografi, ia melihat semua yang ingin dilihat, karena Seo Jun sudah mempersiapkannya dengan baik. Ada kue ulang tahun, balon dan rangkaian kalimat “Happy Birthday” yang indah. Namun, dimanakan Seo Jun?

Saat Ha Rin membuka tirai, tempat biasanya Seo Jun mencuci film, makaa…. Ia melihat Seo Jun terduduk kaku bersimbah darah. Apa yang terjadi?

Karakter YeriRed Velvet sebagai Oh Ha Rin

Karakter Yeri "Red Velvet" sebagai Oh Ha Rin dalam drama Blue Birthday

Oh Ha Rin adalah cewek yang ceria. Ia selalu berada di dekat sahabat-sahabatnya, salah satunya adalah Ji Seo Jun, yang memang sahabat Ha Rin sejak 10 tahun yang lalu. Bagaimana rasanya telah bersahabat lama? Pasti doonk terkena friendzone. Ha Rin merasa serba salah dengan perasaan yang dirasakan, sehingga gak sengaja selalu menyakiti Seo Jun dengan kata-kata pedasnya. Ia hanya takut perasaannya diketahui oleh Seo Jun lalu Seo Jun menjauh.

Namun, tindakannya ini justru membuat Seo Jun salah tafsir. Ia pun ternyata menyukai Ha Rin, namun gak berani menyatakan. Yaeelaa~ Ribet amat jadinya yaak…?

Ya, wajar aja siik.. Lika-liku kehidupan remaja. Justru scene tarik ulur ini gak lama diperlihatkan dalam drama ini, jadi gak membosankan sama sekali.

Karakter Yang Hong Seok “Pentagon” sebagai Ji Seo Jun

Karakter Yang Hong Seok "Pentagon" asebagai Ji Seo Jun dalam drama Blue Birthday

Ji Seo Jun adalah siswa yang cerdas di sekolah SMA Seoyeon. Ia pintar dalam segala hal, dari mulai pelajaran, olahraga dan juga dikelilingi oleh sahabat yang mencintainya. Ia senang sekali dengan hal-hal yang berbau vintage dan bahkan di klub fotografi, ia masih senang mengambil gambar menggunakan kamera analog (itu lo..kamera yang masih diisi roll film dan kudu dicetak menggunakan kertas foto dengan cairan kimia khusus), senang naik sepeda.

Kepribadiannya memang introvert, tapi Seo Jun tidak mengalami kesulitan dalam bergaul, sama sekali. Seo Jun jarang membicarakan hal-hal pribadi kepada teman-temannya, sehingga apa yang tampak pada dirinya adalah hal yang baik dan ceria aja. Namun pada suatu hari, tepat di hari ulang tahun Ha Rin yang ke 18 tahun, Seo Jun ditemukan meninggal di ruang kesayangannya, Lab Fotografi.

Apakah yang mengganggu pikirannya selama ini sehingga ia nekat bunuh diri?
Atau ada misteri apa di balik kematian Seo Jun?

Perjalanan Waktu Dimulai

Drama Blue Birthday dimulai bukan dari mengenang masa lalu, tapi sebuah perjalanan waktu atau time traveller. Ha Rin mendadak mendapat kesempatan untuk kembali ke masa lalu (saat ia SMA) dan ia berusaha sebaik mungkin untuk menghalangi dimana hari kematian Seo Jun terjadi.

Kesempatan itu diperoleh Ha Rin dari sebuah percetakan foto langganan Seo Jun ketika dulu di kelas fotografi dan masih beroperasi hingga tahun 2021 kini. Tanpa sengaja, Ha Rin mengenali kamera yang biasa digunakan Seo Jun saat mengambil foto dulu.

