Film Horor Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata, Gonjiam: Haunted Asylum

Film Korea Gonjiam: Haunted Asylum (2018) – Annyeong haseyo, sahabat lendyagassi.

Film ini berdasarkan kisah nyata dari keberadaan Rumah Sakit Jiwa Namyang yang terletak di Provinsi Gyeonggi, Kota Gwangju, Kabupaten Gonjiam, Jalan Sindae 114. Rumah Sakit Jiwa Namyang ini terkenal karena terpilih oleh CNN menjadi “7 Tempat Menyeramkan di Dunia” ((yeeay)) makanya dijadikan film.

Eiits,
Bukan hanya itu, tapi juga karena Rumah Sakit Jiwa Namyang ini nyatanya banyak sekali dijadikan lokasi uji nyali oleh orang-orang yang kepo. Mereka gak ragu-ragu menyiarkannya secara live di channel youtube mereka. Dan inilah yang diceritakan dalam Film Gonjiam: Haunted Asylum.

Sekelompok youtuber Korea yang kompakan menyiarkan adu uji nyali menggunakan kamera Go-Pro yang dipasang di badan mereka dan disiarkan live demi viewer, demi konten dan demi subscriber. Sekilas ceritanya mirip film Indonesia yang berjudul “Alas Pati” yaa..

Oke, aku bahas sedikit review dan sinopsis Film Gonjiam: Haunted Asylum yaa..
Siapa tahu ada sahabat lendyagassi yang belum nonton dan penasaran pengen tau. Let’s get it~

Film Korea Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Sinopsis Film Gonjiam: Haunted Asylum
Poster Kmovie Gonjiam: Haunted Asylum

Profil Film

Judul : Gonjiam: Haunted Asylum
(Gonjiam/ 곤지암)

Director : Jung Bum-Sik
Penulis Naskah Film : Jung Bum-Sik, Park Sang-Min

Pemeran Film Gonjiam: Haunted Asylum (2018) :

Wi Ha-Joon sebagai Ha-Joon
Park Ji-Hyun sebagai Ji-Hyun
Oh Ah-Yeon sebagai A-Yeon
Moon Ye-Won sebagai Charlotte
Park Sung-Hoon sebagai Sung-Hoon
Lee Seung-Wook sebagai Seung-Wook
Yoo Je-Yoon sebagai Je-Yoon

Genre : Thriller, Mystery, Horror, Supernatural
Release Date : March 28, 2018
Runtime : 94 minutes

Rating : ⭐⭐⭐/5

Sinopsis Film Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Nonton Film Gonjiam: Haunted Asylum ini sebenarnya sudah yang kedua kalinya. Pas pertama kali nonton, aku terbayang-bayang sesudahnya, gak bisa tidur, kepikiran banget sama kengerian pasca nonton Film Gonjiam: Haunted Asylum. Namun yang kedua kalinya, aku tau caranya biar gak serem sendiri, aku cepetin 2x lipat. Hahaha~

Yeaah, you can call me “cemen”.
Soalnya Gonjiam ini termasuk Film yang sebentar tapi terasa lamaaaa… Dan tipikal film dokumenter yang seolah-olah pelaku utamanya merekam sendiri kejadian mereka.

Karakter Wi Ha-Joon sebagai Ha-Joon

Bagi yang inget Wi Ha Joon, karakternya pas jadi polisi di drama Squid Game tuh melekat banget. Belum lagi Film-film setelahnya Miss & Mrs. Cops, Shark: The Beginning, dan Midnight. Dramanya bareng Lee Dong Wook juga kece banget!

Gimana karakternya pas di Film Gonjiam?
Menyebalkan!
Wi Ha Joon di Film Gonjiam: Haunted Asylum
Wi Ha Joon sebagai kapten yang memimpin acara Teror

Wi Ha Joon kayanya spesialis pasang wajah nyebelin gitu, pantes banget!
Karakter Wi Ha Joon di Gonjiam ini bernama Ha-Joon (kok sama kaya nama aslinya? Hahha…berjodoh!). Ia sebagai ketua tim alias leader dalam misi penyiaran secara langsung acara Malam Teror dan kali ini tujuannya adalah membuktikan bahwa benarkah Rumah Sakit Jiwa Namyang berhantu?

Rumor yang Beredar di Rumah Sakit Jiwa Namyang, Gonjiam

Rumor Rumah Sakit Jiwa Namyang

Rumah sakit jiwa ini dibuka pada Mei 1961 dan merupakan rumah sakit jiwa terbaik di Korea. Namun pada bulan Oktober 1979, rumah sakit ini resmi ditutup karena berbagai rumor. Dari mulai kejadian percobaan dari si RS terhadap pasiennya lalu disusul kematian massal dari 42 pasiennya, hingga sang direktur menghilang dan kabarnya juga meninggal karena menjadi gila (atau kerasukan) dan bunuh diri.

Fakta Rumah Sakit Jiwa Namyang

Menurut youtube channel Sam Hansol, Rumah Sakit Jiwa ini dibuka pada Desember 1992 dan ditutup pada bulan Juli 1996. Sedangkan pemilik Rumah Sakit ini meninggal akibat sudah lanjut usia. Dan pemimpin Rumah Sakit Namyang (jadi pemimpin RS ini bukan pemiliknya yaa..) ini pindah ke Rumah Sakit yang lain.

Lalu bisnis Rumah Sakit Namyang ini seketika dihentikan karena anak dari pemilik RS ini tidak mau melanjutkan bisnis RS karena tinggal di Amerika dan RS Namyang juga meninggalkan beberapa masalah, seperti harus dibangun saluran air yang letaknya di bawah tanah RS sehingga biaya yang dibutuhkan untuk merawat lebih besar. Masalah lainnya adalah biaya balik nama tanah beserta bangunannya ini sekitar 40-50 M. Sehingga dibiarkan begitu saja oleh pemilik beserta ahli warisnya.

Rumor Rumah Sakit Jiwa Namyang

Dibangun di atas tanah tempat penyiksaan orang Jepang terhadap orang Korea yang melawan saat masa penjajahan. Supaya mayat-mayatnya tidak terlacak, maka dikubur di bawah bangunan Rumah Sakit Namyang ini.

Fakta Rumah Sakit Jiwa Namyang

Rumah Sakit ini rumah sakit jiwa biasa. Yang merawat pasien gangguan kejiwaan. Menjadi tempat uji nyali karena bangunannya yang sudah tua, kotor dan ditinggalkan apa adanya dengan semua yang masih terlihat khas rumah sakit, seperti tempat tidur, lemari, kamar mandi, peralatan medis, catatan medis beserta obat-obatan.

Siapa yang Dirugikan Atas Rumor Rumah Sakit Jiwa Namyang, Gonjiam?

Tentunya fakta buruk mengenai rumah sakit berhantu ini merugikan warga sekitar yang tinggal di wilayah tersebut. Maka, untuk menghindari orang-orang yang melakukan uji nyali ini, pengamanan di sekitar Rumah Sakit diperketat dengan dipasangi pagar dan kamera CCTV.

Belum cukup itu aja, ada mobil patroli polisi setiap 1 jam sekali. Yang awalnya kalau ketangkep basah sedang uji nyali hanya disuruh segera pulang. Kini, sanksi yang diberikan lebih berat, yakni dibawa ke kantor polisi terlebih dahulu.

Bagaimana kondisi Rumah Sakit Gonjiam kini? Film Gonjiam: Haunted Asylum
Rumah Sakit Jiwa Namyang, Gonjiam

Kabar terkini mengenai Rumah Sakit Namyang, Gonjiam adalah sudah dirubuhkan dan gedung rumah sakit tersebut sudah rata dengan tanah. Jadi gak ada yang bisa uji nyali lagi seperti Ha Joon and the gank di Film Gonjiam: Haunted Asylum.