Download drama Blue Birthday sub indo

Bapak yang menunggu toko itu pun masih menyimpan kamera dan hasil jepretan Seo Jun yang ada di kamera tersebut. Saat melihat hasil fotonya, Ha Rin menangis sejadi-jadinya, karena rindu yang mendalam. Ia menyesali banyak hal hingga berkata “Jika aku bisa dikembalikan ke waktu itu…”

…mulailah Ha Rin membakar satu foto yang menjadi kenangan mereka dan terjadilah sebuah keajaiban. Ha Rin kembali ke masa foto itu diambil. WAH…

Cerita mulai menarik di sini, karena mulai terbuka satu demi satu siapa sebenarnya Ji Seo Jun. Berasal dari latar belakang keluarga seperti apa? Ada luka apa yang disembunyikannya?

Sekali lagi, Ha Rin tak ingin kesempatan ini terlewatkan begitu saja. Ia memperbaiki semua hal, termasuk lengket sama Seo Jun. Ha Rin memang gak bilang suka, tapi ia memberikan sepenuh perhatiannya untuk Seo Jun dan mulai mengurai permasalah satu demi satu. Tujuannya hanya satu, menghalangi Seo Jun bunuh diri.

Berhasilkah yang Ha Rin lakukan?

Kesan Pertama Drama Blue Birthday

Suka.
Banget.
Aku jadi deg-degan sendiri melihat interaksi Yeri dengan Hong Seok yang memerankan karakter Ha Rin dan Seo Jun. Meski mereka idol dan drama Blue Birthday adalah debut pertama Yeri di dunia akting, tapi aktingnya lumayan bisa dinikmati. Kalau ada yang gak pas, satu atau dua kali, wajar laah… Drama pertama gitu loo…

Debut akting pertama Yeri Red Velvet, kesan pertama drama Blue Birthday
Yeri, maknae di Red Velvet

Kalau untuk Yang Hong Seok sendiri, sebelumnya aku pernah lihat aktingnya dia jadi Polisi dalam drama Move to Heaven, masih inget gak? Sebenarnya, karirnya di dunia akting sudah sejak tahun 2017. Kala itu, ia membintangi sebuah film yang berjudul My Last Love, sebuah film bergenre drama dan keluarga.

Karena drama ini per-episodenya hanya sekitar 25 menit dan jumlahnya 16 eps, sepertinya layak untuk ditonton di waktu senggang. Drama Blue Birthday tayang di WeTV setiap hari Jum’at dan Sabtu.

Lesson Learn Drama Blue Birthday

Ketika diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu

Apa yang akan kamu lakukan?

Belajarlah dari masa lalu, namun jangan hidup di masa lalu.

Lyndon Baynes Johnson, quote dalam drama Blue Birthday

Drama ini memang bergenre fantasi, karena bagaimana pun kerasnya kita memohon, gak akan mungkin bisa kembali ke masa lalu. Tapi kalau…sekali lagi kalau diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu, apakah yang akan kamu lakukan?

Sejujurnya, aku pun akan melakukan hal yang sama seperti Ha Rin. Ketika aku tahu orang yang aku sayangi meninggal dengan cara yang gak wajar, tentu aku akan mencari tahu penyebabnya dan sebisa mungkin menghalangi hal itu jangan sampai terjadi, kalau bisa.

Bagaimana ending drama Blue Birthday

Jadi,
kalaupun ending drama Blue Birthday ini tetap sama, Seo Jun meninggal, setidaknya tidak ada yang membuatnya bersedih atau menjadi penyesalan yang berkepanjangan.

Segala yang terjadi tentu ada Sebab dan Akibat

Lagi-lagi, kita diingatkan sebagai orangtua dan pendidik di sini bahwa mendampingi anak-anak yang berusia remaja itu, penting. Mereka remaja dengan segala dunianya, bukan untuk dihakimi, tetapi untuk diluruskan jika memiliki pendapat yang kurang benar.

Sebagai orangtua dan pendidik, sebaiknya menjadi teman pada fase anak-anak bertumbuh dewasa seperti ini. Sehingga masalah yang mereka hadapi, bisa dibimbing ke jalan yang benar. Hehhee.. jadi serius kieeuu..