Tur Berhantu Oleh Segerombolan Remaja Korea

Berdasarkan rumor yang beredar itulah, ke 7 remaja Korea ini memulai perjalanan horor di malam hari tanggal 26 Oktober. Mereka masuk ke area Rumah Sakit dan mendirikan tenda lengkap dengan peralatan live youtube. Dari mulai 4 layar yang masing-masing digunakan untuk menampilkan teman-teman yang masuk untuk uji nyali.

Goals mereka adalah menunjukkan hantu di Rumah Sakit Gonjiam dan membuka kamar kutukan 402, yang (lagi-lagi) kabarnya kalau berusaha membuka kamar itu akan meninggal atau ditemukan pingsan dan menjadi gila lalu bunuh diri. Kemungkinan terbaiknya adalah dalam kondisi koma seumur hidup.

Siapa pemeran Film Gonjiam: Haunted Asylum

Ingin memastikan itu, perjalanan ini dimulai dengan persiapan matang, terbukti Ha Joon dan 2 tim resmi lainnya memasang beberapa kamera CCTV di dalam Rumah Sakit sebelum acara dimulai.

Awalnya Semua Hanya Settingan

Dibuka dengan berkeliling yang terbagi menjadi 3 tim untuk mengecek kondisi awal dari rumah sakit Gonjiam dari lantai 1, 3 dan 4. Tampak belum ada yang menakutkan. Bahkan Charlotte, salah satu peserta yang mengaku sudah sering ke tempat seram dari seluruh dunia menuliskan sebuah kalimat di tembok Rumah Sakit Gonjiam “Charlotte was here” dengan pilox merah.

Dan ia pun membaca beberapa tulisan yang ditulis di tembok tersebut sambil berkomentar. Lalu melangkahkan kaki ke ruang laboratorium dan menemukan banyak botol obat yang berserakan juga ada sebuah boneka chinesse. Rasanya sangat janggal di tempat sekotor itu ada boneka yang bersih. Dari sini, Charlotte belum bereaksi apapun.

Serem atau enggak nonton film Gonjiam: Haunted Asylum
Kamar mandi di Rumah Sakit Jiwa Namyang, syuting Gonjiam Haunted Asylum

Agar suasana menyeramkan, dilakukanlah pemanggilan roh. Ritual ini dilakukan oleh ke 5 orang dengan 2 orang yang ternyata menyetting semuanya agar seolah-olah terlihat seperti ada hantu yang datang. Awalnya semuanya masih serba settingan, gengs…

Lama-lamaa… Semua Menjadi Nyata

Kengerian menjadi semakin mencurigakan ketika ada salah seorang peserta yang saat tangannya dimasukkan ke lemari yang ada lubangnya gitu mendadak seperti ada yang narik dan begitu tangannya kembali, ia melihat bekas luka sayatan panjang.

Lainnya adalah ketika Charlotte mulai panik bahwa boneka yang dilihatnya di ruang lab mendadak berpindah tempat. Padahal lokasi semula ada di lemari, namun saat ke ruangan itu lagi, boneka tergeletak di sebuah ruangan lain. Dari sini, Charlotte mulai panik dan berteriak semakin histeris ketika membaca tulisan di tembok berubah.

Film Gonjiam: Haunted Asylumsub indo tayang dimana
Boneka Chinesse yang ada di ruangan Lab lantai 1, Rumah Sakit Gonjiam

Awalnya ada tulisan “Mari kita hidup bersama” lalu berubah menjadi “Mari kita mati bersama”. Lalu Charlotte memutuskan untuk meninggalkan permainan yang berbahaya ini karena mulai merasa tidak normal.

Karena semuanya gak ada yang percaya, jadilah hanya Charlotte dan A-Yeon yang berhenti dan keluar dari Rumah Sakit Gonjiam tersebut. Apakah mereka benar-benar selamat ketika sudah berhasil keluar dari bangunan menyeramkan tersebut?