Abisan, miris banget sama tema-tema yang diangkat. Selalu bunuh diri di usia remaja. Sebenarnya, ada apa yang salah dengan pola pengasuhan dan pola pendidikan saat ini?

Nonton dimana drama Blue Birthday Yeri dan yang hok seok?
Pertama kali bertemu kembali setelah mendapat kesempatan kembali ke masa lalu

Ya, karena baru tayang 4 eps. sepertinya aku baru bisa kasih sedikit cerita yang tersirat. Masih banyak misteri yang belum terbuka. Tapi sampai penayangan eps 4, sudah mulai tampak, satu masalah yang dihadapi Seo Jun sehingga anak seganteng, sepintar dan sebaik dia memutuskan untuk bunuh diri.

Dia pun seperti kasus Lee Hyeon Seob (Juli, 2021) dalam kehidupan nyata, meninggalkan pesan terakhir di sebuah diary digital dengan alasan depresi yang ditanggungnya sehingga memutuskan mengakhiri hidup dengan cara seperti itu.

Sekali lagi, melalui drama Korea, kita diingatkan untuk memberikan penguatan karakter untuk anak-anak kita dan jangan lupa, pelu erat mereka jangan sampai rapuh dan terjatuh ke jalan yang salah.

Bagaimana sahabat lendyagassi?
Cukup seram atau cukup menarik untuk dinikmati?

Ini dramanya ringan siih… Dan ada misteri yang harus diungkapkan, jadi berasa detektif Conan pas terbuka satu per-satu kartu yang disimpan sang sutradara. Bagaimana kira-kira ending drama Blue Birthday?

Temukan jawabannya di hari Jum’at dan Sabtu depan ya…

즐거운 하루 보내세요~
Have a nice day.

With love,

Spread the love

54 pemikiran pada “Blue Birthday : Perjalanan Bertemu Kembali dengan Cinta Pertama”

    • Ini drama Korea tayangnya di WeTV ya mbak? Biasanya WeTV identik dengan drama China. Dulu pernah install, mau instal lagi ah. Langganannya murah, 15 ribu klo gak salah.

      Suka lihat drama genre remaja gini, episodenya juga pendek

      Balas
  1. Duh, aku nano-nano rasanya baca sinopsi ini. BUnuh diri di usia remaja, jadi ingat cerita temenku yang anaknya SMA mau bunuh diri dengan mengiris pergelangan tangannya. Alhamdullilah temenku cepat bergerak dan anaknya terengkuh kembali

    Balas
  2. Drama remaja yang menggemaskan meski ada cerita agak horornya dikit justru bumbuu2 biar seruuu.
    Ahh, mempunyai anak remaja nih, langsung tak peluk erat.
    Btw lumayan pendek juga ya Len durasinya cuma 25 menit , tanggung banget knapa ga disatuin aja skalian siih. Protes hahahaa. KAn bisa tuntasss…

    Balas
  3. Imut-imut banget pemainnya ya.
    Ceritanya juga menarik nih.
    Btw sometimes orang-orang salah mengerti ya, dikira semua manusia itu masalahnya sama, sehingga yang kalau udah punya duit, good looking, dipikir udah nggak punya masalah, hehehe
    Padahal ya sama aja, semua orang punya, makanya yang keliatan banyak duit dan good looking pun bisa depresi hingga bunuh diri 😀

    Balas
  4. ternyata gitu ya ceritanya. tadinya enggak tertarik buat nonton, kayaknya samalah dengan kisah drakor remaja lainnya. ternyata ada petualangan time travelernya juga yaa. makasih reviewnya mbak. jadi tahu gimana ceritanya hihihi kadang males kalau ceritanya ga menarik

    Balas
  5. Pas baca di awal.. Duh kurang suka sih kalau drama time traveller.. Tapi pas baca lanjutannya.. Astagaa bisa gitu ya fantasinya? Bakar bakar foto terus balik ke masa foto pas diambil? Penasaraaan..

    Balas
  6. Kalo aku nonton drama ini, bakal baper ngga ya? Jujur, ngga berani nonton yang ada kisah suicide kayak gini. Kayak yang di What’s Wrong with Secretary Kim itu, sampe kebayang-bayang, huhu… Kenapa ngga dibikin happy ending aja sih, dengan friendzone yang jadian beneran gitu. Wkwkwk, ngatur2 cerita seenak sendiri.

    Balas
  7. Memang miris ya rasanya ketika anak muda memilih untuk mengakhiri hidupnya, bukannya berusaha untuk menyelesaikan masalah. Bener, penguatan karakter pada anak harus dilakukan sejak dini. Dunia ini tak semata-mata yang tampak di mata saja, seperti penampilan, prestasi, dan sebagainya.

    Balas
  8. Belajarlah dari masa lalu, namun jangan hidup di masa lalu.

    Quote ini bikin saya mikir …. kayaknya time traveling-nya menunjukkan hal yang tidak baik?
    Tapi belum selesai kan ya? Belum ketahuan ending-nya?

    Balas
  9. Yaaah, di akhir cerita ternyata Seo Jun tetap meninggal, ya? Saya kira Ha Rin bisa membuat Seo Jun gak jadi meninggal. Duuh kebayang sedihnya ya, ketika menemukan orang yang dicintai meninggal di hari ulang tahunnya, apalagi dengan cara seperti itu 🙁

    Balas
  10. Jadi ini dramanya alur mundur ya mbak.. kepengen nonton yang ini, pengen nonton yang entu hahaha.. Tinggal pilih dan perpanjang langganan WeTV-nya.. Gak semua anak ganteng dan pinter atau yang terlihat sempurna itu bahagia ya ternyata.. anda bisa mengulang masalalu, ah.. aku ya mau 😀

    Balas
  11. Banyak yang bilang memiliki wajah ganteng dan pintar adalah privillage. Padahal faktanya gak auto bikin bahagia juga. Buktinya tetap ada yang bunuh diri. Tentu alasannya bikin penasaran.

    Balas
  12. Lesson learn, jika diberi kesempatan ke masa lalu….
    Yaaa andai bisa ke masa lalu, pengennya bisa melakukan perbaikan, apalagi seseorang yg disayangi meninggal secara tragis (bunuh diri), andai bisa ke masa lalu tentu akan berusaha agar hal tersebut tak terjadi, berusaha mengetahui permasalahan (pelik) apa yg sedang dihadapi dan berharap bisa membantu mencari solusinya. (terus saya jadi ingat pintu ajaibnya doraemon deh)

    Balas
  13. Hehehe mz-mz pulici yang ada di Move to Heaven, yak~ Sekilas mengingatkanku sama alur cerita di film Will You Be There, Teh. Soalnya tentang kembali ke masa lalu dan mencegah sesuatu, pasti nanti ada hal lain sebgai bayarannya juga kah? Penasaran deh sama endingnya, nanti gimana di Blue Birthday ini

    Balas
  14. Saat baca episode pendek kirain cuma sekali saja, ternyata 16 episode ya. Kayaknya bagus. Memang jarang menemukan drama yang sempurna cerita dan actingnya. Kalau drama perdana, cukup wajar juga jika ada satu dua yang ga pas di hati.

    Balas
  15. Eh kok mbak Lendy masukkin ke jenis drama ringan ya hehe. Aku baca sekilas kok sebaliknya apalagi yang bagian bunuh diri itu. Huwaa gak kebayang tu kalau ada org yg disukai bunuh diri pasti ada penyesalan ya. Makanya saat dikasi kesempatan balik ke masa alu usaha keras supaya mencegah itu terjadi.
    Kyknya ini bakalan masih list tontonanku juga nih mbak. Terima kasih reviewnya.