Nasib Peserta Lain

Keanehan lain juga dirasakan oleh sisa peserta yang masih melanjutkan petualangan di Rumah Sakit Gonjiam. Dari mulai ada bunyi bola ping-pong dan ternyata ada bole ping-pong yang mendadak mendarat di ruangan tempat mereka uji nyali, sampai pintu yang menutup sendiri.

Dan yang terparah adalah ketika berusaha membuka ruang 402 dengan sebuah gergaji elektrik, mendadak pintu tersebut terbuka dengan sendirinya.

Ada misteri apa ternyata di kamar 402?
Benarkah kamar itu adalah kamar kutukan seperti rumornya selama ini?

Kesan Nonton Film Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Nonton ulang film ini karena Wi Ha Joon. Gak tau kenapa mendadak pengen nonton filmnya Wi Ha Joon selain yang aku sebutkan di atas. Mungkin aku penasaran, pas nonton pertama kali, aku random nontonnya dan gak kenal siapa pemainnya. Persis kaya nonton serial Netflix terbaru, All of Us Are Dead.

Tapi karena nonton yang kedua kalinya, aku jadi menaruh perhatian khusus sama Wi Ha Joon. Kekekee~
Dan serius, sampai ending yang dia keukeuh pengen terus melanjutkan acara demi viewer tuh..bikin aku lemes. Kok dia bisa seberani itu mempertaruhkan nyawa teman-temannya?

Dan memang viewernya naik sesuai harapannya, 1 juta viewer. Namun ketika ada anggota yang keceplosan “Ini semua settingan pada awalnya, namun sekarang semuanya menjadi nyata.” Viewer mulai bereaksi dengan komentar-komentar jahat mereka.

Sampai akhirnya semua live terputus (digangguin sama penjaga Gonjiam) dan terputus sambungannya, viewernya langsung turun drastis dan meninggalkan asumsi bahwa semua acara Teror malam ini hanya settingan.

Sedih banget gak sih?

Lesson Learn Film Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Jangan Bertindak di Luar Batas

Yakin bahwa kita memiliki dimensi yang berbeda, selama gak saling ganggu, maka gakkan ada yang namanyamanusia bisa melihat hantu. Hiiih!

Aku takut banget sih…sejujurnya.
Hahaha..

Makanya belum pernah camping di luar, belum pernah merasakan sensasi ke tempat angker mana dengan sok-sokan berani. Karena akutu tipikal orang yang kalau ketakutan, bukannya lari malah lemes dan gak bisa bergerak hanya mampu tutup mata. Nah! Gawat banget kan..

Patuhi Seluruh Peraturan

Ya, kalau dibilang jangan, ya patuh jangan. Kalau enggak, bakalan bernasib sama seperti ke 7 former cast yang ada di Film Gonjiam loo.. Huhuuu~

Aku kasih spoiler ending yaa.. Bagaimana nasib ke 7 peserta uji nyali dalam acara teror di Film Gonjiam: Haunted Asylum? Emm, mereka semua meninggal. Sebenernya masih ada 1 misteri, temen mereka yang bernama A-Yeon, dia kesurupan dan menjadi hantu yang menghantui temen-temennya. Apakah itu berarti ia meninggal juga?

Kejadian ini gak diliatin. Mendadak A-Yeon jadi ngomel-ngomel sendiri dan bola matanya berubah menjadi item semua. huhuu~ ((gak mau aku taruh sini gambarnya ya…aku sendiri merinding))

Trailer Film Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Film Gonjiam: Haunted Asylum bisa ditonton di VIU dan IQIYI

Sebenernya dibandingkan film hantu Indonesia, kayanya Film hantu Korea mah..gak ada apa-apanya. Tapi tetep aja aku takut, huwaaa… Vibesnya mirip sama Film Alas Pati-nya Nikita Willy. Sama-sama mengenai anak muda yang ingin mengungkap sebuah misteri, sama-sama melakukan demi viewer, dan sama-sama butuh uang dari viewer youtube yang menjulang.

Dan ini salah satu efek dari dunia sosial media ya..
Huuff, nanti aku mau ceramah lagi nih, mengenai bijak bersosial media. Tapi kan uda pada tau yaa.. dampak baik dan buruknya. Jadi pergunakan sosial media dengan sebaik-baiknya untuk mengeksplorasi ide dan menyebarkan kebaikan aja yaa..

Bagi yang penasaran gimana seremnya Film Gonjiam: Haunted Asylum, bisa ditonton di VIU atau IQIYI yaa..

안녕히 가세요~
annyeonghi gaseyo

With love,

logo lendyagassi
Spread the love

60 pemikiran pada “Film Horor Korea yang Diangkat dari Kisah Nyata, Gonjiam: Haunted Asylum”

  1. Wah, itu bekas RS horor juga ya, teh. Yang 42 pasien itu pada ilang karena apa? Dulu pernah direkomenin sama temen, tapi aku belum nonton. Agak horor juga kalo malem kebayang2 hantunya.

    Balas
  2. hahaha dicepetin 2x lipat nontonnya, boleh juga tuh 😀
    Tapi udah pasti deh, aku nggak bakalan nonton film horor seperti ini, sereeem, malah ntar gak bisa tidur dan bisa2 mimpi buruk terus habis nonton hahaha.

    Balas
  3. Pas reviewnya film horor kok ya pas aku bacanya malam jum’at. Biarpun cuma baca tapi tetap saja bikin merinding Mbak hahaha. Biasanya kalau film horor berdasarkan kisah nyata nih kena banget efek horornya. Latar cerita berdirinya rumah sakit ini saja sudah seram. Aku cukup baca reviewnya aja wis. Yang penting tahu ceritanya. Aku paling takut nonton film atau Drama horor hehehe.

    Balas
  4. Wow serammmmmm…..aku merasa seperti nonton film sebenarnya. Membayangkan ya aku ada di tempat itu, pastinya angker apalagi pernah ada kematian masal terus bangunannya memang tidak terurus. Salud nih dengan para pemain yang punya nyali shooting disana.

    Balas
  5. Mba Lendy bisa banget sih nonton ampe 2x. AKu baca ulasannya aja udah merinding disko. Sekalipun dicepetin 2x lipat juga masih kerasa banget horornya, apalagi kalau wilayah Rumah Sakit. RS yang masih dipake aja banyak horornya apa lagi yg udah ditinggalin gini weeww.

    Balas
  6. Aku belum pernah nonton Alas Pati-nya Nikita Willy. Karena sebenarnya aku cemen ..hiks. Tapi sama kita biar punya nyali aku cepetin pas ada adegan yang dah bikin deg-degan.
    Maka biar aku tahu ending dari Gonjiam Haunted Asylum mesti kek gini, cepetin…hihi, tapi jadi gatau detil dong ya huhu
    Tapi serius kisah nyata hantu-hantuan ada juga di berbagai belahan dunia ya, dan happening diburu anak muda demi viral di media sosial

    Balas
  7. Aku baca ringkasan dari blog Mbal Lendy ini aja deh, gak bakalan kuatnya kayaknya kalau harus nonton. Lah lihat foto-fotonya aja, termasuk foto gedung asli bikin aku merinding..Untung lah RS nya sekarang sudah dirubuhkan ya, jadi warga sekitar gak terganggu lagi dengan para penguji nyali.

    Balas
  8. IH, aseeeeliiiiii, sereemmmmm bangeee ini RS Namyang! Pantesan aja sering dipakai uji nyali. Ini kayak di kita aja yak ujian2nya bikin bulu kuduk merinding. Oh, jadi pemilik RS udah pindah ke Amerika dan ia serta keluarganya udah ga mau nerusin lagi bisnis rs, karena biaya 40-50 M mah guedeeee pisaaaaan hihihi. Teh Lendy kalau nonton 2x iya tuh susah bobo lah kebayang dikejar2 setannya wkwkwkwk 😀 Kaboooorrr!