    Balas
  16. Kalau aku sih berharap semoga drama Korea Blue Birthday ini berakhir bahagia alias happy ending. Aku pun kalau pas sedang ulang tahun ya suka kumpul bersama sahabat dan keluarga kemudian makan bersama.

    Balas
  17. pemainnya pada kinyis – kinyiiis ya mba Lend.. pasti yang nonton jadi segeer deh liatnya hehehe. Aku juga suka drama yang ringan – ringan, walaupun yang serius dan ‘berat’ juga sesekali menyenangkan untuk dinikmati

    Balas
  18. bagi kaum ibu ato ortu yang menonton memang banyak hal yang didapat dari nonton drakor jenis ini ya
    sehingga bisa dijadikan acuan dlm mendidik dan berkomunikasi dengan anak aplagi yg remaja
    ditunggu lanjutannya mba

    Balas
  19. Aku lumayan banyak nonton drakor bertema depresi yang berujung bunuh diri pada anak-anak usia sekolah, ternyata terlihat baik-baik saja bukan berarti semuanya oke ya, namanya anak remaja pasti ada titik terendah dalam hidupnya. Aku belum nonton nih, noted masuk list buat tontonan soalnya aku tuh kalau nonton drakor ngak bisa barengan, ntar keasyikan…hahaha. Aku pingin lihat akting Yeri Red Velvet…soalnya ini debut drakor pertamanya. Jadi ingat Yoona zaman akting pertama…hahaha.

    Balas
  20. Belakangan ini sibuk dengan blog jadi belum sempat lagj nonton drakor dan ketinggalan updetannya eh tapi kalau mau cari rekomendasi drakor yang bagus saya suka melipir ke blognya Mbak Lendy baik yang ini maupun yang satunya 🙂

    Balas
  21. Tadinya aku mikir mau kayak Ha Rin kembali ke masa lalu buat mencegah gebetan melakukan sesuatu (bukan bundir sih). Ya kali aja jadi nikah sama aku hahaha ya tapi ga jadi ah, dikasih spoilernya kalau mengubah masa lalu emang hil yang mustahal. Ya kali ada mesin waktu macem Dora Emon itu 🙂

    Balas
  22. Tadinya aku mikir mau berfantasi kayak Ha Rin kembali ke masa lalu buat mencegah gebetan melakukan sesuatu (bukan bundir sih). Ya kali aja jadi nikah sama aku hahaha ya tapi ga jadi ah, dikasih spoilernya kalau mengubah masa lalu emang hil yang mustahal. Ya kali ada mesin waktu macem Dora Emon itu, ya 🙂

    Balas
  23. Kok sedih banget ceritanyaaaa.. Huhuhuhuuu. Tapi aku penasaran sama cerita time traveling giniiii.. kaya ga bakal etebak aja gitu ya encnya/. yang main anggotanya redvelvet dan pentagon pulaaaa.. pasti oke banget nih ceritanyaaa

    Balas
  24. Waa..recommended buat ditonton nih. Jadi kepo juga kenapa harus bunuh diri sih? Gak ada cara lain apa? Trus penasaran juga dengan perasaan suka yang gak terungkap. Duh, rasanya bikin nyesek dan ikutan gemes haha..

    Balas
  25. sekarang udah eps 6 dan ga jadi bunuh diri tapi jadi kakaknya yang laki yang meninggal huhuhu dan dia kehilangan temennya jadi musuhan gitu huhuhu
    tapi kalau bisa emang sebenarnya tidak merusak masa lalu huhu
    cuma cepet ya episodenya kesel 18 menit

    Balas
  26. Wohoo durasi tayangnya enak banget nih mba lendy.. kalau per episode 25 menit jadi ga take time banget ya. Kalau mau ngebut 4 jam juga beres deh 16 episode. Bisa jadi pilihan nih kalau lagi mau senyum2 dan seseruan ngedrakor ya..

    Balas

Tinggalkan komentar