    Balas
  9. Hahaha Teh Lendy aku mah kayaknya golongan yang mempercepat dari film pertama nih kalau model film kayak gini hahaha…
    suka ga kuat dag dig dug lama2 sendirian. buru2 wae skip2 liat yg bagian akhir hahahaha

    Balas
  10. Rumor sama fakta rumah sakit jiwa nanyang, berbanding terbalik ga sih. Bangunan lawas emang seringkali dijadikan sebagai tempat mistis ya. Terlepas dari akurat tidaknya cerita. Tapi yang begitu2 pasti ada lah ya. Udh lama ga berpenghuni gitu lo. Terus kepo, setting dan latar gonjiam juga ambil di namyang kah ka?. Ko dapet ya izinnya, padahal ada patroli dan sanksi bagi yg uji nyali disana ya. Bahkan dirobohkan lo ya. Menarik bingit, deh. Cerita namyang ini. Aku justru tertarik sama cerita realnya, hehe

    Balas
  11. Wah rumah sakit emang penuh kisah horor ya teh
    Baca ini jadi ingat legenda suster gepeng di Surabaya
    Ih penasaran pengen nonton, tapi takut
    Film horor yang diangkat dari kisah nyata pasti lebih berasa ya horornya

    Balas
  12. Agak-agak takut sihhhh tapi saya penasaran dengan film ini. Seru-seru gimana gitu kalo nonton film horor, tapi penasaran. Hahaha…

    Balas
  13. Rumah sakit jiwa di pakai untuk uji nyali waaah kayak kemarin aku ke tempat syuting Rumah Pengabsi Setan ya maaak. Banyak youtuber datang malam2 buat uji nyali.

    Aq sebetule masuk kategori yg lihat film horor suka tutup mataa hehehe

    Balas
  14. semakin banyak yaa racun per-drakor-an bulan ini, baru beberapa hari yang lalu selesai nonton film snordrop dan masih tersoo ho-sooho rencananya mau nonton film All us are dead. tapi setelah review film gonjiam haunted asylum jadi pengen nonton ini dulu deh. hhihihi

    Balas
  15. Ya ampun foto bangunannya dari luar aja sudah hororly banget.
    Biasanya kalau nonton horor gini bareng anak lanang karena suami ga suka nonton horor. Nonton sendiri agak ga berani nih tapi kok bikin pinisirin.

    Balas
  16. Kok kayak aku ya, kalau nonton yang serem langsung dicepetin. Padahal nonton apaan kayak gitu, ga ada liat apa-apa malah ga jadi tahu cerita dan adegannya apaan hahaha
    Cerita serem kayak gini tuh bikin penasaran sih sebenernya, tapi takut hahaha. Jadi sebetulnya bangunan itu tuh berhantu beneran apa gak?

    Balas
  17. bacanya aja ini merinding disko sendiri Kak, syukurnya baca ini pas siang hari, kalau malam yakin deh gak berani :p

    duuuh demi viewers ya mereka serela itu adu nyali, pake live di YouTube segala lagi, duuuh gak kebayang deh 🙁

    Balas
  18. Seneng banget akhirnya Kak Lendy ngereview yg horor. Minggu ini lagi maraton film horor abis kesel KKN di Desa Penari gosipnya batal tayang di bioskop. Udh mulai maraton Asih hingga Danur. Nah ini ada opsi drakor horor. Kuy banget laah.

    Apalagi akun Viu aku udh premium. Pas banget buat nonton ini malam mingguan.
    Wi Ha Joon lagi aktornya. Mukanya udh ngeselin dan bakal seru aja sih bayanginnya. Apalagi setting tempatnya udh creepy dan paling menyeramkan di Korsel. Siap uji nyali dgn nonton drakor ini.

    Balas
  19. Penasaran tapi takut, selama ini berani nonton horor kalau di bioskop doang.
    Ceritanya mirip nih ama film Indonesia, demi konten..
    Eh ya, di Korea ada juga ya settingan gitu? Kirain di sini saja. Aku jadi mikir, channel youtube ttg hantu2 gitu ada yang beneran apa settingan juga yak #ehgg

    Balas
  20. Hiks … Merinding juga ya. Saat telunjuk dimasukkan ke lemari serasa ada yang menarik. … Ananda Lend luar biasa. Menguasai drakor sepenuh cerita. He he …. Terima kasih telah berbagi kisah.

    Balas
  21. Gàk berani nonton ini untuk drakor yang ini Aku skip tapi mang bener sih pernah denger ttg rumah sakit jiwa gàk Tau malah kalau beneran nyata n udah tutup sekarang ya..

    Kalau uji nyali gini apalg berhungan dg Alam ghaib ngerriii judulnya

    Balas
  22. jelaslah aku ga nonton film begini walau tahu fakta RSJ namyang gimana aselinya, hahahah. Skip aja deh.
    nyebelin juga demi viewers sampai sebegitu niat mengorbankan orang lain. Hiks.
    Eh udah ah, ga jadi ceramah

    Balas
    • Ternyata baca faktanya nggak nyeremin loh, emang rumornya tuh bikin orang horor dewe, dan kasihan juga warga sekitar yg kena dampak rumor. Syukurlah kalau sudah dirobohkan

      Balas
  23. Ternyata faktanya nggak segitunya, tapi rumornya yang bikin horor banget, yang menjadi korban sebenarnya ya penduduk sekitar, untunglah bangunannya udah dirobohkan, mahal juga biayanya

    Balas
  24. Balik lagi ke niat sih memang,
    Kalau bukan untuk yang bermanfaat, ya endingnya nganeh.
    Apalagi kan netijen jaman now itu udah pada cerdas.
    So, kudu bijak sama medsos dan kontennya.

    Balas
  25. Jangan dicepatin 2X, Mbak. Tapi nontonnya siang-siang hahaha.
    Tapi memang sih, kalau bangunan rumah sakit tua, itu auranya serem. Contohnya dulu saya pernah iseng ke rumah sakit lama Kebumen. padahal siang hari, tapi bikin merinding hehehe. Jadi bagusnya dialih fungsikan atau langsung diratakan saja dengan tanah, lalu dibangun fasilitas lain.
    Filmnya seru dan menegangkan ini pasti hehehe.

    Balas
  26. Rumah sakit yang masih beroperasi aja banyak cerita seramny apalagi yang sudah terbengkalai dan punya sejarah panjang masa penjajahan gini. Keren banget yang berani uji nyali ke sana. Termasuk yang nonton film ini.

    Balas
  27. Aku banget, nonton film horror dicepetin 2x hahahaha. Abisnya suka banyak jumpscarenya huhu. Film ini banyak jumpscare ga apa emang main di suara dan lagu menyeramkan? Penasaran nonton tapi takut juga hahahahaha

    Balas
  28. Aduh maaf ya len.. Cuma baca yang paragraf awal2 aja. You can call me cemen (2).. Huhuhu.. Drpd ade ga bisa tidur cuma gara2 baca reviewnya lendy. Ini definitely pass buat ditonton

    Balas
  29. Kakakkkk, kuat banget nonton sampai 2x. Luar biasa. Kalau aku, semua film maupun drama bergenre horor pasti skip deh. Nggak punya nyali nontonnya. Tapi Punto suka banget. Nanti kureferensiin ke dia aja wis

    Balas
  30. aku dari dulu ga berani nonton horor, tapi sekarang punya pasangan yang hobinya nonton horor. Terpaksa liat, tapi lebih berani karena ada yang nemenin hahaa. Nanti aku ajakin doi nonton ini deh..

    Balas

Tinggalkan Balasan ke Indah Savitri Batalkan balasan